Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Luar Biasa

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN

8611702061

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

12 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Siti Masitoh, M. Pd. dan Dr. Wiwik Widajati, M. Pd.




Dr. Asri Wijiastuti, M. Pd.




Dr. Asri Wijiastuti, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu merumuskan alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah di bidang Pendidikan Luar Biasa dengan memperhatikan berbagai faktor secara komprehensif;

PLO-6

Mampu menemukan sumber masalah rekayasa melalui proses penelitian, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa di bidang Pendidikan Luar Biasa;

PLO-8

Mampu memilih dan memanfaatkan system teknologi informasi dan yang adaptif dan kontekstual mendukung perencanaan, rekayasa, dan layanan di bidang Pendidikan Luar Biasa;

Program Objectives (PO)

PO - 1

CPMK-3 Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berkaitan pengembangan instrumen penelitian dalam penelitian pendidikan luar biasa

PO - 2

CPMK-5 Terampil mengembangkan alternatif solusi probematika peserta didik disabilitas melalui pengembangan instrumen penelitian yang adaptif, inovatif, kreatif, dan profesional dalam penelitian pendidikan luar biasa

PO - 3

CPMK-6 Terampil menemukan dan mengembangkan sumber masalah melalui pengembangan instrumen penelitian dalam penelitian pendidikan luar biasa untuk memecahkan masalah individu disabilitas dengan pendekatan interdisipliner

PO - 4

CPMK-8 Mampu memilih dan memanfaatkan IPTEKS dan TIK yang relevan untuk memperoleh informasi/referensi terkait pengembangan instrumen penelitian maupun pelaksanaan hal tersebut dalam penelitian pendidikan luar biasa

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6PLO-8
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas, mengkaji, menganalisis tentang pengertian, kriteria, jenis-jenis, manfaat, syarat instrumen penelitian. kaitan topik, variabel, dimensi variabel, permasalahan, teori, konsep/konstruk data, definisi operasional variabel/definisi istilah, indikator dengan instrumen penelitian, metode pengumpulan data. Jenis variabel dan instrumen penelitian. Instrumen penelitian tes dan non tes. Kisi-kisi instrumen penelitian. Skala pengukuran, jenis/macam-macam dan contoh skala pengukuran, instrumen penelitian kualitatif, manusia/peneliti sebagai instrumen penelitian, instrumen penelitian kuantitatif, R & D, PTK, mixed/campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis, kuesioner/angket (pengertian, manfaat, jenis, tata cara menyusun angket, cara penggunaan, jenis pertanyaan, dsb.). Instrumen tes psikologi (tes: inteligensi, minat, sikap, prestasi, bakat, kepribadian, konsentrasi, karakter, self efficacy, dsb.), prosedur/tata cara/langkah-langkah/tahapan penyusunan dan pengembangan instrumen penelitian tes dan non tes dan instrumen lainnya, validitas (pengertian, jenis validitas, uji validitas) dan reliabilitas (pengertian, factor-faktor yang berpengaruh pada reliabilitas, uji reliabilitas) instrumen penelitian, uji coba instrumen penelitian. Pelaksanaan perkuliahan dengan menerapkan model pembelajaran case study dan project based learning

Pustaka

Utama :

  1. Canals, L. 2017. Instruments for gathering data. In E. Moore & M. Dooly (Eds), Qualitative approaches to research on plurilingual education (pp. 390-401). Research-publishing.net. https://doi.org/10.14705/rpnet.2017.emmd2016.637
  2. Cohen, L., Manion, l., Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. New York: Routledge.
  3. Creswell, John, W., Creswell, J., David. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc.
  4. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  5. Taherdoost, H. 2021. Data Collection Methods and Tools for Research; A Step-by-Step Guide to Choose. International Journal of Academic Research in Management (IJARM), Vol. 10, No. 1, 2021, Page: 10-38, ISSN: 2296-1747 www.elvedit.com
  6. GoyaL, A. 2022. Data Collecting Instruments and Tools in Research. International Journal of Creative Research Thoughts (IJCRT), Volume 10, Issue 5, ISSN: 2320-2882 www.ijcrt.org.

Pendukung :

  1. Referensi/sumber belajar/media lain baik digital maupun non digital, internet

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd.

Dr. Wiwik Widajati, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menganalisis dan mengkomunikasikan konsep dasar, kriteria, jenis-jenis, manfaat, syarat instrumen penelitian.

  1. Hasil diskusi tentang konsep dasar, kriteria, jenis-jenis, manfaat, syarat instrumen penelitian
  2. Peta konsep tentang materi pengembangan instrumen penelitian
Kriteria:

Ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Project Based Learning, presentasi, diskusi kelompok
2x50 menit

Materi: Konsep dasar, kriteria, jenis-jenis, manfaat, syarat instrumen penelitian
Pustaka: Cohen, L., Manion, l., Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. New York: Routledge.
0%

2

Minggu ke 2

Menganalisis, mengidentifikasi dan mengkomunikasikan kaitan topik, variabel, dimensi variabel, permasalahan, teori, konsep/konstruk data, definisi operasional variabel/definisi istilah, indikator dengan instrumen penelitian

  1. Mempresentasikan materi tentang kaitan topik, variabel, dimensi variabel, permasalahan, teori, konsep/konstruk data, definisi operasional variabel/definisi istilah, indikator dengan instrumen penelitian
  2. Mengidentifikasi urgensi instrumen penelitian dalam penelitian pendidikan luar biasa
Kriteria:

Ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Project Based Learning, presentasi, diskusi, penugasan
2x50 menit

Materi: Kaitan topik, variabel, dimensi variabel, permasalahan, teori, konsep/konstruk data, definisi operasional variabel/definisi istilah, indikator dengan instrumen penelitian
Pustaka: Cohen, L., Manion, l., Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. New York: Routledge.
0%

3

Minggu ke 3

Menganalisis, mengkomunikasikan metode pengumpulan data, jenis variabel dan instrumen penelitian, instrumen penelitian tes dan non tes. Kisi-kisi instrumen penelitian. Skala pengukuran, jenis dan contoh skala pengukuran. Instrumen penelitian kualitatif, manusia/peneliti sebagai instrumen penelitian, instrumen penelitian kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis.

  1. Mendiskusikan dan mengkomunikasikan metode pengumpulan data, jenis variabel dan instrumen penelitian pendidikan luar biasa, instrumen penelitian tes dan non tes
  2. Mendiskusikan dan mengkomunikasikan skala pengukuran, jenis dan contoh skala pengukuran. Instrumen penelitian kualitatif, manusia/peneliti sebagai instrumen penelitian, instrumen penelitian kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis
Kriteria:

Ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Project based learning, kolaborasi, penugasan
2x50 menit

Materi: Metode pengumpulan data, jenis variabel dan instrumen penelitian pendidikan luar biasa, instrumen penelitian tes dan non tes, skala pengukuran, jenis dan contoh skala pengukuran. Instrumen penelitian kualitatif, manusia/peneliti sebagai instrumen penelitian, instrumen penelitian kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis
Pustaka: Cohen, L., Manion, l., Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. New York: Routledge.
0%

4

Minggu ke 4

Menganalisis, mengkomunikasikan Kuesioner/angket (pengertian, manfaat, jenis, tata cara menyusun angket, cara penggunaan, jenis pertanyaan, dsb.). Instrumen tes psikologi (tes: inteligensi, minat, sikap, prestasi, bakat, kepribadian, konsentrasi, karakter, self efficacy, dsb.). Menentukan project dan produk berkaitan dengan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa

  1. Menganalisis pentingnya kuesioner/angket (pengertian, manfaat, jenis, tata cara menyusun angket, cara penggunaan, jenis pertanyaan, dsb.) dalam penelitian Pendidikan luar biasa
  2. Menentukan project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa (sintaks 1) dan mengeksplore/inkuiry sumber untuk penyelesaian Project/produk (sintaks 1) serta scoping review
Kriteria:

Ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Project based learning, diskusi, kolaborasi, resitasi
2X50 menit

Materi: Kuesioner/angket (pengertian, manfaat, jenis, tata cara menyusun angket, cara penggunaan, jenis pertanyaan, dsb.) dalam penelitian Pendidikan luar biasa, penentuan project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa dan inkuiry sumber untuk penyelesaian project/produk
Pustaka: Cohen, L., Manion, l., Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. New York: Routledge.
10%

5

Minggu ke 5

Menganalisis, mengkomunikasikan prosedur/tata cara/langkah-langkah/tahapan penyusunan dan pengembangan instrumen penelitian tes dan non tes dan instrumen lainnya. Validitas (pengertian, jenis validitas, uji validitas) dan reliabilitas (pengertian, factor-faktor yang berpengaruh pada reliabilitas, uji reliabilitas) instrumen penelitian pendidikan luar biasa

  1. Mendiskusikan dan mengkomunikasikan prosedur/tata cara/langkah-langkah/tahapan penyusunan dan pengembangan instrumen penelitian tes dan non tes dan instrumen lainnya dalam penelitian Pendidikan luar biasa
  2. Mendiskusikan dan mengkomunikasikan validitas (pengertian, jenis validitas, uji validitas) dan reliabilitas (pengertian, factor-faktor yang berpengaruh pada reliabilitas, uji reliabilitas) instrumen penelitian, uji coba instrumen penelitian Pendidikan luar biasa
  3. Merancang kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian tes dan non tes serta instrumen penelitian aspek afektif/psikologis dalam penelitian Pendidikan luar biasa
Kriteria:

Ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Project based learning, kooperatif, kolaborasi, case study, inkuiry, resitasi
2X50 menit

Materi: Prosedur/tata cara/langkah-langkah/tahapan penyusunan dan pengembangan instrumen penelitian tes dan non tes dan instrumen lainnya dalam penelitian Pendidikan luar biasa. Validitas (pengertian, jenis validitas, uji validitas) dan reliabilitas (pengertian, factor-faktor yang berpengaruh pada reliabilitas, uji reliabilitas) instrumen penelitian Pendidikan luar biasa. Rancangan kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian tes dan non tes serta instrumen penelitian aspek afektif/psikologis dalam penelitian Pendidikan luar biasa
Pustaka: Creswell, John, W., Creswell, J., David. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc.
0%

6

Minggu ke 6

Menganalisis, mengkomunikasikan uji coba instrumen penelitian Pendidikan luar biasa Menentukan project dan produk berkaitan dengan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa

Mendiskusikan pelaksanaan uji coba instrumen penelitian Pendidikan luar biasa. Menentukan project dan produk berkaitan dengan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa

Kriteria:

Ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning, kooperatif, kolaborasi, case study, inkuiry, resitasi
2X50 menit

Materi: Materi tentang uji coba instrumen penelitian Pendidikan luar biasa. Penentuan project dan produk berkaitan dengan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa serta scoping review
Pustaka: GoyaL, A. 2022. Data Collecting Instruments and Tools in Research. International Journal of Creative Research Thoughts (IJCRT), Volume 10, Issue 5, ISSN: 2320-2882 www.ijcrt.org.
0%

7

Minggu ke 7

Mendesain/ perencanaan project/produk, merancang/merencanakan langkah-langkah penyelesaian project/produk. berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (artikel, buku, pembuatan kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian kualitatif, kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis dsb.) penelitian Pendidikan luar biasa

  1. Mendesain atau perencanaan project/produk berkaitan berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (artikel, buku, pembuatan kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian kualitatif, kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis dsb.) secara individual dan kelompok (sintaks 2)
  2. Merancang/merencanakan alat, bahan, langkah-langkah penyelesaian pembuatan project/produk. berkaitan berkaitan pengembangan instrumen dalam penelitian Pendidikan luar biasa (sintaks 2) dan scoping review
Kriteria:

Ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Project based learning, kooperatif, kolaborasi, case study, flipped classroom, resitasi
2X50 menit

Materi: Desain atau perencanaan project/produk berkaitan berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (artikel, buku, pembuatan kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian kualitatif, kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis dsb.) secara individual dan kelompok. Rancangan/perencanaan alat, bahan, langkah-langkah penyelesaian pembuatan project/produk. berkaitan berkaitan pengembangan instrumen dalam penelitian Pendidikan luar biasa dan scoping review.
Pustaka: Canals, L. 2017. Instruments for gathering data. In E. Moore & M. Dooly (Eds), Qualitative approaches to research on plurilingual education (pp. 390-401). Research-publishing.net. https://doi.org/...
10%

8

Minggu ke 8

Mengerjakan tugas Ujian Tengah Semester (UTS)

Menyelesaikan dan mengumpulkan hasil produk berkaitan tugas Ujian Tengah Semester (UTS)

Kriteria:

Ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning, case study, flipped Classroom, resitasi
2X50 menit

Materi: Tugas berupa produk berkaitan dengan pengembangan instrumen penelitian
Pustaka: Creswell, John, W., Creswell, J., David. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc.
20%

9

Minggu ke 9

Mendesain perencanaan project/produk, merancang/merencanakan langkah-langkah penyelesaian hasil project/produk pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa

  1. Menyusun jadwal pelaksanaan, jadwal aktivitas, waktu penyelesaian project/pembuatan produk secara kolaboratif berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (sintaks 3)
  2. Menyelesaikan project/pembuatan produk secara kolaboratif berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa dapat dilakukan juga di luar jam perkuliahan (sintaks 3)
Kriteria:

Ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Project based learning, kooperatif, kolaborasi, case study, flipped Classroom, resitasi
2X50 menit

Materi: Penyelesaian project dan pembuatan produk serta praktik berkaitan pembuatan project/produk secara kolaboratif berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa
Pustaka: Taherdoost, H. 2021. Data Collection Methods and Tools for Research; A Step-by-Step Guide to Choose. International Journal of Academic Research in Management (IJARM), Vol. 10, No. 1, 2021, Page: 10-38, ISSN: 2296-1747 www.elvedit.com
0%

10

Minggu ke 10

Melaksanakan atau mempraktikkan, mengkomunikasikan hasil project/pembuatan produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (artikel, buku, pembuatan kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian kualitatif, kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis, dsb.)

Melaksanakan atau mempraktikkan, mengkomunikasikan hasil project pembuatan produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (artikel, buku, pembuatan kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian kualitatif, kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis, dsb.) dan scoping review

Kriteria:

Ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Project based learning, kooperatif, kolaborasi, case study, flipped Classroom, resitasi
2X50 menit

Materi: Penyelesaian project dan pembuatan produk serta praktik berkaitan pembuatan project/produk secara kolaboratif berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa
Pustaka: GoyaL, A. 2022. Data Collecting Instruments and Tools in Research. International Journal of Creative Research Thoughts (IJCRT), Volume 10, Issue 5, ISSN: 2320-2882 www.ijcrt.org.
0%

11

Minggu ke 11

Menyelesaikan project/pembuatan produk dan monitoring project. berkaitan berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa

  1. Menyelesaikan project/pembuatan produk dan monitoring project berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (sintaks 4)
  2. Menyiapkan produk yang akan dipresentasikan dan dimonitor oleh dosen (sintaks 4)
  3. Melakukan investigasi, saling tukar pengetahuan pengalaman, observasi, eksperimen, inkuiry, dsb.(sintaks 4)
Kriteria:

Ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Project based learning, kooperatif, kolaborasi, case study, flipped Classroom, resitasi
2X50 menit

Materi: Penyelesaian project/pembuatan produk dan monitoring project. berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa
Pustaka: Creswell, John, W., Creswell, J., David. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc.
0%

12

Minggu ke 12

Mengevaluasi hasil, menyusun laporan, mengkomunikasika, presentasi dan publikasi hasil project/pembuatan produk berkaitan berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa

Mengevaluasi dan menyusun laporan hasil project/ produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa secara tertulis atau lisan (sintaks 5)

Kriteria:

Ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning, kolaborasi, case study, flipped classroom, resitasi
2X50 menit

Materi: Evaluasi dan laporan hasil project/ produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa
Pustaka: Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
15%

13

Minggu ke 13

Mengevaluasi hasil, menyusun laporan, mengkomunikasika, presentasi dan publikasi hasil project/pembuatan produk berkaitan berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa

Mengkomunikasikan, mempresentasikan dan mempublikasikan hasil project/pembuatan produk dan monitoring project. berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa (sintaks 5)

Kriteria:

Ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Project based learning, kolaborasi, case study, flipped classroom, resitasi
2X50 menit

Materi: Publikasi hasil project/pembuatan produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa
Pustaka: Canals, L. 2017. Instruments for gathering data. In E. Moore & M. Dooly (Eds), Qualitative approaches to research on plurilingual education (pp. 390-401). Research-publishing.net. https://doi.org/...
0%

14

Minggu ke 14

Mengevaluasi hasil, menyusun laporan, mengkomunikasika, presentasi dan publikasi hasil project/pembuatan produk berkaitan berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa

Mengkomunikasikan, mempresentasikan dan mempublikasikan hasil project/pembuatan produk dan monitoring project. berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa (sintaks 5)

Kriteria:

Ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Project based learning, kolaborasi, case study, flipped classroom, resitasi
2X50 menit

Materi: Publikasi hasil project/pembuatan produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa
Pustaka: Canals, L. 2017. Instruments for gathering data. In E. Moore & M. Dooly (Eds), Qualitative approaches to research on plurilingual education (pp. 390-401). Research-publishing.net. https://doi.org/...
0%

15

Minggu ke 15

Mengevaluasi proses dan melakukan refleksi hasil project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa

  1. Mengevaluasi proses hasil project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa (sintaks 6)
  2. Melakukan refleksi hasil project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa (sintaks 6)
Kriteria:

Ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning, kolaborasi, flipped classroom, resitasi
2X50 menit

Materi: Evaluasi proses hasil project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa. Refleksi hasil project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa
Pustaka: Cohen, L., Manion, l., Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. New York: Routledge.
15%

16

Minggu ke 16

Mampu mengerjakan tugas Ujian Akhir Semester (UAS) berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa

Mampu menyelesaikan tugas Ujian Akhir Semester (UAS) berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa

Kriteria:

Ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning, flipped classroom, resitasi
2X50 menit

Materi: Penyelesaian tugas Ujian Akhir Semester berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa
Pustaka: Creswell, John, W., Creswell, J., David. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc.
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 25%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 65%
3. Penilaian Portofolio 5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.