
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metodologi Penelitian Pendidikan |
8610703028 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
22 Juli 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Dr Fajar Arianto, M.Pd
|
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-6 |
Mampu mengomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik terkait konsep dan teori PAUD secara bertanggung jawab yang didasarkan pada etika akademik, melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; (Keterampilan Umum) |
PLO-7 |
Mendesain program PAUD yang adaptif terhadap tantangan serta mengembangkan model-model pembelajaran anak usia dini dengan berbagai sumber belajar multi moda yang menyesuaikan dengan berbagai situasi dan tantangan dalam implementasi kebijakan PAUD melalui pendekatan inter- dan multidisipliner. (Keterampilan Khusus) |
PLO-8 |
Melakukan penelitian dengan berbagai pendekatan inovatif serta mengkaji berbagai teori dan konsep PAUD sesuai perkembangan terbaru dalam penelitian anak usia dini yang diimplementasikan dalam masyarakat dalam pendidikan anak usia dini di tingkat lokal, nasional, dan internasional (Keterampilan Khusus) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami penelitian anak usia dini
|
PO - 2 |
Menentukan ide dasar penelitian anak usia dini
|
PO - 3 |
Menentukan penelitian pengembangan anak usia dini
|
PO - 4 |
Menentukan Penelitian kuantitatif dalam Pendidikan Anak Usia Dini
|
PO - 5 |
Menentukan penelitian kualitatif dalam Pendidikan Anak Usia Dini
|
PO - 6 |
Menentukan instrumen penelitian yang sesuai dengan jenis penelitian
|
PO - 7 |
Menentukan keterkaitan antara permaslahan, jenis penelitian, desain penelitian, dan teknik analisis data
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | ✔ | | PO-4 | | | ✔ | | PO-5 | | | | ✔ | PO-6 | | | ✔ | | PO-7 | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-4 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji metode penelitian dan pengembangan serta model-model pengembangan tentang karakteristik isi mata kuliah dan atau mata pelajaran atau pelatihan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), taksonomi tujuan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan/pembelajaran/pelatihan. Kajian dapat diarahkan pada karakteristik peserta didik atau peserta pelatihan ditinjau dari sisi psikologi, sosiologi, politik, budaya dan lain-lain sebagai dalam mengembangkan teori dan atau model pembelajaran. Perkuliahan dilaksanakan dengan project based learning |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York
- Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon
- John W. Creswell. 2013. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc
- Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York
- Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Fajar Arianto, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Memahami bidang penelitian anak usia dini
- Mengidentifiasi jenis penelitian pengembangan, pemanfaatan, dan evaluasi
|
ketapatan dalam menentukan penelitian di bidang anak usia dini |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Mengkaji permaslahan pembelajaran anak usia dini untuk menemukan permasalahan penelitian
|
Materi: jenis penelitian Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Memahami bidang garapan pendidikan anak usia dini
- Mengidentifiasi jenis penelitian pengembangan, pemanfaatan, dan evaluasi
|
ketapatan dalam menentukan penelitian di bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Mengkaji kawasan teknologi pendidikan dan bidang garapan untuk menemukan permasalahan penelitian
|
Materi: jenis penelitian Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Mengidentifikasi tema penelitian anak usia dini
- Mengidentifikasi jenis penelitian pada anak usia dini
|
Ketepatan dalam nentukan tema penelitian di bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
|
Menemukan tema penelitian dan jenis penelitian bidang Teknologi Pendidikan melalui mengkaji artikel. 100 |
Materi: jenis penelitian Pustaka: John W. Creswell. 2013. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mengidentifikasi model-model pengembangan
- Merancang penelitian pengembangan
|
ketepatan dalam menetukan model pengembangan pada bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengkaji model-model pengembangan untuk mengidentifikasi tahapan pengembangan
Membuat dasar penelitian pengembangan melalui mengkaji permasalahan yang ada 100 |
|
Materi: metode penelitian dan pengembangan Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: model pengembangan Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Mengidentifikasi model-model pengembangan
- Merancang penelitian pengembangan
|
ketepatan dalam menetukan model pengembangan pada bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengkaji model-model pengembangan untuk mengidentifikasi tahapan pengembangan
Membuat dasar penelitian pengembangan melalui mengkaji permasalahan yang ada 100 |
|
Materi: metode penelitian dan pengembangan Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: model pengembangan Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Menentukan permasalahan dalam penelitian
- Menentukan Jenis penelitian kuantitatif sesuai dengan permasalahan
- Merancang penelitian kuantitatif sesuai dengan pendekatan saintifik
|
Ketaoatan rancangan penelitian kuantitatif sesuai dengan metode penelitian dan bidang garapan teknologi pendidikan |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengkaji jenis dan desain penelitian untuk merancang penelitian kuantitatif berdasarkan pada permasalahan 100 |
|
Materi: metode penelitian kuantitatif Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York Materi: bidang garapan teknologi pendidikan Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Menentukan permasalahan dalam penelitian
- Menentukan Jenis penelitian kuantitatif sesuai dengan permasalahan
- Merancang penelitian kuantitatif sesuai dengan pendekatan saintifik
|
Ketaoatan rancangan penelitian kuantitatif sesuai dengan metode penelitian dan bidang garapan teknologi pendidikan |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengkaji jenis dan desain penelitian untuk merancang penelitian kuantitatif berdasarkan pada permasalahan 100 |
|
Materi: metode penelitian kuantitatif Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York Materi: bidang garapan teknologi pendidikan Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester dengan baik |
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester dengan baik |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester dengan baik Bentuk Penilaian : Tes |
uts
|
|
Materi: Desain evaluasi di pendidikan Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York |
15% |
9
Minggu ke 9 |
- Menentukan permasalahan dalam penelitian kuantitatif
- menentukan Jenis penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan
- Merancang penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan
|
ketepatan dalam merancang penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji jenis dan desain penelitian untuk merancang penelitian kualitatif berdasarkan pada permasalahan
|
Materi: penelitian kualitatif Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: bidang garapan teknologi pendidikan Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Menentukan permasalahan dalam penelitian kuantitatif
- menentukan Jenis penelitian kualitatif anak usia dini
- Merancang penelitian kualitatif anak usia dini
|
ketepatan dalam merancang penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji jenis dan desain penelitian untuk merancang penelitian kualitatif berdasarkan pada permasalahan
|
Materi: penelitian kualitatif Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: bidang garapan teknologi pendidikan Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Menentukan Jenis instrumen penelitian
- Menyusun instrumen penelitian sesuai dengan jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian
- Menganalisis hasil validasi intrumen
|
- ketepatan dalam menyusun intrumen penelitian
- ketepatan dalam validasi instrumen penelitian
|
Kriteria:
- Ketepatan dalam menyusun instrumen penelitian dinilai dari kesesuaian butir instrumen dengan indikator dan variabel yang diteliti serta kejelasan rumusan item yang tidak menimbulkan multitafsir.
- Ketepatan dalam validasi instrumen dilihat dari penggunaan teknik validasi yang tepat dan analisis hasil validasi yang sistematis serta berdasarkan masukan ahli.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji jenis instrumen penelitian untuk menghasilkan instumen yang valid
|
Materi: instrumen dan validasi Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Menentukan Jenis instrumen penelitian
- Menyusun instrumen penelitian sesuai dengan jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian
- Menganalisis hasil validasi intrumen
|
- ketepatan dalam menyusun intrumen penelitian
- ketepatan dalam validasi instrumen penelitian
|
Kriteria:
- Ketepatan dalam menyusun instrumen penelitian diukur dari kesesuaian antara butir instrumen dengan tujuan, indikator, dan variabel penelitian secara sistematis dan terukur.
- Ketepatan dalam validasi instrumen penelitian dilihat dari pemilihan metode validasi yang sesuai serta penerapan dan analisis hasil validasi yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji jenis instrumen penelitian untuk menghasilkan instumen yang valid
|
Materi: instrumen dan validasi Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Menyusun draft penelitian yang sesuai dengan jenis peneltian
- Menentukan desain penelitian berdarakan rumusan yang dibuat
- Menentuka instrumen dan validasinya
- Menentukan teknik analisis data
|
Ketapatan dalam menyusun rancangan penelitian bidang teknologi pendidian yang sesuai dengan metode penelitian |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyusun rancangan penelitian yang sesuai dengan metode penelitian dinilai dari kesesuaian antara komponen rancangan (tujuan, desain, instrumen, teknik analisis) dengan pendekatan metode penelitian yang dipilih secara logis dan sistematis. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji metode penelitian untuk menghasilkan draft penelitian
|
Materi: metode penelitian Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: pengembangan Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Menyusun draft penelitian yang sesuai dengan jenis peneltian
- Menentukan desain penelitian berdarakan rumusan yang dibuat
- Menentuka instrumen dan validasinya
- Menentukan teknik analisis data
|
Ketapatan dalam menyusun rancangan penelitian bidang teknologi pendidian yang sesuai dengan metode penelitian |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyusun rancangan penelitian yang sesuai dengan metode penelitian dinilai dari kesesuaian antara komponen rancangan (tujuan, desain, instrumen, teknik analisis) dengan pendekatan metode penelitian yang dipilih secara logis dan sistematis. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji metode penelitian untuk menghasilkan draft penelitian
|
Materi: metode penelitian Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: pengembangan Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Menyusun draft penelitian yang sesuai dengan jenis peneltian
- Menentukan desain penelitian berdarakan rumusan yang dibuat
- Menentuka instrumen dan validasinya
- Menentukan teknik analisis data
|
Ketapatan dalam menyusun rancangan penelitian bidang teknologi pendidian yang sesuai dengan metode penelitian |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyusun rancangan penelitian bidang teknologi pendidikan yang sesuai dengan metode penelitian dinilai dari kesesuaian antara fokus masalah, pendekatan penelitian, pemilihan media atau teknologi, serta rancangan pengumpulan dan analisis data yang relevan dengan konteks dan tujuan studi. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji metode penelitian untuk menghasilkan draft penelitian
|
Materi: metode penelitian Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: pengembangan Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik |
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
UAS
|
|
Materi: Penelitian di bidang pendidikan Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York |
15% |