Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Lingkungan Bisnis dan Organisasi

6220102161

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=0

P=0

ECTS=0

6

1 Juli 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Aisyaturrahmi, SE., MA., Ak., CA.




Lintang Venusita, SE., Ak., M.Si.,




Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menerapkan dan menganalisis prinsip dasar tentang berbagai teori ilmu Ekonomi; Ilmu Akuntansi, Bisnis; dan Hukum Bisnis

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PO - 2

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan serta sesuai dengan standar kompetensi kerja

PO - 3

Mampu menerapkan dan menganalisis prinsip dasar tentang berbagai teori ilmu Ekonomi; Ilmu Akuntansi, Bisnis; dan Hukum Bisnis

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang Lingkungan bisnis yang mencakup factor-faktor di luar perusahaan yang dapat menimbulkan peluang atau ancaman bagi perusahaan. Meskipun ada banyak factor, yang terpenting dari factor-faktor tersebut adalah social ekonomi, teknologi, pemasok, pesaing, dan pemerintah

Pustaka

Utama :

  1. Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global
  2. Antonia Koumproglou, Konstantinos Biginas, Peter Wyer, Stavros Sindakis, Vlasios Sarantinos. 2022. Small Business Management and Control of the Uncertain External Environment. USA: Emerald Publishing Limited

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami tentang urgensi dan ruang lingkup lingkungan bisnis

Ketepatan dalam menjelaskan urgensi dan ruang lingkup lingkungan bisnis

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan ruang lingkup lingkungan bisnis

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: Urgensi dan ruang lingkup lingkungan bisnis
Pustaka: Antonia Koumproglou, Konstantinos Biginas, Peter Wyer, Stavros Sindakis, Vlasios Sarantinos. 2022. Small Business Management and Control of the Uncertain External Environment. USA: Emerald Publishing Limited

Materi: Urgensi dan ruang lingkup lingkungan bisnis
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global
5%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami tentang urgensi dan ruang lingkup lingkungan bisnis

Ketepatan dalam menjelaskan Pentingnya lingkungan bisnis

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan ruang lingkup lingkungan bisnis

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: Urgensi dan ruang lingkup lingkungan bisnis
Pustaka: Antonia Koumproglou, Konstantinos Biginas, Peter Wyer, Stavros Sindakis, Vlasios Sarantinos. 2022. Small Business Management and Control of the Uncertain External Environment. USA: Emerald Publishing Limited

Materi: Urgensi dan ruang lingkup lingkungan bisnis
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global
5%

3

Minggu ke 3

Ketepatan dalam menjelaskan hubungan Lingkungan Bisnis Terhadap Berbagai Lingkungan Eksternal

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan hubungan lingkungan bisnis terhadap berbagai lingkungan eksternal

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: Hubugan lingkungan bisnis terhadap lingkungan eksternal
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global

Materi: Hubugan lingkungan bisnis terhadap lingkungan eksternal
Pustaka: Antonia Koumproglou, Konstantinos Biginas, Peter Wyer, Stavros Sindakis, Vlasios Sarantinos. 2022. Small Business Management and Control of the Uncertain External Environment. USA: Emerald Publishing Limited
5%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami Peranan Lingkungan Bisnis dalam internal dan eksternal organisasi

Ketepatan dalam menjelaskan peranan lingkungan bisnis dalam internal dan eksternal organisasi

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan peranan lingkungan bisnis dalam internal dan eksternal organisasi

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: Peranan lingkungan bisnis dalam internal dan eksternal organisasi
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global

Materi: Peranan lingkungan bisnis dalam internal dan eksternal organisasi
Pustaka: Antonia Koumproglou, Konstantinos Biginas, Peter Wyer, Stavros Sindakis, Vlasios Sarantinos. 2022. Small Business Management and Control of the Uncertain External Environment. USA: Emerald Publishing Limited
5%

5

Minggu ke 5

Mampu memahami Isu-isu dalam Lingkungan Bisnis di Era Global

Ketepatan dalam menjelaskan isu - isu dalam lingkungan bisnis di era global

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan Isu-isu dalam Lingkungan Bisnis di Era Global

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: Isu-isu dalam lingkungan bisnis di era global
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global
5%

6

Minggu ke 6

Mampu memahami Tantangan dalam lingkungan bisnis

Ketepatan dalam menejalskan tantangan dalam lingkungan bisnis

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan Tantangan dalam lingkungan bisnis

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: Tantangan dalam lingkungan bisnis
Pustaka: Antonia Koumproglou, Konstantinos Biginas, Peter Wyer, Stavros Sindakis, Vlasios Sarantinos. 2022. Small Business Management and Control of the Uncertain External Environment. USA: Emerald Publishing Limited
5%

7

Minggu ke 7

Mampu memahami strategi yang dilakukan dalam Lingkungan Bisnis

Ketepatan dalam menjelaskan strategi yang dilakukan dalam lingkungan bisnis

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan strategi yang dilakukan dalam Lingkungan Bisnis

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: Strategi dalam lingkungan bisnis
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global
5%

8

Minggu ke 8

Mampu memahami strategi yang dilakukan dalam Lingkungan Bisnis

Ketepatan dalam menjelaskan strategi yang dilakukan dalam lingkungan bisnis

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan strategi yang dilakukan dalam Lingkungan Bisnis

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: Strategi dalam lingkungan bisnis
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global

Materi: Pentingnya lingkungan sosial budaya
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global
15%

9

Minggu ke 9

Mampu memahami Lingkungan Sosial Budaya

  1. Ketepatan dalam menganalisa tentang pentingnya lingkungan sosial budaya
  2. Ketepatan dalam menjelaskan Definisi dan ruang lingkup Lingkungan Sosial Budaya
  3. Ketepatan dalam menjelaskan Isu dan tantangan lingkungan sosial budaya
  4. Ketepatan dalam menjelaskan Peranan dan Strategi Lingkungan Budaya
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan Lingkungan Sosial Budaya

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: Pentingnya lingkungan sosial budaya
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global

Materi: Definisi dan ruang lingkup Lingkungan Sosial Budaya
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global

Materi: Isu dan tantangan lingkungan sosial budaya
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global

Materi: Peranan dan Strategi Lingkungan Budaya
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global
5%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami Lingkungan Pendidikan

  1. Ketepatan dalam menganalisa tentang pentingnya lingkungan pendidikan
  2. Ketepatan dalam menjelaskan Definisi dan ruang lingkup Lingkungan Pendidikan
  3. Ketepatan dalam menjelaskan Isu dan tantangan lingkungan Pendidikan
  4. Ketepatan dalam menjelaskan Peranan dan Strategi Lingkungan pendidikan
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan Lingkungan pendidikan

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: Pentingnya lingkungan pendidikan
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global

Materi: Definisi dan ruang lingkup lingkungan pendidikan
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global

Materi: Isu dan tantangan lingkungan pendidikan
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global

Materi: Peranan dan Strategi Lingkungan pendiidkan
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global
5%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami Lingkungan bahasa

  1. Ketepatan dalam menganalisa tentang pentingnya lingkungan bahasa
  2. Ketepatan dalam menjelaskan Definisi dan ruang lingkup Lingkungan Bahasa
  3. Ketepatan dalam menjelaskan Isu dan tantangan lingkungan Bahasa
  4. Ketepatan dalam menjelaskan Peranan dan Strategi Lingkungan bahasa
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan Lingkungan bahasa

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: Pentingnya lingkungan bahasa
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global

Materi: Definisi dan ruang lingkup lingkungan bahasa
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global

Materi: Isu dan tantangan lingkungan bahasa
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global

Materi: Peranan dan Strategi Lingkungan bahasa
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global
5%

12

Minggu ke 12

Mampu memahami Lingkungan teknologi

  1. Ketepatan dalam menganalisa tentang pentingnya lingkungan teknologi
  2. Ketepatan dalam menjelaskan Definisi dan ruang lingkup Lingkungan teknologi
  3. Ketepatan dalam menjelaskan Isu dan tantangan lingkungan teknologi
  4. Ketepatan dalam menjelaskan Peranan dan Strategi Lingkungan teknologi
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan Lingkungan teknologi

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: Pentingnya lingkungan teknologi
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global

Materi: Definisi dan ruang lingkup lingkungan teknologi
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global

Materi: Isu dan tantangan lingkungan teknologi
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global

Materi: Peranan dan Strategi Lingkungan teknologi
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global
5%

13

Minggu ke 13

Mampu memahami Lingkungan hukum

  1. Ketepatan dalam menganalisa tentang pentingnya lingkungan hukum
  2. Ketepatan dalam menjelaskan Definisi dan ruang lingkup Lingkungan hukum
  3. Ketepatan dalam menjelaskan Isu dan tantangan lingkungan hokum
  4. Ketepatan dalam menjelaskan Peranan dan Strategi Lingkungan hokum
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan Lingkungan hukum

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: Pentingnya lingkungan hukum
Pustaka: Antonia Koumproglou, Konstantinos Biginas, Peter Wyer, Stavros Sindakis, Vlasios Sarantinos. 2022. Small Business Management and Control of the Uncertain External Environment. USA: Emerald Publishing Limited

Materi: Definisi dan ruang lingkup lingkungan hukum
Pustaka: Antonia Koumproglou, Konstantinos Biginas, Peter Wyer, Stavros Sindakis, Vlasios Sarantinos. 2022. Small Business Management and Control of the Uncertain External Environment. USA: Emerald Publishing Limited

Materi: Isu dan tantangan lingkungan hukum
Pustaka: Antonia Koumproglou, Konstantinos Biginas, Peter Wyer, Stavros Sindakis, Vlasios Sarantinos. 2022. Small Business Management and Control of the Uncertain External Environment. USA: Emerald Publishing Limited

Materi: Peranan dan Strategi Lingkungan hukum
Pustaka: Antonia Koumproglou, Konstantinos Biginas, Peter Wyer, Stavros Sindakis, Vlasios Sarantinos. 2022. Small Business Management and Control of the Uncertain External Environment. USA: Emerald Publishing Limited
5%

14

Minggu ke 14

Mampu memahami Lingkungan ekologi

  1. Ketepatan dalam menganalisa tentang pentingnya lingkungan ekologi
  2. Ketepatan dalam menjelaskan Definisi dan ruang lingkup Lingkungan ekologi
  3. Ketepatan dalam menjelaskan Isu dan tantangan lingkungan ekologi
  4. Ketepatan dalam menjelaskan Peranan dan Strategi Lingkungan ekologi
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan Lingkungan ekologi

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: Pentingnya lingkungan ekologi
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global

Materi: Definisi dan ruang lingkup lingkungan ekologi
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global

Materi: Isu dan tantangan lingkungan ekologi
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global

Materi: Peranan dan Strategi Lingkungan ekologi
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global
5%

15

Minggu ke 15

Mampu memahami studi kasus antara lingkungan bisnis dengan semua unsur secara holistik

  1. Ketepatan dalam menganalisa Studi kasus antara lingkungan bisnis dengan lingkungan sosial budaya
  2. Ketepatan dalam menganalisa Studi kasus antara lingkungan bisnis dengan lingkungan pendidikan
  3. Ketepatan dalam menganalisa Studi kasus antara lingkungan bisnis dengan lingkungan bahasa
  4. Ketepatan dalam menganalisa Studi kasus antara lingkungan bisnis dengan lingkungan teknologi
  5. Ketepatan dalam menganalisa Studi kasus antara lingkungan bisnis dengan lingkungan hukum
  6. Ketepatan dalam menganalisa Studi kasus antara lingkungan bisnis dengan lingkungan ekologi
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan studi kasus antara lingkungan bisnis dengan semua unsur secara holistik

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: Studi kasus antara lingkungan bisnis dengan lingkungan sosial budaya, pendidikan, bahasa, teknologi, bisnis, dan ekologi
Pustaka: Ahmed Sedky. 2024. Building Business Knowledge for Complex Modern Business Environments. USA: IGI Global

Materi: Studi kasus antara lingkungan bisnis dengan lingkungan sosial budaya, pendidikan, bahasa, teknologi, bisnis, dan ekologi
Pustaka: Antonia Koumproglou, Konstantinos Biginas, Peter Wyer, Stavros Sindakis, Vlasios Sarantinos. 2022. Small Business Management and Control of the Uncertain External Environment. USA: Emerald Publishing Limited
5%

16

Minggu ke 16

Mampu memahami studi kasus antara lingkungan bisnis dengan semua unsur secara holistik

  1. Ketepatan dalam menganalisa Studi kasus antara lingkungan bisnis dengan lingkungan sosial budaya
  2. Ketepatan dalam menganalisa Studi kasus antara lingkungan bisnis dengan lingkungan pendidikan
  3. Ketepatan dalam menganalisa Studi kasus antara lingkungan bisnis dengan lingkungan bahasa
  4. Ketepatan dalam menganalisa Studi kasus antara lingkungan bisnis dengan lingkungan teknologi
  5. Ketepatan dalam menganalisa Studi kasus antara lingkungan bisnis dengan lingkungan hukum
  6. Ketepatan dalam menganalisa Studi kasus antara lingkungan bisnis dengan lingkungan ekologi
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan studi kasus antara lingkungan bisnis dengan semua unsur secara holistik
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Praktik / Unjuk Kerja 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.