Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Instrumen Penelitian

8810102033

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

22 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Terampil memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia dan BIPA, serta permasalahan kebahasaan dan kesastraan melalui pengembangan desain penelitian, metode, dan penyimpulan secara efektif.

PLO-7

Terampil mendesiminasikan hasil penelitian/kajian pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA, serta bahasa dan sastra Indonesia dengan pendekatan interdispliner/ multidisipliner yang diakui secara nasional/internasional

PLO-8

Terampil mengembangkan pendidikan dan pembelajaran inovatif bahasa Indonesia dan BIPA dengan mengaplikasikan teori dan konsep pembelajaran serta memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA

PLO-9

terampil mengembangkan kajian kebahasaan dan kesastraan dengan mengaplikasikan teori dan konsep dengan pendekatan interdisipliner/multidisipliner, serta memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang kebahasaan dan kesastraan.

PLO-11

Mengembangkan konsep teoretis kebahasaan dan kesastraan Indonesia dengan pendekatan interdisipliner/multidisipliner.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep inovasi dan kreativitas pada pengembangan Kurikulum BIPA secara bertanggung jawab.

PO - 2

Merancang desain bahan dan media pembelajaran inovatif berbasis lingkungan dan IT pada pembelajaran BIPA

PO - 3

Mempublikasikan bahan dan media pembelajaran inovatif b BIPA berbasis lingkungan dan IT yang telah dikembangkan

PO - 4

Mengembangkan konsep bahan dan media pembelajaran inovatif pembelajaran bahasa Indonesia dan BIPA.

PO - 5

Mengembangkan desain bahan dan media pembelajaran inovatif berbasis lingkungan dan IT pada pembelajaran bahasa Indonesia dan BIPA.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-6PLO-7PLO-8PLO-9PLO-11
PO-1         
PO-2         
PO-3         
PO-4         
PO-5         

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Menguasai aspek-aspek kurikulum BIPA dengan memanfaatkan konsep pengembangan kurikulum melalui kegiatan pertemuan kelas, pelatihan laboratoris, dan simulasi guna menghasilkan laporan hasil kajian kurikulum BIPA dan silabus BIPA untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran/gelar karya jurusan.

Pustaka

Utama :

  1. Alwasilah, A. Chaedar. (2011).
  2. Richards, J.C. (2001).
  3. Andriyanto, O. D., Hardika, M., Yulianto, B., Subandiyah, H., & Tjahjono, T. (2021). Tantangan dan strategi pembelajaran BIPA bagi pemelajar anak-anak di sekolah satuan pendidikan kerjasama. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 59-66.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd.

Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami Pengantar BIPA

  1. Definisi dan ruang lingkup BIPA
  2. Sejarah dan perkembangan BIPA
Kriteria:

kehadiran, keaktifan, kelengkapan unsur makalah; isi, bahasa, sistematika makalah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya-jawab
2x50 menit

-
Materi: Mahasiswa mampu memahami Pengantar BIPA
Pustaka: Alwasilah, A. Chaedar. (2011).
7%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menganalisis Kebutuhan BIPA

  1. Analisis kebutuhan
  2. Pendekatan berbasis kompetensi
Kriteria:

Objervasi BIPA Unesa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, penugasan.
2x50 menit
-
-
Materi: Mahasiswa mampu menganalisis Kebutuhan BIPA
Pustaka: Richards, J.C. (2001).
7%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menganalisis Kebutuhan BIPA

  1. Analisis kebutuhan
  2. Pendekatan berbasis kompetensi
Kriteria:

kehadiran, keaktifan, kelengkapan unsur makalah; isi, bahasa, sistematika makalah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Observasi BIPA UNESA
2x50 menit
-
-
Materi: Mahasiswa mampu menganalisis Kebutuhan BIPA
Pustaka: Alwasilah, A. Chaedar. (2011).
7%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu merancang kurikulum

Standar kurikulum BIPA

Kriteria:

kehadiran, keaktifan, kelengkapan unsur makalah; isi, bahasa, sistematika makalah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, penugasan
2x50 menit
-
-
Materi: Mahasiswa mampu merancang kurikulum
Pustaka: Richards, J.C. (2001).
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu merancang kurikulum

Standar kurikulum BIPA

Kriteria:

kehadiran, keaktifan, kelengkapan unsur makalah; isi, bahasa, sistematika makalah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
presentasi, tanya jawab, dan diskusi proyek kurikulum
2x50 menit
-
-
Materi: Mahasiswa mampu merancang kurikulum
Pustaka: Richards, J.C. (2001).

Materi: Mahasiswa mampu merancang kurikulum
Pustaka: Andriyanto, O. D., Hardika, M., Yulianto, B., Subandiyah, H., & Tjahjono, T. (2021). Tantangan dan strategi pembelajaran BIPA bagi pemelajar anak-anak di sekolah satuan pendidikan kerjasama. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 59-66.
2%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menyusun rencana pembelajaran BIPA

Metode pengajaran interaktif

Kriteria:

kehadiran, keaktifan, kelengkapan unsur makalah; isi, bahasa, sistematika makalah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
presentasi dan diskusi
2x50 menit
-
-
Materi: Mahasiswa mampu menyusun rencana pembelajaran BIPA
Pustaka: Richards, J.C. (2001).
2%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mengimplementasikan strategi pembelajaran

Metode pengajaran interaktif

Kriteria:

kehadiran, keaktifan, kelengkapan unsur makalah; isi, bahasa, sistematika makalah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
presentas dan diskusi
2x50 menit
-
-
Materi: Mahasiswa mampu mengimplementasikan strategi pembelajaran
Pustaka: Alwasilah, A. Chaedar. (2011).
2%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengevaluasi kurikulum

Teknik evaluasi dan asesmen

Kriteria:

kehadiran, keaktifan, performansi, isi, bahasa, sistematika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
presentasi dan diskusi
2x50 menit
-
-
Materi: Mahasiswa mampu mengevaluasi kurikulum
Pustaka: Alwasilah, A. Chaedar. (2011).
20%

9

Minggu ke 9

Ujian Tengah Semester

Ujian Tengah Semester

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
daring
luring
Materi: Mahasiswa mampu mengevaluasi kurikulum
Pustaka: Alwasilah, A. Chaedar. (2011).
2%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami implementasi teknologi terhadap kurikulum BIPA

Penggunaan teknologi dalam BIPA

Kriteria:

kehadiran, keaktifan, performansi, isi, bahasa, sistematika. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, dan penugasan
2x50 menit
-
-
Materi: Mahasiswa mampu memahami implementasi teknologi terhadap kurikulum BIPA
Pustaka: Richards, J.C. (2001).
2%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami implementasi teknologi terhadap kurikulum BIPA

Penggunaan teknologi dalam BIPA

Kriteria:

kehadiran, keaktifan, performansi, isi, bahasa, sistematika. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, dan penugasan
2x50 menit
-
-
Materi: Mahasiswa mampu memahami implementasi teknologi terhadap kurikulum BIPA
Pustaka: Richards, J.C. (2001).
2%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu membuat proyek pengembangan

Efektifitas dan relevansi kurikulum yang dikembangkan

Kriteria:

kehadiran, keaktifan, performansi, isi, bahasa, sistematika. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, Diskusi, dan penugasan
2x50 menit
-
-
Materi: Mahasiswa mampu membuat proyek pengembangan
Pustaka: Richards, J.C. (2001).
2%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu membuat proyek pengembangan

Efektifitas dan relevansi kurikulum yang dikembangkan

Kriteria:

kehadiran, keaktifan, performansi, isi, bahasa, sistematika. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, Diskusi, dan penugasan
2x50 menit
-
-
Materi: Mahasiswa mampu membuat proyek pengembangan
Pustaka: Richards, J.C. (2001).
2%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mereview dan merefleksi pembelajaran

merefleksi dan mereview artikel yang dipublikasikan

Kriteria:

kehadiran, keaktifan, performansi, isi, bahasa, sistematika. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, Diskusi, dan penugasan
2x50 menit
-
-
Materi: Mahasiswa mereview dan merefleksi pembelajaran
Pustaka: Alwasilah, A. Chaedar. (2011).
4%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mereview dan merefleksi pembelajaran

merefleksi dan mereview artikel yang dipublikasikan

Kriteria:

kehadiran, keaktifan, performansi, isi, bahasa, sistematika. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, Diskusi, dan penugasan
2x50 menit
-
-
Materi: Mahasiswa mereview dan merefleksi pembelajaran
Pustaka: Alwasilah, A. Chaedar. (2011).
4%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Luring
Daring
Materi: Mahasiswa mereview dan merefleksi pembelajaran
Pustaka: Alwasilah, A. Chaedar. (2011).
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 29%
3. Penilaian Praktikum 3.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 21.5%
5. Tes 16%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.