Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Seni Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Instrumen Pokok Piano Tingkat Pra Madya

9122103049

T=3

P=0

ECTS=4.77

4

23 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




.......................................

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemahaman pengetahuan karakteristik piano, serta penguasaan keterampilan dasar memainkannya, dengan menggunakan lagu-lagu dan etude tingkat Pra Madya dengan strategi praktek.

Pustaka

Utama :

  1. Schumann, Robert. 1946. Album for The Young for The Piano (opus 68) . New York/London: G. Schirmer
  2. Czerny, Charles. Etudes de Mecanisme (opus 849) . London/Frankfurt/New York: Edition Peters
  3. Hanon, C.L. 1928. The Virtuoso Pianist in Sixty Exercises for The Piano . New York/London: G. Schirmer
  4. Publisher Team. Everybody’s Favorite Piano Pieces for Children Volume. 3
  5. Sonatina and Sonata Book. New York/London: G. Schirmer

Pendukung :

Dosen Pengampu

Joko Winarko, S.Sn., M.Sn.

Raden Roro Maha Kalyana Mitta Anggoro, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat.

  1. Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G, D, A, E, B, F major.
  2. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dengan penomoran jari yang tepat.
  3. Mampu memainkan repertoar piano dengan notasi yang sesuai dengan partitur musik.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat.

  1. Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G, D, A, E, B, F major.
  2. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dengan penomoran jari yang tepat.
  3. Mampu memainkan repertoar piano dengan notasi yang sesuai dengan partitur musik.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat.

  1. Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G, D, A, E, B, F major.
  2. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dengan penomoran jari yang tepat.
  3. Mampu memainkan repertoar piano dengan notasi yang sesuai dengan partitur musik.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F mayor secara lancar, serta mampu memainkan etude dan repertoar piano dengan artikulasi yang tepat.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dengan penomoran jari yang tepat.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F mayor secara lancar, serta mampu memainkan etude dan repertoar piano dengan artikulasi yang tepat.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dengan penomoran jari yang tepat.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan etude dan repertoar piano secara terampil.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan etude dan repertoar piano secara terampil.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menjawab soal Ujian Sub Sumatif dengan baik dan benar

Mahasiswa mampu menjawab soal Ujian Sub Sumatif dengan baik dan benar

Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab 4 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab 3 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab 2 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab menjawab 1 soal praktek.

Tes Praktek
3 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
  2. Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis).
  3. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dengan penomoran jari yang tepat.
  4. Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.

Ceramah, tanya jawab, praktek, demonstrasi, dan latihan
3 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
  2. Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis).
  3. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dengan penomoran jari yang tepat.
  4. Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.

Ceramah, tanya jawab, praktek, demonstrasi, dan latihan
3 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, praktek, dan latihan
3 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, praktek, dan latihan
3 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan menunjukkan ekspresi/penjiwaan dalam permainannya.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.

Ceramah, tanya jawab, praktek, demonstrasi, dan latihan
3 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan menunjukkan ekspresi/penjiwaan dalam permainannya.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.

Ceramah, tanya jawab, praktek, demonstrasi, dan latihan
3 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Mampu menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan memperhatikan keseluruhan unsur dalam permainan piano (penjarian, artikulasi, tempo, serta karakter penjiwaan).
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.

Praktek, dan latihan
3 X 50

0%

16

Minggu ke 16

Mampu menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan memperhatikan keseluruhan unsur dalam permainan piano (penjarian, artikulasi, tempo, serta karakter penjiwaan).
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.

Praktek, dan latihan
3 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.