
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Tari Sunda dan Sumatera |
8820903571 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
1 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Dra. Enie Wahyuni, M.Si
|
WELLY SURYANDOKO |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-8 |
Mampu berkreasi, berinovasi, mengkaji dan menyajikan seni pertunjukan budaya Jawa Timur dan wilayah Indonesia Timur |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengidentifikasi persamaan–perbedaan karakteristik antarjenis tari Sunda serta antarjenis tari Sumatra.
|
PO - 2 |
Menyajikan hasil kajian tari Sunda dan Sumatra dalam presentasi ilmiah secara sistematis dan komunikatif.
|
PO - 3 |
Mengembangkan koreografi pendek berbasis unsur tradisi Sunda atau Sumatra dengan mempertimbangkan estetika dan nilai budaya.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-4 | PLO-8 | | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar tentang tari tradisional Sunda dan Sumatra, meliputi latar belakang budaya, fungsi tari, unsur gerak, iringan, rias, busana, serta praktik tari pilihan dari kedua wilayah tersebut. Mahasiswa diharapkan mampu memahami, menampilkan, dan mengapresiasi tari daerah sebagai bagian dari pelestarian budaya Nusantara. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Astuti, S. (2016). Seni tari tradisional Indonesia. Jakarta: Kencana.
- Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
- Kusmayati, A. M. (2012). Tari tradisional Jawa Barat. Bandung: Sunan Ambu Press.
|
Pendukung : |
|
- Sedyawati, E. (2008). Keindonesiaan dalam budaya. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan kontrak dan ruang lingkup mata kuliah dan Menjelaskan konsep dasar tari daerah |
Menjelaskan konsep dasar tari daerah |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Case Method
|
|
Materi: Konsep Pustaka: Astuti, S. (2016). Seni tari tradisional Indonesia. Jakarta: Kencana. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan konsep dasar tari daerah |
Menjelaskan konsep dasar tari daerah |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Method
|
|
Materi: Konsep Pustaka: Astuti, S. (2016). Seni tari tradisional Indonesia. Jakarta: Kencana. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mengidentifikasi karakter tari Sunda |
Mengidentifikasi karakter tari Sunda |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Case Method
|
|
Materi: kajian Pustaka: Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mempraktikkan gerak dasar tari Sunda |
Mempraktikkan gerak dasar tari Sunda |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
PJBL
|
|
Materi: keindahan Pustaka: Sedyawati, E. (2008). Keindonesiaan dalam budaya. Jakarta: Wedatama Widya Sastra. Materi: tari tradisional Pustaka: Kusmayati, A. M. (2012). Tari tradisional Jawa Barat. Bandung: Sunan Ambu Press. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis iringan & kostum tari Sunda |
Menganalisis iringan & kostum tari Sunda |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL
|
|
Materi: tari Pustaka: Astuti, S. (2016). Seni tari tradisional Indonesia. Jakarta: Kencana. |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Menampilkan tari Sunda sederhana |
Menampilkan tari Sunda sederhana |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL
|
|
Materi: tari Pustaka: Astuti, S. (2016). Seni tari tradisional Indonesia. Jakarta: Kencana. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Review materi tari Sunda |
Review materi tari Sunda |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL
|
|
Materi: Tari Pustaka: Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher. |
4% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL
|
|
Materi: tari Pustaka: Astuti, S. (2016). Seni tari tradisional Indonesia. Jakarta: Kencana. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Menjelaskan karakter tari Sumatra |
Menjelaskan karakter tari Sumatra |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
PJBL
|
|
Materi: tari Pustaka: Sedyawati, E. (2008). Keindonesiaan dalam budaya. Jakarta: Wedatama Widya Sastra. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mengidentifikasi tari Minangkabau & Batak |
Mengidentifikasi tari Minangkabau & Batak |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
PJBL
|
|
Materi: Tari Pustaka: Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mempraktikkan gerak dasar tari Sumatra |
Mempraktikkan gerak dasar tari Sumatra |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL
|
|
Materi: Tari Pustaka: Astuti, S. (2016). Seni tari tradisional Indonesia. Jakarta: Kencana. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis rias & busana tari Sumatra |
Menganalisis rias & busana tari Sumatra |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL
|
|
Materi: tari Pustaka: Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher. |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Menampilkan tari Sumatra sederhana |
Menampilkan tari Sumatra sederhana |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
PJBL
|
|
Materi: kajian Pustaka: Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher. |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Menyusun pertunjukan tari daerah |
Menyusun pertunjukan tari daerah |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
BJPS
|
|
Materi: tari Pustaka: Astuti, S. (2016). Seni tari tradisional Indonesia. Jakarta: Kencana. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Pementasan & refleksi |
Pementasan & refleksi |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL
|
|
Materi: Tari Pustaka: Kusmayati, A. M. (2012). Tari tradisional Jawa Barat. Bandung: Sunan Ambu Press. |
3% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL
|
|
Materi: tari Pustaka: Astuti, S. (2016). Seni tari tradisional Indonesia. Jakarta: Kencana. |
30% |