Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ANALISIS PERFORMA ATLET CABANG OLAHRAGA WUSHU

8520204738

T=2

P=2

ECTS=6.36

5

5 November 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Muhamad Fauzi Antoni, S.Pd., M.Kes.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.




MUHAMMAD

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

PLO-8

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi.

PLO-9

Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok

PLO-12

Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan prinsip-prinsip analisis performa dalam mengevaluasi teknik dan taktik atlet wushu (C3)

PO - 2

Menganalisis data performa atlet wushu untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan teknik (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas strategi pertandingan berdasarkan analisis data performa atlet wushu (C5)

PO - 4

Menciptakan model analisis performa yang inovatif khusus untuk cabang olahraga wushu (C6)

PO - 5

Menerapkan metode pengukuran dan assessment performa atlet wushu dalam situasi latihan dan kompetisi (C3)

PO - 6

Menganalisis pola gerakan dan biomekanika teknik wushu untuk optimalisasi performa (C4)

PO - 7

Mengevaluasi program latihan berdasarkan hasil analisis performa atlet wushu (C5)

PO - 8

Menciptakan sistem monitoring dan evaluasi performa atlet wushu yang terintegrasi (C6)

PO - 9

Menganalisis faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi performa atlet wushu (C4)

PO - 10

Mengevaluasi etika profesional dalam penerapan analisis performa atlet wushu (C5)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-4PLO-6PLO-8PLO-9PLO-12
PO-1      
PO-2      
PO-3      
PO-4      
PO-5      
PO-6      
PO-7      
PO-8      
PO-9      
PO-10      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga wushu membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menganalisis aspek teknis, taktis, fisik, dan mental atlet wushu. Fokus pembelajaran meliputi identifikasi komponen performa, penggunaan teknologi analisis gerak, evaluasi strategi pertandingan, serta pengembangan program peningkatan performa berbasis data. Tujuannya adalah menghasilkan lulusan yang mampu melakukan asesmen menyeluruh dan memberikan rekomendasi ilmiah untuk pengembangan atlet wushu secara optimal. Ruang lingkup mencakup analisis biomekanik gerakan spesifik, pengukuran kapasitas fisik, assessment taktik pertandingan, dan monitoring perkembangan atlet menggunakan tools analisis modern.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

MUHAMMAD ASRUL SIDIK

DEWANGGA YUDHISTIRA

MUHAMAD FAUZI ANTONI

Muhamad Fauzi Antoni, S.Pd., M.Kes.

Muhamad Fauzi Antoni, S.Pd., M.Kes.

Muhammad Asrul Sidik, M.Pd.

Muhammad Asrul Sidik, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menerapkan konsep analisis performa untuk menilai teknik dan strategi atlet wushu secara kritis dan sistematis.

  1. Mampu mengidentifikasi elemen teknik dan taktik dalam pertandingan wushu
  2. Mampu menerapkan metode analisis performa untuk mengevaluasi efektivitas teknik
  3. Mampu memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil analisis
Kriteria:

Mampu menerapkan metode analisis performa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah interaktif, studi kasus video pertandingan, diskusi kelompok, dan praktik analisis langsung.

5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat mengaplikasikan metode analisis performa untuk mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan teknik serta taktik atlet wushu, serta memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan evaluasi tersebut.

  1. Kemampuan mengidentifikasi elemen teknik dan taktik dalam video pertandingan wushu
  2. Ketepatan dalam menerapkan prinsip analisis performa untuk mengevaluasi teknik
  3. Kualitas rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil evaluasi
  4. Kemampuan menyajikan hasil analisis dalam format yang terstruktur
Kriteria:

Mahasiswa mampu menyajikan hasil analisis dalam format yang terstruktur


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah interaktif, studi kasus, demonstrasi video, diskusi kelompok, dan praktik analisis video.

5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat menganalisis data performa teknik atlet wushu, mengidentifikasi pola kekuatan dan kelemahan, serta memberikan rekomendasi perbaikan berbasis data.

  1. Kemampuan mengidentifikasi teknik unggul dan lemah berdasarkan data performa
  2. Ketepatan dalam menganalisis pola teknik dari rekaman pertandingan
  3. Kualitas rekomendasi perbaikan teknik berbasis analisis data
Kriteria:

Mahasiswa memahami pola teknik dari rekaman pertandingan sekaligus dapat memberikan rekomendasi perbaikan teknik berbasis analisis data


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi kasus, diskusi kelompok, analisis video pertandingan, dan presentasi hasil analisis.

5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat mengevaluasi strategi pertandingan wushu berdasarkan analisis data performa untuk meningkatkan efektivitas dan hasil pertandingan.

  1. Kemampuan menganalisis data performa atlet wushu
  2. Kemampuan mengevaluasi efektivitas strategi berdasarkan data
  3. Kemampuan memberikan rekomendasi perbaikan strategi
Kriteria:

Mahasiswa mampu mengevaluasi efektivitas strategi berdasarkan data


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis data performa.
Analisis studi kasus video pertandingan wushudan pembuatan laporan evaluasi strategi berdasarkan data performa
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat mengevaluasi strategi pertandingan wushu berdasarkan data performa, mengidentifikasi faktor-faktor penentu keberhasilan, dan memberikan rekomendasi strategis untuk peningkatan performa.

  1. Kemampuan menganalisis data performa atlet wushu
  2. Kemampuan mengevaluasi efektivitas strategi berdasarkan data
  3. Kemampuan memberikan rekomendasi strategis berdasarkan evaluasi
Kriteria:

Menyusun mampu mengevaluasi efektivitas strategi berdasarkan data


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis data performa atlet.

5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat menciptakan model analisis performa yang orisinal dan aplikatif untuk meningkatkan performa atlet wushu

  1. Kemampuan merancang model analisis performa yang inovatif
  2. Kesesuaian model dengan karakteristik wushu
  3. Kelengkapan komponen analisis (teknik, taktik, fisik, mental)
  4. Aplikabilitas model dalam konteks nyata
Kriteria:

Memahami mampu merancang model analisis performa yang inovatif dengan aplikabilitas model dalam konteks nyata saat pertandingan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan studi kasus.

5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat mengaplikasikan teknik pengukuran performa, menganalisis data hasil assessment, dan mengevaluasi performa atlet wushu dalam konteks latihan dan kompetisi.

  1. Mampu menerapkan metode pengukuran performa atlet wushu dalam situasi latihan
  2. Mampu menerapkan metode assessment performa atlet wushu dalam situasi kompetisi
  3. Mampu menganalisis data hasil pengukuran dan assessment untuk evaluasi performa
Kriteria:

Mahasiswa mampu menerapkan metode assessment performa atlet wushu dalam situasi kompetisi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Demonstrasi, simulasi, studi kasus, diskusi kelompok, dan praktik langsung.

5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menciptakan model analisis performa inovatif yang dapat diterapkan dalam evaluasi dan peningkatan performa atlet wushu

  1. Kesesuaian model dengan karakteristik wushu
  2. Tingkat inovasi dan kreativitas dalam desain model
  3. Kemampuan integrasi teknologi atau pendekatan baru
  4. Kejelasan dan kelengkapan dokumentasi model
Kriteria:

Mahasiswa mampu mengintegrasikan teknologi atau pendekatan baru melalui inovasi dan kreativitas dalam desain model karakteristik wushu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan studi kasus.

5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menciptakan model analisis performa inovatif yang dapat diterapkan dalam evaluasi dan peningkatan performa atlet wushu

  1. Kesesuaian model dengan karakteristik wushu
  2. Tingkat inovasi dan kreativitas dalam desain model
  3. Kemampuan integrasi teknologi atau pendekatan baru
  4. Kejelasan dan kelengkapan dokumentasi model
Kriteria:

Mahasiswa mampu mengintegrasikan teknologi atau pendekatan baru melalui inovasi dan kreativitas dalam desain model karakteristik wushu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan studi kasus.

5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menganalisis pola gerakan dan biomekanika teknik wushu serta merumuskan rekomendasi untuk optimalisasi performa.

  1. Kemampuan mengidentifikasi pola gerakan teknik wushu
  2. Kemampuan menganalisis biomekanika teknik berdasarkan prinsip fisika
  3. Kemampuan memberikan rekomendasi untuk optimalisasi performa berdasarkan analisis
Kriteria:

Kriteria Penilaian Kehadiran dan Partisipasi (10%) Kehadiran minimal 80% dari total pertemuan. Keaktifan dalam diskusi, tanya jawab, dan praktik analisis biomekanika. Tugas dan Proyek (25%) Tugas individu: rangkuman teori, analisis gerak sederhana, atau review artikel biomekanika. Tugas kelompok: studi kasus biomekanika olahraga tertentu menggunakan metode analisis manual atau software. Praktikum dan Presentasi (20%) Analisis biomekanika gerakan olahraga (misalnya lari, lompat, lempar). Presentasi hasil analisis performa dengan data biomekanika. Ujian Tengah Semester (UTS) – 20% Tes teori dan studi kasus biomekanika dasar. Mengukur pemahaman konsep kinematika, kinetika, gaya, momentum, dan keseimbangan. Ujian Akhir Semester (UAS) – 25% Tes komprehensif berbasis teori dan aplikasi. Analisis gerakan olahraga secara menyeluruh (teori praktik).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, analisis video, dan presentasi.
Analisis video teknik wushu dan buat laporan rekomendasi perbaikan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat mengevaluasi program latihan berdasarkan hasil analisis performa atlet wushu dan memberikan rekomendasi perbaikan yang tepat.

  1. Kemampuan mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan program latihan berdasarkan data performa
  2. Ketepatan dalam memberikan rekomendasi perbaikan program latihan
  3. Kemampuan menyusun laporan evaluasi program latihan yang komprehensif
Kriteria:

Mahasiswa mampu mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan program latihan berdasarkan data performa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi evaluasi program latihan.

5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa dapat mengevaluasi program latihan berdasarkan hasil analisis performa atlet wushu dan memberikan rekomendasi perbaikan yang tepat.

  1. Kemampuan mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan program latihan berdasarkan data performa
  2. Ketepatan dalam memberikan rekomendasi perbaikan program latihan
  3. Kemampuan menyusun laporan evaluasi program latihan yang komprehensif
Kriteria:

Mahasiswa mampu mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan program latihan berdasarkan data performa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi evaluasi program latihan.

5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat merancang sistem monitoring dan evaluasi performa atlet wushu yang mencakup aspek fisik, teknik, taktik, dan psikologis secara terintegrasi.

  1. Kemampuan merancang sistem monitoring performa atlet wushu yang komprehensif
  2. Kemampuan mengintegrasikan berbagai aspek performa (fisik, teknik, taktik, psikologis) dalam sistem evaluasi
  3. Kemampuan menerapkan teknologi dalam sistem monitoring dan evaluasi
  4. Kemampuan menyusun protokol evaluasi yang efektif dan efisien
Kriteria:

Mahasiswa mampu merancang sistem monitoring performa atlet wushu yang komprehensif dari hasil analisis yang dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan studi kasus.

10%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat merancang sistem monitoring dan evaluasi performa atlet wushuyang mencakup aspek fisik, teknik, taktik, dan psikologis secara terintegrasi.

  1. Kemampuan merancang sistem monitoring performa atlet wushu yang komprehensif
  2. Kemampuan mengintegrasikan berbagai aspek performa (fisik, teknik, taktik, psikologis) dalam sistem evaluasi
  3. Kemampuan menerapkan teknologi dalam sistem monitoring dan evaluasi
  4. Kemampuan menyusun protokol evaluasi yang efektif dan efisien
Kriteria:

Mahasiswa mampu merancang sistem monitoring performa atlet wushu yang komprehensif dari hasil analisis yang dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan studi kasus.

10%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa dapat menilai dan merekomendasikan solusi etis dalam praktik analisis performa atlet wushu sesuai standar profesional.

  1. Kemampuan mengidentifikasi dilema etika dalam analisis performa atlet wushu
  2. Kemampuan mengevaluasi kepatuhan terhadap prinsip etika profesional
  3. Kemampuan merumuskan rekomendasi solusi etis berbasis kasus nyata
Kriteria:

Memahami mampu merumuskan rekomendasi solusi etis berbasis kasus nyata


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi terpandu, presentasi, dan refleksi kritis.

5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa dapat menganalisis faktor-faktor psikologis yang memengaruhi performa atlet wushu dan menerapkan strategi untuk meningkatkan ketahanan mental dalam latihan dan kompetisi.

  1. Kemampuan mengidentifikasi faktor psikologis yang memengaruhi performa atlet wushu
  2. Kemampuan menganalisis dampak faktor psikologis terhadap hasil latihan dan pertandingan
  3. Kemampuan merancang strategi untuk meningkatkan ketahanan mental atlet
Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan presentasi.

15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 54.17%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 37.5%
3. Penilaian Portofolio 5%
4. Penilaian Praktikum 1.67%
5. Praktik / Unjuk Kerja 1.67%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.