Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Fisika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ANALISIS DATA DIFRAKSI

4520102238

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

20 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Frida Ulfah Ermawati




ZA Imam Supardi




MUNASIR

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Menguasai pengetahuan tentang teknologi yang berdasarkan Fisika dan penerapannya.

PLO-8

Mengkomunikasikan gagasan dan / atau hasil penelitian mereka dalam bentuk penulisan akademis dan berbicara secara efektif.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menguasai konsep: (1) material kristalin sebagai pusat-pusat penghambur sinar-x, yaitu: geometri kristal, kisi dan basis sebagai pembangun struktur kristal, paramater kisi, sel satuan, simetri kristal, bidang kristal dan penentuan orientasinya. (2) Fisika dari sinar-x, sifat-sifat dan cara produksinya, spektrum kontinyu dan spektrum karakteristik, transisi elektron pada atom yang disertai dengan emisi radiasi karakteristik sinar-x.

PO - 2

Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pemahamannya tentang konsep difraksi sinar-x oleh atom-atom kristal guna memahami struktur internal material kristalin, set-up eksperimen XRD, dan mengakses data hasil eksperimen XRD tersebut.

PO - 3

Mahasiswa mampu unjuk keterampilan dalam menganalisis dan menginterpretasi data hasil eksperimen XRD baik secara kualitatif (dengan software Match!) maupun kuantitatif (dengan metode Rietveld dan software Rietica)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-7PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

MK Analisis Data Difraksi (ADD) ini mempelajari bagaimana cara menginvestigasi dan memaknai struktur internal material padatan kristalin melalui kajian teoritis dan praktis (berupa analisis data eksperimen) terhadap hasil uji difraksi sinar-x (x-ray diffraction, XRD) baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Materi dari mata kuliah ini terdiri dari empat bagian utama yang akan disajikan secara urut dan runtut. PERTAMA, dimulai dengan review tentang material padat kristalin (disingkat: kristal) sebagai pusat-pusat penghambur sinar-x, geometri kristal, kisi dan basis sebagai pembangun struktur kristal, paramater kisi, sel satuan, simetri kristal, bidang kristal dan penentuan orientasinya. KEDUA, kajian tentang fisika dari sinar-x, sifat-sifat dan cara produksinya, spektrum kontinyu dan spektrum karakteristik, transisi elektron pada atom yang disertai dengan emisi radiasi karakteristik sinar-x. KETIGA, kajian tentang ilmu difraksi sinar-x oleh atom-atom kristal guna memahami struktur internal bahan kristalin, set-up eksperimen XRD, dan mengakses data hasil eksperimen tersebut. KEEMPAT, kajian bagaimana cara menganalisis data hasil eksperimen difraksi sinar-x, baik secara kualitatif (dengan software Match!) maupun kuantitatif (dengan metode Rietveld dan software Rietica), serta mempraktekkannya menggunakan data hasil eksperimen di atas.

Pustaka

Utama :

  1. Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0
  2. Cullity, B.D. and Stock, S. R. (2014). Elements of X-Ray Diffraction , 3rd Edition, Essex, England: Pearson New International Edition.

Pendukung :

  1. https://link.springer.com/article/10.1007/s10854-025-14435-5
  2. https://link.springer.com/article/10.1007/s10854-023-10890-0
  3. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-fisika-indonesia/article/view/61265
  4. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-fisika-indonesia/article/view/61336
  5. Ermawati, F.U. (2017). Fisika Bahan Keramik . Unesa Univerity Press. ISBN: 978-602-449-047-8
  6. Ermawati, F.U. (2019). Struktur Kristal Bahan Keramik. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-375-2

Dosen Pengampu

FRIDA ULFAH ERMAWATI

Prof. Dr. Frida Ulfah Ermawati, M.Sc.

Prof. Dr. Frida Ulfah Ermawati, M.Sc.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjabarkan konsep material kristalin sebagai pusat-pusat penghambur sinar-x, yaitu: geometri kristal, kisi dan basis sebagai pembangun struktur kristal, paramater kisi, sel satuan, simetri kristal, bidang kristal dan menyimpulkan orientasinya

  1. - Menggunakan pengertian kristal untuk mempelajari struktur kristal
  2. - Mencari dan menemukan contoh-contoh kristal di alam dengan keteraturan tertentu.
  3. - Menganalisis keteraturan atom-atom kristal di ruang.
  4. - Menggunakan konsep sumbu kristal dan sudut antar bidang kristal untuk memecahkan masalah geometri kristal.
  5. - Menginvestigasi sel satuan dan parameter kisi pada sebuah kristal.
Kriteria:

Nilai penuh akan diberikan apabila semua pertanyaan dapat dijawab dengan benar & memuaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan penugasan
2 X 50

Materi: a. Pengertian umum kristal b. Kristal dalam Ilmu Bahan c. Contoh-contoh kristal yang ada di alam d. Keteraturan external kristal e. Keteraturan atom-atom kristal di ruang f. Sumbu kristal dan sudut antar bidang kristal g. Parameter kisi dan sel satuan
Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjabarkan konsep material kristalin sebagai pusat-pusat penghambur sinar-x, yaitu: geometri kristal, kisi dan basis sebagai pembangun struktur kristal, paramater kisi, sel satuan, simetri kristal, bidang kristal dan menyimpulkan orientasinya

  1. 1. Menjelaskan apa yang dimaksud dengan kisi, basis dan hubungannya dengan struktur kristal.
  2. 2. Menggunakan berbagai macam simetri kristal dan operasinya untuk pemecahan masalah yang berkaitan dengan kristal.
  3. 3. Menganalisis ke-5 macam simetri sumbu untuk memecahkan masalah ttg simetri kristal
  4. 4. Mengimplementasikan ke-2 macam simetri bidang dan simetri pusat.
Kriteria:

Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif dan memberikan penjelasan dalam diskusi/tugas dengan benar & memuaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan penugasan
2 X 50

Materi: a. Kisi, Basis, Struktur kristal b. Simetri kristal & operasinya c. Simetri sumbu, simetri bidang, simetri bidang langsung dan bidang diagonal d. Simetri pusat
Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menjabarkan konsep material kristalin sebagai pusat-pusat penghambur sinar-x, yaitu: geometri kristal, kisi dan basis sebagai pembangun struktur kristal, paramater kisi, sel satuan, simetri kristal, bidang kristal dan menyimpulkan orientasinya

  1. 1. Mendiskusikan tujuh macam sistem kristal.
  2. 2. Menemukan contoh-contoh kristal di alam yang mempunyai struktur kristal tertentu.
  3. 3. Menganalisis ke-14 macam kisi Bravais.
  4. 4. Menggunakan konsep indeks Miller sebagai penentu orientasi bidang kristal memecahkan masalah sederhana.
  5. 5. Menunjukkan proses untuk menentukan indeks Miller suatu bidang kristal.
  6. 6. Memecahkan persolaan tentang indeks Miller berbagai bidang kristal, baik [2D] maupun [3D].
Kriteria:

Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif dan memberikan penjelasan dalam diskusi/tugas dengan benar & memuaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan penugasan
2 X 50

Materi: a. Tujuh macam sistem kristal b. Contoh-contoh kristal di alam dengan struktur kristal tertentu c. 14 macam kisi Bravais d. Indeks Miller dan orientasi bidang kristal
Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0
4%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menjabarkan konsep fisika dari sinar-x, sifat-sifat, serta cara produksinya

  1. 1. Menjelaskan sejarah penemuan sinar-x dan sifat-sifatnya.
  2. 2. Mengkomunikasikan coverage/cakupan dari spektrum elektromagtik.
  3. 3. Mengidentifikasi panjang gelombang, frekuensi dan energi foton dai spektrum elektromagnet.
  4. 4. Menganalisis prinsip kerja tabung filamen sinar-x dan elektodanya.
Kriteria:

Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif dan memberikan penjelasan dalam diskusi/tugas dengan benar & memuaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, penugasan
2 X 50

Materi: a. Penemuan sinar-x b. Sifat-sifat sinar-x c. Spektrum sinar-x d. Prinsip kerja tabung filamen sinar-x e. Produksi sinar-x f. Hubungan antara tegangan dengan elektroda di dalam tabung filamen g. Konsep energi kinetik elektron di dalam tabung filamen, dan interaksi antar elektron
Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0
4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menganalisis konsep spektrum kontinyu dan spektrum karakteristik dari sinar-x, transisi elektron pada atom yang disertai dengan emisi radiasi karakteristik

  1. 1. Menganalisis hubungan antara the short wavelength limit dengan tegangan pada elektroda.
  2. 2. Mendiskusikan konsep spektrum karakteristik dan spektrum kontinyu dan tegangan kritis sebagai bekal untuk memahami konsep berikutnya.
  3. 3. Menganalisis kejadian spektrum doublet dan spektrum unresolved.
  4. 4. Mengidentifikasi terjadinya spektrum Kalpha, alpa1, Kalpha2, Kbeta, Lalpha.
Kriteria:

Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif dan memberikan penjelasan dalam diskusi/tugas dengan benar & memuaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, penugasan
2 X 50

Materi: a. Short wavelength limit b. Spektrum karakteristik dan spektrum kontinyu c. Tegangan kritis pada tabung filamen sinar-x d. Spektrum doublet e. Spektrum unresolved f. Spektrum Kalpha, Kalpha1, Kalpha2, Kbeta, alpha
Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0

Materi: d. Spektrum doublet e. Spektrum unresolved f. Spektrum Kalpha, Kalpha1, Kalpha2, Kbeta, Lalpha
Pustaka: Cullity, B.D. and Stock, S. R. (2014). Elements of X-Ray Diffraction , 3rd Edition, Essex, England: Pearson New International Edition.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menganalisis konsep spektrum kontinyu dan spektrum karakteristik dari sinar-x, transisi elektron pada atom yang disertai dengan emisi radiasi karakteristik

  1. 1. Mendiskusikan konsep difraksi secara umum
  2. 2. Kondisi-kondisi prasyarat yang dibutuhkan agar peristiwa difraksi terjadi.
  3. 3. Menggunakan obyek-obyek penghambur untuk pemecahan masalah.
  4. 4. Menginvestigasi pengaruh beda panjang lintasan terhadap beda fase pada muka gelombang tertentu.
Kriteria:

Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif dan memberikan penjelasan dalam diskusi/tugas dengan benar & memuaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, penugasan
2 X 50

Materi: a. Difraksi secara umum b. Kondisi-kondisi prasyarat difraksi c. Obyek-obyek penghambur d. Beda lintasan propagasi gelombang dn beda fase pada suatu muka gelombang
Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0

Materi: a. Difraksi secara umum b. Kondisi-kondisi prasyarat difraksi c. Obyek-obyek penghambur d. Beda lintasan propagasi gelombang dn beda fase pada suatu muka gelombang
Pustaka: Cullity, B.D. and Stock, S. R. (2014). Elements of X-Ray Diffraction , 3rd Edition, Essex, England: Pearson New International Edition.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mengkaji ilmu difraksi sinar-x oleh atom-atom kristal guna memahami struktur internal bahan kristalin.

  1. 1. Menganalisis hubungan antara dua gelombang atau lebih pada peristiwa difraksi.
  2. 2. Menganalisis peristiwa difraksi sinar-x.
  3. 3. Mendemonstrasikan berkas monokromatik, sudut Bragg dan sudut difraksi.
Kriteria:

Mahasiswa mampu menyelesaikan sebuah kasus (masalah) tertentu yang berkaitan dengan peristiwa difraksi sinar-x dengan tuntas dan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan pemecahan masalah (studi kasus)
2 X 50

Materi: a. Difraksi pada gelombang yang propagasi b. Difraksi sinar-x c. Berkas monokromatik d. Sudut Bragg dan Sudut difraksi
Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengkomunikasikan semua hasil belajarnya dalam bentuk lisan dan penulisan akademis secara efektif

Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil belajar tentang struktur material kristalin dan difraksi sinar-x dengan benar

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyelesaikan sebuah kasus (masalah) tertentu yang berkaitan dengan peristiwa difraksi sinar-x dengan tuntas dan benar.


Bentuk Penilaian :
Tes
Evaluasi tengah semester
2 X 50

Materi: Material kristalin sebagai pusat-pusat penghambur sinar-x dan difraksi sinar-x
Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mengaplikasikan Hukum Bragg dalam peristiwa XRD oleh bidang-bidang kristal

  1. 1. Menggunakan Hukum Bragg untuk mengkaji hasil uji difraksi sinar-x.
  2. 2. Menentukan hubungan antara jarak antar bidang kristal dengan struktur kristal.
  3. 3. Menentukan fasa-fasa yang teridentifikasi pada pola difraksi sinar-x bahan kristalin.
Kriteria:

Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif, atau memberikan penjelasan dalam diskusi/tugas dengan benar & memuaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan partisipasi
2 X 50

Materi: a. Hukum Bragg b. Hubungan antara jarak antar bidang kristal dengan struktur kristal c. Aplikasi Hukum Bragg dalam peristiwa XRD
Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0
8%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu mengaplikasikan Hukum Bragg dalam peristiwa XRD oleh bidang-bidang kristal

  1. Menentukan kartu file Powder Diffraction (PDF) sebagai rujukan suatu fasa kristalin
  2. Menentukan kartu file Inorganic Crystal Structure Database (ICSD) suatu fasa kristalin
Kriteria:

Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif, atau memberikan penjelasan dalam diskusi/tugas dengan benar & memuaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan partisipasi
2 X 50

Materi: a. Kartu Powder Diffraction (PDF card) b. Kartu Inorganic Crystal Structure Database (ICSD card) c. Contoh-contoh kartu PDF & ICSD suatu fasa kristalin
Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0
8%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuannya untuk mengidentifikasi fasa-fasa kristalin dari pola XRD sampel uji tertentu secara kualitatif menggunakan Program Match!

  1. a. Mengenal struktur dan alur kerja Program Match!
  2. b. Mengidentifikasi fasa kristalin pola XRD sampel uji tertentu berfasa tunggal menggunakan Program Match!
Kriteria:

Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif dan memberikan penjelasan dalam diskusi/tugas dengan benar & memuaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan penugasan
2 X 50

Materi: a. Pengenalan Program Match! b. Identifikasi fasa kristalin pola XRD sampel uji tertentu berfasa tunggal menggunakan Program Match!
Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuannya untuk mengidentifikasi fasa-fasa kristalin dari pola XRD sampel uji tertentu secara kualitatif menggunakan Program Match!

1. terampil menggunakan program Match! untuk analisis kualitatif material kristalin

Kriteria:

Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa terampil dalam unjuk kerja menganalisis kualitatif material kristalin dan memeperoleh hasil yang benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dan Praktek (unjuk kerja)
2 X 50

Materi: a. Praktek identifkasi fasa kristalin pola XRD sampel uji poli fasa secara kualitatif mengunakan Match!
Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menganalisis pola XRD sampel uji fasa tunggal secara kuantitatif menggunakan metode Rietveld dan software Rietica

  1. 1. memahami Metode Rietveld.
  2. 1. memahami struktur program Rietica berbasis Metode Rietveld.
Kriteria:

Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif dan memberikan penjelasan dalam diskusi/tugas dengan benar & memuaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan Partisipasi
2 X 50

Materi: a. Metode Rietveld b. Program Rietica
Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menganalisis pola XRD sampel uji fasa tunggal secara kuantitatif menggunakan metode Rietveld dan software Rietica

  1. 1. memodelkan dan merefine untuk fasa tunggal
  2. 2. menentukan parameter-parameter refinable di dalam program Rietica untuk fasa tunggal
Kriteria:

Nilai penuh akan diberikan apabila mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif dan memberikan penjelasan dalam diskusi/tugas dengan benar & memuaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan Partisipasi
2 X 50

Materi: a. Pemodelan dan refinemenet untuk 1 fasa tunggal b. Parameter refinable dalam Rietica
Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuannya dalam menganalisis komposisi fasa kristalin dari pola XRD sampel uji poli fasa

  1. 1. Terampil menggunakan program Rietica berbasis Metode Rietveld.
  2. 2. Mempraktekkan pemodelan dan refinement dengan bahan fasa banyak (poly phases)
Kriteria:

Terampil merefine pola XRD material kristalin fasa banyak


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dan praktek/unjuk kerja (studi kasus)
2 X 50

Materi: a. Pemodelan dan refinemenet untuk 1 fasa tunggal b. Parameter refinable dalam Rietica
Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuannya dalam menganalisis komposisi fasa kristalin dari pola XRD sampel uji poli fasa

Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil belajar tentang analisis dan interpretasi data hasil eksperimen XRD baik secara kualitatif maupun kuantitatif dengan benar dan efektif

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyelesaikan sebuah kasus (masalah) tertentu yang berkaitan dengan material kristalin ditinjau dari analisis difraksi sinar-x dengan tuntas dan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ujian akhir semester
2 X 50

Materi: Metode refinement Rietveld dan implementasinya pada material kristalin fasa tunggal dan fasa banyak
Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori Dan Analisis Data Eksperimen. Unesa University Press. ISBN: 978-602-449-209-0
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 72.5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 5%
3. Tes 22.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.