Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

8500103017

T=2

P=0

ECTS=5.04

3

7 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




TIM MBKM




TIM MBKM




Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan.

PO - 2

Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi dan berkolaborasi.

PO - 3

Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang Pendidikan Jasmani dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.

PO - 4

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Penjabaran implementasi penggunaan model pembelajaran PJOK dikaitkan denga kurikulum yang belakau ( 2013 atau Kurikulum Merdeka).

Pustaka

Utama :

  1. kurikulum pendidikan Nasional 2013
  2. Kurikulum Merdeka Belajar
  3. Buku dan Jurnal tentang Perkembangan peserta didik
  4. Buku dan jurnal Model Pembelajaran

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Drs. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan beberapa KI dan KD , indicator dan capaian pemnbelajaran PJOK di semua jenjang sekolah.

  1. Menjelaskan beberapa KI dan KD , indicator dan capaian pemnbelajaran PJOK di semua jenjang sekolah.
  2. Menjelaskan tujuan Pembelajaran PJOK Memiliki akses dengan guru PJOK di masing2 jenjang sekolah
  3. Menjelaskan tujuan Pembelajaran PJOK
  4. Memiliki akses dengan guru PJOK di masing2 jenjang
Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah tatap muka
100 menit
Kuliah tatap muka secara maya melalui LMS atau zoom
Materi: kurikulum merdeka
Pustaka: kurikulum pendidikan Nasional 2013
5%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan beberapa KI dan KD , indicator dan capaian pemnbelajaran PJOK di semua jenjang sekolah.

  1. Menjelaskan beberapa KI dan KD , indicator dan capaian pemnbelajaran PJOK di semua jenjang sekolah.
  2. Menjelaskan tujuan Pembelajaran PJOK Memiliki akses dengan guru PJOK di masing2 jenjang sekolah
  3. Menjelaskan tujuan Pembelajaran PJOK
  4. Memiliki akses dengan guru PJOK di masing2 jenjang
Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah tatap muka
100 menit
Kuliah tatap muka secara maya melalui LMS atau zoom
Materi: kurikulum merdeka
Pustaka: kurikulum pendidikan Nasional 2013
5%

3

Minggu ke 3

Menjelaskan beberapa KI dan KD , indicator dan capaian pemnbelajaran PJOK di semua jenjang sekolah.

  1. Menjelaskan beberapa KI dan KD , indicator dan capaian pemnbelajaran PJOK di semua jenjang sekolah.
  2. Menjelaskan tujuan Pembelajaran PJOK Memiliki akses dengan guru PJOK di masing2 jenjang sekolah
  3. Menjelaskan tujuan Pembelajaran PJOK
  4. Memiliki akses dengan guru PJOK di masing2 jenjang
Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah tatap muka
100 menit
Kuliah tatap muka secara maya melalui LMS atau zoom
Materi: kurikulum merdeka
Pustaka: kurikulum pendidikan Nasional 2013
5%

4

Minggu ke 4

Memahami, Model Pembelajaran tujuan, manfaat dan pengembangan pembelajaran

  1. Mampu menjelaskan Model Pembelajaran tujuan, manfaat dan pengembangan model pembelajaran
  2. Mampu menjelaskan ciri dan karakteristik peserta didik di masing2 jenjang
Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah Tatap Muka
Discussion & tanya jawab
Membaca berbagai tulisan tentang inovasi dalam pembelajaran
100
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara maya melalui LMS atau zoom

Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
5%

5

Minggu ke 5

Memahami karakteristik dari masing peserta didik di semua jemjang (SD,SMP,SMA dan yang sederajat)

Menjelaskan pola gerak locomotor, manipulasi dan non locomotor serta pola grak dasar yang dikembangkan dalam pembelajaran PJOK

Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah Tatap Muka
Membaca berbagai tulisan tentang pola gerak dasar dan psikologi olahraga, psikologi pendidikan dan psikologi perkembangan.
100

Materi: Psikologi Olahraga, psikologi pendidikan dan psikologi perkembangan
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Mencermati Sandart Operasional Pembelajaran (SOP) dari masing2 model Pembelajaran

Menjelaskan dan menjabarkan SOP Model 2 pembelajaran

Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi

Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Membaca jurnal dan buku model pembelajaran
100

Materi: Pengembangan model pembelajaran
Pustaka: Buku dan jurnal Model Pembelajaran
5%

7

Minggu ke 7

Mencermati Sandart Operasional Pembelajaran (SOP) dari masing2 model Pembelajaran

Menjelaskan dan menjabarkan SOP Model 2 pembelajaran

Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi

Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Membaca jurnal dan buku model pembelajaran
100

Materi: Pengembangan model pembelajaran
Pustaka: Buku dan jurnal Model Pembelajaran
5%

8

Minggu ke 8

Mencermati Sandart Operasional Pembelajaran (SOP) dari masing2 model Pembelajaran

Menjelaskan dan menjabarkan SOP Model 2 pembelajaran

Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi

Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Membaca jurnal dan buku model pembelajaran
100

Materi: Pengembangan model pembelajaran
Pustaka: Buku dan jurnal Model Pembelajaran
5%

9

Minggu ke 9

Rubrik Penilaian UTS

Kriteria:

Mahasiswa menguasai materi pertemuan 1-8


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

100

Materi: Materi 1-8
Pustaka: Buku dan jurnal Model Pembelajaran
15%

10

Minggu ke 10

Merencanakan bentuk pembelajaran PJOK di SD, SMP, SMA dan sederajat

Menjelaskan pola grak dasar, teknik dasar permainan dalam pembelajaran PJOK

Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
100 menit

Materi: Gerak dasar locomotor, nonlocomotor dan manipulasi dalam olahraga
Pustaka: Buku dan Jurnal tentang Perkembangan peserta didik
5%

11

Minggu ke 11

Merencanakan bentuk pembelajaran PJOK di SD, SMP, SMA dan sederajat

Menjelaskan pola grak dasar, teknik dasar permainan dalam pembelajaran PJOK

Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
100 menit

Materi: Gerak dasar locomotor, nonlocomotor dan manipulasi dalam olahraga
Pustaka: Buku dan Jurnal tentang Perkembangan peserta didik
5%

12

Minggu ke 12

Merencanakan bentuk pembelajaran PJOK di SD, SMP, SMA dan sederajat

Menjelaskan pola grak dasar, teknik dasar permainan dalam pembelajaran PJOK

Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
100 menit

Materi: Gerak dasar locomotor, nonlocomotor dan manipulasi dalam olahraga
Pustaka: Buku dan Jurnal tentang Perkembangan peserta didik
5%

13

Minggu ke 13

Diskusi hasil rancangan pembelajaran

Masing2 mempresentasikan hasil pengembangan model pembelajaran yang dibuat

Kriteria:

Rubrik penilaian produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tatap Muka
Presentasi
100

Materi: Cabang olahraga yang dipilih bebas sesuai dengan yang termuat dalamn kurikulum
Pustaka: Kurikulum Merdeka Belajar
5%

14

Minggu ke 14

Diskusi hasil rancangan pembelajaran

Masing2 mempresentasikan hasil pengembangan model pembelajaran yang dibuat

Kriteria:

Rubrik penilaian produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tatap Muka
Presentasi
100

Materi: Cabang olahraga yang dipilih bebas sesuai dengan yang termuat dalamn kurikulum
Pustaka: Kurikulum Merdeka Belajar
5%

15

Minggu ke 15

Diskusi hasil rancangan pembelajaran

Masing2 mempresentasikan hasil pengembangan model pembelajaran yang dibuat

Kriteria:

Rubrik penilaian produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tatap Muka
Presentasi
100

Materi: Cabang olahraga yang dipilih bebas sesuai dengan yang termuat dalamn kurikulum
Pustaka: Kurikulum Merdeka Belajar
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa menguasai materi pertemuan 1-15

Kriteria:
  1. Rubrik penilaian UAS
  2. Rubrik penilaian partisipasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes


15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 70%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 7.5%
3. Tes 7.5%
85%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.