Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Pendidikan Geografi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Proposal Tugas Akhir

8710203041

T=0

P=3

ECTS=6.72

3

26 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




SUKMA PERDANA PRASETYA

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu melakukan komunikasi ilmiah melalui jurnal ilmiah, prosiding seminar, poster ilmiah, audio visual, dan komunikasi umum dalam berbagai bentuk

PLO-9

Menguasai dinamika permasalahan kewilayahan berdasakan konsep dan pendekatan ilmu geografi guna memecahkan pemasalahan penataan potensi wilayah dengan pemanfaatan teknologi geografi

Program Objectives (PO)

PO - 1

mampu menyusun kerangka penelitian proposal tesis

PO - 2

mampu mengembangkan kajian pustaka pada proposal tesis

PO - 3

mampu mengembangkan metode penelitian pada proposal tesis

PO - 4

mampu menyusun proposal tesis secara lengkap

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-9
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

KETUT PRASETYO

RINDAWATI

WIWIK SRI UTAMI

SRI MURTINI

MUZAYANAH

BAMBANG SIGIT WIDODO

NUGROHO HARI PURNOMO

AIDA KURNIAWATI

SUKMA PERDANA PRASETYA

LIDYA LESTARI SITOHANG

FAHMI FAHRUDIN FADIRUBUN

Dr. Lidya Lestari Sitohang, S.Si., M.Sc.

Dr. Lidya Lestari Sitohang, S.Si., M.Sc.

Prof. Dr. Ketut Prasetyo, M.S.

Prof. Dr. Ketut Prasetyo, M.S.

Dr. Nugroho Hari Purnomo, S.P., M.Si.

Dr. Nugroho Hari Purnomo, S.P., M.Si.

Prof. Dr. Rindawati, M.Si.

Prof. Dr. Rindawati, M.Si.

Dr. Aida Kurniawati, S.Pd., M.Si.

Dr. Aida Kurniawati, S.Pd., M.Si.

Dr. Sukma Perdana Prasetya, S.Pd., M.T.

Dr. Sukma Perdana Prasetya, S.Pd., M.T.

Dr. Sri Murtini, M.Si.

Dr. Sri Murtini, M.Si.

Dr. Muzayanah, S.T., M.T.

Dr. Muzayanah, S.T., M.T.

Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd.

Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd.

Prof. Dr. Wiwik Sri Utami, M.P.

Prof. Dr. Wiwik Sri Utami, M.P.

Dr. Fahmi Fahrudin Fadirubun, M.Pd

Dr. Fahmi Fahrudin Fadirubun, M.Pd

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


6%

2

Minggu ke 2


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


6%

3

Minggu ke 3

mampu menyusun kerangka penelitian proposal tesis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


6%

4

Minggu ke 4

mampu menyusun kerangka penelitian proposal tesis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


6%

5

Minggu ke 5

mampu mengembangkan kajian pustaka pada proposal tesis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


6%

6

Minggu ke 6

mampu mengembangkan kajian pustaka pada proposal tesis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


6%

7

Minggu ke 7


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


7%

8

Minggu ke 8

UTS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes


7%

9

Minggu ke 9

mampu mengembangkan metode penelitian pada proposal tesis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


7%

10

Minggu ke 10

mampu mengembangkan metode penelitian pada proposal tesis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


7%

11

Minggu ke 11


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


7%

12

Minggu ke 12

mampu mengembangkan metode penelitian pada proposal tesis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


7%

13

Minggu ke 13

mampu mengembangkan metode penelitian pada proposal tesis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


7%

14

Minggu ke 14


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


7%

15

Minggu ke 15


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


7%

16

Minggu ke 16

mampu menyusun proposal tesis secara lengkap


Bentuk Penilaian :
Tes


1%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 95.5%
2. Tes 4.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.