
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
DIGITAL SOCIAL ENTREPRENEURSHIP |
6120903083 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
7 |
1 September 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M
|
Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM
|
HUJJATULLAH FAZLURRAHMAN |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh |
PLO-8 |
Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat |
PLO-11 |
Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar dari social enterpreneurship, ruang lingkup dan peran dalam pembangunan yang berkelanjutan
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis peluang usaha berbasis digital untuk menyelesaikan masalah sosial
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merancang modelbisnis digital untuk usaha sosial dengan pendekatan business model canvas
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menyusun prototipe usaha digital dan mengkomunikasikan ide secara efektif dan etis kepada pengguna
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-8 | PLO-11 | | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini mempelajari tentang sosial entrepreneurship berbasis digital yakni aktivitas kewirausahaan yang dilakukan, bukan hanya untuk mengejar keuntungan, namun juga sebagai solusi dari permasalahan sosial yang belum mampu diselesaikan. kemudian solusi daari permasalahan itu salah satunya adalah berbasis digital. Inovasi dalam hal social entrepreneurship diharapkan mampu mengubah struktur sosial masyarakat kedalam tatanan baru yang lebih komperhensif dengan digital. sehingga mahasiswa dituntut untuk mampu menggali permasalahan sosial didalam masyarakat tersebut untuk carikan solusinya berbasis digital yang dapat menguntungkan masyarakat itu sendiri. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Yunus, Muhammad dan Weber, karl (2010) : Building social business : the new kind of capitalism that serves humanity’s most pressing needs. ISBN 978-1-58648-824-6 Published in the United States by PublicAffairs™,
|
Pendukung : |
|
- Erdisna et al (2023) : Digital Enterpreneurship 4.0 , SBN: 978-623-179-308-9 PENERBIT INSAN CENDEKIA MANDIRI (PT. INSAN CENDEKIA MANDIRI GROUP)
- Suyono, Hadi (2023) : Konsep dan Implementasi Pendekatan Psikologi Sosial & Komunitas SOCIAL ENTREPRENEURSHIP , ISBN: 978-623-183-036-4, Jejak Pustaka
- Utomo, Budi Sulistyo dkk (2024) : Pemasaran Digital (Strategi dan Taktik), ISBN : 978-623-09-8408-2, PT. Sanskara Karya Internasional
- Nasrudin, Dindin dkk (2025) : Kewirausahaan Sosial (Memberi solusi untuk masalah sosial), ISBN : 978-634-221-839-6, EUREKA MEDIA AKSARA
|
Dosen Pengampu
|
DHIYAN SEPTA WIHARA HUJJATULLAH FAZLURRAHMAN HAFID KHOLIDI HADI DANA AZIZAH RAHMAT Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M. Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M. Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM. Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup dan pentingnya bisnis sosial |
- Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup, peran dan pentingnya bisnis sosial
- Mahasisa mampu menjelaskan konsep Nongovermental Ortganization
- Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan bisnis sosial dan program CSR
- Mahasiswa mampu menjelaskan profit dari bisnis social
- Mahasiswa mampu menjelaskan asal mula dari bisnis social
- Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan bisnis social dengan pemerintahan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan diskusi 3 X 50 |
Materi: Chapter 1 : Why Social Business Pustaka: Yunus, Muhammad dan Weber, karl (2010) : Building social business : the new kind of capitalism that serves humanity’s most pressing needs. ISBN 978-1-58648-824-6 Published in the United States by PublicAffairs™, |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah sosial yang relevan dan bagaimana teknologi dapat menjadi solusi. |
- Mahasiswa mampu menjelaskan dari tujuan besar kepada yang lebih spesifik
- Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana memulai dari diri sendiri
- Mahasiswa mampu menjelasksan bagaimana membangun bisnis sosial dilingkungan masyarakat
- Mahasiswa mampu menjelaskan aplikasi teknologi untuk kebutuhan sosial manusia
|
Kriteria:
Ketepatan pemahaman konsep dan keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus 3 X 50 |
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus 3 X 50 |
Materi: Memulai sebuah bisnis sosial Pustaka: Yunus, Muhammad dan Weber, karl (2010) : Building social business : the new kind of capitalism that serves humanity’s most pressing needs. ISBN 978-1-58648-824-6 Published in the United States by PublicAffairs™, |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami proses ideasi dalam pengembangan bisnis sosial digital. |
- Mahasiswa mampu menjelaskan ide berbasis humanity
- Mahasiswa mampu menjelaskan proses munculnya empati dalam diri manusia
- Mahasiswa mampu menjelaskan kemampuan critical thinking dalam menjalankan bisnis
- Mahasiswa mampu menjelaskan kemampuan creativity dalam menjalankan bisnis
- Mahasiswa mampu menjelaskan kemampuan communication dalam menjalankan bisnis
- Mahasiswa mampu menjelaskan kemampuan collaboration dalam menjelaskan bisnis
|
Kriteria:
Ketepatan pemahaman konsep dan keaktifan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus 3 X 50 |
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus 3 x 50 |
Materi: Merencanakan ide menjadi sebuah bisnis Pustaka: Erdisna et al (2023) : Digital Enterpreneurship 4.0 , SBN: 978-623-179-308-9 PENERBIT INSAN CENDEKIA MANDIRI (PT. INSAN CENDEKIA MANDIRI GROUP) |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan transformasi digital dalam bisnis sosial |
- Mahasiswa mampu menjelaskan proses transformasi digital dalam bisnis sosial
- Mahasiswa mampu menjelaskan 6 pilar dalam transformasi digital
- Mahasiswa mampu menganalisis contoh sukses Digi-preneur milenial
|
Kriteria:
Ketepatan pemahaman konsep dan keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus 3 X 50 |
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus 3 x 50 |
Materi: Transformasi digital dalam bisnis Pustaka: Erdisna et al (2023) : Digital Enterpreneurship 4.0 , SBN: 978-623-179-308-9 PENERBIT INSAN CENDEKIA MANDIRI (PT. INSAN CENDEKIA MANDIRI GROUP) |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mengetahui berbagai teknologi yang digunakan dalam digital social entrepreneurship |
- Mahasiswa mampu menjelaskan peran berbagai teknologi digital
- Mahasiswa mampu menganalisis model yang efektif untuk bisnis sosial
- Mahasiswa mampu memodifikasi model yang ada dengan kreatif
- Mahasiswa mampu menganalisis pentingnya partner dalam bisnis sosial
|
Kriteria:
Ketepatan pemahaman konsep dan keaktifan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus 3 X 50 |
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus 3 x 50 |
Materi: Technology and Social Business Pustaka: Yunus, Muhammad dan Weber, karl (2010) : Building social business : the new kind of capitalism that serves humanity’s most pressing needs. ISBN 978-1-58648-824-6 Published in the United States by PublicAffairs™, |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami strategi pemasaran digital untuk perusahaan sosial |
- Mahasiswa mampu menjelaskan peran media sosial dalam pemasaran digital
- Mahasiswa mampu menjelaskan strategi pemasaran difacebook, instagram, twiter dan linkedin
- Mahasiswa mampu mengukur keberhasilan pemasaran digital melalui media sosial
|
Kriteria:
Ketepatan pemahaman konsep dan keaktifan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus 3 X 50 |
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus 3 x 50 |
Materi: Media sosial dalam pemasaran digital Pustaka: Utomo, Budi Sulistyo (2024) : Pemasaran Digital (Strategi dan Taktik), ISBN : 978-623-09-8408-2, PT. Sanskara Karya Internasional |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mempelajari sumber pendanaan untuk digital social entrepreneurship |
- Mahasiswa mampu menjelaskan sumber pendanaan wirausaha sosial
- Mahasiswa mampu menyusun rencana pendanaan
|
Kriteria:
Ketepatan pemahaman konsep dan keaktifan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Pendanaan untuk kewirausahaan sosial Pustaka: Nasrudin, Dindin dkk (2025) : Kewirausahaan Sosial (Memberi solusi untuk masalah sosial), ISBN : 978-634-221-839-6, EUREKA MEDIA AKSARA |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu mengerjakan laporan ujian tengah semester |
Mampu mengerjakan laporan ujian tengah semester |
Kriteria:
Mampu Mengerjakan Laporan Ujian Tengah Semester Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Mengerjakan Laporan Ujian Tengah Semester
|
|
Materi: Materi 1 - 7 Pustaka: |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat mengembangkan model bisnis digital yang berkelanjutan untuk usaha sosial dengan mengintegrasikan elemen-elemen kunci dalam business model canvas |
- Kemampuan mengidentifikasi value proposition untuk usaha sosial digital
- Kemampuan menentukan segmentasi pelanggan dan saluran distribusi yang tepat
- Kemampuan merancang aliran pendapatan yang berkelanjutan untuk usaha sosial
- Kemampuan mengidentifikasi sumber daya kunci dan aktivitas utama
- Kemampuan membangun hubungan pelanggan yang berdampak sosial
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Project-based learning, studi kasus, diskusi kelompok, dan presentasi.
|
Pengembangan Business Model Canvas Digital untuk Usaha Sosial, Mahasiswa diminta untuk mengembangkan business model canvas lengkap untuk sebuah usaha sosial digital, termasuk analisis setiap blok dan justifikasi pilihan strategis 3 X 50 |
Materi: Konsep business model canvas untuk usaha sosial, Value proposition design untuk impact sosial, Segmentasi pelanggan dan saluran distribusi digital, Model pendapatan berkelanjutan untuk usaha sosial, Sumber daya kunci dan kemitraan strategis, Pengukuran dampak sosial dalam model bisnis Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Chapter 3: Launching a Social Business Pustaka: Yunus, Muhammad dan Weber, karl (2010) : Building social business : the new kind of capitalism that serves humanity’s most pressing needs. ISBN 978-1-58648-824-6 Published in the United States by PublicAffairs™, |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat membuat prototipe digital yang fungsional dan mampu mempresentasikan ide bisnis sosial digital dengan komunikasi yang efektif dan beretika |
- Kemampuan membuat prototipe digital yang relevan dengan masalah sosial
- Kualitas presentasi dan komunikasi ide bisnis
- Penerapan prinsip etika dalam komunikasi bisnis
- Kemampuan menerima dan memberikan feedback konstruktif
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project-based learning, demonstrasi, diskusi kelompok, presentasi, peer review.
|
Pembuatan prototipe digital, Video presentasi ide bisnis, Peer review presentasi, Refleksi etika komunikasi 3 X 50 |
Materi: Prinsip dasar prototyping digital, Teknik komunikasi efektif untuk usaha sosial, Etika dalam presentasi bisnis digital, Tools prototyping digital (Figma, Adobe XD, dll), Teknik feedback konstruktif Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Creating a Global Infrastructure for Social Business Pustaka: Yunus, Muhammad dan Weber, karl (2010) : Building social business : the new kind of capitalism that serves humanity’s most pressing needs. ISBN 978-1-58648-824-6 Published in the United States by PublicAffairs™, Materi: Chapter 9 Pustaka: Nasrudin, Dindin dkk (2025) : Kewirausahaan Sosial (Memberi solusi untuk masalah sosial), ISBN : 978-634-221-839-6, EUREKA MEDIA AKSARA |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat mengembangkan prototipe usaha digital yang inovatif dan menyampaikan presentasi yang persuasif serta etis kepada stakeholder |
- Kemampuan menyusun prototipe usaha digital yang fungsional
- Kualitas presentasi dan komunikasi ide bisnis
- Penerapan prinsip etika dalam komunikasi bisnis
- Kemampuan menjawab pertanyaan dan menerima feedback
- Kesesuaian prototipe dengan kebutuhan sosial yang diangkat
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project-based learning, presentasi kelompok, diskusi interaktif, peer review.
|
|
Materi: Teknik pengembangan prototipe digital, Prinsip komunikasi efektif dalam bisnis digital, Etika komunikasi dengan pengguna dan stakeholder, Teknik presentasi yang persuasif, Penerimaan dan pengolahan feedback Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Chapter 8: More Social Businesses Are on the Way Pustaka: Yunus, Muhammad dan Weber, karl (2010) : Building social business : the new kind of capitalism that serves humanity’s most pressing needs. ISBN 978-1-58648-824-6 Published in the United States by PublicAffairs™, |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu mengembangkan prototipe usaha digital sosial yang fungsional dan mampu menyampaikan value proposition secara persuasif dan etis kepada stakeholder |
- Kemampuan membuat prototipe digital yang relevan dengan masalah sosial
- Kualitas presentasi dan komunikasi ide bisnis
- Penerapan prinsip etika dalam komunikasi bisnis
- Kemampuan menerima dan memberikan feedback konstruktif
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project-based learning, demonstrasi, presentasi, diskusi kelompok, peer review.
|
Pengumpulan prototipe digital melalui LMS, Video presentasi pitch deck 5 menit, Peer review presentasi teman sekelas 3 X 50 |
Materi: Prinsip dasar prototyping digital, Teknik komunikasi efektif untuk usaha sosial, Etika dalam presentasi bisnis digital, Tools prototyping (Figma, Canva, dll), Struktur pitch deck yang persuasif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat membuat prototipe usaha digital yang feasible dan mengkomunikasikannya dengan pendekatan etis kepada stakeholder |
- Kemampuan menyusun prototipe usaha digital yang lengkap dan terstruktur
- Ketepatan dalam mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan solusi yang ditawarkan
- Keefektifan komunikasi ide usaha kepada audiens target
- Penerapan prinsip etika dalam presentasi dan komunikasi bisnis
- Kemampuan menjawab pertanyaan dan menerima feedback secara konstruktif
|
Kriteria:
Mampu melaksanakan tahap rencana bisnis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project-based learning, presentasi, diskusi kelompok, dan peer feedback.
|
3 X 50 |
Materi: Konsep dan teknik prototyping untuk usaha digital, Prinsip-prinsip komunikasi efektif dalam bisnis digital, Etika komunikasi bisnis dan presentasi, Teknik pitching dan presentasi ide usaha, Analisis feedback dan iterasi prototipe Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat membuat prototipe usaha digital yang feasible dan mengkomunikasikannya dengan pendekatan etis kepada stakeholder |
- Kemampuan menyusun prototipe usaha digital yang lengkap dan terstruktur
- Ketepatan dalam mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan solusi yang ditawarkan
- Keefektifan komunikasi ide usaha kepada audiens target
- Penerapan prinsip etika dalam presentasi dan komunikasi bisnis
- Kemampuan menjawab pertanyaan dan menerima feedback secara konstruktif
|
Kriteria:
Mampu melaksanakan tahap rencana bisnis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project-based learning, presentasi, diskusi kelompok, dan peer feedback.
|
3 X 50 |
Materi: Konsep dan teknik prototyping untuk usaha digital, Prinsip-prinsip komunikasi efektif dalam bisnis digital, Etika komunikasi bisnis dan presentasi, Teknik pitching dan presentasi ide usaha, Analisis feedback dan iterasi prototipe Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa dapat membuat prototipe usaha digital yang feasible dan mengkomunikasikannya dengan pendekatan etis kepada stakeholder |
- Kemampuan menyusun prototipe usaha digital yang lengkap dan terstruktur
- Ketepatan dalam mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan solusi yang ditawarkan
- Keefektifan komunikasi ide usaha kepada audiens target
- Penerapan prinsip etika dalam presentasi dan komunikasi bisnis
- Kemampuan menjawab pertanyaan dan menerima feedback secara konstruktif
|
Kriteria:
Mampu melaksanakan tahap rencana bisnis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project-based learning, presentasi, diskusi kelompok, dan peer feedback.
|
3 X 50 |
Materi: Konsep dan teknik prototyping untuk usaha digital, Prinsip-prinsip komunikasi efektif dalam bisnis digital, Etika komunikasi bisnis dan presentasi, Teknik pitching dan presentasi ide usaha, Analisis feedback dan iterasi prototipe Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
Mampu melaporkan implementasi rencana bisnis yang telah dilaksanakan sesuai dengan pedoman |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Presentasi laporan dari implementasi rencana bisnis yang telah dilakukan 3 X 50 |
|
10% |