Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Publikasi

6310604013

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=4

P=0

ECTS=8.96

3

11 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Suci Megawati,S.IP.,MSi




Dr. Suci Megawati,S.IP.,MSi




Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-12

Mampu mempublikasikan hasil penelitian

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu mengintegrasikan nilai-nilai agama, kebangsaan, dan budaya nasional dalam penyusunan karya ilmiah di bidang administrasi publik

PO - 2

Mampu mempublikasikan artikel ilmiah yang relevan di bidang administrasi publik pada jurnal nasional terakreditasi dan/atau internasional bereputasi

PO - 3

Melakukan pelaporan publikasi sesuai etika akademik ke SINTA dan repositori Unesa

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-12
PO-1 
PO-2 
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah penulisan artikel dan jurnal ilmiah terindeks (academic writing) bertujuan untuk melatih dan memberikan pedoman dalam penulisan artikel dan jurnal yang terideks dan sesuai dengan rambu-rambu yang sudah ditentukan. Mata kuliah ini juga memberikan pemahaman saat menulis sehingga sebagai langkah awal untuk memenuhi kriteria yang diinginkan oleh para penyunting dan mempermudah akses terhadap publikasi jurnal ilmiah. Adapun yang dibahas secara umum dalam mata kuliah ini adalah mulai dari mengkaji dan menentukan ide yang menarik dalam menulis artikel dan jurnal, sistematika penulisan artikel, prinsip dasar membuat tulisan, serta menyusun artikel ke dalam bentuk tulisan.

Pustaka

Utama :

  1. Belcher, W. L. (2009). Writing Your Journal Article in Twelve Weeks: A Guide to Academic Publishing Success (2nd ed.). USA.SAGE
  2. Gastel and Robert A Day. (2022). How to write and publish a scientific paper. California. ABC-CLIO LLC
  3. Hartley, James. 2008. Academic Writing and Publishing: A Practical Handbook. NY: Roultledge.
  4. Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya Edisi II. (2024). Surabaya.Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran UNESA
  5. Rowena Murray and Sarah Moore.( 2006).The Handbook of Academic Writing A Fresh Approach . NY.McGraw-Hill Open University Press

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd.

Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.

Dr. Suci Megawati, S.IP., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menerapkan nilai etika akademik dalam menyusun draft artikel ilmiah

etika akademik

Kriteria:

Mahasiswa mampu menerapkan etika penulisan dalam draft artikel yang disusun


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah luring dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. menyusun draft
11, 33 jam
Kuliah daring secara sinkorn dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. menyusun draft
11, 33 jam
Materi: Ethics in Scientific Publishing
Pustaka: Gastel and Robert A Day. (2022). How to write and publish a scientific paper. California. ABC-CLIO LLC

Materi: The nature of academic writing
Pustaka: Hartley, James. 2008. Academic Writing and Publishing: A Practical Handbook. NY: Roultledge.

Materi: Defining and understanding academic writing
Pustaka: Rowena Murray and Sarah Moore.( 2006).The Handbook of Academic Writing A Fresh Approach . NY.McGraw-Hill Open University Press

Materi: Publikasi Program Magister
Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya Edisi II. (2024). Surabaya.Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran UNESA
5%

2

Minggu ke 2

    Review Jurnal

    Kriteria:
    1. Ketepatan jurnal
    2. Kekritisan review

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Kuliah luring dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. mereview jurnal
    11, 33 jam
    Kuliah daring secara sinkorn dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. mereview jurnal
    11, 33 jam
    Materi: Ethics in Scientific Publishing
    Pustaka: Gastel and Robert A Day. (2022). How to write and publish a scientific paper. California. ABC-CLIO LLC

    Materi: The nature of academic writing
    Pustaka: Hartley, James. 2008. Academic Writing and Publishing: A Practical Handbook. NY: Roultledge.

    Materi: Defining and understanding academic writing
    Pustaka: Rowena Murray and Sarah Moore.( 2006).The Handbook of Academic Writing A Fresh Approach . NY.McGraw-Hill Open University Press

    Materi: Publikasi Program Magister
    Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya Edisi II. (2024). Surabaya.Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran UNESA
    5%

    3

    Minggu ke 3

    Mampu menyusun draft artikel ilmiah bidang administrasi publik secara mandiri dan bertanggung jawab sesuai standar etika akademik dan kaidah ilmiah yang berlaku

    Draft Artikel

    Kriteria:
    1. Kesesuaian draft
    2. Relevansi draft dalam adminsitrasi pubiik

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Kuliah luring dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. mereview jurnal
    11, 33 jam
    Kuliah daring secara sinkorn dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. mereview jurnal
    11, 33 jam
    Materi: Ethics in Scientific Publishing
    Pustaka: Gastel and Robert A Day. (2022). How to write and publish a scientific paper. California. ABC-CLIO LLC

    Materi: The nature of academic writing
    Pustaka: Hartley, James. 2008. Academic Writing and Publishing: A Practical Handbook. NY: Roultledge.

    Materi: Defining and understanding academic writing
    Pustaka: Rowena Murray and Sarah Moore.( 2006).The Handbook of Academic Writing A Fresh Approach . NY.McGraw-Hill Open University Press

    Materi: Publikasi Program Magister
    Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya Edisi II. (2024). Surabaya.Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran UNESA
    5%

    4

    Minggu ke 4

    Mengidentifikasi jenis dan kriteria jurnal ilmiah yang relevan di bidang administrasi publik pada jurnal nasional terakreditasi dan/atau internasional bereputasi

    Jurnal Terakreditasi

    Kriteria:
    1. Identifikasi jurnal
    2. Ruang lingkup jurnal adminsitrasi pubiik

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Kuliah luring dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. mereview jurnal
    11, 33 jam
    Kuliah daring secara sinkorn dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. mereview jurnal
    11, 33 jam
    Materi: Publikasi Program Magister
    Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya Edisi II. (2024). Surabaya.Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran UNESA

    Materi: Selecting a Journal
    Pustaka: Belcher, W. L. (2009). Writing Your Journal Article in Twelve Weeks: A Guide to Academic Publishing Success (2nd ed.). USA.SAGE

    Materi: Advancing your writing: Starting, gaining momentum and engaging creatively in the academic writing process
    Pustaka: Rowena Murray and Sarah Moore.( 2006).The Handbook of Academic Writing A Fresh Approach . NY.McGraw-Hill Open University Press

    Materi: Where to Submit Your Article
    Pustaka: Gastel and Robert A Day. (2022). How to write and publish a scientific paper. California. ABC-CLIO LLC
    5%

    5

    Minggu ke 5

    Memahami prosedur teknis dan administratif dalam proses publikasi ilmiah, termasuk pemilihan jurnal, pengiriman naskah, dan komunikasi dengan editor

    Prosedur Publikasi

    Kriteria:
    1. Ketepatan prosedur
    2. Ketepatan pemilihan jurnal

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Kuliah luring dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. mereview jurnal
    11, 33 jam
    Kuliah daring secara sinkorn dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. mereview jurnal
    11, 33 jam
    Materi: Publikasi Program Magister
    Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya Edisi II. (2024). Surabaya.Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran UNESA

    Materi: Starting Your article
    Pustaka: Belcher, W. L. (2009). Writing Your Journal Article in Twelve Weeks: A Guide to Academic Publishing Success (2nd ed.). USA.SAGE

    Materi: Preparing the text
    Pustaka: Gastel and Robert A Day. (2022). How to write and publish a scientific paper. California. ABC-CLIO LLC

    Materi: The Academic article
    Pustaka: Hartley, James. 2008. Academic Writing and Publishing: A Practical Handbook. NY: Roultledge.
    5%

    6

    Minggu ke 6

    Menggunakan tools pendukung publikasi Turnitin untuk cek plagiarisme, Mendeley/Zotero untuk referensi, dan aplikasi penelusuran jurnal

    Uji Plagiasi

    Kriteria:

    Ketepatan uji plagiasi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Kuliah luring dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. uji plagiasi
    11, 33 jam
    Kuliah daring secara sinkorn dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. uji plagiasi
    11, 33 jam
    Materi: Publikasi Program Magister
    Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya Edisi II. (2024). Surabaya.Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran UNESA

    Materi: Wrapping Up Your Article
    Pustaka: Belcher, W. L. (2009). Writing Your Journal Article in Twelve Weeks: A Guide to Academic Publishing Success (2nd ed.). USA.SAGE

    Materi: How to Cite the References, Rights and Permissions
    Pustaka: Gastel and Robert A Day. (2022). How to write and publish a scientific paper. California. ABC-CLIO LLC

    Materi: Other aspects of academic writing
    Pustaka: Hartley, James. 2008. Academic Writing and Publishing: A Practical Handbook. NY: Roultledge.
    5%

    7

    Minggu ke 7

    Menyesuaikan format dan gaya penulisan artikel ilmiah sesuai dengan pedoman jurnal yang dituju

    Format dan Gaya Penulisan

    Kriteria:
    1. Ketepatan format
    2. Kesesuaian gaya penulisan

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Kuliah luring dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyusun artikel sesuai template
    11, 33 jam
    Kuliah daring secara sinkorn dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. menyusun artikel sesuai template
    11, 33 jam
    Materi: Publikasi Program Magister
    Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya Edisi II. (2024). Surabaya.Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran UNESA

    Materi: Wrapping Up Your Article
    Pustaka: Belcher, W. L. (2009). Writing Your Journal Article in Twelve Weeks: A Guide to Academic Publishing Success (2nd ed.). USA.SAGE

    Materi: How to Cite the References, Rights and Permissions
    Pustaka: Gastel and Robert A Day. (2022). How to write and publish a scientific paper. California. ABC-CLIO LLC

    Materi: Other aspects of academic writing
    Pustaka: Hartley, James. 2008. Academic Writing and Publishing: A Practical Handbook. NY: Roultledge.
    5%

    8

    Minggu ke 8

    Mampu melakukan pengiriman artikel jurnal

    Template Jurnal

    Kriteria:
    1. Ketepatan artikel dengan jurnal
    2. Keseuaian artikel dengan template

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Kuliah luring dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. mengirim artikel sesuai template
    11, 33 jam
    Kuliah daring secara sinkorn dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. mengirim artikel sesuai template
    11, 33 jam
    Materi: Publikasi Program Magister
    Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya Edisi II. (2024). Surabaya.Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran UNESA

    Materi: Other aspects of academic writing
    Pustaka: Hartley, James. 2008. Academic Writing and Publishing: A Practical Handbook. NY: Roultledge.

    Materi: Sending Your Article
    Pustaka: Belcher, W. L. (2009). Writing Your Journal Article in Twelve Weeks: A Guide to Academic Publishing Success (2nd ed.). USA.SAGE

    Materi: How to Submit the manuscript
    Pustaka: Gastel and Robert A Day. (2022). How to write and publish a scientific paper. California. ABC-CLIO LLC
    15%

    9

    Minggu ke 9

    Mampu melakukan pengiriman artikel jurnal

    Template Jurnal

    Kriteria:
    1. Ketepatan artikel dengan jurnal
    2. Keseuaian artikel dengan template

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Kuliah luring dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. mengirim artikel sesuai template
    11, 33 jam
    Kuliah daring secara sinkorn dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. mengirim artikel sesuai template
    11, 33 jam
    Materi: Publikasi Program Magister
    Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya Edisi II. (2024). Surabaya.Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran UNESA

    Materi: Other aspects of academic writing
    Pustaka: Hartley, James. 2008. Academic Writing and Publishing: A Practical Handbook. NY: Roultledge.

    Materi: Sending Your Article
    Pustaka: Belcher, W. L. (2009). Writing Your Journal Article in Twelve Weeks: A Guide to Academic Publishing Success (2nd ed.). USA.SAGE

    Materi: How to Submit the manuscript
    Pustaka: Gastel and Robert A Day. (2022). How to write and publish a scientific paper. California. ABC-CLIO LLC
    5%

    10

    Minggu ke 10

    Mampu melakukan pengiriman artikel jurnal

    Template Jurnal

    Kriteria:
    1. Ketepatan artikel dengan jurnal
    2. Keseuaian artikel dengan template

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Kuliah luring dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. mengirim artikel sesuai template
    11, 33 jam
    Kuliah daring secara sinkorn dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. mengirim artikel sesuai template
    11, 33 jam
    Materi: Publikasi Program Magister
    Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya Edisi II. (2024). Surabaya.Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran UNESA

    Materi: Other aspects of academic writing
    Pustaka: Hartley, James. 2008. Academic Writing and Publishing: A Practical Handbook. NY: Roultledge.

    Materi: Sending Your Article
    Pustaka: Belcher, W. L. (2009). Writing Your Journal Article in Twelve Weeks: A Guide to Academic Publishing Success (2nd ed.). USA.SAGE

    Materi: How to Submit the manuscript
    Pustaka: Gastel and Robert A Day. (2022). How to write and publish a scientific paper. California. ABC-CLIO LLC
    5%

    11

    Minggu ke 11

    Mampu melakukan pengiriman artikel jurnal

    Template Jurnal

    Kriteria:
    1. Ketepatan artikel dengan jurnal
    2. Keseuaian artikel dengan template

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Kuliah luring dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. mengirim artikel sesuai template
    11, 33 jam
    Kuliah daring secara sinkorn dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. mengirim artikel sesuai template
    11, 33 jam
    Materi: Publikasi Program Magister
    Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya Edisi II. (2024). Surabaya.Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran UNESA

    Materi: Other aspects of academic writing
    Pustaka: Hartley, James. 2008. Academic Writing and Publishing: A Practical Handbook. NY: Roultledge.

    Materi: Sending Your Article
    Pustaka: Belcher, W. L. (2009). Writing Your Journal Article in Twelve Weeks: A Guide to Academic Publishing Success (2nd ed.). USA.SAGE

    Materi: How to Submit the manuscript
    Pustaka: Gastel and Robert A Day. (2022). How to write and publish a scientific paper. California. ABC-CLIO LLC
    5%

    12

    Minggu ke 12

    Mampu melakukan pengiriman artikel jurnal

    Template Jurnal

    Kriteria:
    1. Ketepatan artikel dengan jurnal
    2. Keseuaian artikel dengan template

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Kuliah luring dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. mengirim artikel sesuai template
    11, 33 jam
    Kuliah daring secara sinkorn dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. mengirim artikel sesuai template
    11, 33 jam
    Materi: Publikasi Program Magister
    Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya Edisi II. (2024). Surabaya.Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran UNESA

    Materi: Other aspects of academic writing
    Pustaka: Hartley, James. 2008. Academic Writing and Publishing: A Practical Handbook. NY: Roultledge.

    Materi: Sending Your Article
    Pustaka: Belcher, W. L. (2009). Writing Your Journal Article in Twelve Weeks: A Guide to Academic Publishing Success (2nd ed.). USA.SAGE

    Materi: How to Submit the manuscript
    Pustaka: Gastel and Robert A Day. (2022). How to write and publish a scientific paper. California. ABC-CLIO LLC
    5%

    13

    Minggu ke 13

    Mampu melakukan pengiriman artikel jurnal

    Template Jurnal

    Kriteria:
    1. Ketepatan artikel dengan jurnal
    2. Keseuaian artikel dengan template

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Kuliah luring dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. mengirim artikel sesuai template
    11, 33 jam
    Kuliah daring secara sinkorn dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. mengirim artikel sesuai template
    11, 33 jam
    Materi: Publikasi Program Magister
    Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya Edisi II. (2024). Surabaya.Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran UNESA

    Materi: Other aspects of academic writing
    Pustaka: Hartley, James. 2008. Academic Writing and Publishing: A Practical Handbook. NY: Roultledge.

    Materi: Sending Your Article
    Pustaka: Belcher, W. L. (2009). Writing Your Journal Article in Twelve Weeks: A Guide to Academic Publishing Success (2nd ed.). USA.SAGE

    Materi: How to Submit the manuscript
    Pustaka: Gastel and Robert A Day. (2022). How to write and publish a scientific paper. California. ABC-CLIO LLC
    5%

    14

    Minggu ke 14

    Merevisi artikel ilmiah berdasarkan masukan dari reviewer/editor dengan tetap menjaga orisinalitas dan integritas akademik

    Revisi Artikel

    Kriteria:
    1. Kesesuaian dengan hasil review
    2. Ketepatan hasil review

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Kuliah luring dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. merevisi artikel
    11, 33 jam
    Kuliah daring secara sinkorn dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. merevisi artikel
    11, 33 jam
    Materi: Publikasi Program Magister
    Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya Edisi II. (2024). Surabaya.Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran UNESA

    Materi: Responding to Journal Decisions
    Pustaka: Belcher, W. L. (2009). Writing Your Journal Article in Twelve Weeks: A Guide to Academic Publishing Success (2nd ed.). USA.SAGE

    Materi: The Review Process
    Pustaka: Gastel and Robert A Day. (2022). How to write and publish a scientific paper. California. ABC-CLIO LLC

    Materi: Retreating: Reviewing, revising, crafting and enhancing your writing
    Pustaka: Rowena Murray and Sarah Moore.( 2006).The Handbook of Academic Writing A Fresh Approach . NY.McGraw-Hill Open University Press
    5%

    15

    Minggu ke 15

    Merevisi artikel ilmiah berdasarkan masukan dari reviewer/editor dengan tetap menjaga orisinalitas dan integritas akademik

    Revisi Artikel

    Kriteria:
    1. Kesesuaian dengan hasil review
    2. Ketepatan hasil review

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Kuliah luring dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. merevisi artikel
    11, 33 jam
    Kuliah daring secara sinkorn dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. merevisi artikel
    11, 33 jam
    Materi: Publikasi Program Magister
    Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya Edisi II. (2024). Surabaya.Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran UNESA

    Materi: Responding to Journal Decisions
    Pustaka: Belcher, W. L. (2009). Writing Your Journal Article in Twelve Weeks: A Guide to Academic Publishing Success (2nd ed.). USA.SAGE

    Materi: The Review Process
    Pustaka: Gastel and Robert A Day. (2022). How to write and publish a scientific paper. California. ABC-CLIO LLC

    Materi: Retreating: Reviewing, revising, crafting and enhancing your writing
    Pustaka: Rowena Murray and Sarah Moore.( 2006).The Handbook of Academic Writing A Fresh Approach . NY.McGraw-Hill Open University Press
    5%

    16

    Minggu ke 16

    Melakukan pelaporan publikasi sesuai etika akademik ke SINTA dan repositori Unesa

    Revisi Artikel

    Kriteria:
    1. Ketepatan unggahan pada repositori
    2. Ketepatan unggahan pada SINTA

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Kuliah luring dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. mengunggah artikel
    11, 33 jam
    Kuliah daring secara sinkorn dengan mahasiswa belajar melalui: a. membaca buku, jurnal b. mendengarkan ceramah c. menyampaikan pendapat d. mengunggah artikel
    11, 33 jam
    Materi: Publikasi Program Magister
    Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya Edisi II. (2024). Surabaya.Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran UNESA

    Materi: Retreating: Reviewing, revising, crafting and enhancing your writing
    Pustaka: Rowena Murray and Sarah Moore.( 2006).The Handbook of Academic Writing A Fresh Approach . NY.McGraw-Hill Open University Press

    Materi: Disciplinarity in academic writing
    Pustaka: Rowena Murray and Sarah Moore.( 2006).The Handbook of Academic Writing A Fresh Approach . NY.McGraw-Hill Open University Press
    15%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 25%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 75%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.