
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Personal Trainer |
8520202708 |
|
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
4 |
13 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Andri Suyoko, S.Pd., M.Kes.
|
Ika Jayadi, S.Pd., M.Kes.
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga. |
PLO-6 |
Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif. |
PLO-10 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
PLO-11 |
Menguasai konsep, teoritis dan praktis bidang kepelatihan dan kependidikan olahraga |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan fisik untuk meningkatkan kondisi atlet di berbagai cabang olahraga (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis kebutuhan fisik spesifik atlet berdasarkan cabang olahraga dan posisi permainan untuk merancang program latihan yang sesuai (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas program latihan yang telah diimplementasikan dengan menggunakan metode pengukuran dan evaluasi yang tepat (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan variasi latihan yang inovatif untuk mengatasi plateau dalam peningkatan kondisi fisik atlet (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan teknik komunikasi efektif untuk berkolaborasi dengan atlet dan tim pelatih dalam pengembangan kondisi fisik (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis data dari tes fisik dan menggunakan hasilnya untuk memperbaiki program latihan yang ada (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi dan menyesuaikan strategi pelatihan berdasarkan respons individu atlet terhadap program latihan (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan metode pelatihan baru yang berbasis pada penelitian terkini untuk meningkatkan kondisi fisik atlet (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan pendekatan interdisipliner dalam merancang program kondisi fisik untuk mendukung pengembangan atlet secara holistik (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis dan mengintegrasikan teknologi terkini dalam pelatihan fisik untuk meningkatkan hasil latihan (C4)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-6 | PLO-10 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | ✔ | | | PO-5 | | | ✔ | | PO-6 | | | ✔ | | PO-7 | | | ✔ | | PO-8 | | | | ✔ | PO-9 | | | | ✔ | PO-10 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | ✔ | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | | | | ✔ | | | | | PO-8 | | | | | | | | ✔ | | | | | ✔ | | | | PO-9 | | | | | | | | | ✔ | | | | | ✔ | | | PO-10 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemahaman konsep dan aplikasi berbagai jenis Kondisi Fisik dalam bidang kepelatihan olahraga. Matakuliah ini mengkaji tentang kondisi fisik secara keseluruhan , pelaksanaan latihan fisik dasar serta penyusunan program latihan fisik. Matakuliah ini disajikan secara teori dan praktik |
Pustaka
|
Utama : |
|
- National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics.
- Suyoko, A. (2024). Kondisi Fisik : E Modul Mata Kuliah. Heyzine. https://heyzine.com/flip-book/e65d1cc663.html#page/1
|
Pendukung : |
|
- Lee E. B., Vance A. F., Juan C. S., 2000, Training for Speed, Agility, and Quickness , Australia : Human Kinetics.
- Laursen, Paul & Martin Bucheit. 2019. Science and Application of High-Intensity Interval Training. USA. Human Kinetic
- Kraemer, Williams J & Keijo Hakkinen. 2000. Strenght Training for Sports. USA. Blackwell Science Ltd
- Kraemer, Williams J & Keijo Hakkinen. 2000. Strenght Training for Sports. USA. Blackwell Science Ltd
- Djafar, Dikdik, Paulus L Pasurney, Luky Afari. 2019. Pelatihan Kondisi Fisik. Bandung. Rosda Karya
- Michael J. Alter, 1999. 300 Teknik Peregangan Olahraga , Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
|
Dosen Pengampu
|
Dra. Ika Jayadi, M.Kes. Dr. Rini Ismalasari, S.Pd., M.Kes. Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. Andri Suyoko, S.Pd., M.Kes. Fajar Eka Samudra, S.Or., M.Kes. SHIDQI HAMDI PRATAMA PUTERA Yanuar Alfan Triardhana, S.Or., M.Kes. Muhamad Fauzi Antoni, S.Pd., M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan mengaplikasikan konsep dasar pelatihan kondisi fisik, termasuk prinsip-prinsip utama dan komponen latihan, serta variabel yang mempengaruhinya. Mereka juga harus mampu merancang program latihan yang terintegrasi dengan mempertimbangkan kebutuhan atlet, menetapkan tujuan yang spesifik |
Memahami konsep dasar pelatihan kondisi fisik |
Kriteria:
- Mahasiswa dapat memahami hakikat latihan kondisi fisik
- Mahasiswa dapat memahami manfaat latihan kondisi fisik untuk peningkatan performa olahraga
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Tanya Jawab 2x50 |
Ceramah, Tanya Jawab
|
Materi: Apa itu pelatihan kondisi fisik ? Pustaka: Suyoko, A. (2024). Kondisi Fisik : E Modul Mata Kuliah. Heyzine. https://heyzine.com/... |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan mengaplikasikan konsep dasar pelatihan kondisi fisik, termasuk prinsip-prinsip utama dan komponen latihan, serta variabel yang mempengaruhinya. Mereka juga harus mampu merancang program latihan yang terintegrasi dengan mempertimbangkan kebutuhan atlet, menetapkan tujuan yang spesifik |
- Mahasiswa dapat Menjelaskan komponen-komponen pelatihan
- Mahasiswa dapat menentukan dan menerapkan prinsip-prinsip pelatihan dan variabel dalam persiapan fisik klub atau atlet/tim tingkat daerah.
- Mahasiswa dapat menerapkan prinsip LTAD dalam desain dan pelaksanaan latihan kekuatan dan pengkondisian program.
- Mahasiswa dapat menunjukkan pemahaman tentang respons terhadap pelatihan sehubungan dengan kelelahan
|
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi 2x50 |
|
Materi: Merancang Program Latihan Terintegrasi Pustaka: Suyoko, A. (2024). Kondisi Fisik : E Modul Mata Kuliah. Heyzine. https://heyzine.com/... |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan mengaplikasikan konsep dasar pelatihan kondisi fisik, termasuk prinsip-prinsip utama dan komponen latihan, serta variabel yang mempengaruhinya. Mereka juga harus mampu merancang program latihan yang terintegrasi dengan mempertimbangkan kebutuhan atlet, menetapkan tujuan yang spesifik |
- Mahasiswa dapat Menjelaskan komponen-komponen pelatihan
- Mahasiswa dapat menentukan dan menerapkan prinsip-prinsip pelatihan dan variabel dalam persiapan fisik klub atau atlet/tim tingkat daerah.
- Mahasiswa dapat menerapkan prinsip LTAD dalam desain dan pelaksanaan latihan kekuatan dan pengkondisian program.
- Mahasiswa dapat menunjukkan pemahaman tentang respons terhadap pelatihan sehubungan dengan kelelahan
|
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi 2x50 |
Ceramah, diskusi
|
Materi: Merancang Latihan Terintegrasi Pustaka: Suyoko, A. (2024). Kondisi Fisik : E Modul Mata Kuliah. Heyzine. https://heyzine.com/... |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Merancang, menerapkan dan meninjau program pelatihan kondisi fisik untuk meningkatkan performa atletik atlet |
- Mahasiswa dapat Menjelaskan komponen-komponen kondisi fisik dasar.
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi hubungan setiap kondisi fisik dasar.
- Mahasiswa dapat Mengembangkan, menerapkan dan meninjau kekuatan dan sesi pelatihan pengkondisian yang sesuai untuk klub atlet/tim tingkat daerah.
- Mahasiswa dapat menerapkan metode pemantauan beban RPE sebagai evaluasi sesi pelatihan.
|
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Tes |
Ceramah, diskusi, tanya jawab 2x50 |
Ceramah, diskusi, tanya jawab
|
Materi: Komponen Fisik Dasar Pustaka: Suyoko, A. (2024). Kondisi Fisik : E Modul Mata Kuliah. Heyzine. https://heyzine.com/... |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Merancang, melaksanakan, meninjau dan menyesuaikan program pelatihan kekuatan menggunakan foundational movements dan bodyweight training |
- Mahasiswa dapat memahami perbedaan antara foundational movement dan bodyweight training
- Mahasiswa dapat memahami dan melakukan progresi dan regresi beban atlet secara benar untuk memastikan keamanan saat program pelatihan
- Mahasiswa dapat mengatur, mengajar, mengawasi, mengamati, dan memberikan umpan balik pada pelatihan foundational movements dan bodyweight exercise
- Mahasiswa dapat mengenali potensi risiko cedera pada atlet wanita muda
- Mahasiswa dapat melakukan penilaian 6 tahap bodyweight training
|
Kriteria:
Tes dan Praktik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, Diskusi, Praktik 2x50 |
Ceramah, Diskusi, Praktik
|
Materi: Foundational dan Bodyweight Training Pustaka: Suyoko, A. (2024). Kondisi Fisik : E Modul Mata Kuliah. Heyzine. https://heyzine.com/... |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Merancang, melaksanakan, meninjau dan menyesuaikan program pelatihan kekuatan menggunakan foundational movements dan bodyweight training |
- Mahasiswa dapat memahami perbedaan antara foundational movement dan bodyweight training
- Mahasiswa dapat memahami dan melakukan progresi dan regresi beban atlet secara benar untuk memastikan keamanan saat program pelatihan
- Mahasiswa dapat mengatur, mengajar, mengawasi, mengamati, dan memberikan umpan balik pada pelatihan foundational movements dan bodyweight exercise
- Mahasiswa dapat mengenali potensi risiko cedera pada atlet wanita muda
- Mahasiswa dapat melakukan penilaian 6 tahap bodyweight training
|
Kriteria:
Tes dan Praktik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Praktik 2x50 |
Ceramah, Diskusi, Praktik
|
Materi: Foundational dan Bodyweight Training Pustaka: Suyoko, A. (2024). Kondisi Fisik : E Modul Mata Kuliah. Heyzine. https://heyzine.com/... |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Mahasiswa dapat merancang, melaksanakan, meninjau dan menyesuaikan program latihan kekuatan untuk meningkatkan kinerja atlet pada atlet/tim tahap 3 dan 4.
- Mahasiswa dapat menerapkan protokol pengujian dan benchmarking untuk peningkatan kekuatan pada atlet/tim level 3 dan 4
|
- Mahasiswa dapat memahami berbagai jenis kekuatan dan bagaimana hal itu dipengaruhi oleh berbagai jenis program pada berbagai tahap karier seorang atlet.
- Mahasiswa dapat memahami kemajuan dalam pelatihan kekuatan dan kekuatan.
- Mahasiswa dapat menulis program latihan beban yang tepat untuk atlet level 3 dab 4
- Mahasiswa dapat memahami kemajuan tahap pelatihan kekuatan level 4 untuk transisi lebih efektif ke pelatihan lanjutan.
- Mahasiswa dapat membuat latihan barbel dan variasi Level 1 yang relevan.
|
Kriteria:
Tes dan Praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Praktik 2x50 |
Ceramah, Diskusi, Praktik
|
Materi: Latihan Kekuatan Pustaka: Suyoko, A. (2024). Kondisi Fisik : E Modul Mata Kuliah. Heyzine. https://heyzine.com/... Materi: Strength Training Pustaka: National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
- Mahasiswa dapat merancang, melaksanakan, meninjau dan menyesuaikan program latihan kekuatan untuk meningkatkan kinerja atlet pada atlet/tim tahap 3 dan 4.
- Mahasiswa dapat menerapkan protokol pengujian dan benchmarking untuk peningkatan kekuatan pada atlet/tim level 3 dan
|
- Mahasiswa dapat memahami berbagai jenis kekuatan dan bagaimana hal itu dipengaruhi oleh berbagai jenis program pada berbagai tahap karier seorang atlet.
- Mahasiswa dapat memahami kemajuan dalam pelatihan kekuatan dan kekuatan.
- Mahasiswa dapat menulis program latihan beban yang tepat untuk atlet level 3 dab 4
- Mahasiswa dapat memahami kemajuan tahap pelatihan kekuatan level 4 untuk transisi lebih efektif ke pelatihan lanjutan.
- Mahasiswa dapat membuat latihan barbel dan variasi Level 1 yang relevan.
|
Kriteria:
Tes dan Praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, Diskusi, Praktik 2x50 |
Ceramah, Diskusi, Praktik
|
Materi: Latihan Kekuatan Pustaka: Suyoko, A. (2024). Kondisi Fisik : E Modul Mata Kuliah. Heyzine. https://heyzine.com/... Materi: Strength Training Pustaka: National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
- Mahasiswa dapat merancang, melaksanakan, meninjau dan menyesuaikan program latihan kekuatan untuk meningkatkan kinerja atlet pada atlet/tim tahap 3 dan 4.
- Mahasiswa dapat menerapkan protokol pengujian dan benchmarking untuk peningkatan kekuatan pada atlet/tim level 3 dan
|
- Mahasiswa dapat memahami berbagai jenis kekuatan dan bagaimana hal itu dipengaruhi oleh berbagai jenis program pada berbagai tahap karier seorang atlet.
- Mahasiswa dapat memahami kemajuan dalam pelatihan kekuatan dan kekuatan.
- Mahasiswa dapat menulis program latihan beban yang tepat untuk atlet level 3 dab 4
- Mahasiswa dapat memahami kemajuan tahap pelatihan kekuatan level 4 untuk transisi lebih efektif ke pelatihan lanjutan.
- Mahasiswa dapat membuat latihan barbel dan variasi Level 1 yang relevan.
|
Kriteria:
Tes dan Praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Praktik 2x50 |
Ceramah, Diskusi, Praktik
|
Materi: Latihan Kekuatan Pustaka: Suyoko, A. (2024). Kondisi Fisik : E Modul Mata Kuliah. Heyzine. https://heyzine.com/... Materi: Strength Training Pustaka: National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Mahasiswa mampu merancang, menerapkan, dan meninjau program pengkondisian sistem energi berkala yang sesuai untuk atlet/tim tingkat klub hingga regional.
- Mahasiswa mampu menerapkan protokol pengujian dan tolok ukur untuk meningkatkan pengkondisian daya tahan di atlet/tim tingkat klub hingga regional.
|
- Mahasiswa mampu menguraikan dan menjelaskan persyaratan pelatihan sistem energi yang berbeda untuk meningkatkan kinerja olahraga pada atlet.
- Mahasiswa mampu menentukan kecepatan aerobik maksimal (MAS) menggunakan berbagai metode pengujian.
- Mahasiswa mampu mengaplikasikan berbagai metode pelatihan sistem energi untuk meningkatkan kinerja atlet di klub hingga atlet/tim tingkat regional.
- Mahasiswa mampu menerapkan program pengujian untuk mengevaluasi pengkondisian sistem energi di atlet/tim tingkat klub hingga regional
- Mahasiswa mampu menggabungkan pengkondisian sistem energi ke dalam rencana berkala untuk meningkatkan kinerja atletik.
- Mahasiswa mampu mengatur, mengajar, mengawasi, mengamati, dan memberikan umpan balik tentang latihan pelatihan sistem energi.
|
Kriteria:
Tes dan Praktik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, Diskusi, Praktik 2x50 |
Ceramah, Diskusi, Praktik
|
Materi: Latihan daya tahan Pustaka: Suyoko, A. (2024). Kondisi Fisik : E Modul Mata Kuliah. Heyzine. https://heyzine.com/... Materi: Program Design and Technique for Aerobic Endurance Training Pustaka: National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics. Materi: Bioenergetics of Exercise and Training Pustaka: National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics. Materi: Adaptations to Anaerobic Training Programs Pustaka: National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics. Materi: Adaptations to Aerobic Endurance Training Programs Pustaka: National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Mahasiswa mampu merancang, menerapkan, dan meninjau program pengkondisian sistem energi berkala yang sesuai untuk atlet/tim tingkat klub hingga regional.
- Mahasiswa mampu menerapkan protokol pengujian dan tolok ukur untuk meningkatkan pengkondisian daya tahan di atlet/tim tingkat klub hingga regional.
|
- Mahasiswa mampu menguraikan dan menjelaskan persyaratan pelatihan sistem energi yang berbeda untuk meningkatkan kinerja olahraga pada atlet.
- Mahasiswa mampu menentukan kecepatan aerobik maksimal (MAS) menggunakan berbagai metode pengujian.
- Mahasiswa mampu mengaplikasikan berbagai metode pelatihan sistem energi untuk meningkatkan kinerja atlet di klub hingga atlet/tim tingkat regional.
- Mahasiswa mampu menerapkan program pengujian untuk mengevaluasi pengkondisian sistem energi di atlet/tim tingkat klub hingga regional
- Mahasiswa mampu menggabungkan pengkondisian sistem energi ke dalam rencana berkala untuk meningkatkan kinerja atletik.
- Mahasiswa mampu mengatur, mengajar, mengawasi, mengamati, dan memberikan umpan balik tentang latihan pelatihan sistem energi.
|
Kriteria:
Tes dan Praktik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Ceramah, Diskusi, Praktik 2x50 |
Ceramah, Diskusi, Praktik
|
Materi: Latihan daya tahan Pustaka: Suyoko, A. (2024). Kondisi Fisik : E Modul Mata Kuliah. Heyzine. https://heyzine.com/... Materi: Program Design and Technique for Aerobic Endurance Training Pustaka: National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics. Materi: Bioenergetics of Exercise and Training Pustaka: National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics. Materi: Adaptations to Anaerobic Training Programs Pustaka: National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics. Materi: Adaptations to Aerobic Endurance Training Programs Pustaka: National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Mahasiswa mampu merancang, menerapkan, dan meninjau program pengkondisian sistem energi berkala yang sesuai untuk atlet/tim tingkat klub hingga regional.
- Mahasiswa mampu menerapkan protokol pengujian dan tolok ukur untuk meningkatkan pengkondisian daya tahan di atlet/tim tingkat klub hingga regional.
|
- Mahasiswa mampu menguraikan dan menjelaskan persyaratan pelatihan sistem energi yang berbeda untuk meningkatkan kinerja olahraga pada atlet.
- Mahasiswa mampu menentukan kecepatan aerobik maksimal (MAS) menggunakan berbagai metode pengujian.
- Mahasiswa mampu mengaplikasikan berbagai metode pelatihan sistem energi untuk meningkatkan kinerja atlet di klub hingga atlet/tim tingkat regional.
- Mahasiswa mampu menerapkan program pengujian untuk mengevaluasi pengkondisian sistem energi di atlet/tim tingkat klub hingga regional
- Mahasiswa mampu menggabungkan pengkondisian sistem energi ke dalam rencana berkala untuk meningkatkan kinerja atletik.
- Mahasiswa mampu mengatur, mengajar, mengawasi, mengamati, dan memberikan umpan balik tentang latihan pelatihan sistem energi.
|
Kriteria:
Tes dan Praktik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Praktik 2x50 |
Ceramah, Diskusi, Praktik
|
Materi: Latihan daya tahan Pustaka: Suyoko, A. (2024). Kondisi Fisik : E Modul Mata Kuliah. Heyzine. https://heyzine.com/... Materi: Program Design and Technique for Aerobic Endurance Training Pustaka: National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics. Materi: Bioenergetics of Exercise and Training Pustaka: National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics. Materi: Adaptations to Anaerobic Training Programs Pustaka: National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics. Materi: Adaptations to Aerobic Endurance Training Programs Pustaka: National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Merancang, menerapkan, menguji, dan menyesuaikan program pelatihan kecepatan dan kelincahan berkala untuk meningkatkan kinerja atlet di klub hingga atlet/tim tingkat regional. |
- Mahasiswa dapat menjelaskan kecepatan linier beserta sub komponennya
- Mahasiswa dapat mendefinisikan kelincahan dan menjelaskan sub komponennya
- Mahasiswa adapat menguraikan persyaratan jarak, intensitas, dan istirahat yang diinginkan untuk latihan akselerasi dan kecepatan
|
Kriteria:
Tes dan Praktik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Praktik 2x50 |
Ceramah, Diskusi, Praktik
|
Materi: Latihan Kecepatan Pustaka: Suyoko, A. (2024). Kondisi Fisik : E Modul Mata Kuliah. Heyzine. https://heyzine.com/...... Materi: Program Design and Technique for Speed and Agility Training Pustaka: National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Merancang, menerapkan, menguji, dan menyesuaikan program pelatihan kecepatan dan kelincahan berkala untuk meningkatkan kinerja atlet di klub hingga atlet/tim tingkat regional. |
- Mahasiswa dapat menjelaskan kecepatan linier beserta sub komponennya
- Mahasiswa dapat mendefinisikan kelincahan dan menjelaskan sub komponennya
- Mahasiswa adapat menguraikan persyaratan jarak, intensitas, dan istirahat yang diinginkan untuk latihan akselerasi dan kecepatan
|
Kriteria:
Tes dan Praktik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, Diskusi, Praktik 2x50 |
Ceramah, Diskusi, Praktik
|
Materi: Latihan Kecepatan Pustaka: Suyoko, A. (2024). Kondisi Fisik : E Modul Mata Kuliah. Heyzine. https://heyzine.com/......... Materi: Program Design and Technique for Speed and Agility Training Pustaka: National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics. Materi: Latihan Kecepatan Pustaka: Suyoko, A. (2024). Kondisi Fisik : E Modul Mata Kuliah. Heyzine. https://heyzine.com/... |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan metode pelatihan dan protokol pengujian untuk meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas di klub hingga atlet/tim tingkat regional.
- Mahasiswa mampu menyiapkan sesi pemanasan/pemanasan untuk berbagai atlet/olahraga tingkat pemula.
- Mahasiswa mampu menunjukkan penerapan praktis latihan peregangan dan mobilitas.
|
- Mahasiswa mampu menguraikan definisi peregangan dan mobilitas
- Mahasiswa mampu mengembangkan dan menerapkan program peregangan untuk meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas di klub hingga atlet/tim tingkat regional.
- Mahasiswa mampu menerapkan metode yang tepat untuk menilai kualitas gerakan.
- Mahasiswa mampu merancang berbagai sesi pemanasan dan pendinginan untuk situasi latihan tertentu.
- Mahasiswa mampu mengatur, mengajar, mengawasi, mengamati, dan memberikan umpan balik tentang latihan fleksibilitas dan mobilitas.
|
Kriteria:
Tes dan Praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Praktek 2x50 |
Ceramah, Diskusi, Praktek
|
Materi: Latihan Fleksibilitas Pustaka: Suyoko, A. (2024). Kondisi Fisik : E Modul Mata Kuliah. Heyzine. https://heyzine.com/...... Materi: Warm-Up and Flexibility Trainin Pustaka: National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics. Materi: Warm-Up and Flexibility Training Pustaka: National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics. Materi: Latihan Kelentukan Pustaka: Suyoko, A. (2024). Kondisi Fisik : E Modul Mata Kuliah. Heyzine. https://heyzine.com/... |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa dapat mengembangkan strategi untuk meningkatkan pemulihan dari pelatihan dan kompetisi di klub hingga atlet/tim tingkat regional |
Mahasiswa dapat mengembangkan strategi untuk meningkatkan pemulihan dari pelatihan dan kompetisi di klub hingga atlet/tim tingkat regional |
Kriteria:
- Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan antara restorasi dan regenerasi
- Mahasiswa dapat memanfaatkan berbagai metode dan strategi pemulihan untuk peningkatan performa atlet di klub hingga atlet/tim tingkat regional
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Luring
|
|
Materi: Nutrition Strategies for Maximizing Performance Pustaka: National Strength and Conditioning Association (NSCA). (2016). Essentials of strength training and conditioning (4th ed.). Human Kinetics. |
15% |