
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Tata Boga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen Dasar |
6230502140 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
2 |
8 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Any Sutiadiningsih, M.Si.
|
Prof. Dr. Any Sutiadiningsih, M.Si.
|
Dr. Lilis Sulandari, S.Pt., M.P. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menunjukkan pemahaman konsep manajemen, komunikasi, literasi global, bahan makanan, kesehatan, dan pariwisata |
PLO-6 |
Mampu menerapkan multidisipliner ilmu dengan mengintegrasikan teknologi modern (IPTEKS) dalam menghasilkan produk seni kuliner, prototipe/desain produk, dan menyusun laporan pertanggungjawaban |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep dasar organisasi dan manajemen
|
PO - 2 |
Menganalisis peran manajerial dalam organisasi
|
PO - 3 |
Menganalisis Lingkungan dan Budaya Organisasi, serta tanggung jawab dan Etika Manajemen
|
PO - 4 |
Mengaplikasikan fungsi manajemen dalam konteks bisnis kuliner
|
PO - 5 |
Mengelola tim kerja secara efektif
|
PO - 6 |
Mengevaluasi kinerja bisnis kuliner
|
PO - 7 |
Membangun inovasi dalam pengelolaan bisnis kuliner
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | ✔ | | | PO-4 | | | ✔ | PO-5 | ✔ | | | PO-6 | | | ✔ | PO-7 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Manajemen Dasar pada jenjang D4 program studi Tata Boga memberikan pemahaman tentang konsep dasar manajemen yang diperlukan dalam mengelola bisnis di bidang kuliner. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang prinsip-prinsip manajemen, fungsi manajemen, serta teknik-teknik manajerial yang dapat diterapkan dalam industri kuliner. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pembahasan mengenai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dalam konteks bisnis kuliner. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education.
- 2. Griffin, R. W. (2019). Fundamentals of Management (9th ed.). Cengage Learning
- 3. Jones, G. R., & George, J. M. (2020). Contemporary Management (11th ed.). McGraw-Hill Education.
|
Pendukung : |
|
- 1. Drucker, P. F. (2006). The Effective Executive: The Definitive Guide to Getting the Right Things Done. Harper Business.
- 2. Mintzberg, H. (2009). Managing. Berrett-Koehler Publishers.
- 3. Katz, J., & Green, R. (2017). Entrepreneurial Small Business (5th ed.). McGraw-Hill Education
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Any Sutiadiningsih, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Menjelaskan definisi organisasi (profit)
- Menjelaskan definisi manajemen
|
- Mampu menjelaskan pengertian organisasi
- Mampu menjelaskan ciri-ciri organisasi
- Mampu menjelaskan pengertia manajemen
|
Kriteria:
Ketepatan konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
Problem Based Learning 100 menit |
Materi: Pengertian Manajemen Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education. |
0% |
2
Minggu ke 2 |
- Menjelaskan definisi organisasi (profit)
- Menjelaskan definisi manajemen
|
- Mampu menguraikan faktor-faktor yang diperlukan dalam mencapai tujuan organisasi
- Mampu menjelaskan fungsi perencanaan dalam manajemen
- Mampu menjelaskan fungsi pengorganisasi dalam manajemen
- Mampu menjelaskan fungsi pengarahan/komando dalam manajemen
- Mampu menjelaskan fungsi pengawasan dan evaluasi dalam manajemen
|
Kriteria:
Ketepatan konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Problem based learning 100 menit |
Problem Based Learning 100 menit |
Materi: Pengertian Manajemen Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education. |
10% |
3
Minggu ke 3 |
- Menjelaskan definisi organisasi (profit)
- Menjelaskan definisi manajemen
|
- Mampu menjelaskan pengertian manajerial
- Mampu menjelaskan keahlian manajere skill
- Mampu menjelakan tingkatan Manajemen Dalam Bagan Organisas
- Mampu menjelaskan pendidkan dan pengalaman menajer
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Problem based learning 100 menit |
100 menit |
Materi: Peran Manajer dalam Organisasi Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Menguraikan pentingnya lingkungan bagi organissai biskul
- Menguraikan Budaya Organisasi
- • Tanggung Jawab dan Etika Manajemen
|
- Mampu menjelaskan Lingkungan di seputar organisasi biskul
- Menguraikan keterkaitan Keterkaitan lingkungan dengan organisasi biskul
- Menjelaskan pengertian Budaya Organisasi
- Menguraikan Faktor-faktor penentu terbentuknya budaya organisas
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Problem Based Learning 100 menit |
|
Materi: Lingkungan dan Budaya Organisasi, serta tanggung jawab dan Etika Manajemen Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education. Materi: Lingkungan dan Budaya Organisasi, serta tanggung jawab dan Etika Manajemen Pustaka: 2. Mintzberg, H. (2009). Managing. Berrett-Koehler Publishers. |
0% |
5
Minggu ke 5 |
- Menguraikan pentingnya lingkungan bagi organissai biskul
- Menguraikan Lingkungan dan Budaya Organisasi
- Menjelaskan tanggung jawab dan etika manajemen
|
- Mampu menjelaskan Lingkungan di seputar organisasi biskul
- Menguraikan keterkaitan Keterkaitan lingkungan dengan organisasi biskul
- Menjelaskan pengertian Budaya Organisasi
- Menguraikan Faktor-faktor penentu terbentuknya budaya organisas
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Problem Based Learning 100 menit |
|
Materi: Lingkungan Organisasi Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education. Materi: Lingkungan Organisasi Pustaka: 2. Mintzberg, H. (2009). Managing. Berrett-Koehler Publishers. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Membuat rencana kerja sederhana berdasarkan fungsi manajemen |
- Menjelaskan fungsi manajemen untuk perencanaan dalam bisnis kuliner sederhana
- Menjelaskan fungsi manajemen untuk pengorganisasian dalam bisnis kuliner sederhana
- Menjelaskan fungsi manajemen untuk pengarahan dalam bisnis kuliner sederhana
- Menjelaskan fungsi manajemen untuk pengawasan dalam bisnis kuliner sederhana
|
Kriteria:
Relevansi, kelengkapan, kreativitas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Problem Based Learning 100 menit |
|
Materi: Lingkungan Organisasi Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education. Materi: Fungsi manajemen dalam organisasi Pustaka: 3. Katz, J., & Green, R. (2017). Entrepreneurial Small Business (5th ed.). McGraw-Hill Education |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Membuat rencana kerja sederhana berdasarkan fungsi manajemen |
- Menjelaskan fungsi manajemen untuk perencanaan dalam bisnis kuliner sederhana
- Menjelaskan fungsi manajemen untuk pengorganisasian dalam bisnis kuliner sederhana
- Menjelaskan fungsi manajemen untuk pengarahan dalam bisnis kuliner sederhana
- Menjelaskan fungsi manajemen untuk pengawasan dalam bisnis kuliner sederhana
|
Kriteria:
Relevansi, kelengkapan, kreativitas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Problem Based Learning 100 menit |
|
Materi: Lingkungan Organisasi Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education. Materi: Fungsi manajemen dalam organisasi Pustaka: 3. Katz, J., & Green, R. (2017). Entrepreneurial Small Business (5th ed.). McGraw-Hill Education |
15% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu mengerjakan soal=soal atau tugas-tugas UTS |
Mamapu mengerjakan soal/tugas UTS |
Kriteria:
Ketepatan jawaban (selaras denga kunci jawaban UTS) Bentuk Penilaian : Tes |
|
Daring (Google meet) 100 menit |
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
- Mampu memahaman Peran Tim dalam Manajemen Operasional Boga
- Mampu merancang Strategi Pembentukan dan Pengelolaan Tim
- Mampu menerapkan Strategi Motivasi dan Komunikasi Tim
- Mampu mengevaluasi dan memperbaikan Strategi Tim
|
- Menjelaskan fungsi dan manfaat kerja tim dalam industri jasa boga
- Mengidentifikasi peran dan tanggung jawab dalam struktur tim boga
- Merancang struktur tim yang sesuai dengan model usaha boga
- Menyusun strategi pemilihan anggota tim berdasarkan kompetensi dan peran
- Menentukan indikator produktivitas tim dalam konteks usaha boga
- Menyusun strategi komunikasi yang efektif antar anggota tim
- Merancang metode peningkatan motivasi dan keterlibatan tim
- Mengelola konflik dalam tim secara konstruktif
- Menyusun sistem monitoring dan evaluasi kerja tim
- Mengevaluasi efektivitas strategi pengelolaan tim
- Mengusulkan perbaikan strategi berdasarkan hasil evaluasi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Problem Based Learning 100 menit |
|
Materi: Pengelolaan tim kerja Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education. Materi: Mengelola tim kerja Pustaka: 1. Drucker, P. F. (2006). The Effective Executive: The Definitive Guide to Getting the Right Things Done. Harper Business. |
0% |
10
Minggu ke 10 |
- Mampu memahaman Peran Tim dalam Manajemen Operasional Boga
- Mampu merancang Strategi Pembentukan dan Pengelolaan Tim
- Mampu menerapkan Strategi Motivasi dan Komunikasi Tim
- Mampu mengevaluasi dan memperbaikan Strategi Tim
|
- Menjelaskan fungsi dan manfaat kerja tim dalam industri jasa boga
- Mengidentifikasi peran dan tanggung jawab dalam struktur tim boga
- Merancang struktur tim yang sesuai dengan model usaha boga
- Menyusun strategi pemilihan anggota tim berdasarkan kompetensi dan peran
- Menentukan indikator produktivitas tim dalam konteks usaha boga
- Menyusun strategi komunikasi yang efektif antar anggota tim
- Merancang metode peningkatan motivasi dan keterlibatan tim
- Mengelola konflik dalam tim secara konstruktif
- Menyusun sistem monitoring dan evaluasi kerja tim
- Mengevaluasi efektivitas strategi pengelolaan tim
- Mengusulkan perbaikan strategi berdasarkan hasil evaluasi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Problem Based Learning 100 menit |
|
Materi: Pengelolaan tim kerja Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education. Materi: Mengelola tim kerja Pustaka: 1. Drucker, P. F. (2006). The Effective Executive: The Definitive Guide to Getting the Right Things Done. Harper Business. |
0% |
11
Minggu ke 11 |
- Mampu memahaman Peran Tim dalam Manajemen Operasional Boga
- Mampu merancang Strategi Pembentukan dan Pengelolaan Tim
- Mampu menerapkan Strategi Motivasi dan Komunikasi Tim
- Mampu mengevaluasi dan memperbaikan Strategi Tim
|
- Menjelaskan fungsi dan manfaat kerja tim dalam industri jasa boga
- Mengidentifikasi peran dan tanggung jawab dalam struktur tim boga
- Merancang struktur tim yang sesuai dengan model usaha boga
- Menyusun strategi pemilihan anggota tim berdasarkan kompetensi dan peran
- Menentukan indikator produktivitas tim dalam konteks usaha boga
- Menyusun strategi komunikasi yang efektif antar anggota tim
- Merancang metode peningkatan motivasi dan keterlibatan tim
- Mengelola konflik dalam tim secara konstruktif
- Menyusun sistem monitoring dan evaluasi kerja tim
- Mengevaluasi efektivitas strategi pengelolaan tim
- Mengusulkan perbaikan strategi berdasarkan hasil evaluasi
|
Kriteria:
Kemampuan mengambil keputusan dalam pengelolaan tim kerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Problem Based Learning 100 menit |
|
Materi: Pengelolaan tim kerja Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education. Materi: Mengelola tim kerja Pustaka: 1. Drucker, P. F. (2006). The Effective Executive: The Definitive Guide to Getting the Right Things Done. Harper Business. |
15% |
12
Minggu ke 12 |
- Kemampuan Memahami Konsep Evaluasi Kinerja Bisnis
- Kemampuan Menganalisis Data Studi Kasus Bisnis
- Kemampuan Menyusun Kesimpulan dan Rekomendasi
|
- Mengidentifikasi indikator kinerja bisnis kuliner
- Menjelaskan tujuan dan manfaat evaluasi kinerja bisnis
- Mengidentifikasi data dan informasi penting dari studi kasus
- Mahasiswa menghitung dan menginterpretasikan rasio keuangan
- Menghubungkan hasil analisis dengan masalah yang dihadapi dalam bisnis
- Menyimpulkan kekuatan dan kelemahan kinerja bisnis
- Merumuskan rekomendasi perbaikan berbasis hasil analisis
- Mengkomunikasikan hasil analisis secara sistematis
|
Kriteria:
- Ketepatan memasukkan fakor-faktor ke dalam komponen analisis SWOT
- Ketepatan menganalisis dan mengambil kesimupulan
- Ketepatan menemukan solusi dari masalah yang ditemukan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Problem Based Learning 100 menut |
|
Materi: Analisis SWOT Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education. Materi: Evaluasi dengan Analisis SWOT Pustaka: 3. Katz, J., & Green, R. (2017). Entrepreneurial Small Business (5th ed.). McGraw-Hill Education |
0% |
13
Minggu ke 13 |
- Kemampuan Memahami Konsep Evaluasi Kinerja Bisnis
- Kemampuan Menganalisis Data Studi Kasus Bisnis
- Kemampuan Menyusun Kesimpulan dan Rekomendasi
|
- Mengidentifikasi indikator kinerja bisnis kuliner
- Menjelaskan tujuan dan manfaat evaluasi kinerja bisnis
- Mengidentifikasi data dan informasi penting dari studi kasus
- Mahasiswa menghitung dan menginterpretasikan rasio keuangan
- Menghubungkan hasil analisis dengan masalah yang dihadapi dalam bisnis
- Menyimpulkan kekuatan dan kelemahan kinerja bisnis
- Merumuskan rekomendasi perbaikan berbasis hasil analisis
- Mengkomunikasikan hasil analisis secara sistematis
|
Kriteria:
- Ketepatan memasukkan fakor-faktor ke dalam komponen analisis SWOT
- Ketepatan menganalisis dan mengambil kesimupulan
- Ketepatan menemukan solusi dari masalah yang ditemukan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Problem Based Learning 100 menut |
|
Materi: Analisis SWOT Pustaka: 1. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (14th ed.). Pearson Education. Materi: Evaluasi dengan Analisis SWOT Pustaka: 3. Katz, J., & Green, R. (2017). Entrepreneurial Small Business (5th ed.). McGraw-Hill Education |
15% |
14
Minggu ke 14 |
- 1. Mampu memahami Konsep Digitalisasi Manajemen
- 2. Mampu menerapkan Inovasi Digital dalam Proses Manajerial
- 3. Mampu menganalisis tren digital dalam bisnis kuliner saat ini.
- 4. Mampu mengevaluasi (menilai) dampak dan efektivitas dari penggunaan degitaiisasi dalam praktik bisnis Boga/Kuliner
|
- 1.1. Menjelaskan konsep dasar digitalisasi proses manajemen, dan memberi contoh transformasi digital dalam bisnis kuliner
- 1.2. Mengidentifikasi area atau bagian-bagian manajemen usaha boga yang dapat ditransformasi secara digital
- 2.1 Mampu mengoperasikan perangkat lunak digital untuk mendukung proses manajemen operasional usaha boga seperti POS, manajemen stok, CRM.
- 2.2 Mendesain sistem kerja (alur kerja) digital berbasis kebutuhan bisnis kuliner.
- 2.3 Mengintegrasikan inovasi digital (menggunakan data degital) dalam perencanaan dan pengambilan Keputusan untuk menyusun strategi bisnis (mis. data penjualan)
- 3.1 Mampu mengusulkan (ide inovatif) berbasis teknologi untuk manajemen usaha boga (untuk pemesanan online, sistem langganan, chatbot layanan pelanggan, dll)
- 3.2 Menganalisis tren digital dalam industri makanan (membaca tren seperti IoT kitchen, digital menu, AI chef, dan mengkaitkannya dengan peluang usaha)
- 4.1 Mengevaluasi kinerja usaha setelah digitalisasi (membandingkan sebelum dan sesudah penerapan digitalisasi ditinjau dari aspek efisiensi, biaya, dan kepuasan pelanggan)
- 4.2 Mengidentifikasi tantangan dan solusi implementasi digitalisasi (mengidentifikasi hambatan: biaya, SDM, budaya kerja, dan memberikan solusi yang tepat)
|
Kriteria:
Ketepatan konsep dan portopolio berdasar kasus dab konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Problem-Based Learning, Case Methode, dan Integrasi Teknologi 100 menit |
|
Materi: Inovasi dalam pengelolaan bisnis kuliner Pustaka: 1. Drucker, P. F. (2006). The Effective Executive: The Definitive Guide to Getting the Right Things Done. Harper Business. Materi: Inovasi dalam binsi kuliner Pustaka: 3. Katz, J., & Green, R. (2017). Entrepreneurial Small Business (5th ed.). McGraw-Hill Education |
0% |
15
Minggu ke 15 |
- 1. Mampu memahami Konsep Digitalisasi Manajemen
- 2. Mampu menerapkan Inovasi Digital dalam Proses Manajerial
- 3. Mampu menganalisis tren digital dalam bisnis kuliner saat ini.
- 4. Mampu mengevaluasi (menilai) dampak dan efektivitas dari penggunaan degitaiisasi dalam praktik bisnis Boga/Kuliner
|
- 1.1. Menjelaskan konsep dasar digitalisasi proses manajemen, dan memberi contoh transformasi digital dalam bisnis kuliner
- 1.2. Mengidentifikasi area atau bagian-bagian manajemen usaha boga yang dapat ditransformasi secara digital
- 2.1 Mampu mengoperasikan perangkat lunak digital untuk mendukung proses manajemen operasional usaha boga seperti POS, manajemen stok, CRM.
- 2.2 Mendesain sistem kerja (alur kerja) digital berbasis kebutuhan bisnis kuliner.
- 2.3 Mengintegrasikan inovasi digital (menggunakan data degital) dalam perencanaan dan pengambilan Keputusan untuk menyusun strategi bisnis (mis. data penjualan)
- 3.1 Mampu mengusulkan (ide inovatif) berbasis teknologi untuk manajemen usaha boga (untuk pemesanan online, sistem langganan, chatbot layanan pelanggan, dll)
- 3.2 Menganalisis tren digital dalam industri makanan (membaca tren seperti IoT kitchen, digital menu, AI chef, dan mengkaitkannya dengan peluang usaha)
- 4.1 Mengevaluasi kinerja usaha setelah digitalisasi (membandingkan sebelum dan sesudah penerapan digitalisasi ditinjau dari aspek efisiensi, biaya, dan kepuasan pelanggan)
- 4.2 Mengidentifikasi tantangan dan solusi implementasi digitalisasi (mengidentifikasi hambatan: biaya, SDM, budaya kerja, dan memberikan solusi yang tepat)
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Problem-Based Learning, Case Methode, dan Integrasi Teknologi 100 menit |
|
Materi: Inovasi dalam pengelolaan bisnis kuliner Pustaka: 1. Drucker, P. F. (2006). The Effective Executive: The Definitive Guide to Getting the Right Things Done. Harper Business. Materi: Inovasi dalam binsi kuliner Pustaka: 3. Katz, J., & Green, R. (2017). Entrepreneurial Small Business (5th ed.). McGraw-Hill Education |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu menyelesaikan soal-soal atau Tugas untuk UAS |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
Daring 100 menit |
|
10% |