
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Etika dan Profesionalisme dalam Penelitian Olahraga |
8900102106 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=1 |
P=1 |
ECTS=5.04 |
2 |
1 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.
|
Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.
|
AGUS HARIYANTO |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-12 |
Menguasai “state of the arts” ─ filosofi, teori, konsep, dan riset terbaru dalam bidang Ilmu Keolahragaan |
PLO-14 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang keolahragaan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional, integritas, dan tanggung jawab etis dalam setiap tahapan penelitian olahraga, serta beradaptasi dengan dinamika isu etika yang berkembang.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis berbagai dilema etika dalam penelitian olahraga dan merumuskan solusi yang logis dan sistematis sesuai dengan kode etik dan standar profesionalisme yang berlaku.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menguasai dan menerapkan filosofi, teori, serta konsep etika dan profesionalisme terkini dalam merancang dan melaksanakan penelitian di bidang Ilmu Keolahragaan.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menerapkan kaidah ilmiah secara teoritis dan praktis untuk mengidentifikasi, mencegah, dan menyelesaikan masalah etika yang timbul dalam pelaksanaan penelitian olahraga.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-12 | PLO-14 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa program S3 Ilmu Keolahragaan dengan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip etika dan standar profesionalisme yang relevan dalam seluruh tahapan penelitian olahraga. Mahasiswa akan diajak untuk mengeksplorasi dan menganalisis berbagai dilema etika yang mungkin timbul dalam konteks penelitian keolahragaan, mulai dari perumusan masalah, pengumpulan dan analisis data, hingga interpretasi hasil dan publikasi.
Pembahasan akan mencakup kode etik penelitian yang berlaku secara nasional maupun internasional, serta regulasi dan pedoman yang terkait dengan perlindungan subjek penelitian (termasuk atlet, pelatih, dan populasi khusus lainnya), integritas data, plagiarisme, konflik kepentingan, dan tanggung jawab sosial peneliti. Mata kuliah ini juga akan menekankan pentingnya komunikasi ilmiah yang jujur dan transparan, serta pengembangan sikap profesional dalam berinteraksi dengan kolega, institusi, dan masyarakat luas.
Melalui studi kasus, diskusi interaktif, dan analisis kritis terhadap publikasi ilmiah, mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan isu-isu etika secara mandiri, serta menginternalisasi nilai-nilai profesionalisme untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas tinggi, kredibel, dan bertanggung jawab. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Buku Pedoman penulisan tugas Akhir Unesa
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
|
Ketepatan identifikasi kode etik, dan kepatuhan dalam implementasi. |
Kriteria:
Sangat Baik: Mampu secara akurat mengidentifikasi semua kode etik relevan dan konsisten mematuhinya dalam setiap aspek proposal/laporan penelitian. Baik: Mampu mengidentifikasi sebagian besar kode etik relevan dan umumnya patuh, dengan sedikit inkonsistensi minor. Cukup: Hanya mampu mengidentifikasi beberapa kode etik relevan dan kepatuhan masih sporadis. Kurang: Tidak mampu mengidentifikasi kode etik relevan atau menunjukkan ketidakpatuhan yang signifikan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: etika Pustaka: Buku Pedoman penulisan tugas Akhir Unesa |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menunjukkan integritas akademik yang tinggi dengan menghindari praktik plagiarisme, fabrikasi data, dan falsifikasi hasil. |
Orisinalitas tulisan, ketiadaan indikasi fabrikasi/falsifikasi data. |
Kriteria:
Sangat Baik: Seluruh karya tulis (proposal, laporan, dll.) 100% orisinal dengan kutipan dan rujukan yang sempurna, tidak ada indikasi fabrikasi/falsifikasi. Baik: Sebagian besar karya tulis orisinal dengan sedikit kesalahan dalam kutipan/rujukan, tanpa indikasi fabrikasi/falsifikasi. Cukup: Terdapat beberapa bagian yang terindikasi kurang orisinal atau sedikit ketidakakuratan data yang tidak disengaja. Kurang: Terindikasi plagiarisme substansial atau bukti fabrikasi/falsifikasi data. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: Plagiarisme Pustaka: Buku Pedoman penulisan tugas Akhir Unesa |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Bersikap transparan dan bertanggung jawab dalam melaporkan metodologi, temuan, serta keterbatasan penelitian. |
Kelengkapan dan kejujuran pelaporan dalam proposal/laporan penelitian. |
Kriteria:
Sangat Baik: Melaporkan metodologi secara detail, semua temuan (positif/negatif), dan keterbatasan secara jujur dan komprehensif. Baik: Melaporkan sebagian besar detail metodologi dan temuan, dengan beberapa keterbatasan yang kurang eksplisit. Cukup: Pelaporan metodologi, temuan, atau keterbatasan masih kurang detail atau kurang transparan. Kurang: Pelaporan tidak transparan, ada data atau informasi penting yang disembunyikan. |
Luring 2x50 |
|
Materi: Kelengkapan Proposal Pustaka: Buku Pedoman penulisan tugas Akhir Unesa |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menyesuaikan diri dan merespons secara etis terhadap isu-isu etika baru yang muncul seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penelitian olahraga. |
|
Kriteria:
Sangat Baik: Mampu menganalisis isu etika baru dengan kerangka etika yang relevan dan merumuskan respons etis yang adaptif. Baik: Mampu menganalisis isu etika baru dengan bantuan, namun respons etisnya cukup adaptif. Cukup: Kesulitan dalam menganalisis isu etika baru dan respons etisnya kaku. Kurang: Tidak mampu memahami atau merespons isu etika baru. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100 |
|
Materi: Analisis Kasus Pustaka: Buku Pedoman penulisan tugas Akhir Unesa |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis berbagai dilema etika dalam penelitian olahraga dan merumuskan solusi yang logis dan sistematis sesuai dengan kode etik dan standar profesionalisme yang berlaku. |
Kedalaman analisis, identifikasi perspektif yang berbeda. |
Kriteria:
Sangat Baik: Menganalisis studi kasus secara mendalam, mengidentifikasi semua pihak terkait dan perspektif etis yang berbeda dengan argumen yang kuat. Baik: Menganalisis studi kasus cukup mendalam, mengidentifikasi sebagian besar perspektif, namun ada minoritas yang terlewat. Cukup: Analisis studi kasus dangkal, hanya mengidentifikasi beberapa perspektif utama. Kurang: Tidak mampu menganalisis studi kasus atau salah mengidentifikasi dilema etika. |
luring 100 |
|
Materi: analisis kasus Pustaka: Buku Pedoman penulisan tugas Akhir Unesa |
5% |
6
Minggu ke 6 |
|
Ketepatan identifikasi konflik kepentingan, kualitas strategi pengelolaan. |
Kriteria:
Sangat Baik: Mampu secara akurat mengidentifikasi semua potensi konflik kepentingan (personal, finansial, institusional) dan merumuskan strategi pengelolaan yang komprehensif dan etis. Baik: Mampu mengidentifikasi sebagian besar konflik kepentingan dan merumuskan strategi yang memadai. Cukup: Hanya mengidentifikasi beberapa konflik kepentingan dan strategi pengelolaan kurang detail. Kurang: Tidak mampu mengidentifikasi konflik kepentingan atau merumuskan strategi yang tidak etis. |
Luring 100 |
|
Materi: Analisis data Pustaka: Buku Pedoman penulisan tugas Akhir Unesa |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Merumuskan solusi etis yang berbasis bukti dan prinsip terhadap masalah-masalah etika yang kompleks dalam penelitian. |
Logika dan relevansi solusi yang diusulkan. |
Kriteria:
Sangat Baik: Merumuskan solusi yang logis, konsisten dengan prinsip etika, didukung oleh bukti, dan relevan dengan konteks masalah. Baik: Merumuskan solusi yang cukup logis, konsisten dengan prinsip, namun dukungan bukti atau relevansi masih dapat ditingkatkan. Cukup: Solusi yang dirumuskan kurang logis atau tidak sepenuhnya sesuai dengan prinsip etika. Kurang: Solusi yang dirumuskan tidak logis atau bahkan kontraproduktif secara etika. |
Luring 100 |
|
Materi: logika berfikir Pustaka: Buku Pedoman penulisan tugas Akhir Unesa |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mengaplikasikan kerangka kerja pengambilan keputusan etis untuk menyelesaikan dilema etika secara sistematis. |
Penerapan langkah-langkah dalam kerangka kerja pengambilan keputusan etis. |
Kriteria:
Sangat Baik: Mampu menerapkan setiap langkah kerangka kerja secara sistematis dan menyeluruh dalam menyelesaikan dilema etika. Baik: Mampu menerapkan sebagian besar langkah kerangka kerja dengan sedikit inkonsistensi. Cukup: Penerapan kerangka kerja tidak sistematis atau ada langkah-langkah penting yang terlewat. Kurang: Tidak mampu menerapkan kerangka kerja pengambilan keputusan etis. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring 100 |
|
Materi: pengambilan keputusan Pustaka: Buku Pedoman penulisan tugas Akhir Unesa |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Menginternalisasi filosofi dasar etika penelitian, seperti otonomi, beneficence, non-maleficence, dan keadilan, dalam konteks keolahragaan. |
Refleksi pemahaman filosofi dalam desain penelitian dan justifikasi etis. |
Kriteria:
Sangat Baik: Menunjukkan pemahaman mendalam tentang filosofi etika dan secara konsisten menerapkannya dalam semua aspek desain penelitian dan argumen etis. Baik: Memahami sebagian besar filosofi etika dan menerapkannya dalam sebagian besar konteks. Cukup: Pemahaman filosofi etika masih parsial dan penerapannya kurang konsisten. Kurang: Tidak menunjukkan pemahaman yang memadai tentang filosofi etika. |
Luring 100 |
|
Materi: Filosofi Etika Pustaka: Buku Pedoman penulisan tugas Akhir Unesa |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menerapkan prinsip persetujuan berdasarkan informasi (informed consent) secara komprehensif pada subjek penelitian olahraga, termasuk populasi rentan. |
Kelengkapan dan kejelasan dokumen informed consent, proses mendapatkan persetujuan. |
Kriteria:
Sangat Baik: Menyusun dokumen informed consent yang sangat jelas, komprehensif, sesuai usia/kapasitas subjek, dan mampu menerapkan proses informed consent secara etis dan efektif, termasuk untuk populasi rentan. Baik: Menyusun dokumen informed consent yang memadai dan menerapkan proses yang cukup baik, dengan sedikit celah untuk populasi rentan. Cukup: Dokumen informed consent kurang lengkap atau prosesnya kurang memadai, terutama untuk populasi rentan. Kurang: Dokumen informed consent atau prosesnya tidak memenuhi standar etika. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Luring 100 |
|
Materi: Informed Consent Pustaka: Buku Pedoman penulisan tugas Akhir Unesa |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mengaplikasikan konsep perlindungan privasi dan kerahasiaan data partisipan penelitian secara konsisten. |
Adanya prosedur perlindungan data dalam proposal/pelaksanaan penelitian. |
Kriteria:
Sangat Baik: Merancang dan mengimplementasikan prosedur yang sangat ketat untuk memastikan privasi dan kerahasiaan data partisipan. Baik: Merancang prosedur yang cukup baik untuk perlindungan privasi dan kerahasiaan data, dengan minoritas kecil potensi risiko. Cukup: Prosedur perlindungan privasi dan kerahasiaan data masih lemah atau belum konsisten. Kurang: Tidak ada atau sangat minim prosedur perlindungan privasi dan kerahasiaan data. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100 |
|
Materi: Perlindungan Provasi Pustaka: Buku Pedoman penulisan tugas Akhir Unesa |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami dan menerapkan tren terbaru dalam etika penelitian yang relevan dengan Ilmu Keolahragaan, seperti etika AI dalam analisis data olahraga atau etika penggunaan wearable devices. |
Pemahaman dan integrasi tren etika baru dalam desain penelitian. |
Kriteria:
Sangat Baik: Mampu secara komprehensif menjelaskan dan mengintegrasikan tren etika terbaru (misalnya etika AI, wearable devices) ke dalam desain penelitian olahraga. Baik: Memahami sebagian besar tren etika terbaru dan mencoba mengintegrasikannya. Cukup: Pemahaman terhadap tren etika terbaru masih terbatas dan belum terintegrasi dengan baik. Kurang: Tidak memiliki pemahaman atau mengabaikan tren etika terbaru. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100 |
|
Materi: etika penggunaan AI Pustaka: Buku Pedoman penulisan tugas Akhir Unesa |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menyusun protokol penelitian yang secara eksplisit mencakup pertimbangan dan prosedur etika yang kuat. |
Kelengkapan dan kualitas bagian etika dalam proposal penelitian. |
Kriteria:
Sangat Baik: Bagian etika dalam protokol penelitian sangat komprehensif, mencakup semua aspek etika yang relevan dengan prosedur yang jelas dan kuat. Baik: Bagian etika dalam protokol penelitian cukup komprehensif, dengan sedikit area yang bisa lebih detail. Cukup: Bagian etika dalam protokol penelitian masih kurang lengkap atau prosedur etika kurang jelas. Kurang: Bagian etika dalam protokol penelitian sangat minim atau tidak ada. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100 |
|
Materi: penyusunan Protokol Pustaka: Buku Pedoman penulisan tugas Akhir Unesa |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mengembangkan strategi untuk mencegah pelanggaran etika dalam pengumpulan, pengelolaan, dan analisis data penelitian. |
Inovasi dan efektivitas strategi pencegahan. |
Kriteria:
Sangat Baik: Mampu mengembangkan strategi pencegahan pelanggaran etika yang inovatif, komprehensif, dan sangat efektif. Baik: Mampu mengembangkan strategi pencegahan yang efektif, meskipun kurang inovatif. Cukup: Strategi pencegahan masih dasar dan kurang efektif dalam mencegah pelanggaran. Kurang: Tidak mampu mengembangkan strategi pencegahan yang berarti. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100 |
|
Materi: Strategi pencegahan Pustaka: Buku Pedoman penulisan tugas Akhir Unesa |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mengimplementasikan prosedur penanganan keluhan atau insiden etika yang mungkin terjadi selama penelitian. |
Rancangan prosedur penanganan keluhan/insiden, dan kemampuan simulasi penanganan. |
Kriteria:
Sangat Baik: Merancang prosedur penanganan keluhan/insiden etika yang sangat jelas, adil, dan mampu mensimulasikan penanganan kasus dengan respons yang tepat. Baik: Merancang prosedur yang cukup baik dan mampu mensimulasikan penanganan dengan respons yang memadai. Cukup: Prosedur penanganan masih kurang jelas atau simulasi penanganan menunjukkan kelemahan. Kurang: Tidak mampu merancang atau mengimplementasikan prosedur penanganan keluhan/insiden etika. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 100 |
|
Materi: Prosedur menangani Keluhan Pustaka: Buku Pedoman penulisan tugas Akhir Unesa |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu menulis laporan ilmiah yang tidak hanya akurat secara metodologis tetapi juga memenuhi standar etika publikasi yang tinggi. |
Kualitas pelaporan hasil, pengakuan kontribusi, dan kepatuhan standar publikasi. |
Kriteria:
Sangat Baik: Menulis laporan ilmiah yang sangat akurat, transparan, mengakui semua kontribusi secara tepat, dan memenuhi semua standar etika publikasi terkemuka. Baik: Menulis laporan ilmiah yang akurat dan transparan, namun ada sedikit kekurangan dalam pengakuan kontribusi atau kepatuhan standar publikasi minor. Cukup: Laporan ilmiah masih kurang akurat, kurang transparan, atau ada masalah etika publikasi yang signifikan. Kurang: Laporan ilmiah tidak memenuhi standar akurasi atau etika publikasi dasar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Luring 100 |
|
Materi: laporan ilmiah Pustaka: Buku Pedoman penulisan tugas Akhir Unesa |
15% |