Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S2 Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Internship

2010104131

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=4

P=0

ECTS=8.96

3

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D




Unit Three , S.T., M.T., Ph.D




Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghaslkan karya inovatif dan teruji

PLO-13

Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan di bidang rekayasa teknik elektro untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui riset dengan pendekatan interdisiplin atau multidisiplin

PLO-15

Mampu mengintegrasikan sistem secara optimal serta mengevaluasi interaksi sistem terhadap aspek teknik, sosial, ekonomi, dan ekologi.

PLO-16

Mengembangkan metode, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan menganalisis secara detail topik penelitian yang menjadi bidang konsentrasi masing-masing

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama perkuliahan dalam lingkungan kerja nyata.

PO - 2

Mampu menganalisis permasalahan di dunia kerja dan memberikan solusi berdasarkan pendekatan ilmiah dan profesional.

PO - 3

Mampu bekerja secara mandiri maupun dalam tim serta menunjukkan etika profesional dalam pelaksanaan tugas di dunia kerja.

PO - 4

Mampu berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tertulis, di lingkungan kerja.

PO - 5

Mampu menyusun laporan kegiatan magang yang sistematis, lengkap, dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.

PO - 6

Mampu mengevaluasi peran dan kontribusinya dalam kegiatan magang serta mengidentifikasi kompetensi yang perlu dikembangkan lebih lanjut.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-9PLO-13PLO-15PLO-16
PO-1      
PO-2      
PO-3      
PO-4      
PO-5      
PO-6      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Internship memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman kerja langsung di dunia industri, instansi pemerintah, lembaga riset, atau organisasi lain yang relevan dengan bidang keilmuan mahasiswa. Melalui kegiatan magang ini, mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama perkuliahan, memahami dinamika dunia kerja secara nyata, serta mengembangkan soft skills seperti komunikasi, kerja tim, etika profesional, dan problem solving. Mahasiswa wajib menjalani periode magang selama jangka waktu tertentu (misalnya 1–3 bulan) dan menyusun laporan akhir magang sebagai bentuk pertanggungjawaban akademik.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Bambang Suprianto, M.T.

Dr. Raden Roro Hapsari Peni Agustin Tjahyaningtijas, S.Si., M.T.

Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D.

Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


2%

2

Minggu ke 2


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


2%

3

Minggu ke 3


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


2%

4

Minggu ke 4


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


3%

5

Minggu ke 5


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


3%

6

Minggu ke 6


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


3%

7

Minggu ke 7


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


5%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


15%

9

Minggu ke 9


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


5%

10

Minggu ke 10


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


8%

11

Minggu ke 11


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


8%

12

Minggu ke 12


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


10%

13

Minggu ke 13



10%

14

Minggu ke 14


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


10%

15

Minggu ke 15


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


12%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


12%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Praktik / Unjuk Kerja 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.