Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

DIGITAL SOCIAL ENTREPRENEURSHIP

6120903083

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

1 September 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M




Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM




HUJJATULLAH FAZLURRAHMAN

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh

PLO-8

Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat

PLO-11

Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar dari social enterpreneurship, ruang lingkup dan peran dalam pembangunan yang berkelanjutan

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis peluang usaha berbasis digital untuk menyelesaikan masalah sosial

PO - 3

Mahasiswa mampu merancang modelbisnis digital untuk usaha sosial dengan pendekatan business model canvas

PO - 4

Mahasiswa mampu menyusun prototipe usaha digital dan mengkomunikasikan ide secara efektif dan etis kepada pengguna

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-8PLO-11
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini mempelajari tentang sosial entrepreneurship berbasis digital yakni aktivitas kewirausahaan yang dilakukan, bukan hanya untuk mengejar keuntungan, namun juga sebagai solusi dari permasalahan sosial yang belum mampu diselesaikan. kemudian solusi daari permasalahan itu salah satunya adalah berbasis digital. Inovasi dalam hal social entrepreneurship diharapkan mampu mengubah struktur sosial masyarakat kedalam tatanan baru yang lebih komperhensif dengan digital. sehingga mahasiswa dituntut untuk mampu menggali permasalahan sosial didalam masyarakat tersebut untuk carikan solusinya berbasis digital yang dapat menguntungkan masyarakat itu sendiri.

Pustaka

Utama :

  1. Yunus, Muhammad dan Weber, karl (2010) :      Building social business : the new kind of capitalism that serves humanity’s most pressing needs. ISBN 978-1-58648-824-6 Published in the United States by PublicAffairs™,

Pendukung :

  1. Erdisna et al (2023) : Digital Enterpreneurship 4.0 , SBN: 978-623-179-308-9 PENERBIT INSAN CENDEKIA MANDIRI (PT. INSAN CENDEKIA MANDIRI GROUP)
  2. Suyono, Hadi (2023) : Konsep dan Implementasi Pendekatan Psikologi Sosial & Komunitas SOCIAL ENTREPRENEURSHIP , ISBN: 978-623-183-036-4, Jejak Pustaka
  3. Utomo, Budi Sulistyo dkk (2024) : Pemasaran Digital (Strategi dan Taktik), ISBN : 978-623-09-8408-2, PT. Sanskara Karya Internasional
  4. Nasrudin, Dindin dkk (2025) : Kewirausahaan Sosial (Memberi solusi untuk masalah sosial), ISBN : 978-634-221-839-6, EUREKA MEDIA AKSARA

Dosen Pengampu

DHIYAN SEPTA WIHARA

HUJJATULLAH FAZLURRAHMAN

HAFID KHOLIDI HADI

DANA AZIZAH RAHMAT

Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M.

Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M.

Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM.

Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup dan pentingnya bisnis sosial

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup, peran dan pentingnya bisnis sosial
  2. Mahasisa mampu menjelaskan konsep Nongovermental Ortganization
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan bisnis sosial dan program CSR
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan profit dari bisnis social
  5. Mahasiswa mampu menjelaskan asal mula dari bisnis social
  6. Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan bisnis social dengan pemerintahan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3 X 50
Ceramah dan diskusi
3 X 50
Materi: Chapter 1 : Why Social Business
Pustaka: Yunus, Muhammad dan Weber, karl (2010) :      Building social business : the new kind of capitalism that serves humanity’s most pressing needs. ISBN 978-1-58648-824-6 Published in the United States by PublicAffairs™,
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah sosial yang relevan dan bagaimana teknologi dapat menjadi solusi.

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan dari tujuan besar kepada yang lebih spesifik
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana memulai dari diri sendiri
  3. Mahasiswa mampu menjelasksan bagaimana membangun bisnis sosial dilingkungan masyarakat
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan aplikasi teknologi untuk kebutuhan sosial manusia
Kriteria:

Ketepatan pemahaman konsep dan keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus
3 X 50
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus
3 X 50
Materi: Memulai sebuah bisnis sosial
Pustaka: Yunus, Muhammad dan Weber, karl (2010) :      Building social business : the new kind of capitalism that serves humanity’s most pressing needs. ISBN 978-1-58648-824-6 Published in the United States by PublicAffairs™,
5%

3

Minggu ke 3

Memahami proses ideasi dalam pengembangan bisnis sosial digital.

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan ide berbasis humanity
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan proses munculnya empati dalam diri manusia
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan kemampuan critical thinking dalam menjalankan bisnis
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan kemampuan creativity dalam menjalankan bisnis
  5. Mahasiswa mampu menjelaskan kemampuan communication dalam menjalankan bisnis
  6. Mahasiswa mampu menjelaskan kemampuan collaboration dalam menjelaskan bisnis
Kriteria:

Ketepatan pemahaman konsep dan keaktifan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus
3 X 50
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus
3 x 50
Materi: Merencanakan ide menjadi sebuah bisnis
Pustaka: Erdisna et al (2023) : Digital Enterpreneurship 4.0 , SBN: 978-623-179-308-9 PENERBIT INSAN CENDEKIA MANDIRI (PT. INSAN CENDEKIA MANDIRI GROUP)
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menjelaskan transformasi digital dalam bisnis sosial

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan proses transformasi digital dalam bisnis sosial
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan 6 pilar dalam transformasi digital
  3. Mahasiswa mampu menganalisis contoh sukses Digi-preneur milenial
Kriteria:

Ketepatan pemahaman konsep dan keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus
3 X 50
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus
3 x 50
Materi: Transformasi digital dalam bisnis
Pustaka: Erdisna et al (2023) : Digital Enterpreneurship 4.0 , SBN: 978-623-179-308-9 PENERBIT INSAN CENDEKIA MANDIRI (PT. INSAN CENDEKIA MANDIRI GROUP)
5%

5

Minggu ke 5

Mengetahui berbagai teknologi yang digunakan dalam digital social entrepreneurship

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan peran berbagai teknologi digital
  2. Mahasiswa mampu menganalisis model yang efektif untuk bisnis sosial
  3. Mahasiswa mampu memodifikasi model yang ada dengan kreatif
  4. Mahasiswa mampu menganalisis pentingnya partner dalam bisnis sosial
Kriteria:

Ketepatan pemahaman konsep dan keaktifan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus
3 X 50
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus
3 x 50
Materi: Technology and Social Business
Pustaka: Yunus, Muhammad dan Weber, karl (2010) :      Building social business : the new kind of capitalism that serves humanity’s most pressing needs. ISBN 978-1-58648-824-6 Published in the United States by PublicAffairs™,
5%

6

Minggu ke 6

Memahami strategi pemasaran digital untuk perusahaan sosial

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan peran media sosial dalam pemasaran digital
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan strategi pemasaran difacebook, instagram, twiter dan linkedin
  3. Mahasiswa mampu mengukur keberhasilan pemasaran digital melalui media sosial
Kriteria:

Ketepatan pemahaman konsep dan keaktifan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus
3 X 50
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus
3 x 50
Materi: Media sosial dalam pemasaran digital
Pustaka: Utomo, Budi Sulistyo (2024) : Pemasaran Digital (Strategi dan Taktik), ISBN : 978-623-09-8408-2, PT. Sanskara Karya Internasional
5%

7

Minggu ke 7

Mempelajari sumber pendanaan untuk digital social entrepreneurship

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan sumber pendanaan wirausaha sosial
  2. Mahasiswa mampu menyusun rencana pendanaan
Kriteria:

Ketepatan pemahaman konsep dan keaktifan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Praktikum, Diskusi Kasus
3 X 50
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Materi: Pendanaan untuk kewirausahaan sosial
Pustaka: Nasrudin, Dindin dkk (2025) : Kewirausahaan Sosial (Memberi solusi untuk masalah sosial), ISBN : 978-634-221-839-6, EUREKA MEDIA AKSARA
10%

8

Minggu ke 8

Mampu mengerjakan laporan ujian tengah semester

Mampu mengerjakan laporan ujian tengah semester

Kriteria:

Mampu Mengerjakan Laporan Ujian Tengah Semester


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Mengerjakan Laporan Ujian Tengah Semester

Materi: Materi 1 - 7
Pustaka:
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa dapat mengembangkan model bisnis digital yang berkelanjutan untuk usaha sosial dengan mengintegrasikan elemen-elemen kunci dalam business model canvas

  1. Kemampuan mengidentifikasi value proposition untuk usaha sosial digital
  2. Kemampuan menentukan segmentasi pelanggan dan saluran distribusi yang tepat
  3. Kemampuan merancang aliran pendapatan yang berkelanjutan untuk usaha sosial
  4. Kemampuan mengidentifikasi sumber daya kunci dan aktivitas utama
  5. Kemampuan membangun hubungan pelanggan yang berdampak sosial

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Project-based learning, studi kasus, diskusi kelompok, dan presentasi.
Pengembangan Business Model Canvas Digital untuk Usaha Sosial, Mahasiswa diminta untuk mengembangkan business model canvas lengkap untuk sebuah usaha sosial digital, termasuk analisis setiap blok dan justifikasi pilihan strategis
3 X 50
Materi: Konsep business model canvas untuk usaha sosial, Value proposition design untuk impact sosial, Segmentasi pelanggan dan saluran distribusi digital, Model pendapatan berkelanjutan untuk usaha sosial, Sumber daya kunci dan kemitraan strategis, Pengukuran dampak sosial dalam model bisnis
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Chapter 3: Launching a Social Business
Pustaka: Yunus, Muhammad dan Weber, karl (2010) :      Building social business : the new kind of capitalism that serves humanity’s most pressing needs. ISBN 978-1-58648-824-6 Published in the United States by PublicAffairs™,
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat membuat prototipe digital yang fungsional dan mampu mempresentasikan ide bisnis sosial digital dengan komunikasi yang efektif dan beretika

  1. Kemampuan membuat prototipe digital yang relevan dengan masalah sosial
  2. Kualitas presentasi dan komunikasi ide bisnis
  3. Penerapan prinsip etika dalam komunikasi bisnis
  4. Kemampuan menerima dan memberikan feedback konstruktif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Project-based learning, demonstrasi, diskusi kelompok, presentasi, peer review.
Pembuatan prototipe digital, Video presentasi ide bisnis, Peer review presentasi, Refleksi etika komunikasi
3 X 50
Materi: Prinsip dasar prototyping digital, Teknik komunikasi efektif untuk usaha sosial, Etika dalam presentasi bisnis digital, Tools prototyping digital (Figma, Adobe XD, dll), Teknik feedback konstruktif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Creating a Global Infrastructure for Social Business
Pustaka: Yunus, Muhammad dan Weber, karl (2010) :      Building social business : the new kind of capitalism that serves humanity’s most pressing needs. ISBN 978-1-58648-824-6 Published in the United States by PublicAffairs™,

Materi: Chapter 9
Pustaka: Nasrudin, Dindin dkk (2025) : Kewirausahaan Sosial (Memberi solusi untuk masalah sosial), ISBN : 978-634-221-839-6, EUREKA MEDIA AKSARA
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat mengembangkan prototipe usaha digital yang inovatif dan menyampaikan presentasi yang persuasif serta etis kepada stakeholder

  1. Kemampuan menyusun prototipe usaha digital yang fungsional
  2. Kualitas presentasi dan komunikasi ide bisnis
  3. Penerapan prinsip etika dalam komunikasi bisnis
  4. Kemampuan menjawab pertanyaan dan menerima feedback
  5. Kesesuaian prototipe dengan kebutuhan sosial yang diangkat

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Project-based learning, presentasi kelompok, diskusi interaktif, peer review.

Materi: Teknik pengembangan prototipe digital, Prinsip komunikasi efektif dalam bisnis digital, Etika komunikasi dengan pengguna dan stakeholder, Teknik presentasi yang persuasif, Penerimaan dan pengolahan feedback
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Chapter 8: More Social Businesses Are on the Way
Pustaka: Yunus, Muhammad dan Weber, karl (2010) :      Building social business : the new kind of capitalism that serves humanity’s most pressing needs. ISBN 978-1-58648-824-6 Published in the United States by PublicAffairs™,
5%

12

Minggu ke 12

Mampu mengembangkan prototipe usaha digital sosial yang fungsional dan mampu menyampaikan value proposition secara persuasif dan etis kepada stakeholder

  1. Kemampuan membuat prototipe digital yang relevan dengan masalah sosial
  2. Kualitas presentasi dan komunikasi ide bisnis
  3. Penerapan prinsip etika dalam komunikasi bisnis
  4. Kemampuan menerima dan memberikan feedback konstruktif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Project-based learning, demonstrasi, presentasi, diskusi kelompok, peer review.
Pengumpulan prototipe digital melalui LMS, Video presentasi pitch deck 5 menit, Peer review presentasi teman sekelas
3 X 50
Materi: Prinsip dasar prototyping digital, Teknik komunikasi efektif untuk usaha sosial, Etika dalam presentasi bisnis digital, Tools prototyping (Figma, Canva, dll), Struktur pitch deck yang persuasif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat membuat prototipe usaha digital yang feasible dan mengkomunikasikannya dengan pendekatan etis kepada stakeholder

  1. Kemampuan menyusun prototipe usaha digital yang lengkap dan terstruktur
  2. Ketepatan dalam mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan solusi yang ditawarkan
  3. Keefektifan komunikasi ide usaha kepada audiens target
  4. Penerapan prinsip etika dalam presentasi dan komunikasi bisnis
  5. Kemampuan menjawab pertanyaan dan menerima feedback secara konstruktif
Kriteria:

Mampu melaksanakan tahap rencana bisnis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Project-based learning, presentasi, diskusi kelompok, dan peer feedback.

3 X 50
Materi: Konsep dan teknik prototyping untuk usaha digital, Prinsip-prinsip komunikasi efektif dalam bisnis digital, Etika komunikasi bisnis dan presentasi, Teknik pitching dan presentasi ide usaha, Analisis feedback dan iterasi prototipe
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat membuat prototipe usaha digital yang feasible dan mengkomunikasikannya dengan pendekatan etis kepada stakeholder

  1. Kemampuan menyusun prototipe usaha digital yang lengkap dan terstruktur
  2. Ketepatan dalam mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan solusi yang ditawarkan
  3. Keefektifan komunikasi ide usaha kepada audiens target
  4. Penerapan prinsip etika dalam presentasi dan komunikasi bisnis
  5. Kemampuan menjawab pertanyaan dan menerima feedback secara konstruktif
Kriteria:

Mampu melaksanakan tahap rencana bisnis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Project-based learning, presentasi, diskusi kelompok, dan peer feedback.

3 X 50
Materi: Konsep dan teknik prototyping untuk usaha digital, Prinsip-prinsip komunikasi efektif dalam bisnis digital, Etika komunikasi bisnis dan presentasi, Teknik pitching dan presentasi ide usaha, Analisis feedback dan iterasi prototipe
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa dapat membuat prototipe usaha digital yang feasible dan mengkomunikasikannya dengan pendekatan etis kepada stakeholder

  1. Kemampuan menyusun prototipe usaha digital yang lengkap dan terstruktur
  2. Ketepatan dalam mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan solusi yang ditawarkan
  3. Keefektifan komunikasi ide usaha kepada audiens target
  4. Penerapan prinsip etika dalam presentasi dan komunikasi bisnis
  5. Kemampuan menjawab pertanyaan dan menerima feedback secara konstruktif
Kriteria:

Mampu melaksanakan tahap rencana bisnis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Project-based learning, presentasi, diskusi kelompok, dan peer feedback.

3 X 50
Materi: Konsep dan teknik prototyping untuk usaha digital, Prinsip-prinsip komunikasi efektif dalam bisnis digital, Etika komunikasi bisnis dan presentasi, Teknik pitching dan presentasi ide usaha, Analisis feedback dan iterasi prototipe
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mampu melaporkan implementasi rencana bisnis yang telah dilaksanakan sesuai dengan pedoman


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Presentasi laporan dari implementasi rencana bisnis yang telah dilakukan
3 X 50
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 35%
3. Penilaian Portofolio 2.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 35%
5. Tes 7.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.