Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ANALISIS EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

8510402021

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=5.04

2

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Advendi Kristiyandaru, M.Pd.




.......................................




Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi dan berkolaborasi.

PO - 2

Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang Pendidikan Jasmani yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin.

PO - 3

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Analisis Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada jenjang S3 dalam program studi Pendidikan Jasmani bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep, teori, dan praktik evaluasi pembelajaran dalam konteks pendidikan jasmani. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode evaluasi pembelajaran yang relevan dengan bidang pendidikan jasmani, serta mampu menerapkan analisis evaluasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman terhadap prinsip-prinsip evaluasi, teknik pengumpulan data, analisis data, dan penerapan hasil evaluasi untuk pengembangan kurikulum dan pembelajaran dalam konteks pendidikan jasmani.

Pustaka

Utama :

  1. Permendikbudristek No 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian
  2. Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024

Pendukung :

  1. Kristiyandaru, A., Al-Ardha, M.A., Ristanto, K.O., Nur, L. Health Education during the Pandemic: Physical Fitness Course Applications and Personal Physical Fitness Test (PPFT) in University Students. International Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology (IJEMST), 11(5), 1275-1292. Tahun 2023
  2. Kristiyandaru, A., Prakoso, B.B., Hartati, S.C.Y., Fitroni, H., Primanata, D., Kartiiko, D.C. Factors influencing assessment in higher education: Empirical evidence from physical education and fitness compulsory courses in Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol. 42 No.3, tahun 2023

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Advendi Kristiyandaru, S.Pd., M.Pd.

Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar evaluasi pembelajaran dalam pendidikan jasmani.

  1. metode penelitian
  2. pengembangan instrumen
  3. tes dan pengukuran
  4. analisis dalam bidang Pendidikan Jasmani
  5. interdisiplin
  6. multidisiplin
  7. transdisiplin
Kriteria:

Argumentasi dalam diskusi (70%), ketepatan dalam menjelaskan konsep (30%).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
. Ceramah, diskusi interaktif, studi literatur.
100 menit

Materi:
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Pengantar Evaluasi dalam Pendidikan Jasmani
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Menganalisis prinsip-prinsip dasar evaluasi pembelajaran dalam pendidikan jasmani.

Kemampuan menganalisis berdasarkan sumber pustaka

Kriteria:

Ketepatan analisis (60%), kontribusi dalam diskusi (40%).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Problem-based learning, diskusi kelompok.
100 menit

Materi: Prinsip evaluasi pembelajaran
Pustaka: Permendikbudristek No 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian

Materi: Panduan pembelajaran dan asesmen
Pustaka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024
5%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasi berbagai teknik dan instrumen evaluasi dalam pendidikan jasmani.

  1. Kemampuan mempresentasikan
  2. Keaktifan merespon dalam diskusi
Kriteria:

Kejelasan presentasi (50%), relevansi teknik yang dipilih (50%).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi kelompok, studi kasus.
100 menit

Materi: Instrumen evaluasi dalam pembelajaran
Pustaka: Permendikbudristek No 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian

Materi: Teknik dan instrumen evaluasi
Pustaka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024
10%

4

Minggu ke 4

Menganalisis metode pengumpulan data dalam evaluasi pembelajaran.

  1. Kemampuan menganalisis data
  2. Keaktifan merespon dalam diskusi
Kriteria:

Kesesuaian analisis (60%), argumentasi dalam diskusi (40%)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Simulasi pengumpulan data, diskusi.
100 menit

Materi: Pengolahan data
Pustaka: Permendikbudristek No 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian

Materi: Rekapitulasi data hasil asesmen
Pustaka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024
5%

5

Minggu ke 5

Mengolah dan menganalisis data hasil evaluasi pembelajaran.

  1. Kemampuan menganalisis data
  2. Kemampuan menginterpretasi data
Kriteria:

Kualitas analisis (70%), interpretasi hasil (30%).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Workshop analisis data, praktik dengan perangkat lunak statistik.
100 menit

Materi: Pengolahan data
Pustaka: Permendikbudristek No 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian

Materi: Rekapitulasi data hasil asesmen
Pustaka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024
5%

6

Minggu ke 6

Menjelaskan perbedaan dan penerapan evaluasi formatif dan sumatif.

  1. Penguasaan konsep
  2. Kemampuan berargumentasi berdasarkan teori
Kriteria:

Ketepatan konsep (60%), argumentasi dalam diskusi (40%).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Studi kasus, diskusi kelompok.
100 menit

Materi: Jenis evaluasi pembelajaran
Pustaka: Permendikbudristek No 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian

Materi: Evaluasi diagnostik, formatif, sumatif, penempatan
Pustaka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024
5%

7

Minggu ke 7

Menyusun rancangan evaluasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani.

  1. Kemampuan menyusun bentuk evaluasi
  2. Kemampuan menyesuaikan bentuk evaluasi dengan rancangan pembelajaran
Kriteria:

Struktur rancangan (50%), kejelasan tujuan evaluasi (50%).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Problem-solving, kerja kelompok.
100 menit

Materi: Standar penilaian
Pustaka: Permendikbudristek No 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian

Materi: Bentuk instrumen evaluasi
Pustaka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Penguasaan materi dari pertemuan 1 - 7

Kriteria:

Ketepatan jawaban (100%).


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian tertulis.
100 menit

Materi: Standar penilaian
Pustaka: Permendikbudristek No 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian

Materi: Pedoman asesmen dalam pembelajaran
Pustaka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024
0%

9

Minggu ke 9

Mengembangkan instrumen evaluasi keterampilan motorik.

  1. Kemampuan melakukan komunikasi dalam proses observasi
  2. Kemampuan mengembangkan instrumen
Kriteria:

Validitas instrumen (70%), kelayakan penerapan (30%).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja

Praktik lapangan, observasi.
100 menit
Materi: Model pengembangan instrumen
Pustaka: Kristiyandaru, A., Al-Ardha, M.A., Ristanto, K.O., Nur, L. Health Education during the Pandemic: Physical Fitness Course Applications and Personal Physical Fitness Test (PPFT) in University Students. International Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology (IJEMST), 11(5), 1275-1292. Tahun 2023
15%

10

Minggu ke 10

Menganalisis evaluasi aspek kognitif dan afektif dalam pembelajaran.

  1. Kemampuan menganalisis instrumen evaluasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani
  2. Penguasaan konsep
Kriteria:

Kedalaman analisis (60%), relevansi konsep (40%).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Studi literatur, diskusi.
100 menit
Materi: Bentuk penilaian dalam pembelajaran pendidikan jasmani
Pustaka: Kristiyandaru, A., Prakoso, B.B., Hartati, S.C.Y., Fitroni, H., Primanata, D., Kartiiko, D.C. Factors influencing assessment in higher education: Empirical evidence from physical education and fitness compulsory courses in Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol. 42 No.3, tahun 2023
5%

11

Minggu ke 11

Menggunakan teknologi dalam proses evaluasi pembelajaran.

  1. Kemampuan menggunakan teknologi dalam pembelajaran
  2. Kemampuan berinovasi dalam pembelajaran
Kriteria:

Ketepatan penggunaan teknologi (70%), inovasi dalam penerapan (30%).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Demonstrasi penggunaan perangkat lunak evaluasi
100 menit

Materi: Penggunaan teknologi dan pengembangan instrumen evaluasi
Pustaka: Kristiyandaru, A., Al-Ardha, M.A., Ristanto, K.O., Nur, L. Health Education during the Pandemic: Physical Fitness Course Applications and Personal Physical Fitness Test (PPFT) in University Students. International Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology (IJEMST), 11(5), 1275-1292. Tahun 2023
5%

12

Minggu ke 12

Menganalisis studi kasus terkait evaluasi pembelajaran.

Kemampuan menyusun tugas berbasis proyek

Kriteria:

Kejelasan tujuan, waktu dan produk hasil proyek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

Pembelajaran berbasis proyek.
100 menit
Materi: Bentuk penugasan berbasis proyek
Pustaka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024
10%

13

Minggu ke 13

Menganalisis studi kasus terkait evaluasi pembelajaran.

Kemampuan menyusun tugas berbasis proyek

Kriteria:

Kejelasan tujuan, waktu dan produk hasil proyek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Pembelajaran berbasis proyek.
100 menit
Materi: Bentuk penugasan berbasis proyek
Pustaka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024
10%

14

Minggu ke 14

Menganalisis studi kasus terkait evaluasi pembelajaran.

Kemampuan menyusun tugas berbasis proyek

Kriteria:

Kejelasan tujuan, waktu dan produk hasil proyek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Pembelajaran berbasis proyek.
100 menit
Materi: Bentuk penugasan berbasis proyek
Pustaka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen tahun 2024
10%

15

Minggu ke 15

Mempresentasikan hasil evaluasi dalam bentuk seminar akademik.

  1. Kemampuan merencanakan seminar sederhana
  2. Kemampuan mempresentasikan
Kriteria:
  1. Terlaksananya seminar (70%)
  2. Presentasi hasil evaluasi (30%)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, diskusi panel.
100 menit

5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Pemahaman komprehensif mahasiswa terhadap mata kuliah.

Kriteria:

Ketepatan jawaban (100%)


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian tertulis atau proyek evaluasi.
100 menit

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 60%
2. Penilaian Portofolio 12.5%
3. Penilaian Praktikum 2.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 25%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.