
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
MANAJEMEN PENYELENGGARAAN DAN PERWASITAN CABOR RUGBY |
8520204752 |
|
T=1 |
P=2 |
ECTS=4.77 |
6 |
13 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Dr. Tutur Jatmiko, S.Pd., M.Kes
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif. |
PLO-7 |
Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif. |
PLO-8 |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi. |
PLO-9 |
Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok |
PLO-10 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
PLO-11 |
Menguasai konsep, teoritis dan praktis bidang kepelatihan dan kependidikan olahraga |
PLO-13 |
Mampu melatih teknik, fisik, taktik, dan mental dalam bidang olahraga |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menjelaskan konsep Manajemen Penyelenggaraan dan perwasitan cabor rugby
|
PO - 2 |
Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi manajemen pemyelenggaraan perwasitan cabor rugby
|
PO - 3 |
Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi kebutuhan bidang penyelenggaraan pertandingan cabor rugby
|
PO - 4 |
Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi kepanitiaan penyelenggaraan pertandingan cabor rugby
|
PO - 5 |
Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi kebutuhan pertandingan cabor rugby
|
PO - 6 |
Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi kebutuhan perwasitan cabor rugby
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | PLO-11 | PLO-13 | PO-1 | | | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | ✔ | | | | PO-5 | | | ✔ | | | | | | | | | PO-6 | | | ✔ | | | | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | PO-4 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemahaman konsep dan aplikasi Manajeman Penyelenggaraan dan Perwasitan Cabang Olahraga Rugby. Matakuliah ini mengkaji tentang manajemen penyelenggaraan dan perwasitan Rugby |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Tony Biscombe, Peter Drewett. 2010. Rugby Steps to Success. 2nd edition. USA. Human Kinetics.
- Rita Storey. 2009. TRAINING TO SUCCEED RUGBY. Australia. Franklin Watts
- World Rugby Hanbook. 2014. Published by World Rugby
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Tutur Jatmiko, S.Pd., M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami kontrak kuliah Pengertian tentang Penyelenggaraan Pertandingan Rugby |
- Mampu memahami kontrak kuliah
- Mampu menjelaskan pengertian menajemen pertandingan dan ruang lingkunya
- Mampu menjelaskan obyektifitas manajemen pertandingan
- Mampu mengelompokkan jenis-jenis bidang pertandingan
- Mampu Menyelenggarakan Pertandingan dengan menjalankan Bidang Pertandingan
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan diskusi 4 X 50 |
|
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami kontrak kuliah Pengertian tentang Penyelenggaraan Pertandingan Rugby |
- Mampu memahami kontrak kuliah
- Mampu menjelaskan pengertian menajemen pertandingan dan ruang lingkunya
- Mampu menjelaskan obyektifitas manajemen pertandingan
- Mampu mengelompokkan jenis-jenis bidang pertandingan
- Mampu Menyelenggarakan Pertandingan dengan menjalankan Bidang Pertandingan
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan diskusi 4 X 50 |
|
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami kontrak kuliah Pengertian tentang Penyelenggaraan Pertandingan Rugby |
- Mampu memahami kontrak kuliah
- Mampu menjelaskan pengertian menajemen pertandingan dan ruang lingkunya
- Mampu menjelaskan obyektifitas manajemen pertandingan
- Mampu mengelompokkan jenis-jenis bidang pertandingan
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan diskusi 4 X 50 |
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami kontrak kuliah Pengertian tentang Penyelenggaraan Pertandingan Rugby |
- Mampu memahami kontrak kuliah
- Mampu menjelaskan pengertian menajemen pertandingan dan ruang lingkunya
- Mampu menjelaskan obyektifitas manajemen pertandingan
- Mampu mengelompokkan jenis-jenis bidang pertandingan
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan diskusi 4 X 50 |
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami tentang Penyelenggaraan Pertandingan Angkat Berat |
- Mampu menjelaskan manajemen penyelenggaraan pertandingan
- Mampu menjelaskan kepanitiaan pertandingan
- Mampu mengelompokkan tugas panitia pertandingan
- Mampu menjelaskan kebutuhan peralatan pertandingan
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: 8. Bompa, Tudor O. 2015. Periodization Training For Sports 3rd Edition. USA. Human Kinetics |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami tentang Penyelenggaraan Pertandingan Angkat Berat |
- Mampu menjelaskan manajemen penyelenggaraan pertandingan
- Mampu menjelaskan kepanitiaan pertandingan
- Mampu mengelompokkan tugas panitia pertandingan
- Mampu menjelaskan kebutuhan peralatan pertandingan
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: 8. Bompa, Tudor O. 2015. Periodization Training For Sports 3rd Edition. USA. Human Kinetics |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami tentang Penyelenggaraan Pertandingan Angkat Berat |
- Mampu menjelaskan manajemen penyelenggaraan pertandingan
- Mampu menjelaskan kepanitiaan pertandingan
- Mampu mengelompokkan tugas panitia pertandingan
- Mampu menjelaskan kebutuhan peralatan pertandingan
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: 8. Bompa, Tudor O. 2015. Periodization Training For Sports 3rd Edition. USA. Human Kinetics Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Memahami tentang Penyelenggaraan Pertandingan Angkat Berat |
- Mampu menjelaskan manajemen penyelenggaraan pertandingan
- Mampu menjelaskan kepanitiaan pertandingan
- Mampu mengelompokkan tugas panitia pertandingan
- Mampu menjelaskan kebutuhan peralatan pertandingan
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: 8. Bompa, Tudor O. 2015. Periodization Training For Sports 3rd Edition. USA. Human Kinetics Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami tentang perwasitan angkat berat |
- Tugas dan peran wasit dalam persiapan pertandingan
- Tugas dan peran wasit dalam Pertandingan
- Tugas dan Peran Technical Delegate
- Tugas dan Peran dewan Hakim
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: 8. Bompa, Tudor O. 2015. Periodization Training For Sports 3rd Edition. USA. Human Kinetics |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami tentang perwasitan angkat berat |
- Tugas dan peran wasit dalam persiapan pertandingan
- Tugas dan peran wasit dalam Pertandingan
- Tugas dan Peran Technical Delegate
- Tugas dan Peran dewan Hakim
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: 8. Bompa, Tudor O. 2015. Periodization Training For Sports 3rd Edition. USA. Human Kinetics |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami tentang perwasitan angkat berat |
- Tugas dan peran wasit dalam persiapan pertandingan
- Tugas dan peran wasit dalam Pertandingan
- Tugas dan Peran Technical Delegate
- Tugas dan Peran dewan Hakim
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: 8. Bompa, Tudor O. 2015. Periodization Training For Sports 3rd Edition. USA. Human Kinetics |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami tentang perwasitan angkat berat |
- Tugas dan peran wasit dalam persiapan pertandingan
- Tugas dan peran wasit dalam Pertandingan
- Tugas dan Peran Technical Delegate
- Tugas dan Peran dewan Hakim
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: 8. Bompa, Tudor O. 2015. Periodization Training For Sports 3rd Edition. USA. Human Kinetics |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami tentang perwasitan angkat berat |
- Tugas dan peran wasit dalam persiapan pertandingan
- Tugas dan peran wasit dalam Pertandingan
- Tugas dan Peran Technical Delegate
- Tugas dan Peran dewan Hakim
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: 8. Bompa, Tudor O. 2015. Periodization Training For Sports 3rd Edition. USA. Human Kinetics |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami tentang perwasitan angkat berat |
- Tugas dan peran wasit dalam persiapan pertandingan
- Tugas dan peran wasit dalam Pertandingan
- Tugas dan Peran Technical Delegate
- Tugas dan Peran dewan Hakim
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: 8. Bompa, Tudor O. 2015. Periodization Training For Sports 3rd Edition. USA. Human Kinetics |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami tentang perwasitan angkat berat |
- Tugas dan peran wasit dalam persiapan pertandingan
- Tugas dan peran wasit dalam Pertandingan
- Tugas dan Peran Technical Delegate
- Tugas dan Peran dewan Hakim
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: 8. Bompa, Tudor O. 2015. Periodization Training For Sports 3rd Edition. USA. Human Kinetics |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
UAS 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: Bompa. 2015. Total Training for Young Champions. Australia: Human Kinetics |
15% |