
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Seni Musik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Instrumen Pokok Piano Tingkat Pra Madya |
9122103049 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
23 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
....................................... |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemahaman pengetahuan karakteristik piano, serta penguasaan keterampilan dasar memainkannya, dengan menggunakan lagu-lagu dan etude tingkat Pra Madya dengan strategi praktek. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Schumann, Robert. 1946. Album for The Young for The Piano (opus 68) . New York/London: G. Schirmer
- Czerny, Charles. Etudes de Mecanisme (opus 849) . London/Frankfurt/New York: Edition Peters
- Hanon, C.L. 1928. The Virtuoso Pianist in Sixty Exercises for The Piano . New York/London: G. Schirmer
- Publisher Team. Everybody’s Favorite Piano Pieces for Children Volume. 3
- Sonatina and Sonata Book. New York/London: G. Schirmer
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Joko Winarko, S.Sn., M.Sn. Raden Roro Maha Kalyana Mitta Anggoro, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat. |
- Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G, D, A, E, B, F major.
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dengan penomoran jari yang tepat.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan notasi yang sesuai dengan partitur musik.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek 3 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat. |
- Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G, D, A, E, B, F major.
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dengan penomoran jari yang tepat.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan notasi yang sesuai dengan partitur musik.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat. |
- Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G, D, A, E, B, F major.
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dengan penomoran jari yang tepat.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan notasi yang sesuai dengan partitur musik.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F mayor secara lancar, serta mampu memainkan etude dan repertoar piano dengan artikulasi yang tepat. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dengan penomoran jari yang tepat.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F mayor secara lancar, serta mampu memainkan etude dan repertoar piano dengan artikulasi yang tepat. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dengan penomoran jari yang tepat.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek 3 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan etude dan repertoar piano secara terampil. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan etude dan repertoar piano secara terampil. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menjawab soal Ujian Sub Sumatif dengan baik dan benar |
Mahasiswa mampu menjawab soal Ujian Sub Sumatif dengan baik dan benar |
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab 4 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab 3 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab 2 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab menjawab 1 soal praktek. |
Tes Praktek 3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis).
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dengan penomoran jari yang tepat.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, praktek, demonstrasi, dan latihan 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis).
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dengan penomoran jari yang tepat.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, praktek, demonstrasi, dan latihan 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, praktek, dan latihan 3 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, praktek, dan latihan 3 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan menunjukkan ekspresi/penjiwaan dalam permainannya.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, praktek, demonstrasi, dan latihan 3 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan menunjukkan ekspresi/penjiwaan dalam permainannya.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Ceramah, tanya jawab, praktek, demonstrasi, dan latihan 3 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan memperhatikan keseluruhan unsur dalam permainan piano (penjarian, artikulasi, tempo, serta karakter penjiwaan).
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Praktek, dan latihan 3 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F Mayor (2 Oktaf) dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, B, F major dan c, d, e, f, g, a, b Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan memperhatikan keseluruhan unsur dalam permainan piano (penjarian, artikulasi, tempo, serta karakter penjiwaan).
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar piano tingkat pra madya dengan menerapkan teknik dinamika. |
Praktek, dan latihan 3 X 50 |
|
|
0% |