Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metodologi Penelitian Pendidikan

8610703028

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

22 Juli 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Dr Fajar Arianto, M.Pd




Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-6

Mampu mengomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik terkait konsep dan teori PAUD secara bertanggung jawab yang didasarkan pada etika akademik, melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; (Keterampilan Umum)

PLO-7

Mendesain program PAUD yang adaptif terhadap tantangan serta mengembangkan model-model pembelajaran anak usia dini dengan berbagai sumber belajar multi moda yang menyesuaikan dengan berbagai situasi dan tantangan dalam implementasi kebijakan PAUD melalui pendekatan inter- dan multidisipliner. (Keterampilan Khusus)

PLO-8

Melakukan penelitian dengan berbagai pendekatan inovatif serta mengkaji berbagai teori dan konsep PAUD sesuai perkembangan terbaru dalam penelitian anak usia dini yang diimplementasikan dalam masyarakat dalam pendidikan anak usia dini di tingkat lokal, nasional, dan internasional (Keterampilan Khusus)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami penelitian anak usia dini

PO - 2

Menentukan ide dasar penelitian anak usia dini

PO - 3

Menentukan penelitian pengembangan anak usia dini

PO - 4

Menentukan Penelitian kuantitatif dalam Pendidikan Anak Usia Dini

PO - 5

Menentukan penelitian kualitatif dalam Pendidikan Anak Usia Dini

PO - 6

Menentukan instrumen penelitian yang sesuai dengan jenis penelitian

PO - 7

Menentukan keterkaitan antara permaslahan, jenis penelitian, desain penelitian, dan teknik analisis data

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1   
PO-2  
PO-3  
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengkaji metode penelitian dan pengembangan serta model-model pengembangan tentang karakteristik isi mata kuliah dan atau mata pelajaran atau pelatihan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), taksonomi tujuan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan/pembelajaran/pelatihan. Kajian dapat diarahkan pada karakteristik peserta didik atau peserta pelatihan ditinjau dari sisi psikologi, sosiologi, politik, budaya dan lain-lain sebagai dalam mengembangkan teori dan atau model pembelajaran. Perkuliahan dilaksanakan dengan project based learning

Pustaka

Utama :

  1. Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York
  2. Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon
  3. John W. Creswell. 2013. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc
  4. Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York
  5. Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Fajar Arianto, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Memahami bidang penelitian anak usia dini
  2. Mengidentifiasi jenis penelitian pengembangan, pemanfaatan, dan evaluasi

ketapatan dalam menentukan penelitian di bidang anak usia dini

Kriteria:

rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Mengkaji permaslahan pembelajaran anak usia dini untuk menemukan permasalahan penelitian
Materi: jenis penelitian
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon
5%

2

Minggu ke 2

  1. Memahami bidang garapan pendidikan anak usia dini
  2. Mengidentifiasi jenis penelitian pengembangan, pemanfaatan, dan evaluasi

ketapatan dalam menentukan penelitian di bidang teknologi pendidikan

Kriteria:

rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Mengkaji kawasan teknologi pendidikan dan bidang garapan untuk menemukan permasalahan penelitian
Materi: jenis penelitian
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon
5%

3

Minggu ke 3

  1. Mengidentifikasi tema penelitian anak usia dini
  2. Mengidentifikasi jenis penelitian pada anak usia dini

Ketepatan dalam nentukan tema penelitian di bidang teknologi pendidikan

Kriteria:

rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja

Menemukan tema penelitian dan jenis penelitian bidang Teknologi Pendidikan melalui mengkaji artikel.
100
Materi: jenis penelitian
Pustaka: John W. Creswell. 2013. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc
5%

4

Minggu ke 4

  1. Mengidentifikasi model-model pengembangan
  2. Merancang penelitian pengembangan

ketepatan dalam menetukan model pengembangan pada bidang teknologi pendidikan

Kriteria:

rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mengkaji model-model pengembangan untuk mengidentifikasi tahapan pengembangan
Membuat dasar penelitian pengembangan melalui mengkaji permasalahan yang ada
100

Materi: metode penelitian dan pengembangan
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon

Materi: model pengembangan
Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York
5%

5

Minggu ke 5

  1. Mengidentifikasi model-model pengembangan
  2. Merancang penelitian pengembangan

ketepatan dalam menetukan model pengembangan pada bidang teknologi pendidikan

Kriteria:

rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mengkaji model-model pengembangan untuk mengidentifikasi tahapan pengembangan
Membuat dasar penelitian pengembangan melalui mengkaji permasalahan yang ada
100

Materi: metode penelitian dan pengembangan
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon

Materi: model pengembangan
Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York
5%

6

Minggu ke 6

  1. Menentukan permasalahan dalam penelitian
  2. Menentukan Jenis penelitian kuantitatif sesuai dengan permasalahan
  3. Merancang penelitian kuantitatif sesuai dengan pendekatan saintifik

Ketaoatan rancangan penelitian kuantitatif sesuai dengan metode penelitian dan bidang garapan teknologi pendidikan

Kriteria:

rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mengkaji jenis dan desain penelitian untuk merancang penelitian kuantitatif berdasarkan pada permasalahan
100

Materi: metode penelitian kuantitatif
Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York

Materi: bidang garapan teknologi pendidikan
Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York
5%

7

Minggu ke 7

  1. Menentukan permasalahan dalam penelitian
  2. Menentukan Jenis penelitian kuantitatif sesuai dengan permasalahan
  3. Merancang penelitian kuantitatif sesuai dengan pendekatan saintifik

Ketaoatan rancangan penelitian kuantitatif sesuai dengan metode penelitian dan bidang garapan teknologi pendidikan

Kriteria:

rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mengkaji jenis dan desain penelitian untuk merancang penelitian kuantitatif berdasarkan pada permasalahan
100

Materi: metode penelitian kuantitatif
Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York

Materi: bidang garapan teknologi pendidikan
Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester dengan baik

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester dengan baik

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester dengan baik


Bentuk Penilaian :
Tes
uts

Materi: Desain evaluasi di pendidikan
Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York
15%

9

Minggu ke 9

  1. Menentukan permasalahan dalam penelitian kuantitatif
  2. menentukan Jenis penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan
  3. Merancang penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan

ketepatan dalam merancang penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Mengkaji jenis dan desain penelitian untuk merancang penelitian kualitatif berdasarkan pada permasalahan
Materi: penelitian kualitatif
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon

Materi: bidang garapan teknologi pendidikan
Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York
5%

10

Minggu ke 10

  1. Menentukan permasalahan dalam penelitian kuantitatif
  2. menentukan Jenis penelitian kualitatif anak usia dini
  3. Merancang penelitian kualitatif anak usia dini

ketepatan dalam merancang penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Mengkaji jenis dan desain penelitian untuk merancang penelitian kualitatif berdasarkan pada permasalahan
Materi: penelitian kualitatif
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon

Materi: bidang garapan teknologi pendidikan
Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York
5%

11

Minggu ke 11

  1. Menentukan Jenis instrumen penelitian
  2. Menyusun instrumen penelitian sesuai dengan jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian
  3. Menganalisis hasil validasi intrumen
  1. ketepatan dalam menyusun intrumen penelitian
  2. ketepatan dalam validasi instrumen penelitian
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menyusun instrumen penelitian dinilai dari kesesuaian butir instrumen dengan indikator dan variabel yang diteliti serta kejelasan rumusan item yang tidak menimbulkan multitafsir.
  2. Ketepatan dalam validasi instrumen dilihat dari penggunaan teknik validasi yang tepat dan analisis hasil validasi yang sistematis serta berdasarkan masukan ahli.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Mengkaji jenis instrumen penelitian untuk menghasilkan instumen yang valid
Materi: instrumen dan validasi
Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York
5%

12

Minggu ke 12

  1. Menentukan Jenis instrumen penelitian
  2. Menyusun instrumen penelitian sesuai dengan jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian
  3. Menganalisis hasil validasi intrumen
  1. ketepatan dalam menyusun intrumen penelitian
  2. ketepatan dalam validasi instrumen penelitian
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menyusun instrumen penelitian diukur dari kesesuaian antara butir instrumen dengan tujuan, indikator, dan variabel penelitian secara sistematis dan terukur.
  2. Ketepatan dalam validasi instrumen penelitian dilihat dari pemilihan metode validasi yang sesuai serta penerapan dan analisis hasil validasi yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Mengkaji jenis instrumen penelitian untuk menghasilkan instumen yang valid
Materi: instrumen dan validasi
Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York
5%

13

Minggu ke 13

  1. Menyusun draft penelitian yang sesuai dengan jenis peneltian
  2. Menentukan desain penelitian berdarakan rumusan yang dibuat
  3. Menentuka instrumen dan validasinya
  4. Menentukan teknik analisis data

Ketapatan dalam menyusun rancangan penelitian bidang teknologi pendidian yang sesuai dengan metode penelitian

Kriteria:

Ketepatan dalam menyusun rancangan penelitian yang sesuai dengan metode penelitian dinilai dari kesesuaian antara komponen rancangan (tujuan, desain, instrumen, teknik analisis) dengan pendekatan metode penelitian yang dipilih secara logis dan sistematis.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Mengkaji metode penelitian untuk menghasilkan draft penelitian
Materi: metode penelitian
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon

Materi: pengembangan
Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York
5%

14

Minggu ke 14

  1. Menyusun draft penelitian yang sesuai dengan jenis peneltian
  2. Menentukan desain penelitian berdarakan rumusan yang dibuat
  3. Menentuka instrumen dan validasinya
  4. Menentukan teknik analisis data

Ketapatan dalam menyusun rancangan penelitian bidang teknologi pendidian yang sesuai dengan metode penelitian

Kriteria:

Ketepatan dalam menyusun rancangan penelitian yang sesuai dengan metode penelitian dinilai dari kesesuaian antara komponen rancangan (tujuan, desain, instrumen, teknik analisis) dengan pendekatan metode penelitian yang dipilih secara logis dan sistematis.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Mengkaji metode penelitian untuk menghasilkan draft penelitian
Materi: metode penelitian
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon

Materi: pengembangan
Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York
5%

15

Minggu ke 15

  1. Menyusun draft penelitian yang sesuai dengan jenis peneltian
  2. Menentukan desain penelitian berdarakan rumusan yang dibuat
  3. Menentuka instrumen dan validasinya
  4. Menentukan teknik analisis data

Ketapatan dalam menyusun rancangan penelitian bidang teknologi pendidian yang sesuai dengan metode penelitian

Kriteria:

Ketepatan dalam menyusun rancangan penelitian bidang teknologi pendidikan yang sesuai dengan metode penelitian dinilai dari kesesuaian antara fokus masalah, pendekatan penelitian, pemilihan media atau teknologi, serta rancangan pengumpulan dan analisis data yang relevan dengan konteks dan tujuan studi.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Mengkaji metode penelitian untuk menghasilkan draft penelitian
Materi: metode penelitian
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon

Materi: pengembangan
Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
UAS

Materi: Penelitian di bidang pendidikan
Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 17.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 55%
3. Praktik / Unjuk Kerja 5%
4. Tes 22.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.