Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengendalian Internal Perusahaan

6220103163

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

6

7 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Made Dudy Satyawan SE.,Ak.,M.Si.,CA.,CPA.,CTA.,BKP




Merlyana Dwinda Yanthi, S.E., S.T., M.SA.,Ak.




Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu menganalisis laporan keuangan dan melakukan audit sesuai dengan kode etik profesi dan standar audit dengan dukungan teknologi informasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan pemikiran kritis dan sistematis dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang audit sesuai dengan standar professional akuntan publik.

PO - 2

Mampu melakukan audit sesuai dengan Kode Etik Profesi dan Standar Audit dengan dukungan teknologi informasi.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6
PO-1 
PO-2 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pada Mata kuliah ini, mahasiswa S1 Akuntansi menerima pengalaman langsung dari dunia usaha dan industri dalam implementasi format kurikulum merdeka belajar kampus merdeka, mahasiswa melakukan pengamatan dan mengalami secara langsung praktik pengendalian internal perusahaan di tempat magang yang dipilih oleh mahasiswa. Pengendalian internal perusahaan dalam kegiatan Praktik dunia usaha dan Industri secara kontektual terdiri atas : Lingkungan Pengendalian, Proses Penilaian Risiko, Sistem Informasi Pelaporan dan Komunikasi Keuangan; Prosedur Pengendalian; dan Monitoring. Dalam mata kuliah ini, akan ada interelasi teori yang dipelajari mahasiswa di kampus dengan praktik dalam dunia kerja nyata, sehingga mahasiswa bisa menerapkan pengetahuannya dalam praktik industri ini dengan rasa tanggung jawab dan etika professional serta mampu berkomunikasi secara efektif, melalui diskusi, penugasan/proyek, praktek, dan presentasi.

Pustaka

Utama :

  1. International Standards for Professional Practice of Internal Auditors (IPPF-Standards)
  2. Code of Ethics and Rules of Conduct 2017
  3. Audit Internal Berbasis Risikoi, Tuanakotta M, Salemba Empat Cetakan 1, 2019
  4. Audit Internal Berbasis Digital Teknologi, Rustam dkk, Rajawali Press Cetakan 1, Februari 2024,
  5. E-Book : Internal Control Handbook, International Finance Corporation, 2021.
  6. E-Book : Board Guidlines on Risk Management, IIA Norge, 2025
  7. www.theiia.org (Model Audit Internal Kegiatan Charter) 2017.

Pendukung :

  1. Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menganalisis konsep teoritis terkait Audit Internal Berbasis Risiko (AIBR), dan menjelaskan penerapan peran auditor internal dalam pencapaian tujuan organisasi

  1. Mampu Memahami Dua Jenis Penugasan Audit Internal dalam Audit Internal Berbasis Risiko
  2. Mampu membedakan karakteristik Audit Internal dan Eksternal
Kriteria:
  1. Rubrik holistik
  2. Performance

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project-based Learning
136
Project-based Learning
136
Materi: konsep teoritis Audit Internal Berbasis Risiko (AIBR), dan penerapan peran auditor internal dalam pencapaian tujuan organisasi
Pustaka: International Standards for Professional Practice of Internal Auditors (IPPF-Standards)
5%

2

Minggu ke 2

Mampu menganalisis konsep teoritis terkait Audit Internal Berbasis Risiko (AIBR), dan menjelaskan penerapan peran auditor internal dalam pencapaian tujuan organisasi

Mampu Menjelaskan Peran dan Fungsi Audit Internal Mengamankan Tujuan Organisasi/Perusahaan

Kriteria:
  1. Rubrik holistik
  2. Performance

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project-based
Learning
136
Project-based
Learning
136
Materi: Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
5%

3

Minggu ke 3

  1. Memahami Common of Body of Knowledge (CBoK), 2006
  2. Mengetahui Lanskap Praktik Audit Internal di Indonesia
  3. Memahami dan Menjelaskan IPPF Standar dan Kode Etik Internal Auditor
  1. Memahami Common of Body of Knowledge (CBoK), 2006
  2. Mengetahui Lanskap Praktik Audit Internal di Indonesia
  3. Memahami dan Menjelaskan IPPF Standar dan Kode Etik Internal Auditor
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project-based
Learning
136
Project-based
Learning
136
Materi: Common of Bodyof Knowledge (CBoK)
Pustaka: Code of Ethics and Rules of Conduct 2017

Materi: Lanskap Praktik Audit Internal di indonesia
Pustaka: Audit Internal Berbasis Risikoi, Tuanakotta M, Salemba Empat Cetakan 1, 2019

Materi: standar dan kode etik internal auditor
Pustaka: International Standards for Professional Practice of Internal Auditors (IPPF-Standards)
5%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami dan menjelaskan Kerangka Acuan Praktisi Profesional baik Standar dan Kode Etik Internal Auditor

Memahami dan Menjelaskan IPPF Standar dan Kode Etik Internal Auditor

Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. performance

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project-based
Learning
136
Project-based
Learning
136
Materi: Kerangka Acuan Praktisi Profesional : Standar dan Kode Etik internal auditor
Pustaka: Code of Ethics and Rules of Conduct 2017
5%

5

Minggu ke 5

Mampu menganalisis keterkaitan antara Tata Kelola Perusahaan, Proses Bisnis, Risiko Bisnis dengan Manajemen Risiko Perusahaan

  1. •Mampu mengindetifikasi unsur-unsur kunci dalam struktur tata kelola
  2. •Mampu menjelaskan One-Tier Board System dan Two-Tier Board System
  3. •Mampu mengindentifikasi Pilar atau Prinsip Utama Tata Kelola Perusahaan
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. performance

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project-based
Learning
136
Project-based
Learning
136
Materi: Tata Kelola Perusahaan, Proses Bisnis, Risiko Bisnis dengan Manajemen Risiko Perusahaan
Pustaka: E-Book : Internal Control Handbook, International Finance Corporation, 2021.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menganalisis keterkaitan antara Tata Kelola Perusahaan, Proses Bisnis, Risiko Bisnis dengan Manajemen Risiko Perusahaan

  1. •Mampu mengindentifikasi Pilar atau Prinsip Utama Tata Kelola Perusahaan
  2. Mampu menjelaskan Konsep dan komponen, serta Hubungan antara Manajemen Risiko Perusahaan (Enterprise Risk Management) dengan Audit Internal
  3. Memahami Proses Bisnis dan Penyempurnaan Proses Bisnis di Era Teknologi Digital
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. performance

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project-based
Learning
136
Project-based
Learning
136
Materi: Tata Kelola Perusahaan, Proses Bisnis, Risiko Bisnis dengan Manajemen Risiko Perusahaan
Pustaka: E-Book : Internal Control Handbook, International Finance Corporation, 2021.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menganalisis perbedaan kelima komponen utama pengendalian internal berdasarkan COSO dan menyusun Piagam Audit Internal

  1. •Mampu Memahami dan Menjelaskan lima komponen utama pengendalian internal COSO
  2. •Mampu Mengindentifikasi Bagian-Bagian dari Piagam Audit Internal
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. performance

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project-based
Learning
136
Project-based
Learning
136
Materi: limakomponen utamalima pengendalian internal berdasarkan COSO dan menyusun Piagam Audit Internal
Pustaka: International Standards for Professional Practice of Internal Auditors (IPPF-Standards)
5%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER

UJIAN AKHIR SEMESTER


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project-based
Learning
136
Project-based
Learning
136
15%

9

Minggu ke 9

Mampu menganalisis Risiko Teknologi Informasi dan Risiko Fraud dengan menggunakan metode Analitika Data (Data Analytics).

  1. Mampu Menjelaskan dan Mengindentifikasi contoh dari Sepuluh Risiko Teknologi
  2. Mampu Memahami dan Menjelaskan Risiko Fraud (Perkembangan Model Fraud dan ACFE Fraud Tree)
  3. Mampu menjelaskan Tata Kelola dan Penilaian Risiko Fraud
  4. Mampu Memahami Pencegahan dan Pendeteksian Fraud
  5. Mampu Memahami Investigasi dan Tindakan Perbaikan
  6. Mampu Memahami Analitika Data dan Data Besar
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project
-based
Learning
136
Project
-based
Learning
136
Materi: Risiko Teknologi Informasi dan Risiko Fraud dengan menggunakan metode Analitika Data(Data Analytics)
Pustaka: E-Book : Board Guidlines on Risk Management, IIA Norge, 2025
5%

10

Minggu ke 10

Mampu menerapkan secara praktis proses perencanaan dan pelaksanaan komunikasi tertulis selama proses penugasan asurans dan consulting

  1. Mampu memahami Proses Penugasan Asurans (PA)
  2. Mampu memahami Proses Penugasan Konsulting (PK)
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. performance

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project
-based
Learning
136
Project
-based
Learning
136
Materi: proses perencanaan dan pelaksanaan komunikasi tertulis selama proses penugasan asurans dan consulting
Pustaka: Audit Internal Berbasis Risikoi, Tuanakotta M, Salemba Empat Cetakan 1, 2019
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menerapkan secara praktis proses perencanaan dan pelaksanaan komunikasi tertulis selama proses penugasan asurans dan consulting

  1. Mampu Merancang Penugasan Asurans, Mengindentifikasi Risiko dan Pengendalian dalam Matrix (Tabel 15.1 Hal 342 -343)
  2. Mampu Memahami dan Menjelaskan bentuk - bentuk Komunikasi Dalam Penugasan Asurans dan Pelaksanaan Prosedur Tindak Lanjut
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. performance

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project
-based
Learning
136
Project
-based
Learning
136
Materi: proses perencanaan dan pelaksanaan komunikasi tertulis selama proses penugasan asurans dan consulting
Pustaka: Audit Internal Berbasis Risikoi, Tuanakotta M, Salemba Empat Cetakan 1, 2019
5%

12

Minggu ke 12

Mampu mendokumentasikan Bukti Audit ke dalam Kertas Kerja Audit

  1. Mampu mengetahui kecukupan (sufficiency) dan ketepatan (appropriateness) bukti audit sehingga auditor dapat mengambil kesimpulan yang layak (reasonable conclusions)
  2. Mampu Memahami Penggunaan prosedur -prosedur audit
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. performance

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project
-based
Learning
136
Project
-based
Learning
136
Materi: Bukti Audit dalam Kertas Kerja Audit
Pustaka: www.theiia.org (Model Audit Internal Kegiatan Charter) 2017.
5%

13

Minggu ke 13

Mampu mendokumentasikan Bukti Audit ke dalam Kertas Kerja Audit

Mampu Menyusun sistematika kertas kerja audit

Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. performance

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project
-based
Learning
136
Project
-based
Learning
136
Materi: Bukti Audit dalam Kertas Kerja Audit
Pustaka: www.theiia.org (Model Audit Internal Kegiatan Charter) 2017.

Materi: Bukti Audit dalam Kertas Kerja Audit
Pustaka: International Standards for Professional Practice of Internal Auditors (IPPF-Standards)
5%

14

Minggu ke 14

Mampu menganalisis kasus Fraud dan Korupsi pada sektor publik

  1. Mampu mengaitkan Standar -Standar IPPF dengan aktifitas Investigasi Fraud
  2. Mengetahui 10 Langkah Menginvestigasi Fraud
  3. Memahami Istilah “Predication” dalam Invetigasi Fraud
  4. Mampu Memahami Audit internal Sektor Publik
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. performance

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project
-based
Learning
136
Project
-based
Learning
136
Materi: kasus fraud dan korupsi pada sektor publik
Pustaka: Audit Internal Berbasis Risikoi, Tuanakotta M, Salemba Empat Cetakan 1, 2019
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menggunakan Model Maturitas Audit Internal

  1. Mampu Memahami dan Menjelaskan Maturitas Audit internal
  2. Mampu Menjabarkan 5 Tingkat Model Maturitas Audit internal (Sawyer)
  3. Mengetahui Model Maturitas dari IIA
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. performance

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project-based
Learning
136
Project-based
Learning
136
Materi: model maturitas audit internal
Pustaka: Audit Internal Berbasis Risikoi, Tuanakotta M, Salemba Empat Cetakan 1, 2019
5%

16

Minggu ke 16

Mampu menggunakan Model Maturitas Audit Internal

  1. Mampu Memahami dan Menjelaskan Maturitas Audit internal
  2. Mampu Menjabarkan 5 Tingkat Model Maturitas Audit internal (Sawyer)
  3. Mengetahui Model Maturitas dari IIA
Kriteria:
  1. Rubrik holistik
  2. performance

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project-based
Learning
136
Project-based
Learning
136
Materi: model maturitas audit internal
Pustaka: E-Book : Internal Control Handbook, International Finance Corporation, 2021.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 15%
2. Praktik / Unjuk Kerja 85%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.