Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pendidikan Keluarga Berkelanjutan

8610502057

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, produktif melalui penelitian ilmiah dan memimpin penelittian kolaboratif antar institusi

PLO-7

Mampu merancang program pendidikan yang inovatif dan pengembangan model-model pembelajaraan bagi pengelola pendidikan anak usia dini, pendidikan nonformal, pengembangan masyarakat dengan pendekatan pedagogik, andragogi dan heutagogi

PLO-9

Mampu menerapkan konsep, teori dan praktek pendidikan nonformal, manajemen PNF berbasis teknologi serta kajian model bisnis sosial bidang PNF.

PLO-10

Mampu menerapkan kemitraan strategi dan jejaring dalam penyelenggaraan pendidikan berkelanjutan, pengembangan masyarakat dan pendidikan nonformal

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, teori, prinsip, dan perkembangan mutakhir terkait pembangunan masyarakat berkelanjutan dari perspektif ekologis, sosial, ekonomi, dan kelembagaan. (CPL-P1)

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis isu-isu strategis, tantangan, dan praktik-praktik terbaik dalam implementasi pembangunan masyarakat berkelanjutan di level lokal, nasional, dan global. (CPL-P1, CPL-KU1)

PO - 3

Mahasiswa mampu merumuskan kerangka berpikir dan pendekatan inovatif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pembangunan masyarakat berkelanjutan berdasarkan hasil kajian inter, multi dan transdisipliner. (CPL-P2, CPL-KK2)

PO - 4

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian yang bermanfaat untuk memecahkan permasalahan dan memperbaiki praktik pembangunan masyarakat berkelanjutan. (CPL-P2, CPL-KK2)

PO - 5

Mahasiswa mampu mengembangkan model, strategi atau kebijakan untuk memajukan agenda pembangunan masyarakat berkelanjutan berdasarkan hasil riset. (CPL-P2, CPL-KK2, CPL-KK3)

PO - 6

Mahasiswa mampu mendiseminasikan gagasan inovatif terkait pembangunan masyarakat berkelanjutan melalui publikasi ilmiah, penyusunan policy brief, atau pemaparan dalam forum-forum ilmiah. (CPL-KK3)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-6PLO-7PLO-9PLO-10
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5    
PO-6    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pembangunan Masyarakat Berkelanjutan merupakan kajian komprehensif tentang konsep, teori, pendekatan, dan praktik pembangunan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan generasi saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang, dengan mengintegrasikan aspek ekologis, sosial, ekonomi, dan kelembagaan secara holistik. Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi: 1) Konsep dasar dan prinsip pembangunan berkelanjutan, 2) Dimensi dan indikator keberlanjutan, 3) Kebijakan dan program pembangunan berkelanjutan di level lokal, nasional, dan global, 4) Pendekatan dan metodologi dalam perencanaan, implementasi, serta monitoring dan evaluasi program pembangunan masyarakat berkelanjutan, 5) Isu strategis seperti keadilan sosial, inklusivitas, pemberdayaan masyarakat marginal, serta peran multi-stakeholder dalam pembangunan berkelanjutan, 6) Pengembangan model, kerangka kerja konseptual, dan rekomendasi kebijakan berbasis penelitian untuk memajukan agenda pembangunan masyarakat berkelanjutan.

Pustaka

Utama :

  1. Sachs, J. D. (2015). The age of sustainable development. Columbia University Press.
  2. Raworth, K. (2017). Doughnut economics: seven ways to think like a 21st-century economist. Chelsea Green Publishing.
  3. Jackson, T. (2009). Prosperity without growth: Economics for a finite planet. Routledge.

Pendukung :

  1. Grin, J., Rotmans, J., & Schot, J. (2010). Transitions to sustainable development: new directions in the study of long term transformative change. Routledge.
  2. Wijaya, A., Chrysolite, H., Ge, M., Wibowo, C. K., Pradana, A., Utami, A. F., & Austin, K. (2017). How can Indonesia achieve its climate change mitigation goal? An analysis of potential emissions reductions from energy and land-use policies. World Resources Institute.
  3. Rahmasary, A. N., Robert, S., Chang, I. S., Jing, W., Park, J., Bluemling, B., ... & Koop, S. (2019). Overcoming the challenges of water, waste and climate change in Asian cities. Environmental Management, 63(4), 520-535.
  4. Suryahadi, A., Al Izzati, R., & Suryadarma, D. (2020). Estimating the impact of covid-19 on poverty in Indonesia. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 56(2), 175- 192.
  5. Singleton, R., Schalkwyk, F. V., & Mudimu, O. (2020). Gender and inclusion in social protection responses to COVID-19: What works and doesn't work. Policy in Focus, 19(1), 15-19.
  6. Mersmann, F., Wehnert, T., Göpel, M., Arens, S., & Ujj, O. (2014). Shifting paradigms: Unpacking transformation for climate action. Wuppertal Institute for Climate, Environment and Energy.
  7. Hák, T., Janoušková, S., & Moldan, B. (2016). Sustainable Development Goals: A need for relevant indicators. Ecological Indicators, 60, 565-573.
  8. 1Spangenberg, J. H. (2017). Hot air or comprehensive progress? A critical assessment of the SDGs. Sustainable Development, 25(4), 311-321.
  9. Allen, C., Metternicht, G., & Wiedmann, T. (2016). National pathways to the Sustainable Development Goals (SDGs): A comparative review of scenario modelling tools. Environmental Science & Policy, 66, 199-207.
  10. Schneider, F., Kallis, G., & Martinez-Alier, J. (2010). Crisis or opportunity? Economic degrowth for social equity and ecological sustainability. Introduction to this special issue. Journal of Cleaner Production, 18(6), 511-518.
  11. Costanza, R., Daly, L., Fioramonti, L., Giovannini, E., Kubiszewski, I., Mortensen, L. F., ... & Wilkinson, R. (2016). Modelling and measuring sustainable wellbeing in connection with the UN Sustainable Development Goals. Ecological Economics, 130, 350-355

Dosen Pengampu

Dr. Sjafiatul Mardliyah, S.Sos., M.A.

Dr. Ali Yusuf, S.Ag., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, urgensi, tujuan, dan prinsip-prinsip pembangunan masyarakat berkelanjutan

Ketepatan menjelaskan konsep dan prinsip pembangunan masyarakat berkelanjutan

Kriteria:
  1. Tes lisan
  2. Observasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Kuliah
- Diskusi
2 X 50
- Kuliah
- Diskusi
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Raworth, K. (2017). Doughnut economics: seven ways to think like a 21st-century economist. Chelsea Green Publishing.
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menganalisis dimensi dan indikator keberlanjutan dari aspek ekologis, sosial, ekonomi, dan kelembagaan

Kemampuan menganalisis dimensi dan indikator keberlanjutan

Kriteria:
  1. Tes tertulis
  2. Presentasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Diskusi kelompok,
- Studi kasus
2 X 50
- Diskusi kelompok,
- Studi kasus
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Hák, T., Janoušková, S., & Moldan, B. (2016). Sustainable Development Goals: A need for relevant indicators. Ecological Indicators, 60, 565-573.
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengevaluasi kebijakan dan program pembangunan dari perspektif pembangunan masyarakat berkelanjutan

Kualitas evaluasi kebijakan dan program pembangunan

Kriteria:
  1. Studi kasus
  2. Observasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
- Pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Wijaya, A., Chrysolite, H., Ge, M., Wibowo, C. K., Pradana, A., Utami, A. F., & Austin, K. (2017). How can Indonesia achieve its climate change mitigation goal? An analysis of potential emissions reductions from energy and land-use policies. World Resources Institute.
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mengkaji pendekatan dan metodologi dalam perencanaan pembangunan masyarakat berkelanjutan

Ketepatan mengkaji pendekatan dan metodologi perencanaan pembangunan

Kriteria:
  1. Tes tertulis
  2. Observasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Kuliah Kelas
- Diskusi
2 x 50
- Kuliah Kelas
- Diskusi
2 x 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Grin, J., Rotmans, J., & Schot, J. (2010). Transitions to sustainable development: new directions in the study of long term transformative change. Routledge.
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu merumuskan strategi pengarusutamaan (mainstreaming) pembangunan berkelanjutan dalam perencanaan pembangunan di tingkat lokal dan nasional

Kualitas rumusan strategi pengarusutamaan pembangunan berkelanjutan

Kriteria:
  1. Presentasi
  2. Penugasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
- Pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Mersmann, F., Wehnert, T., Göpel, M., Arens, S., & Ujj, O. (2014). Shifting paradigms: Unpacking transformation for climate action. Wuppertal Institute for Climate, Environment and Energy.
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu merancang program inovatif untuk pemberdayaan masyarakat marginal dalam kerangka pembangunan berkelanjutan

Kualitas rancangan program pemberdayaan masyarakat

Kriteria:
  1. Proposal proyek
  2. Presentasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
- Pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Rahmasary, A. N., Robert, S., Chang, I. S., Jing, W., Park, J., Bluemling, B., ... & Koop, S. (2019). Overcoming the challenges of water, waste and climate change in Asian cities. Environmental Management, 63(4), 520-535.
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mengembangkan kerangka kerja monitoring dan evaluasi program pembangunan masyarakat berkelanjutan

Ketepatan pengembangan kerangka kerja monitoring dan evaluasi

Kriteria:
  1. Penugasan
  2. Observasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Diskusi kelompok
2 X 50
- Diskusi kelompok
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Costanza, R., Daly, L., Fioramonti, L., Giovannini, E., Kubiszewski, I., Mortensen, L. F., ... & Wilkinson, R. (2016). Modelling and measuring sustainable wellbeing in connection with the UN Sustainable Development Goals. Ecological Economics, 130, 350-355
3%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Mahasiswa mampu memberikan pendapat yang logis dan terstruktur antra realita dan teori

Kriteria:

Mahasiswa mampu memberikan pendapat yang logis dan terstruktur antra realita dan teori


Bentuk Penilaian :
Tes
- Lisan
- Tulis
- Potofolio
2 X 50
- Lisan
- Tulis
- Potofolio
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka:
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mengkaji isu ketimpangan, keadilan sosial, dan inklusivitas dalam konteks pembangunan masyarakat berkelanjutan.

Kemampuan mengkaji isu ketimpangan, keadilan sosial, dan inklusivitas

Kriteria:
  1. Tes tertulis
  2. Observasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Kuliah
- Diskusi
2 X 50
- Kuliah
- Diskusi
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Suryahadi, A., Al Izzati, R., & Suryadarma, D. (2020). Estimating the impact of covid-19 on poverty in Indonesia. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 56(2), 175- 192.
10%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menganalisis praktikpraktik terbaik (best practices) pembangunan masyarakat berkelanjutan di berbagai negara dan konteks

Ketepatan analisis best practices pembangunan masyarakat berkelanjutan

Kriteria:
  1. Studi kasus
  2. Presentasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
- Diskusi kelompok
2 X 50
- Diskusi kelompok
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Rahmasary, A. N., Robert, S., Chang, I. S., Jing, W., Park, J., Bluemling, B., ... & Koop, S. (2019). Overcoming the challenges of water, waste and climate change in Asian cities. Environmental Management, 63(4), 520-535.
10%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian terkait isu strategis dalam pembangunan masyarakat berkelanjutan

Kualitas proposal penelitian

Kriteria:
  1. Proposal penelitian
  2. Presentasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
- Pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Sachs, J. D. (2015). The age of sustainable development. Columbia University Press.
10%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu mengembangkan model atau kerangka kerja konseptual baru untuk memajukan pembangunan masyarakat berkelanjutan berdasarkan hasil penelitian

Kualitas pengembangan model atau kerangka kerja konseptual

Kriteria:
  1. Presentasi
  2. Penugasan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Diskusi kelompok
2 X 50
- Diskusi kelompok
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Costanza, R., Daly, L., Fioramonti, L., Giovannini, E., Kubiszewski, I., Mortensen, L. F., ... & Wilkinson, R. (2016). Modelling and measuring sustainable wellbeing in connection with the UN Sustainable Development Goals. Ecological Economics, 130, 350-355
10%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menyusun policy brief atau rekomendasi kebijakan terkait perbaikan program pembangunan berkelanjutan berdasarkan bukti empiris

Kualitas penyusunan policy brief atau rekomendasi kebijakan

Kriteria:
  1. Policy brief
  2. Presentasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
- Pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: 1Spangenberg, J. H. (2017). Hot air or comprehensive progress? A critical assessment of the SDGs. Sustainable Development, 25(4), 311-321.
10%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mempresentasikan dan mendiseminasikan gagasan atau temuan penelitian terkait pembangunan masyarakat berkelanjutan dalam forum ilmiah atau media publikasi

Keterampilan presentasi dan diseminasi karya ilmiah

Kriteria:
  1. Presentasi
  2. Observasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Diskusi
- Presentasi
2 X 50
- Diskusi
- Presentasi
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Allen, C., Metternicht, G., & Wiedmann, T. (2016). National pathways to the Sustainable Development Goals (SDGs): A comparative review of scenario modelling tools. Environmental Science & Policy, 66, 199-207.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka:
10%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menginisiasi dan membangun kerja sama strategis dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholder) untuk mendukung realisasi program pembangunan masyarakat berkelanjutan.

Kemampuan menginisiasi dan membangun kerja sama strategis

Kriteria:
  1. Simulasi
  2. Observasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Pembelajaran berbasis proyek
2 x 50
- Pembelajaran berbasis proyek
2 x 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka:
10%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Mahasiswa mampu mendesai sebuah produk

Kriteria:
  1. Produk
  2. Modul
  3. PPT dan Lainnya

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Lisan
- Tulis
- Produk
2 X 50
- Lisan
- Tulis
- Produk
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka:
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 57.5%
3. Penilaian Portofolio 5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 12.5%
5. Tes 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.