Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Desain Otomotif

8320303307

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=2

ECTS=4.77

3

10 Januari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Akhmad Hafizh Ainur Rasyid, S.T., M.T.




Ali Hasbi Ramadani, S.Pd., M.Pd.




Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

Menguasai teori matematika dan dasar teknik mesin

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengenal peralatan gambar

PO - 2

Mengenal jenis-jenis garis

PO - 3

Memahami dan membuat gambar dengan aturan proyeksi

PO - 4

Memahami dan membuat gambar dengan keterangan potongan

PO - 5

Memahami dan membuat gambar dengan keterangan ukuran

PO - 6

Mampu membuat gambar kerja

PO - 7

Mampu menggunakan software CAD

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-9
PO-1
PO-2
PO-3 
PO-4 
PO-5
PO-6
PO-7

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang proses desain komponen otomotif meliputi pengenalan peralatan gambar, jenis-jenis garis, macam-macam proyeksi, keterangan potongan, keterangan ukuran, merencanakan dan membuat gambar kerja, keterampilan menggunakan peralatan gambar dan software CAD. menggunakan bentuk pembelajaran berupa pembelajaran berbasis proyek.

Pustaka

Utama :

  1. Anwari, 1978. Menggambar Teknik Mesin 2 . Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan
  2. Baharudin Yakob. 1979. Menggambar Mesin 3 . Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Juhana Ohan, Suratman. M. 2000. Menggambar Teknik Mesin . Bandung: Pustaka Grafika
  4. Marbun, Moyn. 1993. Menggambar Teknik Mesin . Bandung: Penerbit M2S
  5. Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
  6. Yogaswara, Eka. 2004. Membaca Gambar Teknik SMK. Bandung: Armico
  7. Tutorial AutoCAD dan Tutorial Autodesk Inventor
  8. Hidayat, Nur & Ahmad Shanhaji. 2011. Autodesk Inventor: Mastering 3D Mechanical Design. Jakarta: Informatika

Pendukung :

  1. www.teachertube.com/video/orthographic-projection-252358
  2. https://www.youtube.com/watch?v=h1jRXwlSQXs

Dosen Pengampu

Akhmad Hafizh Ainur Rasyid, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menjelaskan peralatan gambar beserta fungsinya

  1. Ketepatan menjelaskan peralatan gambar
  2. Ketepatan menjelaskan fungsi peralatan gambar
Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik praktik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah, diskusi, tanya jawab
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab
2 X 50
Materi: fungsi gambar
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
2%

2

Minggu ke 2

Mampu menyebutkan jenis-jenis garis dan fungsinya

  1. Ketepatan menyebutkan jenis-jenis garis
  2. Ketepatan menyebutkan fungsi garis
Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik praktik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: peralatan gambar
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
2%

3

Minggu ke 3

  1. Mampu memahami aturan proyeksi
  2. Mampu membuat gambar dengan aturan proyeksi
  1. Ketepatan menjelaskan aturan proyeksi
  2. menghasilkan gambar dengan aturan proyeksi
Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: menggambar geometri
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
7%

4

Minggu ke 4

  1. Mampu menjelaskan aturan gambar potongan
  2. Mampu membuat gambar dengan keterangan potongan
  1. Ketepatan menjelaskan aturan gambar potongan
  2. Menghasilkan gambar dengan keterangan potongan
Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik praktik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: garis
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
7%

5

Minggu ke 5

  1. Mampu menjelaskan aturan keterangan ukuran
  2. Mampu membuat gambar dengan keterangan ukuran
  1. Ketepatan menjelaskan aturan keterangan ukuran
  2. Menghasilkan gambar dengan keterangan ukuran
Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik praktik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
7%

6

Minggu ke 6

Mampu Membuat gambar kerja

Menghasilkan gambar kerja

Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik penilaian produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita

Materi: proyeksi
Pustaka: https://www.youtube.com/...
8%

7

Minggu ke 7

Mampu Membuat gambar kerja

Menghasilkan gambar kerja

Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik penilaian produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita

Materi: proyeksi
Pustaka: https://www.youtube.com/...
8%

8

Minggu ke 8

ujian sub sumatif

mampu menyelesaikan soal uss

Kriteria:

menyelesaikan soal uss sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
menyelesaikan soal uss
2 X 50
menyelesaikan soal uss
2 X 50
Materi: semua materi
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
5%

9

Minggu ke 9

Mampu Membuat gambar kerja

Menghasilkan gambar kerja

Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik penilaian produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: https://www.youtube.com/...

Materi: proyeksi
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
8%

10

Minggu ke 10

Mampu Membuat gambar kerja

Menghasilkan gambar kerja

Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik penilaian produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita

Materi: proyeksi
Pustaka: https://www.youtube.com/...
8%

11

Minggu ke 11

Mampu Membuat gambar kerja

Menghasilkan gambar kerja

Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik penilaian produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita

Materi: proyeksi
Pustaka: https://www.youtube.com/...
8%

12

Minggu ke 12

Mampu Membuat gambar kerja

Menghasilkan gambar kerja

Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik penilaian produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita

Materi: CAD
Pustaka: Hidayat, Nur & Ahmad Shanhaji. 2011. Autodesk Inventor: Mastering 3D Mechanical Design. Jakarta: Informatika

Materi: CAD
Pustaka: Tutorial AutoCAD dan Tutorial Autodesk Inventor
5%

13

Minggu ke 13

Mampu Membuat gambar kerja

Menghasilkan gambar kerja

Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik penilaian produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita

Materi: CAD
Pustaka: Hidayat, Nur & Ahmad Shanhaji. 2011. Autodesk Inventor: Mastering 3D Mechanical Design. Jakarta: Informatika

Materi: CAD
Pustaka: Tutorial AutoCAD dan Tutorial Autodesk Inventor
5%

14

Minggu ke 14

Mampu Membuat gambar kerja

Menghasilkan gambar kerja

Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik penilaian produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita

Materi: CAD
Pustaka: Hidayat, Nur & Ahmad Shanhaji. 2011. Autodesk Inventor: Mastering 3D Mechanical Design. Jakarta: Informatika

Materi: CAD
Pustaka: Tutorial AutoCAD dan Tutorial Autodesk Inventor
5%

15

Minggu ke 15

Mampu Membuat gambar kerja

Menghasilkan gambar kerja

Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik penilaian produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita

Materi: CAD
Pustaka: Hidayat, Nur & Ahmad Shanhaji. 2011. Autodesk Inventor: Mastering 3D Mechanical Design. Jakarta: Informatika

Materi: CAD
Pustaka: Tutorial AutoCAD dan Tutorial Autodesk Inventor
5%

16

Minggu ke 16

ujian sumatif

mampu menyelesaikan soal us

Kriteria:

menyelesaiakan soal us sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
mengerjakan soal us
2 X 50
mengerjakan soal us
2 X 50
Materi: semua materi
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 4.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 63.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 16%
4. Tes 16%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.