
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Content Area Literacy |
8810302045 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
28 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Pratiwi Retnaningdyah
|
Pratiwi Retnaningdyah
|
Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu menghasilkan desain atau model pembelajaran yang inovatif dan teruji berbasis teknologi pembelajaran untuk bahasa Inggris umum atau bahasa Inggris untuk tujuan tertentu |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan strategi literasi konten untuk meningkatkan pemahaman materi dalam bahasa Inggris di berbagai disiplin ilmu (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis dan mengevaluasi efektivitas metode literasi konten dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris (C4, C5)
|
PO - 3 |
Mengembangkan materi ajar yang mengintegrasikan literasi konten untuk memfasilitasi pembelajaran bahasa Inggris yang efektif (C6)
|
PO - 4 |
Menerapkan teknik evaluasi untuk mengukur kemajuan literasi konten siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris (C3)
|
PO - 5 |
Menganalisis kebutuhan literasi konten siswa untuk menyesuaikan pendekatan pengajaran yang sesuai (C4)
|
PO - 6 |
Mengevaluasi dan merefleksikan praktik pengajaran sendiri dalam mengimplementasikan literasi konten (C5)
|
PO - 7 |
Menciptakan strategi kolaboratif antar pendidik untuk meningkatkan efektivitas pengajaran literasi konten (C6)
|
PO - 8 |
Menerapkan teknologi pembelajaran terkini untuk mendukung literasi konten dalam pengajaran bahasa Inggris (C3)
|
PO - 9 |
Menganalisis dampak literasi konten terhadap pencapaian kompetensi bahasa Inggris siswa (C4)
|
PO - 10 |
Menciptakan modul pembelajaran yang mengintegrasikan literasi konten dengan teknologi pembelajaran untuk bahasa Inggris (C6)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-6 | PO-1 | | ✔ | PO-2 | | ✔ | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ | PO-5 | | ✔ | PO-6 | ✔ | | PO-7 | ✔ | | PO-8 | | ✔ | PO-9 | | ✔ | PO-10 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Content Area Literacy pada jenjang S2 program studi Pendidikan Bahasa Inggris bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang strategi literasi dalam konteks pembelajaran di berbagai bidang studi. Mata kuliah ini membahas teori dan praktik literasi disiplin ilmu yang meliputi keterampilan membaca, menulis, dan berpikir kritis dalam konteks spesifik dari berbagai mata pelajaran. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana mengembangkan literasi siswa dalam berbagai konten kurikulum, serta merancang strategi pembelajaran yang memadukan literasi dengan materi pelajaran. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman teoritis, analisis studi kasus, dan pengembangan keterampilan praktis dalam mengintegrasikan literasi ke dalam pembelajaran di berbagai bidang studi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Alvermann, D. E., & Phelps, S. F. (2017). Content area reading and literacy: Succeeding in today's diverse classrooms (7th ed.). Pearson Education.
- Vacca, R. T., Vacca, J. A., & Mraz, M. (2014). Content area reading: Literacy and learning across the curriculum (11th ed.). Pearson Education.
- Shanahan, T., & Shanahan, C. (2008). Teaching disciplinary literacy to adolescents: Rethinking content-area literacy. In L. B. Gambrell & L. M. Morrow (Eds.), Best practices in literacy instruction (pp. 176-190). Guilford Press.
- International Literacy Association. (n.d.). Content Area Literacy. Retrieved from https://www.literacyworldwide.org
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dra. Pratiwi Retnaningdyah, M.Hum., M.A., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan strategi literasi konten untuk meningkatkan pemahaman materi dalam bahasa Inggris di berbagai disiplin ilmu. |
- strategi literasi konten diterapkan dengan baik
- pemahaman materi dalam bahasa Inggris meningkat
- kemampuan menerapkan strategi literasi konten dalam disiplin ilmu tertentu
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan strategi literasi konten dalam disiplin ilmu pilihan
|
Materi: Pengenalan Literasi Konten, Strategi Meningkatkan Pemahaman Materi, Penerapan dalam Disiplin Ilmu Tertentu Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan strategi literasi konten dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan pemahaman materi di berbagai disiplin ilmu. |
- Pemahaman konsep strategi literasi konten
- Kemampuan menerapkan strategi literasi dalam konteks disiplin ilmu tertentu
- Kemampuan mengidentifikasi strategi literasi yang efektif
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran kolaboratif, diskusi kelompok, studi kasus.
|
Diskusi daring tentang penerapan strategi literasi dalam disiplin ilmu tertentu, Membuat video presentasi tentang strategi literasi yang berhasil
|
Materi: Pengenalan strategi literasi konten, Penerapan strategi literasi dalam disiplin ilmu tertentu, Studi kasus strategi literasi yang berhasil Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi efektivitas metode literasi konten dalam pembelajaran bahasa Inggris. |
- analisis metode literasi konten
- evaluasi efektivitas metode literasi konten
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi, studi kasus, presentasi.
|
Diskusi daring tentang metode literasi konten yang efektif, Penugasan mengevaluasi metode literasi konten dalam pembelajaran bahasa Inggris
|
Materi: Pengenalan literasi konten, Metode literasi konten dalam pembelajaran bahasa Inggris, Evaluasi efektivitas metode literasi konten Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi berbagai metode literasi konten dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris. |
- Pemahaman konsep literasi konten
- Kemampuan menganalisis metode literasi konten
- Kemampuan mengevaluasi efektivitas metode literasi konten
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
|
Diskusi daring tentang penerapan metode literasi konten dalam pembelajaran bahasa Inggris
|
Materi: Pengenalan literasi konten, Metode literasi konten dalam pembelajaran bahasa Inggris, Evaluasi efektivitas metode literasi konten Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan materi ajar yang mengintegrasikan literasi konten dalam pembelajaran bahasa Inggris. |
- Pengembangan materi ajar yang kreatif
- Penerapan literasi konten dalam pembelajaran bahasa Inggris
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran kolaboratif.
|
Diskusi daring tentang penerapan literasi konten dalam pembelajaran bahasa Inggris
|
Materi: Konsep literasi konten, Strategi mengintegrasikan literasi konten dalam pembelajaran bahasa Inggris Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan materi ajar yang mengintegrasikan literasi konten untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Inggris. |
- integrasi literasi konten
- efektivitas pembelajaran bahasa Inggris
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran kolaboratif.
|
Diskusi daring tentang penerapan literasi konten dalam pengajaran bahasa Inggris
|
Materi: Pengertian literasi konten, Strategi mengintegrasikan literasi konten dalam pembelajaran bahasa Inggris, Studi kasus pengajaran bahasa Inggris dengan literasi konten Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan keterampilan dalam mengevaluasi kemajuan literasi konten siswa dengan menggunakan teknik evaluasi yang relevan dan efektif. |
- Kemampuan merancang instrumen evaluasi yang sesuai
- Kemampuan menganalisis data evaluasi dengan tepat
- Kemampuan menyusun rekomendasi berdasarkan hasil evaluasi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Diskusi daring tentang penerapan teknik evaluasi dalam literasi konten, Penugasan membuat instrumen evaluasi simulasi
|
Materi: Pengenalan teknik evaluasi, Penerapan teknik evaluasi dalam konteks literasi konten, Analisis data evaluasi, Penyusunan rekomendasi berdasarkan hasil evaluasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengimplementasikan teknik evaluasi yang tepat untuk mengukur kemajuan literasi konten siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. |
- evaluasi kemajuan literasi konten siswa
- menggunakan teknik evaluasi yang sesuai
|
Bentuk Penilaian : Tes |
.
|
|
Materi: Teknik evaluasi dalam pembelajaran bahasa Inggris, Pengukuran kemajuan literasi konten siswa Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi teknik evaluasi yang sesuai, menerapkan teknik tersebut dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris, dan mampu menganalisis hasil evaluasi untuk mengukur kemajuan literasi siswa. |
- teknik evaluasi yang digunakan
- analisis hasil evaluasi
- kemampuan mengukur kemajuan literasi siswa
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan teknik evaluasi dalam pembelajaran bahasa Inggris
|
Materi: Teknik evaluasi dalam pembelajaran bahasa Inggris, Strategi analisis hasil evaluasi, Penerapan evaluasi dalam konteks literasi siswa Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan literasi konten siswa dan mengaplikasikan pendekatan pengajaran yang sesuai. |
- Kemampuan menganalisis kebutuhan literasi konten siswa
- Kemampuan menyesuaikan pendekatan pengajaran
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang studi kasus kebutuhan literasi siswa
|
Materi: Teori literasi konten, Strategi pengajaran yang adaptif, Studi kasus kebutuhan literasi siswa Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan merefleksikan praktik pengajaran mereka sendiri dalam mengimplementasikan literasi konten dengan kritis dan konstruktif. |
- Refleksi praktik pengajaran
- Analisis implementasi literasi konten
- Kemampuan evaluasi diri
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang pengalaman mengevaluasi praktik pengajaran sendiri
|
Materi: Strategi evaluasi pengajaran, Penerapan literasi konten dalam pembelajaran, Teknik refleksi diri Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu merancang dan mengimplementasikan strategi kolaboratif yang efektif dalam konteks pengajaran literasi konten. |
- strategi kolaboratif yang inovatif
- penerapan strategi dalam pengajaran
- evaluasi efektivitas strategi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan strategi kolaboratif, Penugasan membuat rencana kolaboratif untuk pengajaran literasi konten
|
Materi: Konsep Literasi Konten, Strategi Kolaboratif dalam Pendidikan, Penerapan Kolaborasi antar Pendidik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan teknologi pembelajaran terkini dalam pengajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan literasi konten. |
- Integrasi teknologi pembelajaran
- Penggunaan teknologi pembelajaran secara efektif
- Peningkatan literasi konten
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
Diskusi daring tentang penerapan teknologi pembelajaran dalam pengajaran bahasa Inggris
|
Materi: Pengenalan teknologi pembelajaran terkini, Strategi penggunaan teknologi dalam pengajaran bahasa Inggris, Studi kasus implementasi teknologi dalam literasi konten Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hubungan antara literasi konten dan pencapaian kompetensi bahasa Inggris siswa. |
- analisis hubungan literasi konten dan kompetensi bahasa Inggris
- kemampuan menerapkan Taksonomi Bloom level C4
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Diskusi daring tentang analisis dampak literasi konten terhadap kompetensi bahasa Inggris siswa
|
Materi: Konsep literasi konten, Pengaruh literasi konten terhadap kompetensi bahasa Inggris, Taksonomi Bloom level C4 Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan modul pembelajaran yang mengintegrasikan literasi konten dengan teknologi pembelajaran untuk bahasa Inggris. |
- modul pembelajaran terintegrasi dengan teknologi
- penerapan literasi konten dalam modul
- kreativitas dalam penggunaan teknologi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Pengembangan modul pembelajaran berbasis teknologi untuk bahasa Inggris
|
Materi: Pengembangan modul pembelajaran, Integrasi literasi konten dan teknologi, Strategi pembelajaran bahasa Inggris Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
.
|
|
Materi: Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |