Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Teknik Listrik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sistem Pendingin dan Tata Udara

2030502347

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

15 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Ayusta Lukita Wardani, S.ST., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengevaluasi berbagai solusi teknologi pendingin dan tata udara untuk meningkatkan efisiensi energi dan kenyamanan

PO - 2

Kemampuan dalam memahami simbol-simbol, Sistem mesin refrigerasi dan AC (Air Conditioner)

PO - 3

Menghitung dan menganalisis Beban pendinginan

PO - 4

Praktek mekanikal dan elektrikal mesin pendingin, distribusi udara,

PO - 5

Penyediaan daya listrik beban mesin pendingin.

PO - 6

Perawatan dan perbaikan mesin pendingin.

PO - 7

Inspeksi dan test commissioning pada mesin pendingin

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3
PO-1  
PO-2  
PO-3 
PO-4  
PO-5 
PO-6  
PO-7

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Sistem Pendingin Dan Tata Udara pada jenjang D4 program studi Teknik Listrik membahas tentang prinsip dasar, komponen, dan sistem yang digunakan dalam sistem pendingin dan tata udara. Tujuan dari matakuliah ini adalah memberikan pemahaman tentang perancangan, instalasi, dan pemeliharaan sistem pendingin dan tata udara yang efisien dan efektif. Ruang lingkupnya meliputi konsep dasar termodinamika, jenis-jenis sistem pendingin dan tata udara, perhitungan beban pendingin, kontrol sistem, serta teknologi terkini dalam bidang ini.

Pustaka

Utama :

  1. TEKNIK PENDINGIN DAN TATA UDARA May 2023 Publisher: PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGIEditor: Ari YantoISBN: 978-623-198-193-6

Pendukung :

Dosen Pengampu

Aditya Chandra Hermawan, S.ST., M.T.

As'ad Shidqy Aziz, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mengetahui Kontrak Kuliah dan Gambaran Umum Perkuliahan

Mendeskripsikan gambaran umum perkuliahan

Kriteria:

Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Eksperimen,diskusi kelompok, dan refleksi
2x50
-
Materi: -
Pustaka: TEKNIK PENDINGIN DAN TATA UDARA May 2023 Publisher: PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGIEditor: Ari YantoISBN: 978-623-198-193-6
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar sistem pendingin dan tata udara dalam perancangan sistem yang efisien dan ramah lingkungan.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Diskusi daring tentang penerapan prinsip dasar sistem pendingin dan tata udara
    2x50

    0%

    3

    Minggu ke 3

    Kriteria:

    Mahasiswa memahami tentang Psikometeri


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Tes
    ceramah, tanya jawab, penugasan kelompok
    2x50

    Materi: psikometri
    Pustaka: TEKNIK PENDINGIN DAN TATA UDARA May 2023 Publisher: PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGIEditor: Ari YantoISBN: 978-623-198-193-6
    0%

    4

    Minggu ke 4



    0%

    5

    Minggu ke 5



    0%

    6

    Minggu ke 6



    0%

    7

    Minggu ke 7



    0%

    8

    Minggu ke 8



    0%

    9

    Minggu ke 9



    0%

    10

    Minggu ke 10



    0%

    11

    Minggu ke 11



    0%

    12

    Minggu ke 12



    0%

    13

    Minggu ke 13



    0%

    14

    Minggu ke 14



    0%

    15

    Minggu ke 15



    0%

    16

    Minggu ke 16



    0%



    Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

    No Evaluasi Persentase
    0%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.