
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Dasar Tari Jawa Timur |
8820902599 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
27 April 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si
|
Dr. Setyo yanuartuti, M.Si
|
WELLY SURYANDOKO |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-8 |
Mampu berkreasi, berinovasi, mengkaji dan menyajikan seni pertunjukan budaya Jawa Timur dan wilayah Indonesia Timur |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menunjukkan karakterisasi tari Jawa Timur berdasarkan peta wilayah etnis budaya
|
PO - 2 |
Mampu melakukan tari Ngremo secara mandiri
|
PO - 3 |
Mampu berkolaborasi dalam mempertunjukkan tari Ngremo secara berkelompok
|
PO - 4 |
Mampu melakukan tari Turonggo Yakso gaya Trenggalek secara mandiri
|
PO - 5 |
mampu mempertunjukkan tari Turonggo Yakso secara berkelompok
|
PO - 6 |
mampu berkolaborasi dalam menginovasi tari Jawa Timur sesuai peta budaya yang dipilih secara berkelompok
|
PO - 7 |
Mampu menunjukkan sikap adaptif dalam mempelajari tari-tari di wilayah Jawa Timur
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-4 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | | ✔ | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | | | ✔ | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | | ✔ | | PO-7 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemahaman pengetahuan dan penguasaan ketrampilan tari tradisional Jawa Timur meliputi bentuk-bentuk Tari Remo Putra dan Tari Remo Putri gaya Arek atau etnis Arek yang lain, dan ketrampilan tari tradisional Jawa Timur gaya Jawa Timur Kulonan /Mataraman dalam bentuk tari tunggal, dan berpasangan. Mata Kuliah Dasar Tari Jawa Timur bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa pada dasar-dasar gerak, teknik, dan ekspresi tari tradisional Jawa Timur. Melalui model pembelajaran Project-Based Learning (PBL), mahasiswa tidak hanya diajak untuk menguasai keterampilan praktis sebagai penari, tetapi juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan wawasan kewirausahaan di bidang seni pertunjukan.
Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari elemen-elemen penting tari Jawa Timur seperti gerakan khas, filosofi budaya, serta peran musik pengiring. Proyek-proyek yang dirancang dalam PBL mencakup pementasan tarian dalam skala kecil hingga kolaborasi dalam produksi tari skala besar, di mana mahasiswa berperan aktif dalam berbagai aspek, mulai dari koreografi hingga manajemen pertunjukan.
Dengan pendekatan holistik ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya menjadi penari yang terampil, tetapi juga mampu memanfaatkan keterampilan mereka dalam konteks profesional dan wirausaha, membuka jalan bagi karier yang beragam di bidang seni pertunjukan dan manajemen seni. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Wahyudianto. 2021. Tari Ngrema, Sejarah, Teknik, Kinestetik dan Bentuk Estetik . Surabaya Revka Prima Media.
- Nurcahyo, Henri. 2011. Munali Patah Pahlawan Seni dari Sidoarjo . Sidoarjo: Dewan Kesenian Sidoarjo
- Wibisono, 2015. Tari Ngremo Catatan Dari Panggung Ke Panggung. Surabaya: Dewan Kesenian Jawa Timur
- Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan)
- Sutarto, Ayu & Setyo Yuwana Sudikan. 2004. Pemetaan Kebudayaan Jawa Timur. DInas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur
- Yanuartuti, Setyo. 2024. Materi Tari Turonggo Yakso (Handbook). tidak diterbitkan
|
Pendukung : |
|
- Wahyudianto.2008. Kepahlawanan Tari Ngremo Surabayan . Surakarta: ISI Press.
- Supriyanto, Henricus. 2018. Ludruk Jawa Timur Dalam Pusaran Jaman . Malang: Beranda
|
Dosen Pengampu
|
BAMBANG SUGITO RETNAYU PRASETYANTI SEKTI JAJUK DWI SASANADJATI SETYO YANUARTUTI SEKAR ALIT SANTYA PUTRI ERVIN NURIANA Dr. Sn. Retnayu Prasetyanti Sekti, M.Si. Dr. Sn. Retnayu Prasetyanti Sekti, M.Si. Dra. Jajuk Dwi Sasanadjati, M.Hum. Dra. Jajuk Dwi Sasanadjati, M.Hum. Ervin Nuriana, S.Pd., M.Pd. Ervin Nuriana, S.Pd., M.Pd. Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si. Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si. Drs. Bambang Sugito, M.Sn. Drs. Bambang Sugito, M.Sn. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mendiskripsikan karakterisasi seni budaya di wilayah Jawa Timur
- Menunjukkan Sikap apresiatif terhadap keragaman dan nilai seni dan budaya Jawa Timur
|
- Mampu menunjukkan karakterisasi tari Jawa Timur berdasarkan Peta etnis budaya di Jawa Timur
- Menunjukkan sikap apresiatif terhadap ragam se ni dan budaya Jawa Timur
|
Kriteria:
5. Sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup baik, 2 = kurang baik, 1 = tidak baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Study 2 X 50 |
|
Materi: Pemetaan kebudayaan Jawa Timur Pustaka: Sutarto, Ayu & Setyo Yuwana Sudikan. 2004. Peta Kebudayaan Jawa Timur. DInas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur |
1% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu melakukan gerak tari Ngremo gaya Munali Fattah Surabaya kelompok A awal ( tindak lombo - tanjak - Gedhegan ) |
Menunjukkan gerakan awal Tari Ngremo yakni tindak lombo, tanjak kepat sampur gedhegan |
Kriteria:
5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Project based learning metode pembelajaran langsung 2 X 50 |
|
Materi: Karakteristik Gerak tari NGremo Pustaka: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan) |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu mendemonstrasikan gerak tari ngremo ragam A bagian Iket -lawung, kepat sampur gedheg, iket sabetan |
Mampu mendemonstrasikan ragam gerak tari Ngremo monali kelompok A bagian Awal (tindak lombo,tanjak gedrug, kepat sampur, gedhegan ) |
Kriteria:
5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project based learning, praktek langsung 2 X 50 |
|
Materi: Penguasaan keragaman tari etnik di wilayah Jawatimuran dan Mataraman. Pustaka: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan) |
3% |
4
Minggu ke 4 |
- Mampu mendemonstrasikan ragam gerak sesuai dengan iringan yang digunakan dalam ragam gerak tindak, gejugan tebakan samping (brajagan) iket sabetan
- Mampu mendemonstrasikan gerak Tari Ngremo bagian sekaran (kipat bebyok-kebyok sampur, selut ngracik- gedrugan)
|
Mampu mendemonstrasikan gerak Tari Ngremo bagian A dab B bagian sekaran 1 (kipat beyok - kebyok sampur, selut ngracik, gedrugan |
Kriteria:
5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Project based learning 2 X 50 |
|
Materi: karakteristik Gerak tari Ngremo Surabaya Pustaka: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan) |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mendemonstrasikan ragam gerak tari Ngremo kelompok ragam A - B Sekaran 1 (Kipat Kebyok-kebyok sampur - ukel seblak sampur |
- 1. Bentuk gerak
- 2. Teknik Gerak
- 3. Irama Gerak
|
Kriteria:
5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Project base learning, pembelajaran langsung 2 X 50 |
|
Materi: Penguasaan ragam gerak Ngremo Munali ragam gerak kelompok A. Pustaka: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan) |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mendemonstrasikan ragam gerak tari ngremo Munali Fatah mulai kelompok Ragam A - C |
- 1. Wiraga
- 2. Wirama
- 3. Wirasa
|
Kriteria:
5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Project Base Learning (praktik) 2 X 50 |
|
Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa Pustaka: Wahyudianto. 2021. Tari Ngrema, Sejarah, Teknik, Kinestetik dan Bentuk Estetik . Surabaya Revka Prima Media. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
- Mendemonstrasikan gerak tari Ngremo Munali Fatah dari kelompok ragam A - kelompok ragam penutup secara kelompok
- Mendemonstrasikan tata rias dan Busana tari Ngremo Munali Fattah
|
- 1. Wirogo
- 2. Wiromo
- 3. Wiroso
- 4. Harmoni
|
Kriteria:
5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Project base learning 2 X 50 |
|
Materi: Estetika tari Ngremo Surabaya Pustaka: Wahyudianto. 2021. Tari Ngrema, Sejarah, Teknik, Kinestetik dan Bentuk Estetik . Surabaya Revka Prima Media. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu mendemonstrasikan tari Ngremo Munalifatah secara kelompok |
- 1. Wirogo
- 2. Wiromo
- 3. Wiroso
- 4. Harmoni
|
Kriteria:
5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project Base learning 2 X 50 |
|
Materi: Eetetika tari Ngremo Pustaka: Wahyudianto. 2021. Tari Ngrema, Sejarah, Teknik, Kinestetik dan Bentuk Estetik . Surabaya Revka Prima Media. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
- mampu menjelaskan karakterisasi tari Turonggo Yakso Trenggalek
- mampu mempertunjukkan gerak tari Turonggo Yakso bagian A (lampah miring - sabetan - jengkeng Sembahan)
|
- 1. kejelasan penyampaian karakteristik tari Turonggo Yakso
- 2. Bentuk gerak
- 3. Teknik gerak
|
Kriteria:
5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project base learning 2 X 50 |
|
Materi: Sejarah tari Turonggo Yakso Pustaka: Yanuartuti, Setyo. 2024. Materi Tari Turonggo Yakso (Handbook). tidak diterbitkan Materi: gerak tari Turonggo Yakso Pustaka: |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa Ragam gerak entrakan mundur - Lumaksana putar sampai lembehan asta |
- 1. Bentuk gerak
- 2. Teknik Gerak
- 3. Irama gerak
|
Kriteria:
5. Sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup baik, 2 = kurang baik, 1 = tidak baik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project base learning (Praktik langsung) 2 X 50 |
|
Materi: Gerak tari Turonggo Yakso Pustaka: Yanuartuti, Setyo. 2024. Materi Tari Turonggo Yakso (Handbook). tidak diterbitkan |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa Ragam Ogek Lambung, gareng kencikan, Lembehan lompat tranjal sampai Singget Junjungan |
- 1. Bentuk gerak
- 2. Teknik Gerak
- 3. Irama gerak
|
Kriteria:
5. Sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup baik, 2 = kurang baik, 1 = tidak baik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project base learning (Praktik langsung) 2 X 50 |
|
Materi: Gerak tari Turonggo Yakso Pustaka: Yanuartuti, Setyo. 2024. Materi Tari Turonggo Yakso (Handbook). tidak diterbitkan |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa Lumaksana putar sampai lembehan asta - Junjungan jalan samping bergantian masuk |
- 1. Bentuk gerak
- 2. Teknik Gerak
- 3. Irama gerak
|
Kriteria:
5. Sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup baik, 2 = kurang baik, 1 = tidak baik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project base learning (Praktik langsung) 2 X 50 |
|
Materi: Gerak tari Turonggo Yakso Pustaka: Yanuartuti, Setyo. 2024. Materi Tari Turonggo Yakso (Handbook). tidak diterbitkan |
4% |
13
Minggu ke 13 |
mendemonstrasikan Tari Turangga Yaksa secara berkelompok |
- 1. Bentuk gerak
- 2. Teknik Gerak
- 3. Irama gerak
- 4. Harmoni
|
Kriteria:
5. Sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup baik, 2 = kurang baik, 1 = tidak baik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project base learning (Praktik langsung) 2 X 50 |
|
Materi: Gerak tari Turonggo Yakso Pustaka: Yanuartuti, Setyo. 2024. Materi Tari Turonggo Yakso (Handbook). tidak diterbitkan |
4% |
14
Minggu ke 14 |
mendemonstrasikan Tari Turangga Yaksa secara berkelompok |
- 1. Bentuk gerak
- 2. Teknik Gerak
- 3. Irama gerak
- 4. Harmoni
|
Kriteria:
5. Sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup baik, 2 = kurang baik, 1 = tidak baik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project base learning (Praktik langsung) 2 X 50 |
|
Materi: Gerak tari Turonggo Yakso Pustaka: Yanuartuti, Setyo. 2024. Materi Tari Turonggo Yakso (Handbook). tidak diterbitkan |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Melakukan kolaborasi dan inovasi Tari Turangga Yaksa secara berkelompok |
- 1. Bentuk gerak
- 2. Teknik Gerak
- 3. Irama gerak
- 4. Harmoni
|
Kriteria:
5. Sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup baik, 2 = kurang baik, 1 = tidak baik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project base learning (Praktik langsung) 2 X 50 |
|
Materi: Gerak tari Turonggo Yakso Pustaka: Yanuartuti, Setyo. 2024. Materi Tari Turonggo Yakso (Handbook). tidak diterbitkan |
9% |
16
Minggu ke 16 |
Mempertunjukkan tari Jawa Timuran wilayah ARek dan Mataraman secara berkelompok |
- 1. Bentuk gerak
- 2. Teknik Gerak
- 3. Irama gerak
- 4. Harmoni
|
Kriteria:
5. Sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup baik, 2 = kurang baik, 1 = tidak baik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project base learning (Praktik langsung) 2 X 50 |
|
Materi: karakter tari Jawa Timuran Pustaka: Sutarto, Ayu & Setyo Yuwana Sudikan. 2004. Pemetaan Kebudayaan Jawa Timur. DInas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur |
30% |