
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Administrasi Negara
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
PENGEMBANGAN KOMPETENSI, TALENTA DAN KARIER |
6330103077 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
24 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Yuyun Eka Kartika Sari, S.Sos., MPA
|
Dr. Weni Rosdiana, S.Sos., M.AP.
|
WENI ROSDIANA |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai konsep kebijakan, tata kelola kepegawaian dan implementasi regulasi serta melakukan pengawasan dan pengendalian pembangunan sektor publik. |
PLO-8 |
Mampu mempraktikkan perangkat analisis fungsi manajemen talenta, penerapan sistem merit, serta penyusunan peta kebutuhan SDM dan rencana pengembangan SDM Aparatur. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu untuk menjelaskan dan Memahami konsep dan teori pengembangan kompetensi, talenta, dan karir ASN secara logis, kritis dan sistematis
|
PO - 2 |
Mampu menjelaskan kebijakan reformasi birokrasi dan sistem merit dalam pengembangan ASN
|
PO - 3 |
Menganalisis dan mempraktikkan model pengembangan SDM ASN termasuk Standar Kompetensi Jabatan , Individual Development Plan, dan nine-box matrix
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini dirancang dengan pendekatan case study untuk membekali mahasiswa dalam memahami dan menerapkan konsep pengembangan kompetensi, manajemen talenta, dan pengembangan karir ASN secara praktis dan kontekstual. Mahasiswa akan diajak menganalisis kasus nyata dari instansi pemerintah, mengevaluasi kebijakan, serta menyusun berbagai dokumen strategis seperti Standar Kompetensi Jabatan, Human Capital Development Plan, Individual Development Plan, dan nine-box matrix melalui pemecahan masalah. Pembelajaran diarahkan untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif dalam menyusun solusi pengembangan SDM aparatur yang relevan dan terukur. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Permenpan-RB No. 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan ASN
- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2020). Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 3 Tahun 2020 tentang Manajemen Talenta Aparatur Sipil Negara. Jakarta: KemenPAN-RB.
- Badan Kepegawaian Negara (BKN). (2021). Modul Individual Development Plan ASN.
- Lembaga Administrasi Negara RI. (2020). Pedoman Manajemen Talenta ASN. LAN RI
- Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 mengatur tentang Aparatur Sipil Negara (ASN)
- Peraturan Kepala BKN Nomor 6 tahun 2021 tentang Kamus Kompetensi teknis bidang Kepegawaian
- Peraturan Kepala BKN Nomor 13 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan
- Badan Kepegawaian Negara (BKN). (2021). Penyusunan rencana pengembangan Karir PNS.
|
Pendukung : |
|
- Robbins, S.P., & Judge, T.A. (2019). Organizational Behavior (17th ed.). Pearson.
- Cascio, W.F., & Aguinis, H. (2019). Applied Psychology in Human Resource Management (8th ed.). Pearson.
- Ulrich, D., & Dulebohn, J.H. (2015). Are We There Yet? What's Next for HR? Human Resource Management, 54(2), 185–204.
- Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.
- Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Refika Aditama.
- Pratama, A., & Dewi, S. (2020). Strategi Pengembangan Karir ASN Berbasis Kompetensi. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 20(2), 112–125.
- Permenpan RB No. 8 Tahun 2021 Tentang Sistem Manajemen Kinerja PNS
|
Dosen Pengampu
|
WENI ROSDIANA LENA CITRA MANGGALASARI YUYUN EKA KARTIKA SARI Lena Citra Manggalasari, M.A. Lena Citra Manggalasari, M.A. Yuyun Eka Kartika Sari, S.Sos., MPA. Yuyun Eka Kartika Sari, S.Sos., MPA. Dr. Weni Rosdiana, S.Sos., M.AP. Dr. Weni Rosdiana, S.Sos., M.AP. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu Memahami konsep dasar pengembangan kompetensi ASN |
Mahasiswa dapat mengemukakan pemahaman awal konsep pengembangan kompetensi ASN |
Kriteria:
Mampu menjelaskan dan memberi contoh Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, studi kasus 150 menit |
|
Materi: pengantar pengembangan kompetensi, talenta dan karir ASN Pustaka: Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Materi: Konsep dasar pengembangan kompetensi, talenta, dan karir ASN & Reformasi Birokrasi Pustaka: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2020). Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 3 Tahun 2020 tentang Manajemen Talenta Aparatur Sipil Negara. Jakarta: KemenPAN-RB. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan SKJ dan perannya dalam struktur jabatan |
analisis struktur Standar Kompetensi Jabatan |
Kriteria:
Ketepatan mengidentifikasi struktur dan level SKJ Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah mimbar dan tanya jawab 150 menit |
|
Materi: Standar Kompetensi Jabatan (SKJ) dan klasifikasi jabatan\\\\\\ Pustaka: Permenpan-RB No. 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan ASN |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu Menyusun pemetaan jabatan berbasis potensi dan kompetensi |
mahasiswa mampu Menguraikan Skema pemetaan |
Kriteria:
Kesesuaian pemetaan dengan profil jabatan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Simulasi, diskusi kasus 150 menit |
|
Materi: Talent Pool dan pemetaan jabatan potensial Pustaka: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2020). Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 3 Tahun 2020 tentang Manajemen Talenta Aparatur Sipil Negara. Jakarta: KemenPAN-RB. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan SKJ dan HCDP untuk perencanaan pengembangan |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan SKJ-HCDP-IDP |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun rencana pengembangan jangka panjang Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi terarah, studi kasus 150 Menit |
|
Materi: Human Capital Development Plan (HCDP) dan keterkaitannya dengan SKJ & IDP Pustaka: Permenpan-RB No. 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan ASN |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu untuk Menyusun rancangan IDP awal berbasis SKJ dan HCDP |
Mahasiswa Mampu memahami dan menyusun draft IDP |
Kriteria:
Format dan isi IDP sesuai kebutuhan jabatan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project-based, praktik mandiri 150 menit |
|
Materi: Individual Development Plan (IDP) dan peta jabatan Pustaka: Badan Kepegawaian Negara (BKN). (2021). Modul Individual Development Plan ASN. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menyempurnakan IDP sesuai umpan balik |
Mahasiswa mampu melakukan penyempurnaan susunan IDP |
Kriteria:
Revisi, penyesuaian terhadap umpan balik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Simulasi dan pembimbingan proyek 150 Menit |
|
Materi: Penyempurnaan IDP berdasarkan feedback & simulasi Pustaka: Permenpan-RB No. 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan ASN |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa Mampu Memahami konsep dan klasifikasi 9-box matrix |
Mahasiswa mampu memahami konsep 9-box matrix management talent |
Kriteria:
mahasiswa mampu menjelaskan 9 kategori dan maknanya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi dan simulasi 150 Menit |
|
Materi: Talent Pool ASN Pustaka: Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 mengatur tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mengevaluasi pemahaman teori dan rencana proyek |
Jawaban analisis terstruktur dan sitematis serta narasi proyek |
Kriteria:
Ketepatan konsep, struktur dan orisinalitas ide Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Tes Tertulis 150 |
|
Materi: Ujian Tengah Semester (UTS) - Teori dan Konsep Pustaka: |
15% |
9
Minggu ke 9 |
mahasiswa Mampu Menyusun draft SKJ berbasis jabatan |
Mahasiswa mampu melakukan Plotting pegawai |
Kriteria:
Kelengkapan dan ketepatan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktik mandiri, konsultasi 150 Menit |
|
Materi: Human Development Capital Plan Pustaka: Peraturan Kepala BKN Nomor 13 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu Melakukan penyempurnakan IDP berbasis SKJ dan HCDP |
Mampu menyusun Draft final IDP |
Kriteria:
Koherensi IDP dan arah pengembangan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktik, diskusi 150 Menit |
|
Materi: Penyusunan peta jabatan dan IDP tahap lanjut Pustaka: Badan Kepegawaian Negara (BKN). (2021). Modul Individual Development Plan ASN. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu Mengintegrasikan IDP dan 9-box matrix |
mahasiswa mampu membuat Dokumen 9-box matrix |
Kriteria:
Akurasi dan klasifikasi kinerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Simulasi, praktik 150 Menit |
|
Materi: Penyusunan dan plotting nine-box matrix tahap lanjut Pustaka: Lembaga Administrasi Negara RI. (2020). Pedoman Manajemen Talenta ASN. LAN RI |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menyusun dan Menyusun dokumen pengembangan terintegrasi |
Mahasiswa mampu menyusun Dokumen terintegrasi |
Kriteria:
Kelengkapan, keterpaduan dan presentasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
asistensi proyek 150 Menit |
|
Materi: Integrasi IDP dan nine-box matrix Pustaka: Badan Kepegawaian Negara (BKN). (2021). Modul Individual Development Plan ASN. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menyusun dan Menyelesaikan dokumen proyek pengembangan kompetensi |
Mahasiswa mampu menyusun Laporan proyek |
Kriteria:
Struktur dan dokumentasi portofolio Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Praktik mandiri, asistensi dosen 150 Menit |
|
Materi: Penyusunan portofolio proyek Pustaka: Permenpan-RB No. 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan ASN |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Melatih keterampilan menyampaikan proyek |
Mahasiswa mampu menyusun simulasi presentasi proyek |
Kriteria:
Kejelasan, gaya penyampaian dan isi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Simulasi, diskusi evaluatif 150 Menit |
|
Materi: Simulasi dan evaluasi presentasi akhir Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil proyek |
Mahasiswa mampu Menyampaikan hasil analisis dan solusi |
Kriteria:
Alur penyampaian jelas, visual mendukung, jawaban argumentatif, Sistematis dan komunikatif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Simulasi presentasi proyek 150 Menit |
|
Materi: pengembangan talenta ASN Pustaka: Badan Kepegawaian Negara (BKN). (2021). Penyusunan rencana pengembangan Karir PNS. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa menyusun proyek Ujian Akhir Semester (UAS) berbasis PjBL dengan integrasi materi |
Menjawab soal berbasis pemecahan masalah secara menyeluruh |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjawab dengan Argumentatif dan komprehensif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tes Akhir tertulis 150 Menit |
|
Materi: seluruh materi minggu 9-15 Pustaka: |
15% |