
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
ANALISIS EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI |
8510402021 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
2 |
8 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Advendi Kristiyandaru, M.Pd.
|
.......................................
|
Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi dan berkolaborasi.
|
PO - 2 |
Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang Pendidikan Jasmani yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin.
|
PO - 3 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | ✔ | | | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Analisis Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada jenjang S3 dalam program studi Pendidikan Jasmani bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep, teori, dan praktik evaluasi pembelajaran dalam konteks pendidikan jasmani. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode evaluasi pembelajaran yang relevan dengan bidang pendidikan jasmani, serta mampu menerapkan analisis evaluasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman terhadap prinsip-prinsip evaluasi, teknik pengumpulan data, analisis data, dan penerapan hasil evaluasi untuk pengembangan kurikulum dan pembelajaran dalam konteks pendidikan jasmani. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Permendikbudristek No 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian
- Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024
|
Pendukung : |
|
- Kristiyandaru, A., Al-Ardha, M.A., Ristanto, K.O., Nur, L. Health Education during the Pandemic: Physical Fitness Course Applications and Personal Physical Fitness Test (PPFT) in University Students. International Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology (IJEMST), 11(5), 1275-1292. Tahun 2023
- Kristiyandaru, A., Prakoso, B.B., Hartati, S.C.Y., Fitroni, H., Primanata, D., Kartiiko, D.C. Factors influencing assessment in higher education: Empirical evidence from physical education and fitness compulsory courses in Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol. 42 No.3, tahun 2023
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Advendi Kristiyandaru, S.Pd., M.Pd. Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep dasar evaluasi pembelajaran dalam pendidikan jasmani. |
- metode penelitian
- pengembangan instrumen
- tes dan pengukuran
- analisis dalam bidang Pendidikan Jasmani
- interdisiplin
- multidisiplin
- transdisiplin
|
Kriteria:
Argumentasi dalam diskusi (70%), ketepatan dalam menjelaskan konsep (30%). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
. Ceramah, diskusi interaktif, studi literatur. 100 menit |
|
Materi: Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Pengantar Evaluasi dalam Pendidikan Jasmani Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis prinsip-prinsip dasar evaluasi pembelajaran dalam pendidikan jasmani. |
Kemampuan menganalisis berdasarkan sumber pustaka |
Kriteria:
Ketepatan analisis (60%), kontribusi dalam diskusi (40%). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Problem-based learning, diskusi kelompok. 100 menit |
|
Materi: Prinsip evaluasi pembelajaran Pustaka: Permendikbudristek No 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian Materi: Panduan pembelajaran dan asesmen Pustaka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024 |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mengidentifikasi berbagai teknik dan instrumen evaluasi dalam pendidikan jasmani. |
- Kemampuan mempresentasikan
- Keaktifan merespon dalam diskusi
|
Kriteria:
Kejelasan presentasi (50%), relevansi teknik yang dipilih (50%). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi kelompok, studi kasus. 100 menit |
|
Materi: Instrumen evaluasi dalam pembelajaran Pustaka: Permendikbudristek No 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian Materi: Teknik dan instrumen evaluasi Pustaka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024 |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis metode pengumpulan data dalam evaluasi pembelajaran. |
- Kemampuan menganalisis data
- Keaktifan merespon dalam diskusi
|
Kriteria:
Kesesuaian analisis (60%), argumentasi dalam diskusi (40%) Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Simulasi pengumpulan data, diskusi. 100 menit |
|
Materi: Pengolahan data Pustaka: Permendikbudristek No 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian Materi: Rekapitulasi data hasil asesmen Pustaka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024 |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mengolah dan menganalisis data hasil evaluasi pembelajaran. |
- Kemampuan menganalisis data
- Kemampuan menginterpretasi data
|
Kriteria:
Kualitas analisis (70%), interpretasi hasil (30%). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Workshop analisis data, praktik dengan perangkat lunak statistik. 100 menit |
|
Materi: Pengolahan data Pustaka: Permendikbudristek No 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian Materi: Rekapitulasi data hasil asesmen Pustaka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024 |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menjelaskan perbedaan dan penerapan evaluasi formatif dan sumatif. |
- Penguasaan konsep
- Kemampuan berargumentasi berdasarkan teori
|
Kriteria:
Ketepatan konsep (60%), argumentasi dalam diskusi (40%). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Studi kasus, diskusi kelompok. 100 menit |
|
Materi: Jenis evaluasi pembelajaran Pustaka: Permendikbudristek No 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian Materi: Evaluasi diagnostik, formatif, sumatif, penempatan Pustaka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024 |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menyusun rancangan evaluasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani. |
- Kemampuan menyusun bentuk evaluasi
- Kemampuan menyesuaikan bentuk evaluasi dengan rancangan pembelajaran
|
Kriteria:
Struktur rancangan (50%), kejelasan tujuan evaluasi (50%). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Problem-solving, kerja kelompok. 100 menit |
|
Materi: Standar penilaian Pustaka: Permendikbudristek No 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian Materi: Bentuk instrumen evaluasi Pustaka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024 |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
Penguasaan materi dari pertemuan 1 - 7 |
Kriteria:
Ketepatan jawaban (100%). Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian tertulis. 100 menit |
|
Materi: Standar penilaian Pustaka: Permendikbudristek No 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian Materi: Pedoman asesmen dalam pembelajaran Pustaka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024 |
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mengembangkan instrumen evaluasi keterampilan motorik. |
- Kemampuan melakukan komunikasi dalam proses observasi
- Kemampuan mengembangkan instrumen
|
Kriteria:
Validitas instrumen (70%), kelayakan penerapan (30%). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Praktik lapangan, observasi. 100 menit |
Materi: Model pengembangan instrumen Pustaka: Kristiyandaru, A., Al-Ardha, M.A., Ristanto, K.O., Nur, L. Health Education during the Pandemic: Physical Fitness Course Applications and Personal Physical Fitness Test (PPFT) in University Students. International Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology (IJEMST), 11(5), 1275-1292. Tahun 2023 |
15% |
10
Minggu ke 10 |
Menganalisis evaluasi aspek kognitif dan afektif dalam pembelajaran. |
- Kemampuan menganalisis instrumen evaluasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani
- Penguasaan konsep
|
Kriteria:
Kedalaman analisis (60%), relevansi konsep (40%). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Studi literatur, diskusi. 100 menit |
Materi: Bentuk penilaian dalam pembelajaran pendidikan jasmani Pustaka: Kristiyandaru, A., Prakoso, B.B., Hartati, S.C.Y., Fitroni, H., Primanata, D., Kartiiko, D.C. Factors influencing assessment in higher education: Empirical evidence from physical education and fitness compulsory courses in Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol. 42 No.3, tahun 2023 |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menggunakan teknologi dalam proses evaluasi pembelajaran. |
- Kemampuan menggunakan teknologi dalam pembelajaran
- Kemampuan berinovasi dalam pembelajaran
|
Kriteria:
Ketepatan penggunaan teknologi (70%), inovasi dalam penerapan (30%). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Demonstrasi penggunaan perangkat lunak evaluasi 100 menit |
|
Materi: Penggunaan teknologi dan pengembangan instrumen evaluasi Pustaka: Kristiyandaru, A., Al-Ardha, M.A., Ristanto, K.O., Nur, L. Health Education during the Pandemic: Physical Fitness Course Applications and Personal Physical Fitness Test (PPFT) in University Students. International Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology (IJEMST), 11(5), 1275-1292. Tahun 2023 |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis studi kasus terkait evaluasi pembelajaran. |
Kemampuan menyusun tugas berbasis proyek |
Kriteria:
Kejelasan tujuan, waktu dan produk hasil proyek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Pembelajaran berbasis proyek. 100 menit |
Materi: Bentuk penugasan berbasis proyek Pustaka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024 |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Menganalisis studi kasus terkait evaluasi pembelajaran. |
Kemampuan menyusun tugas berbasis proyek |
Kriteria:
Kejelasan tujuan, waktu dan produk hasil proyek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Pembelajaran berbasis proyek. 100 menit |
Materi: Bentuk penugasan berbasis proyek Pustaka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024 |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Menganalisis studi kasus terkait evaluasi pembelajaran. |
Kemampuan menyusun tugas berbasis proyek |
Kriteria:
Kejelasan tujuan, waktu dan produk hasil proyek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Pembelajaran berbasis proyek. 100 menit |
Materi: Bentuk penugasan berbasis proyek Pustaka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024 |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mempresentasikan hasil evaluasi dalam bentuk seminar akademik. |
- Kemampuan merencanakan seminar sederhana
- Kemampuan mempresentasikan
|
Kriteria:
- Terlaksananya seminar (70%)
- Presentasi hasil evaluasi (30%)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi, diskusi panel. 100 menit |
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
Pemahaman komprehensif mahasiswa terhadap mata kuliah. |
Kriteria:
Ketepatan jawaban (100%) Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian tertulis atau proyek evaluasi. 100 menit |
|
|
0% |