Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Dasar Tari Jawa Timur

8820902599

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

27 April 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si




Dr. Setyo yanuartuti, M.Si




WELLY SURYANDOKO

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-8

Mampu berkreasi, berinovasi, mengkaji dan menyajikan seni pertunjukan budaya Jawa Timur dan wilayah Indonesia Timur

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menunjukkan karakterisasi tari Jawa Timur berdasarkan peta wilayah etnis budaya

PO - 2

Mampu melakukan tari Ngremo secara mandiri

PO - 3

Mampu berkolaborasi dalam mempertunjukkan tari Ngremo secara berkelompok

PO - 4

Mampu melakukan tari Turonggo Yakso gaya Trenggalek secara mandiri

PO - 5

mampu mempertunjukkan tari Turonggo Yakso secara berkelompok

PO - 6

mampu berkolaborasi dalam menginovasi tari Jawa Timur sesuai peta budaya yang dipilih secara berkelompok

PO - 7

Mampu menunjukkan sikap adaptif dalam mempelajari tari-tari di wilayah Jawa Timur

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemahaman pengetahuan dan penguasaan ketrampilan tari tradisional Jawa Timur meliputi bentuk-bentuk Tari Remo Putra dan Tari Remo Putri gaya Arek atau etnis Arek yang lain, dan ketrampilan tari tradisional Jawa Timur gaya Jawa Timur Kulonan /Mataraman dalam bentuk tari tunggal, dan berpasangan. Mata Kuliah Dasar Tari Jawa Timur bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa pada dasar-dasar gerak, teknik, dan ekspresi tari tradisional Jawa Timur. Melalui model pembelajaran Project-Based Learning (PBL), mahasiswa tidak hanya diajak untuk menguasai keterampilan praktis sebagai penari, tetapi juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan wawasan kewirausahaan di bidang seni pertunjukan. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari elemen-elemen penting tari Jawa Timur seperti gerakan khas, filosofi budaya, serta peran musik pengiring. Proyek-proyek yang dirancang dalam PBL mencakup pementasan tarian dalam skala kecil hingga kolaborasi dalam produksi tari skala besar, di mana mahasiswa berperan aktif dalam berbagai aspek, mulai dari koreografi hingga manajemen pertunjukan. Dengan pendekatan holistik ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya menjadi penari yang terampil, tetapi juga mampu memanfaatkan keterampilan mereka dalam konteks profesional dan wirausaha, membuka jalan bagi karier yang beragam di bidang seni pertunjukan dan manajemen seni.

Pustaka

Utama :

  1. Wahyudianto. 2021. Tari Ngrema, Sejarah, Teknik, Kinestetik dan Bentuk Estetik . Surabaya Revka Prima Media.
  2. Nurcahyo, Henri. 2011. Munali Patah Pahlawan Seni dari Sidoarjo . Sidoarjo: Dewan Kesenian Sidoarjo
  3. Wibisono, 2015. Tari Ngremo Catatan Dari Panggung Ke Panggung. Surabaya: Dewan Kesenian Jawa Timur
  4. Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan)
  5. Sutarto, Ayu & Setyo Yuwana Sudikan. 2004. Pemetaan Kebudayaan Jawa Timur. DInas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur
  6. Yanuartuti, Setyo. 2024. Materi Tari Turonggo Yakso (Handbook). tidak diterbitkan

Pendukung :

  1. Wahyudianto.2008. Kepahlawanan Tari Ngremo Surabayan . Surakarta: ISI Press.
  2. Supriyanto, Henricus. 2018. Ludruk Jawa Timur Dalam Pusaran Jaman . Malang: Beranda

Dosen Pengampu

BAMBANG SUGITO

RETNAYU PRASETYANTI SEKTI

JAJUK DWI SASANADJATI

SETYO YANUARTUTI

SEKAR ALIT SANTYA PUTRI

ERVIN NURIANA

Dr. Sn. Retnayu Prasetyanti Sekti, M.Si.

Dr. Sn. Retnayu Prasetyanti Sekti, M.Si.

Dra. Jajuk Dwi Sasanadjati, M.Hum.

Dra. Jajuk Dwi Sasanadjati, M.Hum.

Ervin Nuriana, S.Pd., M.Pd.

Ervin Nuriana, S.Pd., M.Pd.

Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.

Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.

Drs. Bambang Sugito, M.Sn.

Drs. Bambang Sugito, M.Sn.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mendiskripsikan karakterisasi seni budaya di wilayah Jawa Timur
  2. Menunjukkan Sikap apresiatif terhadap keragaman dan nilai seni dan budaya Jawa Timur
  1. Mampu menunjukkan karakterisasi tari Jawa Timur berdasarkan Peta etnis budaya di Jawa Timur
  2. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap ragam se ni dan budaya Jawa Timur
Kriteria:

5. Sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup baik, 2 = kurang baik, 1 = tidak baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Study
2 X 50

Materi: Pemetaan kebudayaan Jawa Timur
Pustaka: Sutarto, Ayu & Setyo Yuwana Sudikan. 2004. Peta Kebudayaan Jawa Timur. DInas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur
1%

2

Minggu ke 2

Mampu melakukan gerak tari Ngremo gaya Munali Fattah Surabaya kelompok A awal ( tindak lombo - tanjak - Gedhegan )

Menunjukkan gerakan awal Tari Ngremo yakni tindak lombo, tanjak kepat sampur gedhegan

Kriteria:

5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Project based learning metode pembelajaran langsung
2 X 50

Materi: Karakteristik Gerak tari NGremo
Pustaka: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan)
2%

3

Minggu ke 3

Mampu mendemonstrasikan gerak tari ngremo ragam A bagian Iket -lawung, kepat sampur gedheg, iket sabetan

Mampu mendemonstrasikan ragam gerak tari Ngremo monali kelompok A bagian Awal (tindak lombo,tanjak gedrug, kepat sampur, gedhegan )

Kriteria:

5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Project based learning, praktek langsung
2 X 50

Materi: Penguasaan keragaman tari etnik di wilayah Jawatimuran dan Mataraman.
Pustaka: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan)
3%

4

Minggu ke 4

  1. Mampu mendemonstrasikan ragam gerak sesuai dengan iringan yang digunakan dalam ragam gerak tindak, gejugan tebakan samping (brajagan) iket sabetan
  2. Mampu mendemonstrasikan gerak Tari Ngremo bagian sekaran (kipat bebyok-kebyok sampur, selut ngracik- gedrugan)

Mampu mendemonstrasikan gerak Tari Ngremo bagian A dab B bagian sekaran 1 (kipat beyok - kebyok sampur, selut ngracik, gedrugan

Kriteria:

5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Project based learning
2 X 50

Materi: karakteristik Gerak tari Ngremo Surabaya
Pustaka: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan)
3%

5

Minggu ke 5

Mendemonstrasikan ragam gerak tari Ngremo kelompok ragam A - B Sekaran 1 (Kipat Kebyok-kebyok sampur - ukel seblak sampur

  1. 1. Bentuk gerak
  2. 2. Teknik Gerak
  3. 3. Irama Gerak
Kriteria:

5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Project base learning, pembelajaran langsung
2 X 50

Materi: Penguasaan ragam gerak Ngremo Munali ragam gerak kelompok A.
Pustaka: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan)
4%

6

Minggu ke 6

Mendemonstrasikan ragam gerak tari ngremo Munali Fatah mulai kelompok Ragam A - C

  1. 1. Wiraga
  2. 2. Wirama
  3. 3. Wirasa
Kriteria:

5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Project Base Learning (praktik)
2 X 50

Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa
Pustaka: Wahyudianto. 2021. Tari Ngrema, Sejarah, Teknik, Kinestetik dan Bentuk Estetik . Surabaya Revka Prima Media.
3%

7

Minggu ke 7

  1. Mendemonstrasikan gerak tari Ngremo Munali Fatah dari kelompok ragam A - kelompok ragam penutup secara kelompok
  2. Mendemonstrasikan tata rias dan Busana tari Ngremo Munali Fattah
  1. 1. Wirogo
  2. 2. Wiromo
  3. 3. Wiroso
  4. 4. Harmoni
Kriteria:

5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Project base learning
2 X 50

Materi: Estetika tari Ngremo Surabaya
Pustaka: Wahyudianto. 2021. Tari Ngrema, Sejarah, Teknik, Kinestetik dan Bentuk Estetik . Surabaya Revka Prima Media.
3%

8

Minggu ke 8

Mampu mendemonstrasikan tari Ngremo Munalifatah secara kelompok

  1. 1. Wirogo
  2. 2. Wiromo
  3. 3. Wiroso
  4. 4. Harmoni
Kriteria:

5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Project Base learning
2 X 50

Materi: Eetetika tari Ngremo
Pustaka: Wahyudianto. 2021. Tari Ngrema, Sejarah, Teknik, Kinestetik dan Bentuk Estetik . Surabaya Revka Prima Media.
20%

9

Minggu ke 9

  1. mampu menjelaskan karakterisasi tari Turonggo Yakso Trenggalek
  2. mampu mempertunjukkan gerak tari Turonggo Yakso bagian A (lampah miring - sabetan - jengkeng Sembahan)
  1. 1. kejelasan penyampaian karakteristik tari Turonggo Yakso
  2. 2. Bentuk gerak
  3. 3. Teknik gerak
Kriteria:

5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project base learning
2 X 50

Materi: Sejarah tari Turonggo Yakso
Pustaka: Yanuartuti, Setyo. 2024. Materi Tari Turonggo Yakso (Handbook). tidak diterbitkan

Materi: gerak tari Turonggo Yakso
Pustaka:
3%

10

Minggu ke 10

Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa Ragam gerak entrakan mundur - Lumaksana putar sampai lembehan asta

  1. 1. Bentuk gerak
  2. 2. Teknik Gerak
  3. 3. Irama gerak
Kriteria:

5. Sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup baik, 2 = kurang baik, 1 = tidak baik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project base learning (Praktik langsung)
2 X 50

Materi: Gerak tari Turonggo Yakso
Pustaka: Yanuartuti, Setyo. 2024. Materi Tari Turonggo Yakso (Handbook). tidak diterbitkan
4%

11

Minggu ke 11

Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa Ragam Ogek Lambung, gareng kencikan, Lembehan lompat tranjal sampai Singget Junjungan

  1. 1. Bentuk gerak
  2. 2. Teknik Gerak
  3. 3. Irama gerak
Kriteria:

5. Sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup baik, 2 = kurang baik, 1 = tidak baik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project base learning (Praktik langsung)
2 X 50

Materi: Gerak tari Turonggo Yakso
Pustaka: Yanuartuti, Setyo. 2024. Materi Tari Turonggo Yakso (Handbook). tidak diterbitkan
4%

12

Minggu ke 12

Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa Lumaksana putar sampai lembehan asta - Junjungan jalan samping bergantian masuk

  1. 1. Bentuk gerak
  2. 2. Teknik Gerak
  3. 3. Irama gerak
Kriteria:

5. Sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup baik, 2 = kurang baik, 1 = tidak baik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project base learning (Praktik langsung)
2 X 50

Materi: Gerak tari Turonggo Yakso
Pustaka: Yanuartuti, Setyo. 2024. Materi Tari Turonggo Yakso (Handbook). tidak diterbitkan
4%

13

Minggu ke 13

mendemonstrasikan Tari Turangga Yaksa secara berkelompok

  1. 1. Bentuk gerak
  2. 2. Teknik Gerak
  3. 3. Irama gerak
  4. 4. Harmoni
Kriteria:

5. Sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup baik, 2 = kurang baik, 1 = tidak baik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project base learning (Praktik langsung)
2 X 50

Materi: Gerak tari Turonggo Yakso
Pustaka: Yanuartuti, Setyo. 2024. Materi Tari Turonggo Yakso (Handbook). tidak diterbitkan
4%

14

Minggu ke 14

mendemonstrasikan Tari Turangga Yaksa secara berkelompok

  1. 1. Bentuk gerak
  2. 2. Teknik Gerak
  3. 3. Irama gerak
  4. 4. Harmoni
Kriteria:

5. Sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup baik, 2 = kurang baik, 1 = tidak baik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project base learning (Praktik langsung)
2 X 50

Materi: Gerak tari Turonggo Yakso
Pustaka: Yanuartuti, Setyo. 2024. Materi Tari Turonggo Yakso (Handbook). tidak diterbitkan
4%

15

Minggu ke 15

Melakukan kolaborasi dan inovasi Tari Turangga Yaksa secara berkelompok

  1. 1. Bentuk gerak
  2. 2. Teknik Gerak
  3. 3. Irama gerak
  4. 4. Harmoni
Kriteria:

5. Sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup baik, 2 = kurang baik, 1 = tidak baik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project base learning (Praktik langsung)
2 X 50

Materi: Gerak tari Turonggo Yakso
Pustaka: Yanuartuti, Setyo. 2024. Materi Tari Turonggo Yakso (Handbook). tidak diterbitkan
9%

16

Minggu ke 16

Mempertunjukkan tari Jawa Timuran wilayah ARek dan Mataraman secara berkelompok

  1. 1. Bentuk gerak
  2. 2. Teknik Gerak
  3. 3. Irama gerak
  4. 4. Harmoni
Kriteria:

5. Sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup baik, 2 = kurang baik, 1 = tidak baik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Project base learning (Praktik langsung)
2 X 50

Materi: karakter tari Jawa Timuran
Pustaka: Sutarto, Ayu & Setyo Yuwana Sudikan. 2004. Pemetaan Kebudayaan Jawa Timur. DInas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 7.43%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 37.6%
3. Penilaian Portofolio 2.93%
4. Penilaian Praktikum 1.6%
5. Praktik / Unjuk Kerja 51.43%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.