Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ANALISIS PERFORMA ATLET CABANG OLAHRAGA PENCAK SILAT

8520204739

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=2

ECTS=6.36

5

12 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

PLO-7

Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif.

PLO-8

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi.

PLO-9

Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok

PLO-12

Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan teknik dasar dan strategi dalam pencak silat dalam berbagai situasi pertandingan (C3)

PO - 2

Menganalisis performa atlet pencak silat menggunakan metode ilmiah dan data terkini untuk meningkatkan efektivitas latihan (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas teknik dan strategi pertandingan yang digunakan atlet pencak silat berdasarkan kriteria kompetisi terkini (C5)

PO - 4

Menciptakan program latihan yang inovatif untuk meningkatkan kinerja atlet pencak silat berdasarkan analisis performa terkini (C6)

PO - 5

Menerapkan prinsip etika dan nilai budaya dalam pelatihan dan kompetisi pencak silat (C3)

PO - 6

Menganalisis dampak psikologis dan sosial dari pencak silat pada atlet dan masyarakat (C4)

PO - 7

Mengevaluasi dan menyesuaikan strategi pelatihan berdasarkan kondisi fisik dan mental atlet pencak silat (C5)

PO - 8

Menciptakan metode evaluasi performa atlet yang adaptif dan inklusif untuk berbagai jenis atlet pencak silat (C6)

PO - 9

Menerapkan teknologi terkini dalam analisis dan pelatihan performa atlet pencak silat (C3)

PO - 10

Menganalisis dan mengintegrasikan data performa atlet dari berbagai sumber untuk pengambilan keputusan strategis (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-6PLO-7PLO-8PLO-9PLO-12
PO-1       
PO-2       
PO-3       
PO-4      
PO-5       
PO-6       
PO-7       
PO-8      
PO-9       
PO-10       

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Pencak Silat bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang teknik analisis performa atlet dalam cabang olahraga pencak silat. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode dan teknik analisis performa atlet, termasuk pengukuran fisik, evaluasi teknik, strategi kompetisi, dan faktor psikologis yang memengaruhi performa atlet. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pembelajaran teori dan praktik, studi kasus, serta pengembangan keterampilan analisis performa atlet untuk meningkatkan prestasi dalam cabang olahraga pencak silat.

Pustaka

Utama :

  1. Mukholid.(2018). Pencak Silat Basic Movement Skills of Sport and Health Education Students in the Universities of Central Java and Yogyakarta Regions.International Journal of Science and Research. 7(3): 1343-1347

Pendukung :

  1. Fe, Eci. (2017). Buku Pintar Olahraga & Permainan Tradisional. Yogyakarta: Laksana
  2. Effendi, R. (2017). Wawancara Langsung. Jakarta: Padepokan Pencak Silat Indonesia
  3. Hajir, A., & Maulana, A. S. (2017). Pencak Silat the Indonesia Matrial Arts. Yogyakarta: Metabook.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menerapkan teknik dasar dan strategi dalam pencak silat dalam berbagai situasi pertandingan.

  1. Kemampuan menerapkan teknik dasar pencak silat
  2. Kemampuan merancang strategi pertandingan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Demonstrasi, Latihan, Diskusi.
Penugasan video presentasi tentang penerapan teknik dasar pencak silat dalam pertandingan
Materi: Teknik dasar pencak silat, Strategi pertandingan dalam pencak silat
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik dasar dan strategi dalam pencak silat serta mampu mengaplikasikannya dalam situasi pertandingan yang berbeda.

  1. Kemampuan menerapkan teknik dasar pencak silat
  2. Kemampuan menerapkan strategi dalam pertandingan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Demonstrasi, Diskusi, Latihan Praktik.
Diskusi daring tentang penerapan teknik dasar dan strategi dalam pencak silat
Materi: Teknik Dasar Pencak Silat, Strategi dalam Pencak Silat, Penerapan Teknik dan Strategi dalam Pertandingan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis performa atlet pencak silat dengan menggunakan metode ilmiah dan data terkini untuk meningkatkan efektivitas latihan.

  1. Teknik analisis performa atlet
  2. Penggunaan metode ilmiah dalam analisis
  3. Penerapan data terkini dalam evaluasi performa atlet

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis data.
Diskusi daring tentang aplikasi metode ilmiah dalam analisis performa atlet, Menganalisis data terkini performa atlet secara mandiri dan menyajikannya dalam bentuk portofolio online
Materi: Prinsip analisis performa atlet, Metode ilmiah dalam olahraga, Penggunaan data terkini dalam evaluasi performa atlet
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis performa atlet pencak silat dengan menggunakan metode ilmiah dan data terkini untuk meningkatkan efektivitas latihan.

  1. Analisis performa atlet menggunakan metode ilmiah
  2. Penerapan data terkini dalam analisis performa atlet
  3. Kemampuan meningkatkan efektivitas latihan atlet

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang penerapan metode ilmiah dalam analisis performa atlet
Materi: Pengenalan metode ilmiah dalam analisis performa atlet pencak silat, Penerapan data terkini dalam analisis performa, Strategi meningkatkan efektivitas latihan atlet
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas teknik dan strategi pertandingan atlet pencak silat berdasarkan kriteria kompetisi terkini.

  1. Analisis teknik yang digunakan atlet
  2. Evaluasi strategi pertandingan atlet
  3. Rekomendasi perbaikan teknik dan strategi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang analisis teknik atlet pencak silat, Menyusun portofolio evaluasi strategi pertandingan atlet
Materi: Konsep evaluasi performa atlet, Kriteria kompetisi terkini dalam pencak silat, Teknik analisis performa atlet, Strategi pertandingan dalam pencak silat
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan program latihan yang inovatif untuk meningkatkan kinerja atlet pencak silat berdasarkan analisis performa terkini.

  1. Kemampuan menganalisis performa atlet pencak silat
  2. Kemampuan merancang program latihan inovatif
  3. Kemampuan menjelaskan konsep program latihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah.
Penugasan online memungkinkan. Jenis penugasan yang cocok adalah membuat video presentasi tentang program latihan inovatif yang telah dirancang dan menjelaskan konsep-konsep yang digunakan.
Materi: Analisis performa atlet pencak silat, Prinsip-prinsip dasar dalam merancang program latihan, Inovasi dalam program latihan atlet pencak silat
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan program latihan yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan kinerja atlet pencak silat berdasarkan analisis performa terkini.

  1. Kemampuan menganalisis performa atlet pencak silat
  2. Kemampuan menciptakan program latihan inovatif
  3. Kemampuan menjelaskan konsep program latihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah.
Penugasan online memungkinkan. Jenis penugasan yang cocok adalah Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk.
Materi: Analisis performa atlet pencak silat terkini, Prinsip-prinsip dasar dalam menciptakan program latihan, Teknik inovatif dalam merancang program latihan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mampu menerapkan teknik dasar dan strategi dalam pencak silat dalam berbagai situasi pertandingan

  1. Penerapan teknik dasar dengan tepat
  2. Penggunaan strategi yang efektif dalam pertandingan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Demonstrasi, Diskusi, Latihan Praktik.
Diskusi daring tentang penerapan teknik dasar dan strategi dalam situasi pertandingan
Materi: Teknik Dasar Pencak Silat, Strategi Pertandingan Pencak Silat, Simulasi Pertandingan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip etika dan nilai budaya dalam latihan dan kompetisi pencak silat dengan baik dan benar.

  1. Etika dalam latihan pencak silat
  2. Penerapan nilai budaya dalam kompetisi
  3. Kesadaran akan pentingnya etika dan nilai budaya

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan studi kasus.
Diskusi daring tentang penerapan prinsip etika dalam latihan pencak silat
Materi: Prinsip Etika dalam Pencak Silat, Nilai Budaya dalam Kompetisi, Studi Kasus Etika dan Nilai Budaya dalam Pencak Silat
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak psikologis dan sosial dari pencak silat pada atlet dan masyarakat serta mampu mengaitkan hal tersebut dengan konteks praktik olahraga pencak silat.

  1. Persepsi atlet terhadap pencak silat
  2. Pengaruh pencak silat dalam membentuk karakter atlet
  3. Penerimaan masyarakat terhadap pencak silat

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang pengalaman pribadi terkait dampak psikologis pencak silat
Materi: Dampak psikologis dari pencak silat pada atlet, Dampak sosial dari pencak silat pada masyarakat, Studi kasus tentang pengaruh pencak silat dalam kehidupan sehari-hari
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi kondisi fisik dan mental atlet pencak silat serta mampu menyesuaikan strategi pelatihan yang sesuai untuk meningkatkan performa atlet.

  1. Kemampuan mengevaluasi kondisi fisik atlet
  2. Kemampuan mengevaluasi kondisi mental atlet
  3. Kemampuan menyesuaikan strategi pelatihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang evaluasi kondisi fisik dan mental atlet, Penyusunan portofolio strategi pelatihan atlet
Materi: Pengukuran kondisi fisik atlet, Evaluasi kondisi mental atlet, Strategi pelatihan yang sesuai
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan metode evaluasi performa atlet yang adaptif dan inklusif untuk berbagai jenis atlet pencak silat.

  1. Kemampuan memahami kebutuhan atlet
  2. Kemampuan menciptakan metode evaluasi adaptif
  3. Kemampuan menerapkan inklusivitas dalam evaluasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang penerapan metode evaluasi adaptif untuk atlet pencak silat
Materi: Karakteristik atlet pencak silat, Prinsip evaluasi performa atlet, Strategi adaptif dalam evaluasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan metode evaluasi performa atlet yang adaptif dan inklusif untuk berbagai jenis atlet pencak silat.

  1. Kemampuan menciptakan metode evaluasi adaptif
  2. Kemampuan menciptakan metode evaluasi inklusif
  3. Kemampuan menerapkan metode evaluasi pada atlet pencak silat

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Kolaboratif.
Diskusi daring tentang penerapan metode evaluasi adaptif dan inklusif pada atlet pencak silat
Materi: Pengertian evaluasi performa atlet, Prinsip evaluasi adaptif, Prinsip evaluasi inklusif, Penerapan evaluasi pada atlet pencak silat
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknologi terkini dalam analisis dan pelatihan performa atlet pencak silat.

  1. Pemahaman konsep teknologi terkini dalam olahraga
  2. Kemampuan menerapkan teknologi dalam analisis performa atlet pencak silat
  3. Kreativitas dalam menggunakan teknologi untuk pelatihan atlet

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktik langsung dengan teknologi terkini.
Diskusi daring tentang penerapan teknologi dalam analisis performa atlet pencak silat
Materi: Konsep teknologi terkini dalam olahraga, Penerapan teknologi dalam analisis performa atlet pencak silat, Studi kasus penggunaan teknologi dalam pelatihan atlet
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai keterampilan analisis data performa atlet dan mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan data yang dianalisis.

  1. Analisis data performa atlet
  2. Integrasi data dari berbagai sumber
  3. Kemampuan pengambilan keputusan strategis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang analisis data performa atlet dan pengambilan keputusan strategis
Materi: Teknik analisis data performa atlet, Strategi pengambilan keputusan berdasarkan data, Integrasi data dari sumber yang berbeda
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mampu menerapkan teknik dasar dan strategi dalam pencak silat dalam berbagai situasi pertandingan

  1. Penerapan teknik dasar dengan tepat
  2. Penggunaan strategi yang efektif dalam simulasi pertandingan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Demonstrasi, Diskusi, Simulasi.
Penugasan video simulasi penerapan teknik dasar dan strategi dalam pencak silat
Materi: Teknik dasar pencak silat, Strategi bertanding, Simulasi pertandingan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
14%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 34.68%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 8.34%
3. Penilaian Portofolio 24.18%
4. Praktik / Unjuk Kerja 15.51%
5. Tes 16.34%
99.05%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.