Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Seminar Instrumen

8310101032

T=1

P=0

ECTS=2.24

3

19 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-13

Mampu melakukan analisis pada penelitian dan pengembangan program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep-konsep dasar dalam pengembangan instrumen pendidikan untuk memecahkan masalah nyata di bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (C3)

PO - 2

Menganalisis studi kasus dalam pengembangan instrumen pendidikan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas berbagai metode dan teknologi dalam pengembangan instrumen pendidikan berdasarkan kriteria ilmiah dan praktis (C5)

PO - 4

Menciptakan prototipe instrumen pendidikan yang inovatif sebagai solusi atas permasalahan yang diidentifikasi dalam bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (C6)

PO - 5

Menerapkan teori dan prinsip pengembangan instrumen pendidikan dalam konteks nyata untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (C3)

PO - 6

Menganalisis hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan teknologi pendidikan untuk mengidentifikasi tren dan celah penelitian (C4)

PO - 7

Mengevaluasi keterampilan kepemimpinan dalam mengelola tim yang terlibat dalam pengembangan instrumen pendidikan (C5)

PO - 8

Menciptakan metodologi penelitian yang sesuai untuk menguji efektivitas instrumen pendidikan yang dikembangkan (C6)

PO - 9

Menerapkan pendekatan interdisipliner dalam pengembangan instrumen pendidikan untuk mengatasi kompleksitas masalah pendidikan (C3)

PO - 10

Menganalisis dan mengevaluasi pengaruh teknologi terbaru terhadap pengembangan instrumen pendidikan (C4, C5)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-13
PO-1
PO-2 
PO-3
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8
PO-9 
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Seminar Instrumen pada jenjang S2 program studi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi instrumen penelitian yang relevan dengan bidang pendidikan teknologi dan kejuruan. Ruang lingkup mata kuliah ini mencakup pemahaman tentang teori pengukuran, metode pengembangan instrumen, teknik analisis data, serta penerapan instrumen dalam konteks penelitian di bidang pendidikan teknologi dan kejuruan.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2021). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
  2. DeVellis, R. F. (2021). Scale Development: Theory and Applications (5th ed.). SAGE Publications.
  3. Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2020). How to Design and Evaluate Research in Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.
  4. Popham, W. J. (2021). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know (9th ed.). Pearson.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd.

Prof. Dr. I Gusti Putu Asto Buditjahjanto, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep dasar dalam pengembangan instrumen pendidikan untuk memecahkan masalah nyata di bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

  1. pengembangan instrumen pendidikan
  2. penerapan konsep dasar
  3. penyelesaian masalah nyata
Kriteria:

Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan proyek online
Materi: Konsep dasar dalam pengembangan instrumen pendidikan, Penerapan instrumen pendidikan dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Studi kasus dalam penyelesaian masalah nyata
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep dasar dalam pengembangan instrumen pendidikan untuk memecahkan masalah nyata di bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

  1. Kemampuan menerapkan konsep dasar dalam pengembangan instrumen pendidikan
  2. Kemampuan memecahkan masalah nyata dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Kriteria:

Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Diskusi Online, Pengembangan Instrumen Pendidikan
Materi: Teori Pengembangan Instrumen Pendidikan, Praktik Pengembangan Instrumen Pendidikan, Studi Kasus dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep dasar dalam pengembangan instrumen pendidikan untuk memecahkan masalah nyata di bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

  1. Pemahaman konsep dasar pengembangan instrumen pendidikan
  2. Kemampuan memecahkan masalah nyata dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Kriteria:

Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang penerapan konsep pengembangan instrumen pendidikan dalam kasus nyata di Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Materi: Konsep dasar pengembangan instrumen pendidikan, Penerapan instrumen pendidikan dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis secara kritis studi kasus dalam pengembangan instrumen pendidikan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran.

  1. analisis studi kasus
  2. identifikasi faktor-faktor efektivitas pembelajaran
Kriteria:

Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi online tentang studi kasus instrumen pendidikan, Menganalisis kasus efektivitas pembelajaran secara online
Materi: Studi kasus dalam pengembangan instrumen pendidikan, Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi secara kritis berbagai metode dan teknologi dalam pengembangan instrumen pendidikan serta mampu mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan berdasarkan kriteria ilmiah dan praktis.

  1. Kemampuan menganalisis keefektifan metode
  2. Kemampuan mengevaluasi teknologi pendukung instrumen pendidikan
  3. Kemampuan menyusun rekomendasi berdasarkan evaluasi
Kriteria:

Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
Diskusi daring tentang evaluasi metode, Penyusunan portofolio evaluasi teknologi
Materi: Pengertian evaluasi instrumen pendidikan, Metode evaluasi instrumen, Teknologi pendukung evaluasi instrumen
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi secara kritis berbagai metode dan teknologi dalam pengembangan instrumen pendidikan, serta mampu menyusun kriteria ilmiah dan praktis yang relevan.

  1. efektivitas metode
  2. efektivitas teknologi
  3. kriteria ilmiah
  4. kriteria praktis
Kriteria:

Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
Diskusi daring tentang studi kasus penggunaan teknologi dalam instrumen pendidikan
Materi: Pengertian Evaluasi, Metode Evaluasi Instrumen Pendidikan, Teknologi dalam Pengembangan Instrumen Pendidikan, Kriteria Ilmiah dan Praktis
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan prototipe instrumen pendidikan yang inovatif untuk menyelesaikan permasalahan dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

  1. Kemampuan menciptakan prototipe instrumen pendidikan inovatif
  2. Kemampuan mengidentifikasi permasalahan dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
  3. Kemampuan menjelaskan solusi yang ditawarkan
Kriteria:

Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang ide prototipe instrumen pendidikan inovatif, Pengembangan prototipe instrumen pendidikan dalam format digital
Materi: Konsep prototipe instrumen pendidikan, Identifikasi permasalahan dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Strategi inovatif dalam pendidikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan metodologi penelitian yang sesuai untuk menguji efektivitas instrumen pendidikan yang dikembangkan.

  1. Rancangan metodologi penelitian valid
  2. Rancangan metodologi penelitian reliabel
  3. Kemampuan menjelaskan alasan pemilihan metode penelitian
Kriteria:

Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang rancangan metodologi penelitian yang dibuat
Materi: Pengujian efektivitas instrumen pendidikan, Rancangan metodologi penelitian, Validitas dan reliabilitas
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori dan prinsip pengembangan instrumen pendidikan dalam konteks nyata untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

  1. Penerapan teori dalam situasi nyata
  2. Kemampuan mengidentifikasi prinsip pengembangan instrumen pendidikan
  3. Kemampuan menerapkan prinsip tersebut dalam konteks pembelajaran
Kriteria:

Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang penerapan teori dalam kasus nyata, Penugasan membuat portofolio pengembangan instrumen pendidikan
Materi: Teori pengembangan instrumen pendidikan, Prinsip-prinsip pengembangan instrumen pendidikan, Studi kasus pengembangan instrumen pendidikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil penelitian terkini dalam teknologi pendidikan untuk mengidentifikasi tren dan celah penelitian yang dapat menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut.

  1. Analisis hasil penelitian terkini
  2. Identifikasi tren penelitian
  3. Identifikasi celah penelitian
Kriteria:

Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang hasil penelitian terkini dalam teknologi pendidikan
Materi: Tren penelitian dalam teknologi pendidikan, Metode analisis hasil penelitian, Cara mengidentifikasi celah penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi keterampilan kepemimpinan dalam mengelola tim dengan baik dan efektif dalam konteks pengembangan instrumen pendidikan.

  1. Kemampuan menganalisis keterampilan kepemimpinan tim
  2. Kemampuan mengevaluasi efektivitas pengelolaan tim dalam pengembangan instrumen pendidikan
Kriteria:

Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok, studi kasus, role play.
Diskusi daring tentang studi kasus kepemimpinan tim
Materi: Teori kepemimpinan, Manajemen tim, Pengembangan instrumen pendidikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi keterampilan kepemimpinan dalam mengelola tim dengan baik dan efektif dalam konteks pengembangan instrumen pendidikan.

  1. Kemampuan menganalisis keterampilan kepemimpinan tim
  2. Kemampuan mengevaluasi efektivitas pengelolaan tim dalam pengembangan instrumen pendidikan
Kriteria:

Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok, studi kasus, role play.
Diskusi daring tentang studi kasus kepemimpinan tim
Materi: Teori kepemimpinan, Manajemen tim, Pengembangan instrumen pendidikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi keterampilan kepemimpinan dalam mengelola tim dengan baik dan efektif dalam konteks pengembangan instrumen pendidikan.

  1. Kemampuan menganalisis keterampilan kepemimpinan tim
  2. Kemampuan mengevaluasi efektivitas pengelolaan tim dalam pengembangan instrumen pendidikan
Kriteria:

Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok, studi kasus, role play.
Diskusi daring tentang studi kasus kepemimpinan tim
Materi: Teori kepemimpinan, Manajemen tim, Pengembangan instrumen pendidikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi keterampilan kepemimpinan dalam mengelola tim dengan baik dan efektif dalam konteks pengembangan instrumen pendidikan.

  1. Kemampuan menganalisis keterampilan kepemimpinan tim
  2. Kemampuan mengevaluasi efektivitas pengelolaan tim dalam pengembangan instrumen pendidikan
Kriteria:

Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok, studi kasus, role play.
Diskusi daring tentang studi kasus kepemimpinan tim
Materi: Teori kepemimpinan, Manajemen tim, Pengembangan instrumen pendidikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi keterampilan kepemimpinan dalam mengelola tim dengan baik dan efektif dalam konteks pengembangan instrumen pendidikan.

  1. Kemampuan menganalisis keterampilan kepemimpinan tim
  2. Kemampuan mengevaluasi efektivitas pengelolaan tim dalam pengembangan instrumen pendidikan
Kriteria:

Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok, studi kasus, role play.
Diskusi daring tentang studi kasus kepemimpinan tim
Materi: Teori kepemimpinan, Manajemen tim, Pengembangan instrumen pendidikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi keterampilan kepemimpinan dalam mengelola tim dengan baik dan efektif dalam konteks pengembangan instrumen pendidikan.

  1. Kemampuan menganalisis keterampilan kepemimpinan tim
  2. Kemampuan mengevaluasi efektivitas pengelolaan tim dalam pengembangan instrumen pendidikan
Kriteria:

Rubrik Penilaian Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok, studi kasus, role play.
Diskusi daring tentang studi kasus kepemimpinan tim
Materi: Teori kepemimpinan, Manajemen tim, Pengembangan instrumen pendidikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
19%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 51.18%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 9.18%
3. Penilaian Portofolio 38.68%
99.04%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.