
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengendalian Internal Perusahaan |
6220103163 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
6 |
7 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Made Dudy Satyawan SE.,Ak.,M.Si.,CA.,CPA.,CTA.,BKP
|
Merlyana Dwinda Yanthi, S.E., S.T., M.SA.,Ak.
|
Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu menganalisis laporan keuangan dan melakukan audit sesuai dengan kode etik profesi dan standar audit dengan dukungan teknologi informasi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan pemikiran kritis dan sistematis dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang audit sesuai dengan standar professional akuntan publik.
|
PO - 2 |
Mampu melakukan audit sesuai dengan Kode Etik Profesi dan Standar Audit dengan dukungan teknologi informasi.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | | | ✔ | | | | ✔ | ✔ | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pada Mata kuliah ini, mahasiswa S1 Akuntansi menerima pengalaman langsung dari dunia usaha dan industri dalam implementasi
format kurikulum merdeka belajar kampus merdeka, mahasiswa melakukan pengamatan dan mengalami secara langsung praktik
pengendalian internal perusahaan di tempat magang yang dipilih oleh mahasiswa. Pengendalian internal perusahaan dalam kegiatan
Praktik dunia usaha dan Industri secara kontektual terdiri atas : Lingkungan Pengendalian, Proses Penilaian Risiko, Sistem Informasi
Pelaporan dan Komunikasi Keuangan; Prosedur Pengendalian; dan Monitoring. Dalam mata kuliah ini, akan ada interelasi teori yang
dipelajari mahasiswa di kampus dengan praktik dalam dunia kerja nyata, sehingga mahasiswa bisa menerapkan pengetahuannya dalam
praktik industri ini dengan rasa tanggung jawab dan etika professional serta mampu berkomunikasi secara efektif, melalui diskusi,
penugasan/proyek, praktek, dan presentasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- International Standards for Professional Practice of Internal Auditors (IPPF-Standards)
- Code of Ethics and Rules of Conduct 2017
- Audit Internal Berbasis Risikoi, Tuanakotta M, Salemba Empat Cetakan 1, 2019
- Audit Internal Berbasis Digital Teknologi, Rustam dkk, Rajawali Press Cetakan 1, Februari 2024,
- E-Book : Internal Control Handbook, International Finance Corporation, 2021.
- E-Book : Board Guidlines on Risk Management, IIA Norge, 2025
- www.theiia.org (Model Audit Internal Kegiatan Charter) 2017.
|
Pendukung : |
|
- Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menganalisis konsep teoritis terkait Audit Internal Berbasis Risiko (AIBR), dan menjelaskan penerapan peran auditor internal dalam pencapaian tujuan organisasi |
- Mampu Memahami Dua Jenis Penugasan Audit Internal dalam Audit Internal Berbasis Risiko
- Mampu membedakan karakteristik Audit Internal dan Eksternal
|
Kriteria:
- Rubrik holistik
- Performance
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project-based Learning 136 |
Project-based Learning 136 |
Materi: konsep teoritis Audit Internal Berbasis Risiko (AIBR), dan penerapan peran auditor internal dalam pencapaian tujuan organisasi Pustaka: International Standards for Professional Practice of Internal Auditors (IPPF-Standards) |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menganalisis konsep teoritis terkait Audit Internal Berbasis Risiko (AIBR), dan menjelaskan penerapan peran auditor internal dalam pencapaian tujuan organisasi |
Mampu Menjelaskan Peran dan Fungsi Audit Internal Mengamankan Tujuan Organisasi/Perusahaan |
Kriteria:
- Rubrik holistik
- Performance
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project-based
Learning 136 |
Project-based
Learning 136 |
Materi: Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis. Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Memahami Common of Body of Knowledge (CBoK), 2006
- Mengetahui Lanskap Praktik Audit Internal di Indonesia
- Memahami dan Menjelaskan IPPF Standar dan Kode Etik Internal Auditor
|
- Memahami Common of Body of Knowledge (CBoK), 2006
- Mengetahui Lanskap Praktik Audit Internal di Indonesia
- Memahami dan Menjelaskan IPPF Standar dan Kode Etik Internal Auditor
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project-based
Learning 136 |
Project-based
Learning 136 |
Materi: Common of Bodyof Knowledge (CBoK) Pustaka: Code of Ethics and Rules of Conduct 2017 Materi: Lanskap Praktik Audit Internal di indonesia Pustaka: Audit Internal Berbasis Risikoi, Tuanakotta M, Salemba Empat Cetakan 1, 2019 Materi: standar dan kode etik internal auditor Pustaka: International Standards for Professional Practice of Internal Auditors (IPPF-Standards) |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memahami dan menjelaskan Kerangka Acuan Praktisi Profesional baik Standar dan Kode Etik Internal Auditor |
Memahami dan Menjelaskan IPPF Standar dan Kode Etik Internal Auditor |
Kriteria:
- Rubrik Holistik
- performance
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project-based
Learning 136 |
Project-based
Learning 136 |
Materi: Kerangka Acuan Praktisi Profesional : Standar dan Kode Etik internal auditor Pustaka: Code of Ethics and Rules of Conduct 2017 |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menganalisis keterkaitan antara Tata Kelola Perusahaan, Proses Bisnis, Risiko Bisnis dengan Manajemen Risiko Perusahaan |
- •Mampu mengindetifikasi unsur-unsur kunci dalam struktur tata kelola
- •Mampu menjelaskan One-Tier Board System dan Two-Tier Board System
- •Mampu mengindentifikasi Pilar atau Prinsip Utama Tata Kelola Perusahaan
|
Kriteria:
- Rubrik Holistik
- performance
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project-based
Learning 136 |
Project-based
Learning 136 |
Materi: Tata Kelola Perusahaan, Proses Bisnis, Risiko Bisnis dengan Manajemen Risiko Perusahaan Pustaka: E-Book : Internal Control Handbook, International Finance Corporation, 2021. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menganalisis keterkaitan antara Tata Kelola Perusahaan, Proses Bisnis, Risiko Bisnis dengan Manajemen Risiko Perusahaan |
- •Mampu mengindentifikasi Pilar atau Prinsip Utama Tata Kelola Perusahaan
- Mampu menjelaskan Konsep dan komponen, serta Hubungan antara Manajemen Risiko Perusahaan (Enterprise Risk Management) dengan Audit Internal
- Memahami Proses Bisnis dan Penyempurnaan Proses Bisnis di Era Teknologi Digital
|
Kriteria:
- Rubrik Holistik
- performance
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project-based
Learning 136 |
Project-based
Learning 136 |
Materi: Tata Kelola Perusahaan, Proses Bisnis, Risiko Bisnis dengan Manajemen Risiko Perusahaan Pustaka: E-Book : Internal Control Handbook, International Finance Corporation, 2021. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menganalisis perbedaan kelima komponen utama pengendalian internal berdasarkan COSO dan menyusun Piagam Audit Internal |
- •Mampu Memahami dan Menjelaskan lima komponen utama pengendalian internal COSO
- •Mampu Mengindentifikasi Bagian-Bagian dari Piagam Audit Internal
|
Kriteria:
- Rubrik Holistik
- performance
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project-based
Learning 136 |
Project-based
Learning 136 |
Materi: limakomponen utamalima pengendalian internal berdasarkan COSO dan menyusun Piagam Audit Internal Pustaka: International Standards for Professional Practice of Internal Auditors (IPPF-Standards) |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER |
UJIAN AKHIR SEMESTER |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based
Learning 136 |
Project-based
Learning 136 |
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menganalisis Risiko Teknologi Informasi dan Risiko Fraud dengan menggunakan metode Analitika Data (Data Analytics). |
- Mampu Menjelaskan dan Mengindentifikasi contoh dari Sepuluh Risiko Teknologi
- Mampu Memahami dan Menjelaskan Risiko Fraud (Perkembangan Model Fraud dan ACFE Fraud Tree)
- Mampu menjelaskan Tata Kelola dan Penilaian Risiko Fraud
- Mampu Memahami Pencegahan dan Pendeteksian Fraud
- Mampu Memahami Investigasi dan Tindakan Perbaikan
- Mampu Memahami Analitika Data dan Data Besar
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project
-based
Learning 136 |
Project
-based
Learning 136 |
Materi: Risiko Teknologi Informasi dan Risiko Fraud dengan menggunakan metode Analitika Data(Data Analytics) Pustaka: E-Book : Board Guidlines on Risk Management, IIA Norge, 2025 |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menerapkan secara praktis proses perencanaan dan pelaksanaan komunikasi tertulis selama proses penugasan asurans dan consulting |
- Mampu memahami Proses Penugasan Asurans (PA)
- Mampu memahami Proses Penugasan Konsulting (PK)
|
Kriteria:
- Rubrik Holistik
- performance
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project
-based
Learning 136 |
Project
-based
Learning 136 |
Materi: proses perencanaan dan pelaksanaan komunikasi tertulis selama proses penugasan asurans dan consulting Pustaka: Audit Internal Berbasis Risikoi, Tuanakotta M, Salemba Empat Cetakan 1, 2019 |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menerapkan secara praktis proses perencanaan dan pelaksanaan komunikasi tertulis selama proses penugasan asurans dan consulting |
- Mampu Merancang Penugasan Asurans, Mengindentifikasi Risiko dan Pengendalian dalam Matrix (Tabel 15.1 Hal 342 -343)
- Mampu Memahami dan Menjelaskan bentuk - bentuk Komunikasi Dalam Penugasan Asurans dan Pelaksanaan Prosedur Tindak Lanjut
|
Kriteria:
- Rubrik Holistik
- performance
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project
-based
Learning 136 |
Project
-based
Learning 136 |
Materi: proses perencanaan dan pelaksanaan komunikasi tertulis selama proses penugasan asurans dan consulting Pustaka: Audit Internal Berbasis Risikoi, Tuanakotta M, Salemba Empat Cetakan 1, 2019 |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu mendokumentasikan Bukti Audit ke dalam Kertas Kerja Audit |
- Mampu mengetahui kecukupan (sufficiency) dan ketepatan (appropriateness) bukti audit sehingga auditor dapat mengambil kesimpulan yang layak (reasonable conclusions)
- Mampu Memahami Penggunaan prosedur -prosedur audit
|
Kriteria:
- Rubrik Holistik
- performance
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project
-based
Learning 136 |
Project
-based
Learning 136 |
Materi: Bukti Audit dalam Kertas Kerja Audit Pustaka: www.theiia.org (Model Audit Internal Kegiatan Charter) 2017. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu mendokumentasikan Bukti Audit ke dalam Kertas Kerja Audit |
Mampu Menyusun sistematika kertas kerja audit |
Kriteria:
- Rubrik Holistik
- performance
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project
-based
Learning 136 |
Project
-based
Learning 136 |
Materi: Bukti Audit dalam Kertas Kerja Audit Pustaka: www.theiia.org (Model Audit Internal Kegiatan Charter) 2017. Materi: Bukti Audit dalam Kertas Kerja Audit Pustaka: International Standards for Professional Practice of Internal Auditors (IPPF-Standards) |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menganalisis kasus Fraud dan Korupsi pada sektor publik |
- Mampu mengaitkan Standar -Standar IPPF dengan aktifitas Investigasi Fraud
- Mengetahui 10 Langkah Menginvestigasi Fraud
- Memahami Istilah “Predication” dalam Invetigasi Fraud
- Mampu Memahami Audit internal Sektor Publik
|
Kriteria:
- Rubrik Holistik
- performance
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project
-based
Learning 136 |
Project
-based
Learning 136 |
Materi: kasus fraud dan korupsi pada sektor publik Pustaka: Audit Internal Berbasis Risikoi, Tuanakotta M, Salemba Empat Cetakan 1, 2019 |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menggunakan Model Maturitas Audit Internal |
- Mampu Memahami dan Menjelaskan Maturitas Audit internal
- Mampu Menjabarkan 5 Tingkat Model Maturitas Audit internal (Sawyer)
- Mengetahui Model Maturitas dari IIA
|
Kriteria:
- Rubrik Holistik
- performance
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project-based
Learning 136 |
Project-based
Learning 136 |
Materi: model maturitas audit internal Pustaka: Audit Internal Berbasis Risikoi, Tuanakotta M, Salemba Empat Cetakan 1, 2019 |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu menggunakan Model Maturitas Audit Internal |
- Mampu Memahami dan Menjelaskan Maturitas Audit internal
- Mampu Menjabarkan 5 Tingkat Model Maturitas Audit internal (Sawyer)
- Mengetahui Model Maturitas dari IIA
|
Kriteria:
- Rubrik holistik
- performance
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project-based
Learning 136 |
Project-based
Learning 136 |
Materi: model maturitas audit internal Pustaka: E-Book : Internal Control Handbook, International Finance Corporation, 2021. |
15% |