
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Biologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro |
8420502317 |
|
T=0 |
P=2 |
ECTS=3.18 |
4 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Wisanti, M.S.
|
Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si.
|
RINIE PRATIWI PUSPITAWATI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran biologi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran inovatif
|
PO - 2 |
Mampu menyusun skenario pembelajaran yang mengintegrasikan keterampilan dasar mengajar secara sistematis dan kontekstual untuk digunakan dalam perekaman praktik mengajar
|
PO - 3 |
Mampu menganalisis keterampilan dasar mengajar berdasarkan rekaman praktik mengajar
|
PO - 4 |
Terampil dalam mempraktikkan keterampilan dasar mengajar dalam bentuk microteaching dan peer teaching
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | ✔ | PO-4 | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Keterampilan Mengajar Dan Pembelajaran Mikro pada program studi Pendidikan Biologi bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mikro di tingkat pendidikan dasar dan menengah. Mata kuliah ini mencakup konsep dasar mengenai strategi mengajar dan pembelajaran mikro, teknik penyusunan rencana pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran mikro. Mahasiswa akan diajak untuk memahami berbagai pendekatan pembelajaran yang efektif, mengembangkan keterampilan dalam merancang pembelajaran yang interaktif dan menarik, serta mampu melakukan evaluasi pembelajaran secara menyeluruh. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- UPT-P4 Unesa. 2014. Pedoman Pengalaman Lapangan . Surabaya: University Press
- Arends, R.I. 2012. Learning to Teach . New York: McGraw-Hill International Edition
- Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press.
- Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 9–46. ult.kemdikbud.go.id
- Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum (Paradigma, filosofi dan latar belakang).kemdikbud.go.id
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
WISANTI HERLINA FITRIHIDAJATI NUR KUSWANTI RAHARJO RINIE PRATIWI PUSPITAWATI ENDANG SUSANTINI WIDOWATI BUDIJASTUTI SIFAK INDANA ULFI FAIZAH MUJI SRI PRASTIWI NUR QOMARIYAH NUR AINIYAH AHMAD BASHRI ADI MALADONA MOCHAMMAD ICHSAN PRAMITA YAKUB WALIB ABDULLAH ATAN PRAMANA SARI FITRIYANINGSIH DIAN PERMATASARI KUSUMA DAYU DWI SETYO PRATIWI Dr. Dian Permatasari Kusuma Dayu, M.Pd. Dr. Dian Permatasari Kusuma Dayu, M.Pd. Dr. Atan Pramana, M.Pd. Dr. Atan Pramana, M.Pd. Dr. Pramita Yakub, S.Pd., M.Pd. Dr. Pramita Yakub, S.Pd., M.Pd. Dr. Raharjo, M.Si. Dr. Raharjo, M.Si. Dr. Walib Abdullah, M.Pd. Dr. Walib Abdullah, M.Pd. Dr. Ulfi Faizah, S.Pd., M.Si. Dr. Ulfi Faizah, S.Pd., M.Si. Mochammad Ichsan, S.Si., M.Pd., M.Eng. Mochammad Ichsan, S.Si., M.Pd., M.Eng. Dr. Nur Kuswanti, M.Sc.St. Dr. Nur Kuswanti, M.Sc.St. Sari Fitriyaningsih, S.Pd., M.Pd., M.Sc. Sari Fitriyaningsih, S.Pd., M.Pd., M.Sc. Dr. Nur Ainiyah, S.Pd.I., M.Pd. Dr. Nur Ainiyah, S.Pd.I., M.Pd. Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si. Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si. Nur Qomariyah, S.Pd., M.Sc. Nur Qomariyah, S.Pd., M.Sc. Dra. Herlina Fitrihidajati, M.Si. Dra. Herlina Fitrihidajati, M.Si. Dr. Dian Permatasari Kusuma Dayu, M.Pd. Dr. Adi Maladona, M.Pd. Dr. Adi Maladona, M.Pd. Dr. Muji Sri Prastiwi, S.Pd., M.Pd. Dr. Muji Sri Prastiwi, S.Pd., M.Pd. Dr. Widowati Budijastuti, M.Si. Dr. Widowati Budijastuti, M.Si. Ahmad Bashri, S.Pd., M.Si. Ahmad Bashri, S.Pd., M.Si. Prof. Dr. Wisanti, M.S. Prof. Dr. Wisanti, M.S. Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd. Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd. Dr. Sifak Indana, M.Pd. Dr. Sifak Indana, M.Pd. Dr. Atan Pramana, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami paradigma, filosofi dan implementasi Kurikulum Merdeka |
Menjelaskan paradigma, filosofi dan implementasi Kurikulum Merdeka |
Kriteria:
menjelaskan paradigma Kurikulum Merdeka Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tugas 2 x 50 |
|
Materi: Kurikulum merdeka Pustaka: Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 9–46. ult.kemdikbud.go.id Materi: Tugas pokok guru dan paradigma, filosofi dan latar belakang Kurikulum 2022 Pustaka: Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum (Paradigma, filosofi dan latar belakang).kemdikbud.go.id |
5% |
2
Minggu ke 2 |
memahami model pembelajaran inovatif |
Menyusun perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran inovatif |
Kriteria:
kualitatif non test Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan 2 x 50 |
|
Materi: PBL dan PjBL Pustaka: Arends, R.I. 2012. Learning to Teach . New York: McGraw-Hill International Edition |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran inovatif |
Menganalisis perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran inovatif |
Kriteria:
kualitatif non test Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi 2x50 |
|
Materi: keterampilan mengajar dan microteaching Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menyusun skenario pembelajaran yang mengintegrasikan keterampilan dasar mengajar secara sistematis dan kontekstual |
Mampu menyusun skenario pembelajaran yang mengintegrasikan keterampilan dasar mengajar secara sistematis dan kontekstual |
Kriteria:
non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah diskusi 2x50 menit |
|
Materi: Pemilihan metode pembelajaran, Karakteristik materi pembelajaran biologi, Karakteristik peserta didik dalam pembelajaran biologi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menyusun skenario pembelajaran yang mengintegrasikan keterampilan dasar mengajar secara sistematis dan kontekstual |
Mampu menyusun skenario pembelajaran yang mengintegrasikan keterampilan dasar mengajar secara sistematis dan kontekstual |
Kriteria:
non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
ceramah diskusi 2 x 50 menit |
|
Materi: keterampilan mengajar dan microteaching Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menganalisis rekaman video pembelajaran menggunakan instrumen penilaian keterampilan dasar mengajar. |
Mampu menganalisis rekaman video pembelajaran menggunakan instrumen penilaian keterampilan dasar mengajar |
Kriteria:
non test Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
diskusi 2 x 50 |
|
Materi: keterampilan mengajar dan microteaching Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menganalisis rekaman video pembelajaran menggunakan instrumen penilaian keterampilan dasar mengajar. |
Mampu menganalisis rekaman video pembelajaran menggunakan instrumen penilaian keterampilan dasar mengajar. |
Kriteria:
non test Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
workshop 2 x 50 menit |
|
Materi: keterampilan mengajar dan microteaching Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar membuka dan menutup pembelajaran dalam bentuk microteaching |
|
Kriteria:
non tes Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
simulasi 2 x 50 menit |
|
Materi: keterampilan mengajar dan microteaching Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar membuka dan menutup pembelajaran dalam bentuk microteaching |
Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar membuka dan menutup pembelajaran dalam bentuk microteaching |
Kriteria:
non tes Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
simulasi 2 x 50 menit |
|
Materi: keterampilan mengajar dan microteaching Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar menjelaskan dan bertanya dalam bentuk microteaching |
Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar menjelaskan dan bertanya dalam bentuk microteaching |
Kriteria:
kualitatif non tes Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
simulasi 2 x 50 |
|
Materi: keterampilan mengajar dan microteaching Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press. |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar menjelaskan dan bertanya dalam bentuk microteaching |
Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar menjelaskan dan bertanya dalam bentuk microteaching |
Kriteria:
kualitatif non test Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
simulasi 2 x 50 menit |
|
|
10% |
12
Minggu ke 12 |
Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar penguatan dan mengadakan variasi dalam bentuk microteaching |
Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar penguatan dan mengadakan variasi dalam bentuk microteaching |
Kriteria:
kualitatif non tes Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
simulasi 2 x 50 menit |
|
Materi: keterampilan mengajar dan microteaching Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar penguatan dan mengadakan variasi dalam bentuk microteaching |
Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar penguatan dan mengadakan variasi dalam bentuk microteaching |
Kriteria:
kualitatif non tes Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
simulasi 2 x 50 menit |
|
Materi: keterampilan mengajar dan microteaching Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar diskusi kelompok kecil dan mengelola kelas dalam bentuk microteaching |
Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar diskusi kelompok kecil dan mengelola kelas dalam bentuk microteaching |
Kriteria:
non tes Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
simulasi 2 x 50 menit |
|
Materi: keterampilan mengajar dan microteaching Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar diskusi kelompok kecil dan mengelola kelas dalam bentuk microteaching |
Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar diskusi kelompok kecil dan mengelola kelas dalam bentuk microteaching |
Kriteria:
non tes Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
simulasi 2 x 50 menit |
|
Materi: keterampilan mengajar dan microteaching Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu merefleksi hasil berlatih keterampilan dasar mengajar dalam bentuk microteaching |
Mampu merefleksi hasil berlatih keterampilan dasar mengajar dalam bentuk microteaching |
Kriteria:
non tes Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi refleksi dan umpan balik 2 x 50 menit |
|
Materi: keterampilan mengajar dan microteaching Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014. Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew . Surabaya: University Press. |
5% |