Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Jerman

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Grammatik und Wortschatz in der Kommunikation (A2)

7920602293

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

2

24 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu menguasai keterampilan berbahasa Jerman dan menerapkannya secara lisan dan tulis sesuai dengan konteks dengan kemampuan yang setara Common European Framework of Reference (CEFR) level B1.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memiliki kemampuan memahami tatabahasa dan kosakata pada level A2 yang mengacu pada tema komunikasi kegiatan sehari-hari

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4PLO-5
PO-1   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa tentang tata bahasa dan kosakata bahasa Jerman tingkat A2 berdasarkan Gemeinsamer Europäischer Referenzrahmen (GER) pada konteks komunikasi sehari-hari, meliputi: Verben, Substantive, Artikelwoerter, Pronomen, Fragewoerter, Adjektive, Praepositionen, Adverbien, Negation, Satztypen und Verbstellung, Satzverbindungen. Perkuliahan menerapkan pembelajaran dengan metode komunikatif, ceramah, diskusi, tanya jawab, dan inkuiri. Penilaian melalui partisipasi, tugas, UTS dan UAS.

Pustaka

Utama :

  1. Dengler, Stefanie, dkk. 2019. Netzwerk neu A1. Kursbuch. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen.
  2. Dreyer und Schmitt. 2009. Lehr- und Übungsbuch der deutschen Grammatik-aktuell. Ismaning: Hueber Verlag.
  3. Rusch, Paul dan Schmitz, Helen. 2007. Einfach Grammatik. Uebungsgrammatik Deutsch A1 bis B1. Berlin: Langenscheidt

Pendukung :

  1. Dengler, Stefanie, dkk. 2019. Netzwerk neu A1. Arbeitsbuch. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen.
  2. Luscher, Renate. 2006. Übungsgrammatik Deutsch als Fremdsprache. Ismaning: Hueber

Dosen Pengampu

Meilita Hardika, S.Pd., M.A.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Kosakata tempat kerja, komunikasi di kantor, tata bahasa terkait (Artikel Dativ, Preposisi mit Dativ)

  1. - Mahasiswa dapat memilih artikel datif yang benar.
  2. - Mahasiswa dapat menyusun kata menjadi kalimat pernyataan secara benar.
  3. - Mahasiswa dapat menentukan preposisi mit Dativ secara benar.
Kriteria:

sehr gut (100-90); gut (80-70); befriedigend (70-60); ausreichend (50-40)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Komunikatif. Tanya jawab, Diskusi
100 menit

Materi: W-Frage; Aussagesatz; Verben und Personalpronomen
Pustaka: Rusch, Paul dan Schmitz, Helen. 2007. Einfach Grammatik. Uebungsgrammatik Deutsch A1 bis B1. Berlin: Langenscheidt
3%

2

Minggu ke 2

Kosakata tempat kerja, komunikasi di kantor, tata bahasa terkait (Artikel Dativ, Preposisi mit Dativ)

  1. - Mahasiswa dapat menentukan artikel dativ dengan benar.
  2. - Mahasiswa dapat menjawab bertanyaan preposisi mit Dativ.
  3. - Mahasiswa dapat menentukan preposisi dengan benar dalam kalimat rumpang
Kriteria:

sehr gut (100-90); gut (80-70); befriedigend (70-60); ausreichend (50-40)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Komunikatif. Tanya jawab, Diskusi, Bermain peran, Pembelajaran kontekstual.
100 menit

Materi: Unregelmaessige Verben und Personalpronomen; Ja/Nein- Frage; bestimmter Artikel: der, das, die
Pustaka: Dengler, Stefanie, dkk. 2019. Netzwerk neu A. Kursbuch. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen.
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengetahui kosakata baru tentang Kesehatan, bagian tubuh, obat-obatan beserta artikelnya.

- Mahasiswa dapat menuliskan kosakata yang benar sesuai tema berdasarkan penggolongan Singular atau Plural.

Kriteria:

sehr gut (100-90); gut (80-70); befriedigend (70-60); ausreichend (50-40)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Komunikatif, Tanya jawab, Diskusi
100 menit

Materi: Nomen: Singular und Plural; Verben: haben dan sein
Pustaka: Rusch, Paul dan Schmitz, Helen. 2007. Einfach Grammatik. Uebungsgrammatik Deutsch A1 bis B1. Berlin: Langenscheidt
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami Unbestimmter Artikel: ein, ein, eine; Negationsartikel kein, kein, keine; Imperativ mit Sie; Adjektiv mit sein berikut kosakata penunjang pemahaman tatabahasanya yang mengacu pada tema komunikasi kegiatan sehari-hari.

  1. - Mahasiswa dapat menentukan formula imperativsatz (du, ihr, Sie-form)
  2. - Mahasiswa dapat membentuk kalimat Imperativ berdasarkan gambar dengan benar.
Kriteria:

sehr gut (100-90); gut (80-70); befriedigend (70-60); ausreichend (50-40)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Komunikatif, Tanya jawab, Diskusi
100 menit

Materi: Unbestimmter Artikel: ein, ein, eine; Negationsartikel kein, kein, keine; Imperativ mit Sie; Adjektiv mit sein
Pustaka: Rusch, Paul dan Schmitz, Helen. 2007. Einfach Grammatik. Uebungsgrammatik Deutsch A1 bis B1. Berlin: Langenscheidt
3%

5

Minggu ke 5

Menjelaskan tentang Akkusativ; Verben mit Akkusativ; Verben moegen und moechten; Positionen im Satz berikut kosakata penunjang pemahaman tatabahasanya yang mengacu pada tema komunikasi kegiatan sehari-hari.

  1. - Mahasiswa dapat memilih modalverben dengan benar sesuai konteks
  2. - Mahasiswa dapat menentukan dengan benar Verben: koennen, sollen, duerfen yang tepat dalam kelimat.
  3. - Mahasiswa dapat menuliskan pola kalimat yang benar sesuai posisinya dalam kalimat.
Kriteria:

sehr gut (100-90); gut (80-70); befriedigend (70-60); ausreichend (50-40)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Komunikatif, Tanya jawab, Diskusi
100 menit

Materi: Verben mit Akkusativ; Verben moegen und moechten; Positionen im Satz
Pustaka: Dengler, Stefanie, dkk. 2019. Netzwerk neu A1. Kursbuch. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen.
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu mengetahui kosakata baru tentang furnitur rumah, warna beserta artikelnya.

Mahasiswa dapat menyebutkan kosakata yang benar (penulisan dan pengejaan) besertrta artikelnya.

Kriteria:

sehr gut (100-90); gut (80-70); befriedigend (70-60); ausreichend (50-40)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Komunikatif, Tanya jawab, Diskusi
100 menit

Materi: Zeitangaben: am, um, von…bis; Possessivartikel im Nominativ und Akkusativ; Modalverben muessen, koennen, wollen; Modalverben im Satz; Satzklammer
Pustaka: Rusch, Paul dan Schmitz, Helen. 2007. Einfach Grammatik. Uebungsgrammatik Deutsch A1 bis B1. Berlin: Langenscheidt
3%

7

Minggu ke 7

Menjelaskan tentang tata bahasa Wechselpräpositionen dalam kasus akkusativ.

  1. - Mahasiswa dapat memilih Artikel im Akkusativ yang benar sesuai konteks kalimat.
  2. - Mahasiswa dapat membuat kalimat dengan Wechselpräpositionen dalam kasus akkusativ.
Kriteria:

sehr gut (100-90); gut (80-70); befriedigend (70-60); ausreichend (50-40)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Komunikatif, Tanya jawab, Diskusi
100 menit

Materi: Saetze verbinden: und, oder, aber; Artikel im Dativ; Praeposition mit Dativ; Ortsangaben: Praepositionen mit Dativ
Pustaka: Rusch, Paul dan Schmitz, Helen. 2007. Einfach Grammatik. Uebungsgrammatik Deutsch A1 bis B1. Berlin: Langenscheidt
4%

8

Minggu ke 8

Menjelaskan tentang tata bahasa Wechselpräpositionen dalam kasus dativ.

  1. - Mahasiswa dapat memilih Artikel im Dativ yang benar sesuai konteks kalimat.
  2. - Mahasiswa dapat membuat kalimat dengan Wechselpräpositionen dalam kasus dativ..
Kriteria:

sehr gut (100-90); gut (80-70); befriedigend (70-60); ausreichend (50-40)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Komunikatif, Tanya jawab, Diskusi
100 menit

Materi: Saetze verbinden: und, oder, aber; Artikel im Dativ; Praeposition mit Dativ; Ortsangaben: Praepositionen mit Dativ
Pustaka: Rusch, Paul dan Schmitz, Helen. 2007. Einfach Grammatik. Uebungsgrammatik Deutsch A1 bis B1. Berlin: Langenscheidt
4%

9

Minggu ke 9

Ujian Temgah Semester; Mahasiswa mampu menyebutkan kosakata yang sesuai dengan topik dan membuat kalimat sesuai dengan tata bahasa yang benar yang sudah pernah dipelajari.

  1. Mahasiswa mampu menyebutkan kosakata beserta artikel yang benar sesuai dengan topik.
  2. Mahasiswa mampu membuat kalimat sesuai tata bahasa yang sudah dipelajari.
Kriteria:

sehr gut (100-90); gut (80-70); befriedigend (70-60); ausreichend (50-40)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Komunikatif, Tanya jawab, Diskusi
100 menit

Materi: Saetze verbinden: und, oder, aber; Artikel im Dativ; Praeposition mit Dativ; Ortsangaben: Praepositionen mit Dativ
Pustaka: Dengler, Stefanie, dkk. 2019. Netzwerk neu A1. Kursbuch. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen.
19%

10

Minggu ke 10

Menjelaskan tentang kosakata tentang Kehidupan studi dan pekerjaan, pengalaman kerja beserta artikelnya.

  1. Mahasiswa dapat menyebutkan kosakata sesuai dengan topik breserta artikelnya.
  2. Mahasiswa mengenali penggunaan "haben" atau "sein" dengan benar
  3. Mahasiswa dapat menuliskan bentuk Partizip II dengan tepat
Kriteria:

sehr gut (100-90); gut (80-70); befriedigend (70-60); ausreichend (50-40)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Komunikatif, Tanya jawab, Diskusi
100 menit

Materi: Imperativ mit du, ihr, Sie; Imperativsaetze; Modalverben sollen, muessen, (nicht) duerfen
Pustaka: Rusch, Paul dan Schmitz, Helen. 2007. Einfach Grammatik. Uebungsgrammatik Deutsch A1 bis B1. Berlin: Langenscheidt
5%

11

Minggu ke 11

menjelaskan tata bahasa Perfekt (Partizip II) dan menjelaskan kosakata baru tentang pakaian beserta artikelnya.

  1. Mahasiswa mengenali penggunaan "haben" atau "sein" dengan benar
  2. Mahasiswa mampu menuliskan kalimat dengan kata kerja dalam bentuk perfekt
  3. Mahasiswa menyebutkan kosakata tentang pakaian
Kriteria:

sehr gut (100-90); gut (80-70); befriedigend (70-60); ausreichend (50-40)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Komunikatif, Tanya jawab, Diskusi
100 menit

Materi: sein Adjektiv; Praeposition in Akkusativ; Wechselpraepositionen mit Dativ
Pustaka: Dengler, Stefanie, dkk. 2019. Netzwerk neu A1. Kursbuch. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen.
6%

12

Minggu ke 12

menjelaskan kosakata baru tentang pakaian beserta artikelnya dan ungkapan berbelanja dalam bahasa Jerman

  1. Mahasiswa menyebutkan kosakata tentang pakaian
  2. Menggunakan ungkapan umum saat berbelanja (z. B. „Ich möchte...“, „Wie viel kostet...?“)
Kriteria:

sehr gut (100-90); gut (80-70); befriedigend (70-60); ausreichend (50-40)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Komunikatif, Tanya jawab, Diskusi
100 menit

Materi: sein Adjektiv; Praeposition in Akkusativ; Wechselpraepositionen mit Dativ
Pustaka: Dengler, Stefanie, dkk. 2019. Netzwerk neu A1. Kursbuch. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen.
4%

13

Minggu ke 13

menjelaskan kosakata baru tentang pakaian, belanja beserta artikelnya.

  1. Mahasiswa memahami dan menggunakan kosakata tentang pakaian dan belanja
  2. Menggunakan ungkapan umum saat berbelanja (z. B. „Ich möchte...“, „Wie viel kostet...?“)
Kriteria:

sehr gut (100-90); gut (80-70); befriedigend (70-60); ausreichend (50-40)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Komunikatif, Tanya jawab, Diskusi
100 menit

Materi: Perfekt: Satzklammer; Partizip II: regelmaessige und unregelmaessige Verben; Verben auf -ieren; Perfekt mit haben und sein
Pustaka: Rusch, Paul dan Schmitz, Helen. 2007. Einfach Grammatik. Uebungsgrammatik Deutsch A1 bis B1. Berlin: Langenscheidt
6%

14

Minggu ke 14

Menjelaskan Tata Bahasa: Partizip II mit Präfix

  1. Siswa mampu mengidentifikasi dan menggunakan verba berprefiks dalam bentuk Partizip II
  2. Mengenali struktur seperti „aufgemacht“, „eingekauft“, „zurückgebracht“
  3. Menggunakan setidaknya 3 verba berprefiks dalam kalimat perfekt dengan benar
Kriteria:

sehr gut (100-90); gut (80-70); befriedigend (70-60); ausreichend (50-40)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Komunikatif, Tanya jawab, Diskusi
100 menit

Materi: Welcher? Welches? Welche?; dieser, dieses, diese; Partizip II: trennbare und nicht trennbare Verben; Personalpronomen mit Dativ; Verben mit Dativ
Pustaka: Dengler, Stefanie, dkk. 2019. Netzwerk neu A1. Kursbuch. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen.
4%

15

Minggu ke 15

Menjelaskan tata bahasa: Personalpronomen im Dativ

  1. - Mahasiswa dapat menggunakan kata ganti orang dalam bentuk dativ sesuai konteks
  2. - Mahasiswa dapat menggunakan dengan benar kata ganti seperti „mir“, „dir“, „ihm“, „ihr“, dll dalam kalimat
  3. - Mahasiswa dapat menentukan ganti dativ dalam kalimat secara tepat.
Kriteria:

sehr gut (100-90); gut (80-70); befriedigend (70-60); ausreichend (50-40)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Komunikatif, Tanya jawab, Diskusi
100 menit

Materi: Pronomen: man; Saetze verbinden: denn; Fragewoerter: Wer, Wen, Wem, Was; Zeitangaben: Praepositionen mit Dativ
Pustaka: Rusch, Paul dan Schmitz, Helen. 2007. Einfach Grammatik. Uebungsgrammatik Deutsch A1 bis B1. Berlin: Langenscheidt
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa dapat memahami 40 soal UAS dengan benar.

- Mahasiswa dapat memilih satu jawaban yang benar dari 40 soal UAS tentang tatabahasa dan kosakata dalam konteks kebahasaan

Kriteria:

sehr gut (100-87,5); gut (85-72,5); befriedigend (70-57,5); ausreichend (55-40)


Bentuk Penilaian :
Tes
Pengerjaan UAS
100 menit

Materi: Semua materi yang telah diberikan.
Pustaka: Dengler, Stefanie, dkk. 2019. Netzwerk neu A1. Kursbuch. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen.
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 65.5%
2. Tes 34.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.