Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

MANAJERIAL RESIKO BISNIS

6120902071

T=2

P=0

ECTS=3.18

6

10 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik

PLO-8

Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat

PLO-9

Mampu mengembangkan bisnis digital berdasarkan entrepreneurial leadership secara berkelanjutan

PLO-10

Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menguraikan penerapan manajemen risiko di organisasi dengan baik.

PO - 2

Mahasiswa mampu membuat risk register dengan benar.

PO - 3

Mahasiswa mampu menunjukkan karakter cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh di dalam kegiatan pembelajaran manajemen risiko.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-8PLO-9PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah berbasis project ini memberi gambaran tentang risiko sebagai bagian dari kehidupan baik dalam bermasyarakat maupun di perusahaan yang dapat dikelola. Manajemen risiko meliputi identifikasi atas risiko yang ada, mengukur beratnya risiko, penanganan risiko dengan pendekatan/strategi tertentu, dan penyusunan risk register dengan benar. Metode pembelajaran yang digunakan meliputi presentasi, diskusi, dan pemberian tugas dengan kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya menggunakan contextual teaching learnig (CTL) dilanjutkan refleksi.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Crovini, Chiara, 2019. Risk Management in Small and Medium Enterprises, 1st edition. Italy: Routledge-Giappichelli Studies in Business and Management
  2. 2. Hanafi, Mamduh M. 2014, Manajemen Risiko, Edisi Kedua, UPP STIM YKPN
  3. 3. Rustam, Bambang Rianto. 2017. Manajemen Risiko (Prinsip, Penerapan dan Penelitian). Salemba Empat.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mampu mendeskripsikan gambaran umum risiko dalam perusahaan
  2. Mampu mendeskripsikan proses manajemen risiko
  3. Mampu menentukan konteks resiko
  4. Mampu mengidentifikasi risiko
  1. Mampu mendeskripsikan dan menjelaskan konsep risiko, unsur resiko, dan kategori resiko
  2. Mampu menjelaskan konteks resiko, proses identifikasi risiko, dan mengurai skenario peristiwa risiko
  3. Mampu menjelaskan,menetapkan, dan membuat prediksi konteks resiko
  4. Mampu menjelaskan proses dan prosedur identifikasi risiko
  5. Mampu menentukan dan menguraikan indikasi scenario peristiwa risiko
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
Materi:
Pustaka: 1. Crovini, Chiara, 2019. Risk Management in Small and Medium Enterprises, 1st edition. Italy: Routledge-Giappichelli Studies in Business and Management

Materi:
Pustaka: 2. Hanafi, Mamduh M. 2014, Manajemen Risiko, Edisi Kedua, UPP STIM YKPN
5%

2

Minggu ke 2

  1. Mampu mendeskripikan komponen-komponen dan keterkaitannya dalam analisis risiko
  2. Mampu menganalisis risiko: Operasional dan SDM
  3. Mampu menganalisis risiko: Pemasaran
  4. Mampu menganalisis risiko keuangan
  1. Mampu menjelaskan jenis-jenis analisis resiko dan kelebihan dan kelemahannya
  2. Mampu menghitung dan menganalisis resiko menggunakan metode VAR, metode historis, metode analitik dan metode Monte Carlo
  3. Mampu menjelaskan dan mengukur sumber resiko produksi/operasi dan SDM
  4. Mampu menjelaskan dan mengukur sumber-sumber resiko pemasaran
  5. Mampu menjelaskan dan mengukur sumber-sumber resiko keuangan
Kriteria:

Kuliah Kerja Nyata


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
Materi:
Pustaka: 1. Crovini, Chiara, 2019. Risk Management in Small and Medium Enterprises, 1st edition. Italy: Routledge-Giappichelli Studies in Business and Management

Materi:
Pustaka: 2. Hanafi, Mamduh M. 2014, Manajemen Risiko, Edisi Kedua, UPP STIM YKPN
5%

3

Minggu ke 3

  1. Mampu menganalisis resiko IT
  2. Mampu menganalisis resiko: lingkungan
  3. Mampu mengevaluasi resiko dan menentukan perlakuan resiko
  4. Mampu menyusun risk register
  1. Mampu memahami konsep resiko IT dan sumber-sumber-sumbernya
  2. Mampu mendeskripsikan penilaian kualitatif dalam pengukuran resiko IT
  3. Mampu menjelaskan dan mengukur sumber resiko lingkungan
  4. Mampu mengevaluasi dan memutuskan perlakuan resiko
  5. Mampu merumuskan alternatif keputusan pencegahan dan pengendalian risiko
  6. Mampu menjelaskan fungsi dan prinsip unsur asuransi dalam penanganan risiko
  7. Mampu menyusun risk register
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
Materi:
Pustaka: 1. Crovini, Chiara, 2019. Risk Management in Small and Medium Enterprises, 1st edition. Italy: Routledge-Giappichelli Studies in Business and Management

Materi:
Pustaka: 2. Hanafi, Mamduh M. 2014, Manajemen Risiko, Edisi Kedua, UPP STIM YKPN
5%

4

Minggu ke 4

Penyusunan Laporan Rencana Kegiatan

Laporan Rencana Kegiatan

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
5%

5

Minggu ke 5

Pelaksanaan Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
5%

6

Minggu ke 6

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata

Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
5%

7

Minggu ke 7

Pelaksanaan Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
5%

8

Minggu ke 8

Monev Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
10%

9

Minggu ke 9

Pelaksanaan Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
5%

10

Minggu ke 10

Pelaksanaan Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
5%

11

Minggu ke 11

Pelaksanaan Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
5%

12

Minggu ke 12

Pelaksanaan Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
5%

13

Minggu ke 13

Pelaksanaan Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
5%

14

Minggu ke 14

Pelaksanaan Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
5%

15

Minggu ke 15

Pelaksanaan Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
5%

16

Minggu ke 16

Seminar hasil Laporan Akhir Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Laporan Akhir Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya.

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
Materi:
Pustaka: 1. Crovini, Chiara, 2019. Risk Management in Small and Medium Enterprises, 1st edition. Italy: Routledge-Giappichelli Studies in Business and Management

Materi:
Pustaka: 2. Hanafi, Mamduh M. 2014, Manajemen Risiko, Edisi Kedua, UPP STIM YKPN
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 55%
3. Praktik / Unjuk Kerja 40%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.