
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Seni Musik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Instrumen Pokok Piano Tingkat Pra Madya |
9122103049 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
24 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
....................................... |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemahaman pengetahuan karakteristik piano, serta penguasaan keterampilan dasar memainkannya, dengan menggunakan lagu-lagu dan etude tingkat Pra Madya dengan strategi praktek. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Schumann, Robert. 1946. Album for The Young for The Piano (opus 68) . New York/London: G. Schirmer
- Czerny, Charles. Etudes de Mecanisme (opus 849) . London/Frankfurt/New York: Edition Peters
- Hanon, C.L. 1928. The Virtuoso Pianist in Sixty Exercises for The Piano . New York/London: G. Schirmer
- Publisher Team. Everybody’s Favorite Piano Pieces for Children Volume. 3
- Sonatina and Sonata Book. New York/London: G. Schirmer
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
JOKO WINARKO RADEN RORO MAHA KALYANA MITTA ANGGORO Joko Winarko, S.Sn., M.Sn. Joko Winarko, S.Sn., M.Sn. Raden Roro Maha Kalyana Mitta Anggoro, S.Pd., M.Pd. Raden Roro Maha Kalyana Mitta Anggoro, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat. |
- Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G, D, A, E, B, F major.
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dengan penomoran jari yang tepat.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan notasi yang sesuai dengan partitur musik.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek 3 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat. |
- Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G, D, A, E, B, F major.
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dengan penomoran jari yang tepat.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan notasi yang sesuai dengan partitur musik.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat. |
- Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G, D, A, E, B, F major.
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dengan penomoran jari yang tepat.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan notasi yang sesuai dengan partitur musik.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F mayor secara lancar, serta mampu memainkan etude dan repertoar piano dengan artikulasi yang tepat. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dengan penomoran jari yang tepat.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F mayor secara lancar, serta mampu memainkan etude dan repertoar piano dengan artikulasi yang tepat. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dengan penomoran jari yang tepat.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek 3 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan etude dan repertoar piano secara terampil. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan etude dan repertoar piano secara terampil. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menjawab soal Ujian Sub Sumatif dengan baik dan benar |
Mahasiswa mampu menjawab soal Ujian Sub Sumatif dengan baik dan benar |
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab 4 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab 3 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab 2 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab menjawab 1 soal praktek. |
Tes Praktek 3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis).
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dengan penomoran jari yang tepat.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, praktek, demonstrasi, dan latihan 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis).
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dengan penomoran jari yang tepat.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, praktek, demonstrasi, dan latihan 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, praktek, dan latihan 3 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, praktek, dan latihan 3 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan menunjukkan ekspresi/penjiwaan dalam permainannya.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, praktek, demonstrasi, dan latihan 3 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan menunjukkan ekspresi/penjiwaan dalam permainannya.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, praktek, demonstrasi, dan latihan 3 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan memperhatikan keseluruhan unsur dalam permainan piano (penjarian, artikulasi, tempo, serta karakter penjiwaan).
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Praktek, dan latihan 3 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan memperhatikan keseluruhan unsur dalam permainan piano (penjarian, artikulasi, tempo, serta karakter penjiwaan).
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Praktek, dan latihan 3 X 50 |
|
|
0% |