Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Pendidikan Sejarah

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sejarah Publik

8720102262

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

1 September 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Wisnu, M.Hum. Mohammad Refi Omar Ar-Razy, S.Pd., M.Hum. Rojil Nugroho Bayu Aji, S.Hum., M.A.




Prof. Dr. Wisnu, M.Hum.




WISNU

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu Memecahkan Kompleksitas Permasalahan Pembelajaran Sejarah Berbasis Riset Inter Disiplin dan Multi Disiplin

PLO-7

Menguasai Pengetahuan Peristiwa Sejarah, Fakta, dan Konsep

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, serta berjiwa kewirausahaan dalam mengembangkan program dan kegiatan sejarah publik yang melibatkan masyarakat luas.

PO - 2

Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menganalisis praktik sejarah publik melalui media, museum, monumen, arsip, maupun digital humanities.

PO - 3

Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan melalui studi literatur, riset, dan kolaborasi dengan komunitas sejarah dalam merancang proyek sejarah publik.

PO - 4

Mahasiswa mampu memecahkan kompleksitas permasalahan dalam praktik sejarah publik dengan memanfaatkan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner, baik di bidang pendidikan, budaya, maupun media.

PO - 5

Mahasiswa menguasai pengetahuan tentang peristiwa, fakta, dan konsep sejarah serta mampu mengintegrasikannya dalam interpretasi, narasi, dan penyajian sejarah publik yang kontekstual.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4PLO-6PLO-7
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Sejarah Publik membahas tentang cara kerja sejarawan di luar ranah akademik formal, khususnya dalam upaya mengomunikasikan sejarah kepada khalayak luas. Kajian ini mencakup konsep, teori, serta praktik sejarah publik yang melibatkan interaksi antara sejarawan, masyarakat, dan media. Mahasiswa akan diperkenalkan pada berbagai medium penyampaian sejarah seperti museum, arsip, situs bersejarah, film, dokumenter, media sosial, dan bentuk representasi budaya lainnya. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami peran sejarah dalam ruang publik, menilai praktik historiografi publik secara kritis, serta mengembangkan keterampilan dalam mengemas pengetahuan sejarah agar dapat diakses dan diapresiasi oleh masyarakat luas. Selain itu, mata kuliah ini menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat (public engagement) dalam pelestarian, interpretasi, dan penggunaan sejarah untuk kepentingan identitas, pendidikan, dan rekonsiliasi sosial.

Pustaka

Utama :

  1. Noiret, Serge; Tebeau, Mark; Zaagsma, Gerben (Ed.). (2022). Handbook of Digital Public History. De Gruyter Oldenbourg. cadmus.eui.eu+1
  2. Fisanick, Christina; Stakeley, Robert O. (2021). Digital Storytelling as Public History: A Guidebook for Educators. Routledge. Routledge
  3. Tebeau, Mark. (2023). Public History for a Digital Age. (Judul asli + edisi Inggris) [Edit: publikasi 2023]. Adlibris
  4. Van Reybrouck, David. (2020). Revolusi: Indonesia and the Birth of the Modern World. Penerbit dalam bahasa aslinya; terjemahan Inggris 2024. Wikipedia
  5. History of Indonesia: A Resource Book. Said Hamid Hassan, Sri Margana, Bondan Kanumoyoso, Kresno Brahmantyo. Direktorat Sejarah, Jakarta; Direktorat Jenderal Kebudayaan. (2024). Kemdikbud Repository
  6. Bevins, Vincent. (2020). The Jakarta Method: Washington’s Anticommunist Crusade and the Mass Murder Program that Shaped Our World. PublicAffairs

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Analisis perbedaan konsep sejarah publik
  2. Evaluasi relevansi perkembangan sejarah publik di Indonesia
  1. Ketepatan analisis konsep.
  2. Relevansi evaluasi konteks Indonesia.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: Pengantar Sejarah Publik
Pustaka: Noiret, Serge; Tebeau, Mark; Zaagsma, Gerben (Ed.). (2022). Handbook of Digital Public History. De Gruyter Oldenbourg. cadmus.eui.eu 1

Materi: Pengantar Sejarah Publik
Pustaka: Fisanick, Christina; Stakeley, Robert O. (2021). Digital Storytelling as Public History: A Guidebook for Educators. Routledge. Routledge
5%

2

Minggu ke 2

  1. Analisis tujuan, metode, audiens
  2. Evaluasi implikasi terhadap praktik
  1. Kelengkapan analisis persamaan/perbedaan.
  2. Argumentasi evaluasi implikasi.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline

Materi: jenis-jenis pendekatan yang digunakan dalam sejarah publik.
Pustaka: Wojdon, J., & Wiśniewska, D. (Eds.). (2022). The public(s) in public history. Routledge.

Materi: Sejarah Publik vs Akademik
Pustaka: Noiret, Serge; Tebeau, Mark; Zaagsma, Gerben (Ed.). (2022). Handbook of Digital Public History. De Gruyter Oldenbourg. cadmus.eui.eu 1

Materi: Sejarah Publik vs Akademik
Pustaka: Fisanick, Christina; Stakeley, Robert O. (2021). Digital Storytelling as Public History: A Guidebook for Educators. Routledge. Routledge
5%

3

Minggu ke 3

  1. Analisis kelebihan & keterbatasan metod
  2. Rancang pendekatan integratif
  1. Kedalaman analisis metode.
  2. Kreativitas rancangan pendekatan.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: Metodologi & Pendekatan
Pustaka: Noiret, Serge; Tebeau, Mark; Zaagsma, Gerben (Ed.). (2022). Handbook of Digital Public History. De Gruyter Oldenbourg. cadmus.eui.eu 1

Materi: Metodologi & Pendekatan
Pustaka: Tebeau, Mark. (2023). Public History for a Digital Age. (Judul asli edisi Inggris) [Edit: publikasi 2023]. Adlibris
5%

4

Minggu ke 4

  1. Analisis validitas & reliabilitas data lisan
  2. Evaluasi strategi pengolahan wawancara
  1. Ketepatan analisis validitas/reliabilitas.
  2. Relevansi evaluasi strategi.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Offline
2 X 50

Materi: Sejarah Lisan
Pustaka: Fisanick, Christina; Stakeley, Robert O. (2021). Digital Storytelling as Public History: A Guidebook for Educators. Routledge. Routledge

Materi: Sejarah Lisan
Pustaka: History of Indonesia: A Resource Book. Said Hamid Hassan, Sri Margana, Bondan Kanumoyoso, Kresno Brahmantyo. Direktorat Sejarah, Jakarta; Direktorat Jenderal Kebudayaan. (2024). Kemdikbud Repository
5%

5

Minggu ke 5

  1. Analisis fungsi edukatif & kultural
  2. Evaluasi efektivitas kesadaran publik
  1. Kedalaman analisis fungsi.
  2. Kualitas evaluasi efektivitas.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Offline
2 X 50

Materi: Museum, Arsip, Situs
Pustaka: Fisanick, Christina; Stakeley, Robert O. (2021). Digital Storytelling as Public History: A Guidebook for Educators. Routledge. Routledge

Materi: Museum, Arsip, Situs
Pustaka: History of Indonesia: A Resource Book. Said Hamid Hassan, Sri Margana, Bondan Kanumoyoso, Kresno Brahmantyo. Direktorat Sejarah, Jakarta; Direktorat Jenderal Kebudayaan. (2024). Kemdikbud Repository
5%

6

Minggu ke 6

  1. Analisis monumen & identitas
  2. Evaluasi politik monumen
  1. Hubungan analisis identitas.
  2. Argumentasi evaluatif.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Offline
2 X 50

Materi: Monumen & Memori
Pustaka: Bevins, Vincent. (2020). The Jakarta Method: Washington’s Anticommunist Crusade and the Mass Murder Program that Shaped Our World. PublicAffairs

Materi: Monumen & Memori
Pustaka: Van Reybrouck, David. (2020). Revolusi: Indonesia and the Birth of the Modern World. Penerbit dalam bahasa aslinya; terjemahan Inggris 2024. Wikipedia
5%

7

Minggu ke 7

  1. Analisis bias representasi
  2. Evaluasi dampak media
  1. Ketajaman analisis bias.
  2. Kualitas evaluasi dampak.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: Media Massa & Film
Pustaka: History of Indonesia: A Resource Book. Said Hamid Hassan, Sri Margana, Bondan Kanumoyoso, Kresno Brahmantyo. Direktorat Sejarah, Jakarta; Direktorat Jenderal Kebudayaan. (2024). Kemdikbud Repository

Materi: Media Massa & Film
Pustaka: Noiret, Serge; Tebeau, Mark; Zaagsma, Gerben (Ed.). (2022). Handbook of Digital Public History. De Gruyter Oldenbourg. cadmus.eui.eu 1
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
Offline

Materi: UTS
Pustaka:
10%

9

Minggu ke 9

  1. Evaluasi peluang & tantangan digitalisas
  2. Rancang prototype media digital
  1. Kritis mengevaluasi peluang/tantangan.
  2. Orisinalitas rancangan prototype.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: penggunaan sejarah dalam pembangunan nasionalisme
Pustaka: Wojdon, J., & Wiśniewska, D. (Eds.). (2022). The public(s) in public history. Routledge.

Materi: Sejarah Digital
Pustaka: History of Indonesia: A Resource Book. Said Hamid Hassan, Sri Margana, Bondan Kanumoyoso, Kresno Brahmantyo. Direktorat Sejarah, Jakarta; Direktorat Jenderal Kebudayaan. (2024). Kemdikbud Repository

Materi: Sejarah Digital
Pustaka: Fisanick, Christina; Stakeley, Robert O. (2021). Digital Storytelling as Public History: A Guidebook for Educators. Routledge. Routledge
5%

10

Minggu ke 10

  1. Analisis peran komunitas
  2. Evaluasi kolaborasi komunitas-lembaga
  1. Kritis dalam analisis peran komunitas
  2. Evaluasi efektivitas kolaborasi.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Offline
2 X 50

Materi: Komunitas Sejarah Lokal
Pustaka: Bevins, Vincent. (2020). The Jakarta Method: Washington’s Anticommunist Crusade and the Mass Murder Program that Shaped Our World. PublicAffairs

Materi: Komunitas Sejarah Lokal
Pustaka: Tebeau, Mark. (2023). Public History for a Digital Age. (Judul asli edisi Inggris) [Edit: publikasi 2023]. Adlibris
5%

11

Minggu ke 11

  1. Evaluasi dampak pariwisata
  2. Rancang konsep inovatif
  1. Evaluasi komprehensif dampak.
  2. Kreativitas konsep.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: Pariwisata Sejarah
Pustaka: Van Reybrouck, David. (2020). Revolusi: Indonesia and the Birth of the Modern World. Penerbit dalam bahasa aslinya; terjemahan Inggris 2024. Wikipedia

Materi: Pariwisata Sejarah
Pustaka: Noiret, Serge; Tebeau, Mark; Zaagsma, Gerben (Ed.). (2022). Handbook of Digital Public History. De Gruyter Oldenbourg. cadmus.eui.eu 1
5%

12

Minggu ke 12

  1. Analisis dinamika politik ingatan
  2. Evaluasi dampak kontestasi memo
  1. Analisis kritis dinamika.
  2. Evaluasi dampak sosial.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: Politik Ingatan
Pustaka: History of Indonesia: A Resource Book. Said Hamid Hassan, Sri Margana, Bondan Kanumoyoso, Kresno Brahmantyo. Direktorat Sejarah, Jakarta; Direktorat Jenderal Kebudayaan. (2024). Kemdikbud Repository

Materi: Politik Ingatan
Pustaka: Bevins, Vincent. (2020). The Jakarta Method: Washington’s Anticommunist Crusade and the Mass Murder Program that Shaped Our World. PublicAffairs
5%

13

Minggu ke 13

  1. Analisis kebutuhan literasi sejarah
  2. Rancang program edukatif
  1. Analisis tepat kebutuhan literasi.
  2. Kreativitas program.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: Pendidikan Publik
Pustaka: Noiret, Serge; Tebeau, Mark; Zaagsma, Gerben (Ed.). (2022). Handbook of Digital Public History. De Gruyter Oldenbourg. cadmus.eui.eu 1

Materi: Pendidikan Publik
Pustaka: Tebeau, Mark. (2023). Public History for a Digital Age. (Judul asli edisi Inggris) [Edit: publikasi 2023]. Adlibris
5%

14

Minggu ke 14

  1. Analisis isu etika/objektivitas
  2. Evaluasi tantangan praktik
  1. Kedalaman analisis etika.
  2. Evaluasi tantangan kontekstual.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline

Materi: dampak dari penyebaran sejarah melalui media digital terhadap pemahaman sejarah masyarakat
Pustaka: Lipscomb, S., & Carr, H. (Eds.). (2021). What is history, now? W&N

Materi: Etika & Tantangan
Pustaka: Van Reybrouck, David. (2020). Revolusi: Indonesia and the Birth of the Modern World. Penerbit dalam bahasa aslinya; terjemahan Inggris 2024. Wikipedia

Materi: Etika & Tantangan
Pustaka: Bevins, Vincent. (2020). The Jakarta Method: Washington’s Anticommunist Crusade and the Mass Murder Program that Shaped Our World. PublicAffairs
5%

15

Minggu ke 15

  1. Evaluasi peluang & ancaman globalisasi
  2. Rancang gagasan inovatif
  1. Evaluasi peluang/ancaman globalisasi.
  2. Kebaruan gagasan inovasi.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: Prospek & Inovasi
Pustaka: Tebeau, Mark. (2023). Public History for a Digital Age. (Judul asli edisi Inggris) [Edit: publikasi 2023]. Adlibris

Materi: Prospek & Inovasi
Pustaka: Bevins, Vincent. (2020). The Jakarta Method: Washington’s Anticommunist Crusade and the Mass Murder Program that Shaped Our World. PublicAffairs
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
Offline
2 x 50 menit

Materi: UAS
Pustaka:
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.