Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Tinju

8520102198

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

8

12 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-9

KK2. Mampu menyelesaikan masalah pendidikan olahraga dan mengambil keputusan berdasarkan ilmu pengetahuan.

PLO-10

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara procedural

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah, filosofi, peraturan pertandingan, dan prinsip dasar teknik tinju secara tepat sesuai dengan standar nasional dan internasional.

PO - 2

Mahasiswa mampu memperagakan teknik dasar tinju (stance, footwork, jab, cross, hook, uppercut, dan guard) serta mengaplikasikan kombinasi teknik secara tepat dan aman dalam latihan.

PO - 3

Mahasiswa mampu menganalisis teknik, taktik, serta strategi dalam pertandingan tinju berdasarkan pengamatan video dan praktik simulasi.

PO - 4

Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan program latihan dasar tinju yang edukatif dan aplikatif untuk pembelajaran PJOK dan/atau kegiatan ekstrakurikuler.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-9PLO-10
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Penelaahan teoritik dan penerapan praktik tentang sejarah tinju, peraturan permainan dan fundamental tinju meliputi konsep teknik dasar pukulan dan sikap, meliputi posisi tubuh, pergerakan tubuh dengan maju mundur samping kiri kanan dan putar, koordinasi tubuh, dan konsentrasi. pembelajaran dilakukan dengan strategi kolaboratif dengan aktivitas bekerjasama (kooperatif), aktivitas koordinasi dan organisasi pengalaman belajar. Kegiatan perkuliahan diakhiri dengan latihan mempraktikkan tehnik dasar tinju dan evaluasi keterampilan bertinju.

Pustaka

Utama :

  1. Saleh Basarah. 1989. Olahraga Tinju di Indonesia Peranan, Tenik, Sejarah dan Perkembangannya
  2. Jan Oudshorn. 1988. Tinju Latihan-Teknik-Taktik. PT. Rosda Jayaputra Offset. Jakarta
  3. Drs. Mayun Narendra,IGAR. 2000. Seni Olahraga Tinju. Jakarta
  4. Rashid. 2002. Buku Panduan untuk Olahraga Tinju dengan Metode Ilmiah. Jakarta

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Wijono, M.Pd.

Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

2

Minggu ke 2


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

3

Minggu ke 3


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

4

Minggu ke 4


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

5

Minggu ke 5

Praktik Teknik Dasar Tinju

Kriteria:

Praktik Teknik Dasar Tinju


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


5%

6

Minggu ke 6

Praktik Teknik Dasar Tinju

Kriteria:

Praktik Teknik Dasar Tinju


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

7

Minggu ke 7

Praktik Teknik Dasar Tinju

Kriteria:

Praktik Teknik Dasar Tinju


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


10%

9

Minggu ke 9


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


5%

10

Minggu ke 10


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


5%

11

Minggu ke 11


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


5%

12

Minggu ke 12


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


5%

13

Minggu ke 13


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


5%

14

Minggu ke 14


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


5%

15

Minggu ke 15


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


5%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 45%
3. Praktik / Unjuk Kerja 25%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.