
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Fisika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
ANALISIS DATA DIFRAKSI |
4520102238 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
5 |
20 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Frida Ulfah Ermawati
|
ZA Imam Supardi
|
MUNASIR |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Menguasai pengetahuan tentang teknologi yang berdasarkan Fisika dan penerapannya. |
PLO-8 |
Mengkomunikasikan gagasan dan / atau hasil penelitian mereka dalam bentuk penulisan akademis dan berbicara secara efektif. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menguasai konsep: (1) material kristalin sebagai pusat-pusat penghambur sinar-x, yaitu: geometri kristal, kisi dan basis sebagai pembangun struktur kristal, paramater kisi, sel satuan, simetri kristal, bidang kristal dan penentuan orientasinya. (2) Fisika dari sinar-x, sifat-sifat dan cara produksinya, spektrum kontinyu dan spektrum karakteristik, transisi elektron pada atom yang disertai dengan emisi radiasi karakteristik sinar-x.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pemahamannya tentang konsep difraksi sinar-x oleh atom-atom kristal guna memahami struktur internal material kristalin, set-up eksperimen XRD, dan mengakses data hasil eksperimen XRD tersebut.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu unjuk keterampilan dalam menganalisis dan menginterpretasi data hasil eksperimen XRD baik secara kualitatif (dengan software Match!) maupun kuantitatif (dengan metode Rietveld dan software Rietica)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
MK Analisis Data Difraksi (ADD) ini mempelajari bagaimana cara menginvestigasi dan memaknai struktur internal material padatan kristalin melalui kajian teoritis dan praktis (berupa analisis data eksperimen) terhadap hasil uji difraksi sinar-x (x-ray diffraction, XRD) baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Materi dari mata kuliah ini terdiri dari empat bagian utama yang akan disajikan secara urut dan runtut. PERTAMA, dimulai dengan review tentang material padat kristalin (disingkat: kristal) sebagai pusat-pusat penghambur sinar-x, geometri kristal, kisi dan basis sebagai pembangun struktur kristal, paramater kisi, sel satuan, simetri kristal, bidang kristal dan penentuan orientasinya. KEDUA, kajian tentang fisika dari sinar-x, sifat-sifat dan cara produksinya, spektrum kontinyu dan spektrum karakteristik, transisi elektron pada atom yang disertai dengan emisi radiasi karakteristik sinar-x. KETIGA, kajian tentang ilmu difraksi sinar-x oleh atom-atom kristal guna memahami struktur internal bahan kristalin, set-up eksperimen XRD, dan mengakses data hasil eksperimen tersebut. KEEMPAT, kajian bagaimana cara menganalisis data hasil eksperimen difraksi sinar-x, baik secara kualitatif (dengan software Match!) maupun kuantitatif (dengan metode Rietveld dan software Rietica), serta mempraktekkannya menggunakan data hasil eksperimen di atas. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0
- Cullity, B.D. and Stock, S. R. (2014). Elements of X-Ray Diffraction , 3rd Edition, Essex, England: Pearson New International Edition.
|
Pendukung : |
|
- https://link.springer.com/article/10.1007/s10854-025-14435-5
- https://link.springer.com/article/10.1007/s10854-023-10890-0
- https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-fisika-indonesia/article/view/61265
- https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-fisika-indonesia/article/view/61336
- Ermawati, F.U. (2017). Fisika Bahan Keramik . Unesa Univerity Press. ISBN: 978-602-449-047-8
- Ermawati, F.U. (2019). Struktur Kristal Bahan Keramik. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-375-2
|
Dosen Pengampu
|
FRIDA ULFAH ERMAWATI Prof. Dr. Frida Ulfah Ermawati, M.Sc. Prof. Dr. Frida Ulfah Ermawati, M.Sc. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjabarkan konsep material kristalin sebagai pusat-pusat penghambur sinar-x, yaitu: geometri kristal, kisi dan basis sebagai pembangun struktur kristal, paramater kisi, sel satuan, simetri kristal, bidang kristal dan menyimpulkan orientasinya |
- - Menggunakan pengertian kristal untuk mempelajari struktur kristal
- - Mencari dan menemukan contoh-contoh kristal di alam dengan keteraturan tertentu.
- - Menganalisis keteraturan atom-atom kristal di ruang.
- - Menggunakan konsep sumbu kristal dan sudut antar bidang kristal untuk memecahkan masalah geometri kristal.
- - Menginvestigasi sel satuan dan parameter kisi pada sebuah kristal.
|
Kriteria:
Nilai penuh akan diberikan apabila semua pertanyaan dapat dijawab dengan benar & memuaskan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: a. Pengertian umum kristal b. Kristal dalam Ilmu Bahan c. Contoh-contoh kristal yang ada di alam d. Keteraturan external kristal e. Keteraturan atom-atom kristal di ruang f. Sumbu kristal dan sudut antar bidang kristal g. Parameter kisi dan sel satuan Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0 |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjabarkan konsep material kristalin sebagai pusat-pusat penghambur sinar-x, yaitu: geometri kristal, kisi dan basis sebagai pembangun struktur kristal, paramater kisi, sel satuan, simetri kristal, bidang kristal dan menyimpulkan orientasinya |
- 1. Menjelaskan apa yang dimaksud dengan kisi, basis dan hubungannya dengan struktur kristal.
- 2. Menggunakan berbagai macam simetri kristal dan operasinya untuk pemecahan masalah yang berkaitan dengan kristal.
- 3. Menganalisis ke-5 macam simetri sumbu untuk memecahkan masalah ttg simetri kristal
- 4. Mengimplementasikan ke-2 macam simetri bidang dan simetri pusat.
|
Kriteria:
Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif dan memberikan penjelasan dalam diskusi/tugas dengan benar & memuaskan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: a. Kisi, Basis, Struktur kristal b. Simetri kristal & operasinya c. Simetri sumbu, simetri bidang, simetri bidang langsung dan bidang diagonal d. Simetri pusat Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0 |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjabarkan konsep material kristalin sebagai pusat-pusat penghambur sinar-x, yaitu: geometri kristal, kisi dan basis sebagai pembangun struktur kristal, paramater kisi, sel satuan, simetri kristal, bidang kristal dan menyimpulkan orientasinya |
- 1. Mendiskusikan tujuh macam sistem kristal.
- 2. Menemukan contoh-contoh kristal di alam yang mempunyai struktur kristal tertentu.
- 3. Menganalisis ke-14 macam kisi Bravais.
- 4. Menggunakan konsep indeks Miller sebagai penentu orientasi bidang kristal memecahkan masalah sederhana.
- 5. Menunjukkan proses untuk menentukan indeks Miller suatu bidang kristal.
- 6. Memecahkan persolaan tentang indeks Miller berbagai bidang kristal, baik [2D] maupun [3D].
|
Kriteria:
Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif dan memberikan penjelasan dalam diskusi/tugas dengan benar & memuaskan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: a. Tujuh macam sistem kristal b. Contoh-contoh kristal di alam dengan struktur kristal tertentu c. 14 macam kisi Bravais d. Indeks Miller dan orientasi bidang kristal Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0 |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menjabarkan konsep fisika dari sinar-x, sifat-sifat, serta cara produksinya |
- 1. Menjelaskan sejarah penemuan sinar-x dan sifat-sifatnya.
- 2. Mengkomunikasikan coverage/cakupan dari spektrum elektromagtik.
- 3. Mengidentifikasi panjang gelombang, frekuensi dan energi foton dai spektrum elektromagnet.
- 4. Menganalisis prinsip kerja tabung filamen sinar-x dan elektodanya.
|
Kriteria:
Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif dan memberikan penjelasan dalam diskusi/tugas dengan benar & memuaskan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, penugasan 2 X 50 |
|
Materi: a. Penemuan sinar-x b. Sifat-sifat sinar-x c. Spektrum sinar-x d. Prinsip kerja tabung filamen sinar-x e. Produksi sinar-x f. Hubungan antara tegangan dengan elektroda di dalam tabung filamen g. Konsep energi kinetik elektron di dalam tabung filamen, dan interaksi antar elektron Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0 |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis konsep spektrum kontinyu dan spektrum karakteristik dari sinar-x, transisi elektron pada atom yang disertai dengan emisi radiasi karakteristik |
- 1. Menganalisis hubungan antara the short wavelength limit dengan tegangan pada elektroda.
- 2. Mendiskusikan konsep spektrum karakteristik dan spektrum kontinyu dan tegangan kritis sebagai bekal untuk memahami konsep berikutnya.
- 3. Menganalisis kejadian spektrum doublet dan spektrum unresolved.
- 4. Mengidentifikasi terjadinya spektrum Kalpha, alpa1, Kalpha2, Kbeta, Lalpha.
|
Kriteria:
Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif dan memberikan penjelasan dalam diskusi/tugas dengan benar & memuaskan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, penugasan 2 X 50 |
|
Materi: a. Short wavelength limit b. Spektrum karakteristik dan spektrum kontinyu c. Tegangan kritis pada tabung filamen sinar-x d. Spektrum doublet e. Spektrum unresolved f. Spektrum Kalpha, Kalpha1, Kalpha2, Kbeta, alpha Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0 Materi: d. Spektrum doublet e. Spektrum unresolved f. Spektrum Kalpha, Kalpha1, Kalpha2, Kbeta, Lalpha Pustaka: Cullity, B.D. and Stock, S. R. (2014). Elements of X-Ray Diffraction , 3rd Edition, Essex, England: Pearson New International Edition. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menganalisis konsep spektrum kontinyu dan spektrum karakteristik dari sinar-x, transisi elektron pada atom yang disertai dengan emisi radiasi karakteristik |
- 1. Mendiskusikan konsep difraksi secara umum
- 2. Kondisi-kondisi prasyarat yang dibutuhkan agar peristiwa difraksi terjadi.
- 3. Menggunakan obyek-obyek penghambur untuk pemecahan masalah.
- 4. Menginvestigasi pengaruh beda panjang lintasan terhadap beda fase pada muka gelombang tertentu.
|
Kriteria:
Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif dan memberikan penjelasan dalam diskusi/tugas dengan benar & memuaskan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, penugasan 2 X 50 |
|
Materi: a. Difraksi secara umum b. Kondisi-kondisi prasyarat difraksi c. Obyek-obyek penghambur d. Beda lintasan propagasi gelombang dn beda fase pada suatu muka gelombang Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0 Materi: a. Difraksi secara umum b. Kondisi-kondisi prasyarat difraksi c. Obyek-obyek penghambur d. Beda lintasan propagasi gelombang dn beda fase pada suatu muka gelombang Pustaka: Cullity, B.D. and Stock, S. R. (2014). Elements of X-Ray Diffraction , 3rd Edition, Essex, England: Pearson New International Edition. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengkaji ilmu difraksi sinar-x oleh atom-atom kristal guna memahami struktur internal bahan kristalin. |
- 1. Menganalisis hubungan antara dua gelombang atau lebih pada peristiwa difraksi.
- 2. Menganalisis peristiwa difraksi sinar-x.
- 3. Mendemonstrasikan berkas monokromatik, sudut Bragg dan sudut difraksi.
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyelesaikan sebuah kasus (masalah) tertentu yang berkaitan dengan peristiwa difraksi sinar-x dengan tuntas dan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan pemecahan masalah (studi kasus) 2 X 50 |
|
Materi: a. Difraksi pada gelombang yang propagasi b. Difraksi sinar-x c. Berkas monokromatik d. Sudut Bragg dan Sudut difraksi Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0 |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengkomunikasikan semua hasil belajarnya dalam bentuk lisan dan penulisan akademis secara efektif |
Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil belajar tentang struktur material kristalin dan difraksi sinar-x dengan benar |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyelesaikan sebuah kasus (masalah) tertentu yang berkaitan dengan peristiwa difraksi sinar-x dengan tuntas dan benar. Bentuk Penilaian : Tes |
Evaluasi tengah semester 2 X 50 |
|
Materi: Material kristalin sebagai pusat-pusat penghambur sinar-x dan difraksi sinar-x Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0 |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan Hukum Bragg dalam peristiwa XRD oleh bidang-bidang kristal |
- 1. Menggunakan Hukum Bragg untuk mengkaji hasil uji difraksi sinar-x.
- 2. Menentukan hubungan antara jarak antar bidang kristal dengan struktur kristal.
- 3. Menentukan fasa-fasa yang teridentifikasi pada pola difraksi sinar-x bahan kristalin.
|
Kriteria:
Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif, atau memberikan penjelasan dalam diskusi/tugas dengan benar & memuaskan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan partisipasi 2 X 50 |
|
Materi: a. Hukum Bragg b. Hubungan antara jarak antar bidang kristal dengan struktur kristal c. Aplikasi Hukum Bragg dalam peristiwa XRD Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0 |
8% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan Hukum Bragg dalam peristiwa XRD oleh bidang-bidang kristal |
- Menentukan kartu file Powder Diffraction (PDF) sebagai rujukan suatu fasa kristalin
- Menentukan kartu file Inorganic Crystal Structure Database (ICSD) suatu fasa kristalin
|
Kriteria:
Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif, atau memberikan penjelasan dalam diskusi/tugas dengan benar & memuaskan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan partisipasi 2 X 50 |
|
Materi: a. Kartu Powder Diffraction (PDF card) b. Kartu Inorganic Crystal Structure Database (ICSD card) c. Contoh-contoh kartu PDF & ICSD suatu fasa kristalin Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0 |
8% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuannya untuk mengidentifikasi fasa-fasa kristalin dari pola XRD sampel uji tertentu secara kualitatif menggunakan Program Match! |
- a. Mengenal struktur dan alur kerja Program Match!
- b. Mengidentifikasi fasa kristalin pola XRD sampel uji tertentu berfasa tunggal menggunakan Program Match!
|
Kriteria:
Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif dan memberikan penjelasan dalam diskusi/tugas dengan benar & memuaskan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: a. Pengenalan Program Match! b. Identifikasi fasa kristalin pola XRD sampel uji tertentu berfasa tunggal menggunakan Program Match! Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0 |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuannya untuk mengidentifikasi fasa-fasa kristalin dari pola XRD sampel uji tertentu secara kualitatif menggunakan Program Match! |
1. terampil menggunakan program Match! untuk analisis kualitatif material kristalin |
Kriteria:
Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa terampil dalam unjuk kerja menganalisis kualitatif material kristalin dan memeperoleh hasil yang benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi dan Praktek (unjuk kerja) 2 X 50 |
|
Materi: a. Praktek identifkasi fasa kristalin pola XRD sampel uji poli fasa secara kualitatif mengunakan Match! Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0 |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menganalisis pola XRD sampel uji fasa tunggal secara kuantitatif menggunakan metode Rietveld dan software Rietica |
- 1. memahami Metode Rietveld.
- 1. memahami struktur program Rietica berbasis Metode Rietveld.
|
Kriteria:
Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif dan memberikan penjelasan dalam diskusi/tugas dengan benar & memuaskan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan Partisipasi 2 X 50 |
|
Materi: a. Metode Rietveld b. Program Rietica Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0 |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menganalisis pola XRD sampel uji fasa tunggal secara kuantitatif menggunakan metode Rietveld dan software Rietica |
- 1. memodelkan dan merefine untuk fasa tunggal
- 2. menentukan parameter-parameter refinable di dalam program Rietica untuk fasa tunggal
|
Kriteria:
Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif dan memberikan penjelasan dalam diskusi/tugas dengan benar & memuaskan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan Partisipasi 2 X 50 |
|
Materi: a. Pemodelan dan refinemenet untuk 1 fasa tunggal b. Parameter refinable dalam Rietica Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0 |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuannya dalam menganalisis komposisi fasa kristalin dari pola XRD sampel uji poli fasa |
- 1. Terampil menggunakan program Rietica berbasis Metode Rietveld.
- 2. Mempraktekkan pemodelan dan refinement dengan bahan fasa banyak (poly phases)
|
Kriteria:
Terampil merefine pola XRD material kristalin fasa banyak Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi dan praktek/unjuk kerja (studi kasus) 2 X 50 |
|
Materi: a. Pemodelan dan refinemenet untuk 1 fasa tunggal b. Parameter refinable dalam Rietica Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0 |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuannya dalam menganalisis komposisi fasa kristalin dari pola XRD sampel uji poli fasa |
Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil belajar tentang analisis dan interpretasi data hasil eksperimen XRD baik secara kualitatif maupun kuantitatif dengan benar dan efektif |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyelesaikan sebuah kasus (masalah) tertentu yang berkaitan dengan material kristalin ditinjau dari analisis difraksi sinar-x dengan tuntas dan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ujian akhir semester 2 X 50 |
|
Materi: Metode refinement Rietveld dan implementasinya pada material kristalin fasa tunggal dan fasa banyak Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0 |
15% |