Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

DISERTASI

8500109007

T=9

P=0

ECTS=22.68

5

24 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




TIM MBKM




TIM MBKM




HERYANTO NUR MUHAMMAD

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional.

PLO-7

Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang Pendidikan Jasmani yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu merumuskan masalah penelitian yang relevan dan orisinal dalam bidang pendidikan jasmani berdasarkan kajian literatur yang komprehensif.

PO - 2

Mampu merancang metodologi penelitian yang tepat dan valid untuk menjawab permasalahan penelitian disertasi di bidang pendidikan jasmani.

PO - 3

Mampu melaksanakan pengumpulan data penelitian disertasi secara sistematis sesuai dengan metodologi yang telah dirancang.

PO - 4

Mampu melaksanakan pengumpulan data penelitian disertasi secara sistematis sesuai dengan metodologi yang telah dirancang.

PO - 5

Mampu mengolah dan menganalisis data penelitian disertasi secara mendalam menggunakan teknik analisis yang sesuai.

PO - 6

Mampu mempresentasikan dan mempertahankan hasil penelitian disertasi secara ilmiah di hadapan panel penguji.

PO - 7

Mampu mempublikasikan hasil penelitian disertasi dalam bentuk artikel ilmiah pada jurnal bereputasi nasional atau internasional.

PO - 8

UTS

PO - 9

Mampu menunjukkan sikap profesionalisme, etika akademik, dan integritas dalam seluruh proses penelitian disertasi.

PO - 10

Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung proses penelitian dan penyusunan disertasi secara efektif.

PO - 11

Mampu melakukan evaluasi kritis terhadap hasil penelitian sendiri dan penelitian terkait dalam bidang pendidikan jasmani.

PO - 12

Mampu mengembangkan kontribusi orisinal terhadap teori dan praktik pendidikan jasmani berdasarkan hasil penelitian disertasi.

PO - 13

Mampu menjalin kolaborasi akademik dengan peneliti, praktisi, dan institusi lain dalam pengembangan ilmu pendidikan jasmani melalui diseminasi hasil disertasi.

PO - 14

UAS

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-7
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8 
PO-9 
PO-10 
PO-11 
PO-12 
PO-13 
PO-14 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

merupakan tahap akhir dalam program doktoral yang menuntut mahasiswa melakukan penelitian mandiri secara mendalam di bidang pendidikan jasmani. Fokus utamanya adalah merancang, melaksanakan, menganalisis, dan menyusun laporan hasil penelitian yang original dan berkualitas tinggi yang dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan ilmu pendidikan jasmani. Mahasiswa dibimbing untuk menghasilkan disertasi yang memenuhi standar akademik internasional, dengan penerapan metodologi penelitian yang tepat dan analisis data yang komprehensif. Proses ini juga mengasah kemampuan kritis, kreatif, dan akademik mahasiswa sebagai calon ahli dan peneliti di bidang pendidikan jasmani.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th Edition). Sage Publications.
  2. Locke, L. F., Spirduso, W. W., & Silverman, S. J. (2013). Proposals That Work: A Guide for Planning Dissertations and Grant Proposals (6th Edition). Sage Publications.
  3. Ridley, D. (2012). The Literature Review: A Step-by-Step Guide for Students. Sage Publications.
  4. Murray, R. (2011). How to Write a Thesis (3rd Edition). Open University Press.

Pendukung :

  1. Journal of Teaching in Physical Education
  2. Research Quarterly for Exercise and Sport
  3. Educational Research Review

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.