
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengumpulan dan Analisis Data Science |
5720104168 |
|
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
5 |
7 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-12 |
Mampu memahami konsep, metode, teknik dan tahapan big data, data mining, dan kecerdasan buatan serta visualisasi data sebagai pengetahuan yang berkaitan dengan teknologi informasi |
PLO-15 |
Mampu memahami, menganalisis, menilai, dan mengevaluasi sistem informasi dalam mengelola data dan informasi bisnis serta merekomendasikan pengambilan keputusan dengan memperhatikan hukum kode etik dalam penggunaan informasi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat menerapkan metode dan teknik pengumpulan data dalam konteks nyata untuk mendukung analisis data
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat menganalisis dan memecah struktur data yang kompleks untuk memahami pola dan tren yang ada
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas teknik data mining yang digunakan dalam studi kasus tertentu
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat menciptakan solusi inovatif dengan mengintegrasikan teknik big data dan kecerdasan buatan dalam proyek nyata
|
PO - 5 |
Mahasiswa dapat menerapkan konsep visualisasi data untuk meningkatkan pemahaman dan presentasi hasil analisis data
|
PO - 6 |
Mahasiswa dapat menganalisis sistem informasi dalam konteks pengelolaan data dan informasi bisnis
|
PO - 7 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi sistem informasi dengan mempertimbangkan aspek hukum dan etika dalam penggunaan informasi
|
PO - 8 |
Mahasiswa dapat menciptakan rekomendasi pengambilan keputusan berdasarkan analisis data yang dilakukan
|
PO - 9 |
Mahasiswa dapat menerapkan teknik analisis data untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi dalam pengambilan keputusan bisnis
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-12 | PLO-15 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | | PO-3 | ✔ | | PO-4 | ✔ | | PO-5 | ✔ | | PO-6 | | ✔ | PO-7 | | ✔ | PO-8 | | ✔ | PO-9 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Pengumpulan Dan Analisis Data Science bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data untuk mendukung pengambilan keputusan dalam konteks ilmu data science. Ruang lingkup mata kuliah mencakup teknik pengumpulan data, teknik analisis data, visualisasi data, serta penerapan algoritma dan metode statistik dalam mengolah data untuk mendapatkan informasi yang bernilai. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metode dan teknik pengumpulan data secara efektif dalam situasi nyata untuk mendukung analisis data. |
- Kemampuan memilih metode pengumpulan data yang sesuai
- Kemampuan mengimplementasikan teknik pengumpulan data dengan benar
- Kemampuan menganalisis kualitas data yang terkumpul
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek. 4 X 50 |
Diskusi daring tentang penerapan metode pengumpulan data dalam studi kasus tertentu 4 X50 |
Materi: Pengertian pengumpulan data, Metode pengumpulan data primer dan sekunder, Teknik pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif, Proses validasi data Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengimplementasikan metode dan teknik pengumpulan data secara efektif dalam konteks nyata untuk mendukung analisis data. |
- Kemampuan mengidentifikasi metode pengumpulan data yang sesuai
- Kemampuan mengaplikasikan teknik pengumpulan data dengan benar
- Kemampuan menganalisis kevalidan data yang terkumpul
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek. 4 X 50 |
Penugasan Proyek Online 4 X 50 |
Materi: Pengumpulan data primer, Pengumpulan data sekunder, Survei dan wawancara, Observasi dan eksperimen Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai kemampuan analisis data yang kompleks, memahami pola dan tren yang ada, serta mampu mengidentifikasi informasi penting dari data yang rumit. |
- analisis data kompleks
- identifikasi pola dan tren
- memahami struktur data
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 4 X 50 |
Tugas Analisis Data Kompleks 4 X 50 |
Materi: Konsep Analisis Data Kompleks, Metode Pemecahan Struktur Data, Pola dan Tren dalam Data Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi pola dan tren yang tersembunyi dalam data yang kompleks serta mampu menguraikan struktur data tersebut untuk memahami informasi yang terkandung di dalamnya. |
- Analisis pola data kompleks
- Pemecahan struktur data
- Pemahaman tren data
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 4 X 50 |
Tugas Analisis Data Kompleks 4 X 50 |
Materi: Konsep Analisis Data, Strategi Pemecahan Struktur Data, Teknik Identifikasi Pola dan Tren Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan mengkritisi teknik data mining yang digunakan dalam suatu studi kasus, serta mampu menyimpulkan keefektifan teknik tersebut dalam menghasilkan informasi yang relevan. |
- Analisis keefektifan teknik data mining
- Kemampuan evaluasi teknik data mining
- Kemampuan kritikal terhadap teknik data mining
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis proyek. 4 X 50 |
Diskusi daring tentang studi kasus data mining, Analisis kasus data mining secara individu 4 X 50 |
Materi: Konsep dasar data mining, Teknik data mining yang umum digunakan, Studi kasus penerapan data mining Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas teknik data mining yang digunakan dalam studi kasus tertentu. |
- Analisis efektivitas teknik data mining
- Penerapan teknik data mining dalam studi kasus
- Kemampuan evaluasi
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 4 X 50 |
Pengumpulan dan Analisis Data pada Studi Kasus Tertentu 4 X 50 |
Materi: Pengantar Data Mining, Teknik Data Mining, Studi Kasus dalam Data Mining, Evaluasi Efektivitas Teknik Data Mining Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif dengan mengintegrasikan teknik big data dan kecerdasan buatan dalam proyek nyata. |
- Integrasi teknik big data dan kecerdasan buatan dalam proyek
- Kreativitas dalam menciptakan solusi inovatif
- Penerapan pengetahuan analisis data dan kecerdasan buatan
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek. 4 X 50 |
Pengumpulan dan Analisis Data pada Kasus Studi 4 X 50 |
Materi: Pengenalan Teknik Big Data, Pengantar Kecerdasan Buatan, Studi Kasus Proyek Integrasi Big Data dan AI Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang teknik big data dan kecerdasan buatan untuk menciptakan solusi inovatif dalam proyek nyata. |
- UTS
- Kesesuaian solusi dengan kebutuhan proyek
|
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
UTS 4 X 50 |
UTS 4 X 50 |
Materi: UTS Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif dengan mengintegrasikan teknik big data dan kecerdasan buatan dalam proyek nyata. |
- Integrasi teknik big data dan kecerdasan buatan dalam proyek
- Kreativitas dalam menciptakan solusi inovatif
- Penerapan konsep big data dan kecerdasan buatan
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek. 4 X 50 |
Pengembangan Proyek Integrasi Big Data dan Kecerdasan Buatan 4 X 50 |
Materi: Konsep Big Data, Teknik Kecerdasan Buatan, Integrasi Big Data dan Kecerdasan Buatan dalam Proyek Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai konsep visualisasi data dan dapat mengaplikasikannya dalam presentasi hasil analisis data dengan baik. |
- Kemampuan membuat visualisasi data yang informatif
- Kemampuan menjelaskan visualisasi data dengan jelas
- Kemampuan menyajikan hasil analisis data secara visual
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek. 4 X 50 |
Pengumpulan dan analisis data dari dataset yang diberikan, kemudian membuat visualisasi data berdasarkan hasil analisis tersebut. 4 X 50 |
Materi: Konsep visualisasi data, Teknik visualisasi data, Penerapan visualisasi data dalam presentasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep visualisasi data untuk meningkatkan pemahaman dan presentasi hasil analisis data. |
- Pemahaman konsep visualisasi data
- Kemampuan membuat visualisasi data yang informatif
- Kemampuan menyajikan hasil analisis data secara visual
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktik langsung dalam membuat visualisasi data. 4 X 50 |
Membuat visualisasi data berdasarkan dataset yang diberikan dan menyajikannya dalam format presentasi online 4 X 50 |
Materi: Konsep visualisasi data, Jenis-jenis visualisasi data, Tools untuk visualisasi data, Best practices dalam visualisasi data Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis sistem informasi dalam konteks pengelolaan data dan informasi bisnis dengan baik dan dapat mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam situasi bisnis nyata. |
- Analisis Sistem Informasi Bisnis
- Pengelolaan Data Bisnis
- Penerapan Keputusan Bisnis
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 4 X 50 |
Diskusi Online, Studi Kasus Online 4 X 50 |
Materi: Konsep Analisis Sistem Informasi, Pengelolaan Data Bisnis, Keputusan Bisnis Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi sistem informasi dengan mempertimbangkan aspek hukum dan etika dalam penggunaan informasi. |
- Pemahaman tentang aspek hukum dalam sistem informasi
- Kemampuan menganalisis dampak etika dalam penggunaan informasi
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
Diskusi, studi kasus, dan presentasi. 4 X 50 |
Diskusi daring tentang studi kasus evaluasi sistem informasi
|
Materi: Hukum dan regulasi dalam sistem informasi, Etika dalam penggunaan informasi, Studi kasus evaluasi sistem informasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan rekomendasi pengambilan keputusan yang berdasarkan analisis data yang telah dilakukan. |
- Kemampuan menganalisis data dengan tepat
- Kemampuan mengidentifikasi pola dan tren dalam data
- Kemampuan menyusun rekomendasi berdasarkan analisis data
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek. 4 X 50 |
Penugasan proyek berbasis data untuk menciptakan rekomendasi pengambilan keputusan 4 X 50 |
Materi: Proses Pengambilan Keputusan, Analisis Data, Rekomendasi Berdasarkan Data Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi kebutuhan informasi dalam pengambilan keputusan bisnis menggunakan teknik analisis data. |
- Analisis kebutuhan informasi dalam pengambilan keputusan bisnis menggunakan data
- Penerapan teknik analisis data dalam konteks pengambilan keputusan bisnis
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek. 4 X 50 |
Penugasan Proyek 4 X 50 |
Materi: Pengambilan Keputusan Bisnis, Teknik Analisis Data, Kebutuhan Informasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UAS 4 X 50 |
|
Materi: UAS Pustaka: |
20% |