
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
BIG DATA ANALYTIC |
6120903087 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
7 |
16 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Anita Safitri
|
Riska Dhenabayu
|
HUJJATULLAH FAZLURRAHMAN |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh |
PLO-11 |
Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, karakteristik, dan peran Big Data dalam konteks bisnis digital.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menggunakan tools analitik (Google BigQuery dan Tableau) untuk melakukan pengolahan dan analisis data sederhana.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan merancang visualisasi data serta dashboard yang komunikatif untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi hasil analisis Big Data dan mengkomunikasikan insight bisnis dengan memperhatikan aspek etis dan privasi data.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Big Data Analytics membahas konsep, teknologi, dan metode analisis data skala besar dalam konteks bisnis digital. Mahasiswa diperkenalkan pada karakteristik big data, ekosistem big data (data lake, NoSQL, Hadoop, Spark), serta teknik analisis deskriptif dan prediktif sederhana. Pembelajaran menekankan pada penerapan praktis melalui penggunaan Google BigQuery untuk pengolahan data dan Tableau Public untuk visualisasi serta penyusunan dashboard analitik. Selain itu, mahasiswa juga mendapat pengenalan penggunaan Google Colab sebagai pengayaan untuk analisis data menggunakan Python. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep big data, menggunakan tools analitik untuk menghasilkan insight bisnis, serta mengevaluasi hasil analisis big data sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang berbasis data, dengan memperhatikan aspek etika, privasi, dan regulasi data. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
RISKA DHENABAYU ANITA SAFITRI Riska Dhenabayu, S.Kom., M.M. Riska Dhenabayu, S.Kom., M.M. Anita Safitri, M. Kom. Anita Safitri, M. Kom. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar big data, karakteristik (5V), dan relevansinya dalam bisnis digital. |
- Mahasiswa mampu menjelaskan definisi big data
- Mahasiswa mampu menguraikan 5V big data.
- Mahasiswa mampu memberi contoh aplikasi big data di industri digital.
|
Kriteria:
Rubrik Holistik: non-test Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif, Diskusi 3x50 |
Ceramah interaktif, Diskusi 3x50 |
|
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami ekosistem big data (data lake, Hadoop, Spark, NoSQL) |
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi komponen ekosistem big data.
- Mahasiswa mampu menjelaskan peran infrastruktur big data dalam bisnis.
|
Kriteria:
Rubrik Holistik: non-test Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif, Diskusi 3x50 |
Ceramah interaktif, Diskusi 3x50 |
|
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menuliskan query sederhana di BigQuery untuk eksplorasi dataset. |
- Mahasiswa mampu melakukan select, where, dan order by.
- Mahasiswa mampu menjelaskan peran infrastruktur big data dalam bisnis.
- Mahasiswa mampu menjalankan query pada dataset publik di BigQuery.
|
Kriteria:
Rubrik Holistik: non-test Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, Diskusi, Praktik 3x50 |
Ceramah interaktif, Diskusi, Praktik 3x50 |
|
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menggunakan fungsi agregasi dalam BigQuery |
- Mahasiswa mampu menyusun query dengan group by dan having.
- Mahasiswa mampu menghasilkan ringkasan data.
|
Kriteria:
Rubrik holistik: non-test Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah interaktif, Diskusi, Praktik 3x50 |
Ceramah interaktif, Diskusi, Praktik 3x50 |
|
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu melakukan join antar tabel untuk integrasi data. |
- Mahasiswa mampu menggunakan inner join dan left join.
- Mahasiswa mampu menarik insight dari tabel gabungan.
|
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Tes |
Ceramah interaktif, Diskusi, Praktik 3x50 |
Ceramah interaktif, Diskusi, Praktik 3x50 |
|
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu membuat grafik dasar dari hasil query BigQuery. |
- Mahasiswa mampu menghubungkan Tableau ke BigQuery.
- Mahasiswa mampu membuat bar chart, line chart, dan pie chart sederhana.
|
Kriteria:
Rubrik Holistik: non-test Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, Diskusi, Praktik 3x50 |
Ceramah interaktif, Diskusi, Praktik 3x50 |
|
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu membangun dashboard interaktif sederhana. |
- Mahasiswa mampu menyusun minimal dua grafik dalam satu dashboard.
- MMahasiswa mampu menambahkan filter interaktif pada dashboard.
|
Kriteria:
Rubrik Holistik: non-test Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah interaktif, Diskusi, Praktik 3x50 |
Ceramah interaktif, Diskusi, Praktik 3x50 |
|
20% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu merefleksikan pembelajaran analisis big data tahap awal |
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam proses analisis data menggunakan BigQuery dan Tableau.
- Mahasiswa mampu memberikan umpan balik terhadap hasil analisis dan visualisasi yang dibuat, baik secara individu maupun kelompok.
|
|
Reflective Learning 3x50 |
Reflective Learning 3x50 |
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menganalisis pola penjualan dengan BigQuery & Tableau. |
- Mahasiswa mampu menyusun query analisis tren penjualan.
- Mahasiswa mampu membuat visualisasi tren bulanan.
|
Kriteria:
Rubrik Holistik: non-test Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, Diskusi, Praktik
|
Ceramah interaktif, Diskusi, Praktik
|
|
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi perilaku pelanggan dari data transaksi. |
- Mahasiswa mampu melakukan segmentasi pelanggan berdasarkan data.
- Mahasiswa mampu membuat visualisasi profil pelanggan
|
Kriteria:
Rubrik holistik: non-test Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, Diskusi, Praktik
|
Ceramah interaktif, Diskusi, Praktik
|
|
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menganalisis data teks sederhana. |
- Mahasiswa mampu melakukan query rata-rata rating per kategori.
- Mahasiswa mampu membuat grafik sentimen sederhana.
|
Kriteria:
Rubrik holistik: non-test Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, Diskusi, Praktik
|
Ceramah interaktif, Diskusi, Praktik
|
|
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menyempurnakan dashboard analitik dan mengintegrasikan berbagai hasil analisis data. |
- Mahasiswa mampu menambahkan dan mengatur beberapa grafik dalam satu dashboard secara interaktif.
- Mahasiswa mampu menggabungkan hasil analisis dari berbagai tabel atau dataset untuk membuat dashboard yang komprehensif.
- Mahasiswa mampu memeriksa konsistensi data dan akurasi visualisasi sebelum interpretasi.
|
Kriteria:
4 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, Diskusi, Demo
|
Ceramah interaktif, Diskusi, Demo
|
|
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menginterpretasikan hasil analisis big data untuk pengambilan keputusan bisnis. |
- Mahasiswa mampu mengaitkan insight dengan permasalahan bisnis.
- Mahasiswa mampu menyusun rekomendasi berbasis data.
|
Kriteria:
Rubrik holistik: non-test Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif, Diskusi, Praktik
|
Ceramah interaktif, Diskusi, Praktik
|
|
2% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami aspek etika dalam penggunaan big data. |
- Mahasiswa mampu menjelaskan isu privasi dan keamanan data.
- Mahasiswa mampu memberi contoh regulasi data (misalnya GDPR atau UU PDP).
|
Kriteria:
Rubrik holistik: non-test Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, Diskusi
|
Ceramah interaktif, Diskusi
|
|
2% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menyiapkan proyek akhir berupa analisis data bisnis digital, termasuk persiapan query, visualisasi, dan dashboard sebelum presentasi proyek. |
- Memeriksa kelengkapan dataset untuk analisis proyek akhir.
- Menyusun query dan melakukan analisis data awal di BigQuery.
- Mendesain dashboard awal di Tableau untuk menampilkan insight dasar.
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
|
|
|
4% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu menyelesaikan proyek akhir berupa analisis big data bisnis digital dan menyajikan dashboard interaktif beserta insight rekomendasi. |
- Menyajikan hasil analisis dalam bentuk dashboard yang interaktif dan informatif di Tableau.
- Menginterpretasikan hasil analisis untuk memberikan rekomendasi keputusan bisnis.
- Mempertimbangkan aspek etika, privasi, dan regulasi data dalam penyajian dan interpretasi hasil.
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi proyek
|
presentasi proyek
|
|
20% |