
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pendidikan Keluarga Berkelanjutan |
8610502057 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
8 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, produktif melalui penelitian ilmiah dan memimpin penelittian kolaboratif antar institusi |
PLO-7 |
Mampu merancang program pendidikan yang inovatif dan pengembangan model-model pembelajaraan bagi pengelola pendidikan anak usia dini, pendidikan nonformal, pengembangan masyarakat dengan pendekatan pedagogik, andragogi dan heutagogi |
PLO-9 |
Mampu menerapkan konsep, teori dan praktek pendidikan nonformal, manajemen PNF berbasis teknologi serta kajian model bisnis sosial bidang PNF. |
PLO-10 |
Mampu menerapkan kemitraan strategi dan jejaring dalam penyelenggaraan pendidikan berkelanjutan, pengembangan masyarakat dan pendidikan nonformal |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, teori, prinsip, dan perkembangan mutakhir terkait pembangunan masyarakat berkelanjutan dari perspektif ekologis, sosial, ekonomi, dan kelembagaan. (CPL-P1)
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis isu-isu strategis, tantangan, dan praktik-praktik terbaik dalam implementasi pembangunan masyarakat berkelanjutan di level lokal, nasional, dan global. (CPL-P1, CPL-KU1)
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merumuskan kerangka berpikir dan pendekatan inovatif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pembangunan masyarakat berkelanjutan berdasarkan hasil kajian inter, multi dan transdisipliner. (CPL-P2, CPL-KK2)
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian yang bermanfaat untuk memecahkan permasalahan dan memperbaiki praktik pembangunan masyarakat berkelanjutan. (CPL-P2, CPL-KK2)
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu mengembangkan model, strategi atau kebijakan untuk memajukan agenda pembangunan masyarakat berkelanjutan berdasarkan hasil riset. (CPL-P2, CPL-KK2, CPL-KK3)
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu mendiseminasikan gagasan inovatif terkait pembangunan masyarakat berkelanjutan melalui publikasi ilmiah, penyusunan policy brief, atau pemaparan dalam forum-forum ilmiah. (CPL-KK3)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-9 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ | | PO-5 | | | | | ✔ | PO-6 | | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | | ✔ | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Pembangunan Masyarakat Berkelanjutan merupakan kajian komprehensif tentang konsep, teori, pendekatan, dan praktik pembangunan yang
bertujuan untuk memenuhi kebutuhan generasi saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang, dengan mengintegrasikan aspek ekologis,
sosial, ekonomi, dan kelembagaan secara holistik. Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi: 1) Konsep dasar dan prinsip pembangunan berkelanjutan, 2)
Dimensi dan indikator keberlanjutan, 3) Kebijakan dan program pembangunan berkelanjutan di level lokal, nasional, dan global, 4) Pendekatan dan
metodologi dalam perencanaan, implementasi, serta monitoring dan evaluasi program pembangunan masyarakat berkelanjutan, 5) Isu strategis seperti
keadilan sosial, inklusivitas, pemberdayaan masyarakat marginal, serta peran multi-stakeholder dalam pembangunan berkelanjutan, 6) Pengembangan
model, kerangka kerja konseptual, dan rekomendasi kebijakan berbasis penelitian untuk memajukan agenda pembangunan masyarakat berkelanjutan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Sachs, J. D. (2015). The age of sustainable development. Columbia University Press.
- Raworth, K. (2017). Doughnut economics: seven ways to think like a 21st-century economist. Chelsea Green Publishing.
- Jackson, T. (2009). Prosperity without growth: Economics for a finite planet. Routledge.
|
Pendukung : |
|
- Grin, J., Rotmans, J., & Schot, J. (2010). Transitions to sustainable development: new directions in the study of long term transformative change. Routledge.
- Wijaya, A., Chrysolite, H., Ge, M., Wibowo, C. K., Pradana, A., Utami, A. F., & Austin, K. (2017). How can Indonesia achieve its climate change mitigation goal? An analysis of potential emissions reductions from energy and land-use policies. World Resources Institute.
- Rahmasary, A. N., Robert, S., Chang, I. S., Jing, W., Park, J., Bluemling, B., ... & Koop, S. (2019). Overcoming the challenges of water, waste and climate change in Asian cities. Environmental Management, 63(4), 520-535.
- Suryahadi, A., Al Izzati, R., & Suryadarma, D. (2020). Estimating the impact of covid-19 on poverty in Indonesia. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 56(2), 175- 192.
- Singleton, R., Schalkwyk, F. V., & Mudimu, O. (2020). Gender and inclusion in social protection responses to COVID-19: What works and doesn't work. Policy in Focus, 19(1), 15-19.
- Mersmann, F., Wehnert, T., Göpel, M., Arens, S., & Ujj, O. (2014). Shifting paradigms: Unpacking transformation for climate action. Wuppertal Institute for Climate, Environment and Energy.
- Hák, T., Janoušková, S., & Moldan, B. (2016). Sustainable Development Goals: A need for relevant indicators. Ecological Indicators, 60, 565-573.
- 1Spangenberg, J. H. (2017). Hot air or comprehensive progress? A critical assessment of the SDGs. Sustainable Development, 25(4), 311-321.
- Allen, C., Metternicht, G., & Wiedmann, T. (2016). National pathways to the Sustainable Development Goals (SDGs): A comparative review of scenario modelling tools. Environmental Science & Policy, 66, 199-207.
- Schneider, F., Kallis, G., & Martinez-Alier, J. (2010). Crisis or opportunity? Economic degrowth for social equity and ecological sustainability. Introduction to this special issue. Journal of Cleaner Production, 18(6), 511-518.
- Costanza, R., Daly, L., Fioramonti, L., Giovannini, E., Kubiszewski, I., Mortensen, L. F., ... & Wilkinson, R. (2016). Modelling and measuring sustainable wellbeing in connection with the UN Sustainable Development Goals. Ecological Economics, 130, 350-355
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Sjafiatul Mardliyah, S.Sos., M.A. Dr. Ali Yusuf, S.Ag., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, urgensi, tujuan, dan prinsip-prinsip pembangunan masyarakat berkelanjutan |
Ketepatan menjelaskan konsep dan prinsip pembangunan masyarakat berkelanjutan |
Kriteria:
- Tes lisan
- Observasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Kuliah
- Diskusi 2 X 50 |
- Kuliah
- Diskusi 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Raworth, K. (2017). Doughnut economics: seven ways to think like a 21st-century economist. Chelsea Green Publishing. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis dimensi dan indikator keberlanjutan dari aspek ekologis, sosial, ekonomi, dan kelembagaan |
Kemampuan menganalisis dimensi dan indikator keberlanjutan |
Kriteria:
- Tes tertulis
- Presentasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Diskusi kelompok,
- Studi kasus 2 X 50 |
- Diskusi kelompok,
- Studi kasus 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Hák, T., Janoušková, S., & Moldan, B. (2016). Sustainable Development Goals: A need for relevant indicators. Ecological Indicators, 60, 565-573. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi kebijakan dan program pembangunan dari perspektif pembangunan masyarakat berkelanjutan |
Kualitas evaluasi kebijakan dan program pembangunan |
Kriteria:
- Studi kasus
- Observasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
- Pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Wijaya, A., Chrysolite, H., Ge, M., Wibowo, C. K., Pradana, A., Utami, A. F., & Austin, K. (2017). How can Indonesia achieve its climate change mitigation goal? An analysis of potential emissions reductions from energy and land-use policies. World Resources Institute. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengkaji pendekatan dan metodologi dalam perencanaan pembangunan masyarakat berkelanjutan |
Ketepatan mengkaji pendekatan dan metodologi perencanaan pembangunan |
Kriteria:
- Tes tertulis
- Observasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Kuliah Kelas
- Diskusi 2 x 50 |
- Kuliah Kelas
- Diskusi 2 x 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Grin, J., Rotmans, J., & Schot, J. (2010). Transitions to sustainable development: new directions in the study of long term transformative change. Routledge. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu merumuskan strategi pengarusutamaan (mainstreaming) pembangunan berkelanjutan dalam perencanaan pembangunan di tingkat lokal dan nasional |
Kualitas rumusan strategi pengarusutamaan pembangunan berkelanjutan |
Kriteria:
- Presentasi
- Penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
- Pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Mersmann, F., Wehnert, T., Göpel, M., Arens, S., & Ujj, O. (2014). Shifting paradigms: Unpacking transformation for climate action. Wuppertal Institute for Climate, Environment and Energy. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu merancang program inovatif untuk pemberdayaan masyarakat marginal dalam kerangka pembangunan berkelanjutan |
Kualitas rancangan program pemberdayaan masyarakat |
Kriteria:
- Proposal proyek
- Presentasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
- Pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Rahmasary, A. N., Robert, S., Chang, I. S., Jing, W., Park, J., Bluemling, B., ... & Koop, S. (2019). Overcoming the challenges of water, waste and climate change in Asian cities. Environmental Management, 63(4), 520-535. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengembangkan kerangka kerja monitoring dan evaluasi program pembangunan masyarakat berkelanjutan |
Ketepatan pengembangan kerangka kerja monitoring dan evaluasi |
Kriteria:
- Penugasan
- Observasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Diskusi kelompok 2 X 50 |
- Diskusi kelompok 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Costanza, R., Daly, L., Fioramonti, L., Giovannini, E., Kubiszewski, I., Mortensen, L. F., ... & Wilkinson, R. (2016). Modelling and measuring sustainable wellbeing in connection with the UN Sustainable Development Goals. Ecological Economics, 130, 350-355 |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Mahasiswa mampu memberikan pendapat yang logis dan terstruktur antra realita dan teori |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memberikan pendapat yang logis dan terstruktur antra realita dan teori Bentuk Penilaian : Tes |
- Lisan
- Tulis
- Potofolio 2 X 50 |
- Lisan
- Tulis
- Potofolio 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mengkaji isu ketimpangan, keadilan sosial, dan inklusivitas dalam konteks pembangunan masyarakat berkelanjutan. |
Kemampuan mengkaji isu ketimpangan, keadilan sosial, dan inklusivitas |
Kriteria:
- Tes tertulis
- Observasi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Kuliah
- Diskusi 2 X 50 |
- Kuliah
- Diskusi 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Suryahadi, A., Al Izzati, R., & Suryadarma, D. (2020). Estimating the impact of covid-19 on poverty in Indonesia. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 56(2), 175- 192. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menganalisis praktikpraktik terbaik (best practices) pembangunan masyarakat berkelanjutan di berbagai negara dan konteks |
Ketepatan analisis best practices pembangunan masyarakat berkelanjutan |
Kriteria:
- Studi kasus
- Presentasi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
- Diskusi kelompok 2 X 50 |
- Diskusi kelompok 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Rahmasary, A. N., Robert, S., Chang, I. S., Jing, W., Park, J., Bluemling, B., ... & Koop, S. (2019). Overcoming the challenges of water, waste and climate change in Asian cities. Environmental Management, 63(4), 520-535. |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian terkait isu strategis dalam pembangunan masyarakat berkelanjutan |
Kualitas proposal penelitian |
Kriteria:
- Proposal penelitian
- Presentasi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
- Pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Sachs, J. D. (2015). The age of sustainable development. Columbia University Press. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mengembangkan model atau kerangka kerja konseptual baru untuk memajukan pembangunan masyarakat berkelanjutan berdasarkan hasil penelitian |
Kualitas pengembangan model atau kerangka kerja konseptual |
Kriteria:
- Presentasi
- Penugasan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Diskusi kelompok 2 X 50 |
- Diskusi kelompok 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Costanza, R., Daly, L., Fioramonti, L., Giovannini, E., Kubiszewski, I., Mortensen, L. F., ... & Wilkinson, R. (2016). Modelling and measuring sustainable wellbeing in connection with the UN Sustainable Development Goals. Ecological Economics, 130, 350-355 |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menyusun policy brief atau rekomendasi kebijakan terkait perbaikan program pembangunan berkelanjutan berdasarkan bukti empiris |
Kualitas penyusunan policy brief atau rekomendasi kebijakan |
Kriteria:
- Policy brief
- Presentasi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
- Pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: 1Spangenberg, J. H. (2017). Hot air or comprehensive progress? A critical assessment of the SDGs. Sustainable Development, 25(4), 311-321. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan dan mendiseminasikan gagasan atau temuan penelitian terkait pembangunan masyarakat berkelanjutan dalam forum ilmiah atau media publikasi |
Keterampilan presentasi dan diseminasi karya ilmiah |
Kriteria:
- Presentasi
- Observasi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Diskusi
- Presentasi 2 X 50 |
- Diskusi
- Presentasi 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Allen, C., Metternicht, G., & Wiedmann, T. (2016). National pathways to the Sustainable Development Goals (SDGs): A comparative review of scenario modelling tools. Environmental Science & Policy, 66, 199-207. Materi: Arahan Dosen Pustaka: |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menginisiasi dan membangun kerja sama strategis dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholder) untuk mendukung realisasi program pembangunan masyarakat berkelanjutan. |
Kemampuan menginisiasi dan membangun kerja sama strategis |
Kriteria:
- Simulasi
- Observasi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Pembelajaran berbasis proyek 2 x 50 |
- Pembelajaran berbasis proyek 2 x 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Mahasiswa mampu mendesai sebuah produk |
Kriteria:
- Produk
- Modul
- PPT dan Lainnya
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Lisan
- Tulis
- Produk 2 X 50 |
- Lisan
- Tulis
- Produk 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: |
5% |