
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN |
8510403022 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
2 |
7 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang Pendidikan Jasmani dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif. |
PLO-8 |
Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang Pendidikan Jasmani yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin. |
PLO-9 |
Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam Pendidikan Jasmani pada forum akademik dan public. |
PLO-10 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami Definisi, Ruang Lingkup, Jenis dan Peran Instrumen Penelitian di bidang Pendidikan Jasmani
|
PO - 2 |
Menguasai Prinsip-Prinsip Asesmen dalam Pengembangan Instrumen baik instrumen tes ataupun non tes baik untuk Kognitif maupun Psikomotor
|
PO - 3 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.
|
PO - 4 |
Menguasai Konsep Validitas Instrumen terkait Validitas Isi, Validitas Konstruk, Validitas Kriteria serta sifat Konkuren dan Prediktif
|
PO - 5 |
Menguasai Konsep Reliabilitas Instrumen Penelitian yang dikembangkan, meliputi berbagai koefisien dan metode estimasi reliabilitas
|
PO - 6 |
Menguasai Jenis-Jenis Skala Pengukuran dan format asesmen yang tepat dalam instrumen penelitian
|
PO - 7 |
Menguasai Konsep Pengukuran dengan Skala Sikap bagian 1, Konstruksi dan aplikasi sea
|
PO - 8 |
Menguasai Pengukuran Skala Sikap Bagian 2: Konsep dan Aplikasi Skala Guttman, Semantic Differential dan Studi Kasus
|
PO - 9 |
Menguasai Pengembangan Instrumen Non Tes: Jenis dan prinsip mendesain kuesioner dan Rating Scale
|
PO - 10 |
Pengembangan Instrumen Tes Bagian 1: Tes Keterampilan Motorik dan Tes Pengetahuan
|
PO - 11 |
Pengembangan Instrumen Tes Bagian 2: Tes Kebugaran Jasmani dan Pengembangan Rubrik Penilaian Kinerja
|
PO - 12 |
Teknik Penulisan Item Instrumen yang benar dan efektif: Bahasa, Bias, Budaya dan Konteks Pendidikan Jasmani
|
PO - 13 |
Menguasai Prosedur menguji Validitas Isi dan Konstruk: Expert judgement, Uji coba, Analisis Faktor (EFA/CFA)
|
PO - 14 |
Menguasai Analisis Butir, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Analisis pengecoh dengan software statistik
|
PO - 15 |
Uji Coba Instrumen dan Revisi Akhir dari Instrumen yang dikembangkan
|
PO - 16 |
Presentasi dan Evaluasi Proyek Pengembangan Instrumen
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-6 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | PO-1 | | ✔ | | | PO-2 | | | ✔ | | PO-3 | | | | ✔ | PO-4 | ✔ | | | | PO-5 | | | ✔ | | PO-6 | | | | ✔ | PO-7 | ✔ | | | | PO-8 | | ✔ | | | PO-9 | ✔ | | | | PO-10 | | | | ✔ | PO-11 | | ✔ | | | PO-12 | | | ✔ | | PO-13 | | | | ✔ | PO-14 | ✔ | | | | PO-15 | | | ✔ | | PO-16 | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-13 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-14 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-15 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-16 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membekali mahasiswa S3 Pendidikan Jasmani dengan pemahaman mendalam dan keterampilan praktis dalam mengembangkan instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Materi perkuliahan mencakup prinsip-prinsip asesmen, teori pengukuran, berbagai jenis skala pengukuran, serta langkah-langkah sistematis dalam pengembangan instrumen, khususnya untuk penelitian di bidang pendidikan jasmani. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman and Hyun, Helen H., 2023, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill LLC, New York, America.
- Creswell, John W. and Guetterman, Timothy C., 2019, Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Pearson Education, United States of America
|
Pendukung : |
|
- Field, A. (2018). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics (5th ed.). Sage Publications.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T. Junaidi Budi Prihanto, S.KM., M.KM., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Dapat Memahami Definisi, Ruang Lingkup, Jenis dan Peran Instrumen Penelitian di bidang Pendidikan Jasmani |
Keaktifan mahasiswa |
Kriteria:
Aktif di Tanya Jawab dan diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 100 menit |
Ceramah dan Diskusi 100 menit |
Materi: Pemahaman tentang instrumen dalam penelitian Pustaka: Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman and Hyun, Helen H., 2023, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill LLC, New York, America. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
|
Keaktifan mahasiswa |
Kriteria:
Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 100 menit |
Ceramah dan Diskusi 100 menit |
Materi: Prinsip-prinsip pengukuran dan asesmen Pustaka: Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman and Hyun, Helen H., 2023, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill LLC, New York, America. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Teori Pengukuran klasik dan analisis butir |
Keaktifan mahasiswa |
Kriteria:
Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Tanya-Jawab, 100 menit |
Ceramah dan Tanya-Jawab 100 menit |
Materi: Teori pengukuran klasik dan analisis butir Pustaka: Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman and Hyun, Helen H., 2023, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill LLC, New York, America. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Menguasai Konsep Validitas Instrumen terkait Validitas Isi, Validitas Konstruk, Validitas Kriteria serta sifat Konkuren dan Prediktif |
Keaktifan mahasiswa |
Kriteria:
Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 100 menit |
Ceramah dan Diskusi 100 menit |
Materi: Konsep Validitas dan Reliabilitas Pustaka: Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman and Hyun, Helen H., 2023, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill LLC, New York, America. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Menguasai Konsep Reliabilitas Instrumen Penelitian yang dikembangkan, meliputi berbagai koefisien dan metode estimasi reliabilitas |
Keaktifan mahasiswa |
Kriteria:
Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi dan Praktikum 100 menit |
Ceramah, Diskusi dan Praktikum 100 menit |
Materi: Konsep Validitas dan Reliabilitas Pustaka: Creswell, John W. and Guetterman, Timothy C., 2019, Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Pearson Education, United States of America |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Menguasai Jenis-Jenis Skala Pengukuran dan format asesmen yang tepat dalam instrumen penelitian |
Keaktifan mahasiswa |
Kriteria:
Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 100 menit |
Ceramah dan Diskusi 100 menit |
Materi: Menguasai Skala Pengukuran Pustaka: Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman and Hyun, Helen H., 2023, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill LLC, New York, America. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Menguasai Konsep Pengukuran dengan Skala Sikap bagian 1, Konstruksi dan aplikasi scala Likert dan thurstone |
Aktif di Tanya Jawab dan diskusi |
Kriteria:
Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Ceramah dan Diskusi 100 menit |
Ceramah dan Diskusi
|
Materi: Konsep Pengukuran Pustaka: Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman and Hyun, Helen H., 2023, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill LLC, New York, America. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Menguasai Pengukuran Skala Sikap Bagian 2: Konsep dan Aplikasi Skala Guttman, Semantic Differential dan Studi Kasus |
Aktif di Tanya Jawab dan diskusi |
Kriteria:
Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 100 menit |
Ceramah dan Diskusi 100 memit |
Materi: Pengukuran Skala Sikap Pustaka: Creswell, John W. and Guetterman, Timothy C., 2019, Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Pearson Education, United States of America |
3% |
9
Minggu ke 9 |
Menguasai Pengembangan Instrumen Non Tes: Jenis dan prinsip mendesain kuesioner dan Rating Scale |
Aktif di Tanya Jawab dan diskusi |
Kriteria:
Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 100 menit |
Ceramah dan Diskusi 100 menit |
Materi: Instrumen Non Tes Pustaka: Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman and Hyun, Helen H., 2023, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill LLC, New York, America. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Pengembangan Instrumen Tes Bagian 1: Tes Keterampilan Motorik dan Tes Pengetahuan |
Aktif di Tanya Jawab dan diskusi |
Kriteria:
Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Ceramah dan Praktikum 100 menit |
Diskusi, Ceramah dan Praktikum
|
Materi: Pengembangan instrumen test Pustaka: Creswell, John W. and Guetterman, Timothy C., 2019, Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Pearson Education, United States of America |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Pengembangan Instrumen Tes Bagian 2: Tes Kebugaran Jasmani dan Pengembangan Rubrik Penilaian Kinerja |
|
Kriteria:
Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Ceramah, Diskusi dan Praktikum 100 menit |
Ceramah, Diskusi dan Praktikum 100 menit |
Materi: Pengembangan instrumen test Pustaka: Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman and Hyun, Helen H., 2023, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill LLC, New York, America. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Teknik Penulisan Item Instrumen yang benar dan efektif: Bahasa, Bias, Budaya dan Konteks Pendidikan Jasmani |
Aktif di Tanya Jawab dan diskusi |
Kriteria:
Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Ceramah, Diskusi dan Praktikum 100 menit |
Ceramah, Diskusi dan Praktikum 100 menit |
Materi: Bahasa Penulisan Instrumen Pustaka: Creswell, John W. and Guetterman, Timothy C., 2019, Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Pearson Education, United States of America |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Menguasai Prosedur menguji Validitas Isi dan Konstruk: Expert judgement, Uji coba, Analisis Faktor (EFA/CFA) |
Aktif di Tanya Jawab dan diskusi |
Kriteria:
Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Ceramah, Diskusi dan Praktikum 100 menit |
Ceramah, Diskusi dan Praktikum 100 menit |
|
4% |
14
Minggu ke 14 |
Analisis Butir (Item Analysis):Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Analisis Pengecoh, Menggunakan software statistik |
Aktif di Tanya Jawab dan diskusi |
Kriteria:
Frekwensi Tanya Jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Ceramah, Diskusi dan Praktikum 100 menit |
Ceramah, Diskusi dan Praktikum
|
Materi: Analisis Butir Pustaka: Field, A. (2018). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics (5th ed.). Sage Publications. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Uji Coba Instrumen dan Revisi Akhir dari Instrumen yang dikembangkan |
Instrumen yang dikembangkan mahasiswa |
Kriteria:
Uji validitas dan reliabilitas Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Praktek lapangan uji coba instrumen 100 menit |
Praktek lapangan uji coba instrumen
|
Materi: Uji Validitas dan Reliabilitas Pustaka: Field, A. (2018). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics (5th ed.). Sage Publications. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Presentasi dan Evaluasi Proyek Pengembangan Instrumen |
Hasil instrumen yang dikembangkan |
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan Tanya Jawab 100 menit |
Presentasi dan Tanya Jawab
|
Materi: Pengembangan Instrumen Pustaka: Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman and Hyun, Helen H., 2023, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill LLC, New York, America. |
50% |