Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Komputasi Numerik

8310102144

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

19 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Puput Wanarti Rusimamto




Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.




Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious

PLO-6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

PLO-7

Memiliki pengetahuan yang luas di bidang pengetahuan umum, sosial dan humaniora

PLO-9

Mampu menyelaraskan kurikulum S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan yang relevan dengan tuntutan perkembangan industri global.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menganalisa galat dan kekovergenannya dari suatu penyelesaian numerik.

PO - 2

Mahasiswa mampu secara aktif menyusun algoritma penyelesaian masalah matematika dengan pendekatan numerik

PO - 3

mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika.

PO - 4

Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan numerik untuk berbagai aplikasi multidisiplin sains dan teknologi.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah komputasi numerik merupakan yang memberi kesempatan ke mahasiswa untuk dapat menyelesaikan permasalahan matematika secara numerik. Mata kuliah ini membahas tentang galat, interpolasi,turnan dan pengintegralan numerik, persamaan diferensial biasa (masalah nilai awal), dan persamaan diferensial parsial.

Pustaka

Utama :

  1. R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole
  2. Kendall Atkinson and Weimin Han, Elementary Numerical Analysis, 2nd edition, John Wiley & Sons, Inc.

Pendukung :

  1. Steven Chapra & Canale, Numerical methods for engineering, 4th edition, McGraw-Hill, 2002

Dosen Pengampu

Dr. Puput Wanarti Rusimamto, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menguasai dan mengembangkan konsep-konsep matematika bidang matematika komputasi.

Mampu menguasai dan mengembangkan konsep-konsep matematika bidang matematika komputasi.

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Kuliah
Student Centerred Learning
Materi: Analisis Error : menganalisa error dan kekonvergenannya
Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole
5%

2

Minggu ke 2

Mampu menguasai dan mengembangkan konsep-konsep matematika bidang matematika komputasi.

Mampu menguasai dan mengembangkan konsep-konsep matematika bidang matematika komputasi.

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Kuliah
Student Centerred Learning
Materi: Analisis Error : menganalisa error dan kekonvergenannya
Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu secara aktif menyusun algoritma penyelesaian masalah matematika dengan pendekatan numerik

Mahasiswa mampu secara aktif menyusun algoritma penyelesaian masalah matematika dengan pendekatan numerik

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Kuliah
Student Centered Learning
Materi: Interpolasi : Polinomial Newton, Metode Selisih terbagi Newton, Polinomial Lagrange, Spline linier dan kuadratik
Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu secara aktif menyusun algoritma penyelesaian masalah matematika dengan pendekatan numerik

Mahasiswa mampu secara aktif menyusun algoritma penyelesaian masalah matematika dengan pendekatan numerik

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Kuliah
Student Centered Learning
Materi: Interpolasi : Polinomial Newton, Metode Selisih terbagi Newton, Polinomial Lagrange, Spline linier dan kuadratik
Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu secara aktif menyusun algoritma penyelesaian masalah matematika dengan pendekatan numerik

Mahasiswa mampu secara aktif menyusun algoritma penyelesaian masalah matematika dengan pendekatan numerik

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Kuliah
Student Centered Learning
Materi: Interpolasi : Polinomial Newton, Metode Selisih terbagi Newton, Polinomial Lagrange, Spline linier dan kuadratik
Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole
5%

6

Minggu ke 6

mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika.

mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Kuliah
Student Centered Learning
Materi: mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika.
Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole
5%

7

Minggu ke 7

mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika.

mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Kuliah
Student Centered Learning
Materi: mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika.
Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole
5%

8

Minggu ke 8

mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika.

mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Kuliah
Student Centered Learning
Materi: mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika.
Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole
5%

9

Minggu ke 9

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
UTS
UTS
Materi: Turunan Numerik : Metode Selisih Maju/Mundur/ Pusat, Aturan Newton-Cotes, Ekstrapolasi Richardson, Turunan Tingkat Tinggi
Pustaka: Kendall Atkinson and Weimin Han, Elementary Numerical Analysis, 2nd edition, John Wiley & Sons, Inc.
10%

10

Minggu ke 10

mampu melakukan uji/simulasi secara numerik untuk mengetahui kinerja suatu metode komputasi

mampu melakukan uji/simulasi secara numerik untuk mengetahui kinerja suatu metode komputasi

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah
Student Centerd Learning
Materi: Turunan Numerik : Metode Selisih Maju/Mundur/ Pusat, Aturan Newton-Cotes, Ekstrapolasi Richardson, Turunan Tingkat Tinggi
Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole
5%

11

Minggu ke 11

mampu melakukan uji/simulasi secara numerik untuk mengetahui kinerja suatu metode komputasi

mampu melakukan uji/simulasi secara numerik untuk mengetahui kinerja suatu metode komputasi

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah
Student Centerd Learning
Materi: Turunan Numerik : Metode Selisih Maju/Mundur/ Pusat, Aturan Newton-Cotes, Ekstrapolasi Richardson, Turunan Tingkat Tinggi
Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan numerik untuk berbagai aplikasi multidisiplin sains dan teknologi.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
Student Centered Learning
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan numerik untuk berbagai aplikasi multidisiplin sains dan teknologi.

Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan numerik untuk berbagai aplikasi multidisiplin sains dan teknologi.

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
Student Centered Learning
Materi: Integral Numerik : Aturan Simpson, Simpson 3/8, Metode Romberg, Kuadratur Gauss – Legendre
Pustaka:

Materi: Integral Numerik : Aturan Simpson, Simpson 3/8, Metode Romberg, Kuadratur Gauss – Legendre
Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan numerik untuk berbagai aplikasi multidisiplin sains dan teknologi.

Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan numerik untuk berbagai aplikasi multidisiplin sains dan teknologi.

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
Student Centered Learning
Materi: Integral Numerik : Aturan Simpson, Simpson 3/8, Metode Romberg, Kuadratur Gauss – Legendre
Pustaka:

Materi: Integral Numerik : Aturan Simpson, Simpson 3/8, Metode Romberg, Kuadratur Gauss – Legendre
Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan numerik untuk berbagai aplikasi multidisiplin sains dan teknologi.

Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan numerik untuk berbagai aplikasi multidisiplin sains dan teknologi.

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
Student Centered Learning
Materi: Integral Numerik : Aturan Simpson, Simpson 3/8, Metode Romberg, Kuadratur Gauss – Legendre
Pustaka:

Materi: Integral Numerik : Aturan Simpson, Simpson 3/8, Metode Romberg, Kuadratur Gauss – Legendre
Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
UAS
UAS
Materi: UAS
Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 63.36%
2. Penilaian Portofolio 3.34%
3. Praktik / Unjuk Kerja 20.02%
4. Tes 13.36%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.