Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Tata Boga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Dasar

6230502140

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Any Sutiadiningsih, M.Si.




Prof. Dr. Any Sutiadiningsih, M.Si.




Dr. Lilis Sulandari, S.Pt., M.P.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menunjukkan pemahaman konsep manajemen, komunikasi, literasi global, bahan makanan, kesehatan, dan pariwisata

PLO-6

Mampu menerapkan multidisipliner ilmu dengan mengintegrasikan teknologi modern (IPTEKS) dalam menghasilkan produk seni kuliner, prototipe/desain produk, dan menyusun laporan pertanggungjawaban

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami konsep dasar organisasi dan manajemen

PO - 2

Menganalisis peran manajerial dalam organisasi

PO - 3

Menganalisis Lingkungan dan Budaya Organisasi, serta tanggung jawab dan Etika Manajemen

PO - 4

Mengaplikasikan fungsi manajemen dalam konteks bisnis kuliner

PO - 5

Mengelola tim kerja secara efektif

PO - 6

Mengevaluasi kinerja bisnis kuliner

PO - 7

Membangun inovasi dalam pengelolaan bisnis kuliner

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Manajemen Dasar pada jenjang D4 program studi Tata Boga memberikan pemahaman tentang konsep dasar manajemen yang diperlukan dalam mengelola bisnis di bidang kuliner. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang prinsip-prinsip manajemen, fungsi manajemen, serta teknik-teknik manajerial yang dapat diterapkan dalam industri kuliner. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pembahasan mengenai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dalam konteks bisnis kuliner.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education.
  2. 2. Griffin, R. W. (2019). Fundamentals of Management (9th ed.). Cengage Learning
  3. 3. Jones, G. R., & George, J. M. (2020). Contemporary Management (11th ed.). McGraw-Hill Education.

Pendukung :

  1. 1. Drucker, P. F. (2006). The Effective Executive: The Definitive Guide to Getting the Right Things Done. Harper Business.
  2. 2. Mintzberg, H. (2009). Managing. Berrett-Koehler Publishers.
  3. 3. Katz, J., & Green, R. (2017). Entrepreneurial Small Business (5th ed.). McGraw-Hill Education

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Any Sutiadiningsih, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Menjelaskan definisi organisasi (profit)
  2. Menjelaskan definisi manajemen
  1. Mampu menjelaskan pengertian organisasi
  2. Mampu menjelaskan ciri-ciri organisasi
  3. Mampu menjelaskan pengertia manajemen
Kriteria:

Ketepatan konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

Problem Based Learning
100 menit
Materi: Pengertian Manajemen
Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education.
0%

2

Minggu ke 2

  1. Menjelaskan definisi organisasi (profit)
  2. Menjelaskan definisi manajemen
  1. Mampu menguraikan faktor-faktor yang diperlukan dalam mencapai tujuan organisasi
  2. Mampu menjelaskan fungsi perencanaan dalam manajemen
  3. Mampu menjelaskan fungsi pengorganisasi dalam manajemen
  4. Mampu menjelaskan fungsi pengarahan/komando dalam manajemen
  5. Mampu menjelaskan fungsi pengawasan dan evaluasi dalam manajemen
Kriteria:

Ketepatan konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Problem based learning
100 menit
Problem Based Learning
100 menit
Materi: Pengertian Manajemen
Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education.
10%

3

Minggu ke 3

  1. Menjelaskan definisi organisasi (profit)
  2. Menjelaskan definisi manajemen
  1. Mampu menjelaskan pengertian manajerial
  2. Mampu menjelaskan keahlian manajere skill
  3. Mampu menjelakan tingkatan Manajemen Dalam Bagan Organisas
  4. Mampu menjelaskan pendidkan dan pengalaman menajer

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Problem based learning
100 menit

100 menit
Materi: Peran Manajer dalam Organisasi
Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education.
5%

4

Minggu ke 4

  1. Menguraikan pentingnya lingkungan bagi organissai biskul
  2. Menguraikan Budaya Organisasi
  3. • Tanggung Jawab dan Etika Manajemen
  1. Mampu menjelaskan Lingkungan di seputar organisasi biskul
  2. Menguraikan keterkaitan Keterkaitan lingkungan dengan organisasi biskul
  3. Menjelaskan pengertian Budaya Organisasi
  4. Menguraikan Faktor-faktor penentu terbentuknya budaya organisas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Problem Based Learning
100 menit

Materi: Lingkungan dan Budaya Organisasi, serta tanggung jawab dan Etika Manajemen
Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education.

Materi: Lingkungan dan Budaya Organisasi, serta tanggung jawab dan Etika Manajemen
Pustaka: 2. Mintzberg, H. (2009). Managing. Berrett-Koehler Publishers.
0%

5

Minggu ke 5

  1. Menguraikan pentingnya lingkungan bagi organissai biskul
  2. Menguraikan Lingkungan dan Budaya Organisasi
  3. Menjelaskan tanggung jawab dan etika manajemen
  1. Mampu menjelaskan Lingkungan di seputar organisasi biskul
  2. Menguraikan keterkaitan Keterkaitan lingkungan dengan organisasi biskul
  3. Menjelaskan pengertian Budaya Organisasi
  4. Menguraikan Faktor-faktor penentu terbentuknya budaya organisas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Problem Based Learning
100 menit

Materi: Lingkungan Organisasi
Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education.

Materi: Lingkungan Organisasi
Pustaka: 2. Mintzberg, H. (2009). Managing. Berrett-Koehler Publishers.
10%

6

Minggu ke 6

Membuat rencana kerja sederhana berdasarkan fungsi manajemen

  1. Menjelaskan fungsi manajemen untuk perencanaan dalam bisnis kuliner sederhana
  2. Menjelaskan fungsi manajemen untuk pengorganisasian dalam bisnis kuliner sederhana
  3. Menjelaskan fungsi manajemen untuk pengarahan dalam bisnis kuliner sederhana
  4. Menjelaskan fungsi manajemen untuk pengawasan dalam bisnis kuliner sederhana
Kriteria:

Relevansi, kelengkapan, kreativitas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Problem Based Learning
100 menit

Materi: Lingkungan Organisasi
Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education.

Materi: Fungsi manajemen dalam organisasi
Pustaka: 3. Katz, J., & Green, R. (2017). Entrepreneurial Small Business (5th ed.). McGraw-Hill Education
0%

7

Minggu ke 7

Membuat rencana kerja sederhana berdasarkan fungsi manajemen

  1. Menjelaskan fungsi manajemen untuk perencanaan dalam bisnis kuliner sederhana
  2. Menjelaskan fungsi manajemen untuk pengorganisasian dalam bisnis kuliner sederhana
  3. Menjelaskan fungsi manajemen untuk pengarahan dalam bisnis kuliner sederhana
  4. Menjelaskan fungsi manajemen untuk pengawasan dalam bisnis kuliner sederhana
Kriteria:

Relevansi, kelengkapan, kreativitas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Problem Based Learning
100 menit

Materi: Lingkungan Organisasi
Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education.

Materi: Fungsi manajemen dalam organisasi
Pustaka: 3. Katz, J., & Green, R. (2017). Entrepreneurial Small Business (5th ed.). McGraw-Hill Education
15%

8

Minggu ke 8

Mampu mengerjakan soal=soal atau tugas-tugas UTS

Mamapu mengerjakan soal/tugas UTS

Kriteria:

Ketepatan jawaban (selaras denga kunci jawaban UTS)


Bentuk Penilaian :
Tes

Daring (Google meet)
100 menit
10%

9

Minggu ke 9

  1. Mampu memahaman Peran Tim dalam Manajemen Operasional Boga
  2. Mampu merancang Strategi Pembentukan dan Pengelolaan Tim
  3. Mampu menerapkan Strategi Motivasi dan Komunikasi Tim
  4. Mampu mengevaluasi dan memperbaikan Strategi Tim
  1. Menjelaskan fungsi dan manfaat kerja tim dalam industri jasa boga
  2. Mengidentifikasi peran dan tanggung jawab dalam struktur tim boga
  3. Merancang struktur tim yang sesuai dengan model usaha boga
  4. Menyusun strategi pemilihan anggota tim berdasarkan kompetensi dan peran
  5. Menentukan indikator produktivitas tim dalam konteks usaha boga
  6. Menyusun strategi komunikasi yang efektif antar anggota tim
  7. Merancang metode peningkatan motivasi dan keterlibatan tim
  8. Mengelola konflik dalam tim secara konstruktif
  9. Menyusun sistem monitoring dan evaluasi kerja tim
  10. Mengevaluasi efektivitas strategi pengelolaan tim
  11. Mengusulkan perbaikan strategi berdasarkan hasil evaluasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Problem Based Learning
100 menit

Materi: Pengelolaan tim kerja
Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education.

Materi: Mengelola tim kerja
Pustaka: 1. Drucker, P. F. (2006). The Effective Executive: The Definitive Guide to Getting the Right Things Done. Harper Business.
0%

10

Minggu ke 10

  1. Mampu memahaman Peran Tim dalam Manajemen Operasional Boga
  2. Mampu merancang Strategi Pembentukan dan Pengelolaan Tim
  3. Mampu menerapkan Strategi Motivasi dan Komunikasi Tim
  4. Mampu mengevaluasi dan memperbaikan Strategi Tim
  1. Menjelaskan fungsi dan manfaat kerja tim dalam industri jasa boga
  2. Mengidentifikasi peran dan tanggung jawab dalam struktur tim boga
  3. Merancang struktur tim yang sesuai dengan model usaha boga
  4. Menyusun strategi pemilihan anggota tim berdasarkan kompetensi dan peran
  5. Menentukan indikator produktivitas tim dalam konteks usaha boga
  6. Menyusun strategi komunikasi yang efektif antar anggota tim
  7. Merancang metode peningkatan motivasi dan keterlibatan tim
  8. Mengelola konflik dalam tim secara konstruktif
  9. Menyusun sistem monitoring dan evaluasi kerja tim
  10. Mengevaluasi efektivitas strategi pengelolaan tim
  11. Mengusulkan perbaikan strategi berdasarkan hasil evaluasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Problem Based Learning
100 menit

Materi: Pengelolaan tim kerja
Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education.

Materi: Mengelola tim kerja
Pustaka: 1. Drucker, P. F. (2006). The Effective Executive: The Definitive Guide to Getting the Right Things Done. Harper Business.
0%

11

Minggu ke 11

  1. Mampu memahaman Peran Tim dalam Manajemen Operasional Boga
  2. Mampu merancang Strategi Pembentukan dan Pengelolaan Tim
  3. Mampu menerapkan Strategi Motivasi dan Komunikasi Tim
  4. Mampu mengevaluasi dan memperbaikan Strategi Tim
  1. Menjelaskan fungsi dan manfaat kerja tim dalam industri jasa boga
  2. Mengidentifikasi peran dan tanggung jawab dalam struktur tim boga
  3. Merancang struktur tim yang sesuai dengan model usaha boga
  4. Menyusun strategi pemilihan anggota tim berdasarkan kompetensi dan peran
  5. Menentukan indikator produktivitas tim dalam konteks usaha boga
  6. Menyusun strategi komunikasi yang efektif antar anggota tim
  7. Merancang metode peningkatan motivasi dan keterlibatan tim
  8. Mengelola konflik dalam tim secara konstruktif
  9. Menyusun sistem monitoring dan evaluasi kerja tim
  10. Mengevaluasi efektivitas strategi pengelolaan tim
  11. Mengusulkan perbaikan strategi berdasarkan hasil evaluasi
Kriteria:

Kemampuan mengambil keputusan dalam pengelolaan tim kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Problem Based Learning
100 menit

Materi: Pengelolaan tim kerja
Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education.

Materi: Mengelola tim kerja
Pustaka: 1. Drucker, P. F. (2006). The Effective Executive: The Definitive Guide to Getting the Right Things Done. Harper Business.
15%

12

Minggu ke 12

  1. Kemampuan Memahami Konsep Evaluasi Kinerja Bisnis
  2. Kemampuan Menganalisis Data Studi Kasus Bisnis
  3. Kemampuan Menyusun Kesimpulan dan Rekomendasi
  1. Mengidentifikasi indikator kinerja bisnis kuliner
  2. Menjelaskan tujuan dan manfaat evaluasi kinerja bisnis
  3. Mengidentifikasi data dan informasi penting dari studi kasus
  4. Mahasiswa menghitung dan menginterpretasikan rasio keuangan
  5. Menghubungkan hasil analisis dengan masalah yang dihadapi dalam bisnis
  6. Menyimpulkan kekuatan dan kelemahan kinerja bisnis
  7. Merumuskan rekomendasi perbaikan berbasis hasil analisis
  8. Mengkomunikasikan hasil analisis secara sistematis
Kriteria:
  1. Ketepatan memasukkan fakor-faktor ke dalam komponen analisis SWOT
  2. Ketepatan menganalisis dan mengambil kesimupulan
  3. Ketepatan menemukan solusi dari masalah yang ditemukan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Problem Based Learning
100 menut

Materi: Analisis SWOT
Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education.

Materi: Evaluasi dengan Analisis SWOT
Pustaka: 3. Katz, J., & Green, R. (2017). Entrepreneurial Small Business (5th ed.). McGraw-Hill Education
0%

13

Minggu ke 13

  1. Kemampuan Memahami Konsep Evaluasi Kinerja Bisnis
  2. Kemampuan Menganalisis Data Studi Kasus Bisnis
  3. Kemampuan Menyusun Kesimpulan dan Rekomendasi
  1. Mengidentifikasi indikator kinerja bisnis kuliner
  2. Menjelaskan tujuan dan manfaat evaluasi kinerja bisnis
  3. Mengidentifikasi data dan informasi penting dari studi kasus
  4. Mahasiswa menghitung dan menginterpretasikan rasio keuangan
  5. Menghubungkan hasil analisis dengan masalah yang dihadapi dalam bisnis
  6. Menyimpulkan kekuatan dan kelemahan kinerja bisnis
  7. Merumuskan rekomendasi perbaikan berbasis hasil analisis
  8. Mengkomunikasikan hasil analisis secara sistematis
Kriteria:
  1. Ketepatan memasukkan fakor-faktor ke dalam komponen analisis SWOT
  2. Ketepatan menganalisis dan mengambil kesimupulan
  3. Ketepatan menemukan solusi dari masalah yang ditemukan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Problem Based Learning
100 menut

Materi: Analisis SWOT
Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education.

Materi: Evaluasi dengan Analisis SWOT
Pustaka: 3. Katz, J., & Green, R. (2017). Entrepreneurial Small Business (5th ed.). McGraw-Hill Education
15%

14

Minggu ke 14

  1. 1. Mampu memahami Konsep Digitalisasi Manajemen
  2. 2. Mampu menerapkan Inovasi Digital dalam Proses Manajerial
  3. 3. Mampu menganalisis tren digital dalam bisnis kuliner saat ini.
  4. 4. Mampu mengevaluasi (menilai) dampak dan efektivitas dari penggunaan degitaiisasi dalam praktik bisnis Boga/Kuliner
  1. 1.1. Menjelaskan konsep dasar digitalisasi proses manajemen, dan memberi contoh transformasi digital dalam bisnis kuliner
  2. 1.2. Mengidentifikasi area atau bagian-bagian manajemen usaha boga yang dapat ditransformasi secara digital
  3. 2.1 Mampu mengoperasikan perangkat lunak digital untuk mendukung proses manajemen operasional usaha boga seperti POS, manajemen stok, CRM.
  4. 2.2 Mendesain sistem kerja (alur kerja) digital berbasis kebutuhan bisnis kuliner.
  5. 2.3 Mengintegrasikan inovasi digital (menggunakan data degital) dalam perencanaan dan pengambilan Keputusan untuk menyusun strategi bisnis (mis. data penjualan)
  6. 3.1 Mampu mengusulkan (ide inovatif) berbasis teknologi untuk manajemen usaha boga (untuk pemesanan online, sistem langganan, chatbot layanan pelanggan, dll)
  7. 3.2 Menganalisis tren digital dalam industri makanan (membaca tren seperti IoT kitchen, digital menu, AI chef, dan mengkaitkannya dengan peluang usaha)
  8. 4.1 Mengevaluasi kinerja usaha setelah digitalisasi (membandingkan sebelum dan sesudah penerapan digitalisasi ditinjau dari aspek efisiensi, biaya, dan kepuasan pelanggan)
  9. 4.2 Mengidentifikasi tantangan dan solusi implementasi digitalisasi (mengidentifikasi hambatan: biaya, SDM, budaya kerja, dan memberikan solusi yang tepat)
Kriteria:

Ketepatan konsep dan portopolio berdasar kasus dab konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Problem-Based Learning, Case Methode, dan Integrasi Teknologi
100 menit

Materi: Inovasi dalam pengelolaan bisnis kuliner
Pustaka: 1. Drucker, P. F. (2006). The Effective Executive: The Definitive Guide to Getting the Right Things Done. Harper Business.

Materi: Inovasi dalam binsi kuliner
Pustaka: 3. Katz, J., & Green, R. (2017). Entrepreneurial Small Business (5th ed.). McGraw-Hill Education
0%

15

Minggu ke 15

  1. 1. Mampu memahami Konsep Digitalisasi Manajemen
  2. 2. Mampu menerapkan Inovasi Digital dalam Proses Manajerial
  3. 3. Mampu menganalisis tren digital dalam bisnis kuliner saat ini.
  4. 4. Mampu mengevaluasi (menilai) dampak dan efektivitas dari penggunaan degitaiisasi dalam praktik bisnis Boga/Kuliner
  1. 1.1. Menjelaskan konsep dasar digitalisasi proses manajemen, dan memberi contoh transformasi digital dalam bisnis kuliner
  2. 1.2. Mengidentifikasi area atau bagian-bagian manajemen usaha boga yang dapat ditransformasi secara digital
  3. 2.1 Mampu mengoperasikan perangkat lunak digital untuk mendukung proses manajemen operasional usaha boga seperti POS, manajemen stok, CRM.
  4. 2.2 Mendesain sistem kerja (alur kerja) digital berbasis kebutuhan bisnis kuliner.
  5. 2.3 Mengintegrasikan inovasi digital (menggunakan data degital) dalam perencanaan dan pengambilan Keputusan untuk menyusun strategi bisnis (mis. data penjualan)
  6. 3.1 Mampu mengusulkan (ide inovatif) berbasis teknologi untuk manajemen usaha boga (untuk pemesanan online, sistem langganan, chatbot layanan pelanggan, dll)
  7. 3.2 Menganalisis tren digital dalam industri makanan (membaca tren seperti IoT kitchen, digital menu, AI chef, dan mengkaitkannya dengan peluang usaha)
  8. 4.1 Mengevaluasi kinerja usaha setelah digitalisasi (membandingkan sebelum dan sesudah penerapan digitalisasi ditinjau dari aspek efisiensi, biaya, dan kepuasan pelanggan)
  9. 4.2 Mengidentifikasi tantangan dan solusi implementasi digitalisasi (mengidentifikasi hambatan: biaya, SDM, budaya kerja, dan memberikan solusi yang tepat)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Problem-Based Learning, Case Methode, dan Integrasi Teknologi
100 menit

Materi: Inovasi dalam pengelolaan bisnis kuliner
Pustaka: 1. Drucker, P. F. (2006). The Effective Executive: The Definitive Guide to Getting the Right Things Done. Harper Business.

Materi: Inovasi dalam binsi kuliner
Pustaka: 3. Katz, J., & Green, R. (2017). Entrepreneurial Small Business (5th ed.). McGraw-Hill Education
10%

16

Minggu ke 16

Mampu menyelesaikan soal-soal atau Tugas untuk UAS


Bentuk Penilaian :
Tes

Daring
100 menit
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 35.83%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 8.33%
3. Penilaian Portofolio 35.83%
4. Tes 20%
99.99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.