Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN

8510403022

T=3

P=0

ECTS=7.56

2

7 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang Pendidikan Jasmani dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.

PLO-8

Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang Pendidikan Jasmani yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin.

PLO-9

Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam Pendidikan Jasmani pada forum akademik dan public.

PLO-10

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami Definisi, Ruang Lingkup, Jenis dan Peran Instrumen Penelitian di bidang Pendidikan Jasmani

PO - 2

Menguasai Prinsip-Prinsip Asesmen dalam Pengembangan Instrumen baik instrumen tes ataupun non tes baik untuk Kognitif maupun Psikomotor

PO - 3

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.

PO - 4

Menguasai Konsep Validitas Instrumen terkait Validitas Isi, Validitas Konstruk, Validitas Kriteria serta sifat Konkuren dan Prediktif

PO - 5

Menguasai Konsep Reliabilitas Instrumen Penelitian yang dikembangkan, meliputi berbagai koefisien dan metode estimasi reliabilitas

PO - 6

Menguasai Jenis-Jenis Skala Pengukuran dan format asesmen yang tepat dalam instrumen penelitian

PO - 7

Menguasai Konsep Pengukuran dengan Skala Sikap bagian 1, Konstruksi dan aplikasi sea

PO - 8

Menguasai Pengukuran Skala Sikap Bagian 2: Konsep dan Aplikasi Skala Guttman, Semantic Differential dan Studi Kasus

PO - 9

Menguasai Pengembangan Instrumen Non Tes: Jenis dan prinsip mendesain kuesioner dan Rating Scale

PO - 10

Pengembangan Instrumen Tes Bagian 1: Tes Keterampilan Motorik dan Tes Pengetahuan

PO - 11

Pengembangan Instrumen Tes Bagian 2: Tes Kebugaran Jasmani dan Pengembangan Rubrik Penilaian Kinerja

PO - 12

Teknik Penulisan Item Instrumen yang benar dan efektif: Bahasa, Bias, Budaya dan Konteks Pendidikan Jasmani

PO - 13

Menguasai Prosedur menguji Validitas Isi dan Konstruk: Expert judgement, Uji coba, Analisis Faktor (EFA/CFA)

PO - 14

Menguasai Analisis Butir, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Analisis pengecoh dengan software statistik

PO - 15

Uji Coba Instrumen dan Revisi Akhir dari Instrumen yang dikembangkan

PO - 16

Presentasi dan Evaluasi Proyek Pengembangan Instrumen

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-8PLO-9PLO-10
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7   
PO-8   
PO-9   
PO-10   
PO-11   
PO-12   
PO-13   
PO-14   
PO-15   
PO-16   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14
PO-15
PO-16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa S3 Pendidikan Jasmani dengan pemahaman mendalam dan keterampilan praktis dalam mengembangkan instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Materi perkuliahan mencakup prinsip-prinsip asesmen, teori pengukuran, berbagai jenis skala pengukuran, serta langkah-langkah sistematis dalam pengembangan instrumen, khususnya untuk penelitian di bidang pendidikan jasmani.

Pustaka

Utama :

  1. Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman and Hyun, Helen H., 2023, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill LLC, New York, America.
  2. Creswell, John W. and Guetterman, Timothy C., 2019, Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Pearson Education, United States of America

Pendukung :

  1. Field, A. (2018). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics (5th ed.). Sage Publications.

Dosen Pengampu

Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T.

Junaidi Budi Prihanto, S.KM., M.KM., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Dapat Memahami Definisi, Ruang Lingkup, Jenis dan Peran Instrumen Penelitian di bidang Pendidikan Jasmani

Keaktifan mahasiswa

Kriteria:

Aktif di Tanya Jawab dan diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
100 menit
Ceramah dan Diskusi
100 menit
Materi: Pemahaman tentang instrumen dalam penelitian
Pustaka: Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman and Hyun, Helen H., 2023, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill LLC, New York, America.
3%

2

Minggu ke 2

Keaktifan mahasiswa

Kriteria:

Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
100 menit
Ceramah dan Diskusi
100 menit
Materi: Prinsip-prinsip pengukuran dan asesmen
Pustaka: Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman and Hyun, Helen H., 2023, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill LLC, New York, America.
3%

3

Minggu ke 3

Teori Pengukuran klasik dan analisis butir

Keaktifan mahasiswa

Kriteria:

Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Tanya-Jawab,
100 menit
Ceramah dan Tanya-Jawab
100 menit
Materi: Teori pengukuran klasik dan analisis butir
Pustaka: Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman and Hyun, Helen H., 2023, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill LLC, New York, America.
3%

4

Minggu ke 4

Menguasai Konsep Validitas Instrumen terkait Validitas Isi, Validitas Konstruk, Validitas Kriteria serta sifat Konkuren dan Prediktif

Keaktifan mahasiswa

Kriteria:

Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
100 menit
Ceramah dan Diskusi
100 menit
Materi: Konsep Validitas dan Reliabilitas
Pustaka: Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman and Hyun, Helen H., 2023, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill LLC, New York, America.
3%

5

Minggu ke 5

Menguasai Konsep Reliabilitas Instrumen Penelitian yang dikembangkan, meliputi berbagai koefisien dan metode estimasi reliabilitas

Keaktifan mahasiswa

Kriteria:

Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi dan Praktikum
100 menit
Ceramah, Diskusi dan Praktikum
100 menit
Materi: Konsep Validitas dan Reliabilitas
Pustaka: Creswell, John W. and Guetterman, Timothy C., 2019, Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Pearson Education, United States of America
3%

6

Minggu ke 6

Menguasai Jenis-Jenis Skala Pengukuran dan format asesmen yang tepat dalam instrumen penelitian

Keaktifan mahasiswa

Kriteria:

Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
100 menit
Ceramah dan Diskusi
100 menit
Materi: Menguasai Skala Pengukuran
Pustaka: Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman and Hyun, Helen H., 2023, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill LLC, New York, America.
3%

7

Minggu ke 7

Menguasai Konsep Pengukuran dengan Skala Sikap bagian 1, Konstruksi dan aplikasi scala Likert dan thurstone

Aktif di Tanya Jawab dan diskusi

Kriteria:

Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah dan Diskusi
100 menit
Ceramah dan Diskusi
Materi: Konsep Pengukuran
Pustaka: Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman and Hyun, Helen H., 2023, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill LLC, New York, America.
3%

8

Minggu ke 8

Menguasai Pengukuran Skala Sikap Bagian 2: Konsep dan Aplikasi Skala Guttman, Semantic Differential dan Studi Kasus

Aktif di Tanya Jawab dan diskusi

Kriteria:

Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
100 menit
Ceramah dan Diskusi
100 memit
Materi: Pengukuran Skala Sikap
Pustaka: Creswell, John W. and Guetterman, Timothy C., 2019, Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Pearson Education, United States of America
3%

9

Minggu ke 9

Menguasai Pengembangan Instrumen Non Tes: Jenis dan prinsip mendesain kuesioner dan Rating Scale

Aktif di Tanya Jawab dan diskusi

Kriteria:

Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
100 menit
Ceramah dan Diskusi
100 menit
Materi: Instrumen Non Tes
Pustaka: Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman and Hyun, Helen H., 2023, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill LLC, New York, America.
3%

10

Minggu ke 10

Pengembangan Instrumen Tes Bagian 1: Tes Keterampilan Motorik dan Tes Pengetahuan

Aktif di Tanya Jawab dan diskusi

Kriteria:

Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Ceramah dan Praktikum
100 menit
Diskusi, Ceramah dan Praktikum
Materi: Pengembangan instrumen test
Pustaka: Creswell, John W. and Guetterman, Timothy C., 2019, Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Pearson Education, United States of America
3%

11

Minggu ke 11

Pengembangan Instrumen Tes Bagian 2: Tes Kebugaran Jasmani dan Pengembangan Rubrik Penilaian Kinerja

Kriteria:

Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah, Diskusi dan Praktikum
100 menit
Ceramah, Diskusi dan Praktikum
100 menit
Materi: Pengembangan instrumen test
Pustaka: Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman and Hyun, Helen H., 2023, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill LLC, New York, America.
3%

12

Minggu ke 12

Teknik Penulisan Item Instrumen yang benar dan efektif: Bahasa, Bias, Budaya dan Konteks Pendidikan Jasmani

Aktif di Tanya Jawab dan diskusi

Kriteria:

Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah, Diskusi dan Praktikum
100 menit
Ceramah, Diskusi dan Praktikum
100 menit
Materi: Bahasa Penulisan Instrumen
Pustaka: Creswell, John W. and Guetterman, Timothy C., 2019, Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Pearson Education, United States of America
3%

13

Minggu ke 13

Menguasai Prosedur menguji Validitas Isi dan Konstruk: Expert judgement, Uji coba, Analisis Faktor (EFA/CFA)

Aktif di Tanya Jawab dan diskusi

Kriteria:

Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah, Diskusi dan Praktikum
100 menit
Ceramah, Diskusi dan Praktikum
100 menit
4%

14

Minggu ke 14

Analisis Butir (Item Analysis):Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Analisis Pengecoh, Menggunakan software statistik

Aktif di Tanya Jawab dan diskusi

Kriteria:

Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah, Diskusi dan Praktikum
100 menit
Ceramah, Diskusi dan Praktikum
Materi: Analisis Butir
Pustaka: Field, A. (2018). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics (5th ed.). Sage Publications.
5%

15

Minggu ke 15

Uji Coba Instrumen dan Revisi Akhir dari Instrumen yang dikembangkan

Instrumen yang dikembangkan mahasiswa

Kriteria:

Uji validitas dan reliabilitas


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktek lapangan uji coba instrumen
100 menit
Praktek lapangan uji coba instrumen
Materi: Uji Validitas dan Reliabilitas
Pustaka: Field, A. (2018). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics (5th ed.). Sage Publications.
5%

16

Minggu ke 16

Presentasi dan Evaluasi Proyek Pengembangan Instrumen

Hasil instrumen yang dikembangkan

Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan Tanya Jawab
100 menit
Presentasi dan Tanya Jawab
Materi: Pengembangan Instrumen
Pustaka: Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman and Hyun, Helen H., 2023, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill LLC, New York, America.
50%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 36%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Penilaian Praktikum 9%
4. Praktik / Unjuk Kerja 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.