Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Kedokteran
Program Studi S1 Kedokteran

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sel dan Molekul

1120100003

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=5

P=1

ECTS=9.54

1

12 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




dr. Ariesia Dewi Ciptorini, Sp.N




.......................................




NUR ILLAHI ANJANI

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Menguasai pengetahuan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu kedokteran klinik, ilmu Kesehatan Masyarakat/Kedokteran Pencegahan/Kedokteran Komunitas, dan kedokteran olahraga.

PLO-6

Terampil dalam melakukan komunikasi yang efektif kepada individu, masyarakat, dan tim kerja.

PLO-7

Terampil dalam memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dan informasi kesehatan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai pengetahuan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu kedokteran klinik, ilmu Kesehatan Masyarakat/Kedokteran Pencegahan/Kedokteran Komunitas, dan kedokteran olahraga khususnya dalam mata kuliah Sel dan Molekul

PO - 2

Terampil dalam melakukan komunikasi yang efektif dalam tim seusai peran pada mata kuliah Sel dan Molekul

PO - 3

Terampil dalam memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi dalam mata kuliah Sel dan Molekul

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mendalam tentang Sel dan Molekul yang meliputi anatomi, biologi selular dan molekular, genetika, embriologi, dan faktor olahraga yang berpengaruh pada Sel dan Molekul. Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan SPICES dan model PBL. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah kuliah, turotial, dan praktikum.

Pustaka

Utama :

  1. Alberts, B., Johnson, A., Lewis, J., Raff, M., Roberts, K., & Walter, P. (2014). Molecular Biology of the Cell (6th ed.). Garland Science.
  2. Lodish, H., Berk, A., Kaiser, C. A., Krieger, M., Bretscher, A., Ploegh, H., & Amon, A. (2016). Molecular Cell Biology (8th ed.). W.H. Freeman and Company.
  3. Kierszenbaum, A. L., & Tres, L. L. (2019). Histology and Cell Biology: An Introduction to Pathology (5th ed.). Elsevier.
  4. Cooper, G. M., & Hausman, R. E. (2019). The Cell: A Molecular Approach (8th ed.). Sinauer Associates.
  5. Mescher, A. L. (2018). Junquiera's Basic Histology: Text and Atlas (15th ed.). McGraw-Hill Education.
  6. Rubin, E., & Reisner, H. M. (2020). Essentials of Rubin's Pathology (7th ed.). Wolters Kluwer.
  7. Kumar, V., Abbas, A. K., Aster, J. C., & Perkins, J. A. (2021). Robbins Basic Pathology (11th ed.). Elsevier.
  8. Abbas, A. K., Lichtman, A. H., & Pillai, S. (2021). Cellular and Molecular Immunology (10th ed.). Elsevier.
  9. Alberts, B., Bray, D., Hopkin, K., Johnson, A. D., Lewis, J., Raff, M., Roberts, K., & Walter, P. (2013). Essential Cell Biology (4th ed.). Garland Science.
  10. Tortora, G. J., & Derrickson, B. H. (2017). Principles of Anatomy and Physiology (15th ed.). Wiley.

Pendukung :

Dosen Pengampu

WIDOWATI BUDIJASTUTI

CORNELIUS BAMBANG WIDHIATMOKO

ENDANG SRI WAHJUNI

JANTI TRI HABSARI

NUR KHOZIN

IZZUKI MUHASHONAH

ANANDA PERWIRA BAKTI

INENSA KHOIRUL HARAP

ARIESIA DEWI CIPTORINI

DEVI PURNAMASARI SASONGKO

FIONA PARAMITHA

NUR ILLAHI ANJANI

SHOD ABDURRACHMAN DZULKARNAIN

DINI AULIA CAHYA

HAFSHAH YASMINA ABIDAH

Dr. dr. Ananda Perwira Bakti, M.Kes.

Dr. dr. Ananda Perwira Bakti, M.Kes.

dr. Izzuki Muhashonah, Sp.PK(K)

dr. Izzuki Muhashonah, Sp.PK(K)

dr. Nur Khozin, Sp.KFR

dr. Nur Khozin, Sp.KFR

dr. Devi Purnamasari Sasongko, M.Biomed.

dr. Devi Purnamasari Sasongko, M.Biomed.

dr. Hafshah Yasmina Abidah, M.Biomed.

dr. Hafshah Yasmina Abidah, M.Biomed.

Dini Aulia Cahya, S.Si., M.Biomed.

Dini Aulia Cahya, S.Si., M.Biomed.

dr. Fiona Paramitha, Sp.A.

dr. Fiona Paramitha, Sp.A.

Dr. Widowati Budijastuti, M.Si.

Dr. Widowati Budijastuti, M.Si.

dr. Cornelius Bambang Widhiatmoko, Sp.F.

dr. Cornelius Bambang Widhiatmoko, Sp.F.

Dr. dr. Endang Sri Wahjuni, M.Kes.

Dr. dr. Endang Sri Wahjuni, M.Kes.

dr. Ariesia Dewi Ciptorini, Sp.N.

dr. Ariesia Dewi Ciptorini, Sp.N.

dr. Janti Tri Habsari, Sp.PK(K)

dr. Janti Tri Habsari, Sp.PK(K)

dr. Inensa Khoirul Harap, M.H.

dr. Inensa Khoirul Harap, M.H.

Nur Ilahi Anjani, S.Ked., M.Kes.

Nur Ilahi Anjani, S.Ked., M.Kes.

dr. Shod Abdurrachman Dzulkarnain, M.Biomed

dr. Shod Abdurrachman Dzulkarnain, M.Biomed

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami dan menjelaskan biologi sel

  1. Mampu menjelaskan struktur sel dan fungsinya
  2. Mampu menjelaskan Siklus sel
  3. Transport membran & cell signaling
  4. Mampu menjelaskan jaringan ikat & epitel
  5. Mampu menjelaskan sel penyusun tulang & sendi
  6. Mampu menjelaskan farmakokinetik & farmakodinamik
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian
Kuliah: 6 x 100 menit, Metode: ceramah; Tutorial: 2 x 150 menit, Metode: case method; Praktikum: 3 x 170 menit, Metode: praktik

Materi: Struktur dan Fungsi Biomelekul; Air, pH dan Buffer Biologis; Enzim dan Kinetika Reaksi; Homeostasis seluler; Struktur dan Fungsi Organel Sel; Membran Sel dan Transport;
Pustaka: Alberts, B., Bray, D., Hopkin, K., Johnson, A. D., Lewis, J., Raff, M., Roberts, K., & Walter, P. (2013). Essential Cell Biology (4th ed.). Garland Science.
4%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami dan menjelaskan biologi molekular

  1. Mampu menjelaskan dasar-dasar Biologi Molekular
  2. Mampu menjelaskan sintesis protein
  3. Mampu menjelaskan mutasi genetic
  4. Mampu menjelaskan rekayasa genetika
  5. Mampu menjelaskan jejas, adaptasi, dan kematian sel
  6. Mampu menjelaskan dasar-dasar enzim
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian
Kuliah: 6 x 100 menit, Metode: ceramah; Tutorial: 2 x 150 menit, Metode: case method; Praktikum: 3 x 170 menit, Metode: praktik

Materi: Biologi Molekuler
Pustaka: Lodish, H., Berk, A., Kaiser, C. A., Krieger, M., Bretscher, A., Ploegh, H., & Amon, A. (2016). Molecular Cell Biology (8th ed.). W.H. Freeman and Company.

Materi: Biologi Molekuler
Pustaka: Kierszenbaum, A. L., & Tres, L. L. (2019). Histology and Cell Biology: An Introduction to Pathology (5th ed.). Elsevier.
4%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami dan menjelaskan genetika dan hemopoeisis

  1. Mampu menjelaskan dasar-dasar genetika
  2. Mampu menjelaskan genetika populasi (hukum Hardy- Weinberg)
  3. Mampu menjelaskan farmakogenetik & Terapi gen
  4. Mampu menjelaskan hemopoiesis
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian
Kuliah: 6 x 100 menit, Metode: ceramah; Tutorial: 2 x 150 menit, Metode: case method; Praktikum: 3 x 170 menit, Metode: praktik

Materi: Genetika dan Hemopoeisis
Pustaka: Kierszenbaum, A. L., & Tres, L. L. (2019). Histology and Cell Biology: An Introduction to Pathology (5th ed.). Elsevier.

Materi: Genetika dan Hemopoeisis
Pustaka: Cooper, G. M., & Hausman, R. E. (2019). The Cell: A Molecular Approach (8th ed.). Sinauer Associates.

Materi: Genetika dan Hemopoeisis
Pustaka: Mescher, A. L. (2018). Junquiera's Basic Histology: Text and Atlas (15th ed.). McGraw-Hill Education.

Materi: Genetika dan Hemopoeisis
Pustaka: Rubin, E., & Reisner, H. M. (2020). Essentials of Rubin's Pathology (7th ed.). Wolters Kluwer.
4%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami dan menjelaskan kelainan kongenital akibat kerusakan DNA

  1. Mampu menjelaskan genetic & Congenital Disorders
  2. Mampu menjelaskan Jenis-jenis penelitian
  3. Mampu menjelaskan Etik & aspek sosial budaya dalam penelitian biomedis & aplikasi bioteknologi
  4. Mampu menjelaskan Thanatologi & odontologi forensic
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian
Kuliah: 6 x 100 menit, Metode: ceramah; Tutorial: 2 x 150 menit, Metode: case method; Praktikum: 3 x 170 menit, Metode: praktik

Materi: Kelainan Kongenital Genetik
Pustaka: Mescher, A. L. (2018). Junquiera's Basic Histology: Text and Atlas (15th ed.). McGraw-Hill Education.

Materi: Kelainan Kongenital Genetik
Pustaka: Rubin, E., & Reisner, H. M. (2020). Essentials of Rubin's Pathology (7th ed.). Wolters Kluwer.

Materi: Kelainan Kongenital Genetik
Pustaka: Kumar, V., Abbas, A. K., Aster, J. C., & Perkins, J. A. (2021). Robbins Basic Pathology (11th ed.). Elsevier.

Materi: Kelainan Kongenital Genetik
Pustaka: Abbas, A. K., Lichtman, A. H., & Pillai, S. (2021). Cellular and Molecular Immunology (10th ed.). Elsevier.
4%

5

Minggu ke 5

Mampu memahami dan menjelaskan kedokteran

  1. Mampu menjelaskan Efek olahraga pada biomolekuler
  2. Mampu menjelaskan Perubahan/ adaptasi molekuler akibat olahraga/ Latihan
  3. Mampu menjelaskan Gangguan molekuler karena olahraga
Kriteria:

Kriteria: partisipasi aktif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian
Kuliah: 6 x 100 menit, Metode: ceramah; Tutorial: 2 x 150 menit, Metode: case method; Praktikum: 3 x 170 menit, Metode: praktik

Materi: Olahraga yang Berkaitan dengan Adaptasi Biologi Molekuler
Pustaka: Rubin, E., & Reisner, H. M. (2020). Essentials of Rubin's Pathology (7th ed.). Wolters Kluwer.

Materi: Olahraga yang Berkaitan dengan Adaptasi Biologi Molekuler
Pustaka: Kumar, V., Abbas, A. K., Aster, J. C., & Perkins, J. A. (2021). Robbins Basic Pathology (11th ed.). Elsevier.

Materi: Olahraga yang Berkaitan dengan Adaptasi Biologi Molekuler
Pustaka: Abbas, A. K., Lichtman, A. H., & Pillai, S. (2021). Cellular and Molecular Immunology (10th ed.). Elsevier.

Materi: Olahraga yang Berkaitan dengan Adaptasi Biologi Molekuler
Pustaka: Alberts, B., Bray, D., Hopkin, K., Johnson, A. D., Lewis, J., Raff, M., Roberts, K., & Walter, P. (2013). Essential Cell Biology (4th ed.). Garland Science.

Materi: Olahraga yang Berkaitan dengan Adaptasi Biologi Molekuler
Pustaka: Tortora, G. J., & Derrickson, B. H. (2017). Principles of Anatomy and Physiology (15th ed.). Wiley.
4%

6

Minggu ke 6

Ujian Akhir BLOK

Kriteria:

Tes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Tes
CBT & Praktikum

80%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 9.33%
2. Penilaian Praktikum 41.33%
3. Praktik / Unjuk Kerja 9.33%
4. Tes 40%
99.99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.