Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Bimbingan Dan Konseling

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Layanan Bimbingan dan Konseling Adiksi

8620102241

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

4

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Ellisabeth Cristiana, S.Pd, M.Pd; Dr. Wiryo Nuryono, S, Pd, M.Pd




Dr. Wiryo Nuryono, S, Pd, M.Pd




Dr. Evi Winingsih, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Menguasai konsep dan praktik bimbingan dan konseling dalam berbagai konteks dan permasalahan

PLO-10

Mampu melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan memilih metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman sosial budaya

Program Objectives (PO)

PO - 1

memahami konsep dasar adiksi

PO - 2

Mampu merancang layanan bimbingan terkait permasalahan adiksi

PO - 3

Mampu merancang layanan konseling terkait permasalahan adiksi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-7PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep, teori, dan teknik dalam bimbingan dan konseling bagi individu dengan masalah adiksi. Mata kuliah mempelajari prespektif sejarah, aspek biologis-psikologis-sosial kecanduan, mencermati aspek ras-etnik-budaya dan kebijakan publik dalam kaitan kecanduan model-model kecanduan. Kemudian aplikasi pendekatan layanan bimbingan dan konseling dalam konteks BK perkembangan. Serta keterampilan dan etika pembimbing dan konselor dalam menangani konseli dengan adiksi.

Pustaka

Utama :

  1. Bishop Samuel. 2011. Breaking the Spirit of Addiction : Counseling Guide. USA: Thompson
  2. Coomb, Robert Holman, 2010. Addiction Counseling Review . New York : Routledge
  3. Hood, Daniel E. 2011. Addiction Treatment . USA : New Jersey
  4. Judith A Lewis.2011. Substance Abuse Counseling . USA : Cangage Learning
  5. Chistiana, elisabet & Nuryono, Wiryo. 2024. Konseling adiksi. Surabaya : Aliba
  6. Coombs, Robert Holmen. 2005. ADDICTION COUNSELING REVIEW Preparing for Comprehensive, Certification and Licensing Examinations. London: Ealawrence Erlbaum Associates
  7. Miller, Gerry. 2020. Learning The Language of ADDICTION COUNSELING. Canada: New Jersey
  8. \
  9. Mometric Test Preparation. 2016.Addiction Counselor Exam SECRETS Study Guide Your Key to Exam Success. United States of America: Mometrix Media LLC.
  10. Nuryono, Wiryo., Elisabeth Christiana., Budi Purwoko. 2023. Teknik Motivational Interviewing Untuk Mengurangi Adiksi Game Online. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi. Volume 6 Issue 1 Pages 109-119
  11. I Rahimaniar, W Nuryono. 2021. Studi Kepustakaan Tentang Faktor Penyebab dan Penanganan Kecanduan Media Sosial. Jurnal BK UNESA Volume 12 Issue 2 Pages 185-196

Pendukung :

  1. Nuryono, 2024. Cognitive Behavioral Counseling Vs Family Counseling: Which Motivational Interviewing Is More Effective to Reduce Game Addiction in Adolescents?
  2. I Rahimaniar, W Nuryono. 2021. Studi Kepustakaan Tentang Faktor Penyebab dan Penanganan Kecanduan Media Sosial. Jurnal BK UNESA Volume 12 Issue 2 Pages 185-196

Dosen Pengampu

Dr. Elisabeth Christiana, S.Pd., M.Pd.

Dr. Wiryo Nuryono, S.Pd., M.Pd.

MILA YUNITA

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep adiksi, model-model dan prevalensi adiksi

  1. kemampuan analisis konsep adiksi
  2. Pemahaman model-model adiksi
  3. kemampuan menyajikan data prevalensi adiksi terkini
Kriteria:

penilaian holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
mahasiswa mengkaji konsep adiksi dalam berbagai perspektif dan data data prevalensi terkini
2 x 50
mahasiswa mengkaji konsep adiksi dalam berbagai perspektif dan data data prevalensi terkini
2 x 50
Materi: Model Adiksi dan prevelensi
Pustaka: Chistiana, elisabet & Nuryono, Wiryo. 2024. Konseling adiksi. Surabaya : Aliba

Materi: Model-Model adiksi
Pustaka: Coombs, Robert Holmen. 2005. ADDICTION COUNSELING REVIEW Preparing for Comprehensive, Certification and Licensing Examinations. London: Ealawrence Erlbaum Associates

Materi: Gangguan pada adiksi
Pustaka: Miller, Gerry. 2020. Learning The Language of ADDICTION COUNSELING. Canada: New Jersey
2%

2

Minggu ke 2

Mampu untuk menganalisis aspek sejarah dan sosial permasalahan adiksi

keluasan analisis aspek sejarah dan sosial masalah adiksi

Kriteria:

Mahasiswa mampu menelaah aspek sejarah dan sosial permasalahan adiksi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
mengkaji terkait aspek sejarah dan sosial permasalahan adiksi
2 x 50
mengkaji terkait aspek sejarah dan sosial permasalahan adiksi
2 x 50
Materi: Aspek-aspek Adiksi
Pustaka: Chistiana, elisabet & Nuryono, Wiryo. 2024. Konseling adiksi. Surabaya : Aliba

Materi: Pemicu Kecanduan (adiksi)
Pustaka: Coombs, Robert Holmen. 2005. ADDICTION COUNSELING REVIEW Preparing for Comprehensive, Certification and Licensing Examinations. London: Ealawrence Erlbaum Associates

Materi: Penyebab Kecanduan (adiksi)
Pustaka: Miller, Gerry. 2020. Learning The Language of ADDICTION COUNSELING. Canada: New Jersey
3%

3

Minggu ke 3

Mampu mendeskripsikan aspek fisiologis, psikologi dan behavioral dalam permasalahan adiksi

Komprehensif kajian fisiologi, psikolofi dan behavioral permasalahan adiksi

Kriteria:

penilaian holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mengkaji aspek fisiologis, psikologi dan behavioral dalam permasalahan adiksi
2 x 50
Mengkaji aspek fisiologis, psikologi dan behavioral dalam permasalahan adiksi
2 x 50
Materi: Aspek-aspek Adiksi
Pustaka: Coomb, Robert Holman, 2010. Addiction Counseling Review . New York : Routledge

Materi: Kondisi psikologis dan gejala perilaku pada adiksi
Pustaka: Miller, Gerry. 2020. Learning The Language of ADDICTION COUNSELING. Canada: New Jersey
3%

4

Minggu ke 4

Mampu mendeskripsikan gangguan mental dan medis ko-okuring umum permasalahan adiksi

Keluasan kajian ganguan mental dan medis ko-okuring umum permasalahan adiksi

Kriteria:

penilaian holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
mengkaji gangguan mental dan medis ko-okuring umum permasalahan adiksi
2 x 50
mengkaji gangguan mental dan medis ko-okuring umum permasalahan adiksi
2 x 50
Materi: Aspek-aspek Adiksi
Pustaka: Hood, Daniel E. 2011. Addiction Treatment . USA : New Jersey

Materi: Gangguan pada adiksi
Pustaka: Miller, Gerry. 2020. Learning The Language of ADDICTION COUNSELING. Canada: New Jersey
3%

5

Minggu ke 5

mampu menganalisis aspek psikologi yang mendukung layanan dasar sebagai preventif permasalahan adiksi

  1. kemampuan analisis tugas perkembangan dalam upaya preventif permasalahan adiksi
  2. kemampuan analisis aspek psikologi dalam upaya preventif permasalahan adiksi
Kriteria:

penilaian holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mengaji tugas perkembangan, aspek-aspek psikologi yang mendukung upaya layanan dasar preventif permasalahan adiksi
2 x 50
mengaji tugas perkembangan, aspek-aspek psikologi yang mendukung upaya layanan dasar preventif permasalahan adiksi
2 x 50
Materi: aspek adiksi
Pustaka: Judith A Lewis.2011. Substance Abuse Counseling . USA : Cangage Learning

Materi: Perawatan untuk adiksi
Pustaka: Coombs, Robert Holmen. 2005. ADDICTION COUNSELING REVIEW Preparing for Comprehensive, Certification and Licensing Examinations. London: Ealawrence Erlbaum Associates
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menyusun RPL, bahan materi, media, LKPD, evaluasi sebagai bahan layanan dasar preventif permasalahan adiksi

  1. Ketepatan analisis kebutuhan dan rasional penyusunan rpl
  2. ketepatan dalam penyusunan rpl
  3. ketepatan penyusun materi
  4. ketepatan penyusunan media
  5. ketepatan penyusunan LKPD
  6. ketepatan penyuaunan evaluasi
Kriteria:

penilaian holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
menyusun RPL, mengembangan media, LPKP, bahan materi dan evaluasi layanan dasar pencegahan dan pengembangan perilaku untuk ketahanan adiksi
2*50
menyusun RPL, mengembangan media, LPKP, bahan materi dan evaluasi layanan dasar pencegahan dan pengembangan perilaku untuk ketahanan adiksi
2*50
Materi: pengembangan materi layanan dasar
Pustaka: Chistiana, elisabet & Nuryono, Wiryo. 2024. Konseling adiksi. Surabaya : Aliba
10%

7

Minggu ke 7

Mampu menyusun RPL, bahan materi, media, LKPD, evaluasi sebagai bahan layanan dasar preventif permasalahan adiksi

  1. Ketepatan analisis kebutuhan dan rasional penyusunan rpl
  2. ketepatan dalam penyusunan rpl
  3. ketepatan penyusun materi
  4. ketepatan penyusunan media
  5. ketepatan penyusunan LKPD
  6. ketepatan penyuaunan evaluasi
Kriteria:

penilaian holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
menyusun RPL, mengembangan media, LPKP, bahan materi dan evaluasi layanan dasar pencegahan dan pengembangan perilaku untuk ketahanan adiksi
2*50
menyusun RPL, mengembangan media, LPKP, bahan materi dan evaluasi layanan dasar pencegahan dan pengembangan perilaku untuk ketahanan adiksi
2*50
Materi: pengembangan materi layanan dasar
Pustaka: Chistiana, elisabet & Nuryono, Wiryo. 2024. Konseling adiksi. Surabaya : Aliba
10%

8

Minggu ke 8

Mampu menyusun RPL, bahan materi, media, LKPD, evaluasi sebagai bahan layanan dasar preventif permasalahan adiksi

  1. Ketepatan analisis kebutuhan dan rasional penyusunan rpl
  2. ketepatan dalam penyusunan rpl
  3. ketepatan penyusun materi
  4. ketepatan penyusunan media
  5. ketepatan penyusunan LKPD
  6. ketepatan penyuaunan evaluasi
Kriteria:

penilaian holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
menyusun RPL, mengembangan media, LPKP, bahan materi dan evaluasi layanan dasar pencegahan dan pengembangan perilaku untuk ketahanan adiksi
2*50
menyusun RPL, mengembangan media, LPKP, bahan materi dan evaluasi layanan dasar pencegahan dan pengembangan perilaku untuk ketahanan adiksi
2*50
Materi: pengembangan materi layanan dasar
Pustaka: Chistiana, elisabet & Nuryono, Wiryo. 2024. Konseling adiksi. Surabaya : Aliba
10%

9

Minggu ke 9

Terampil dalam penerimaan awal, skrining permasalahan adiksi

  1. Kecakapan dalam melakukan penerimaan awal
  2. kecakapan dalam melakukan skrining
Kriteria:

penilaian holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
simulasi tersupervisi dalam melakukan penerimaan awal, skrining, permasalahan adiksi
2 x 50
simulasi tersupervisi dalam melakukan penerimaan awal, skrining, permasalahan adiks
2 x 50
Materi: Intervensi adiksi
Pustaka: Hood, Daniel E. 2011. Addiction Treatment . USA : New Jersey

Materi: Model-Model Konseling Untuk Adiksi
Pustaka: Cavaiola, Alan A & Margareth Smith. 2020. A Comprehensive Guide To Addiction Theory and Counseling Techniques. New York: Taylor & Francis Group

Materi: Panduan praktis Konseling Adiksi
Pustaka: Mometric Test Preparation. 2016.Addiction Counselor Exam SECRETS Study Guide Your Key to Exam Success. United States of America: Mometrix Media LLC.
10%

10

Minggu ke 10

Terampil dalam penerimaan awal, skrining permasalahan adiksi

  1. Kecakapan dalam melakukan penerimaan awal
  2. kecakapan dalam melakukan skrining
Kriteria:

penilaian holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
simulasi tersupervisi dalam melakukan penerimaan awal, skrining, permasalahan adiksi
2 x 50
simulasi tersupervisi dalam melakukan penerimaan awal, skrining, permasalahan adiksi
2 x 50
Materi: Intervensi adiksi
Pustaka: Judith A Lewis.2011. Substance Abuse Counseling . USA : Cangage Learning

Materi: Model-Model Konseling Untuk Adiksi
Pustaka: Cavaiola, Alan A & Margareth Smith. 2020. A Comprehensive Guide To Addiction Theory and Counseling Techniques. New York: Taylor & Francis Group

Materi: Contoh-contoh praktis pelaksanaan Konseling Adiksi
Pustaka: Mometric Test Preparation. 2016.Addiction Counselor Exam SECRETS Study Guide Your Key to Exam Success. United States of America: Mometrix Media LLC.
5%

11

Minggu ke 11

Terampil dalam penerimaan awal, skrining permasalahan adiksi

  1. Kecakapan dalam melakukan penerimaan awal
  2. kecakapan dalam melakukan skrining
Kriteria:

penilaian holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
simulasi tersupervisi dalam melakukan penerimaan awal, skrining, permasalahan adiksi
2 x 50
simulasi tersupervisi dalam melakukan penerimaan awal, skrining, permasalahan adiksi
2 x 50
Materi: Intervensi adiksi
Pustaka: Chistiana, elisabet & Nuryono, Wiryo. 2024. Konseling adiksi. Surabaya : Aliba

Materi: Model-Model Konseling Untuk Adiksi
Pustaka: Cavaiola, Alan A & Margareth Smith. 2020. A Comprehensive Guide To Addiction Theory and Counseling Techniques. New York: Taylor & Francis Group

Materi: Contoh-contoh pelaksanaan Konseling Adiksi
Pustaka: Mometric Test Preparation. 2016.Addiction Counselor Exam SECRETS Study Guide Your Key to Exam Success. United States of America: Mometrix Media LLC.
5%

12

Minggu ke 12

Manajemen kasus dan intervensi krisis bidang adiksi

  1. kejelasan deskripsi alur menajemen kasus bidang adiksi
  2. ketepatan intevensi krisis bidang adiksi
Kriteria:

Mahasiswa mampu menelaah aspek sejarah dan sosial permasalahan adiksi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
mengkaji manajeman kasus dan intevensi adiksi
2 x 50
mengkaji manajeman kasus dan intevensi adiksi
2 x 50
Materi: Intervensi adiksi
Pustaka: Bishop Samuel. 2011. Breaking the Spirit of Addiction : Counseling Guide. USA: Thompson

Materi: Model-Model Konseling Untuk Adiksi
Pustaka: Cavaiola, Alan A & Margareth Smith. 2020. A Comprehensive Guide To Addiction Theory and Counseling Techniques. New York: Taylor & Francis Group

Materi: Contoh-contoh Penanganan Kasus Krisis untuk adiksi
Pustaka: Mometric Test Preparation. 2016.Addiction Counselor Exam SECRETS Study Guide Your Key to Exam Success. United States of America: Mometrix Media LLC.
2%

13

Minggu ke 13

Etika Profesional di bidang adiksi

Pemahanan terkait etika profesional di bidang adiksi

Kriteria:

Mahasiswa mampu menelaah aspek sejarah dan sosial permasalahan adiksi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
mengkaji etika profesional dibidang pencegahan dan penanganan adiksi
2 x 50
mengkaji etika profesional dibidang pencegahan dan penanganan adiksi
2 x 50
Materi: Intervensi adiksi
Pustaka: Coomb, Robert Holman, 2010. Addiction Counseling Review . New York : Routledge

Materi: Etika dalam praktik konseling profesional untuk adiksi
Pustaka: Mometric Test Preparation. 2016.Addiction Counselor Exam SECRETS Study Guide Your Key to Exam Success. United States of America: Mometrix Media LLC.
2%

14

Minggu ke 14

Terampil dalam menyusun intervensi responsif dalam bidang permasalahan adiksi

  1. ketepatan deskripsi kasus
  2. ketepatan rencana intervensi
  3. ketepatan materi yang digunakan
  4. ketepatan media yang digunakan
  5. ketepatan lembar kerja
  6. ketepatan intrumen evaluasi
Kriteria:

penilaian holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
menyusun RPL adiksi, bahan materi, LKPD, media dan evaluasi layanan responsif permasalahan adiksi
2 x 50
Terampil dalam menyusun intevensi responsif dalam bidang permasalahan adiksi
2 x 50
Materi: Intervensi adiksi
Pustaka: Nuryono, 2024. Cognitive Behavioral Counseling Vs Family Counseling: Which Motivational Interviewing Is More Effective to Reduce Game Addiction in Adolescents?

Materi: Model-Model Konseling Untuk Adiksi
Pustaka: Cavaiola, Alan A & Margareth Smith. 2020. A Comprehensive Guide To Addiction Theory and Counseling Techniques. New York: Taylor & Francis Group

Materi: Contoh-contoh penanganan kasus adiksi
Pustaka: Mometric Test Preparation. 2016.Addiction Counselor Exam SECRETS Study Guide Your Key to Exam Success. United States of America: Mometrix Media LLC.
10%

15

Minggu ke 15

Terampil dalam menyusun intevensi responsif dalam bidang permasalahan adiksi

  1. ketepatan deskripsi kasus
  2. ketepatan rencana intervensi
  3. ketepatan materi yang digunakan
  4. ketepatan media yang digunakan
  5. ketepatan lembar kerja
  6. ketepatan intrumen evaluasi
Kriteria:

penilaian holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
menyusun RPL adiksi, bahan materi, LKPD, media dan evaluasi layanan responsif permasalahan adiksi
2 x 50
menyusun RPL adiksi, bahan materi, LKPD, media dan evaluasi layanan responsif permasalahan adiksi
2 x 50
Materi: Intervensi adiksi
Pustaka: Hood, Daniel E. 2011. Addiction Treatment . USA : New Jersey

Materi: Model-Model Konseling Untuk Adiksi
Pustaka: Cavaiola, Alan A & Margareth Smith. 2020. A Comprehensive Guide To Addiction Theory and Counseling Techniques. New York: Taylor & Francis Group

Materi: Contoh layanan responsif untuk penanganan kasus-kasus adiksi
Pustaka: Mometric Test Preparation. 2016.Addiction Counselor Exam SECRETS Study Guide Your Key to Exam Success. United States of America: Mometrix Media LLC.
10%

16

Minggu ke 16

Terampil dalam menyusun intevensi responsif dalam bidang permasalahan adiksi

  1. ketepatan deskripsi kasus
  2. ketepatan rencana intervensi
  3. ketepatan materi yang digunakan
  4. ketepatan media yang digunakan
  5. ketepatan lembar kerja
  6. ketepatan intrumen evaluasi
Kriteria:

penilaian holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
menyusun RPL adiksi, bahan materi, LKPD, media dan evaluasi layanan responsif permasalahan adiksi
2 x 50
menyusun RPL adiksi, bahan materi, LKPD, media dan evaluasi layanan responsif permasalahan adiksi
2 x 50
Materi: Intervensi adiksi
Pustaka: Judith A Lewis.2011. Substance Abuse Counseling . USA : Cangage Learning

Materi: Contoh-contoh penanganan kasus pada adiksi
Pustaka: Mometric Test Preparation. 2016.Addiction Counselor Exam SECRETS Study Guide Your Key to Exam Success. United States of America: Mometrix Media LLC.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 15%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 65%
3. Praktik / Unjuk Kerja 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.