
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Instrumen Penelitian |
8810102033 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
22 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Prof. Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Terampil memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia dan BIPA, serta permasalahan kebahasaan dan kesastraan melalui pengembangan desain penelitian, metode, dan penyimpulan secara efektif. |
PLO-7 |
Terampil mendesiminasikan hasil penelitian/kajian pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA, serta bahasa dan sastra Indonesia dengan pendekatan interdispliner/ multidisipliner yang diakui secara nasional/internasional |
PLO-8 |
Terampil mengembangkan pendidikan dan pembelajaran inovatif bahasa Indonesia dan BIPA dengan mengaplikasikan teori dan konsep pembelajaran serta memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA |
PLO-9 |
terampil mengembangkan kajian kebahasaan dan kesastraan dengan mengaplikasikan teori dan konsep dengan pendekatan interdisipliner/multidisipliner, serta memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang kebahasaan dan kesastraan. |
PLO-11 |
Mengembangkan konsep teoretis kebahasaan dan kesastraan Indonesia dengan pendekatan interdisipliner/multidisipliner. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan konsep inovasi dan kreativitas pada pengembangan Kurikulum BIPA secara bertanggung jawab.
|
PO - 2 |
Merancang desain bahan dan media pembelajaran inovatif berbasis lingkungan dan IT pada pembelajaran BIPA
|
PO - 3 |
Mempublikasikan bahan dan media pembelajaran inovatif b BIPA berbasis lingkungan dan IT yang telah dikembangkan
|
PO - 4 |
Mengembangkan konsep bahan dan media pembelajaran inovatif pembelajaran bahasa Indonesia dan BIPA.
|
PO - 5 |
Mengembangkan desain bahan dan media pembelajaran inovatif berbasis lingkungan dan IT pada pembelajaran bahasa Indonesia dan BIPA.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-11 | PO-1 | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Menguasai aspek-aspek kurikulum BIPA dengan memanfaatkan konsep pengembangan kurikulum melalui kegiatan pertemuan kelas, pelatihan laboratoris, dan simulasi guna menghasilkan laporan hasil kajian kurikulum BIPA dan silabus BIPA untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran/gelar karya jurusan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Alwasilah, A. Chaedar. (2011).
- Richards, J.C. (2001).
- Andriyanto, O. D., Hardika, M., Yulianto, B., Subandiyah, H., & Tjahjono, T. (2021). Tantangan dan strategi pembelajaran BIPA bagi pemelajar anak-anak di sekolah satuan pendidikan kerjasama. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 59-66.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd. Prof. Dr. Suhartono, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami Pengantar BIPA |
- Definisi dan ruang lingkup BIPA
- Sejarah dan perkembangan BIPA
|
Kriteria:
kehadiran, keaktifan, kelengkapan unsur makalah; isi, bahasa, sistematika makalah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya-jawab 2x50 menit |
- |
Materi: Mahasiswa mampu memahami Pengantar BIPA Pustaka: Alwasilah, A. Chaedar. (2011). |
7% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis Kebutuhan BIPA |
- Analisis kebutuhan
- Pendekatan berbasis kompetensi
|
Kriteria:
Objervasi BIPA Unesa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, penugasan. 2x50 menit |
- - |
Materi: Mahasiswa mampu menganalisis Kebutuhan BIPA Pustaka: Richards, J.C. (2001). |
7% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis Kebutuhan BIPA |
- Analisis kebutuhan
- Pendekatan berbasis kompetensi
|
Kriteria:
kehadiran, keaktifan, kelengkapan unsur makalah; isi, bahasa, sistematika makalah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Observasi BIPA UNESA 2x50 menit |
- - |
Materi: Mahasiswa mampu menganalisis Kebutuhan BIPA Pustaka: Alwasilah, A. Chaedar. (2011). |
7% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu merancang kurikulum |
Standar kurikulum BIPA |
Kriteria:
kehadiran, keaktifan, kelengkapan unsur makalah; isi, bahasa, sistematika makalah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, penugasan 2x50 menit |
- - |
Materi: Mahasiswa mampu merancang kurikulum Pustaka: Richards, J.C. (2001). |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu merancang kurikulum |
Standar kurikulum BIPA |
Kriteria:
kehadiran, keaktifan, kelengkapan unsur makalah; isi, bahasa, sistematika makalah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
presentasi, tanya jawab, dan diskusi proyek kurikulum 2x50 menit |
- - |
Materi: Mahasiswa mampu merancang kurikulum Pustaka: Richards, J.C. (2001). Materi: Mahasiswa mampu merancang kurikulum Pustaka: Andriyanto, O. D., Hardika, M., Yulianto, B., Subandiyah, H., & Tjahjono, T. (2021). Tantangan dan strategi pembelajaran BIPA bagi pemelajar anak-anak di sekolah satuan pendidikan kerjasama. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 59-66. |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menyusun rencana pembelajaran BIPA |
Metode pengajaran interaktif |
Kriteria:
kehadiran, keaktifan, kelengkapan unsur makalah; isi, bahasa, sistematika makalah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
presentasi dan diskusi 2x50 menit |
- - |
Materi: Mahasiswa mampu menyusun rencana pembelajaran BIPA Pustaka: Richards, J.C. (2001). |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan strategi pembelajaran |
Metode pengajaran interaktif |
Kriteria:
kehadiran, keaktifan, kelengkapan unsur makalah; isi, bahasa, sistematika makalah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
presentas dan diskusi 2x50 menit |
- - |
Materi: Mahasiswa mampu mengimplementasikan strategi pembelajaran Pustaka: Alwasilah, A. Chaedar. (2011). |
2% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi kurikulum |
Teknik evaluasi dan asesmen |
Kriteria:
kehadiran, keaktifan, performansi, isi, bahasa, sistematika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
presentasi dan diskusi 2x50 menit |
- - |
Materi: Mahasiswa mampu mengevaluasi kurikulum Pustaka: Alwasilah, A. Chaedar. (2011). |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Ujian Tengah Semester |
Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
daring
|
luring
|
Materi: Mahasiswa mampu mengevaluasi kurikulum Pustaka: Alwasilah, A. Chaedar. (2011). |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami implementasi teknologi terhadap kurikulum BIPA |
Penggunaan teknologi dalam BIPA |
Kriteria:
kehadiran, keaktifan, performansi, isi, bahasa, sistematika. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi, dan penugasan 2x50 menit |
- - |
Materi: Mahasiswa mampu memahami implementasi teknologi terhadap kurikulum BIPA Pustaka: Richards, J.C. (2001). |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami implementasi teknologi terhadap kurikulum BIPA |
Penggunaan teknologi dalam BIPA |
Kriteria:
kehadiran, keaktifan, performansi, isi, bahasa, sistematika. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi, dan penugasan 2x50 menit |
- - |
Materi: Mahasiswa mampu memahami implementasi teknologi terhadap kurikulum BIPA Pustaka: Richards, J.C. (2001). |
2% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu membuat proyek pengembangan |
Efektifitas dan relevansi kurikulum yang dikembangkan |
Kriteria:
kehadiran, keaktifan, performansi, isi, bahasa, sistematika. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi, Diskusi, dan penugasan 2x50 menit |
- - |
Materi: Mahasiswa mampu membuat proyek pengembangan Pustaka: Richards, J.C. (2001). |
2% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu membuat proyek pengembangan |
Efektifitas dan relevansi kurikulum yang dikembangkan |
Kriteria:
kehadiran, keaktifan, performansi, isi, bahasa, sistematika. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi, Diskusi, dan penugasan 2x50 menit |
- - |
Materi: Mahasiswa mampu membuat proyek pengembangan Pustaka: Richards, J.C. (2001). |
2% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mereview dan merefleksi pembelajaran |
merefleksi dan mereview artikel yang dipublikasikan |
Kriteria:
kehadiran, keaktifan, performansi, isi, bahasa, sistematika. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi, Diskusi, dan penugasan 2x50 menit |
- - |
Materi: Mahasiswa mereview dan merefleksi pembelajaran Pustaka: Alwasilah, A. Chaedar. (2011). |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mereview dan merefleksi pembelajaran |
merefleksi dan mereview artikel yang dipublikasikan |
Kriteria:
kehadiran, keaktifan, performansi, isi, bahasa, sistematika. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi, Diskusi, dan penugasan 2x50 menit |
- - |
Materi: Mahasiswa mereview dan merefleksi pembelajaran Pustaka: Alwasilah, A. Chaedar. (2011). |
4% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Luring
|
Daring
|
Materi: Mahasiswa mereview dan merefleksi pembelajaran Pustaka: Alwasilah, A. Chaedar. (2011). |
30% |