
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
ANALISIS PERFORMA ATLET CABANG OLAHRAGA WUSHU |
8520204738 |
|
T=2 |
P=2 |
ECTS=6.36 |
5 |
5 November 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Muhamad Fauzi Antoni, S.Pd., M.Kes.
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.
|
MUHAMMAD |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif. |
PLO-8 |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi. |
PLO-9 |
Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok |
PLO-12 |
Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan prinsip-prinsip analisis performa dalam mengevaluasi teknik dan taktik atlet wushu (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis data performa atlet wushu untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan teknik (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas strategi pertandingan berdasarkan analisis data performa atlet wushu (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan model analisis performa yang inovatif khusus untuk cabang olahraga wushu (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan metode pengukuran dan assessment performa atlet wushu dalam situasi latihan dan kompetisi (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis pola gerakan dan biomekanika teknik wushu untuk optimalisasi performa (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi program latihan berdasarkan hasil analisis performa atlet wushu (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan sistem monitoring dan evaluasi performa atlet wushu yang terintegrasi (C6)
|
PO - 9 |
Menganalisis faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi performa atlet wushu (C4)
|
PO - 10 |
Mengevaluasi etika profesional dalam penerapan analisis performa atlet wushu (C5)
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-4 | PLO-6 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-12 | | PO-1 | ✔ | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | PO-5 | | | | ✔ | | | | | PO-6 | | | | | ✔ | | | | PO-7 | | | | | | ✔ | | | PO-8 | | | | | | ✔ | | | PO-9 | | | | | | | ✔ | | PO-10 | | | | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga wushu membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menganalisis aspek teknis, taktis, fisik, dan mental atlet wushu. Fokus pembelajaran meliputi identifikasi komponen performa, penggunaan teknologi analisis gerak, evaluasi strategi pertandingan, serta pengembangan program peningkatan performa berbasis data. Tujuannya adalah menghasilkan lulusan yang mampu melakukan asesmen menyeluruh dan memberikan rekomendasi ilmiah untuk pengembangan atlet wushu secara optimal. Ruang lingkup mencakup analisis biomekanik gerakan spesifik, pengukuran kapasitas fisik, assessment taktik pertandingan, dan monitoring perkembangan atlet menggunakan tools analisis modern. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
MUHAMMAD ASRUL SIDIK DEWANGGA YUDHISTIRA MUHAMAD FAUZI ANTONI Muhamad Fauzi Antoni, S.Pd., M.Kes. Muhamad Fauzi Antoni, S.Pd., M.Kes. Muhammad Asrul Sidik, M.Pd. Muhammad Asrul Sidik, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menerapkan konsep analisis performa untuk menilai teknik dan strategi atlet wushu secara kritis dan sistematis. |
- Mampu mengidentifikasi elemen teknik dan taktik dalam pertandingan wushu
- Mampu menerapkan metode analisis performa untuk mengevaluasi efektivitas teknik
- Mampu memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil analisis
|
Kriteria:
Mampu menerapkan metode analisis performa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, studi kasus video pertandingan, diskusi kelompok, dan praktik analisis langsung.
|
|
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat mengaplikasikan metode analisis performa untuk mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan teknik serta taktik atlet wushu, serta memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan evaluasi tersebut. |
- Kemampuan mengidentifikasi elemen teknik dan taktik dalam video pertandingan wushu
- Ketepatan dalam menerapkan prinsip analisis performa untuk mengevaluasi teknik
- Kualitas rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil evaluasi
- Kemampuan menyajikan hasil analisis dalam format yang terstruktur
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyajikan hasil analisis dalam format yang terstruktur Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah interaktif, studi kasus, demonstrasi video, diskusi kelompok, dan praktik analisis video.
|
|
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat menganalisis data performa teknik atlet wushu, mengidentifikasi pola kekuatan dan kelemahan, serta memberikan rekomendasi perbaikan berbasis data. |
- Kemampuan mengidentifikasi teknik unggul dan lemah berdasarkan data performa
- Ketepatan dalam menganalisis pola teknik dari rekaman pertandingan
- Kualitas rekomendasi perbaikan teknik berbasis analisis data
|
Kriteria:
Mahasiswa memahami pola teknik dari rekaman pertandingan sekaligus dapat memberikan rekomendasi perbaikan teknik berbasis analisis data Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus, diskusi kelompok, analisis video pertandingan, dan presentasi hasil analisis.
|
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi strategi pertandingan wushu berdasarkan analisis data performa untuk meningkatkan efektivitas dan hasil pertandingan. |
- Kemampuan menganalisis data performa atlet wushu
- Kemampuan mengevaluasi efektivitas strategi berdasarkan data
- Kemampuan memberikan rekomendasi perbaikan strategi
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengevaluasi efektivitas strategi berdasarkan data Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis data performa.
|
Analisis studi kasus video pertandingan wushudan pembuatan laporan evaluasi strategi berdasarkan data performa
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi strategi pertandingan wushu berdasarkan data performa, mengidentifikasi faktor-faktor penentu keberhasilan, dan memberikan rekomendasi strategis untuk peningkatan performa. |
- Kemampuan menganalisis data performa atlet wushu
- Kemampuan mengevaluasi efektivitas strategi berdasarkan data
- Kemampuan memberikan rekomendasi strategis berdasarkan evaluasi
|
Kriteria:
Menyusun mampu mengevaluasi efektivitas strategi berdasarkan data Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis data performa atlet.
|
|
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat menciptakan model analisis performa yang orisinal dan aplikatif untuk meningkatkan performa atlet wushu |
- Kemampuan merancang model analisis performa yang inovatif
- Kesesuaian model dengan karakteristik wushu
- Kelengkapan komponen analisis (teknik, taktik, fisik, mental)
- Aplikabilitas model dalam konteks nyata
|
Kriteria:
Memahami mampu merancang model analisis performa yang inovatif dengan aplikabilitas model dalam konteks nyata saat pertandingan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan studi kasus.
|
|
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat mengaplikasikan teknik pengukuran performa, menganalisis data hasil assessment, dan mengevaluasi performa atlet wushu dalam konteks latihan dan kompetisi. |
- Mampu menerapkan metode pengukuran performa atlet wushu dalam situasi latihan
- Mampu menerapkan metode assessment performa atlet wushu dalam situasi kompetisi
- Mampu menganalisis data hasil pengukuran dan assessment untuk evaluasi performa
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menerapkan metode assessment performa atlet wushu dalam situasi kompetisi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Demonstrasi, simulasi, studi kasus, diskusi kelompok, dan praktik langsung.
|
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menciptakan model analisis performa inovatif yang dapat diterapkan dalam evaluasi dan peningkatan performa atlet wushu |
- Kesesuaian model dengan karakteristik wushu
- Tingkat inovasi dan kreativitas dalam desain model
- Kemampuan integrasi teknologi atau pendekatan baru
- Kejelasan dan kelengkapan dokumentasi model
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengintegrasikan teknologi atau pendekatan baru melalui inovasi dan kreativitas dalam desain model karakteristik wushu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan studi kasus.
|
|
|
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menciptakan model analisis performa inovatif yang dapat diterapkan dalam evaluasi dan peningkatan performa atlet wushu |
- Kesesuaian model dengan karakteristik wushu
- Tingkat inovasi dan kreativitas dalam desain model
- Kemampuan integrasi teknologi atau pendekatan baru
- Kejelasan dan kelengkapan dokumentasi model
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengintegrasikan teknologi atau pendekatan baru melalui inovasi dan kreativitas dalam desain model karakteristik wushu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan studi kasus.
|
|
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menganalisis pola gerakan dan biomekanika teknik wushu serta merumuskan rekomendasi untuk optimalisasi performa. |
- Kemampuan mengidentifikasi pola gerakan teknik wushu
- Kemampuan menganalisis biomekanika teknik berdasarkan prinsip fisika
- Kemampuan memberikan rekomendasi untuk optimalisasi performa berdasarkan analisis
|
Kriteria:
Kriteria Penilaian Kehadiran dan Partisipasi (10%) Kehadiran minimal 80% dari total pertemuan. Keaktifan dalam diskusi, tanya jawab, dan praktik analisis biomekanika. Tugas dan Proyek (25%) Tugas individu: rangkuman teori, analisis gerak sederhana, atau review artikel biomekanika. Tugas kelompok: studi kasus biomekanika olahraga tertentu menggunakan metode analisis manual atau software. Praktikum dan Presentasi (20%) Analisis biomekanika gerakan olahraga (misalnya lari, lompat, lempar). Presentasi hasil analisis performa dengan data biomekanika. Ujian Tengah Semester (UTS) – 20% Tes teori dan studi kasus biomekanika dasar. Mengukur pemahaman konsep kinematika, kinetika, gaya, momentum, dan keseimbangan. Ujian Akhir Semester (UAS) – 25% Tes komprehensif berbasis teori dan aplikasi. Analisis gerakan olahraga secara menyeluruh (teori praktik). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, analisis video, dan presentasi.
|
Analisis video teknik wushu dan buat laporan rekomendasi perbaikan
|
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi program latihan berdasarkan hasil analisis performa atlet wushu dan memberikan rekomendasi perbaikan yang tepat. |
- Kemampuan mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan program latihan berdasarkan data performa
- Ketepatan dalam memberikan rekomendasi perbaikan program latihan
- Kemampuan menyusun laporan evaluasi program latihan yang komprehensif
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan program latihan berdasarkan data performa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi evaluasi program latihan.
|
|
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi program latihan berdasarkan hasil analisis performa atlet wushu dan memberikan rekomendasi perbaikan yang tepat. |
- Kemampuan mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan program latihan berdasarkan data performa
- Ketepatan dalam memberikan rekomendasi perbaikan program latihan
- Kemampuan menyusun laporan evaluasi program latihan yang komprehensif
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan program latihan berdasarkan data performa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi evaluasi program latihan.
|
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat merancang sistem monitoring dan evaluasi performa atlet wushu yang mencakup aspek fisik, teknik, taktik, dan psikologis secara terintegrasi. |
- Kemampuan merancang sistem monitoring performa atlet wushu yang komprehensif
- Kemampuan mengintegrasikan berbagai aspek performa (fisik, teknik, taktik, psikologis) dalam sistem evaluasi
- Kemampuan menerapkan teknologi dalam sistem monitoring dan evaluasi
- Kemampuan menyusun protokol evaluasi yang efektif dan efisien
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu merancang sistem monitoring performa atlet wushu yang komprehensif dari hasil analisis yang dilakukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan studi kasus.
|
|
|
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat merancang sistem monitoring dan evaluasi performa atlet wushuyang mencakup aspek fisik, teknik, taktik, dan psikologis secara terintegrasi. |
- Kemampuan merancang sistem monitoring performa atlet wushu yang komprehensif
- Kemampuan mengintegrasikan berbagai aspek performa (fisik, teknik, taktik, psikologis) dalam sistem evaluasi
- Kemampuan menerapkan teknologi dalam sistem monitoring dan evaluasi
- Kemampuan menyusun protokol evaluasi yang efektif dan efisien
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu merancang sistem monitoring performa atlet wushu yang komprehensif dari hasil analisis yang dilakukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan studi kasus.
|
|
|
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa dapat menilai dan merekomendasikan solusi etis dalam praktik analisis performa atlet wushu sesuai standar profesional. |
- Kemampuan mengidentifikasi dilema etika dalam analisis performa atlet wushu
- Kemampuan mengevaluasi kepatuhan terhadap prinsip etika profesional
- Kemampuan merumuskan rekomendasi solusi etis berbasis kasus nyata
|
Kriteria:
Memahami mampu merumuskan rekomendasi solusi etis berbasis kasus nyata Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi terpandu, presentasi, dan refleksi kritis.
|
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa dapat menganalisis faktor-faktor psikologis yang memengaruhi performa atlet wushu dan menerapkan strategi untuk meningkatkan ketahanan mental dalam latihan dan kompetisi. |
- Kemampuan mengidentifikasi faktor psikologis yang memengaruhi performa atlet wushu
- Kemampuan menganalisis dampak faktor psikologis terhadap hasil latihan dan pertandingan
- Kemampuan merancang strategi untuk meningkatkan ketahanan mental atlet
|
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan presentasi.
|
|
|
15% |