
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI |
8500103017 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
3 |
7 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
TIM MBKM
|
TIM MBKM
|
Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan.
|
PO - 2 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi dan berkolaborasi.
|
PO - 3 |
Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang Pendidikan Jasmani dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
|
PO - 4 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PO-1 | ✔ | PO-2 | ✔ | PO-3 | ✔ | PO-4 | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Penjabaran implementasi penggunaan model pembelajaran PJOK dikaitkan denga kurikulum yang belakau ( 2013 atau Kurikulum Merdeka). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- kurikulum pendidikan Nasional 2013
- Kurikulum Merdeka Belajar
- Buku dan Jurnal tentang Perkembangan peserta didik
- Buku dan jurnal Model Pembelajaran
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Drs. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan beberapa KI dan KD , indicator dan capaian pemnbelajaran PJOK di semua jenjang sekolah. |
- Menjelaskan beberapa KI dan KD , indicator dan capaian pemnbelajaran PJOK di semua jenjang sekolah.
- Menjelaskan tujuan Pembelajaran PJOK Memiliki akses dengan guru PJOK di masing2 jenjang sekolah
- Menjelaskan tujuan Pembelajaran PJOK
- Memiliki akses dengan guru PJOK di masing2 jenjang
|
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah tatap muka 100 menit |
Kuliah tatap muka secara maya melalui LMS atau zoom
|
Materi: kurikulum merdeka Pustaka: kurikulum pendidikan Nasional 2013 |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan beberapa KI dan KD , indicator dan capaian pemnbelajaran PJOK di semua jenjang sekolah. |
- Menjelaskan beberapa KI dan KD , indicator dan capaian pemnbelajaran PJOK di semua jenjang sekolah.
- Menjelaskan tujuan Pembelajaran PJOK Memiliki akses dengan guru PJOK di masing2 jenjang sekolah
- Menjelaskan tujuan Pembelajaran PJOK
- Memiliki akses dengan guru PJOK di masing2 jenjang
|
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah tatap muka 100 menit |
Kuliah tatap muka secara maya melalui LMS atau zoom
|
Materi: kurikulum merdeka Pustaka: kurikulum pendidikan Nasional 2013 |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan beberapa KI dan KD , indicator dan capaian pemnbelajaran PJOK di semua jenjang sekolah. |
- Menjelaskan beberapa KI dan KD , indicator dan capaian pemnbelajaran PJOK di semua jenjang sekolah.
- Menjelaskan tujuan Pembelajaran PJOK Memiliki akses dengan guru PJOK di masing2 jenjang sekolah
- Menjelaskan tujuan Pembelajaran PJOK
- Memiliki akses dengan guru PJOK di masing2 jenjang
|
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah tatap muka 100 menit |
Kuliah tatap muka secara maya melalui LMS atau zoom
|
Materi: kurikulum merdeka Pustaka: kurikulum pendidikan Nasional 2013 |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami, Model Pembelajaran tujuan, manfaat dan pengembangan pembelajaran |
- Mampu menjelaskan Model Pembelajaran tujuan, manfaat dan pengembangan model pembelajaran
- Mampu menjelaskan ciri dan karakteristik peserta didik di masing2 jenjang
|
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah Tatap Muka
Discussion & tanya jawab
Membaca berbagai tulisan tentang inovasi dalam pembelajaran 100 |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara maya melalui LMS atau zoom
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami karakteristik dari masing peserta didik di semua jemjang (SD,SMP,SMA dan yang sederajat) |
Menjelaskan pola gerak locomotor, manipulasi dan non locomotor serta pola grak dasar yang dikembangkan dalam pembelajaran PJOK |
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah Tatap Muka
Membaca berbagai tulisan tentang pola gerak dasar dan psikologi olahraga, psikologi pendidikan dan psikologi perkembangan. 100 |
|
Materi: Psikologi Olahraga, psikologi pendidikan dan psikologi perkembangan Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mencermati Sandart Operasional Pembelajaran (SOP) dari masing2 model Pembelajaran |
Menjelaskan dan menjabarkan SOP Model 2 pembelajaran |
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Membaca jurnal dan buku model pembelajaran 100 |
|
Materi: Pengembangan model pembelajaran Pustaka: Buku dan jurnal Model Pembelajaran |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mencermati Sandart Operasional Pembelajaran (SOP) dari masing2 model Pembelajaran |
Menjelaskan dan menjabarkan SOP Model 2 pembelajaran |
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Membaca jurnal dan buku model pembelajaran 100 |
|
Materi: Pengembangan model pembelajaran Pustaka: Buku dan jurnal Model Pembelajaran |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mencermati Sandart Operasional Pembelajaran (SOP) dari masing2 model Pembelajaran |
Menjelaskan dan menjabarkan SOP Model 2 pembelajaran |
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Membaca jurnal dan buku model pembelajaran 100 |
|
Materi: Pengembangan model pembelajaran Pustaka: Buku dan jurnal Model Pembelajaran |
5% |
9
Minggu ke 9 |
|
Rubrik Penilaian UTS |
Kriteria:
Mahasiswa menguasai materi pertemuan 1-8 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
100 |
|
Materi: Materi 1-8 Pustaka: Buku dan jurnal Model Pembelajaran |
15% |
10
Minggu ke 10 |
Merencanakan bentuk pembelajaran PJOK di SD, SMP, SMA dan sederajat |
Menjelaskan pola grak dasar, teknik dasar permainan dalam pembelajaran PJOK |
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka 100 menit |
|
Materi: Gerak dasar locomotor, nonlocomotor dan manipulasi dalam olahraga Pustaka: Buku dan Jurnal tentang Perkembangan peserta didik |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Merencanakan bentuk pembelajaran PJOK di SD, SMP, SMA dan sederajat |
Menjelaskan pola grak dasar, teknik dasar permainan dalam pembelajaran PJOK |
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka 100 menit |
|
Materi: Gerak dasar locomotor, nonlocomotor dan manipulasi dalam olahraga Pustaka: Buku dan Jurnal tentang Perkembangan peserta didik |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Merencanakan bentuk pembelajaran PJOK di SD, SMP, SMA dan sederajat |
Menjelaskan pola grak dasar, teknik dasar permainan dalam pembelajaran PJOK |
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka 100 menit |
|
Materi: Gerak dasar locomotor, nonlocomotor dan manipulasi dalam olahraga Pustaka: Buku dan Jurnal tentang Perkembangan peserta didik |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Diskusi hasil rancangan pembelajaran |
Masing2 mempresentasikan hasil pengembangan model pembelajaran yang dibuat |
Kriteria:
Rubrik penilaian produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tatap Muka
Presentasi 100 |
|
Materi: Cabang olahraga yang dipilih bebas sesuai dengan yang termuat dalamn kurikulum Pustaka: Kurikulum Merdeka Belajar |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Diskusi hasil rancangan pembelajaran |
Masing2 mempresentasikan hasil pengembangan model pembelajaran yang dibuat |
Kriteria:
Rubrik penilaian produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tatap Muka
Presentasi 100 |
|
Materi: Cabang olahraga yang dipilih bebas sesuai dengan yang termuat dalamn kurikulum Pustaka: Kurikulum Merdeka Belajar |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Diskusi hasil rancangan pembelajaran |
Masing2 mempresentasikan hasil pengembangan model pembelajaran yang dibuat |
Kriteria:
Rubrik penilaian produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tatap Muka
Presentasi 100 |
|
Materi: Cabang olahraga yang dipilih bebas sesuai dengan yang termuat dalamn kurikulum Pustaka: Kurikulum Merdeka Belajar |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
Mahasiswa menguasai materi pertemuan 1-15 |
Kriteria:
- Rubrik penilaian UAS
- Rubrik penilaian partisipasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
|
|
|
15% |