Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Tari Sunda dan Sumatera

8820903571

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

1 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Dra. Enie Wahyuni, M.Si




WELLY SURYANDOKO

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-8

Mampu berkreasi, berinovasi, mengkaji dan menyajikan seni pertunjukan budaya Jawa Timur dan wilayah Indonesia Timur

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengidentifikasi persamaan–perbedaan karakteristik antarjenis tari Sunda serta antarjenis tari Sumatra.

PO - 2

Menyajikan hasil kajian tari Sunda dan Sumatra dalam presentasi ilmiah secara sistematis dan komunikatif.

PO - 3

Mengembangkan koreografi pendek berbasis unsur tradisi Sunda atau Sumatra dengan mempertimbangkan estetika dan nilai budaya.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-8
PO-1 
PO-2 
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar tentang tari tradisional Sunda dan Sumatra, meliputi latar belakang budaya, fungsi tari, unsur gerak, iringan, rias, busana, serta praktik tari pilihan dari kedua wilayah tersebut. Mahasiswa diharapkan mampu memahami, menampilkan, dan mengapresiasi tari daerah sebagai bagian dari pelestarian budaya Nusantara.

Pustaka

Utama :

  1. Astuti, S. (2016). Seni tari tradisional Indonesia. Jakarta: Kencana.
  2. Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
  3. Kusmayati, A. M. (2012). Tari tradisional Jawa Barat. Bandung: Sunan Ambu Press.

Pendukung :

  1. Sedyawati, E. (2008). Keindonesiaan dalam budaya. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan kontrak dan ruang lingkup mata kuliah dan Menjelaskan konsep dasar tari daerah

Menjelaskan konsep dasar tari daerah

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Case Method

Materi: Konsep
Pustaka: Astuti, S. (2016). Seni tari tradisional Indonesia. Jakarta: Kencana.
3%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan konsep dasar tari daerah

Menjelaskan konsep dasar tari daerah

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Method

Materi: Konsep
Pustaka: Astuti, S. (2016). Seni tari tradisional Indonesia. Jakarta: Kencana.
3%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasi karakter tari Sunda

Mengidentifikasi karakter tari Sunda

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Case Method

Materi: kajian
Pustaka: Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
4%

4

Minggu ke 4

Mempraktikkan gerak dasar tari Sunda

Mempraktikkan gerak dasar tari Sunda

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
PJBL

Materi: keindahan
Pustaka: Sedyawati, E. (2008). Keindonesiaan dalam budaya. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Materi: tari tradisional
Pustaka: Kusmayati, A. M. (2012). Tari tradisional Jawa Barat. Bandung: Sunan Ambu Press.
4%

5

Minggu ke 5

Menganalisis iringan & kostum tari Sunda

Menganalisis iringan & kostum tari Sunda

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL

Materi: tari
Pustaka: Astuti, S. (2016). Seni tari tradisional Indonesia. Jakarta: Kencana.
4%

6

Minggu ke 6

Menampilkan tari Sunda sederhana

Menampilkan tari Sunda sederhana

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL

Materi: tari
Pustaka: Astuti, S. (2016). Seni tari tradisional Indonesia. Jakarta: Kencana.
3%

7

Minggu ke 7

Review materi tari Sunda

Review materi tari Sunda

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL

Materi: Tari
Pustaka: Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
4%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL

Materi: tari
Pustaka: Astuti, S. (2016). Seni tari tradisional Indonesia. Jakarta: Kencana.
20%

9

Minggu ke 9

Menjelaskan karakter tari Sumatra

Menjelaskan karakter tari Sumatra

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
PJBL

Materi: tari
Pustaka: Sedyawati, E. (2008). Keindonesiaan dalam budaya. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
3%

10

Minggu ke 10

Mengidentifikasi tari Minangkabau & Batak

Mengidentifikasi tari Minangkabau & Batak

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
PJBL

Materi: Tari
Pustaka: Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
3%

11

Minggu ke 11

Mempraktikkan gerak dasar tari Sumatra

Mempraktikkan gerak dasar tari Sumatra

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL

Materi: Tari
Pustaka: Astuti, S. (2016). Seni tari tradisional Indonesia. Jakarta: Kencana.
3%

12

Minggu ke 12

Menganalisis rias & busana tari Sumatra

Menganalisis rias & busana tari Sumatra

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL

Materi: tari
Pustaka: Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
4%

13

Minggu ke 13

Menampilkan tari Sumatra sederhana

Menampilkan tari Sumatra sederhana

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
PJBL

Materi: kajian
Pustaka: Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
4%

14

Minggu ke 14

Menyusun pertunjukan tari daerah

Menyusun pertunjukan tari daerah

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
BJPS

Materi: tari
Pustaka: Astuti, S. (2016). Seni tari tradisional Indonesia. Jakarta: Kencana.
5%

15

Minggu ke 15

Pementasan & refleksi

Pementasan & refleksi

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL

Materi: Tari
Pustaka: Kusmayati, A. M. (2012). Tari tradisional Jawa Barat. Bandung: Sunan Ambu Press.
3%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL

Materi: tari
Pustaka: Astuti, S. (2016). Seni tari tradisional Indonesia. Jakarta: Kencana.
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 65%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 21.5%
3. Penilaian Portofolio 1.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 12%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.