Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pendidikan Sains dan Matematika AUD

8610702040

T=1

P=1

ECTS=4.48

2

9 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.




.......................................




Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu mengomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik terkait konsep dan teori PAUD secara bertanggung jawab yang didasarkan pada etika akademik, melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; (Keterampilan Umum)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Membuat deskripsi latar belakang pentingnya pendidikan sains dan matematika dalam kurikulum serta praktik pendidikan anak usia dini

PO - 2

Menganalisis konsep-konsep dasar sains dan matematika untuk AUD berdasarkan prinsip perkembangan anak usia dini

PO - 3

Mengembangkan media pembelajaran sains dan matematika AUD yang kreatif, inovatif, dan sesuai dengan karakteristik anak

PO - 4

Mengomunikasikan ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik terkait pembelajaran sains dan matematika AUD secara lisan, tulisan, atau visual dengan bertanggung jawab dan beretika akademik

PO - 5

Menerapkan strategi pembelajaran sains dan matematika AUD yang berbasis penelitian dan praktik terbaik untuk mendukung kemampuan saintifik awal anak

PO - 6

Berkolaborasi dalam tim akademik dan masyarakat luas untuk menyebarluaskan pengetahuan sains dan matematika AUD melalui berbagai media secara efektif

PO - 7

Menganalisis konsep dasar sains dan matematika untuk AUD melalui refleksi diri dan evaluasi berkelanjutan guna meningkatkan kompetensi pedagogis

PO - 8

Merancang pembelajaran sains dan matematika AUD yang kolaboratif dengan memanfaatkan pendekatan saintifik, media, serta kerja kelompok untuk membangun sinergi antar peserta didik

PO - 9

Mengaplikasikan inovasi pembelajaran sains/matematika AUD berbasis literasi terkini dan hasil penelitian, menunjukkan sikap adaptif terhadap perkembangan keilmuan

PO - 10

Menunjukkan keterampilan kolaborasi dalam komunitas praktisi (guru, orang tua, dan tenaga kependidikan) untuk mendukung pembelajaran sains/matematika AUD yang holistik

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8 
PO-9 
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Sains dan matematika merupakan dua aspek konten pembelajaran dalam kurikulum pendidikan pada anak usia dini. Kedua bidang tersebut harus dipandang dalam tiga perspektif yakni perspektif perkembangan, perspektif aktivitas dan perspetif subject matter atau isi materi pembelajaran. Dari sudut perspektif perkembangan, sains dan matematika merupakan bidang yang dijadikan wahana untuk mengembangkan aspek perkembangan kognitif dan berbagai aspek perkembangan lainnya yang terkait. Dalam perspektif aktivitas (sains and math as activity), kedua bidang merupakan aktivitas atau kegiatan yang hidup dan berada dalam kehidupan sehari-hari anak. Pada perspektif ketiga, sains dan matematika dapat dipandang sebagai materi isi (sains and math as subject matter) kegiatan pembelajaran pada lembaga pendidikan anak usia dini. Mata kuliah ini akan memberikan sejumlah kompetensi yang berkaitan dengan kemampuan mahasiswa memahami, menganalisis, menggunakan dan mengembangkan konsep teoritik tentang pendidikan sains dan matematika pada anak usia dini. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengelaborasi berbagai disain pembelajaran sains dan matematika anak usia dini dengan menggunakan berbagai jenis serta proses bermain dalam berbagai konteks kehidupan yang nyata, bermakna dan menyenangkan.

Pustaka

Utama :

  1. Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Pendukung :

  1. Fitri, R., Mustaji, M., & Bachri, B. (2018, February). Numeric toys media: introducing number sense in early childhood with movement and multisensory cards. In 1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017) (pp. 269-271). Atlantis Press.
  2. fitri Anwar, R. (2020). Media Number Sense Untuk Mengenalkan Bilangan Pada Anak Usia Dini Dengan Multisensori. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 5(2), 55-64.
  3. An Analysis of Numeracy Activities in Fostering 4c Skills in Sikl Malaysia Pre-School Institutions

Dosen Pengampu

Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Dr. Yes Matheos Lasarus Malaikosa, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Menyimpulkan kedudukan sains dan matematika dalam kurikulum satuan PAUD
  2. Menggambarkan urgensi pendidikan sains dan matematika
  3. Memetakan konsep dasar dan Terminologi dalam Pendidikan sains dan matematika AUD

Mendiskripsikan latar belakang pentingnya pendidikan sains dan matematika dalam kurikulum serta praktik pendidikan anak usia dini

Kriteria:

Quiz


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50
Blended Learning Pembelajaran asinkron di Vinesa
Materi: Kedudukan Sains dan Matematika dalam kurikulum PAUD
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Urgensi Pendidikan Sains dan Matematika dalam PAUD
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Konsep Dasar dan Terminologi dalam Pendidikan Sains dan Matematika AUD
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.
5%

2

Minggu ke 2

  1. Menyimpulkan makna pendidikan sains dan matematika untuk AUD
  2. Menggambarkan tujuan pendidikan sains dan matematika untuk AUD
  3. Menganalisis fungsi pendidikan sains dan matematika untuk AUD

Mahasiswa membuat peta konsep makna, tujuan dan fungsi pendidikan sains dan matematika untuk AUD

Kriteria:

peta konsep memenuhi 3 aspek materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

Materi: Kedudukan Sains dan Matematika dalam kurikulum PAUD
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.
5%

3

Minggu ke 3

  1. Menganalisis prinsip umum dalam pembelajaran sains dan matematika AUD
  2. Memetakan lingkup kajian pendidikan sains dan matematika AUD

Mahasiswa membuat peta konsep prinsip dan lingkung kajian sains dan matematika AUD

Kriteria:

Petakonsep memenuhi 3 materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

Materi: Prinsip pendidikan sains dan matematika anak usia dini
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Ligkup kajian konten sains dan matematika AUD
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.
5%

4

Minggu ke 4

  1. Menyimpulkan kedudukan sains dan matematika sebagai sarana atau alat untuk mengembangkan berbagai aspek perkembangan (tools of development)
  2. Menyimpulkan kedudukan sains dan matematika sebagai konten dalam kurikulum PAUD (content of curriculum in ECE).
  3. Menyimpulkan kedudukan sains dan matematika sebagai proses bermain anak usia dini (science and math as learning procces )
  4. Menyimpulkan kedudukan sains dan matematika sebagai objek (sasaran) asesmen hasil belajar anak usia dini (object of assessment).
  5. Mendesain Media matematikan dan saian yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini

Mampu mempresentasikan desain media matematika dan sains yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini

Kriteria:

kemampuan argumen sesuai teori matematika AUD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

Materi: Kedudukan Sains dan Matematika dalam kurikulum PAUD
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.
5%

5

Minggu ke 5

  1. Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten penyelidikan ilmiah anak usia dini (Scientific Inquiry)
  2. Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains fisik (materi) anak usia dini (Physical Science)
  1. Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran tentang penyelidikan ilmiah pada anak usia dini
  2. Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran tentang sains fisik (materi) anak usia dini (Physical Science) pada anak usia dini
Kriteria:
  1. Laporan disusun secara sistematis dengan analisis mendalam terhadap konsep penyelidikan ilmiah yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini, menggunakan referensi ilmiah terkini, dan dilengkapi dengan penerapan dalam konteks pembelajaran.
  2. Laporan menampilkan pemahaman yang tepat tentang konsep sains fisik yang kontekstual untuk anak usia dini, disajikan secara logis dan kreatif, terintegrasi dengan strategi pembelajaran yang sesuai, serta didukung oleh referensi ilmiah yang relevan.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten penyelidikan ilmiah anak usia dini (Scientific Inquiry)
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains fisik (materi) anak usia dini (Physical Science)
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.
5%

6

Minggu ke 6

  1. Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains makhluk hidup (Life Science )
  2. Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sejarah dan pengalaman sains (History and Nature of Science )
  1. Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran tentang sains makhluk hidup (Life Science) pada anak usia dini
  2. Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran ttg sejarah dan pengalaman sains (History and Nature of Science) pada anak usia dini
Kriteria:
  1. Laporan disusun secara sistematis dengan mengkaji konsep life science yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini, mengintegrasikan konten dengan pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan eksploratif, serta didukung oleh literatur ilmiah mutakhir.
  2. Laporan memuat pemahaman yang mendalam mengenai sejarah dan hakikat sains dalam konteks anak usia dini, disajikan secara reflektif dan kritis, serta menampilkan rancangan pembelajaran yang menggambarkan proses berpikir ilmiah secara natural sesuai tahapan perkembangan anak.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains makhluk hidup (Life Science )
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sejarah dan pengalaman sains (History and Nature of Science )
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.
5%

7

Minggu ke 7

  1. Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains dalam perspektif individu dan sosial (Science in personal and social perspective )
  2. Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains bumi dan ruang angkasa (Earth and Spaca Science )
  3. Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains dan teknologi (Science and Technology )
  1. Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran ttg sains dalam perspektif individu dan sosial (Science in personal and social perspective )
  2. Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran ttg sains bumi dan ruang angkasa (Earth and Spaca Science )
  3. Mhsw membuat laporan kajian konten dan pembelajaran ttg sains dan teknologi (Science and Technology )
Kriteria:
  1. Laporan menunjukkan analisis kritis terhadap hubungan antara sains dan kehidupan individu maupun sosial anak usia dini, disertai penerapan pembelajaran yang membangun kesadaran lingkungan, kesehatan, dan tanggung jawab sosial secara kontekstual.
  2. Laporan disusun secara terstruktur dengan kajian konsep bumi dan ruang angkasa yang relevan bagi anak usia dini, disertai pengembangan aktivitas pembelajaran yang eksploratif dan berbasis pengalaman konkret, serta referensi ilmiah yang akurat.
  3. Laporan menggambarkan pemahaman menyeluruh tentang hubungan antara sains dan teknologi dalam kehidupan anak usia dini, dilengkapi dengan desain pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan teknologi secara tepat guna dan edukatif.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains dalam perspektif individu dan sosial (Science in personal and social perspective )
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains bumi dan ruang angkasa (Earth and Spaca Science )
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains dan teknologi (Science and Technology )
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.
5%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER

Mahasiswa memformulasikan solusi terhadap permasalahan pembelajaran sains pada satuan PAUD

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester dengan baik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Luring
2x50

Materi: Studi Kasus Pembelajadan sains pada satuan PAUD
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.
15%

9

Minggu ke 9

  1. Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini (Number Sense )
  2. Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten geometri pada anak usia dini.
  1. Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran ttg pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini (Number Sense )
  2. Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran ttg konten geometri pada anak usia dini.
Kriteria:
  1. Laporan disusun secara sistematis dengan mengkaji konsep number sense secara komprehensif, relevan dengan karakteristik perkembangan kognitif anak usia dini, serta dilengkapi strategi pembelajaran yang konkret, bermakna, dan berbasis pengalaman anak.
  2. Laporan menggambarkan pemahaman mendalam tentang konsep geometri dasar yang sesuai untuk anak usia dini, menyajikan ide-ide pembelajaran yang eksploratif dan kontekstual, serta menggunakan pendekatan visual dan manipulatif yang mendukung keterlibatan aktif anak.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50

Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini (Number Sense )
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten geometri pada anak usia dini.
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.
5%

10

Minggu ke 10

  1. Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten aljabar pada anak usia dini.
  2. Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten pengumpulan data dan statistic untuk anak usia dini.
  1. Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran ttg konten aljabar pada anak usia dini.
  2. Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran ttg konten pengumpulan data dan statistic untuk anak usia dini
Kriteria:
  1. Laporan menyajikan pemahaman konseptual tentang pengenalan pola, hubungan, dan fungsi sederhana dalam konteks aljabar awal yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini, serta mengintegrasikan pendekatan pembelajaran yang konkret dan bermakna.
  2. Laporan disusun secara runtut dengan mengkaji pengenalan dasar pengumpulan, pengelompokan, dan penyajian data melalui aktivitas bermain yang sesuai untuk anak usia dini, serta menampilkan strategi pembelajaran yang eksploratif dan berbasis pengalaman nyata.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50

Materi: Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten aljabar pada anak usia dini.
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten pengumpulan data dan statistic untuk anak usia dini.
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.
5%

11

Minggu ke 11

  1. Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten pengukuran pada anak usia dini.
  2. Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika alam konten estimasi (perkiraan).
  3. Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten pemecahan masalah pada anak usia dini.
  1. Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran tentang konten pengukuran untuk anak usia dini
  2. Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran tentang konten estimasi (perkiraan) untuk anak usia dini
  3. Mhsw membuat laporan kajian konten dan pembelajaran tentang konten pemecahan masalah pada anak usia dini.
Kriteria:
  1. Laporan disusun secara terstruktur dengan mengkaji konsep dasar pengukuran yang sesuai untuk anak usia dini, serta menyajikan strategi pembelajaran konkret yang mendorong anak memahami panjang, berat, waktu, dan volume melalui pengalaman langsung.
  2. Laporan memuat kajian mendalam tentang konsep estimasi yang relevan bagi anak usia dini, serta menyajikan aktivitas pembelajaran kontekstual yang menstimulasi kemampuan anak dalam memperkirakan jumlah, ukuran, dan hasil secara intuitif.
  3. Laporan menggambarkan pemahaman kritis terhadap konten pemecahan masalah, dikaitkan dengan perkembangan kognitif anak usia dini, serta memuat strategi pembelajaran yang mendorong eksplorasi, berpikir logis, dan pengambilan keputusan sederhana.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50

Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten pengukuran pada anak usia dini.
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten estimasi (perkiraan).
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan matematika dalam konten pemecahan masalah pada anak usia dini.
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.
5%

12

Minggu ke 12

  1. Memetakan pengembangan tema dan sub tema
  2. Menyusun nama dan kegiatan bermain sesuai dengan model pembelajaran yang dipergunakan
  3. Mengembangkan scenario bermain dengan focus pada scenario bermain konten sains dan matematika serta konten lainnya yang terintegrasi dan kontinum
  4. Membuat analisis isi materi pada masing - masing scenario pembelajaran, terutama pada konten sains dan matematika
  5. Menganalisis dampak perkiraan aspek dan indicator perkembangan anak usia dini sesuai dengan standar perkembangan yang dipergunakan
  6. Memilih media, bahan dan alat permainan yang sesuai kebutuhan
  7. Merencanakan penggunaan metode dan teknik asesmen yang tepat dan sesuai

Mahasiswa membuat rancangan kegiatan bermain sains dan matematika dengan menggunakan pendekatan tematik integrstif

Kriteria:

Rancangan kegiatan disusun secara sistematis dan kreatif dengan mengintegrasikan konsep sains dan matematika ke dalam tema yang relevan dengan dunia anak, mencerminkan keterpaduan aspek perkembangan, serta menggunakan metode bermain yang eksploratif dan kontekstual sesuai prinsip pembelajaran anak usia dini.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50

Materi: Pendekatan tematik integratif dalam pembelajaran sains dan matematika anak usia dini
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Pengembangan nama dan ragam main dalam model pembelajaran
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Pengembangan skenario bermain tematik dan bermain kontinyu (continuum play)
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Analisis konten sains dan matematika dalam disain pembelajaran
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Analisis perkiraan dampak perkembangan berdasarkan skenario bermain
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Pemilihan dan pengembangan media, bahan dan alat permainan sains dan matematika
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Pemilihan pendekatan dan metode asesmen
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.
5%

13

Minggu ke 13

  1. Memetakan pengembangan tema dan sub tema
  2. Menyusun nama dan kegiatan bermain sesuai dengan model pembelajaran yang dipergunakan
  3. Mengembangkan scenario bermain dengan focus pada scenario bermain konten sains dan matematika serta konten lainnya yang terintegrasi dan kontinum
  4. Membuat analisis isi materi pada masing - masing scenario pembelajaran, terutama pada konten sains dan matematika
  5. Menganalisis dampak perkiraan aspek dan indicator perkembangan anak usia dini sesuai dengan standar perkembangan yang dipergunakan
  6. Memilih media, bahan dan alat permainan yang sesuai kebutuhan
  7. Merencanakan penggunaan metode dan teknik asesmen yang tepat dan sesuai

Mahasiswa membuat rancangan kegiatan bermain sains dan matematika dengan menggunakan pendekatan tematik integrstif

Kriteria:

Rancangan kegiatan disusun secara logis dan kreatif dengan mengintegrasikan konsep sains dan matematika dalam tema yang sesuai dengan dunia anak, menggunakan metode bermain yang eksploratif, serta memperhatikan ketercapaian tujuan perkembangan dan karakteristik anak usia dini.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50

Materi: Pendekatan tematik integratif dalam pembelajaran sains dan matematika anak usia dini
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Pengembangan nama dan ragam main dalam model pembelajaran
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Pengembangan skenario bermain tematik dan bermain kontinyu (continuum play)
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Analisis konten sains dan matematika dalam disain pembelajaran
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Analisis perkiraan dampak perkembangan berdasarkan skenario bermain
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Pemilihan dan pengembangan media, bahan dan alat permainan sains dan matematika
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Pemilihan pendekatan dan metode asesmen
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.
5%

14

Minggu ke 14

  1. Membuat laporan penerapan rancangan kegiatan bermain sains dan matematika anak usia dini pada satuan pendidikan
  2. Mempresentasikan hasil laporan proyek pembelajaran sains dan matematika melalui media daring

Mempresentasikan video penerapan rancangan kegiatan bermain sains dan matematika anak usia dini pada satuan pendidikan.

Kriteria:

Presentasi video disampaikan secara sistematis dan komunikatif, menunjukkan keterampilan dalam menerapkan rancangan kegiatan bermain sains dan matematika secara nyata di satuan PAUD, dengan memperhatikan keterlibatan aktif anak, alur kegiatan yang sesuai perkembangan, serta integrasi materi yang relevan dan bermakna.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50

Materi: Video testimoni dan presentasi penerapan rancangan kegiatan bermain sains dan matematika anak usia dini pada satuan pendidikan.
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.
5%

15

Minggu ke 15

  1. Membuat laporan penerapan rancangan kegiatan bermain sains dan matematika anak usia dini pada satuan pendidikan
  2. Mempresentasikan hasil laporan proyek pembelajaran sains dan matematika melalui media daring

Mempresentasikan video penerapan rancangan kegiatan bermain sains dan matematika anak usia dini pada satuan pendidikan.

Kriteria:

Video dan presentasi disajikan secara runtut dan jelas, menampilkan penerapan kegiatan bermain sains dan matematika yang sesuai dengan tahap perkembangan anak, menunjukkan keterlibatan aktif peserta didik, penggunaan media yang tepat, serta refleksi atas efektivitas pelaksanaan kegiatan.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50

Materi: Video testimoni dan presentasi penerapan rancangan kegiatan bermain sains dan matematika anak usia dini pada satuan pendidikan.
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Luring
2x50

Materi: UAS
Pustaka: Arthur, L., et al. (2001). Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed. Harcourt Australia: Pty Limited. Bentzen, Warren R. (2005).Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition. New York:Thomas Delmar Learning. Beaty, Janice J. (2010). Observing Development of Young Child. New Jersey: Pearson Education, Inc. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb., (2007). The Educated Child. New York: The Free Press. Brewer, Jo An., (2007). Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade. Boston: Pearson Education, Inc Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind, (1995) Math and Science, New York: Delmar Publisher. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker (1999). The Creative Curricuum for Early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 35%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.