Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi Islam

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengantar Bisnis dan Manajemen Islam

6020203121

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

30 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Fitriah Dwi Susilowati, S.Sos., M.SM.




Dr. Ahmad Ajib Ridlwan, S.Pd., M.SEI.




Clarashinta Canggih, S.E., CIFP.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai konsep teoritis bidang Ekonomi Islam, Bisnis Islam dan Keuangan Islam secara umum dan khusus untuk menyelesaikan masalah secara prosedural sesuai dengan lingkup pekerjaannya.

PLO-8

Mampu mendesain dan mengimplementasikan perencanaan bisnis yang sesuai dengan konsep Islam.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menguasai teori Pengantar Bisnis dan Manajemen Islam secara menyeluruh

PO - 2

Mampu menyelesaikan tugas secara bertanggung jawab dan beretika

PO - 3

Mampu menerapkan teori tentang Pengantar Bisnis dan Manajemen Islam

PO - 4

Mampu mengomunikasikan alternatif hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan Bisnis dan Manajemen Islam

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5PLO-8
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep dasar bisnis dan manajemen berdasarkan perspektif Syariah (Nilai-nilai Islam). Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep dasar bisnis dan manajemen, pengembangan teori bisnis dan manajemen, lingkungan organisasi, etika bisnis Islam, mampu mengidentifikasi fungsi manajemen, mampu mendefinisikan motivasi dan kepemimpinan, mampu menjelaskan sistem informasi manajemen, dan mampu menganalisis dan memecahkan masalah yang terkait dengan manajemen risiko dan konflik. Metode pengajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah Studi Kasus, Pembelajaran Berbasis Masalah, dan Kuliah.

Pustaka

Utama :

  1. Nickels WG, Mchugh JM, Mchugh SM. William G. Nickels, James McHugh, Susan McHugh. (2018). Understanding Business. McGraw-Hill Education
  2. Jane, B. (2019). Business in Context: An Introduction to Business and its Environment. Cengage Learning, Inc.
  3. Hafidhuddin, Didin and Tanjung. (2019). Introduction to Sharia Management. Depok: Rajawali Press.
  4. Syarifuddin dkk Sakirah. (2021). Pengantar Bisnis Islam. Widina Bhakti Persada.
  5. William Nickels, J. M. and S. M. (2022) Understanding Business, 13th Edition. McGraw Hill.

Pendukung :

  1. Louis E. Boone, David L. Kurtz, B. C. (2019) Contemporary Business 19th Edition. Wiley.
  2. Purwanto, E. (2020). Pengantar bisnis: Era revolusi industri 4.0
  3. William M Pride (2018) Foundation of Business. South Western Educational Publishing

Dosen Pengampu

Dr. Ahmad Ajib Ridlwan, S.Pd., M.SEI.

Dr. Khusnul Fikriyah, S.E., M.SEI.

Yan Putra Timur, S.M., M.SEI.

Dr. Azidni Rofiqo, S.E.I., M.E.

Fitriah Dwi Susilowati, S.Sos., M.SM.

MUHAMMAD WIDYARTA WIJAYA

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mendeskripsikan konsep Bisnis dan manajemen

Mampu mendeskripsikan konsep Bisnis dan manajemen

Kriteria:
  1. Assessment rubric
  2. - Participatory Activities

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
offline: Perkuliahan di kelas. Dosen memberikan penjelasan tentang konsep Bisnis dan manajemen
150 menit

Materi: 1. Nickels WG, Mchugh JM, Mchugh SM. William G. Nickels, James McHugh, Susan McHugh. (2018). Understanding Business. McGraw-Hill Education
Pustaka:

Materi: 2. Jane, B. (2019). Business in Context: An Introduction to Business and its Environment. Cengage Learning, Inc.
Pustaka:

Materi: 3. Hafidhuddin, Didin and Tanjung. (2019). Introduction to Sharia Management. Depok: Rajawali Press.
Pustaka:

Materi: 4. Syarifuddin dkk Sakirah. (2021). Pengantar Bisnis Islam. Widina Bhakti Persada.
Pustaka:
3%

2

Minggu ke 2

Mampu mendeskripsikan konsep manajemen di era globalisasi

  1. Mahasiswa Mampu mendeskripsikan konsep manajemen di era globalisasi
  2. Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan manajemen di era globalisasi
Kriteria:

Assessment rubric


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
offline: Perkuliahan di kelas. Dosen memberikan penjelasan tentang manajemen di era globalisasi
150
Luring
Materi: manajemen di era globalisasi
Pustaka: Louis E. Boone, David L. Kurtz, B. C. (2019) Contemporary Business 19th Edition. Wiley.

Materi: konsep manajemen di era globalisasi
Pustaka: Purwanto, E. (2020). Pengantar bisnis: Era revolusi industri 4.0

Materi: konsep manajemen di era globalisasi
Pustaka: William M Pride (2018) Foundation of Business. South Western Educational Publishing
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu membedakan ciri-ciri masing-masing jenis usaha beserta skala usaha dan bentuk badan usahanya.

  1. 1. mampu menjelaskan jenis-jenis usaha (manufaktur, jasa dan perdagangan)
  2. 2. Menjelaskan kriteria skala usaha mikro, kecil, menengah dan besar
  3. 3. Mampu menjelaskan bentuk-bentuk badan usaha yang ada (Perorangan, CV, PT, Firma, NV, Koperasi, Usaha Patungan, Sewa-Beli, Merger, Waralaba)
  4. 4. mampu mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dari masing-masing bentuk Badan Usaha
  5. 5. Mampu menjelaskan konsep kewirausahaan: Tujuan, Manfaat, Pentingnya, Ciri-ciri Kewirausahaan, Keuntungan dan Kerugian Kewirausahaan
  6. 6. memahami tentang Faktor internal dan eksternal organisasi yang tidak secara langsung mempengaruhi organisasi.
  7. 7. memahami tentang manajemen lingkungan dan hubungan lingkungan dengan organisasi.
Kriteria:

Assessment rubric


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
offline: Perkuliahan di kelas. Dosen memberikan penjelasan tentang jenis usaha beserta skala usaha dan bentuk badan usahanya.
150
Luring
Materi: 1. Type and form of business entity
Pustaka:

Materi: 2. Scale and groups of small, medium and large companies based on their conditions and characteristics
Pustaka:

Materi: 3. Concept of entrepreneurship
Pustaka:

Materi: 4. Internal and external organizational factors
Pustaka:

Materi: 5. Environmental management and environmental relations with organization
Pustaka:
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mengidentifikasi komponen rencana bisnis dan perencanaan manajemen strategis.

  1. 1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kewirausahaan
  2. 2. Siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah memulai usaha.
  3. 3. Students are able to define the concept of business plan
  4. 4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi pentingnya membuat rencana bisnis.
  5. 5. Mahasiswa mampu merancang komponen rencana bisnis, meliputi: Visi, misi, tujuan bisnis, dan target bisnis.
  6. 6. Mahasiswa mampu membuat Perencanaan dan Manajemen Strategis, Proses Perencanaan Formal.
Kriteria:

Assessment rubric


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
offline: Perkuliahan di kelas. Dosen memberikan penjelasan tentang komponen rencana bisnis dan perencanaan manajemen strategis.
150
Luring
150
Materi: Hafidhuddin, Didin and Tanjung. (2019). Introduction to Sharia Management. Depok: Rajawali Press.
Pustaka:

Materi: Syarifuddin dkk Sakirah. (2021). Pengantar Bisnis Islam. Widina Bhakti Persada.
Pustaka:

Materi: Nickels WG, Mchugh JM, Mchugh SM. William G. Nickels, James McHugh, Susan McHugh. (2018). Understanding Business. McGraw-Hill Education
Pustaka:
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami konsep etika bisnis dan manajemen Islam, serta budaya organisasi.

  1. 1. Mampu Menjelaskan konsep etika dan norma secara umum.
  2. 2. Mampu menjelaskan konsep etika bisnis
  3. 3. Mampu menjelaskan komponen-komponen Etika Bisnis
  4. 4. Mampu menjelaskan konsep tanggung jawab sosial perusahaan (CSR)
  5. 5. Memahami Pengelompokan model praktik CSR
  6. 6. Mampu Menganalisis praktik CSR perusahaan skala kecil, menengah dan besar
  7. 7. Mahasiswa mampu menjelaskan Budaya Organisasi/Manajemen, Karakteristik Budaya Organisasi, Manfaat Budaya Perusahaan
  8. 8. Mahasiswa memahami Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Pentingnya Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.
Kriteria:

Assessment rubric


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
offline: Perkuliahan di kelas. Dosen memberikan penjelasan tentang etika bisnis dan manajemen Islam, serta budaya organisasi.
150
Luring
150
Materi: 2. Jane, B. (2019). Business in Context: An Introduction to Business and its Environment. Cengage Learning, Inc.
Pustaka:

Materi: 3. Hafidhuddin, Didin and Tanjung. (2019). Introduction to Sharia Management. Depok: Rajawali Press.
Pustaka:

Materi: Syarifuddin dkk Sakirah. (2021). Pengantar Bisnis Islam. Widina Bhakti Persada.
Pustaka:

Materi: Louis E. Boone, David L. Kurtz, B. C. (2019) Contemporary Business 19th Edition. Wiley.
Pustaka:
3%

6

Minggu ke 6

Mampu menjelaskan pengertian perencanaan, fungsi perencanaan, proses perencanaan. Mendeskripsikan pengertian perencanaan, fungsi perencanaan dan proses perencanaan

  1. Mampu menjelaskan Perencanaan dan Manajemen Strategis
  2. Mampu menjelaskan Proses Perencanaan Formal
  3. Mampu Menjelaskan pengembangan konsep strategi
  4. Mampu menjelaskan Tingkatan Strategi
Kriteria:

assessment guidelines / rubric


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
offline: Perkuliahan di kelas. Dosen memberikan penjelasan tentang perencanaan, fungsi perencanaan, proses perencanaan. Mendeskripsikan pengertian perencanaan, fungsi perencanaan dan proses perencanaan.
150

Materi: Nickels WG, Mchugh JM, Mchugh SM. William G. Nickels, James McHugh, Susan McHugh. (2018). Understanding Business. McGraw-Hill Education
Pustaka:

Materi: Jane, B. (2019). Business in Context: An Introduction to Business and its Environment. Cengage Learning, Inc.
Pustaka:

Materi: Hafidhuddin, Didin and Tanjung. (2019). Introduction to Sharia Management. Depok: Rajawali Press.
Pustaka:

Materi: Syarifuddin dkk Sakirah. (2021). Pengantar Bisnis Islam. Widina Bhakti Persada.
Pustaka:

Materi: perencanaan, fungsi perencanaan, proses perencanaan. Mendeskripsikan pengertian perencanaan, fungsi perencanaan dan proses perencanaan
Pustaka: William Nickels, J. M. and S. M. (2022) Understanding Business, 13th Edition. McGraw Hill.
3%

7

Minggu ke 7

Mampu menjelaskan proses pengorganisasian, koordinasi dan jangkauan manajemen.

  1. Penilaian Partisipatif
  2. mampu menjelaskan pentingnya proses pengorganisasian, struktur organisasi, pembagian kerja, bagan formal
  3. mampu mengidentifikasi jenis-jenis Departementalisasi
  4. mampu Mengkaji Pentingnya Koordinasi, Mencapai Koordinasi yang Efektif
  5. mampu menjelaskan mekanisme koordinasi dan jangkauan manajemen
Kriteria:

assessment guidelines / rubric


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
offline: Perkuliahan di kelas. Dosen memberikan penjelasan tentang proses pengorganisasian, koordinasi dan jangkauan manajemen.
150

Materi: Nickels WG, Mchugh JM, Mchugh SM. William G. Nickels, James McHugh, Susan McHugh. (2018). Understanding Business. McGraw-Hill Education
Pustaka:

Materi: Jane, B. (2019). Business in Context: An Introduction to Business and its Environment. Cengage Learning, Inc.
Pustaka:

Materi: Hafidhuddin, Didin and Tanjung. (2019). Introduction to Sharia Management. Depok: Rajawali Press.
Pustaka:

Materi: Syarifuddin dkk Sakirah. (2021). Pengantar Bisnis Islam. Widina Bhakti Persada.
Pustaka:

Materi: proses pengorganisasian, koordinasi dan jangkauan manajemen.
Pustaka: Louis E. Boone, David L. Kurtz, B. C. (2019) Contemporary Business 19th Edition. Wiley.
3%

8

Minggu ke 8

Mid Examanation

UTS

Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
secara luring mahasiswa mengerjakan UTS berupa exam paper
120 menit
Luring
120 menit
Materi: 1. Nickels WG, Mchugh JM, Mchugh SM. William G. Nickels, James McHugh, Susan McHugh. (2018). Understanding Business. McGraw-Hill Education
Pustaka:

Materi: 2. Jane, B. (2019). Business in Context: An Introduction to Business and its Environment. Cengage Learning, Inc.
Pustaka:

Materi: 3. Hafidhuddin, Didin and Tanjung. (2019). Introduction to Sharia Management. Depok: Rajawali Press.
Pustaka:

Materi: 4. Syarifuddin dkk Sakirah. (2021). Pengantar Bisnis Islam. Widina Bhakti Persada.
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu melakukan analisis SWOT

  1. mampu menjelaskan konsep Analisis SWOT
  2. Menentukan Tahapan Pembuatan Analisis SWOT
  3. mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan lingkungan internal perusahaan
  4. mengidentifikasi peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal perusahaan
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
offline: Perkuliahan di kelas. Dosen memberikan penjelasan tentang analisis SWOT dengan metode Kuliah, diskusi, analisis kasus

Tugas: Membuat analisis SWOT
3 x 60

Materi: Nickels WG, Mchugh JM, Mchugh SM. William G. Nickels, James McHugh, Susan McHugh. (2018). Understanding Business. McGraw-Hill Education
Pustaka:

Materi: Jane, B. (2019). Business in Context: An Introduction to Business and its Environment. Cengage Learning, Inc.
Pustaka:

Materi: Hafidhuddin, Didin and Tanjung. (2019). Introduction to Sharia Management. Depok: Rajawali Press.
Pustaka:

Materi: Syarifuddin dkk Sakirah. (2021). Pengantar Bisnis Islam. Widina Bhakti Persada.
Pustaka:

Materi: analisis SWOT
Pustaka: Louis E. Boone, David L. Kurtz, B. C. (2019) Contemporary Business 19th Edition. Wiley.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa memahami konsep penggerakan SDM dan Motivasi SDM

mampu menjelaskan konsep penggerakan SDM dan Motivasi SDM

Kriteria:
  1. pemahaman terkait motivasi SDM dan penggerakan
  2. mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah pengegrakan SDM dan solusinya

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
pembelajaran langsung dengan metode klasikal, dan diskusi kasus bisnis terkait penggerakan

Tugas: Menjawab case motivasi karyawan dalam perusahaan

Materi: konsep penggerakan SDM dan Motivasi SDM
Pustaka: Hafidhuddin, Didin and Tanjung. (2019). Introduction to Sharia Management. Depok: Rajawali Press.

Materi: analisis SWOT
Pustaka: Purwanto, E. (2020). Pengantar bisnis: Era revolusi industri 4.0

Materi: analisis SWOT
Pustaka: William M Pride (2018) Foundation of Business. South Western Educational Publishing
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Komunikasi dan proses komunikasi, peranan komunikasi informal, Hambatan – hambatan dalam komunikasi dan solusi dalam mengatasinya, Peningkatan efektivitas komunikasi.

mampu menjelaskan komunikasi dalam penggerakan SDM

Kriteria:

RUBRIK


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
offline: Perkuliahan di kelas. Dosen memberikan penjelasan tentang Komunikasi dan proses komunikasi, peranan komunikasi informal, Hambatan – hambatan dalam komunikasi dan solusi dalam mengatasinya, Peningkatan efektivitas komunikasi.

Materi: komunikasi dalam penggerakan SDM
Pustaka: Hafidhuddin, Didin and Tanjung. (2019). Introduction to Sharia Management. Depok: Rajawali Press.

Materi: Komunikasi dan proses komunikasi, peranan komunikasi informal, Hambatan – hambatan dalam komunikasi dan solusi dalam mengatasinya, Peningkatan efektivitas komunikasi.
Pustaka: Nickels WG, Mchugh JM, Mchugh SM. William G. Nickels, James McHugh, Susan McHugh. (2018). Understanding Business. McGraw-Hill Education

Materi: Komunikasi dan proses komunikasi, peranan komunikasi informal, Hambatan – hambatan dalam komunikasi dan solusi dalam mengatasinya, Peningkatan efektivitas komunikasi.
Pustaka: Jane, B. (2019). Business in Context: An Introduction to Business and its Environment. Cengage Learning, Inc.
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Kepemimpinan dan studi kepemimpinan, ciri-ciri Kepemimpinan, pendekatan perilaku Kepemimpinan, Teori X dan Y dari McGregor, Gaya Kepemimpinan Ideal, dan Kepemimpinan Nabi Muhammad sebagai panutan dalam Bisnis dan Manajemen Islam.

mahasiswa memahami kepemimpinan dalam menggerakkan SDM

Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
offline: Perkuliahan di kelas. Dosen memberikan penjelasan tentang Kepemimpinan dan studi kepemimpinan, ciri-ciri Kepemimpinan, pendekatan perilaku Kepemimpinan, Teori X dan Y dari McGregor, Gaya Kepemimpinan Ideal, dan Kepemimpinan Nabi Muhammad sebagai panutan dalam Bisnis dan Manajemen Islam.

Materi: kepemimpinan dalam penggerakan
Pustaka: Syarifuddin dkk Sakirah. (2021). Pengantar Bisnis Islam. Widina Bhakti Persada.

Materi: kepemimpinan dalam penggerakan
Pustaka: Hafidhuddin, Didin and Tanjung. (2019). Introduction to Sharia Management. Depok: Rajawali Press.

Materi: Kepemimpinan dan studi kepemimpinan, ciri-ciri Kepemimpinan, pendekatan perilaku Kepemimpinan, Teori X dan Y dari McGregor, Gaya Kepemimpinan Ideal, dan Kepemimpinan Nabi Muhammad sebagai panutan dalam Bisnis dan Manajemen Islam.
Pustaka: William Nickels, J. M. and S. M. (2022) Understanding Business, 13th Edition. McGraw Hill.
3%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Penyebab perubahan, cara menangani perubahan, Resistensi terhadap perubahan, Proses manajemen perubahan, Pendekatan terhadap perubahan organisasi.

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan penyebab perubahan
  2. Mampu menjelaskan cara menangani perubahan
  3. Mampu menjelaskan Proses manajemen perubahan
  4. Mampu menjelaskan Pendekatan terhadap perubahan organisasi
Kriteria:

Assessment rubric


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
offline: Perkuliahan di kelas. Dosen memberikan penjelasan tentang Penyebab perubahan, cara menangani perubahan, Resistensi terhadap perubahan, Proses manajemen perubahan, Pendekatan terhadap perubahan organisasi.
150
Luring
Materi: 1. Nickels WG, Mchugh JM, Mchugh SM. William G. Nickels, James McHugh, Susan McHugh. (2018). Understanding Business. McGraw-Hill Education
Pustaka:

Materi: 2. Jane, B. (2019). Business in Context: An Introduction to Business and its Environment. Cengage Learning, Inc.
Pustaka:

Materi: 3. Hafidhuddin, Didin and Tanjung. (2019). Introduction to Sharia Management. Depok: Rajawali Press.
Pustaka:

Materi: 4. Syarifuddin dkk Sakirah. (2021). Pengantar Bisnis Islam. Widina Bhakti Persada
Pustaka:
3%

14

Minggu ke 14

Siswa mampu menjelaskan tentang Konflik dan jenis-jenis konflik, Metode manajemen konflik, Konflik struktural, lini dan staf.

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian konflik
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan jenis - jenis konflik
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan manajemen konflik
Kriteria:

Portofolio Assessment


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
offline: Perkuliahan di kelas. Dosen memberikan penjelasan tentang Konflik dan jenis-jenis konflik, Metode manajemen konflik, Konflik struktural, lini dan staf.
150 Menit

Materi: 1. Nickels WG, Mchugh JM, Mchugh SM. William G. Nickels, James McHugh, Susan McHugh. (2018). Understanding Business. McGraw-Hill Education
Pustaka:

Materi: 2. Jane, B. (2019). Business in Context: An Introduction to Business and its Environment. Cengage Learning, Inc.
Pustaka:

Materi: 3. Hafidhuddin, Didin and Tanjung. (2019). Introduction to Sharia Management. Depok: Rajawali Press.
Pustaka:

Materi: 4. Syarifuddin dkk Sakirah. (2021). Pengantar Bisnis Islam. Widina Bhakti Persada.
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa dapat menjelaskan tentang Supervisi dan jenis-jenis supervisi. Desain proses monitoring, Alat monitoring manajerial, Karakteristik supervisi yang efektif, Teknik dan metode supervisi, Anggaran yang diawasi, Penggunaan audit akuntansi untuk supervisi, Titik impas dan Analisis rasio.

mahasiswa mampu menjelaskan konsep supervisi

Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
offline: Perkuliahan di kelas. Dosen memberikan penjelasan tentang Desain proses monitoring, Alat monitoring manajerial, Karakteristik supervisi yang efektif, Teknik dan metode supervisi, Anggaran yang diawasi, Penggunaan audit akuntansi untuk supervisi, Titik impas dan Analisis rasio.

Materi: supervision, tipe-tipe supervisi, monitoring process
Pustaka: Syarifuddin dkk Sakirah. (2021). Pengantar Bisnis Islam. Widina Bhakti Persada.

Materi: supervision, tipe-tipe supervisi, monitoring process
Pustaka: Hafidhuddin, Didin and Tanjung. (2019). Introduction to Sharia Management. Depok: Rajawali Press.

Materi: supervision, tipe-tipe supervisi, monitoring process
Pustaka: Purwanto, E. (2020). Pengantar bisnis: Era revolusi industri 4.0
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS

Materi: Bisnis dan Manajemen dalam Islam
Pustaka: Hafidhuddin, Didin and Tanjung. (2019). Introduction to Sharia Management. Depok: Rajawali Press.

Materi: Bisnis dan Manajemen dalam Islam
Pustaka: Syarifuddin dkk Sakirah. (2021). Pengantar Bisnis Islam. Widina Bhakti Persada.

Materi: Bisnis dan Manajemen dalam Islam
Pustaka: William M Pride (2018) Foundation of Business. South Western Educational Publishing
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.