
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
DESAIN DAN BUDAYA |
8310102069 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
26 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr.Irma Russanti, S.Pd., M.Ds.
|
Dr.Irma Russanti, S.Pd., M.Ds.
|
ACHMAD IMAM AGUNG |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Memiliki pengetahuan yang luas di bidang pengetahuan umum, sosial dan humaniora |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
(1) Mahasiswa mampu menguraikan secara analitis, logis tentang perkembangan aspek teoritis desain dan kebudayaan
|
PO - 2 |
(2) Mahasiswa mampu menjelaskan konsep budaya dari negara-negara yang berpengaruh sebelum zaman pencerahan sampai zaman modern
|
PO - 3 |
(3) Mahasiswa mampu menganalisis bentuk karya visual yang ditemukan dari hasil peninggalan masa lalu maupun kaitannya dengan perkembangan kebudayaan masa kini.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | | | ✔ | | | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji tentang desain dan relevansinya dengan kebudayaan melalui sejarah munculnya teori-teori yang mendasari keilmuan desain, perkembangan teknologi dan industrialisasi desain mulai abad 19 hingga abad 21 |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB.
- 2. John A. Walker. 2010. Desain, Sejarah, Budaya; Sebuah Pengantar Komprehensif . Yogyakarta: Jalasutra.
- 4. Agus Sachari. 2007. Budaya Visual Indonesia . Jakarta: Erlangga.
- 6. David Kaplan dan Robert A. Manners. 2002. Teori Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
|
Pendukung : |
|
- PPT, ebook
|
Dosen Pengampu
|
INTY NAHARI IRMA RUSSANTI IMAMI ARUM TRI RAHAYU Dr.Sn. Inty Nahari, S.Pd., M.Ds. Dr.Sn. Inty Nahari, S.Pd., M.Ds. Dr. Imami Arum Tri Rahayu, S.Pd., M.Pd. Dr. Imami Arum Tri Rahayu, S.Pd., M.Pd. Dr. Irma Russanti, S.Pd., M.Ds. Dr. Irma Russanti, S.Pd., M.Ds. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
mampu memahami konsep teoritis desain dan kebudayaan |
Pemahaman konsep dasar desain dan kebudayaan |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
daring 2x50 |
Materi: kajian teoritis desain dan kebudayaan Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami teori Achsenzeit Karl Jasper |
Mahasiswa Mengidentifikasi skema teori zaman poros (Achsenzeit) |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring 2x50 |
Materi: Teori Archesenzeit Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami Falsafah Yunani dan Metode Perancangan Desain |
Mendeskripsikan falsafah Yunani dan metode perancangan desain |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring 2x50 |
Materi: Falsafah yunani dan metode prancangan desain Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis Teori jasper pada perancangan desain |
mengkaji artikel jurnal dengan teori jasper |
Kriteria:
sesuai penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Daring 2x50 |
Materi: Mengkaji teori jasper Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menganalisis karya desain menggunakan metode perancangan desain |
Mengkaji topik bidang fashion menggunakan metode perancangan desain |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 50x2 |
|
Materi: Analisis menggunakan Metode perancangan desain Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami perkembangan desain dan kebudayaan pada abad renaisans |
Mengkaji perkembanngan desain dan kebudayaan pada abad renaisans |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 50x2 |
|
Materi: Desain dan kebudayaan abad renaisans Pustaka: 2. John A. Walker. 2010. Desain, Sejarah, Budaya; Sebuah Pengantar Komprehensif . Yogyakarta: Jalasutra. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami teori Zaman Pencerahan |
Mengkaji teori pada jaman pencerahan |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
Materi: Teori Zaman Pencerahan Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Tes |
|
Tes 2x50 |
Materi: Desain dan Budaya Pustaka: 2. John A. Walker. 2010. Desain, Sejarah, Budaya; Sebuah Pengantar Komprehensif . Yogyakarta: Jalasutra. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memahami perkembangan desain moderen |
mempresentasikan perkembangan desain moderen |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 2x50 |
|
Materi: Desain moderen Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami perkembangan desain moderen |
mempresentasikan perkembangan desain moderen |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 2x50 |
|
Materi: Desain moderen Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Analisis perkembangan desain moderen bidang fashion |
mampu menganalisis perkembngan desain fashion |
Kriteria:
menyusun artikel Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Case study 2x50 |
Materi: Desain moderen Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Analisis perkembangan desain moderen bidang fashion |
mampu menganalisis perkembngan desain fashion |
Kriteria:
menyusun artikel Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Case study 2x50 |
Materi: Desain moderen Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
0% |
13
Minggu ke 13 |
Analisis perkembangan desain moderen bidang fashion |
mampu menganalisis perkembangan desain fashion |
Kriteria:
menyusun artikel Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Case study 2x50 |
Materi: Desain moderen Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menerapkan teori desain dan budaya pada artikel ilmiah |
Presentasi artikel ilmiah dengan penerapan teori Desain dan Budaya |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Case Study 2x50 |
Materi: Teori desain dan budaya Pustaka: 6. David Kaplan dan Robert A. Manners. 2002. Teori Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menerapkan teori desain dan budaya pada artikel ilmiah |
Presentasi artikel ilmiah dengan penerapan teori Desain dan Budaya |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Case Study 2x50 |
Materi: Teori desain dan budaya Pustaka: 6. David Kaplan dan Robert A. Manners. 2002. Teori Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Hasil artikel yang telah disusun |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Tes |
|
Tes 2x50 |
Materi: UAS Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
10% |