
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pendidikan Sains dan Matematika AUD |
8610702040 |
|
T=1 |
P=1 |
ECTS=4.48 |
2 |
9 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.
|
.......................................
|
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu mengomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik terkait konsep dan teori PAUD secara bertanggung jawab yang didasarkan pada etika akademik, melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; (Keterampilan Umum) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Membuat deskripsi latar belakang pentingnya pendidikan sains dan matematika dalam kurikulum serta praktik pendidikan anak usia dini
|
PO - 2 |
Menganalisis konsep-konsep dasar sains dan matematika untuk AUD berdasarkan prinsip perkembangan anak usia dini
|
PO - 3 |
Mengembangkan media pembelajaran sains dan matematika AUD yang kreatif, inovatif, dan sesuai dengan karakteristik anak
|
PO - 4 |
Mengomunikasikan ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik terkait pembelajaran sains dan matematika AUD secara lisan, tulisan, atau visual dengan bertanggung jawab dan beretika akademik
|
PO - 5 |
Menerapkan strategi pembelajaran sains dan matematika AUD yang berbasis penelitian dan praktik terbaik untuk mendukung kemampuan saintifik awal anak
|
PO - 6 |
Berkolaborasi dalam tim akademik dan masyarakat luas untuk menyebarluaskan pengetahuan sains dan matematika AUD melalui berbagai media secara efektif
|
PO - 7 |
Menganalisis konsep dasar sains dan matematika untuk AUD melalui refleksi diri dan evaluasi berkelanjutan guna meningkatkan kompetensi pedagogis
|
PO - 8 |
Merancang pembelajaran sains dan matematika AUD yang kolaboratif dengan memanfaatkan pendekatan saintifik, media, serta kerja kelompok untuk membangun sinergi antar peserta didik
|
PO - 9 |
Mengaplikasikan inovasi pembelajaran sains/matematika AUD berbasis literasi terkini dan hasil penelitian, menunjukkan sikap adaptif terhadap perkembangan keilmuan
|
PO - 10 |
Menunjukkan keterampilan kolaborasi dalam komunitas praktisi (guru, orang tua, dan tenaga kependidikan) untuk mendukung pembelajaran sains/matematika AUD yang holistik
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-6 | PO-1 | | ✔ | PO-2 | | ✔ | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ | PO-5 | | ✔ | PO-6 | | ✔ | PO-7 | ✔ | | PO-8 | ✔ | | PO-9 | ✔ | | PO-10 | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-5 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-7 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-9 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | PO-10 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Sains dan matematika merupakan dua aspek konten pembelajaran dalam kurikulum pendidikan pada anak usia dini. Kedua bidang tersebut harus dipandang dalam tiga perspektif yakni perspektif perkembangan, perspektif aktivitas dan perspetif subject matter atau isi materi pembelajaran. Dari sudut perspektif perkembangan, sains dan matematika merupakan bidang yang dijadikan wahana untuk mengembangkan aspek perkembangan kognitif dan berbagai aspek perkembangan lainnya yang terkait. Dalam perspektif aktivitas (sains and math as activity), kedua bidang merupakan aktivitas atau kegiatan yang hidup dan berada dalam kehidupan sehari-hari anak. Pada perspektif ketiga, sains dan matematika dapat dipandang sebagai materi isi (sains and math as subject matter) kegiatan pembelajaran pada lembaga pendidikan anak usia dini. Mata kuliah ini akan memberikan sejumlah kompetensi yang berkaitan dengan kemampuan mahasiswa memahami, menganalisis, menggunakan dan mengembangkan konsep teoritik tentang pendidikan sains dan matematika pada anak usia dini. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengelaborasi berbagai disain pembelajaran sains dan matematika anak usia dini dengan menggunakan berbagai jenis serta proses bermain dalam berbagai konteks kehidupan yang nyata, bermakna dan menyenangkan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.
|
Pendukung : |
|
- Fitri, R., Mustaji, M., & Bachri, B. (2018, February). Numeric toys media: introducing number sense in early childhood with movement and multisensory cards. In 1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017) (pp. 269-271). Atlantis Press.
- fitri Anwar, R. (2020). Media Number Sense Untuk Mengenalkan Bilangan Pada Anak Usia Dini Dengan Multisensori. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 5(2), 55-64.
- An Analysis of Numeracy Activities in Fostering 4c Skills in Sikl Malaysia Pre-School Institutions
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd. Dr. Yes Matheos Lasarus Malaikosa, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Menyimpulkan kedudukan sains dan matematika dalam kurikulum satuan PAUD
- Menggambarkan urgensi pendidikan sains dan matematika
- Memetakan konsep dasar dan Terminologi dalam Pendidikan sains dan matematika AUD
|
Mendiskripsikan latar belakang pentingnya pendidikan sains dan matematika dalam kurikulum serta praktik pendidikan anak usia dini |
Kriteria:
Quiz Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
Blended Learning Pembelajaran asinkron di Vinesa
|
Materi: Kedudukan Sains dan Matematika dalam kurikulum PAUD Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Urgensi Pendidikan Sains dan Matematika dalam PAUD Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Konsep Dasar dan Terminologi dalam Pendidikan Sains dan Matematika AUD Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Menyimpulkan makna pendidikan sains dan matematika untuk AUD
- Menggambarkan tujuan pendidikan sains dan matematika untuk AUD
- Menganalisis fungsi pendidikan sains dan matematika untuk AUD
|
Mahasiswa membuat peta konsep makna, tujuan dan fungsi pendidikan sains dan matematika untuk AUD |
Kriteria:
peta konsep memenuhi 3 aspek materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
Materi: Kedudukan Sains dan Matematika dalam kurikulum PAUD Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Menganalisis prinsip umum dalam pembelajaran sains dan matematika AUD
- Memetakan lingkup kajian pendidikan sains dan matematika AUD
|
Mahasiswa membuat peta konsep prinsip dan lingkung kajian sains dan matematika AUD |
Kriteria:
Petakonsep memenuhi 3 materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: Prinsip pendidikan sains dan matematika anak usia dini Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Ligkup kajian konten sains dan matematika AUD Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Menyimpulkan kedudukan sains dan matematika sebagai sarana atau alat untuk mengembangkan berbagai aspek perkembangan (tools of development)
- Menyimpulkan kedudukan sains dan matematika sebagai konten dalam kurikulum PAUD (content of curriculum in ECE).
- Menyimpulkan kedudukan sains dan matematika sebagai proses bermain anak usia dini (science and math as learning procces )
- Menyimpulkan kedudukan sains dan matematika sebagai objek (sasaran) asesmen hasil belajar anak usia dini (object of assessment).
- Mendesain Media matematikan dan saian yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini
|
Mampu mempresentasikan desain media matematika dan sains yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini |
Kriteria:
kemampuan argumen sesuai teori matematika AUD Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
Materi: Kedudukan Sains dan Matematika dalam kurikulum PAUD Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten penyelidikan ilmiah anak usia dini (Scientific Inquiry)
- Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains fisik (materi) anak usia dini (Physical Science)
|
- Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran tentang penyelidikan ilmiah pada anak usia dini
- Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran tentang sains fisik (materi) anak usia dini (Physical Science) pada anak usia dini
|
Kriteria:
- Laporan disusun secara sistematis dengan analisis mendalam terhadap konsep penyelidikan ilmiah yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini, menggunakan referensi ilmiah terkini, dan dilengkapi dengan penerapan dalam konteks pembelajaran.
- Laporan menampilkan pemahaman yang tepat tentang konsep sains fisik yang kontekstual untuk anak usia dini, disajikan secara logis dan kreatif, terintegrasi dengan strategi pembelajaran yang sesuai, serta didukung oleh referensi ilmiah yang relevan.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten penyelidikan ilmiah anak usia dini (Scientific Inquiry) Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains fisik (materi) anak usia dini (Physical Science) Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains makhluk hidup (Life Science )
- Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sejarah dan pengalaman sains (History and Nature of Science )
|
- Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran tentang sains makhluk hidup (Life Science) pada anak usia dini
- Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran ttg sejarah dan pengalaman sains (History and Nature of Science) pada anak usia dini
|
Kriteria:
- Laporan disusun secara sistematis dengan mengkaji konsep life science yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini, mengintegrasikan konten dengan pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan eksploratif, serta didukung oleh literatur ilmiah mutakhir.
- Laporan memuat pemahaman yang mendalam mengenai sejarah dan hakikat sains dalam konteks anak usia dini, disajikan secara reflektif dan kritis, serta menampilkan rancangan pembelajaran yang menggambarkan proses berpikir ilmiah secara natural sesuai tahapan perkembangan anak.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains makhluk hidup (Life Science ) Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sejarah dan pengalaman sains (History and Nature of Science ) Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains dalam perspektif individu dan sosial (Science in personal and social perspective )
- Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains bumi dan ruang angkasa (Earth and Spaca Science )
- Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains dan teknologi (Science and Technology )
|
- Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran ttg sains dalam perspektif individu dan sosial (Science in personal and social perspective )
- Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran ttg sains bumi dan ruang angkasa (Earth and Spaca Science )
- Mhsw membuat laporan kajian konten dan pembelajaran ttg sains dan teknologi (Science and Technology )
|
Kriteria:
- Laporan menunjukkan analisis kritis terhadap hubungan antara sains dan kehidupan individu maupun sosial anak usia dini, disertai penerapan pembelajaran yang membangun kesadaran lingkungan, kesehatan, dan tanggung jawab sosial secara kontekstual.
- Laporan disusun secara terstruktur dengan kajian konsep bumi dan ruang angkasa yang relevan bagi anak usia dini, disertai pengembangan aktivitas pembelajaran yang eksploratif dan berbasis pengalaman konkret, serta referensi ilmiah yang akurat.
- Laporan menggambarkan pemahaman menyeluruh tentang hubungan antara sains dan teknologi dalam kehidupan anak usia dini, dilengkapi dengan desain pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan teknologi secara tepat guna dan edukatif.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains dalam perspektif individu dan sosial (Science in personal and social perspective ) Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains bumi dan ruang angkasa (Earth and Spaca Science ) Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains dan teknologi (Science and Technology ) Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER |
Mahasiswa memformulasikan solusi terhadap permasalahan pembelajaran sains pada satuan PAUD |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester dengan baik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Luring 2x50 |
|
Materi: Studi Kasus Pembelajadan sains pada satuan PAUD Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
- Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini (Number Sense )
- Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten geometri pada anak usia dini.
|
- Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran ttg pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini (Number Sense )
- Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran ttg konten geometri pada anak usia dini.
|
Kriteria:
- Laporan disusun secara sistematis dengan mengkaji konsep number sense secara komprehensif, relevan dengan karakteristik perkembangan kognitif anak usia dini, serta dilengkapi strategi pembelajaran yang konkret, bermakna, dan berbasis pengalaman anak.
- Laporan menggambarkan pemahaman mendalam tentang konsep geometri dasar yang sesuai untuk anak usia dini, menyajikan ide-ide pembelajaran yang eksploratif dan kontekstual, serta menggunakan pendekatan visual dan manipulatif yang mendukung keterlibatan aktif anak.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 |
|
Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini (Number Sense ) Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten geometri pada anak usia dini. Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten aljabar pada anak usia dini.
- Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten pengumpulan data dan statistic untuk anak usia dini.
|
- Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran ttg konten aljabar pada anak usia dini.
- Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran ttg konten pengumpulan data dan statistic untuk anak usia dini
|
Kriteria:
- Laporan menyajikan pemahaman konseptual tentang pengenalan pola, hubungan, dan fungsi sederhana dalam konteks aljabar awal yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini, serta mengintegrasikan pendekatan pembelajaran yang konkret dan bermakna.
- Laporan disusun secara runtut dengan mengkaji pengenalan dasar pengumpulan, pengelompokan, dan penyajian data melalui aktivitas bermain yang sesuai untuk anak usia dini, serta menampilkan strategi pembelajaran yang eksploratif dan berbasis pengalaman nyata.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 |
|
Materi: Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten aljabar pada anak usia dini. Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten pengumpulan data dan statistic untuk anak usia dini. Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten pengukuran pada anak usia dini.
- Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika alam konten estimasi (perkiraan).
- Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten pemecahan masalah pada anak usia dini.
|
- Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran tentang konten pengukuran untuk anak usia dini
- Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran tentang konten estimasi (perkiraan) untuk anak usia dini
- Mhsw membuat laporan kajian konten dan pembelajaran tentang konten pemecahan masalah pada anak usia dini.
|
Kriteria:
- Laporan disusun secara terstruktur dengan mengkaji konsep dasar pengukuran yang sesuai untuk anak usia dini, serta menyajikan strategi pembelajaran konkret yang mendorong anak memahami panjang, berat, waktu, dan volume melalui pengalaman langsung.
- Laporan memuat kajian mendalam tentang konsep estimasi yang relevan bagi anak usia dini, serta menyajikan aktivitas pembelajaran kontekstual yang menstimulasi kemampuan anak dalam memperkirakan jumlah, ukuran, dan hasil secara intuitif.
- Laporan menggambarkan pemahaman kritis terhadap konten pemecahan masalah, dikaitkan dengan perkembangan kognitif anak usia dini, serta memuat strategi pembelajaran yang mendorong eksplorasi, berpikir logis, dan pengambilan keputusan sederhana.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 |
|
Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten pengukuran pada anak usia dini. Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten estimasi (perkiraan). Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten pemecahan masalah pada anak usia dini. Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Memetakan pengembangan tema dan sub tema
- Menyusun nama dan kegiatan bermain sesuai dengan model pembelajaran yang dipergunakan
- Mengembangkan scenario bermain dengan focus pada scenario bermain konten sains dan matematika serta konten lainnya yang terintegrasi dan kontinum
- Membuat analisis isi materi pada masing - masing scenario pembelajaran, terutama pada konten sains dan matematika
- Menganalisis dampak perkiraan aspek dan indicator perkembangan anak usia dini sesuai dengan standar perkembangan yang dipergunakan
- Memilih media, bahan dan alat permainan yang sesuai kebutuhan
- Merencanakan penggunaan metode dan teknik asesmen yang tepat dan sesuai
|
Mahasiswa membuat rancangan kegiatan bermain sains dan matematika dengan menggunakan pendekatan tematik integrstif |
Kriteria:
Rancangan kegiatan disusun secara sistematis dan kreatif dengan mengintegrasikan konsep sains dan matematika ke dalam tema yang relevan dengan dunia anak, mencerminkan keterpaduan aspek perkembangan, serta menggunakan metode bermain yang eksploratif dan kontekstual sesuai prinsip pembelajaran anak usia dini. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 |
|
Materi: Pendekatan tematik integratif dalam pembelajaran sains dan matematika anak usia dini Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Pengembangan nama dan ragam main dalam model pembelajaran Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Pengembangan skenario bermain tematik dan bermain kontinyu (continuum play) Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Analisis konten sains dan matematika dalam disain pembelajaran Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Analisis perkiraan dampak perkembangan berdasarkan skenario bermain Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Pemilihan dan pengembangan media, bahan dan alat permainan sains dan matematika Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Pemilihan pendekatan dan metode asesmen Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Memetakan pengembangan tema dan sub tema
- Menyusun nama dan kegiatan bermain sesuai dengan model pembelajaran yang dipergunakan
- Mengembangkan scenario bermain dengan focus pada scenario bermain konten sains dan matematika serta konten lainnya yang terintegrasi dan kontinum
- Membuat analisis isi materi pada masing - masing scenario pembelajaran, terutama pada konten sains dan matematika
- Menganalisis dampak perkiraan aspek dan indicator perkembangan anak usia dini sesuai dengan standar perkembangan yang dipergunakan
- Memilih media, bahan dan alat permainan yang sesuai kebutuhan
- Merencanakan penggunaan metode dan teknik asesmen yang tepat dan sesuai
|
Mahasiswa membuat rancangan kegiatan bermain sains dan matematika dengan menggunakan pendekatan tematik integrstif |
Kriteria:
Rancangan kegiatan disusun secara logis dan kreatif dengan mengintegrasikan konsep sains dan matematika dalam tema yang sesuai dengan dunia anak, menggunakan metode bermain yang eksploratif, serta memperhatikan ketercapaian tujuan perkembangan dan karakteristik anak usia dini. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 |
|
Materi: Pendekatan tematik integratif dalam pembelajaran sains dan matematika anak usia dini Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Pengembangan nama dan ragam main dalam model pembelajaran Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Pengembangan skenario bermain tematik dan bermain kontinyu (continuum play) Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Analisis konten sains dan matematika dalam disain pembelajaran Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Analisis perkiraan dampak perkembangan berdasarkan skenario bermain Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Pemilihan dan pengembangan media, bahan dan alat permainan sains dan matematika Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Pemilihan pendekatan dan metode asesmen Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Membuat laporan penerapan rancangan kegiatan bermain sains dan matematika anak usia dini pada satuan pendidikan
- Mempresentasikan hasil laporan proyek pembelajaran sains dan matematika melalui media daring
|
Mempresentasikan video penerapan rancangan kegiatan bermain sains dan matematika anak usia dini pada satuan pendidikan. |
Kriteria:
Presentasi video disampaikan secara sistematis dan komunikatif, menunjukkan keterampilan dalam menerapkan rancangan kegiatan bermain sains dan matematika secara nyata di satuan PAUD, dengan memperhatikan keterlibatan aktif anak, alur kegiatan yang sesuai perkembangan, serta integrasi materi yang relevan dan bermakna. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 |
|
Materi: Video testimoni dan presentasi penerapan rancangan kegiatan bermain sains dan matematika anak usia dini pada satuan pendidikan. Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Membuat laporan penerapan rancangan kegiatan bermain sains dan matematika anak usia dini pada satuan pendidikan
- Mempresentasikan hasil laporan proyek pembelajaran sains dan matematika melalui media daring
|
Mempresentasikan video penerapan rancangan kegiatan bermain sains dan matematika anak usia dini pada satuan pendidikan. |
Kriteria:
Video dan presentasi disajikan secara runtut dan jelas, menampilkan penerapan kegiatan bermain sains dan matematika yang sesuai dengan tahap perkembangan anak, menunjukkan keterlibatan aktif peserta didik, penggunaan media yang tepat, serta refleksi atas efektivitas pelaksanaan kegiatan. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 |
|
Materi: Video testimoni dan presentasi penerapan rancangan kegiatan bermain sains dan matematika anak usia dini pada satuan pendidikan. Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik |
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Luring 2x50 |
|
Materi: UAS Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc. |
15% |