
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Komputasi Numerik |
8310102144 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
19 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Puput Wanarti Rusimamto
|
Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.
|
Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious |
PLO-6 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
PLO-7 |
Memiliki pengetahuan yang luas di bidang pengetahuan umum, sosial dan humaniora |
PLO-9 |
Mampu menyelaraskan kurikulum S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan yang relevan dengan tuntutan perkembangan industri global. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menganalisa galat dan kekovergenannya dari suatu penyelesaian numerik.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu secara aktif menyusun algoritma penyelesaian masalah matematika dengan pendekatan numerik
|
PO - 3 |
mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan numerik untuk berbagai aplikasi multidisiplin sains dan teknologi.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah komputasi numerik merupakan yang memberi kesempatan ke mahasiswa untuk dapat menyelesaikan permasalahan matematika secara numerik. Mata kuliah ini membahas tentang galat, interpolasi,turnan dan pengintegralan numerik, persamaan diferensial biasa (masalah nilai awal), dan persamaan diferensial parsial. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole
- Kendall Atkinson and Weimin Han, Elementary Numerical Analysis, 2nd edition, John Wiley & Sons, Inc.
|
Pendukung : |
|
- Steven Chapra & Canale, Numerical methods for engineering, 4th edition, McGraw-Hill, 2002
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Puput Wanarti Rusimamto, S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menguasai dan mengembangkan konsep-konsep matematika bidang matematika komputasi. |
Mampu menguasai dan mengembangkan konsep-konsep matematika bidang matematika komputasi. |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Kuliah
|
Student Centerred Learning
|
Materi: Analisis Error : menganalisa error dan kekonvergenannya Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menguasai dan mengembangkan konsep-konsep matematika bidang matematika komputasi. |
Mampu menguasai dan mengembangkan konsep-konsep matematika bidang matematika komputasi. |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Kuliah
|
Student Centerred Learning
|
Materi: Analisis Error : menganalisa error dan kekonvergenannya Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu secara aktif menyusun algoritma penyelesaian masalah matematika dengan pendekatan numerik |
Mahasiswa mampu secara aktif menyusun algoritma penyelesaian masalah matematika dengan pendekatan numerik |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Kuliah
|
Student Centered Learning
|
Materi: Interpolasi : Polinomial Newton, Metode Selisih terbagi Newton, Polinomial Lagrange, Spline linier dan kuadratik Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu secara aktif menyusun algoritma penyelesaian masalah matematika dengan pendekatan numerik |
Mahasiswa mampu secara aktif menyusun algoritma penyelesaian masalah matematika dengan pendekatan numerik |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Kuliah
|
Student Centered Learning
|
Materi: Interpolasi : Polinomial Newton, Metode Selisih terbagi Newton, Polinomial Lagrange, Spline linier dan kuadratik Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu secara aktif menyusun algoritma penyelesaian masalah matematika dengan pendekatan numerik |
Mahasiswa mampu secara aktif menyusun algoritma penyelesaian masalah matematika dengan pendekatan numerik |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Kuliah
|
Student Centered Learning
|
Materi: Interpolasi : Polinomial Newton, Metode Selisih terbagi Newton, Polinomial Lagrange, Spline linier dan kuadratik Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole |
5% |
6
Minggu ke 6 |
mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika. |
mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Kuliah
|
Student Centered Learning
|
Materi: mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika. Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole |
5% |
7
Minggu ke 7 |
mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika. |
mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Kuliah
|
Student Centered Learning
|
Materi: mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika. Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole |
5% |
8
Minggu ke 8 |
mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika. |
mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Kuliah
|
Student Centered Learning
|
Materi: mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika. Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole |
5% |
9
Minggu ke 9 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
UTS
|
UTS
|
Materi: Turunan Numerik : Metode Selisih Maju/Mundur/ Pusat, Aturan Newton-Cotes, Ekstrapolasi Richardson, Turunan Tingkat Tinggi Pustaka: Kendall Atkinson and Weimin Han, Elementary Numerical Analysis, 2nd edition, John Wiley & Sons, Inc. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
mampu melakukan uji/simulasi secara numerik untuk mengetahui kinerja suatu metode komputasi |
mampu melakukan uji/simulasi secara numerik untuk mengetahui kinerja suatu metode komputasi |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah
|
Student Centerd Learning
|
Materi: Turunan Numerik : Metode Selisih Maju/Mundur/ Pusat, Aturan Newton-Cotes, Ekstrapolasi Richardson, Turunan Tingkat Tinggi Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole |
5% |
11
Minggu ke 11 |
mampu melakukan uji/simulasi secara numerik untuk mengetahui kinerja suatu metode komputasi |
mampu melakukan uji/simulasi secara numerik untuk mengetahui kinerja suatu metode komputasi |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah
|
Student Centerd Learning
|
Materi: Turunan Numerik : Metode Selisih Maju/Mundur/ Pusat, Aturan Newton-Cotes, Ekstrapolasi Richardson, Turunan Tingkat Tinggi Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan numerik untuk berbagai aplikasi multidisiplin sains dan teknologi. |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah
|
Student Centered Learning
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan numerik untuk berbagai aplikasi multidisiplin sains dan teknologi. |
Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan numerik untuk berbagai aplikasi multidisiplin sains dan teknologi. |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah
|
Student Centered Learning
|
Materi: Integral Numerik : Aturan Simpson, Simpson 3/8, Metode Romberg, Kuadratur Gauss – Legendre Pustaka: Materi: Integral Numerik : Aturan Simpson, Simpson 3/8, Metode Romberg, Kuadratur Gauss – Legendre Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan numerik untuk berbagai aplikasi multidisiplin sains dan teknologi. |
Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan numerik untuk berbagai aplikasi multidisiplin sains dan teknologi. |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah
|
Student Centered Learning
|
Materi: Integral Numerik : Aturan Simpson, Simpson 3/8, Metode Romberg, Kuadratur Gauss – Legendre Pustaka: Materi: Integral Numerik : Aturan Simpson, Simpson 3/8, Metode Romberg, Kuadratur Gauss – Legendre Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan numerik untuk berbagai aplikasi multidisiplin sains dan teknologi. |
Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan numerik untuk berbagai aplikasi multidisiplin sains dan teknologi. |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah
|
Student Centered Learning
|
Materi: Integral Numerik : Aturan Simpson, Simpson 3/8, Metode Romberg, Kuadratur Gauss – Legendre Pustaka: Materi: Integral Numerik : Aturan Simpson, Simpson 3/8, Metode Romberg, Kuadratur Gauss – Legendre Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UAS
|
UAS
|
Materi: UAS Pustaka: R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, 9th edition, BrooksCole |
20% |