Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Content Area Literacy

8810302045

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

28 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Pratiwi Retnaningdyah




Pratiwi Retnaningdyah




Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu menghasilkan desain atau model pembelajaran yang inovatif dan teruji berbasis teknologi pembelajaran untuk bahasa Inggris umum atau bahasa Inggris untuk tujuan tertentu

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan strategi literasi konten untuk meningkatkan pemahaman materi dalam bahasa Inggris di berbagai disiplin ilmu (C3)

PO - 2

Menganalisis dan mengevaluasi efektivitas metode literasi konten dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris (C4, C5)

PO - 3

Mengembangkan materi ajar yang mengintegrasikan literasi konten untuk memfasilitasi pembelajaran bahasa Inggris yang efektif (C6)

PO - 4

Menerapkan teknik evaluasi untuk mengukur kemajuan literasi konten siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris (C3)

PO - 5

Menganalisis kebutuhan literasi konten siswa untuk menyesuaikan pendekatan pengajaran yang sesuai (C4)

PO - 6

Mengevaluasi dan merefleksikan praktik pengajaran sendiri dalam mengimplementasikan literasi konten (C5)

PO - 7

Menciptakan strategi kolaboratif antar pendidik untuk meningkatkan efektivitas pengajaran literasi konten (C6)

PO - 8

Menerapkan teknologi pembelajaran terkini untuk mendukung literasi konten dalam pengajaran bahasa Inggris (C3)

PO - 9

Menganalisis dampak literasi konten terhadap pencapaian kompetensi bahasa Inggris siswa (C4)

PO - 10

Menciptakan modul pembelajaran yang mengintegrasikan literasi konten dengan teknologi pembelajaran untuk bahasa Inggris (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8 
PO-9 
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Content Area Literacy pada jenjang S2 program studi Pendidikan Bahasa Inggris bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang strategi literasi dalam konteks pembelajaran di berbagai bidang studi. Mata kuliah ini membahas teori dan praktik literasi disiplin ilmu yang meliputi keterampilan membaca, menulis, dan berpikir kritis dalam konteks spesifik dari berbagai mata pelajaran. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana mengembangkan literasi siswa dalam berbagai konten kurikulum, serta merancang strategi pembelajaran yang memadukan literasi dengan materi pelajaran. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman teoritis, analisis studi kasus, dan pengembangan keterampilan praktis dalam mengintegrasikan literasi ke dalam pembelajaran di berbagai bidang studi.

Pustaka

Utama :

  1. Alvermann, D. E., & Phelps, S. F. (2017). Content area reading and literacy: Succeeding in today's diverse classrooms (7th ed.). Pearson Education.
  2. Vacca, R. T., Vacca, J. A., & Mraz, M. (2014). Content area reading: Literacy and learning across the curriculum (11th ed.). Pearson Education.
  3. Shanahan, T., & Shanahan, C. (2008). Teaching disciplinary literacy to adolescents: Rethinking content-area literacy. In L. B. Gambrell & L. M. Morrow (Eds.), Best practices in literacy instruction (pp. 176-190). Guilford Press.
  4. International Literacy Association. (n.d.). Content Area Literacy. Retrieved from https://www.literacyworldwide.org

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dra. Pratiwi Retnaningdyah, M.Hum., M.A., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan strategi literasi konten untuk meningkatkan pemahaman materi dalam bahasa Inggris di berbagai disiplin ilmu.

  1. strategi literasi konten diterapkan dengan baik
  2. pemahaman materi dalam bahasa Inggris meningkat
  3. kemampuan menerapkan strategi literasi konten dalam disiplin ilmu tertentu

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang penerapan strategi literasi konten dalam disiplin ilmu pilihan
Materi: Pengenalan Literasi Konten, Strategi Meningkatkan Pemahaman Materi, Penerapan dalam Disiplin Ilmu Tertentu
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan strategi literasi konten dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan pemahaman materi di berbagai disiplin ilmu.

  1. Pemahaman konsep strategi literasi konten
  2. Kemampuan menerapkan strategi literasi dalam konteks disiplin ilmu tertentu
  3. Kemampuan mengidentifikasi strategi literasi yang efektif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran kolaboratif, diskusi kelompok, studi kasus.
Diskusi daring tentang penerapan strategi literasi dalam disiplin ilmu tertentu, Membuat video presentasi tentang strategi literasi yang berhasil
Materi: Pengenalan strategi literasi konten, Penerapan strategi literasi dalam disiplin ilmu tertentu, Studi kasus strategi literasi yang berhasil
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi efektivitas metode literasi konten dalam pembelajaran bahasa Inggris.

  1. analisis metode literasi konten
  2. evaluasi efektivitas metode literasi konten

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi, studi kasus, presentasi.
Diskusi daring tentang metode literasi konten yang efektif, Penugasan mengevaluasi metode literasi konten dalam pembelajaran bahasa Inggris
Materi: Pengenalan literasi konten, Metode literasi konten dalam pembelajaran bahasa Inggris, Evaluasi efektivitas metode literasi konten
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi berbagai metode literasi konten dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris.

  1. Pemahaman konsep literasi konten
  2. Kemampuan menganalisis metode literasi konten
  3. Kemampuan mengevaluasi efektivitas metode literasi konten

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
Diskusi daring tentang penerapan metode literasi konten dalam pembelajaran bahasa Inggris
Materi: Pengenalan literasi konten, Metode literasi konten dalam pembelajaran bahasa Inggris, Evaluasi efektivitas metode literasi konten
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan materi ajar yang mengintegrasikan literasi konten dalam pembelajaran bahasa Inggris.

  1. Pengembangan materi ajar yang kreatif
  2. Penerapan literasi konten dalam pembelajaran bahasa Inggris

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran kolaboratif.
Diskusi daring tentang penerapan literasi konten dalam pembelajaran bahasa Inggris
Materi: Konsep literasi konten, Strategi mengintegrasikan literasi konten dalam pembelajaran bahasa Inggris
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan materi ajar yang mengintegrasikan literasi konten untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Inggris.

  1. integrasi literasi konten
  2. efektivitas pembelajaran bahasa Inggris

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran kolaboratif.
Diskusi daring tentang penerapan literasi konten dalam pengajaran bahasa Inggris
Materi: Pengertian literasi konten, Strategi mengintegrasikan literasi konten dalam pembelajaran bahasa Inggris, Studi kasus pengajaran bahasa Inggris dengan literasi konten
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan keterampilan dalam mengevaluasi kemajuan literasi konten siswa dengan menggunakan teknik evaluasi yang relevan dan efektif.

  1. Kemampuan merancang instrumen evaluasi yang sesuai
  2. Kemampuan menganalisis data evaluasi dengan tepat
  3. Kemampuan menyusun rekomendasi berdasarkan hasil evaluasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang penerapan teknik evaluasi dalam literasi konten, Penugasan membuat instrumen evaluasi simulasi
Materi: Pengenalan teknik evaluasi, Penerapan teknik evaluasi dalam konteks literasi konten, Analisis data evaluasi, Penyusunan rekomendasi berdasarkan hasil evaluasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu mengimplementasikan teknik evaluasi yang tepat untuk mengukur kemajuan literasi konten siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris.

  1. evaluasi kemajuan literasi konten siswa
  2. menggunakan teknik evaluasi yang sesuai

Bentuk Penilaian :
Tes
.

Materi: Teknik evaluasi dalam pembelajaran bahasa Inggris, Pengukuran kemajuan literasi konten siswa
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi teknik evaluasi yang sesuai, menerapkan teknik tersebut dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris, dan mampu menganalisis hasil evaluasi untuk mengukur kemajuan literasi siswa.

  1. teknik evaluasi yang digunakan
  2. analisis hasil evaluasi
  3. kemampuan mengukur kemajuan literasi siswa

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang penerapan teknik evaluasi dalam pembelajaran bahasa Inggris
Materi: Teknik evaluasi dalam pembelajaran bahasa Inggris, Strategi analisis hasil evaluasi, Penerapan evaluasi dalam konteks literasi siswa
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan literasi konten siswa dan mengaplikasikan pendekatan pengajaran yang sesuai.

  1. Kemampuan menganalisis kebutuhan literasi konten siswa
  2. Kemampuan menyesuaikan pendekatan pengajaran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi.
Diskusi daring tentang studi kasus kebutuhan literasi siswa
Materi: Teori literasi konten, Strategi pengajaran yang adaptif, Studi kasus kebutuhan literasi siswa
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan merefleksikan praktik pengajaran mereka sendiri dalam mengimplementasikan literasi konten dengan kritis dan konstruktif.

  1. Refleksi praktik pengajaran
  2. Analisis implementasi literasi konten
  3. Kemampuan evaluasi diri

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang pengalaman mengevaluasi praktik pengajaran sendiri
Materi: Strategi evaluasi pengajaran, Penerapan literasi konten dalam pembelajaran, Teknik refleksi diri
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu merancang dan mengimplementasikan strategi kolaboratif yang efektif dalam konteks pengajaran literasi konten.

  1. strategi kolaboratif yang inovatif
  2. penerapan strategi dalam pengajaran
  3. evaluasi efektivitas strategi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang penerapan strategi kolaboratif, Penugasan membuat rencana kolaboratif untuk pengajaran literasi konten
Materi: Konsep Literasi Konten, Strategi Kolaboratif dalam Pendidikan, Penerapan Kolaborasi antar Pendidik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan teknologi pembelajaran terkini dalam pengajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan literasi konten.

  1. Integrasi teknologi pembelajaran
  2. Penggunaan teknologi pembelajaran secara efektif
  3. Peningkatan literasi konten

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Diskusi daring tentang penerapan teknologi pembelajaran dalam pengajaran bahasa Inggris
Materi: Pengenalan teknologi pembelajaran terkini, Strategi penggunaan teknologi dalam pengajaran bahasa Inggris, Studi kasus implementasi teknologi dalam literasi konten
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hubungan antara literasi konten dan pencapaian kompetensi bahasa Inggris siswa.

  1. analisis hubungan literasi konten dan kompetensi bahasa Inggris
  2. kemampuan menerapkan Taksonomi Bloom level C4

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang analisis dampak literasi konten terhadap kompetensi bahasa Inggris siswa
Materi: Konsep literasi konten, Pengaruh literasi konten terhadap kompetensi bahasa Inggris, Taksonomi Bloom level C4
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan modul pembelajaran yang mengintegrasikan literasi konten dengan teknologi pembelajaran untuk bahasa Inggris.

  1. modul pembelajaran terintegrasi dengan teknologi
  2. penerapan literasi konten dalam modul
  3. kreativitas dalam penggunaan teknologi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis proyek.
Pengembangan modul pembelajaran berbasis teknologi untuk bahasa Inggris
Materi: Pengembangan modul pembelajaran, Integrasi literasi konten dan teknologi, Strategi pembelajaran bahasa Inggris
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

16

Minggu ke 16

      .

      Materi:
      Pustaka: Handbook Perkuliahan
      0%



      Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

      No Evaluasi Persentase
      0%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.