
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Luar Biasa
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN |
8611702061 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
12 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Siti Masitoh, M. Pd. dan Dr. Wiwik Widajati, M. Pd.
|
Dr. Asri Wijiastuti, M. Pd.
|
Dr. Asri Wijiastuti, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu merumuskan alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah di bidang Pendidikan Luar Biasa dengan memperhatikan berbagai faktor secara komprehensif; |
PLO-6 |
Mampu menemukan sumber masalah rekayasa melalui proses penelitian, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa di bidang Pendidikan Luar Biasa; |
PLO-8 |
Mampu memilih dan memanfaatkan system teknologi informasi dan yang adaptif dan kontekstual mendukung perencanaan, rekayasa, dan layanan di bidang Pendidikan Luar Biasa; |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
CPMK-3 Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berkaitan pengembangan instrumen penelitian dalam penelitian pendidikan luar biasa
|
PO - 2 |
CPMK-5 Terampil mengembangkan alternatif solusi probematika peserta didik disabilitas melalui pengembangan instrumen penelitian yang adaptif, inovatif, kreatif, dan profesional dalam penelitian pendidikan luar biasa
|
PO - 3 |
CPMK-6 Terampil menemukan dan mengembangkan sumber masalah melalui pengembangan instrumen penelitian dalam penelitian pendidikan luar biasa untuk memecahkan masalah individu disabilitas dengan pendekatan interdisipliner
|
PO - 4 |
CPMK-8 Mampu memilih dan memanfaatkan IPTEKS dan TIK yang relevan untuk memperoleh informasi/referensi terkait pengembangan instrumen penelitian maupun pelaksanaan hal tersebut dalam penelitian pendidikan luar biasa
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas, mengkaji, menganalisis tentang pengertian, kriteria, jenis-jenis, manfaat, syarat instrumen penelitian. kaitan topik, variabel, dimensi variabel, permasalahan, teori, konsep/konstruk data, definisi operasional variabel/definisi istilah, indikator dengan instrumen penelitian, metode pengumpulan data. Jenis variabel dan instrumen penelitian. Instrumen penelitian tes dan non tes. Kisi-kisi instrumen penelitian. Skala pengukuran, jenis/macam-macam dan contoh skala pengukuran, instrumen penelitian kualitatif, manusia/peneliti sebagai instrumen penelitian, instrumen penelitian kuantitatif, R & D, PTK, mixed/campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis, kuesioner/angket (pengertian, manfaat, jenis, tata cara menyusun angket, cara penggunaan, jenis pertanyaan, dsb.). Instrumen tes psikologi (tes: inteligensi, minat, sikap, prestasi, bakat, kepribadian, konsentrasi, karakter, self efficacy, dsb.), prosedur/tata cara/langkah-langkah/tahapan penyusunan dan pengembangan instrumen penelitian tes dan non tes dan instrumen lainnya, validitas (pengertian, jenis validitas, uji validitas) dan reliabilitas (pengertian, factor-faktor yang berpengaruh pada reliabilitas, uji reliabilitas) instrumen penelitian, uji coba instrumen penelitian. Pelaksanaan perkuliahan dengan menerapkan model pembelajaran case study dan project based learning |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Canals, L. 2017. Instruments for gathering data. In E. Moore & M. Dooly (Eds), Qualitative approaches to research on plurilingual education (pp. 390-401). Research-publishing.net. https://doi.org/10.14705/rpnet.2017.emmd2016.637
- Cohen, L., Manion, l., Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. New York: Routledge.
- Creswell, John, W., Creswell, J., David. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc.
- Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Taherdoost, H. 2021. Data Collection Methods and Tools for Research; A Step-by-Step Guide to Choose. International Journal of Academic Research in Management (IJARM), Vol. 10, No. 1, 2021, Page: 10-38, ISSN: 2296-1747 www.elvedit.com
- GoyaL, A. 2022. Data Collecting Instruments and Tools in Research. International Journal of Creative Research Thoughts (IJCRT), Volume 10, Issue 5, ISSN: 2320-2882 www.ijcrt.org.
|
Pendukung : |
|
- Referensi/sumber belajar/media lain baik digital maupun non digital, internet
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd. Dr. Wiwik Widajati, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menganalisis dan mengkomunikasikan konsep dasar, kriteria, jenis-jenis, manfaat, syarat instrumen penelitian. |
- Hasil diskusi tentang konsep dasar, kriteria, jenis-jenis, manfaat, syarat instrumen penelitian
- Peta konsep tentang materi pengembangan instrumen penelitian
|
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Project Based Learning, presentasi, diskusi kelompok 2x50 menit |
|
Materi: Konsep dasar, kriteria, jenis-jenis, manfaat, syarat instrumen penelitian Pustaka: Cohen, L., Manion, l., Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. New York: Routledge. |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis, mengidentifikasi dan mengkomunikasikan kaitan topik, variabel, dimensi variabel, permasalahan, teori, konsep/konstruk data, definisi operasional variabel/definisi istilah, indikator dengan instrumen penelitian |
- Mempresentasikan materi tentang kaitan topik, variabel, dimensi variabel, permasalahan, teori, konsep/konstruk data, definisi operasional variabel/definisi istilah, indikator dengan instrumen penelitian
- Mengidentifikasi urgensi instrumen penelitian dalam penelitian pendidikan luar biasa
|
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Project Based Learning, presentasi, diskusi, penugasan 2x50 menit |
|
Materi: Kaitan topik, variabel, dimensi variabel, permasalahan, teori, konsep/konstruk data, definisi operasional variabel/definisi istilah, indikator dengan instrumen penelitian Pustaka: Cohen, L., Manion, l., Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. New York: Routledge. |
0% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis, mengkomunikasikan metode pengumpulan data, jenis variabel dan instrumen penelitian, instrumen penelitian tes dan non tes. Kisi-kisi instrumen penelitian. Skala pengukuran, jenis dan contoh skala pengukuran. Instrumen penelitian kualitatif, manusia/peneliti sebagai instrumen penelitian, instrumen penelitian kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis. |
- Mendiskusikan dan mengkomunikasikan metode pengumpulan data, jenis variabel dan instrumen penelitian pendidikan luar biasa, instrumen penelitian tes dan non tes
- Mendiskusikan dan mengkomunikasikan skala pengukuran, jenis dan contoh skala pengukuran. Instrumen penelitian kualitatif, manusia/peneliti sebagai instrumen penelitian, instrumen penelitian kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis
|
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Project based learning, kolaborasi, penugasan 2x50 menit |
|
Materi: Metode pengumpulan data, jenis variabel dan instrumen penelitian pendidikan luar biasa, instrumen penelitian tes dan non tes, skala pengukuran, jenis dan contoh skala pengukuran. Instrumen penelitian kualitatif, manusia/peneliti sebagai instrumen penelitian, instrumen penelitian kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis Pustaka: Cohen, L., Manion, l., Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. New York: Routledge. |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis, mengkomunikasikan Kuesioner/angket (pengertian, manfaat, jenis, tata cara menyusun angket, cara penggunaan, jenis pertanyaan, dsb.). Instrumen tes psikologi (tes: inteligensi, minat, sikap, prestasi, bakat, kepribadian, konsentrasi, karakter, self efficacy, dsb.). Menentukan project dan produk berkaitan dengan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa |
- Menganalisis pentingnya kuesioner/angket (pengertian, manfaat, jenis, tata cara menyusun angket, cara penggunaan, jenis pertanyaan, dsb.) dalam penelitian Pendidikan luar biasa
- Menentukan project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa (sintaks 1) dan mengeksplore/inkuiry sumber untuk penyelesaian Project/produk (sintaks 1) serta scoping review
|
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Project based learning, diskusi, kolaborasi, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Kuesioner/angket (pengertian, manfaat, jenis, tata cara menyusun angket, cara penggunaan, jenis pertanyaan, dsb.) dalam penelitian Pendidikan luar biasa, penentuan project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa dan inkuiry sumber untuk penyelesaian project/produk Pustaka: Cohen, L., Manion, l., Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. New York: Routledge. |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis, mengkomunikasikan prosedur/tata cara/langkah-langkah/tahapan penyusunan dan pengembangan instrumen penelitian tes dan non tes dan instrumen lainnya. Validitas (pengertian, jenis validitas, uji validitas) dan reliabilitas (pengertian, factor-faktor yang berpengaruh pada reliabilitas, uji reliabilitas) instrumen penelitian pendidikan luar biasa |
- Mendiskusikan dan mengkomunikasikan prosedur/tata cara/langkah-langkah/tahapan penyusunan dan pengembangan instrumen penelitian tes dan non tes dan instrumen lainnya dalam penelitian Pendidikan luar biasa
- Mendiskusikan dan mengkomunikasikan validitas (pengertian, jenis validitas, uji validitas) dan reliabilitas (pengertian, factor-faktor yang berpengaruh pada reliabilitas, uji reliabilitas) instrumen penelitian, uji coba instrumen penelitian Pendidikan luar biasa
- Merancang kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian tes dan non tes serta instrumen penelitian aspek afektif/psikologis dalam penelitian Pendidikan luar biasa
|
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Project based learning, kooperatif, kolaborasi, case study, inkuiry, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Prosedur/tata cara/langkah-langkah/tahapan penyusunan dan pengembangan instrumen penelitian tes dan non tes dan instrumen lainnya dalam penelitian Pendidikan luar biasa. Validitas (pengertian, jenis validitas, uji validitas) dan reliabilitas (pengertian, factor-faktor yang berpengaruh pada reliabilitas, uji reliabilitas) instrumen penelitian Pendidikan luar biasa. Rancangan kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian tes dan non tes serta instrumen penelitian aspek afektif/psikologis dalam penelitian Pendidikan luar biasa Pustaka: Creswell, John, W., Creswell, J., David. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc. |
0% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis, mengkomunikasikan uji coba instrumen penelitian Pendidikan luar biasa Menentukan project dan produk berkaitan dengan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa |
Mendiskusikan pelaksanaan uji coba instrumen penelitian Pendidikan luar biasa. Menentukan project dan produk berkaitan dengan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa |
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning, kooperatif, kolaborasi, case study, inkuiry, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Materi tentang uji coba instrumen penelitian Pendidikan luar biasa. Penentuan project dan produk berkaitan dengan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa serta scoping review Pustaka: GoyaL, A. 2022. Data Collecting Instruments and Tools in Research. International Journal of Creative Research Thoughts (IJCRT), Volume 10, Issue 5, ISSN: 2320-2882 www.ijcrt.org. |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mendesain/ perencanaan project/produk, merancang/merencanakan langkah-langkah penyelesaian project/produk. berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (artikel, buku, pembuatan kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian kualitatif, kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis dsb.) penelitian Pendidikan luar biasa |
- Mendesain atau perencanaan project/produk berkaitan berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (artikel, buku, pembuatan kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian kualitatif, kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis dsb.) secara individual dan kelompok (sintaks 2)
- Merancang/merencanakan alat, bahan, langkah-langkah penyelesaian pembuatan project/produk. berkaitan berkaitan pengembangan instrumen dalam penelitian Pendidikan luar biasa (sintaks 2) dan scoping review
|
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Project based learning, kooperatif, kolaborasi, case study, flipped classroom, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Desain atau perencanaan project/produk berkaitan berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (artikel, buku, pembuatan kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian kualitatif, kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis dsb.) secara individual dan kelompok. Rancangan/perencanaan alat, bahan, langkah-langkah penyelesaian pembuatan project/produk. berkaitan berkaitan pengembangan instrumen dalam penelitian Pendidikan luar biasa dan scoping review. Pustaka: Canals, L. 2017. Instruments for gathering data. In E. Moore & M. Dooly (Eds), Qualitative approaches to research on plurilingual education (pp. 390-401). Research-publishing.net. https://doi.org/... |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Mengerjakan tugas Ujian Tengah Semester (UTS) |
Menyelesaikan dan mengumpulkan hasil produk berkaitan tugas Ujian Tengah Semester (UTS) |
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning, case study, flipped Classroom, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Tugas berupa produk berkaitan dengan pengembangan instrumen penelitian Pustaka: Creswell, John, W., Creswell, J., David. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mendesain perencanaan project/produk, merancang/merencanakan langkah-langkah penyelesaian hasil project/produk pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa |
- Menyusun jadwal pelaksanaan, jadwal aktivitas, waktu penyelesaian project/pembuatan produk secara kolaboratif berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (sintaks 3)
- Menyelesaikan project/pembuatan produk secara kolaboratif berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa dapat dilakukan juga di luar jam perkuliahan (sintaks 3)
|
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project based learning, kooperatif, kolaborasi, case study, flipped Classroom, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Penyelesaian project dan pembuatan produk serta praktik berkaitan pembuatan project/produk secara kolaboratif berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa Pustaka: Taherdoost, H. 2021. Data Collection Methods and Tools for Research; A Step-by-Step Guide to Choose. International Journal of Academic Research in Management (IJARM), Vol. 10, No. 1, 2021, Page: 10-38, ISSN: 2296-1747 www.elvedit.com |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Melaksanakan atau mempraktikkan, mengkomunikasikan hasil project/pembuatan produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (artikel, buku, pembuatan kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian kualitatif, kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis, dsb.) |
Melaksanakan atau mempraktikkan, mengkomunikasikan hasil project pembuatan produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (artikel, buku, pembuatan kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian kualitatif, kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis, dsb.) dan scoping review |
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Project based learning, kooperatif, kolaborasi, case study, flipped Classroom, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Penyelesaian project dan pembuatan produk serta praktik berkaitan pembuatan project/produk secara kolaboratif berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa Pustaka: GoyaL, A. 2022. Data Collecting Instruments and Tools in Research. International Journal of Creative Research Thoughts (IJCRT), Volume 10, Issue 5, ISSN: 2320-2882 www.ijcrt.org. |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Menyelesaikan project/pembuatan produk dan monitoring project. berkaitan berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa |
- Menyelesaikan project/pembuatan produk dan monitoring project berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (sintaks 4)
- Menyiapkan produk yang akan dipresentasikan dan dimonitor oleh dosen (sintaks 4)
- Melakukan investigasi, saling tukar pengetahuan pengalaman, observasi, eksperimen, inkuiry, dsb.(sintaks 4)
|
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Project based learning, kooperatif, kolaborasi, case study, flipped Classroom, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Penyelesaian project/pembuatan produk dan monitoring project. berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa Pustaka: Creswell, John, W., Creswell, J., David. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc. |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mengevaluasi hasil, menyusun laporan, mengkomunikasika, presentasi dan publikasi hasil project/pembuatan produk berkaitan berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa |
Mengevaluasi dan menyusun laporan hasil project/ produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa secara tertulis atau lisan (sintaks 5) |
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning, kolaborasi, case study, flipped classroom, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Evaluasi dan laporan hasil project/ produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa Pustaka: Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. |
15% |
13
Minggu ke 13 |
Mengevaluasi hasil, menyusun laporan, mengkomunikasika, presentasi dan publikasi hasil project/pembuatan produk berkaitan berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa |
Mengkomunikasikan, mempresentasikan dan mempublikasikan hasil project/pembuatan produk dan monitoring project. berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa (sintaks 5) |
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Project based learning, kolaborasi, case study, flipped classroom, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Publikasi hasil project/pembuatan produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa Pustaka: Canals, L. 2017. Instruments for gathering data. In E. Moore & M. Dooly (Eds), Qualitative approaches to research on plurilingual education (pp. 390-401). Research-publishing.net. https://doi.org/... |
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mengevaluasi hasil, menyusun laporan, mengkomunikasika, presentasi dan publikasi hasil project/pembuatan produk berkaitan berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa |
Mengkomunikasikan, mempresentasikan dan mempublikasikan hasil project/pembuatan produk dan monitoring project. berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa (sintaks 5) |
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Project based learning, kolaborasi, case study, flipped classroom, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Publikasi hasil project/pembuatan produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa Pustaka: Canals, L. 2017. Instruments for gathering data. In E. Moore & M. Dooly (Eds), Qualitative approaches to research on plurilingual education (pp. 390-401). Research-publishing.net. https://doi.org/... |
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mengevaluasi proses dan melakukan refleksi hasil project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa |
- Mengevaluasi proses hasil project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa (sintaks 6)
- Melakukan refleksi hasil project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa (sintaks 6)
|
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning, kolaborasi, flipped classroom, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Evaluasi proses hasil project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa. Refleksi hasil project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa Pustaka: Cohen, L., Manion, l., Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. New York: Routledge. |
15% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu mengerjakan tugas Ujian Akhir Semester (UAS) berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa |
Mampu menyelesaikan tugas Ujian Akhir Semester (UAS) berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa |
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning, flipped classroom, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Penyelesaian tugas Ujian Akhir Semester berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa Pustaka: Creswell, John, W., Creswell, J., David. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc. |
30% |