Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Mekatronika dan Otomasi Industri

8320303309

T=2

P=1

ECTS=4.77

4

8 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-7

Mampu mendemonstrasikan perawatan dan perbaikan di bidang teknik otomotif (konsentrasi otomotif) atau mampu mengoperasikan berbagai peralatan dan mesin produksi di bidang manufaktur (konsentrasi produksi)

PLO-9

Menguasai teori matematika dan dasar teknik mesin

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memiliki pengetahuan tentang sistem mekatronika berbasis microcontroller dan programmable logic controller

PO - 2

Mampu bekerjasama dan bertanggungjawab dalam mengembangkan sistem mekatronika sesuai dengan kebutuhan

PO - 3

Memiliki kemampuan untuk merancang sistem mekatronika berbasis microcontroller dan programmable logic controller

PO - 4

Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam mempelajari sistem mekatronika

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-7PLO-9
PO-1
PO-2 
PO-3  
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang Rangkaian Logika dan Elektronika Dasar, Sensor dan Tranduser, Actuator (DC Motor, Servo Motor, Stepper Motor), Microcontroller, PLC (Programmable Logic Controller) menggunakan berbagai bentuk pembelajaran berupa kuliah, praktikum, perancangan dan menggunakan berbagai metode pembelajaran berupa diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, dan pembelajaran berbasis proyek.

Pustaka

Utama :

  1. Adi, A.N. 2010, Mekatronika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  2. Johnson, C.D. 2003. Process Control Instrumentation Technology, Seventh Edition. USA: Prentice Hall Inc., New Jersey.

Pendukung :

  1. Bolton, W. 1999. Mechatronics, Second Edition. England: Prentice Hall.
  2. Dunn, William C. 2005. Fundamentals of Industrial Istrumentation and Process Control.USA: Mc Graw-Hill Companies, Inc.
  3. David G. Alciatore, Michael B. Histand (2017), Introduction to Mechatronics and Measurement Systems.McGRAW.Hill International Edition

Dosen Pengampu

Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu mendeskripsikan prinsip dasar sistem mekatronika

Ketepatan dalam mendeskripsikan prinsip dasar mekatronika

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
* Kuliah,
* Diskusi dalam kelompok
* 2x50

Materi: Sistem mekatronika
Pustaka: Adi, A.N. 2010, Mekatronika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
4%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengidentifikasi sistem mekatronika melalui contoh studi kasus

Ketepatan dalam mengidentifikasi sistem mekatronika melalui contoh studi kasus

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
* Kuliah,
* Studi kasus, diskusi dalam kelompok
* Tugas-1: Mengidentifikasi sistem mekatronika melalui contoh studi kasus
^ 2x50

Materi: Studi kasus sistem mekatronika
Pustaka: Adi, A.N. 2010, Mekatronika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis sensor dan tranduser

Ketepatan mengidentifikasi minimal 5 jenis sensor dan transduser

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
* Kuliah,
* Discovery learning, diskusi dalam kelompok,
* 2x50

Materi: Sensor dan Tranduser
Pustaka: Adi, A.N. 2010, Mekatronika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis sensor dan tranduser

Ketepatan mengidentifikasi minimal 5 jenis sensor dan tranduser

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
* Kuliah,
* Discovery learning, diskusi dalam kelompok,
* Tugas 2: Mengidentifikasi berbagai jenis sensor dan tranduser,
* 2x50

Materi: Sensor dan Tranduser
Pustaka: Adi, A.N. 2010, Mekatronika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
3%

5

Minggu ke 5

Membedakan prinsip kerja gerbang logika dasar

Ketepatan membedakan prinsip kerja gerbang logika AND, OR, NOT, NAND, NOR, EXOR, EXNOR, dan RS FF.

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
* Kuliah,
* Diskusi dalam
kelompok,
* Tugas-3: Menjelaskan perbedaan prinsip kerja gerbang logika AND, OR, NOT, NAND, NOR, EXOR, EXNOR, dan RS FF,
* 2x50

Materi: Gerbang logika
Pustaka: Bolton, W. 1999. Mechatronics, Second Edition. England: Prentice Hall.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu memahami sistem microcontroller dan penerapannya

Ketepatan mengidentifikasi sistem microcontroller dan penerapannya

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
* Kuliah,
* Diskusi dalam kelompok,
* 2x50

Materi: Sistem microcontroller dan penerapannya
Pustaka: David G. Alciatore, Michael B. Histand (2017), Introduction to Mechatronics and Measurement Systems.McGRAW.Hill International Edition
5%

7

Minggu ke 7

Mampu memahami sistem microcontroller dan penerapannya

Ketepatan mengidentifikasi sistem microcontroller dan penerapannya

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
* Kuliah,
* Diskusi dalam kelompok,
* Tugas-4: Mengidentifikasi sistem microcontroller dan penerapannya
* 2x50

Materi: Sistem microcontroller dan penerapannya
Pustaka: David G. Alciatore, Michael B. Histand (2017), Introduction to Mechatronics and Measurement Systems.McGRAW.Hill International Edition
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Sub Sumatif

Ujian Sub Sumatif

Kriteria:

Kesesuaian dengan kunci jawaban


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Mampu mengidentifikasi karakteristik berbagai jenis aktuator
2 X 50

Materi: Materi pertemuan 1 s.d. 7
Pustaka: Adi, A.N. 2010, Mekatronika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
10%

9

Minggu ke 9

Mampu mengidentifikasi karakteristik berbagai jenis aktuator

Ketepatan mengidentifikasi karakteristik berbagai jenis aktuator

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
* Kuliah,
* Diskusi dalam kelompok,
* 2x50

Materi: Aktuator
Pustaka: Dunn, William C. 2005. Fundamentals of Industrial Istrumentation and Process Control.USA: Mc Graw-Hill Companies, Inc.
5%

10

Minggu ke 10

Mampu mengidentifikasi karakteristik berbagai jenis aktuator

Ketepatan mengidentifikasi karakteristik berbagai jenis aktuator

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
* Kuliah,
* Diskusi dalam kelompok,
* Tugas-5: Mengidentifikasi karakteritik berbagai jenis aktuator
* 2x50

Materi: Aktuator
Pustaka: Dunn, William C. 2005. Fundamentals of Industrial Istrumentation and Process Control.USA: Mc Graw-Hill Companies, Inc.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami sistem PLC

Ketepatan dalam memahami fungsi, bagian utama, kelebihan-kekurangan dan prosedur pemrograman PLC

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
* Kuliah,
* Diskusi dalam kelompok,
* 2x50

Materi: Sistem PLC
Pustaka: Johnson, C.D. 2003. Process Control Instrumentation Technology, Seventh Edition. USA: Prentice Hall Inc., New Jersey.
5%

12

Minggu ke 12

Mampu merancang program PLC

Ketepatan membuat rangkaian DOL, interlock, berurutan, dan bergantian menggunakan aplikasi Cx. \Programmer

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
* Praktek Laboratorium,
• Project Based Learning, Diskusi dalam kelompok,
* Tugas 6: Membuat rangkaian DOL, interlock, berurutan, dan bergantian
* 2x50

Materi: Pemrograman PLC
Pustaka: David G. Alciatore, Michael B. Histand (2017), Introduction to Mechatronics and Measurement Systems.McGRAW.Hill International Edition
10%

13

Minggu ke 13

Mampu merancang program PLC

Ketepatan membuat rangkaian lampu lalu lintas dan pintu garasi otomatis menggunakan aplikasi Cx.Programmer

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
* Praktek Laboratorium,
• Project Based Learning, Diskusi dalam kelompok,
* Tugas 7: Membuat rangkaian lampu lalu lintas dan pintu garasi otomatis
* 2x50

Materi: Pemrograman PLC
Pustaka: David G. Alciatore, Michael B. Histand (2017), Introduction to Mechatronics and Measurement Systems.McGRAW.Hill International Edition
7%

14

Minggu ke 14

Mampu mengoperasikan PLC sesuai prosedur

Ketepatan mendemonstrasikan rangkaian DOL, interlock, berurutan, bergantian menggunakan trainer PLC sesuai prosedur

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
* Praktek Laboratorium,
• Project Based Learning, Diskusi dalam kelompok,
* Tugas 8: Mendemonstrasikan rangkaian DOL, interlock, berurutan, bergantian menggunakan trainer PLC
* 2x50

Materi: Pengoperasian PLC
Pustaka: David G. Alciatore, Michael B. Histand (2017), Introduction to Mechatronics and Measurement Systems.McGRAW.Hill International Edition
5%

15

Minggu ke 15

Mampu mengoperasikan PLC sesuai prosedur

Ketepatan mendemonstrasikan rangkaian lampu lalu lintas dan pintu garasi otomatis menggunakan trainer PLC sesuai prosedur

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
* Praktek Laboratorium,
• Project Based Learning, Diskusi dalam kelompok,
* Tugas 9: Mendemonstrasikan rangkaian lampu lalu lintas dan pintu garasi otomatis menggunakan trainer PLC
* 2x50

Materi: Pengoperasian PLC
Pustaka: David G. Alciatore, Michael B. Histand (2017), Introduction to Mechatronics and Measurement Systems.McGRAW.Hill International Edition
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Sumatif

Ujian Sumatif

Kriteria:

Kesesuaian dengan kunci jawaban


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Sumatif
* 2x50

Materi: Semua materi
Pustaka: Adi, A.N. 2010, Mekatronika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 59.42%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 6.42%
3. Penilaian Praktikum 1.25%
4. Praktik / Unjuk Kerja 11.92%
5. Tes 20%
99.01%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.