Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Biologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro

8420502317

T=0

P=2

ECTS=3.18

4

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Wisanti, M.S.




Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si.




RINIE PRATIWI PUSPITAWATI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran biologi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran inovatif

PO - 2

Mampu menyusun skenario pembelajaran yang mengintegrasikan keterampilan dasar mengajar secara sistematis dan kontekstual untuk digunakan dalam perekaman praktik mengajar

PO - 3

Mampu menganalisis keterampilan dasar mengajar berdasarkan rekaman praktik mengajar

PO - 4

Terampil dalam mempraktikkan keterampilan dasar mengajar dalam bentuk microteaching dan peer teaching

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Keterampilan Mengajar Dan Pembelajaran Mikro pada program studi Pendidikan Biologi bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mikro di tingkat pendidikan dasar dan menengah. Mata kuliah ini mencakup konsep dasar mengenai strategi mengajar dan pembelajaran mikro, teknik penyusunan rencana pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran mikro. Mahasiswa akan diajak untuk memahami berbagai pendekatan pembelajaran yang efektif, mengembangkan keterampilan dalam merancang pembelajaran yang interaktif dan menarik, serta mampu melakukan evaluasi pembelajaran secara menyeluruh.

Pustaka

Utama :

  1. UPT-P4 Unesa. 2014. Pedoman Pengalaman Lapangan . Surabaya: University Press
  2. Arends, R.I. 2012. Learning to Teach . New York: McGraw-Hill International Edition
  3. Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press.
  4. Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 9–46. ult.kemdikbud.go.id
  5. Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum (Paradigma, filosofi dan latar belakang).kemdikbud.go.id

Pendukung :

Dosen Pengampu

WISANTI

HERLINA FITRIHIDAJATI

NUR KUSWANTI

RAHARJO

RINIE PRATIWI PUSPITAWATI

ENDANG SUSANTINI

WIDOWATI BUDIJASTUTI

SIFAK INDANA

ULFI FAIZAH

MUJI SRI PRASTIWI

NUR QOMARIYAH

NUR AINIYAH

AHMAD BASHRI

ADI MALADONA

MOCHAMMAD ICHSAN

PRAMITA YAKUB

WALIB ABDULLAH

ATAN PRAMANA

SARI FITRIYANINGSIH

DIAN PERMATASARI KUSUMA DAYU

DWI SETYO PRATIWI

Dr. Dian Permatasari Kusuma Dayu, M.Pd.

Dr. Dian Permatasari Kusuma Dayu, M.Pd.

Dr. Atan Pramana, M.Pd.

Dr. Atan Pramana, M.Pd.

Dr. Pramita Yakub, S.Pd., M.Pd.

Dr. Pramita Yakub, S.Pd., M.Pd.

Dr. Raharjo, M.Si.

Dr. Raharjo, M.Si.

Dr. Walib Abdullah, M.Pd.

Dr. Walib Abdullah, M.Pd.

Dr. Ulfi Faizah, S.Pd., M.Si.

Dr. Ulfi Faizah, S.Pd., M.Si.

Mochammad Ichsan, S.Si., M.Pd., M.Eng.

Mochammad Ichsan, S.Si., M.Pd., M.Eng.

Dr. Nur Kuswanti, M.Sc.St.

Dr. Nur Kuswanti, M.Sc.St.

Sari Fitriyaningsih, S.Pd., M.Pd., M.Sc.

Sari Fitriyaningsih, S.Pd., M.Pd., M.Sc.

Dr. Nur Ainiyah, S.Pd.I., M.Pd.

Dr. Nur Ainiyah, S.Pd.I., M.Pd.

Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si.

Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si.

Nur Qomariyah, S.Pd., M.Sc.

Nur Qomariyah, S.Pd., M.Sc.

Dra. Herlina Fitrihidajati, M.Si.

Dra. Herlina Fitrihidajati, M.Si.

Dr. Dian Permatasari Kusuma Dayu, M.Pd.

Dr. Adi Maladona, M.Pd.

Dr. Adi Maladona, M.Pd.

Dr. Muji Sri Prastiwi, S.Pd., M.Pd.

Dr. Muji Sri Prastiwi, S.Pd., M.Pd.

Dr. Widowati Budijastuti, M.Si.

Dr. Widowati Budijastuti, M.Si.

Ahmad Bashri, S.Pd., M.Si.

Ahmad Bashri, S.Pd., M.Si.

Prof. Dr. Wisanti, M.S.

Prof. Dr. Wisanti, M.S.

Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd.

Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd.

Dr. Sifak Indana, M.Pd.

Dr. Sifak Indana, M.Pd.

Dr. Atan Pramana, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami paradigma, filosofi dan implementasi Kurikulum Merdeka

Menjelaskan paradigma, filosofi dan implementasi Kurikulum Merdeka

Kriteria:

menjelaskan paradigma Kurikulum Merdeka


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tugas
2 x 50

Materi: Kurikulum merdeka
Pustaka: Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 9–46. ult.kemdikbud.go.id

Materi: Tugas pokok guru dan paradigma, filosofi dan latar belakang Kurikulum 2022
Pustaka: Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum (Paradigma, filosofi dan latar belakang).kemdikbud.go.id
5%

2

Minggu ke 2

memahami model pembelajaran inovatif

Menyusun perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran inovatif

Kriteria:

kualitatif non test


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan penugasan
2 x 50

Materi: PBL dan PjBL
Pustaka: Arends, R.I. 2012. Learning to Teach . New York: McGraw-Hill International Edition
5%

3

Minggu ke 3

Menganalisis perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran inovatif

Menganalisis perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran inovatif

Kriteria:

kualitatif non test


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi
2x50

Materi: keterampilan mengajar dan microteaching
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press.
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menyusun skenario pembelajaran yang mengintegrasikan keterampilan dasar mengajar secara sistematis dan kontekstual

Mampu menyusun skenario pembelajaran yang mengintegrasikan keterampilan dasar mengajar secara sistematis dan kontekstual

Kriteria:

non tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah diskusi
2x50 menit

Materi: Pemilihan metode pembelajaran, Karakteristik materi pembelajaran biologi, Karakteristik peserta didik dalam pembelajaran biologi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mampu menyusun skenario pembelajaran yang mengintegrasikan keterampilan dasar mengajar secara sistematis dan kontekstual

Mampu menyusun skenario pembelajaran yang mengintegrasikan keterampilan dasar mengajar secara sistematis dan kontekstual

Kriteria:

non tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
ceramah diskusi
2 x 50 menit

Materi: keterampilan mengajar dan microteaching
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menganalisis rekaman video pembelajaran menggunakan instrumen penilaian keterampilan dasar mengajar.

Mampu menganalisis rekaman video pembelajaran menggunakan instrumen penilaian keterampilan dasar mengajar

Kriteria:

non test


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
diskusi
2 x 50

Materi: keterampilan mengajar dan microteaching
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menganalisis rekaman video pembelajaran menggunakan instrumen penilaian keterampilan dasar mengajar.

Mampu menganalisis rekaman video pembelajaran menggunakan instrumen penilaian keterampilan dasar mengajar.

Kriteria:

non test


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
workshop
2 x 50 menit

Materi: keterampilan mengajar dan microteaching
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press.
5%

8

Minggu ke 8

Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar membuka dan menutup pembelajaran dalam bentuk microteaching

Kriteria:

non tes


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
simulasi
2 x 50 menit

Materi: keterampilan mengajar dan microteaching
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press.
5%

9

Minggu ke 9

Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar membuka dan menutup pembelajaran dalam bentuk microteaching

Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar membuka dan menutup pembelajaran dalam bentuk microteaching

Kriteria:

non tes


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
simulasi
2 x 50 menit

Materi: keterampilan mengajar dan microteaching
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press.
5%

10

Minggu ke 10

Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar menjelaskan dan bertanya dalam bentuk microteaching

Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar menjelaskan dan bertanya dalam bentuk microteaching

Kriteria:

kualitatif non tes


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
simulasi
2 x 50

Materi: keterampilan mengajar dan microteaching
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press.
10%

11

Minggu ke 11

Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar menjelaskan dan bertanya dalam bentuk microteaching

Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar menjelaskan dan bertanya dalam bentuk microteaching

Kriteria:

kualitatif non test


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
simulasi
2 x 50 menit

10%

12

Minggu ke 12

Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar penguatan dan mengadakan variasi dalam bentuk microteaching

Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar penguatan dan mengadakan variasi dalam bentuk microteaching

Kriteria:

kualitatif non tes


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
simulasi
2 x 50 menit

Materi: keterampilan mengajar dan microteaching
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press.
10%

13

Minggu ke 13

Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar penguatan dan mengadakan variasi dalam bentuk microteaching

Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar penguatan dan mengadakan variasi dalam bentuk microteaching

Kriteria:

kualitatif non tes


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
simulasi
2 x 50 menit

Materi: keterampilan mengajar dan microteaching
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press.
10%

14

Minggu ke 14

Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar diskusi kelompok kecil dan mengelola kelas dalam bentuk microteaching

Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar diskusi kelompok kecil dan mengelola kelas dalam bentuk microteaching

Kriteria:

non tes


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
simulasi
2 x 50 menit

Materi: keterampilan mengajar dan microteaching
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press.
5%

15

Minggu ke 15

Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar diskusi kelompok kecil dan mengelola kelas dalam bentuk microteaching

Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar diskusi kelompok kecil dan mengelola kelas dalam bentuk microteaching

Kriteria:

non tes


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
simulasi
2 x 50 menit

Materi: keterampilan mengajar dan microteaching
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press.
5%

16

Minggu ke 16

Mampu merefleksi hasil berlatih keterampilan dasar mengajar dalam bentuk microteaching

Mampu merefleksi hasil berlatih keterampilan dasar mengajar dalam bentuk microteaching

Kriteria:

non tes


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi refleksi dan umpan balik
2 x 50 menit

Materi: keterampilan mengajar dan microteaching
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press.
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 22.5%
2. Penilaian Praktikum 12.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 65%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.