
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Mekatronika dan Otomasi Industri |
8320303309 |
|
T=2 |
P=1 |
ECTS=4.77 |
4 |
8 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-7 |
Mampu mendemonstrasikan perawatan dan perbaikan di bidang teknik otomotif (konsentrasi otomotif) atau mampu mengoperasikan berbagai peralatan dan mesin produksi di bidang manufaktur (konsentrasi produksi) |
PLO-9 |
Menguasai teori matematika dan dasar teknik mesin |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memiliki pengetahuan tentang sistem mekatronika berbasis microcontroller dan programmable logic controller
|
PO - 2 |
Mampu bekerjasama dan bertanggungjawab dalam mengembangkan sistem mekatronika sesuai dengan kebutuhan
|
PO - 3 |
Memiliki kemampuan untuk merancang sistem mekatronika berbasis microcontroller dan programmable logic controller
|
PO - 4 |
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam mempelajari sistem mekatronika
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-7 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | ✔ | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang Rangkaian Logika dan Elektronika Dasar, Sensor dan Tranduser, Actuator (DC Motor, Servo Motor, Stepper Motor), Microcontroller, PLC (Programmable Logic Controller) menggunakan berbagai bentuk pembelajaran berupa kuliah, praktikum, perancangan dan menggunakan berbagai metode pembelajaran berupa diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, dan pembelajaran berbasis proyek. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Adi, A.N. 2010, Mekatronika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Johnson, C.D. 2003. Process Control Instrumentation Technology, Seventh Edition. USA: Prentice Hall Inc., New Jersey.
|
Pendukung : |
|
- Bolton, W. 1999. Mechatronics, Second Edition. England: Prentice Hall.
- Dunn, William C. 2005. Fundamentals of Industrial Istrumentation and Process Control.USA: Mc Graw-Hill Companies, Inc.
- David G. Alciatore, Michael B. Histand (2017), Introduction to Mechatronics and Measurement Systems.McGRAW.Hill International Edition
|
Dosen Pengampu
|
Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan prinsip dasar sistem mekatronika |
Ketepatan dalam mendeskripsikan prinsip dasar mekatronika |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
* Kuliah,
* Diskusi dalam kelompok * 2x50 |
|
Materi: Sistem mekatronika Pustaka: Adi, A.N. 2010, Mekatronika. Yogyakarta: Graha Ilmu. |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi sistem mekatronika melalui contoh studi kasus |
Ketepatan dalam mengidentifikasi sistem mekatronika melalui contoh studi kasus |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
* Kuliah,
* Studi kasus, diskusi dalam kelompok
* Tugas-1: Mengidentifikasi sistem mekatronika melalui contoh studi kasus ^ 2x50 |
|
Materi: Studi kasus sistem mekatronika Pustaka: Adi, A.N. 2010, Mekatronika. Yogyakarta: Graha Ilmu. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis sensor dan tranduser |
Ketepatan mengidentifikasi minimal 5 jenis sensor dan transduser |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
* Kuliah,
* Discovery learning, diskusi dalam kelompok, * 2x50 |
|
Materi: Sensor dan Tranduser Pustaka: Adi, A.N. 2010, Mekatronika. Yogyakarta: Graha Ilmu. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis sensor dan tranduser |
Ketepatan mengidentifikasi minimal 5 jenis sensor dan tranduser |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
* Kuliah,
* Discovery learning, diskusi dalam kelompok,
* Tugas 2: Mengidentifikasi berbagai jenis sensor dan tranduser, * 2x50 |
|
Materi: Sensor dan Tranduser Pustaka: Adi, A.N. 2010, Mekatronika. Yogyakarta: Graha Ilmu. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Membedakan prinsip kerja gerbang logika dasar |
Ketepatan membedakan prinsip kerja gerbang logika AND, OR, NOT, NAND, NOR, EXOR, EXNOR, dan RS FF. |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
* Kuliah,
* Diskusi dalam
kelompok,
* Tugas-3: Menjelaskan perbedaan prinsip kerja gerbang logika AND, OR, NOT, NAND, NOR, EXOR, EXNOR, dan RS FF, * 2x50 |
|
Materi: Gerbang logika Pustaka: Bolton, W. 1999. Mechatronics, Second Edition. England: Prentice Hall. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu memahami sistem microcontroller dan penerapannya |
Ketepatan mengidentifikasi sistem microcontroller dan penerapannya |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
* Kuliah,
* Diskusi dalam kelompok, * 2x50 |
|
Materi: Sistem microcontroller dan penerapannya Pustaka: David G. Alciatore, Michael B. Histand (2017), Introduction to Mechatronics and Measurement Systems.McGRAW.Hill International Edition |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu memahami sistem microcontroller dan penerapannya |
Ketepatan mengidentifikasi sistem microcontroller dan penerapannya |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
* Kuliah,
* Diskusi dalam kelompok,
* Tugas-4: Mengidentifikasi sistem microcontroller dan penerapannya * 2x50 |
|
Materi: Sistem microcontroller dan penerapannya Pustaka: David G. Alciatore, Michael B. Histand (2017), Introduction to Mechatronics and Measurement Systems.McGRAW.Hill International Edition |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Sub Sumatif |
Ujian Sub Sumatif |
Kriteria:
Kesesuaian dengan kunci jawaban Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Mampu mengidentifikasi karakteristik berbagai jenis aktuator 2 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 1 s.d. 7 Pustaka: Adi, A.N. 2010, Mekatronika. Yogyakarta: Graha Ilmu. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu mengidentifikasi karakteristik berbagai jenis aktuator |
Ketepatan mengidentifikasi karakteristik berbagai jenis aktuator |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
* Kuliah,
* Diskusi dalam kelompok, * 2x50 |
|
Materi: Aktuator Pustaka: Dunn, William C. 2005. Fundamentals of Industrial Istrumentation and Process Control.USA: Mc Graw-Hill Companies, Inc. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu mengidentifikasi karakteristik berbagai jenis aktuator |
Ketepatan mengidentifikasi karakteristik berbagai jenis aktuator |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
* Kuliah,
* Diskusi dalam kelompok,
* Tugas-5: Mengidentifikasi karakteritik berbagai jenis aktuator * 2x50 |
|
Materi: Aktuator Pustaka: Dunn, William C. 2005. Fundamentals of Industrial Istrumentation and Process Control.USA: Mc Graw-Hill Companies, Inc. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami sistem PLC |
Ketepatan dalam memahami fungsi, bagian utama, kelebihan-kekurangan dan prosedur pemrograman PLC |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
* Kuliah,
* Diskusi dalam kelompok, * 2x50 |
|
Materi: Sistem PLC Pustaka: Johnson, C.D. 2003. Process Control Instrumentation Technology, Seventh Edition. USA: Prentice Hall Inc., New Jersey. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu merancang program PLC |
Ketepatan membuat rangkaian DOL, interlock, berurutan, dan bergantian menggunakan aplikasi Cx. \Programmer |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
* Praktek Laboratorium,
• Project Based Learning, Diskusi dalam kelompok,
* Tugas 6: Membuat rangkaian DOL, interlock, berurutan, dan bergantian * 2x50 |
|
Materi: Pemrograman PLC Pustaka: David G. Alciatore, Michael B. Histand (2017), Introduction to Mechatronics and Measurement Systems.McGRAW.Hill International Edition |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu merancang program PLC |
Ketepatan membuat rangkaian lampu lalu lintas dan pintu garasi otomatis menggunakan aplikasi Cx.Programmer |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
* Praktek Laboratorium,
• Project Based Learning, Diskusi dalam kelompok,
* Tugas 7: Membuat rangkaian lampu lalu lintas dan pintu garasi otomatis * 2x50 |
|
Materi: Pemrograman PLC Pustaka: David G. Alciatore, Michael B. Histand (2017), Introduction to Mechatronics and Measurement Systems.McGRAW.Hill International Edition |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu mengoperasikan PLC sesuai prosedur |
Ketepatan mendemonstrasikan rangkaian DOL, interlock, berurutan, bergantian menggunakan trainer PLC sesuai prosedur |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
* Praktek Laboratorium,
• Project Based Learning, Diskusi dalam kelompok,
* Tugas 8: Mendemonstrasikan rangkaian DOL, interlock, berurutan, bergantian menggunakan trainer PLC * 2x50 |
|
Materi: Pengoperasian PLC Pustaka: David G. Alciatore, Michael B. Histand (2017), Introduction to Mechatronics and Measurement Systems.McGRAW.Hill International Edition |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu mengoperasikan PLC sesuai prosedur |
Ketepatan mendemonstrasikan rangkaian lampu lalu lintas dan pintu garasi otomatis menggunakan trainer PLC sesuai prosedur |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
* Praktek Laboratorium,
• Project Based Learning, Diskusi dalam kelompok,
* Tugas 9: Mendemonstrasikan rangkaian lampu lalu lintas dan pintu garasi otomatis menggunakan trainer PLC * 2x50 |
|
Materi: Pengoperasian PLC Pustaka: David G. Alciatore, Michael B. Histand (2017), Introduction to Mechatronics and Measurement Systems.McGRAW.Hill International Edition |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Sumatif |
Ujian Sumatif |
Kriteria:
Kesesuaian dengan kunci jawaban Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Sumatif * 2x50 |
|
Materi: Semua materi Pustaka: Adi, A.N. 2010, Mekatronika. Yogyakarta: Graha Ilmu. |
15% |