
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sejarah Publik |
8720102262 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
1 September 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Wisnu, M.Hum. Mohammad Refi Omar Ar-Razy, S.Pd., M.Hum. Rojil Nugroho Bayu Aji, S.Hum., M.A.
|
Prof. Dr. Wisnu, M.Hum.
|
WISNU |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu Memecahkan Kompleksitas Permasalahan Pembelajaran Sejarah Berbasis Riset Inter Disiplin dan Multi Disiplin |
PLO-7 |
Menguasai Pengetahuan Peristiwa Sejarah, Fakta, dan Konsep |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, serta berjiwa kewirausahaan dalam mengembangkan program dan kegiatan sejarah publik yang melibatkan masyarakat luas.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menganalisis praktik sejarah publik melalui media, museum, monumen, arsip, maupun digital humanities.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan melalui studi literatur, riset, dan kolaborasi dengan komunitas sejarah dalam merancang proyek sejarah publik.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu memecahkan kompleksitas permasalahan dalam praktik sejarah publik dengan memanfaatkan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner, baik di bidang pendidikan, budaya, maupun media.
|
PO - 5 |
Mahasiswa menguasai pengetahuan tentang peristiwa, fakta, dan konsep sejarah serta mampu mengintegrasikannya dalam interpretasi, narasi, dan penyajian sejarah publik yang kontekstual.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-6 | PLO-7 | | PO-1 | ✔ | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | PO-5 | | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Sejarah Publik membahas tentang cara kerja sejarawan di luar ranah akademik formal, khususnya dalam upaya mengomunikasikan sejarah kepada khalayak luas. Kajian ini mencakup konsep, teori, serta praktik sejarah publik yang melibatkan interaksi antara sejarawan, masyarakat, dan media. Mahasiswa akan diperkenalkan pada berbagai medium penyampaian sejarah seperti museum, arsip, situs bersejarah, film, dokumenter, media sosial, dan bentuk representasi budaya lainnya. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami peran sejarah dalam ruang publik, menilai praktik historiografi publik secara kritis, serta mengembangkan keterampilan dalam mengemas pengetahuan sejarah agar dapat diakses dan diapresiasi oleh masyarakat luas. Selain itu, mata kuliah ini menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat (public engagement) dalam pelestarian, interpretasi, dan penggunaan sejarah untuk kepentingan identitas, pendidikan, dan rekonsiliasi sosial. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Noiret, Serge; Tebeau, Mark; Zaagsma, Gerben (Ed.). (2022). Handbook of Digital Public History. De Gruyter Oldenbourg. cadmus.eui.eu+1
- Fisanick, Christina; Stakeley, Robert O. (2021). Digital Storytelling as Public History: A Guidebook for Educators. Routledge. Routledge
- Tebeau, Mark. (2023). Public History for a Digital Age. (Judul asli + edisi Inggris) [Edit: publikasi 2023]. Adlibris
- Van Reybrouck, David. (2020). Revolusi: Indonesia and the Birth of the Modern World. Penerbit dalam bahasa aslinya; terjemahan Inggris 2024. Wikipedia
- History of Indonesia: A Resource Book. Said Hamid Hassan, Sri Margana, Bondan Kanumoyoso, Kresno Brahmantyo. Direktorat Sejarah, Jakarta; Direktorat Jenderal Kebudayaan. (2024). Kemdikbud Repository
- Bevins, Vincent. (2020). The Jakarta Method: Washington’s Anticommunist Crusade and the Mass Murder Program that Shaped Our World. PublicAffairs
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Analisis perbedaan konsep sejarah publik
- Evaluasi relevansi perkembangan sejarah publik di Indonesia
|
- Ketepatan analisis konsep.
- Relevansi evaluasi konteks Indonesia.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Pengantar Sejarah Publik Pustaka: Noiret, Serge; Tebeau, Mark; Zaagsma, Gerben (Ed.). (2022). Handbook of Digital Public History. De Gruyter Oldenbourg. cadmus.eui.eu 1 Materi: Pengantar Sejarah Publik Pustaka: Fisanick, Christina; Stakeley, Robert O. (2021). Digital Storytelling as Public History: A Guidebook for Educators. Routledge. Routledge |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Analisis tujuan, metode, audiens
- Evaluasi implikasi terhadap praktik
|
- Kelengkapan analisis persamaan/perbedaan.
- Argumentasi evaluasi implikasi.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline
|
|
Materi: jenis-jenis pendekatan yang digunakan dalam sejarah publik. Pustaka: Wojdon, J., & Wiśniewska, D. (Eds.). (2022). The public(s) in public history. Routledge. Materi: Sejarah Publik vs Akademik Pustaka: Noiret, Serge; Tebeau, Mark; Zaagsma, Gerben (Ed.). (2022). Handbook of Digital Public History. De Gruyter Oldenbourg. cadmus.eui.eu 1 Materi: Sejarah Publik vs Akademik Pustaka: Fisanick, Christina; Stakeley, Robert O. (2021). Digital Storytelling as Public History: A Guidebook for Educators. Routledge. Routledge |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Analisis kelebihan & keterbatasan metod
- Rancang pendekatan integratif
|
- Kedalaman analisis metode.
- Kreativitas rancangan pendekatan.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Metodologi & Pendekatan Pustaka: Noiret, Serge; Tebeau, Mark; Zaagsma, Gerben (Ed.). (2022). Handbook of Digital Public History. De Gruyter Oldenbourg. cadmus.eui.eu 1 Materi: Metodologi & Pendekatan Pustaka: Tebeau, Mark. (2023). Public History for a Digital Age. (Judul asli edisi Inggris) [Edit: publikasi 2023]. Adlibris |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Analisis validitas & reliabilitas data lisan
- Evaluasi strategi pengolahan wawancara
|
- Ketepatan analisis validitas/reliabilitas.
- Relevansi evaluasi strategi.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Sejarah Lisan Pustaka: Fisanick, Christina; Stakeley, Robert O. (2021). Digital Storytelling as Public History: A Guidebook for Educators. Routledge. Routledge Materi: Sejarah Lisan Pustaka: History of Indonesia: A Resource Book. Said Hamid Hassan, Sri Margana, Bondan Kanumoyoso, Kresno Brahmantyo. Direktorat Sejarah, Jakarta; Direktorat Jenderal Kebudayaan. (2024). Kemdikbud Repository |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Analisis fungsi edukatif & kultural
- Evaluasi efektivitas kesadaran publik
|
- Kedalaman analisis fungsi.
- Kualitas evaluasi efektivitas.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Museum, Arsip, Situs Pustaka: Fisanick, Christina; Stakeley, Robert O. (2021). Digital Storytelling as Public History: A Guidebook for Educators. Routledge. Routledge Materi: Museum, Arsip, Situs Pustaka: History of Indonesia: A Resource Book. Said Hamid Hassan, Sri Margana, Bondan Kanumoyoso, Kresno Brahmantyo. Direktorat Sejarah, Jakarta; Direktorat Jenderal Kebudayaan. (2024). Kemdikbud Repository |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Analisis monumen & identitas
- Evaluasi politik monumen
|
- Hubungan analisis identitas.
- Argumentasi evaluatif.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Monumen & Memori Pustaka: Bevins, Vincent. (2020). The Jakarta Method: Washington’s Anticommunist Crusade and the Mass Murder Program that Shaped Our World. PublicAffairs Materi: Monumen & Memori Pustaka: Van Reybrouck, David. (2020). Revolusi: Indonesia and the Birth of the Modern World. Penerbit dalam bahasa aslinya; terjemahan Inggris 2024. Wikipedia |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Analisis bias representasi
- Evaluasi dampak media
|
- Ketajaman analisis bias.
- Kualitas evaluasi dampak.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Media Massa & Film Pustaka: History of Indonesia: A Resource Book. Said Hamid Hassan, Sri Margana, Bondan Kanumoyoso, Kresno Brahmantyo. Direktorat Sejarah, Jakarta; Direktorat Jenderal Kebudayaan. (2024). Kemdikbud Repository Materi: Media Massa & Film Pustaka: Noiret, Serge; Tebeau, Mark; Zaagsma, Gerben (Ed.). (2022). Handbook of Digital Public History. De Gruyter Oldenbourg. cadmus.eui.eu 1 |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
Offline
|
|
Materi: UTS Pustaka: |
10% |
9
Minggu ke 9 |
- Evaluasi peluang & tantangan digitalisas
- Rancang prototype media digital
|
- Kritis mengevaluasi peluang/tantangan.
- Orisinalitas rancangan prototype.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: penggunaan sejarah dalam pembangunan nasionalisme Pustaka: Wojdon, J., & Wiśniewska, D. (Eds.). (2022). The public(s) in public history. Routledge. Materi: Sejarah Digital Pustaka: History of Indonesia: A Resource Book. Said Hamid Hassan, Sri Margana, Bondan Kanumoyoso, Kresno Brahmantyo. Direktorat Sejarah, Jakarta; Direktorat Jenderal Kebudayaan. (2024). Kemdikbud Repository Materi: Sejarah Digital Pustaka: Fisanick, Christina; Stakeley, Robert O. (2021). Digital Storytelling as Public History: A Guidebook for Educators. Routledge. Routledge |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Analisis peran komunitas
- Evaluasi kolaborasi komunitas-lembaga
|
- Kritis dalam analisis peran komunitas
- Evaluasi efektivitas kolaborasi.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Komunitas Sejarah Lokal Pustaka: Bevins, Vincent. (2020). The Jakarta Method: Washington’s Anticommunist Crusade and the Mass Murder Program that Shaped Our World. PublicAffairs Materi: Komunitas Sejarah Lokal Pustaka: Tebeau, Mark. (2023). Public History for a Digital Age. (Judul asli edisi Inggris) [Edit: publikasi 2023]. Adlibris |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Evaluasi dampak pariwisata
- Rancang konsep inovatif
|
- Evaluasi komprehensif dampak.
- Kreativitas konsep.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Pariwisata Sejarah Pustaka: Van Reybrouck, David. (2020). Revolusi: Indonesia and the Birth of the Modern World. Penerbit dalam bahasa aslinya; terjemahan Inggris 2024. Wikipedia Materi: Pariwisata Sejarah Pustaka: Noiret, Serge; Tebeau, Mark; Zaagsma, Gerben (Ed.). (2022). Handbook of Digital Public History. De Gruyter Oldenbourg. cadmus.eui.eu 1 |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Analisis dinamika politik ingatan
- Evaluasi dampak kontestasi memo
|
- Analisis kritis dinamika.
- Evaluasi dampak sosial.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Politik Ingatan Pustaka: History of Indonesia: A Resource Book. Said Hamid Hassan, Sri Margana, Bondan Kanumoyoso, Kresno Brahmantyo. Direktorat Sejarah, Jakarta; Direktorat Jenderal Kebudayaan. (2024). Kemdikbud Repository Materi: Politik Ingatan Pustaka: Bevins, Vincent. (2020). The Jakarta Method: Washington’s Anticommunist Crusade and the Mass Murder Program that Shaped Our World. PublicAffairs |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Analisis kebutuhan literasi sejarah
- Rancang program edukatif
|
- Analisis tepat kebutuhan literasi.
- Kreativitas program.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Pendidikan Publik Pustaka: Noiret, Serge; Tebeau, Mark; Zaagsma, Gerben (Ed.). (2022). Handbook of Digital Public History. De Gruyter Oldenbourg. cadmus.eui.eu 1 Materi: Pendidikan Publik Pustaka: Tebeau, Mark. (2023). Public History for a Digital Age. (Judul asli edisi Inggris) [Edit: publikasi 2023]. Adlibris |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Analisis isu etika/objektivitas
- Evaluasi tantangan praktik
|
- Kedalaman analisis etika.
- Evaluasi tantangan kontekstual.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline
|
|
Materi: dampak dari penyebaran sejarah melalui media digital terhadap pemahaman sejarah masyarakat Pustaka: Lipscomb, S., & Carr, H. (Eds.). (2021). What is history, now? W&N Materi: Etika & Tantangan Pustaka: Van Reybrouck, David. (2020). Revolusi: Indonesia and the Birth of the Modern World. Penerbit dalam bahasa aslinya; terjemahan Inggris 2024. Wikipedia Materi: Etika & Tantangan Pustaka: Bevins, Vincent. (2020). The Jakarta Method: Washington’s Anticommunist Crusade and the Mass Murder Program that Shaped Our World. PublicAffairs |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Evaluasi peluang & ancaman globalisasi
- Rancang gagasan inovatif
|
- Evaluasi peluang/ancaman globalisasi.
- Kebaruan gagasan inovasi.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Prospek & Inovasi Pustaka: Tebeau, Mark. (2023). Public History for a Digital Age. (Judul asli edisi Inggris) [Edit: publikasi 2023]. Adlibris Materi: Prospek & Inovasi Pustaka: Bevins, Vincent. (2020). The Jakarta Method: Washington’s Anticommunist Crusade and the Mass Murder Program that Shaped Our World. PublicAffairs |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
Offline 2 x 50 menit |
|
Materi: UAS Pustaka: |
20% |