
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Temu Kembali Informasi Berbasis Konten |
2020102247 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
6 November 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
RIFQI FIRMANSYAH |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa memahami konsep dan model information retrieval
|
PO - 2 |
Mahasiswa memahami algoritma kecerdasan buatan dan information retrieval pada pengembangan temu kembali informasi
|
PO - 3 |
Mahasiswa memahami arah terbaru penelitian pada information retrieval
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu melakukan penelitian pada bidang information retrieval
|
Matrik PLO-PO |
| |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini menjelaskan pengantar temu kembali informasi, dasar-dasar temu kembali informasi: pemodelan, evaluasi, query, operasi teks dan multimedia, indexing and searching. Topik dalam temu kembali informasi: relevance feedback, query expansion, text classification, text clustering, summarization, cross-language, question answering, web search |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Christopher D. Manning, Prabhakar Raghavan, and Hinrich Schutze . 2008. Introduction to Information Retrieval. Cambridge University Press.
- C. J. van Rijsbergen. Information Retrieval. Information Retrieval Group, University of Glasgow.
- Richardo Baez-Yates and Berthier Rieiro-Neto. Modern Information Retrieval.
- Henk Blanken, et.al. 2007. Multimedia Retrieval.
- Text Summarization. Tutorial ACM SIGIR, Sheffield, UK July 25, 2004
|
Pendukung : |
|
- Bruce Croft, Donald Metzler, and Trevor Strohman, Search Engines: Information Retrieval in Practice, Pearson. 2009
|
Dosen Pengampu
|
NURHAYATI MIFTAHUR ROHMAN ARIF WIDODO PRADINI PUSPITANINGAYU Prof. Dr. Nurhayati, S.T., M.T. Prof. Dr. Nurhayati, S.T., M.T. Arif Widodo, S.T., M.Sc. Arif Widodo, S.T., M.Sc. Pradini Puspitaningayu, S.T., M.T., Ph.D. Pradini Puspitaningayu, S.T., M.T., Ph.D. Miftahur Rohman, S.T., M.T. Miftahur Rohman, S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa Mampu memahami konsep Scoring, term weighting, and the vector space model |
- Menjelaskan Parametric and zone indexes
- Mendeskripsikan Term frequency and weighting
- Menjelaskan Variant tf–idf functions
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi,diskusi kelompok, dan refleksi 2 X 50 |
-
|
Materi: konsep Scoring, term weighting, and the vector space model Pustaka: Christopher D. Manning, Prabhakar Raghavan, and Hinrich Schutze . 2008. Introduction to Information Retrieval. Cambridge University Press. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi information retrieval |
- Mendeskripsikan konsep Information retrieval system evaluation
- Mendeskripsikan Evaluation of unranked retrieval sets
- Mendeskripsikan Evaluation of ranked retrieval results
- Menjelaskan Standard test collections
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi dan refleksi 2 X 50 |
|
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi information retrieval |
- Mendeskripsikan konsep Information retrieval system evaluation
- Mendeskripsikan Evaluation of unranked retrieval sets
- Mendeskripsikan Evaluation of ranked retrieval results
- Menjelaskan Standard test collections
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi dan refleksi 2 X 50 |
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami Probabilistic information retrieval |
- Menjelaskan prinsip probability ranking
- Mendeskripsikan binary independence model
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi,diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami Probabilistic information retrieval |
- Menjelaskan prinsip probability ranking
- Mendeskripsikan binary independence model
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi,diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami Language models for information retrieval |
- Menjelaskan Language models
- Menjelaskan query likelihood model
- MenjelaskanLanguage modeling melawan pendekatan yang lain pada information retrieval
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi,diskusi kelompok,simulasi, dan refleksi 2 X 50 |
|
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami Language models for information retrieval |
- Menjelaskan Language models
- Menjelaskan query likelihood model
- MenjelaskanLanguage modeling melawan pendekatan yang lain pada information retrieval
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi,diskusi kelompok,simulasi, dan refleksi 2 X 50 |
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Melaksanakan UTS secara luring melalui soal-soal yang telah dibuat
|
|
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Melaksanakan UTS secara luring melalui soal-soal yang telah dibuat
|
|
|
30% |