| 
 |   
       Universitas Negeri Surabaya 
	  Fakultas Sekolah Pascasarjana
 Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan
 | Kode Dokumen | 
 
   
    | SEMESTER LEARNING PLAN | 
 
   
    | Course | KODE | Rumpun MataKuliah | Bobot Kredit | SEMESTER | Tanggal Penyusunan | 
 
   
    | DESAIN DAN BUDAYA | 8310102069 | Mata Kuliah Pilihan Program Studi | T=2 | P=0 | ECTS=4.48 | 2 | 26 Agustus 2024 | 
 
   
    | OTORISASI | Pengembang S.P | Koordinator Rumpun matakuliah | Koordinator Program Studi  | 
 
   
    | 
 
 
 Dr.Irma Russanti, S.Pd., M.Ds. 
 | 
 
 
 Dr.Irma Russanti, S.Pd., M.Ds. 
 | 
 
 
 ACHMAD IMAM AGUNG | 
 
   
    | Model Pembelajaran | Project Based Learning | 
 
   
    |   
       
      Program Learning Outcomes (PLO) | PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah | 
 
   
   
    | PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan | 
 
    | PLO-7 | Memiliki pengetahuan yang luas di bidang pengetahuan umum, sosial dan humaniora | 
 
    | Program Objectives (PO) | 
 
   
   
    | PO - 1 | (1) Mahasiswa mampu menguraikan secara analitis, logis tentang perkembangan aspek teoritis desain dan kebudayaan
 | 
 
   
   
    | PO - 2 | (2) Mahasiswa mampu menjelaskan konsep budaya dari negara-negara yang berpengaruh sebelum zaman pencerahan sampai zaman modern
 | 
 
   
   
    | PO - 3 | (3) Mahasiswa mampu menganalisis bentuk karya visual yang ditemukan dari hasil peninggalan masa lalu maupun kaitannya dengan perkembangan kebudayaan masa kini.
 | 
 
   
   
    | Matrik PLO-PO | 
 
   
    |  |  
        | PO | PLO-3 | PLO-7 |  | PO-1 | ✔ |  |  | PO-2 |  | ✔ |  | PO-3 | ✔ |  | 
 | 
 
   
   
    | Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) | 
 
   
    |  |  
         
           
            | PO | Minggu Ke |   
		  | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 |  | PO-1 | ✔ | ✔ |  | ✔ | ✔ |  |  | ✔ | ✔ | ✔ |  |  |  | ✔ | ✔ | ✔ |  | PO-2 |  |  | ✔ |  |  | ✔ |  |  |  |  | ✔ | ✔ | ✔ |  |  |  |  | PO-3 |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
 
   
   
    |   
       
      Deskripsi Singkat Mata Kuliah | Mata kuliah ini mengkaji tentang  desain dan relevansinya dengan kebudayaan melalui sejarah munculnya teori-teori yang mendasari keilmuan  desain, perkembangan teknologi dan industrialisasi desain mulai abad 19 hingga abad 21 | 
 
   
    |   
       
      Pustaka | Utama : | 
 | 
 
   
    |  
        1.	Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB.2.	John A. Walker. 2010. Desain, Sejarah, Budaya; Sebuah Pengantar Komprehensif . Yogyakarta: Jalasutra.4.	Agus Sachari. 2007. Budaya Visual Indonesia . Jakarta: Erlangga.6.	David Kaplan dan Robert A. Manners. 2002. Teori Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 
 | 
 
   
    | Pendukung : | 
 | 
 
   
    |  
        PPT, ebook 
 | 
 
   
    |   
       
      Dosen Pengampu | INTY NAHARI IRMA RUSSANTI Dr.Sn. Inty Nahari, S.Pd., M.Ds. Dr.Sn. Inty Nahari, S.Pd., M.Ds. Dr. Irma Russanti, S.Pd., M.Ds. Dr. Irma Russanti, S.Pd., M.Ds. | 
 
   
    | Minggu Ke- |   
       
      Kemampuan akhir tiap tahapan belajar(Sub-PO)
 | Penilaian | Bantuk Pembelajaran, Metode Pembelajaran,  Penugasan Mahasiswa,  [ Estimasi Waktu] | Materi Pembelajaran [ Pustaka ] | Bobot Penilaian (%) | 
 
   
    | Indikator | Kriteria & Bentuk | Luring (offline) | Daring (online) | 
 
   
    | (1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | 
 
   
   
    | 1 Minggu ke 1 | mampu  memahami konsep teoritis desain dan kebudayaan | Pemahaman konsep dasar desain dan kebudayaan | Kriteria: 
 Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | 
 | daring 2x50
 | Materi: kajian teoritis desain dan kebudayaan Pustaka: 1.	Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB.
 | 5% | 
 
   
   
    | 2 Minggu ke 2 | Mampu memahami teori Achsenzeit Karl Jasper | Mahasiswa Mengidentifikasi skema teori zaman poros (Achsenzeit) | Kriteria: 
 Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | 
 | Daring 2x50
 | Materi: Teori Archesenzeit Pustaka: 1.	Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB.
 | 5% | 
 
   
   
    | 3 Minggu ke 3 | Mampu memahami Falsafah Yunani dan Metode Perancangan Desain | Mendeskripsikan falsafah Yunani dan metode perancangan desain | Kriteria: 
 Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | 
 | Daring 2x50
 | Materi: Falsafah yunani dan metode prancangan desain Pustaka: 1.	Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB.
 | 5% | 
 
   
   
    | 4 Minggu ke 4 | Menganalisis Teori jasper pada perancangan desain | mengkaji artikel jurnal dengan teori jasper | Kriteria: 
 sesuai penskoran Bentuk Penilaian :
 Penilaian Portofolio
 | 
 | Daring 2x50
 | Materi: Mengkaji teori jasper Pustaka: 1.	Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB.
 | 10% | 
 
   
   
    | 5 Minggu ke 5 | Mampu menganalisis karya desain menggunakan metode perancangan desain | Mengkaji topik bidang fashion menggunakan metode perancangan desain | Kriteria: 
 Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian :
 Penilaian Portofolio
 | Luring 50x2
 | 
 | Materi: Analisis menggunakan Metode perancangan desain Pustaka: 1.	Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB.
 | 10% | 
 
   
   
    | 6 Minggu ke 6 | Memahami perkembangan desain dan kebudayaan pada abad renaisans | Mengkaji perkembanngan desain dan kebudayaan pada abad renaisans | Kriteria: 
 Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | Luring 50x2
 | 
 | Materi: Desain dan kebudayaan abad renaisans Pustaka: 2.	John A. Walker. 2010. Desain, Sejarah, Budaya; Sebuah Pengantar Komprehensif . Yogyakarta: Jalasutra.
 | 5% | 
 
   
   
    | 7 Minggu ke 7 | Memahami teori Zaman Pencerahan | Mengkaji teori pada jaman pencerahan | Kriteria: 
 Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | Luring 2x50
 | 
 | Materi: Teori Zaman Pencerahan Pustaka: 1.	Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB.
 | 5% | 
 
   
   
    | 8 Minggu ke 8 | UTS | UTS | Kriteria: 
 0-100 Bentuk Penilaian :
 Tes
 | 
 | Tes 2x50
 | Materi: Desain dan Budaya Pustaka: 2.	John A. Walker. 2010. Desain, Sejarah, Budaya; Sebuah Pengantar Komprehensif . Yogyakarta: Jalasutra.
 | 20% | 
 
   
   
    | 9 Minggu ke 9 | Mampu memahami perkembangan desain moderen | mempresentasikan perkembangan desain moderen | Kriteria: 
 0-100 Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | Case study 2x50
 | 
 | Materi: Desain moderen Pustaka: 1.	Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB.
 | 10% | 
 
   
   
    | 10 Minggu ke 10 | Mampu memahami perkembangan desain moderen | mempresentasikan perkembangan desain moderen | Kriteria: 
 0-100 Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | Case study 2x50
 | 
 | Materi: Desain moderen Pustaka: 1.	Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB.
 | 0% | 
 
   
   
    | 11 Minggu ke 11 | Analisis perkembangan desain moderen bidang fashion | mampu menganalisis perkembngan desain fashion | Kriteria: 
 menyusun artikel Bentuk Penilaian :
 Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
 | 
 | Case study 2x50
 | Materi: Desain moderen Pustaka: 1.	Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB.
 | 5% | 
 
   
   
    | 12 Minggu ke 12 | Analisis perkembangan desain moderen bidang fashion | mampu menganalisis perkembngan desain fashion | Kriteria: 
 menyusun artikel Bentuk Penilaian :
 Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
 | 
 | Case study 2x50
 | Materi: Desain moderen Pustaka: 1.	Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB.
 | 0% | 
 
   
   
    | 13 Minggu ke 13 | Analisis perkembangan desain moderen bidang fashion | mampu menganalisis perkembangan desain fashion | Kriteria: 
 menyusun artikel Bentuk Penilaian :
 Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
 | 
 | Case study 2x50
 | Materi: Desain moderen Pustaka: 1.	Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB.
 | 0% | 
 
   
   
    | 14 Minggu ke 14 | Mampu menerapkan teori desain dan budaya pada artikel ilmiah | Presentasi artikel ilmiah dengan penerapan teori Desain dan Budaya | Kriteria: 
 0-100 Bentuk Penilaian :
 Penilaian Portofolio
 | 
 | Case Study 2x50
 | Materi: Teori desain dan budaya Pustaka: 6.	David Kaplan dan Robert A. Manners. 2002. Teori Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
 | 5% | 
 
   
   
    | 15 Minggu ke 15 | Mampu menerapkan teori desain dan budaya pada artikel ilmiah | Presentasi artikel ilmiah dengan penerapan teori Desain dan Budaya | Kriteria: 
 0-100 Bentuk Penilaian :
 Penilaian Portofolio
 | 
 | Case Study 2x50
 | Materi: Teori desain dan budaya Pustaka: 6.	David Kaplan dan Robert A. Manners. 2002. Teori Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
 | 5% | 
 
   
   
    | 16 Minggu ke 16 | UAS | Hasil artikel yang telah disusun | Kriteria: 
 0-100 Bentuk Penilaian :
 Tes
 | 
 | Tes 2x50
 | Materi: UAS Pustaka: 1.	Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB.
 | 10% |