
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
ANALISIS PERFORMA ATLET CABANG OLAHRAGA PENCAK SILAT |
8520204739 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=2 |
ECTS=6.36 |
5 |
12 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif. |
PLO-7 |
Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif. |
PLO-8 |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi. |
PLO-9 |
Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok |
PLO-12 |
Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menerapkan teknik dasar dan strategi dalam pencak silat dalam berbagai situasi pertandingan (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis performa atlet pencak silat menggunakan metode ilmiah dan data terkini untuk meningkatkan efektivitas latihan (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas teknik dan strategi pertandingan yang digunakan atlet pencak silat berdasarkan kriteria kompetisi terkini (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan program latihan yang inovatif untuk meningkatkan kinerja atlet pencak silat berdasarkan analisis performa terkini (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan prinsip etika dan nilai budaya dalam pelatihan dan kompetisi pencak silat (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis dampak psikologis dan sosial dari pencak silat pada atlet dan masyarakat (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi dan menyesuaikan strategi pelatihan berdasarkan kondisi fisik dan mental atlet pencak silat (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan metode evaluasi performa atlet yang adaptif dan inklusif untuk berbagai jenis atlet pencak silat (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan teknologi terkini dalam analisis dan pelatihan performa atlet pencak silat (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis dan mengintegrasikan data performa atlet dari berbagai sumber untuk pengambilan keputusan strategis (C4)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-12 | PO-1 | | | | ✔ | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | | | PO-3 | | | | ✔ | | | | | PO-4 | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-5 | ✔ | | | | | | | | PO-6 | | ✔ | | | | | | | PO-7 | | | ✔ | | | | | | PO-8 | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-9 | | | | | | ✔ | | | PO-10 | | | | | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-9 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Pencak Silat bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang teknik analisis performa atlet dalam cabang olahraga pencak silat. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode dan teknik analisis performa atlet, termasuk pengukuran fisik, evaluasi teknik, strategi kompetisi, dan faktor psikologis yang memengaruhi performa atlet. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pembelajaran teori dan praktik, studi kasus, serta pengembangan keterampilan analisis performa atlet untuk meningkatkan prestasi dalam cabang olahraga pencak silat. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Mukholid.(2018). Pencak Silat Basic Movement Skills of Sport and Health Education Students in the Universities of Central Java and Yogyakarta Regions.International Journal of Science and Research. 7(3): 1343-1347
|
Pendukung : |
|
- Fe, Eci. (2017). Buku Pintar Olahraga & Permainan Tradisional. Yogyakarta: Laksana
- Effendi, R. (2017). Wawancara Langsung. Jakarta: Padepokan Pencak Silat Indonesia
- Hajir, A., & Maulana, A. S. (2017). Pencak Silat the Indonesia Matrial Arts. Yogyakarta: Metabook.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menerapkan teknik dasar dan strategi dalam pencak silat dalam berbagai situasi pertandingan. |
- Kemampuan menerapkan teknik dasar pencak silat
- Kemampuan merancang strategi pertandingan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Demonstrasi, Latihan, Diskusi.
|
Penugasan video presentasi tentang penerapan teknik dasar pencak silat dalam pertandingan
|
Materi: Teknik dasar pencak silat, Strategi pertandingan dalam pencak silat Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik dasar dan strategi dalam pencak silat serta mampu mengaplikasikannya dalam situasi pertandingan yang berbeda. |
- Kemampuan menerapkan teknik dasar pencak silat
- Kemampuan menerapkan strategi dalam pertandingan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Demonstrasi, Diskusi, Latihan Praktik.
|
Diskusi daring tentang penerapan teknik dasar dan strategi dalam pencak silat
|
Materi: Teknik Dasar Pencak Silat, Strategi dalam Pencak Silat, Penerapan Teknik dan Strategi dalam Pertandingan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis performa atlet pencak silat dengan menggunakan metode ilmiah dan data terkini untuk meningkatkan efektivitas latihan. |
- Teknik analisis performa atlet
- Penggunaan metode ilmiah dalam analisis
- Penerapan data terkini dalam evaluasi performa atlet
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis data.
|
Diskusi daring tentang aplikasi metode ilmiah dalam analisis performa atlet, Menganalisis data terkini performa atlet secara mandiri dan menyajikannya dalam bentuk portofolio online
|
Materi: Prinsip analisis performa atlet, Metode ilmiah dalam olahraga, Penggunaan data terkini dalam evaluasi performa atlet Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis performa atlet pencak silat dengan menggunakan metode ilmiah dan data terkini untuk meningkatkan efektivitas latihan. |
- Analisis performa atlet menggunakan metode ilmiah
- Penerapan data terkini dalam analisis performa atlet
- Kemampuan meningkatkan efektivitas latihan atlet
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan metode ilmiah dalam analisis performa atlet
|
Materi: Pengenalan metode ilmiah dalam analisis performa atlet pencak silat, Penerapan data terkini dalam analisis performa, Strategi meningkatkan efektivitas latihan atlet Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas teknik dan strategi pertandingan atlet pencak silat berdasarkan kriteria kompetisi terkini. |
- Analisis teknik yang digunakan atlet
- Evaluasi strategi pertandingan atlet
- Rekomendasi perbaikan teknik dan strategi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang analisis teknik atlet pencak silat, Menyusun portofolio evaluasi strategi pertandingan atlet
|
Materi: Konsep evaluasi performa atlet, Kriteria kompetisi terkini dalam pencak silat, Teknik analisis performa atlet, Strategi pertandingan dalam pencak silat Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan program latihan yang inovatif untuk meningkatkan kinerja atlet pencak silat berdasarkan analisis performa terkini. |
- Kemampuan menganalisis performa atlet pencak silat
- Kemampuan merancang program latihan inovatif
- Kemampuan menjelaskan konsep program latihan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Penugasan online memungkinkan. Jenis penugasan yang cocok adalah membuat video presentasi tentang program latihan inovatif yang telah dirancang dan menjelaskan konsep-konsep yang digunakan.
|
Materi: Analisis performa atlet pencak silat, Prinsip-prinsip dasar dalam merancang program latihan, Inovasi dalam program latihan atlet pencak silat Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan program latihan yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan kinerja atlet pencak silat berdasarkan analisis performa terkini. |
- Kemampuan menganalisis performa atlet pencak silat
- Kemampuan menciptakan program latihan inovatif
- Kemampuan menjelaskan konsep program latihan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Penugasan online memungkinkan. Jenis penugasan yang cocok adalah Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk.
|
Materi: Analisis performa atlet pencak silat terkini, Prinsip-prinsip dasar dalam menciptakan program latihan, Teknik inovatif dalam merancang program latihan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu menerapkan teknik dasar dan strategi dalam pencak silat dalam berbagai situasi pertandingan |
- Penerapan teknik dasar dengan tepat
- Penggunaan strategi yang efektif dalam pertandingan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, Diskusi, Latihan Praktik.
|
Diskusi daring tentang penerapan teknik dasar dan strategi dalam situasi pertandingan
|
Materi: Teknik Dasar Pencak Silat, Strategi Pertandingan Pencak Silat, Simulasi Pertandingan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip etika dan nilai budaya dalam latihan dan kompetisi pencak silat dengan baik dan benar. |
- Etika dalam latihan pencak silat
- Penerapan nilai budaya dalam kompetisi
- Kesadaran akan pentingnya etika dan nilai budaya
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok dan studi kasus.
|
Diskusi daring tentang penerapan prinsip etika dalam latihan pencak silat
|
Materi: Prinsip Etika dalam Pencak Silat, Nilai Budaya dalam Kompetisi, Studi Kasus Etika dan Nilai Budaya dalam Pencak Silat Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak psikologis dan sosial dari pencak silat pada atlet dan masyarakat serta mampu mengaitkan hal tersebut dengan konteks praktik olahraga pencak silat. |
- Persepsi atlet terhadap pencak silat
- Pengaruh pencak silat dalam membentuk karakter atlet
- Penerimaan masyarakat terhadap pencak silat
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang pengalaman pribadi terkait dampak psikologis pencak silat
|
Materi: Dampak psikologis dari pencak silat pada atlet, Dampak sosial dari pencak silat pada masyarakat, Studi kasus tentang pengaruh pencak silat dalam kehidupan sehari-hari Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi kondisi fisik dan mental atlet pencak silat serta mampu menyesuaikan strategi pelatihan yang sesuai untuk meningkatkan performa atlet. |
- Kemampuan mengevaluasi kondisi fisik atlet
- Kemampuan mengevaluasi kondisi mental atlet
- Kemampuan menyesuaikan strategi pelatihan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang evaluasi kondisi fisik dan mental atlet, Penyusunan portofolio strategi pelatihan atlet
|
Materi: Pengukuran kondisi fisik atlet, Evaluasi kondisi mental atlet, Strategi pelatihan yang sesuai Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan metode evaluasi performa atlet yang adaptif dan inklusif untuk berbagai jenis atlet pencak silat. |
- Kemampuan memahami kebutuhan atlet
- Kemampuan menciptakan metode evaluasi adaptif
- Kemampuan menerapkan inklusivitas dalam evaluasi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan metode evaluasi adaptif untuk atlet pencak silat
|
Materi: Karakteristik atlet pencak silat, Prinsip evaluasi performa atlet, Strategi adaptif dalam evaluasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan metode evaluasi performa atlet yang adaptif dan inklusif untuk berbagai jenis atlet pencak silat. |
- Kemampuan menciptakan metode evaluasi adaptif
- Kemampuan menciptakan metode evaluasi inklusif
- Kemampuan menerapkan metode evaluasi pada atlet pencak silat
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Kolaboratif.
|
Diskusi daring tentang penerapan metode evaluasi adaptif dan inklusif pada atlet pencak silat
|
Materi: Pengertian evaluasi performa atlet, Prinsip evaluasi adaptif, Prinsip evaluasi inklusif, Penerapan evaluasi pada atlet pencak silat Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknologi terkini dalam analisis dan pelatihan performa atlet pencak silat. |
- Pemahaman konsep teknologi terkini dalam olahraga
- Kemampuan menerapkan teknologi dalam analisis performa atlet pencak silat
- Kreativitas dalam menggunakan teknologi untuk pelatihan atlet
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktik langsung dengan teknologi terkini.
|
Diskusi daring tentang penerapan teknologi dalam analisis performa atlet pencak silat
|
Materi: Konsep teknologi terkini dalam olahraga, Penerapan teknologi dalam analisis performa atlet pencak silat, Studi kasus penggunaan teknologi dalam pelatihan atlet Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai keterampilan analisis data performa atlet dan mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan data yang dianalisis. |
- Analisis data performa atlet
- Integrasi data dari berbagai sumber
- Kemampuan pengambilan keputusan strategis
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang analisis data performa atlet dan pengambilan keputusan strategis
|
Materi: Teknik analisis data performa atlet, Strategi pengambilan keputusan berdasarkan data, Integrasi data dari sumber yang berbeda Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu menerapkan teknik dasar dan strategi dalam pencak silat dalam berbagai situasi pertandingan |
- Penerapan teknik dasar dengan tepat
- Penggunaan strategi yang efektif dalam simulasi pertandingan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Demonstrasi, Diskusi, Simulasi.
|
Penugasan video simulasi penerapan teknik dasar dan strategi dalam pencak silat
|
Materi: Teknik dasar pencak silat, Strategi bertanding, Simulasi pertandingan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
14% |