
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Seminar Instrumen |
8310101032 |
|
T=1 |
P=0 |
ECTS=2.24 |
3 |
19 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-13 |
Mampu melakukan analisis pada penelitian dan pengembangan program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan konsep-konsep dasar dalam pengembangan instrumen pendidikan untuk memecahkan masalah nyata di bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis studi kasus dalam pengembangan instrumen pendidikan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas berbagai metode dan teknologi dalam pengembangan instrumen pendidikan berdasarkan kriteria ilmiah dan praktis (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan prototipe instrumen pendidikan yang inovatif sebagai solusi atas permasalahan yang diidentifikasi dalam bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan teori dan prinsip pengembangan instrumen pendidikan dalam konteks nyata untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan teknologi pendidikan untuk mengidentifikasi tren dan celah penelitian (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi keterampilan kepemimpinan dalam mengelola tim yang terlibat dalam pengembangan instrumen pendidikan (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan metodologi penelitian yang sesuai untuk menguji efektivitas instrumen pendidikan yang dikembangkan (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan pendekatan interdisipliner dalam pengembangan instrumen pendidikan untuk mengatasi kompleksitas masalah pendidikan (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis dan mengevaluasi pengaruh teknologi terbaru terhadap pengembangan instrumen pendidikan (C4, C5)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-13 | PO-1 | ✔ | ✔ | PO-2 | | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | | PO-5 | | ✔ | PO-6 | | ✔ | PO-7 | ✔ | | PO-8 | ✔ | ✔ | PO-9 | ✔ | | PO-10 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Seminar Instrumen pada jenjang S2 program studi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi instrumen penelitian yang relevan dengan bidang pendidikan teknologi dan kejuruan. Ruang lingkup mata kuliah ini mencakup pemahaman tentang teori pengukuran, metode pengembangan instrumen, teknik analisis data, serta penerapan instrumen dalam konteks penelitian di bidang pendidikan teknologi dan kejuruan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2021). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
- DeVellis, R. F. (2021). Scale Development: Theory and Applications (5th ed.). SAGE Publications.
- Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2020). How to Design and Evaluate Research in Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.
- Popham, W. J. (2021). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know (9th ed.). Pearson.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd. Prof. Dr. I Gusti Putu Asto Buditjahjanto, S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep dasar dalam pengembangan instrumen pendidikan untuk memecahkan masalah nyata di bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. |
- pengembangan instrumen pendidikan
- penerapan konsep dasar
- penyelesaian masalah nyata
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Penugasan proyek online
|
Materi: Konsep dasar dalam pengembangan instrumen pendidikan, Penerapan instrumen pendidikan dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Studi kasus dalam penyelesaian masalah nyata Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep dasar dalam pengembangan instrumen pendidikan untuk memecahkan masalah nyata di bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. |
- Kemampuan menerapkan konsep dasar dalam pengembangan instrumen pendidikan
- Kemampuan memecahkan masalah nyata dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
Diskusi Online, Pengembangan Instrumen Pendidikan
|
Materi: Teori Pengembangan Instrumen Pendidikan, Praktik Pengembangan Instrumen Pendidikan, Studi Kasus dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep dasar dalam pengembangan instrumen pendidikan untuk memecahkan masalah nyata di bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. |
- Pemahaman konsep dasar pengembangan instrumen pendidikan
- Kemampuan memecahkan masalah nyata dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan konsep pengembangan instrumen pendidikan dalam kasus nyata di Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
|
Materi: Konsep dasar pengembangan instrumen pendidikan, Penerapan instrumen pendidikan dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis secara kritis studi kasus dalam pengembangan instrumen pendidikan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran. |
- analisis studi kasus
- identifikasi faktor-faktor efektivitas pembelajaran
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi online tentang studi kasus instrumen pendidikan, Menganalisis kasus efektivitas pembelajaran secara online
|
Materi: Studi kasus dalam pengembangan instrumen pendidikan, Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi secara kritis berbagai metode dan teknologi dalam pengembangan instrumen pendidikan serta mampu mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan berdasarkan kriteria ilmiah dan praktis. |
- Kemampuan menganalisis keefektifan metode
- Kemampuan mengevaluasi teknologi pendukung instrumen pendidikan
- Kemampuan menyusun rekomendasi berdasarkan evaluasi
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
|
Diskusi daring tentang evaluasi metode, Penyusunan portofolio evaluasi teknologi
|
Materi: Pengertian evaluasi instrumen pendidikan, Metode evaluasi instrumen, Teknologi pendukung evaluasi instrumen Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi secara kritis berbagai metode dan teknologi dalam pengembangan instrumen pendidikan, serta mampu menyusun kriteria ilmiah dan praktis yang relevan. |
- efektivitas metode
- efektivitas teknologi
- kriteria ilmiah
- kriteria praktis
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
|
Diskusi daring tentang studi kasus penggunaan teknologi dalam instrumen pendidikan
|
Materi: Pengertian Evaluasi, Metode Evaluasi Instrumen Pendidikan, Teknologi dalam Pengembangan Instrumen Pendidikan, Kriteria Ilmiah dan Praktis Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan prototipe instrumen pendidikan yang inovatif untuk menyelesaikan permasalahan dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. |
- Kemampuan menciptakan prototipe instrumen pendidikan inovatif
- Kemampuan mengidentifikasi permasalahan dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
- Kemampuan menjelaskan solusi yang ditawarkan
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Diskusi daring tentang ide prototipe instrumen pendidikan inovatif, Pengembangan prototipe instrumen pendidikan dalam format digital
|
Materi: Konsep prototipe instrumen pendidikan, Identifikasi permasalahan dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Strategi inovatif dalam pendidikan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan metodologi penelitian yang sesuai untuk menguji efektivitas instrumen pendidikan yang dikembangkan. |
- Rancangan metodologi penelitian valid
- Rancangan metodologi penelitian reliabel
- Kemampuan menjelaskan alasan pemilihan metode penelitian
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang rancangan metodologi penelitian yang dibuat
|
Materi: Pengujian efektivitas instrumen pendidikan, Rancangan metodologi penelitian, Validitas dan reliabilitas Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori dan prinsip pengembangan instrumen pendidikan dalam konteks nyata untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. |
- Penerapan teori dalam situasi nyata
- Kemampuan mengidentifikasi prinsip pengembangan instrumen pendidikan
- Kemampuan menerapkan prinsip tersebut dalam konteks pembelajaran
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan teori dalam kasus nyata, Penugasan membuat portofolio pengembangan instrumen pendidikan
|
Materi: Teori pengembangan instrumen pendidikan, Prinsip-prinsip pengembangan instrumen pendidikan, Studi kasus pengembangan instrumen pendidikan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil penelitian terkini dalam teknologi pendidikan untuk mengidentifikasi tren dan celah penelitian yang dapat menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut. |
- Analisis hasil penelitian terkini
- Identifikasi tren penelitian
- Identifikasi celah penelitian
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang hasil penelitian terkini dalam teknologi pendidikan
|
Materi: Tren penelitian dalam teknologi pendidikan, Metode analisis hasil penelitian, Cara mengidentifikasi celah penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi keterampilan kepemimpinan dalam mengelola tim dengan baik dan efektif dalam konteks pengembangan instrumen pendidikan. |
- Kemampuan menganalisis keterampilan kepemimpinan tim
- Kemampuan mengevaluasi efektivitas pengelolaan tim dalam pengembangan instrumen pendidikan
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, studi kasus, role play.
|
Diskusi daring tentang studi kasus kepemimpinan tim
|
Materi: Teori kepemimpinan, Manajemen tim, Pengembangan instrumen pendidikan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi keterampilan kepemimpinan dalam mengelola tim dengan baik dan efektif dalam konteks pengembangan instrumen pendidikan. |
- Kemampuan menganalisis keterampilan kepemimpinan tim
- Kemampuan mengevaluasi efektivitas pengelolaan tim dalam pengembangan instrumen pendidikan
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, studi kasus, role play.
|
Diskusi daring tentang studi kasus kepemimpinan tim
|
Materi: Teori kepemimpinan, Manajemen tim, Pengembangan instrumen pendidikan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi keterampilan kepemimpinan dalam mengelola tim dengan baik dan efektif dalam konteks pengembangan instrumen pendidikan. |
- Kemampuan menganalisis keterampilan kepemimpinan tim
- Kemampuan mengevaluasi efektivitas pengelolaan tim dalam pengembangan instrumen pendidikan
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, studi kasus, role play.
|
Diskusi daring tentang studi kasus kepemimpinan tim
|
Materi: Teori kepemimpinan, Manajemen tim, Pengembangan instrumen pendidikan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi keterampilan kepemimpinan dalam mengelola tim dengan baik dan efektif dalam konteks pengembangan instrumen pendidikan. |
- Kemampuan menganalisis keterampilan kepemimpinan tim
- Kemampuan mengevaluasi efektivitas pengelolaan tim dalam pengembangan instrumen pendidikan
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, studi kasus, role play.
|
Diskusi daring tentang studi kasus kepemimpinan tim
|
Materi: Teori kepemimpinan, Manajemen tim, Pengembangan instrumen pendidikan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi keterampilan kepemimpinan dalam mengelola tim dengan baik dan efektif dalam konteks pengembangan instrumen pendidikan. |
- Kemampuan menganalisis keterampilan kepemimpinan tim
- Kemampuan mengevaluasi efektivitas pengelolaan tim dalam pengembangan instrumen pendidikan
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, studi kasus, role play.
|
Diskusi daring tentang studi kasus kepemimpinan tim
|
Materi: Teori kepemimpinan, Manajemen tim, Pengembangan instrumen pendidikan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi keterampilan kepemimpinan dalam mengelola tim dengan baik dan efektif dalam konteks pengembangan instrumen pendidikan. |
- Kemampuan menganalisis keterampilan kepemimpinan tim
- Kemampuan mengevaluasi efektivitas pengelolaan tim dalam pengembangan instrumen pendidikan
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, studi kasus, role play.
|
Diskusi daring tentang studi kasus kepemimpinan tim
|
Materi: Teori kepemimpinan, Manajemen tim, Pengembangan instrumen pendidikan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
19% |