Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Ekonomi Kerakyatan

8700302010

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=5.04

1

15 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Nurida Canda Sakti, M.Si




Prof. Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai filosofi ilmu ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan baru pada bidang pendidikan ekonomi yang logis, kritis, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.

PLO-6

Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS.

PLO-7

Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau penciptaan karya kreatif, original, dan teruji dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah.

PLO-8

Menguasai filosofi teori manajerial serta mengembangkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menafsirkan konsep dan teori Ekonomi Kerakyatan

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis pasal-pasal dalam UUD NRI Th 1945 yang menjadi dasar hukum penerapan ekonomi kerakyatan

PO - 3

Mahasiswa mampu menghubungkan kebijakan Pemerintah yang berbasis pada kesejahteraan masyarakat dan penerapannya pada perekonomian nasional yang meningkatkan kesejahteraan rakyat.

PO - 4

Mahasiswa mampu mengelaborasi berbagai pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam menggerakan kegiatan perekonomi kerakyatan.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1      
PO-2      
PO-3   
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Ekonomi Kerakyatan Indonesia ini memperdalam pemahaman tentang konsep dan praktik-praktik kegiatan ekonomi yang berorientasi pada Sistem Perekonomi Indonesia yang menunjang peningkatan kesejahteraan rakyat, termasuk peran koperasi, usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta kebijakan Pemerintah yang mendukung kegiatan ekonomi yang berbasis kerakyatan. Selain itu, mata kuliah ini dirancang untuk menganalisis prinsip-prinsip ekonomi kerakyatan, model pembangunan yang inklusif, serta mengevaluasi tantangan dan peluang dengan mendalam tentang isue-isue perekonomi di era globalisasi. Case Study Based Learning yang relevan dengan pembahasan kajiannya. Penilaian didasarkan pada semangat partisipatif, penugasan, dan tes serta non tes.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Robert Boyer. (2020). The Future of Economics Growth: As New Becomes Old. Houston: Pentice Hill
  2. 2. Alain DJ dan Elisabeth. (2021). Development Economics: Theory and practice. California: University Press, Inc.
  3. 3. Mubyarto, dkk. (2014). Ekonomi Kerakyatan. Yogyakarta: Lembaga Suluh Nusantara
  4. 4. Hill, Hal. (2000). The Indonesian Economy, Second Edition, Cambridge: University Press.
  5. 5. Panennungi, Maddaremmeng. 2017. Transformasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
  6. 6. Sri Edi Swasono (2010). Kembali ke pasal 33 UUD 1945: Menolak liberalisme. Jakarta: Yayasan Hatta.
  7. 7. Pangestu, Mari, dkk (Ed). 2003. Indonesia dan Tantangan Ekonomi Global. Jakarta: CSIS Book.
  8. 8. Bappenas. (2012). Infrastructure Development Strategy in Indonesia. Jakarta: Book
  9. 9. Sekretariat Negara. (1999). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta: Setneg

Pendukung :

  1. Nika, H.H dan Fandhi G. (2021). Eksistensi Ekonomi Kerakyatan di Tengah Pandemi.
  2. 2. Froyen, Richard T. (2013). Macroeconomics, Theories and Policies. 10thEdition. Kendallville: Pearson, USA.
  3. 3. Subroto, WT. (2015). Revitalization of Pancasila Economic System in the Globalization Era. International Journal of Economics and Financial Issues, 2015, 5(4), 860-867.
  4. 4. Subroto, WT. Roesminingsih, MV. Yatim R, Wahyu S. (2017) . Perception of Society toward Populist Economic Policy for Development Economic: Empirical Research in East Java. International Journal of Economics and Financial Issues, 2017, 7(5), 1-5.

Dosen Pengampu

Prof.Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd.

Dr. Norida Canda Sakti, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan teori-teori ekonomi kerakyatan

  1. • Menganalisis konsep dan teori ekonomi kerakyatan
  2. • Mengidentifikan teori-teori ekonomi kerakyatan
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
120 menit
Ceramah dan Diskusi review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional
120 menit
Materi: Konsep dan Teori Ekonomi Kerakyatan.
Pustaka: 1. Robert Boyer. (2020). The Future of Economics Growth: As New Becomes Old. Houston: Pentice Hill

Materi: Konsep dan Teori Ekonomi Kerakyatan.
Pustaka: 2. Alain DJ dan Elisabeth. (2021). Development Economics: Theory and practice. California: University Press, Inc.

Materi: Konsep dan Teori Ekonomi Kerakyatan.
Pustaka: 3. Mubyarto, dkk. (2014). Ekonomi Kerakyatan. Yogyakarta: Lembaga Suluh Nusantara

Materi: Konsep dan Teori Ekonomi Kerakyatan.
Pustaka: 4. Hill, Hal. (2000). The Indonesian Economy, Second Edition, Cambridge: University Press.

Materi: Konsep dan Teori Ekonomi Kerakyatan.
Pustaka: 5. Panennungi, Maddaremmeng. 2017. Transformasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Materi: Konsep dan Teori Ekonomi Kerakyatan.
Pustaka: 6. Sri Edi Swasono (2010). Kembali ke pasal 33 UUD 1945: Menolak liberalisme. Jakarta: Yayasan Hatta.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengelaborasi Sistem Perekonomian di Indonesia berdasarkan UUD NRI tahun 1945.

  1. • Menganalisis dasar hukum sistem perekonomian di Indonesia.
  2. • Menganalisis dasar hukum sistem perekonomian di Indonesia. • Mengidentifikasi pasal-pasal dalam UUD NRI tahun 1945 yang menjadi dasar Sistem Ekonomi kerakyatan
  3. • Menerapkan pasal-pasal dalam UUD NRI tahun 1945 yang menjadi dasar dalam pelaksanaan sistem perekonomian di Indonesia.
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ buku.
120 menit
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ buku.
120 menit
Materi: Sistem Perekonomian Indonesia, menurut UUD RI Tahun 1945.
Pustaka: 4. Hill, Hal. (2000). The Indonesian Economy, Second Edition, Cambridge: University Press.

Materi: Sistem Perekonomian Indonesia, menurut UUD RI Tahun 1945.
Pustaka: 5. Panennungi, Maddaremmeng. 2017. Transformasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Materi: Sistem Perekonomian Indonesia, menurut UUD RI Tahun 1945.
Pustaka: 6. Sri Edi Swasono (2010). Kembali ke pasal 33 UUD 1945: Menolak liberalisme. Jakarta: Yayasan Hatta.

Materi: Sistem Perekonomian Indonesia, menurut UUD RI Tahun 1945.
Pustaka: 7. Pangestu, Mari, dkk (Ed). 2003. Indonesia dan Tantangan Ekonomi Global. Jakarta: CSIS Book.

Materi: Sistem Perekonomian Indonesia, menurut UUD RI Tahun 1945.
Pustaka: 8. Bappenas. (2012). Infrastructure Development Strategy in Indonesia. Jakarta: Book

Materi: Sistem Perekonomian Indonesia, menurut UUD RI Tahun 1945.
Pustaka: 9. Sekretariat Negara. (1999). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta: Setneg
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengelaborasi kebijakan Pemerinyah yang berbasis ekonomi kerakyatan

  1. Menjelaskan berbagai kebijakan Pemerintah yang mendorong kegiatan ekonomi kerakyatan.
  2. Mengidentifikasi berbagai kebijakan yang tertuang pada Peraturan Pemerintah untuk mendorong kegiatan ekonomi kerakyatan.
  3. Mendeskripsikan dampak kebijakan pemerintah dalam menunjang ekonomi kerakyatan.
Kriteria:

Penguasaan topik dan kesesuaian dengan kajiannya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Brainstorming, dan review artikel/buku/
120 menit
Ceramah dan review artikel/buku/
buku series
120 menit
Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 3. Mubyarto, dkk. (2014). Ekonomi Kerakyatan. Yogyakarta: Lembaga Suluh Nusantara

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 4. Hill, Hal. (2000). The Indonesian Economy, Second Edition, Cambridge: University Press.

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 5. Panennungi, Maddaremmeng. 2017. Transformasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 6. Sri Edi Swasono (2010). Kembali ke pasal 33 UUD 1945: Menolak liberalisme. Jakarta: Yayasan Hatta.

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 7. Pangestu, Mari, dkk (Ed). 2003. Indonesia dan Tantangan Ekonomi Global. Jakarta: CSIS Book.

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 8. Bappenas. (2012). Infrastructure Development Strategy in Indonesia. Jakarta: Book
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mempredikasi pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam menunjang ekonomi kerakyatan.

  1. • Mengidentifikasi karakteristik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
  2. • Menganalisis pemberdayaan terhadap UMKM, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  3. • Mendeskripsikan dampak pemberdayaan UMKM terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  4. • Membandingkan peran UMKM dan wiraswasta (entreprenurship) dalam kegiatan ekonomi kerakyatan
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan Brainstorming serta review artikel/buku
120 menit
Diskusi dan review artikel/buku
120 menit
Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 1. Robert Boyer. (2020). The Future of Economics Growth: As New Becomes Old. Houston: Pentice Hill

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 2. Alain DJ dan Elisabeth. (2021). Development Economics: Theory and practice. California: University Press, Inc.

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 3. Mubyarto, dkk. (2014). Ekonomi Kerakyatan. Yogyakarta: Lembaga Suluh Nusantara

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 4. Hill, Hal. (2000). The Indonesian Economy, Second Edition, Cambridge: University Press.

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 6. Sri Edi Swasono (2010). Kembali ke pasal 33 UUD 1945: Menolak liberalisme. Jakarta: Yayasan Hatta.

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 7. Pangestu, Mari, dkk (Ed). 2003. Indonesia dan Tantangan Ekonomi Global. Jakarta: CSIS Book.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menyimpulkan prinsip-prinsip dan teori tentang ekonomi kerakyatan.

  1. • Menjelaskan tentang prinsip-prinsip ekonomi kerakyatan
  2. • Mengidentifikan aktifitas ekonomi yang berbasis pada ekonomi kerakyatan .
  3. • Mendeskripsikan prinsip ekonomi kerakyatan pada kegiatan ekonomi secara nasional
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Brainstorming dan review artikel/buku/
120 menit
Brainstorming dan review artikel/buku/
120 menit
Materi: Prinsip-prinsip penerapan ekonomi kerakyatan.
Pustaka: 4. Hill, Hal. (2000). The Indonesian Economy, Second Edition, Cambridge: University Press.

Materi: Prinsip-prinsip penerapan ekonomi kerakyatan.
Pustaka: 5. Panennungi, Maddaremmeng. 2017. Transformasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Materi: Prinsip-prinsip penerapan ekonomi kerakyatan.
Pustaka: 6. Sri Edi Swasono (2010). Kembali ke pasal 33 UUD 1945: Menolak liberalisme. Jakarta: Yayasan Hatta.

Materi: Prinsip-prinsip penerapan ekonomi kerakyatan.
Pustaka: 7. Pangestu, Mari, dkk (Ed). 2003. Indonesia dan Tantangan Ekonomi Global. Jakarta: CSIS Book.

Materi: Prinsip-prinsip penerapan ekonomi kerakyatan.
Pustaka: 8. Bappenas. (2012). Infrastructure Development Strategy in Indonesia. Jakarta: Book

Materi: Prinsip-prinsip penerapan ekonomi kerakyatan.
Pustaka: 9. Sekretariat Negara. (1999). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta: Setneg
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memprediksi dampak pembangunan inklusi pada masyarakat.

  1. • Mendeskripsikan penerapan pembangunan inklusi
  2. • Mengidentifikan manfaat pembangunan inklusi pada masyarakat luas.
  3. Menganalisis kebutuhan masyarakat dalam pembangunan inklusi.
Kriteria:

Penguasaan topik kajian Ketepatan, dan kesesuaiannya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dalam pendekatan Case Study Methods /
120 menit
Diskusi dalam pendekatan Case Study Methods /
120 menit
Materi: Model Pembangunan inklusif yang berbasis ekonomi kerakyatan.
Pustaka: 1. Robert Boyer. (2020). The Future of Economics Growth: As New Becomes Old. Houston: Pentice Hill

Materi: Model Pembangunan inklusif yang berbasis ekonomi kerakyatan.
Pustaka: 2. Alain DJ dan Elisabeth. (2021). Development Economics: Theory and practice. California: University Press, Inc.

Materi: Model Pembangunan inklusif yang berbasis ekonomi kerakyatan.
Pustaka: 3. Mubyarto, dkk. (2014). Ekonomi Kerakyatan. Yogyakarta: Lembaga Suluh Nusantara

Materi: Model Pembangunan inklusif yang berbasis ekonomi kerakyatan.
Pustaka: 6. Sri Edi Swasono (2010). Kembali ke pasal 33 UUD 1945: Menolak liberalisme. Jakarta: Yayasan Hatta.

Materi: Model Pembangunan inklusif yang berbasis ekonomi kerakyatan.
Pustaka: 7. Pangestu, Mari, dkk (Ed). 2003. Indonesia dan Tantangan Ekonomi Global. Jakarta: CSIS Book.

Materi: Model Pembangunan inklusif yang berbasis ekonomi kerakyatan.
Pustaka: 8. Bappenas. (2012). Infrastructure Development Strategy in Indonesia. Jakarta: Book
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menghubungkan peran UMKM dan peran koperasi dalam ekonomi kerakyatan.

  1. • Menjelaskan peran UMKM dan koperasi dalam ekonomi kerakyatan.
  2. • Mengidentifikan UMKM dalam ekonomi kerakyatan
  3. Menganlisis peran koperasi dalam ekonomi kerakyatan
Kriteria:

Penguasaan topik kajiannya, Ketepatan, Dan kesesuaiannya.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dalam pendekatan Case Study Methods /
120 menit
Diskusi dalam pendekatan Case Study Methods /
120 menit
Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 3. Mubyarto, dkk. (2014). Ekonomi Kerakyatan. Yogyakarta: Lembaga Suluh Nusantara

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 4. Hill, Hal. (2000). The Indonesian Economy, Second Edition, Cambridge: University Press.

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 6. Sri Edi Swasono (2010). Kembali ke pasal 33 UUD 1945: Menolak liberalisme. Jakarta: Yayasan Hatta.

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 7. Pangestu, Mari, dkk (Ed). 2003. Indonesia dan Tantangan Ekonomi Global. Jakarta: CSIS Book.

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 8. Bappenas. (2012). Infrastructure Development Strategy in Indonesia. Jakarta: Book

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 9. Sekretariat Negara. (1999). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta: Setneg
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Ujian Tengah Semester

Kriteria:

Ujian Tengah Semester


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ujian Tengah Semester
120 menit
Ujian Tengah Semester
120 menit
Materi: Konsep dan Teori Ekonomi Kerakyatan.
Pustaka: 1. Robert Boyer. (2020). The Future of Economics Growth: As New Becomes Old. Houston: Pentice Hill

Materi: Sistem Perekonomian Indonesia, menurut UUD RI Tahun 1945.
Pustaka: 2. Alain DJ dan Elisabeth. (2021). Development Economics: Theory and practice. California: University Press, Inc.

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 3. Mubyarto, dkk. (2014). Ekonomi Kerakyatan. Yogyakarta: Lembaga Suluh Nusantara
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mengelaborasi kebijakan Pemerintahan dalam menunjang aktifitas ekonomi kerakyatan

  1. • Mendeskripsikan peran kebijakan Pemerintah dalam perekonomian rakyat.
  2. • Mengidentifikasi dampak kebijakan Pemerintah dalam mendorong ekonomi kerakyatan
  3. Menjelaskan peran Peraturan Pemerintah dalam mendorong ekonomi kerakyatan.
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan review artikel/buku/
buku series
120 menit
Ceramah dan review artikel/buku/
buku series
120 menit
Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 3. Mubyarto, dkk. (2014). Ekonomi Kerakyatan. Yogyakarta: Lembaga Suluh Nusantara

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 4. Hill, Hal. (2000). The Indonesian Economy, Second Edition, Cambridge: University Press.

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 5. Panennungi, Maddaremmeng. 2017. Transformasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 6. Sri Edi Swasono (2010). Kembali ke pasal 33 UUD 1945: Menolak liberalisme. Jakarta: Yayasan Hatta.

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 7. Pangestu, Mari, dkk (Ed). 2003. Indonesia dan Tantangan Ekonomi Global. Jakarta: CSIS Book.

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 8. Bappenas. (2012). Infrastructure Development Strategy in Indonesia. Jakarta: Book
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu membandingkan dan mengelaborasi peran koperasi dalam mendukung ekonomi kerakyatan.

  1. Mendeskripsikan peran Koperasi dalam menunjang ekonomi kerakyatan.
  2. • Menjelaskan manfaat koperasi dalam UMKM
  3. • Mengidentifikasi pemberdayaan koperasi dalam era globalisasi
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan review artikel/buku/
buku series
120 menit
Ceramah dan review artikel/buku/
buku series
120 menit
Materi: Peran koperasi dalam mendukung ekonomi kerakyatan.
Pustaka: 3. Mubyarto, dkk. (2014). Ekonomi Kerakyatan. Yogyakarta: Lembaga Suluh Nusantara

Materi: Peran koperasi dalam mendukung ekonomi kerakyatan.
Pustaka: 4. Hill, Hal. (2000). The Indonesian Economy, Second Edition, Cambridge: University Press.

Materi: Peran koperasi dalam mendukung ekonomi kerakyatan.
Pustaka: 5. Panennungi, Maddaremmeng. 2017. Transformasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Materi: Peran koperasi dalam mendukung ekonomi kerakyatan.
Pustaka: 7. Pangestu, Mari, dkk (Ed). 2003. Indonesia dan Tantangan Ekonomi Global. Jakarta: CSIS Book.

Materi: Peran koperasi dalam mendukung ekonomi kerakyatan.
Pustaka: 8. Bappenas. (2012). Infrastructure Development Strategy in Indonesia. Jakarta: Book

Materi: Peran koperasi dalam mendukung ekonomi kerakyatan.
Pustaka: 9. Sekretariat Negara. (1999). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta: Setneg
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu mengelaborasi peran UMKM dalam mendukung kegiatan ekonomi kerakyatan.

  1. • Menjelaskan peran UMKM dalam mendorong kegiatan perekonomian masyarakat
  2. • Menghubungkan peran UMKM dan Koperasi dalam kegiatan ekonomi kerakyatan
  3. • Mendeskripsikan kegiatan UMKM dan koperasi dalam kegiatan perekonomian rakyat.
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dalam pendekatan Case Study Methods
120 menit
Diskusi dalam pendekatan Case Study Methods
120 menit
Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 3. Mubyarto, dkk. (2014). Ekonomi Kerakyatan. Yogyakarta: Lembaga Suluh Nusantara

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 4. Hill, Hal. (2000). The Indonesian Economy, Second Edition, Cambridge: University Press.

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 5. Panennungi, Maddaremmeng. 2017. Transformasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 6. Sri Edi Swasono (2010). Kembali ke pasal 33 UUD 1945: Menolak liberalisme. Jakarta: Yayasan Hatta.

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 7. Pangestu, Mari, dkk (Ed). 2003. Indonesia dan Tantangan Ekonomi Global. Jakarta: CSIS Book.

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 8. Bappenas. (2012). Infrastructure Development Strategy in Indonesia. Jakarta: Book
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memprediksi dampak pemberdayaan UMKM pada masyarakat.

  1. Mendeskripsikan pemberdayaan UMKM untuk mendukung ekonomi kerakyatan.
  2. • Mengidentifikasi hasil-hasil kebijakan Pemerintah dalam pemberdayaan UMKM untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat
  3. Menjelaskan peran pemberdayaan ekonomi kerakyatan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dan review artikel/ dan PjBL
120 menit
Diskusi dan review artikel dan PjBL.
120 menit
Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 1. Robert Boyer. (2020). The Future of Economics Growth: As New Becomes Old. Houston: Pentice Hill

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 2. Alain DJ dan Elisabeth. (2021). Development Economics: Theory and practice. California: University Press, Inc.

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 3. Mubyarto, dkk. (2014). Ekonomi Kerakyatan. Yogyakarta: Lembaga Suluh Nusantara

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 4. Hill, Hal. (2000). The Indonesian Economy, Second Edition, Cambridge: University Press.

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 5. Panennungi, Maddaremmeng. 2017. Transformasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Materi: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pustaka: 6. Sri Edi Swasono (2010). Kembali ke pasal 33 UUD 1945: Menolak liberalisme. Jakarta: Yayasan Hatta.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memprediksi kondisi empiris perekonomian global

  1. • Menjelaskan kondisi empiris yang terjadi dalam perekonomi global.
  2. • Menganalisis pengaruh ekonomi global terhadap ekonomi kerakyatan.
  3. Memprediksi peran ekonomi kerakyatan terhadap perekonomian nasional.
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan review artikel/buku
120 menit
Ceramah dan review artikel/buku
120 menit
Materi: Peluang dan tantangan perekonomian di era globalisasi.
Pustaka: 1. Robert Boyer. (2020). The Future of Economics Growth: As New Becomes Old. Houston: Pentice Hill

Materi: Peluang dan tantangan perekonomian di era globalisasi.
Pustaka: 2. Alain DJ dan Elisabeth. (2021). Development Economics: Theory and practice. California: University Press, Inc.

Materi: Peluang dan tantangan perekonomian di era globalisasi.
Pustaka: 3. Mubyarto, dkk. (2014). Ekonomi Kerakyatan. Yogyakarta: Lembaga Suluh Nusantara

Materi: Peluang dan tantangan perekonomian di era globalisasi.
Pustaka: 4. Hill, Hal. (2000). The Indonesian Economy, Second Edition, Cambridge: University Press.

Materi: Peluang dan tantangan perekonomian di era globalisasi.
Pustaka: 5. Panennungi, Maddaremmeng. 2017. Transformasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Materi: Peluang dan tantangan perekonomian di era globalisasi.
Pustaka: 6. Sri Edi Swasono (2010). Kembali ke pasal 33 UUD 1945: Menolak liberalisme. Jakarta: Yayasan Hatta.

Materi: Peluang dan tantangan perekonomian di era globalisasi.
Pustaka: 7. Pangestu, Mari, dkk (Ed). 2003. Indonesia dan Tantangan Ekonomi Global. Jakarta: CSIS Book.

Materi: Peluang dan tantangan perekonomian di era globalisasi.
Pustaka: 8. Bappenas. (2012). Infrastructure Development Strategy in Indonesia. Jakarta: Book
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mengembangkan riset-riset terkait penerapan ekonomi kerakyatan

  1. • Menjelaskan topik-topik actual yang layak dilaksanakan untuk dilaksanakan riset- riset dalam ekonomi kerakyatan. • Menyusun proposal riset dalam ekonomi kerakyatan. • Menyusun laporan riset yang tertuang dalam artikel ilmiah dalam konteks ekonomi kerakyatan.
  2. • Menyusun proposal riset dalam ekonomi kerakyatan.
  3. Menyusun laporan riset yang tertuang dalam artikel ilmiah dalam konteks ekonomi kerakyatan.
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penulisan artikel ilmiah
120 menit
Penulisan artikel ilmiah
120 menit
Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 3. Mubyarto, dkk. (2014). Ekonomi Kerakyatan. Yogyakarta: Lembaga Suluh Nusantara

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 4. Hill, Hal. (2000). The Indonesian Economy, Second Edition, Cambridge: University Press.

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 5. Panennungi, Maddaremmeng. 2017. Transformasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 6. Sri Edi Swasono (2010). Kembali ke pasal 33 UUD 1945: Menolak liberalisme. Jakarta: Yayasan Hatta.

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 7. Pangestu, Mari, dkk (Ed). 2003. Indonesia dan Tantangan Ekonomi Global. Jakarta: CSIS Book.

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 8. Bappenas. (2012). Infrastructure Development Strategy in Indonesia. Jakarta: Book

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 9. Sekretariat Negara. (1999). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta: Setneg
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan dalam menulis artikel ilmiah hasil penelitian untuk publikasi di jurnal internasional.

  1. • Menyusun artikel ilmiah sebagai hasil penelitian di bidang ekonomi kerakyatan.
  2. • Mengidentifikan jurnal-jurnal internasional yang sesuai dengan topiknya.
  3. Melakukan submitted artikel hasil penelitian pada jurnal internasional.
Kriteria:

Artikel yang disusun untk publikasi di jurnal internasional.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
submited pada jurnal internasional.
120 menit
submited pada jurnal internasional.
120 menit
Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 3. Mubyarto, dkk. (2014). Ekonomi Kerakyatan. Yogyakarta: Lembaga Suluh Nusantara

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 4. Hill, Hal. (2000). The Indonesian Economy, Second Edition, Cambridge: University Press.

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 5. Panennungi, Maddaremmeng. 2017. Transformasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 6. Sri Edi Swasono (2010). Kembali ke pasal 33 UUD 1945: Menolak liberalisme. Jakarta: Yayasan Hatta.

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 7. Pangestu, Mari, dkk (Ed). 2003. Indonesia dan Tantangan Ekonomi Global. Jakarta: CSIS Book.

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 8. Bappenas. (2012). Infrastructure Development Strategy in Indonesia. Jakarta: Book

Materi: Kebijakan Pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan rakyat
Pustaka: 9. Sekretariat Negara. (1999). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta: Setneg
5%

16

Minggu ke 16

Kemampuan akhir dari TM 9 sampai TM 15

Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ujian Akhir Semester
120 menit
Ujian Akhir Semester
120 menit
Materi: Model Pembangunan inklusif yang berbasis ekonomi kerakyatan.
Pustaka: 4. Hill, Hal. (2000). The Indonesian Economy, Second Edition, Cambridge: University Press.

Materi: Peran koperasi dalam mendukung ekonomi kerakyatan.
Pustaka: 5. Panennungi, Maddaremmeng. 2017. Transformasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Materi: Peluang dan tantangan perekonomian di era globalisasi.
Pustaka: 6. Sri Edi Swasono (2010). Kembali ke pasal 33 UUD 1945: Menolak liberalisme. Jakarta: Yayasan Hatta.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 65%
2. Praktik / Unjuk Kerja 20%
3. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.