Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Sosiologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Neg. Pasar dan Kebijakan Sosial

6920102125

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

18 September 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




AGUS MACHFUD FAUZI

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Menguasai pengetahuan tentang masalah sosial berikut penyebabnya dan perubahan sosial pembangunan dan pemberdayaan masyarakat;

PLO-9

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam kontek penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep pasar dan kebijakan sosial dalam menganalisis isu-isu sosial kontemporer (C3)

PO - 2

Menganalisis dampak kebijakan pasar terhadap struktur dan ketimpangan sosial (C4)

PO - 3

Menciptakan solusi inovatif untuk masalah sosial dengan memadukan prinsip pasar dan kebijakan sosial (C6)

PO - 4

Menganalisis interaksi antara mekanisme pasar dan intervensi negara dalam bentuk kebijakan sosial dengan teori Sosiologi (C4)

PO - 5

Mengevaluasi kriteria keadilan sosial dalam perumusan dan implementasi kebijakan pasar (C5)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-7PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas interaksi antara negara, pasar, dan kebijakan sosial dalam konteks sosiologis. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana negara mengatur pasar melalui kebijakan sosial untuk mencapai keadilan dan kesejahteraan masyarakat. Ruang lingkup mencakup teori welfare state, sistem jaminan sosial, kebijakan ketenagakerjaan, serta dampak globalisasi pada kebijakan sosial. Tujuan pembelajaran adalah mengembangkan kemampuan analisis kritis terhadap dinamika negara-pasar, memahami implementasi kebijakan sosial di Indonesia, dan mengevaluasi dampaknya terhadap struktur sosial masyarakat.

Pustaka

Utama :

  1. Esping-Andersen, G. (1990/2020). The Three Worlds of Welfare Capitalism. Princeton University Press.
  2. Stiglitz, J. E. (2019). People, Power, and Profits: Progressive Capitalism for an Age of Discontent. W. W. Norton & Company.
  3. Chang, H.-J.(2021). Edible Economics: A Hungry Economist Explains the World. Penguin.
  4. Jessop, B. (2020). The State: Past, Present, Future. Polity Press.
  5. Piketty, T. (2020). Capital and Ideology. Harvard University Press.

Pendukung :

  1. Hadiz, V. R. (2010). Localising Power in Post-Authoritarian Indonesia: A Southeast Asia Perspective. Stanford University Press.
  2. Aspinall, E., & Warburton, E. (2019). Democracy for Sale: Elections, Clientelism, and the State in Indonesia. Cornell University Press.
  3. Ford, M., & Sirait, M. T. (Eds.). (2022). Beyond Oligarchy? State, Market and Democracy in Indonesia. ISEAS–Yusof Ishak Institute.

Dosen Pengampu

MOCHAMAD ARIF AFFANDI

Dr. Mochamad Arif Affandi, S.IP., M.Si.

Dr. Mochamad Arif Affandi, S.IP., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat mengidentifikasi, menjelaskan, dan menerapkan prinsip-prinsip pasar serta kebijakan sosial dalam menganalisis kasus-kasus sosial aktual, serta mengevaluasi dampaknya terhadap masyarakat.

  1. Kemampuan mengidentifikasi elemen pasar dan kebijakan sosial dalam isu kontemporer
  2. Ketepatan dalam menerapkan konsep untuk menganalisis kasus
  3. Kedalaman analisis dan evaluasi dampak kebijakan
  4. Kemampuan menyajikan argumen yang logis dan berbasis data
Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif (Pembekalan)

Materi: Pengertian dan ruang lingkup pasar serta kebijakan sosial, Interaksi antara mekanisme pasar dan intervensi kebijakan sosial, Isu-isu sosial kontemporer (misalnya: ketimpangan, akses kesehatan, pendidikan), Analisis kasus nyata menggunakan konsep yang dipelajari
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Pengertian dan ruang lingkup pasar serta kebijakan sosial
Pustaka: Piketty, T. (2020). Capital and Ideology. Harvard University Press.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi isu-isu sosial kontemporer menggunakan kerangka konseptual pasar dan kebijakan sosial, serta mengusulkan rekomendasi kebijakan yang relevan.

  1. Kemampuan menerapkan konsep pasar dalam analisis isu sosial
  2. Kemampuan menerapkan konsep kebijakan sosial dalam analisis isu sosial
  3. Kemampuan menganalisis hubungan antara pasar dan kebijakan sosial dalam konteks isu kontemporer
  4. Kemampuan mengevaluasi efektivitas kebijakan sosial yang ada

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus (Persiapan Project)
Analisis Studi Kasus Online, Mahasiswa diminta untuk menganalisis sebuah isu sosial kontemporer (misalnya, ketimpangan akses pendidikan) dengan menerapkan konsep pasar dan kebijakan sosial, lalu menyusun rekomendasi kebijakan dalam bentuk dokumen tertulis yang diunggah melalui LMS.
Materi: Review konsep dasar pasar dan kebijakan sosial, Isu-isu sosial kontemporer (contoh: ketimpangan, pengangguran, akses kesehatan), Analisis hubungan pasar-kebijakan sosial dalam konteks isu tertentu, Teknik analisis kebijakan sosial, Studi kasus penerapan konsep dalam konteks nyata
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Isu-isu sosial kontemporer
Pustaka: Aspinall, E., & Warburton, E. (2019). Democracy for Sale: Elections, Clientelism, and the State in Indonesia. Cornell University Press.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat menganalisis hubungan antara kebijakan pasar, struktur sosial, dan ketimpangan, serta mengevaluasi efektivitas kebijakan dalam mengurangi atau memperparah ketimpangan sosial.

  1. Mampu mengidentifikasi jenis-jenis kebijakan pasar yang mempengaruhi struktur sosial
  2. Mampu menganalisis dampak kebijakan pasar terhadap distribusi pendapatan dan kekayaan
  3. Mampu mengevaluasi implikasi kebijakan pasar terhadap akses kelompok marginal terhadap sumber daya
  4. Mampu membandingkan dampak kebijakan pasar di berbagai konteks sosial dan ekonomi
Kriteria:

Hasil analisis kasus


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus analisis kebijakan

Materi: Konsep dasar kebijakan pasar dan struktur sosial, Teori ketimpangan sosial dan ekonomi, Analisis dampak kebijakan fiskal dan moneter terhadap ketimpangan, Studi kasus kebijakan pasar di Indonesia dan negara lain, Implikasi kebijakan pasar bagi kelompok rentan dan marginal
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Konsep dasar kebijakan pasar dan struktur sosial
Pustaka: Chang, H.-J.(2021). Edible Economics: A Hungry Economist Explains the World. Penguin.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat menganalisis hubungan antara kebijakan pasar, perubahan struktur sosial, dan tingkat ketimpangan, serta mengevaluasi efektivitas kebijakan dalam mengurangi kesenjangan sosial.

  1. Kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis kebijakan pasar yang mempengaruhi struktur sosial
  2. Kemampuan menganalisis dampak kebijakan terhadap distribusi pendapatan dan kekayaan
  3. Kemampuan mengevaluasi implikasi kebijakan pasar terhadap mobilitas sosial dan akses kesempatan
  4. Kemampuan memberikan rekomendasi kebijakan alternatif untuk mengurangi ketimpangan
Kriteria:

Kesesuain rancangan project dan temuan data


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Analisis kebijakan berbasis data

Materi: Konsep struktur sosial dan ketimpangan ekonomi, Jenis-jenis kebijakan pasar (liberalisasi, deregulasi, privatisasi), Dampak kebijakan pasar terhadap distribusi pendapatan, Analisis ketimpangan sosial dengan indikator Gini coefficient dan lainnya, Studi kasus kebijakan pasar di berbagai negara
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Negara dan kebijakan pasar
Pustaka: Jessop, B. (2020). The State: Past, Present, Future. Polity Press.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat menganalisis hubungan antara kebijakan pasar, perubahan struktur sosial, dan tingkat ketimpangan, serta mengevaluasi efektivitas kebijakan dalam mengurangi kesenjangan sosial.

  1. Kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis kebijakan pasar yang mempengaruhi struktur sosial
  2. Kemampuan menganalisis dampak kebijakan terhadap distribusi pendapatan dan kekayaan
  3. Kemampuan mengevaluasi implikasi kebijakan pasar terhadap mobilitas sosial dan akses kesempatan
  4. Kemampuan memberikan rekomendasi kebijakan alternatif untuk mengurangi ketimpangan
Kriteria:

Kesesuain rancangan project dan temuan data


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Analisis kebijakan berbasis data

Materi: Konsep struktur sosial dan ketimpangan ekonomi, Jenis-jenis kebijakan pasar (liberalisasi, deregulasi, privatisasi), Dampak kebijakan pasar terhadap distribusi pendapatan, Analisis ketimpangan sosial dengan indikator Gini coefficient dan lainnya, Studi kasus kebijakan pasar di berbagai negara
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Negara dan kebijakan pasar
Pustaka: Jessop, B. (2020). The State: Past, Present, Future. Polity Press.

Materi: Kajian kebijakan pasar di Indonesia
Pustaka: Aspinall, E., & Warburton, E. (2019). Democracy for Sale: Elections, Clientelism, and the State in Indonesia. Cornell University Press.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat menganalisis, membandingkan, dan mengevaluasi kelebihan dan kekurangan berbagai model kebijakan sosial serta memberikan rekomendasi berbasis bukti untuk perbaikan kebijakan.

  1. Kemampuan mengidentifikasi kriteria evaluasi kebijakan sosial yang relevan
  2. Kemampuan membandingkan efektivitas minimal 3 model kebijakan sosial
  3. Kemampuan memberikan penilaian kritis terhadap dampak kebijakan pada pembangunan masyarakat
  4. Kemampuan menyusun rekomendasi perbaikan kebijakan berdasarkan evaluasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Analisis komparatif

Materi: Konsep dan kriteria evaluasi kebijakan sosial, Model-model kebijakan sosial (universal, selektif, residual), Indikator efektivitas kebijakan dalam pembangunan masyarakat, Studi kasus implementasi kebijakan sosial di berbagai negara
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Kajian Kebijakan Pasar di Indonesia
Pustaka: Ford, M., & Sirait, M. T. (Eds.). (2022). Beyond Oligarchy? State, Market and Democracy in Indonesia. ISEAS–Yusof Ishak Institute.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat menciptakan model atau strategi inovatif yang menggabungkan mekanisme pasar dan intervensi kebijakan sosial untuk mengatasi isu-isu sosial seperti ketimpangan, akses layanan, atau pengentasan kemiskinan.

  1. Kemampuan merumuskan solusi yang memadukan prinsip pasar dan kebijakan sosial
  2. Tingkat inovasi dan kreativitas dalam proposal solusi
  3. Relevansi dan kelayakan implementasi solusi terhadap masalah sosial yang diidentifikasi
  4. Kemampuan presentasi dan argumentasi dalam mempertahankan solusi yang dibuat
Kriteria:

Rancangan solusi dalam bentuk proposal


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Perancangan solusi dari temuan data
Membuat proposal tertulis solusi inovatif untuk masalah sosial tertentu dengan memadukan prinsip pasar dan kebijakan sosial.
Materi: Konsep integrasi pasar dan kebijakan sosial, Analisis masalah sosial kontemporer, Teknik desain solusi inovatif, Studi kasus sukses dan gagal dalam implementasi kebijakan campuran
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Capital and Ideology
Pustaka: Piketty, T. (2020). Capital and Ideology. Harvard University Press.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa dapat menganalisis masalah sosial, mengidentifikasi peluang integrasi pasar dan kebijakan, serta merancang solusi yang kreatif, feasible, dan berkelanjutan.

  1. Kemampuan mengidentifikasi masalah sosial yang relevan
  2. Ketepatan dalam memadukan prinsip pasar dan kebijakan sosial
  3. Tingkat inovasi dan kreativitas dalam solusi yang diusulkan
  4. Kelayakan dan keberlanjutan solusi yang dirancang
  5. Kejelasan presentasi dan argumentasi dalam proposal solusi
Kriteria:

Presentasi


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS dan pendampingan project

Materi: Review konsep pasar dan kebijakan sosial, Analisis masalah sosial kontemporer, Teknik integrasi mekanisme pasar dalam kebijakan sosial, Prinsip desain solusi inovatif dan berkelanjutan, Penyusunan proposal solusi terintegrasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa dapat merancang dan mengusulkan model kebijakan atau program yang menggabungkan mekanisme pasar dengan intervensi sosial untuk mengatasi isu-isu seperti ketimpangan, kemiskinan, atau akses layanan, dengan pendekatan yang kreatif dan berkelanjutan.

  1. Kemampuan mengidentifikasi masalah sosial yang relevan dan menganalisisnya dari perspektif pasar dan kebijakan sosial
  2. Kreativitas dalam merancang solusi yang memadukan elemen pasar (seperti insentif, kompetisi, atau efisiensi) dengan prinsip kebijakan sosial (seperti keadilan, perlindungan, atau inklusi)
  3. Kelayakan dan inovasi dari proposal solusi yang diusulkan, termasuk pertimbangan implementasi dan dampak sosial
  4. Kemampuan mempresentasikan dan mempertahankan solusi dengan argumen yang logis dan berbasis evidence
Kriteria:

Kemampuan evaluasi project dan solusi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Evaluasi project

Materi: Konsep integrasi pasar dan kebijakan sosial, Analisis masalah sosial kontemporer (e.g., kemiskinan, ketenagakerjaan, kesehatan), Prinsip desain kebijakan inovatif (e.g., social entrepreneurship, public-private partnership), Teknik presentasi dan argumentasi kebijakan
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Pasar dan sistem kapitalis
Pustaka: Stiglitz, J. E. (2019). People, Power, and Profits: Progressive Capitalism for an Age of Discontent. W. W. Norton & Company.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat merancang dan mengusulkan model kebijakan atau program yang menggabungkan mekanisme pasar dengan intervensi sosial untuk mengatasi isu-isu seperti ketimpangan, kemiskinan, atau akses layanan, dengan pendekatan yang kreatif dan berkelanjutan.

  1. Kemampuan mengidentifikasi masalah sosial yang relevan dan menganalisisnya dari perspektif pasar dan kebijakan sosial
  2. Kreativitas dalam merancang solusi yang memadukan elemen pasar (seperti insentif, kompetisi, atau efisiensi) dengan prinsip kebijakan sosial (seperti keadilan, perlindungan, atau inklusi)
  3. Kelayakan dan inovasi dari proposal solusi yang diusulkan, termasuk pertimbangan implementasi dan dampak sosial
  4. Kemampuan mempresentasikan dan mempertahankan solusi dengan argumen yang logis dan berbasis evidence
Kriteria:

Kemampuan evaluasi project dan solusi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Evaluasi project

Materi: Konsep integrasi pasar dan kebijakan sosial, Analisis masalah sosial kontemporer (e.g., kemiskinan, ketenagakerjaan, kesehatan), Prinsip desain kebijakan inovatif (e.g., social entrepreneurship, public-private partnership), Teknik presentasi dan argumentasi kebijakan
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Social entrepreneurship
Pustaka: Piketty, T. (2020). Capital and Ideology. Harvard University Press.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi aspek keadilan sosial dalam berbagai kebijakan pasar serta memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan prinsip keadilan.

  1. Kemampuan mengidentifikasi elemen keadilan sosial dalam kebijakan pasar
  2. Kemampuan menganalisis dampak kebijakan terhadap kelompok sosial berbeda
  3. Kemampuan mengevaluasi kesesuaian kebijakan dengan prinsip keadilan distributif dan prosedural
  4. Kemampuan memberikan argumen kritis dan rekomendasi berbasis bukti
Kriteria:

Kemampuan analisis hasil temuan di lapangan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Analisis kritis hasil temuan data di lapangan

Materi: Konsep keadilan sosial dalam ekonomi pasar, Model evaluasi kebijakan berbasis keadilan, Studi kasus kebijakan pasar dan dampak sosialnya, Teknik analisis kriteria keadilan distributif dan prosedural
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Negara dan kebijakan pasar
Pustaka: Jessop, B. (2020). The State: Past, Present, Future. Polity Press.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa dapat mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi aspek keadilan sosial dalam berbagai kebijakan pasar serta memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan prinsip keadilan.

  1. Kemampuan mengidentifikasi elemen keadilan sosial dalam kebijakan pasar
  2. Kemampuan menganalisis dampak kebijakan terhadap kelompok sosial berbeda
  3. Kemampuan mengevaluasi kesesuaian kebijakan dengan prinsip keadilan distributif dan prosedural
  4. Kemampuan memberikan argumen kritis dan rekomendasi berbasis bukti
Kriteria:

Kemampuan analisis hasil temuan di lapangan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Analisis kritis hasil temuan data di lapangan

Materi: Konsep keadilan sosial dalam ekonomi pasar, Model evaluasi kebijakan berbasis keadilan, Studi kasus kebijakan pasar dan dampak sosialnya, Teknik analisis kriteria keadilan distributif dan prosedural
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Studi kasus kebijakan pasar dan dampak sosialnya
Pustaka: Chang, H.-J.(2021). Edible Economics: A Hungry Economist Explains the World. Penguin.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi aspek keadilan sosial dalam berbagai kebijakan pasar serta memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan prinsip keadilan.

  1. Kemampuan mengidentifikasi elemen keadilan sosial dalam kebijakan pasar
  2. Kemampuan menganalisis dampak kebijakan terhadap kelompok sosial berbeda
  3. Kemampuan mengevaluasi kesesuaian kebijakan dengan prinsip keadilan distributif dan prosedural
  4. Kemampuan memberikan argumen kritis dan rekomendasi berbasis bukti
Kriteria:

Kemampuan analisis hasil temuan di lapangan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Analisis kritis hasil temuan data di lapangan

Materi: Konsep keadilan sosial dalam ekonomi pasar, Model evaluasi kebijakan berbasis keadilan, Studi kasus kebijakan pasar dan dampak sosialnya, Teknik analisis kriteria keadilan distributif dan prosedural
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Analisis kebijakan pasar di Indonesia
Pustaka: Ford, M., & Sirait, M. T. (Eds.). (2022). Beyond Oligarchy? State, Market and Democracy in Indonesia. ISEAS–Yusof Ishak Institute.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat menganalisis, menilai, dan menyimpulkan efektivitas kebijakan dalam konteks pemberdayaan dan keberlanjutan, serta memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan evaluasi kritis.

  1. Kemampuan mengidentifikasi indikator pemberdayaan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan dalam kebijakan
  2. Kemampuan mengevaluasi dampak kebijakan terhadap kelompok sasaran menggunakan data dan teori
  3. Kemampuan memberikan rekomendasi berbasis evaluasi untuk perbaikan kebijakan
Kriteria:

Hasil project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Penulisan hasil analisis data dan solusi berdasarkan hasil temuan

Materi: Konsep pemberdayaan masyarakat dan indikatornya, Prinsip pembangunan berkelanjutan dalam kebijakan sosial, Teknik evaluasi dampak kebijakan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif, Studi kasus kebijakan sosial nasional dan lokal
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Analisis kebijakan pasar di Indonesia
Pustaka: Ford, M., & Sirait, M. T. (Eds.). (2022). Beyond Oligarchy? State, Market and Democracy in Indonesia. ISEAS–Yusof Ishak Institute.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa dapat menganalisis, menilai, dan menyimpulkan efektivitas kebijakan dalam konteks pemberdayaan dan keberlanjutan, serta memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan evaluasi kritis.

  1. Kemampuan mengidentifikasi indikator pemberdayaan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan dalam kebijakan
  2. Kemampuan mengevaluasi dampak kebijakan terhadap kelompok sasaran menggunakan data dan teori
  3. Kemampuan memberikan rekomendasi berbasis evaluasi untuk perbaikan kebijakan
Kriteria:

Presentasi hasil project


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penulisan hasil analisis data dan solusi berdasarkan hasil temuan

Materi: Konsep pemberdayaan masyarakat dan indikatornya, Prinsip pembangunan berkelanjutan dalam kebijakan sosial, Teknik evaluasi dampak kebijakan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif, Studi kasus kebijakan sosial nasional dan lokal
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Kekuatan Pasar dan Negara
Pustaka: Hadiz, V. R. (2010). Localising Power in Post-Authoritarian Indonesia: A Southeast Asia Perspective. Stanford University Press.
10%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa dapat mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi penerapan prinsip keadilan sosial dalam kebijakan pasar serta memberikan rekomendasi perbaikan.

  1. Kemampuan mengidentifikasi prinsip keadilan sosial dalam kebijakan pasar
  2. Kemampuan menganalisis dampak kebijakan terhadap kelompok sosial berbeda
  3. Kemampuan mengevaluasi kesenjangan dan ketimpangan hasil kebijakan
  4. Kemampuan memberikan rekomendasi berbasis kriteria keadilan sosial

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
UAS dan presentasi hasil project

Materi: Konsep keadilan sosial dalam konteks kebijakan pasar, Prinsip-prinsip evaluasi kebijakan (equity, akses, partisipasi), Studi kasus kebijakan pasar dan dampaknya pada kelompok rentan, Teknik analisis kebijakan berbasis keadilan sosial
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Negara dan kebijakan pasar
Pustaka: Jessop, B. (2020). The State: Past, Present, Future. Polity Press.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 10%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 70%
3. Penilaian Portofolio 2.5%
4. Tes 17.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.