Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pendalaman Seni Lukis

8821004128

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=4

P=0

ECTS=6.36

7

24 Juni 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Winarno, M.Sn.




Winarno, M.Sn.




Fera Ratyaningrum, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-9

Mampu merancang, mengaplikasikan dan mengembangkan keterampilan bidang seni rupa untuk menciptakan karya, media dan sumber belajar yang inovatif untuk kebutuhan pembelajaran dan berwirausaha.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menganalisis perkembangan seni lukis terkini

PO - 2

Mahasiswa mampu berkarya seni lukis dengan berbagai media

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-9
PO-1 
PO-2 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembelajaran Seni Lukis tingkat lanjut yang menitik beratkan kepada kemampuan teknik, penguasaan konsep visual, finishing dan penyajiannya. Pembelajaran tersebut juga mengacu pada pertanggungjawaban serta kemampuan mendeskripsikan konsep seni lukisnya dalam bentuk laporan. Dengan harapan dapat membekali mahasiswa untuk melaksanakan pameran beserta mekanisme teknisnya.

Pustaka

Utama :

  1. Patricia Monahan , Patricia Seligman, Wendy Clouse. 2004 Art Schoo a Complete Painters Course, . l Chancellor Press
  2. Feldman, Edmun Burke . 1967 . Art As Image And Idea . Prentice Hall,Englewood Cliffs. New Jersey. ·
  3. M. Dwi Marianto . 2002 eni kritik seni , Yogyakarta. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta.
  4. Mikke Susanto . 2004. Menimbang Ruang Menata Rupa. Yogyakarta. Galang press.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengantar program mata kuliah seni lukis pada intinya mahasiswa dapat mengetahui hakekat dan prinsip seni lukis 2 Penguasaan salah satu teknik untuk memperdalam konsep gagasan kreatif seni lukis.

  1. Mampu mengolahteknik dan konsep pada objek yang diciptakan dengan baik.
  2. Mampumenyelesaikan karya dengan maksimal
Kriteria:

Penguasan teknik Penyelesaian akhir gagasan konseptualNilai kebaharuan originalitas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, Studi Kasus. Ceramah, diskusi, demonstrasi & penugasan.
3 X 50

Materi: konsep lukis
Pustaka: Patricia Monahan , Patricia Seligman, Wendy Clouse. 2004 Art Schoo a Complete Painters Course, . l Chancellor Press
5%

2

Minggu ke 2

Mampu menguasai teknik, konsep penciptaan Seni Lukis dan dapat mengutarakan gagasan proses kreatifnya secara lisan

Dapat mengetahui langkah-langkah proses kreatifnya. Dapat menjelaskan urut-urutan kerja kreatif secara lisan

Kriteria:

Penguasan teknik Penyelesaian akhir gagasan konseptualNilai kebaharuan originalitas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, tanya jawab, & penugasan.
3 X 50

Materi: seni lukis
Pustaka: Patricia Monahan , Patricia Seligman, Wendy Clouse. 2004 Art Schoo a Complete Painters Course, . l Chancellor Press
5%

3

Minggu ke 3

Pada pertemuan ke tiga masih sama yaitu: Mampu menguasai teknik, konsep penciptaan Seni Lukis dan dapat mengutarakan gagasan proses kreatifnya secara lisan

Dapat menganalisa, mengetahui langkah-langkah proses kreatifnya. Dapat menjelaskan urut-urutan kerja kreatif secara lisan. Dilakukan pula pendokumentasian

Kriteria:

Penguasan teknik Penyelesaian akhir Gagasan konseptualNilai kebaharuan originalitas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, tanya jawab, participatory& penugasan.
3 X 50

Materi: seni lukis
Pustaka: Patricia Monahan , Patricia Seligman, Wendy Clouse. 2004 Art Schoo a Complete Painters Course, . l Chancellor Press
5%

4

Minggu ke 4

Kemampuan menganalisa, mengkritisi, meninjau, mengkaji karya seni

menganalisa, mengkritisi, meninjau, mengkaji seni lukis secara teknis

Kriteria:
  1. Penguasan teknik
  2. Penyelesaian akhir
  3. gagasan konseptual
  4. Nilai kebaharuan
  5. originalitas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, participatory& penugasan.
3 X 50

Materi: analisis karya
Pustaka: Feldman, Edmun Burke . 1967 . Art As Image And Idea . Prentice Hall,Englewood Cliffs. New Jersey. ·
5%

5

Minggu ke 5

Kemampuan menganalisa, mengkritisi, meninjau, mengkaji karya seni

menganalisa, mengkritisi, meninjau, mengkaji seni lukis secara teknis

Kriteria:
  1. Penguasan teknik
  2. Penyelesaian akhir
  3. gagasan konseptual
  4. Nilai kebaharuan
  5. originalitas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, participatory& penugasan.
3 X 50

Materi: analisis karya
Pustaka: Feldman, Edmun Burke . 1967 . Art As Image And Idea . Prentice Hall,Englewood Cliffs. New Jersey. ·
5%

6

Minggu ke 6

Kemampuan secara teknik menampilkan karya dengan kondisi selesai, mampu menyajikan karya

Menampilkan karya seni lukis yang siap dipamerkan dan secara harmoni sudah sampai tahap finishing

Kriteria:
  1. Penguasan teknik
  2. Penyelesaian akhir
  3. gagasan konseptual
  4. Nilai kebaharuan
  5. originalitas

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, participatory& penugasan.
3 X 50

Materi: pembuatan ide karya
Pustaka: Feldman, Edmun Burke . 1967 . Art As Image And Idea . Prentice Hall,Englewood Cliffs. New Jersey. ·
5%

7

Minggu ke 7

Penguasaan penyajian karya dalam bentuk pameran

Mampu menyajikan karya dengan keadaan siap pamer Mampu mendisplay karya dengan tepat. Mampu menyusun laporan & katalog pameran

Kriteria:
  1. Penguasan teknik
  2. Penyelesaian akhir
  3. gagasan konseptual
  4. Nilai kebaharuan
  5. originalitas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, participatory, latihan/drill and practice.
3 X 50

Materi: kritik seni
Pustaka: M. Dwi Marianto . 2002 eni kritik seni , Yogyakarta. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta.
5%

8

Minggu ke 8

Menguasai scenario pelaksanaan pameran seni lukis

Melaksanakan Pameran

Kriteria:
  1. Penguasan teknik
  2. Penyelesaian akhir
  3. gagasan konseptual
  4. Nilai kebaharuan
  5. originalitas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, brainstorming
3 X 50

Materi: pameran
Pustaka: Mikke Susanto . 2004. Menimbang Ruang Menata Rupa. Yogyakarta. Galang press.
5%

9

Minggu ke 9

Ujian Tengah Semester

Dapat menguasai teknik seni lukis sesuai dengan konseptualnya

Kriteria:
  1. Penguasan teknik
  2. Penyelesaian akhir
  3. gagasan konseptual
  4. Nilai kebaharuan
  5. originalitas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan , kriteria tertera pada petunjuk pelaksanaan ujian tengah semester
3 X 50

Materi: ide berkarya
Pustaka: Feldman, Edmun Burke . 1967 . Art As Image And Idea . Prentice Hall,Englewood Cliffs. New Jersey. ·
15%

10

Minggu ke 10

Evaluasi seni lukis hasil UTS

· Mampu menampilkan teknik seni lukis, sesuai dengan konseptual masing-masing · Mampu menyelesaikan Ujian dengan maksimal · Mengetahui kelebihan dan kekurangan seni lukisnya

Kriteria:
  1. Penguasan teknik
  2. Penyelesaian akhir
  3. gagasan konseptual
  4. Nilai kebaharuan
  5. originalitas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, innovative & penugasan.
3 X 50

Materi: ide lukis
Pustaka: Feldman, Edmun Burke . 1967 . Art As Image And Idea . Prentice Hall,Englewood Cliffs. New Jersey. ·
5%

11

Minggu ke 11

Teknik Presentasi seni lukis

Dapat menerapkan gagasan idenya melalui lukisan dan dapat mempertanggung jawabkanya melalui presentasi.

Kriteria:
  1. Penguasan teknik
  2. Penyelesaian akhir
  3. gagasan konseptual
  4. Nilai kebaharuan
  5. originalitas

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, brainstorming & penugasan
3 X 50

Materi: presentasi karya
Pustaka: M. Dwi Marianto . 2002 eni kritik seni , Yogyakarta. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta.
5%

12

Minggu ke 12

Teknik penulisan laporan seni lukis II/ Teknik Dokumentasi seni lukis.

Dapat mempertanggung jawabkan gagasan lukisanya melalui tulisan, dalam laporan seni lukis II

Kriteria:
  1. Penguasan teknik
  2. Penyelesaian akhir
  3. gagasan konseptual
  4. Nilai kebaharuan
  5. originalitas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan/drill and practice menulis
3 X 50

Materi: ide berkarya
Pustaka: Feldman, Edmun Burke . 1967 . Art As Image And Idea . Prentice Hall,Englewood Cliffs. New Jersey. ·
5%

13

Minggu ke 13

Mampu mengembangkan teknik dan konseptualnya

Dapat menjadikan teknik dan konsepnya terdapat pada pengembangan seni rupa nasional

Kriteria:
  1. Penguasan teknik
  2. Penyelesaian akhir
  3. gagasan konseptual
  4. Nilai kebaharuan
  5. originalitas

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab seputar wacana seni lukis
3 X 50

Materi: ide berkarya
Pustaka: Feldman, Edmun Burke . 1967 . Art As Image And Idea . Prentice Hall,Englewood Cliffs. New Jersey. ·
5%

14

Minggu ke 14

Managemen Pameran Penciptaan Seni Lukis

Dapat mengestimasi / memanajemeni suatu pameran seni lukis

Kriteria:
  1. Penguasan teknik
  2. Penyelesaian akhir
  3. gagasan konseptual
  4. Nilai kebaharuan
  5. originalitas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan
3 X 50

Materi: berkarya
Pustaka: Patricia Monahan , Patricia Seligman, Wendy Clouse. 2004 Art Schoo a Complete Painters Course, . l Chancellor Press
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menyajikan karya seni lukis secara final dalam suatu pameran

Dapat menyuguhkan/ menyajikan karya seni lukis dalam pameran

Kriteria:
  1. Penguasan teknik
  2. Penyelesaian akhir
  3. gagasan konseptual
  4. Nilai kebaharuan
  5. originalitas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan/drill and practice
3 X 50

Materi: berkarya lukis
Pustaka: Patricia Monahan , Patricia Seligman, Wendy Clouse. 2004 Art Schoo a Complete Painters Course, . l Chancellor Press
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Dapat membuat seni lukis secara konseptual beserta pertanggung jawabanya

Kriteria:
  1. Penguasan teknik
  2. Penyelesaian akhir
  3. gagasan konseptual
  4. Nilai kebaharuan
  5. originalitas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ujian praktik on the spot
3 X 50

Materi: berkarya seni
Pustaka: Patricia Monahan , Patricia Seligman, Wendy Clouse. 2004 Art Schoo a Complete Painters Course, . l Chancellor Press
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 25%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 45%
3. Penilaian Portofolio 15%
4. Praktik / Unjuk Kerja 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.