
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Luar Biasa
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN |
8611702061 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
12 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Siti Masitoh, M. Pd. dan Dr. Wiwik Widajati, M. Pd.
|
Dr. Asri Wijiastuti, M. Pd.
|
ASRI WIJIASTUTI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu menemukan sumber masalah rekayasa melalui proses penelitian, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa di bidang Pendidikan Luar Biasa; |
PLO-8 |
Mampu memilih dan memanfaatkan system teknologi informasi dan yang adaptif dan kontekstual mendukung perencanaan, rekayasa, dan layanan di bidang Pendidikan Luar Biasa; |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berkaitan pengembangan instrumen penelitian dalam penelitian pendidikan luar biasa
|
PO - 2 |
Terampil menemukan sumber masalah rekayasa melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi serta pengembangan instrumen penelitian dalam penelitian pendidikan luar biasa untuk memecahkan permasalahan individu disabilitas
|
PO - 3 |
Mampu memilih dan memanfaatkan teknologi informasi yang adaptif dan kontekstual serta relevan untuk mendukung pengembangan instrumen penelitian yang adaptif, inovatif, kreatif, komprehensif maupun pelaksanaan hal tersebut dalam penelitian pendidikan luar biasa
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas, mengkaji, menganalisis tentang pengertian, kriteria, jenis-jenis, manfaat, syarat instrumen penelitian. kaitan topik, variabel, dimensi variabel, permasalahan, teori, konsep/konstruk data, definisi operasional variabel/definisi istilah, indikator dengan instrumen penelitian, metode pengumpulan data. Jenis variabel dan instrumen penelitian. Instrumen penelitian tes dan non tes. Kisi-kisi instrumen penelitian. Skala pengukuran, jenis/macam-macam dan contoh skala pengukuran, instrumen penelitian kualitatif, manusia/peneliti sebagai instrumen penelitian, instrumen penelitian kuantitatif, R & D, PTK, mixed/campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis, kuesioner/angket (pengertian, manfaat, jenis, tata cara menyusun angket, cara penggunaan, jenis pertanyaan, dsb.). Instrumen tes psikologi (tes: inteligensi, minat, sikap, prestasi, bakat, kepribadian, konsentrasi, karakter, self efficacy, dsb.), prosedur/tata cara/langkah-langkah/tahapan penyusunan dan pengembangan instrumen penelitian tes dan non tes dan instrumen lainnya, validitas (pengertian, jenis validitas, uji validitas) dan reliabilitas (pengertian, factor-faktor yang berpengaruh pada reliabilitas, uji reliabilitas) instrumen penelitian, uji coba instrumen penelitian. Pelaksanaan perkuliahan dengan menerapkan model pembelajaran case study dan project based learning |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Canals, L. 2017. Instruments for gathering data. In E. Moore & M. Dooly (Eds), Qualitative approaches to research on plurilingual education (pp. 390-401). Research-publishing.net. https://doi.org/10.14705/rpnet.2017.emmd2016.637
- Cohen, L., Manion, l., Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. New York: Routledge.
- Creswell, John, W., Creswell, J., David. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc.
- Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Taherdoost, H. 2021. Data Collection Methods and Tools for Research; A Step-by-Step Guide to Choose. International Journal of Academic Research in Management (IJARM), Vol. 10, No. 1, 2021, Page: 10-38, ISSN: 2296-1747 www.elvedit.com
- GoyaL, A. 2022. Data Collecting Instruments and Tools in Research. International Journal of Creative Research Thoughts (IJCRT), Volume 10, Issue 5, ISSN: 2320-2882 www.ijcrt.org.
- Madhani, A. S. P., Rini, H. S., Masitoh, S., Widajati, W., dkk. 2025. Mengungkap Kebenaran: Instrumen Penelitian Untuk Menggali Fakta dan Angka. Malang: CV. Beta Aksara.
|
Pendukung : |
|
- Asiah, S., Nursalim, M., Masitoh, S. 2023. Implications of the Theory of Coherence, Correspondence and Pragmatism of Truth for Education. Education Achievment: Journal of Science and Research. Volume 4 Issue 3 November 2023 Journal. Homepage: http://pusdikra-publishing.com/index.php/jsr. Doi. 10.51178/jsr.v4i3.1662.
- Aulina, C., N., Masitoh, S., Arianto, F. 2024. Whole Brain Teaching and Multi-Sensory Environments on Cognitive Science Development: Moderated by Children's Learning Preferences. IJORER: International Journal of Recent Educational Research. p-ISSN : 2721-852X ; e-ISSN : 2721-7965 IJORER, Vol. 5, No. 4, July 2024 Page 963-977 © 2024. https://journal.ia-education.com/index.php/ijorer. DOI: https://doi.org/10.46245/ijorer.v5i4.624
- Widajati, W., Mahmudah, S., dkk. 2023. Experiential Learning To Improve Vocational Life Skill Disabilities in Inclusive Schools. Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities 2023 (IJCAH 2023), Advances in Social Science, Education and Humanities Research 785, https://doi.org/10.2991/978-2-38476-152-4_126
- Widajati, W., Mahmudah, S. 2022. Promt Scaffolding in Learning Life Skills for Self-Development of Intellectual Disabilities Students in Inclusive Primary School. Jurnal Pendidikan Indonesia. Volume 11, Number 1, 2022 pp. 71-77 P-ISSN: 2303-288X E-ISSN: 2541-7207 Open Access: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v11i1.33962
- Referensi/sumber belajar/media lain baik digital maupun non digital, internet
|
Dosen Pengampu
|
SITI MASITOH WIWIK WIDAJATI Dr. Wiwik Widajati, M.Pd. Dr. Wiwik Widajati, M.Pd. Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd. Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menganalisis dan mengkomunikasikan konsep dasar, kriteria, jenis-jenis, manfaat, syarat instrumen penelitian. |
- Hasil diskusi tentang konsep dasar, kriteria, jenis-jenis, manfaat, syarat instrumen penelitian
- Peta konsep tentang materi pengembangan instrumen penelitian
|
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Project Based Learning, presentasi, diskusi kelompok 2x50 menit |
|
Materi: Konsep dasar, kriteria, jenis-jenis, manfaat, syarat instrumen penelitian Pustaka: Cohen, L., Manion, l., Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. New York: Routledge. |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis, mengidentifikasi dan mengkomunikasikan kaitan topik, variabel, dimensi variabel, permasalahan, teori, konsep/konstruk data, definisi operasional variabel/definisi istilah, indikator dengan instrumen penelitian |
- Mempresentasikan materi tentang kaitan topik, variabel, dimensi variabel, permasalahan, teori, konsep/konstruk data, definisi operasional variabel/definisi istilah, indikator dengan instrumen penelitian
- Mengidentifikasi urgensi instrumen penelitian dalam penelitian pendidikan luar biasa
|
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Project Based Learning, presentasi, diskusi, penugasan 2x50 menit |
|
Materi: Kaitan topik, variabel, dimensi variabel, permasalahan, teori, konsep/konstruk data, definisi operasional variabel/definisi istilah, indikator dengan instrumen penelitian Pustaka: Cohen, L., Manion, l., Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. New York: Routledge. |
0% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis, mengkomunikasikan metode pengumpulan data, jenis variabel dan instrumen penelitian, instrumen penelitian tes dan non tes. Kisi-kisi instrumen penelitian. Skala pengukuran, jenis dan contoh skala pengukuran. Instrumen penelitian kualitatif, manusia/peneliti sebagai instrumen penelitian, instrumen penelitian kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis. |
- Mendiskusikan dan mengkomunikasikan metode pengumpulan data, jenis variabel dan instrumen penelitian pendidikan luar biasa, instrumen penelitian tes dan non tes
- Mendiskusikan dan mengkomunikasikan skala pengukuran, jenis dan contoh skala pengukuran. Instrumen penelitian kualitatif, manusia/peneliti sebagai instrumen penelitian, instrumen penelitian kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis
|
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Project based learning, kolaborasi, penugasan 2x50 menit |
|
Materi: Metode pengumpulan data, jenis variabel dan instrumen penelitian pendidikan luar biasa, instrumen penelitian tes dan non tes, skala pengukuran, jenis dan contoh skala pengukuran. Instrumen penelitian kualitatif, manusia/peneliti sebagai instrumen penelitian, instrumen penelitian kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis Pustaka: Cohen, L., Manion, l., Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. New York: Routledge. |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis, mengkomunikasikan Kuesioner/angket (pengertian, manfaat, jenis, tata cara menyusun angket, cara penggunaan, jenis pertanyaan, dsb.). Instrumen tes psikologi (tes: inteligensi, minat, sikap, prestasi, bakat, kepribadian, konsentrasi, karakter, self efficacy, dsb.). Menentukan project dan produk berkaitan dengan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa |
- Menganalisis pentingnya kuesioner/angket (pengertian, manfaat, jenis, tata cara menyusun angket, cara penggunaan, jenis pertanyaan, dsb.) dalam penelitian Pendidikan luar biasa
- Menentukan project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa (sintaks 1) dan mengeksplore/inkuiry sumber untuk penyelesaian Project/produk (sintaks 1) serta scoping review
|
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Project based learning, diskusi, kolaborasi, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Kuesioner/angket (pengertian, manfaat, jenis, tata cara menyusun angket, cara penggunaan, jenis pertanyaan, dsb.) dalam penelitian Pendidikan luar biasa, penentuan project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa dan inkuiry sumber untuk penyelesaian project/produk Pustaka: Cohen, L., Manion, l., Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. New York: Routledge. |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis, mengkomunikasikan prosedur/tata cara/langkah-langkah/tahapan penyusunan dan pengembangan instrumen penelitian tes dan non tes dan instrumen lainnya. Validitas (pengertian, jenis validitas, uji validitas) dan reliabilitas (pengertian, factor-faktor yang berpengaruh pada reliabilitas, uji reliabilitas) instrumen penelitian pendidikan luar biasa |
- Mendiskusikan dan mengkomunikasikan prosedur/tata cara/langkah-langkah/tahapan penyusunan dan pengembangan instrumen penelitian tes dan non tes dan instrumen lainnya dalam penelitian Pendidikan luar biasa
- Mendiskusikan dan mengkomunikasikan validitas (pengertian, jenis validitas, uji validitas) dan reliabilitas (pengertian, factor-faktor yang berpengaruh pada reliabilitas, uji reliabilitas) instrumen penelitian, uji coba instrumen penelitian Pendidikan luar biasa
- Merancang kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian tes dan non tes serta instrumen penelitian aspek afektif/psikologis dalam penelitian Pendidikan luar biasa
|
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Project based learning, kooperatif, kolaborasi, case study, inkuiry, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Prosedur/tata cara/langkah-langkah/tahapan penyusunan dan pengembangan instrumen penelitian tes dan non tes dan instrumen lainnya dalam penelitian Pendidikan luar biasa. Validitas (pengertian, jenis validitas, uji validitas) dan reliabilitas (pengertian, factor-faktor yang berpengaruh pada reliabilitas, uji reliabilitas) instrumen penelitian Pendidikan luar biasa. Rancangan kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian tes dan non tes serta instrumen penelitian aspek afektif/psikologis dalam penelitian Pendidikan luar biasa Pustaka: Creswell, John, W., Creswell, J., David. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc. |
0% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis, mengkomunikasikan uji coba instrumen penelitian Pendidikan luar biasa Menentukan project dan produk berkaitan dengan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa |
Mendiskusikan pelaksanaan uji coba instrumen penelitian Pendidikan luar biasa. Menentukan project dan produk berkaitan dengan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa |
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning, kooperatif, kolaborasi, case study, inkuiry, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Materi tentang uji coba instrumen penelitian Pendidikan luar biasa. Penentuan project dan produk berkaitan dengan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa serta scoping review Pustaka: GoyaL, A. 2022. Data Collecting Instruments and Tools in Research. International Journal of Creative Research Thoughts (IJCRT), Volume 10, Issue 5, ISSN: 2320-2882 www.ijcrt.org. |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mendesain/ perencanaan project/produk, merancang/merencanakan langkah-langkah penyelesaian project/produk. berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (artikel, buku, pembuatan kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian kualitatif, kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis dsb.) penelitian Pendidikan luar biasa |
- Mendesain atau perencanaan project/produk berkaitan berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (artikel, buku, pembuatan kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian kualitatif, kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis dsb.) secara individual dan kelompok (sintaks 2)
- Merancang/merencanakan alat, bahan, langkah-langkah penyelesaian pembuatan project/produk. berkaitan berkaitan pengembangan instrumen dalam penelitian Pendidikan luar biasa (sintaks 2) dan scoping review
|
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Project based learning, kooperatif, kolaborasi, case study, flipped classroom, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Desain atau perencanaan project/produk berkaitan berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (artikel, buku, pembuatan kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian kualitatif, kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis dsb.) secara individual dan kelompok. Rancangan/perencanaan alat, bahan, langkah-langkah penyelesaian pembuatan project/produk. berkaitan berkaitan pengembangan instrumen dalam penelitian Pendidikan luar biasa dan scoping review. Pustaka: Canals, L. 2017. Instruments for gathering data. In E. Moore & M. Dooly (Eds), Qualitative approaches to research on plurilingual education (pp. 390-401). Research-publishing.net. https://doi.org/... |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Mengerjakan tugas Ujian Tengah Semester (UTS) |
Menyelesaikan dan mengumpulkan hasil produk berkaitan tugas Ujian Tengah Semester (UTS) |
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning, case study, flipped Classroom, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Tugas berupa produk berkaitan dengan pengembangan instrumen penelitian Pustaka: Creswell, John, W., Creswell, J., David. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mendesain perencanaan project/produk, merancang/merencanakan langkah-langkah penyelesaian hasil project/produk pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa |
- Menyusun jadwal pelaksanaan, jadwal aktivitas, waktu penyelesaian project/pembuatan produk secara kolaboratif berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (sintaks 3)
- Menyelesaikan project/pembuatan produk secara kolaboratif berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa dapat dilakukan juga di luar jam perkuliahan (sintaks 3)
|
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project based learning, kooperatif, kolaborasi, case study, flipped Classroom, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Penyelesaian project dan pembuatan produk serta praktik berkaitan pembuatan project/produk secara kolaboratif berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa Pustaka: Taherdoost, H. 2021. Data Collection Methods and Tools for Research; A Step-by-Step Guide to Choose. International Journal of Academic Research in Management (IJARM), Vol. 10, No. 1, 2021, Page: 10-38, ISSN: 2296-1747 www.elvedit.com |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Melaksanakan atau mempraktikkan, mengkomunikasikan hasil project/pembuatan produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (artikel, buku, pembuatan kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian kualitatif, kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis, dsb.) |
Melaksanakan atau mempraktikkan, mengkomunikasikan hasil project pembuatan produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (artikel, buku, pembuatan kisi-kisi instrumen penelitian dan instrumen penelitian kualitatif, kuantitatif, R & D, PTK, mixed atau campuran, instrumen penelitian aspek afektif/psikologis, dsb.) dan scoping review |
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Project based learning, kooperatif, kolaborasi, case study, flipped Classroom, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Penyelesaian project dan pembuatan produk serta praktik berkaitan pembuatan project/produk secara kolaboratif berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa Pustaka: GoyaL, A. 2022. Data Collecting Instruments and Tools in Research. International Journal of Creative Research Thoughts (IJCRT), Volume 10, Issue 5, ISSN: 2320-2882 www.ijcrt.org. |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Menyelesaikan project/pembuatan produk dan monitoring project. berkaitan berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa |
- Menyelesaikan project/pembuatan produk dan monitoring project berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa (sintaks 4)
- Menyiapkan produk yang akan dipresentasikan dan dimonitor oleh dosen (sintaks 4)
- Melakukan investigasi, saling tukar pengetahuan pengalaman, observasi, eksperimen, inkuiry, dsb.(sintaks 4)
|
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Project based learning, kooperatif, kolaborasi, case study, flipped Classroom, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Penyelesaian project/pembuatan produk dan monitoring project. berkaitan pengembangan instrumen penelitian Pendidikan luar biasa Pustaka: Creswell, John, W., Creswell, J., David. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc. |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mengevaluasi hasil, menyusun laporan, mengkomunikasika, presentasi dan publikasi hasil project/pembuatan produk berkaitan berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa |
Mengevaluasi dan menyusun laporan hasil project/ produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa secara tertulis atau lisan (sintaks 5) |
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning, kolaborasi, case study, flipped classroom, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Evaluasi dan laporan hasil project/ produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa Pustaka: Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. |
15% |
13
Minggu ke 13 |
Mengevaluasi hasil, menyusun laporan, mengkomunikasika, presentasi dan publikasi hasil project/pembuatan produk berkaitan berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa |
Mengkomunikasikan, mempresentasikan dan mempublikasikan hasil project/pembuatan produk dan monitoring project. berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa (sintaks 5) |
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Project based learning, kolaborasi, case study, flipped classroom, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Publikasi hasil project/pembuatan produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa Pustaka: Canals, L. 2017. Instruments for gathering data. In E. Moore & M. Dooly (Eds), Qualitative approaches to research on plurilingual education (pp. 390-401). Research-publishing.net. https://doi.org/... |
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mengevaluasi hasil, menyusun laporan, mengkomunikasika, presentasi dan publikasi hasil project/pembuatan produk berkaitan berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa |
Mengkomunikasikan, mempresentasikan dan mempublikasikan hasil project/pembuatan produk dan monitoring project. berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa (sintaks 5) |
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Project based learning, kolaborasi, case study, flipped classroom, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Publikasi hasil project/pembuatan produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa Pustaka: Canals, L. 2017. Instruments for gathering data. In E. Moore & M. Dooly (Eds), Qualitative approaches to research on plurilingual education (pp. 390-401). Research-publishing.net. https://doi.org/... |
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mengevaluasi proses dan melakukan refleksi hasil project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa |
- Mengevaluasi proses hasil project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa (sintaks 6)
- Melakukan refleksi hasil project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa (sintaks 6)
|
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning, kolaborasi, flipped classroom, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Evaluasi proses hasil project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa. Refleksi hasil project/produk berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa Pustaka: Cohen, L., Manion, l., Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. New York: Routledge. |
15% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu mengerjakan tugas Ujian Akhir Semester (UAS) berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa |
Mampu menyelesaikan tugas Ujian Akhir Semester (UAS) berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa |
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning, flipped classroom, resitasi 2X50 menit |
|
Materi: Penyelesaian tugas Ujian Akhir Semester berkaitan pengembangan instrumen penelitian pendidikan luar biasa Pustaka: Creswell, John, W., Creswell, J., David. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc. |
30% |