Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Sosiologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Neg. Pasar dan Kebijakan Sosial

6920102125

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

8 November 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Tim MBKM




Tim MBKM




AGUS MACHFUD FAUZI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam kontek penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menganalisis interaksi antara lembaga negara, kekuatan pasar, dan kebijakan sosial untuk mengidentifikasi tantangan tata kelola, masalah kesejahteraan, dan dinamika regulasi.

PO - 2

Menganalisis dampak kebijakan pasar terhadap struktur dan ketimpangan sosial (C4)

PO - 3

Mampu menghasilkan output berbasis bukti seperti ringkasan kebijakan, laporan evaluasi, dan presentasi profesional yang mengintegrasikan perspektif teoretis, data empiris, dan solusi praktis untuk hubungan negara–pasar–masyarakat.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas interaksi antara negara, pasar, dan kebijakan sosial dalam konteks sosiologis. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana negara mengatur pasar melalui kebijakan sosial untuk mencapai keadilan dan kesejahteraan masyarakat. Ruang lingkup mencakup teori welfare state, sistem jaminan sosial, kebijakan ketenagakerjaan, serta dampak globalisasi pada kebijakan sosial. Tujuan pembelajaran adalah mengembangkan kemampuan analisis kritis terhadap dinamika negara-pasar, memahami implementasi kebijakan sosial di Indonesia, dan mengevaluasi dampaknya terhadap struktur sosial masyarakat.

Pustaka

Utama :

  1. Esping-Andersen, G. (1990/2020). The Three Worlds of Welfare Capitalism. Princeton University Press.
  2. Stiglitz, J. E. (2019). People, Power, and Profits: Progressive Capitalism for an Age of Discontent. W. W. Norton & Company.
  3. Chang, H.-J.(2021). Edible Economics: A Hungry Economist Explains the World. Penguin.
  4. Jessop, B. (2020). The State: Past, Present, Future. Polity Press.
  5. Piketty, T. (2020). Capital and Ideology. Harvard University Press.

Pendukung :

  1. Hadiz, V. R. (2010). Localising Power in Post-Authoritarian Indonesia: A Southeast Asia Perspective. Stanford University Press.
  2. Aspinall, E., & Warburton, E. (2019). Democracy for Sale: Elections, Clientelism, and the State in Indonesia. Cornell University Press.
  3. Ford, M., & Sirait, M. T. (Eds.). (2022). Beyond Oligarchy? State, Market and Democracy in Indonesia. ISEAS–Yusof Ishak Institute.
  4. Hoesin, S. H., & Fitriana. (2023). Memahami Hubungan Kerja dan Hubungan Industrial di Indonesia. Damera Press.
  5. Nugroho, R. (2020). Public Policy: Dinamika Kebijakan, Analisis Kebijakan, Manajemen Kebijakan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
  6. Pierson, C., & Castles, F. G. (2021). The Welfare State Reader (4th ed.). Cambridge: Polity Press.
  7. Alam, Q., Khair, R., & Shahan, A. M. (Eds.). (2023). State, Market and Society in an Emerging Economy: Development and the Political Economy of Bangladesh. Routledge.
  8. Yeates, N., & Holden, C. (2019). Global Social Policy: An Introduction (3rd ed.). Palgrave Macmillan.

Dosen Pengampu

MOCHAMAD ARIF AFFANDI

Dr. Mochamad Arif Affandi, S.IP., M.Si.

Dr. Mochamad Arif Affandi, S.IP., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menjelaskan konsep-konsep mendasar institusi negara, dinamika pasar, dan kerangka kebijakan sosial dalam konteks nasional dan global.

Kejelasan penjelasan model interaksi N-P-M

Kriteria:

Partisipasi aktif dalam diskusi.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah Interaktif, Diskusi Kelompok
2 X 50

Materi: Pengertian dan ruang lingkup pasar serta kebijakan sosial, Interaksi antara mekanisme pasar dan intervensi kebijakan sosial, Isu-isu sosial kontemporer (misalnya: ketimpangan, akses kesehatan, pendidikan), Analisis kasus nyata menggunakan konsep yang dipelajari
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Pengertian dan ruang lingkup pasar serta kebijakan sosial
Pustaka: Piketty, T. (2020). Capital and Ideology. Harvard University Press.
5%

2

Minggu ke 2

Mampu menganalisis interaksi antara negara, pasar, dan masyarakat dalam membentuk sistem kesejahteraan

Ketepatan analisis kasus interaksi N-P-M (misalnya: Jaminan Sosial)

Kriteria:

Laporan kasus ringkas (identifikasi masalah).


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi Kasus Analitik, Tutorial
2 X 50

Materi: Review konsep dasar pasar dan kebijakan sosial, Isu-isu sosial kontemporer (contoh: ketimpangan, pengangguran, akses kesehatan), Analisis hubungan pasar-kebijakan sosial dalam konteks isu tertentu, Teknik analisis kebijakan sosial, Studi kasus penerapan konsep dalam konteks nyata
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Isu-isu sosial kontemporer
Pustaka: Aspinall, E., & Warburton, E. (2019). Democracy for Sale: Elections, Clientelism, and the State in Indonesia. Cornell University Press.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu menganalisis interaksi antara negara, pasar, dan masyarakat dalam membentuk tata kelola dan regulasi ekonomi.

Kedalaman analisis tata kelola regulasi ekonomi (misalnya: kebijakan pajak).

Kriteria:

Peta Pemangku Kepentingan (Stakeholder Mapping) regulasi.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Simulasi, Diskusi Pemetaan Stakeholder
2 X 50

Materi: Konsep dasar kebijakan pasar dan struktur sosial, Teori ketimpangan sosial dan ekonomi, Analisis dampak kebijakan fiskal dan moneter terhadap ketimpangan, Studi kasus kebijakan pasar di Indonesia dan negara lain, Implikasi kebijakan pasar bagi kelompok rentan dan marginal
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Konsep dasar kebijakan pasar dan struktur sosial
Pustaka: Chang, H.-J.(2021). Edible Economics: A Hungry Economist Explains the World. Penguin.
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menerapkan alat analisis kebijakan dan kerangka tata kelola untuk hubungan negara–pasar–masyarakat.

Penggunaan alat analisis (misalnya: Policy Triangle atau Model Logika) secara tepat.

Kriteria:

Aplikasi alat analisis pada studi kasus.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi Kasus Aplikasi Alat Analisis
2 X 50

Materi: Konsep struktur sosial dan ketimpangan ekonomi, Jenis-jenis kebijakan pasar (liberalisasi, deregulasi, privatisasi), Dampak kebijakan pasar terhadap distribusi pendapatan, Analisis ketimpangan sosial dengan indikator Gini coefficient dan lainnya, Studi kasus kebijakan pasar di berbagai negara
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Negara dan kebijakan pasar
Pustaka: Jessop, B. (2020). The State: Past, Present, Future. Polity Press.
5%

5

Minggu ke 5

Mampu menilai peran pemangku kepentingan (pemerintah) dalam formulasi dan implementasi kebijakan.

Ketajaman penilaian peran aktor Negara (birokrasi, parlemen).

Kriteria:

Presentasi Mini (Peran Pemerintah).


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tutorial, Diskusi Evaluatif
2 X 50

Materi: Konsep struktur sosial dan ketimpangan ekonomi, Jenis-jenis kebijakan pasar (liberalisasi, deregulasi, privatisasi), Dampak kebijakan pasar terhadap distribusi pendapatan, Analisis ketimpangan sosial dengan indikator Gini coefficient dan lainnya, Studi kasus kebijakan pasar di berbagai negara
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Negara dan kebijakan pasar
Pustaka: Jessop, B. (2020). The State: Past, Present, Future. Polity Press.

Materi: Kajian kebijakan pasar di Indonesia
Pustaka: Aspinall, E., & Warburton, E. (2019). Democracy for Sale: Elections, Clientelism, and the State in Indonesia. Cornell University Press.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menilai peran pemangku kepentingan (swasta) dalam formulasi dan implementasi kebijakan.

Kedalaman penilaian peran aktor Pasar (sektor swasta, lobbying).

Kriteria:

Presentasi Mini (Peran Swasta).


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Studi Kasus (Public-Private Partnership/PPP)
2 X 50

Materi: Konsep dan kriteria evaluasi kebijakan sosial, Model-model kebijakan sosial (universal, selektif, residual), Indikator efektivitas kebijakan dalam pembangunan masyarakat, Studi kasus implementasi kebijakan sosial di berbagai negara
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Kajian Kebijakan Pasar di Indonesia
Pustaka: Ford, M., & Sirait, M. T. (Eds.). (2022). Beyond Oligarchy? State, Market and Democracy in Indonesia. ISEAS–Yusof Ishak Institute.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menilai peran pemangku kepentingan (masyarakat sipil) dalam formulasi dan implementasi kebijakan.

Kejelasan penilaian peran aktor Masyarakat Sipil (CSO, LSM).

Kriteria:

Presentasi Mini (Peran CSO)


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi Kelompok, Role Play
2 X 50

Materi: Konsep integrasi pasar dan kebijakan sosial, Analisis masalah sosial kontemporer, Teknik desain solusi inovatif, Studi kasus sukses dan gagal dalam implementasi kebijakan campuran
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Capital and Ideology
Pustaka: Piketty, T. (2020). Capital and Ideology. Harvard University Press.
5%

8

Minggu ke 8

Mampu mengevaluasi pendekatan kebijakan dan strategi tata kelola untuk menjamin efektivitas dan keadilan.

Mampu memberikan penilaian kritis dan berargumen logis terhadap kebijakan yang dievaluasi

Kriteria:

Jawaban esai kritis, refleksi etika


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Review Materi, Ujian Esai
2 X 50

Materi: Review konsep pasar dan kebijakan sosial, Analisis masalah sosial kontemporer, Teknik integrasi mekanisme pasar dalam kebijakan sosial, Prinsip desain solusi inovatif dan berkelanjutan, Penyusunan proposal solusi terintegrasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%

9

Minggu ke 9

Mampu mengevaluasi kebijakan dan strategi perlindungan sosial untuk menjamin inklusivitas dan keadilan.

Evaluasi berdasarkan kriteria efektivitas, efisiensi, dan ekuitas.

Kriteria:

Draft Awal Laporan Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tutorial, Konsultasi Proyek Awal
2 X 50

Materi: Konsep integrasi pasar dan kebijakan sosial, Analisis masalah sosial kontemporer (e.g., kemiskinan, ketenagakerjaan, kesehatan), Prinsip desain kebijakan inovatif (e.g., social entrepreneurship, public-private partnership), Teknik presentasi dan argumentasi kebijakan
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Pasar dan sistem kapitalis
Pustaka: Stiglitz, J. E. (2019). People, Power, and Profits: Progressive Capitalism for an Age of Discontent. W. W. Norton & Company.
5%

10

Minggu ke 10

Mampu berkolaborasi dalam mengembangkan solusi kebijakan interdisipliner.

Kualitas kolaborasi dan kontribusi individu dalam kelompok.

Kriteria:

Laporan progres kolaborasi dan sintesis ide.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kolaboratif, Peer Review
2 X 50

Materi: Konsep integrasi pasar dan kebijakan sosial, Analisis masalah sosial kontemporer (e.g., kemiskinan, ketenagakerjaan, kesehatan), Prinsip desain kebijakan inovatif (e.g., social entrepreneurship, public-private partnership), Teknik presentasi dan argumentasi kebijakan
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Social entrepreneurship
Pustaka: Piketty, T. (2020). Capital and Ideology. Harvard University Press.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menciptakan luaran profesional berupa policy briefs yang mengintegrasikan teori dan data.

Struktur policy brief lengkap, argumen berbasis bukti.

Kriteria:

Draf Policy Brief.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Workshop Penulisan Policy Brief
2 X 50

Materi: Konsep keadilan sosial dalam ekonomi pasar, Model evaluasi kebijakan berbasis keadilan, Studi kasus kebijakan pasar dan dampak sosialnya, Teknik analisis kriteria keadilan distributif dan prosedural
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Negara dan kebijakan pasar
Pustaka: Jessop, B. (2020). The State: Past, Present, Future. Polity Press.
5%

12

Minggu ke 12

Mampu menciptakan luaran profesional berupa laporan evaluasi yang sistematis dan praktis.

Laporan evaluasi sistematis, rekomendasi praktis.

Kriteria:

Draf Laporan Evaluasi Proyek.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tutorial Penyusunan Laporan, Konsultasi Proyek
2 X 50

Materi: Konsep keadilan sosial dalam ekonomi pasar, Model evaluasi kebijakan berbasis keadilan, Studi kasus kebijakan pasar dan dampak sosialnya, Teknik analisis kriteria keadilan distributif dan prosedural
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Studi kasus kebijakan pasar dan dampak sosialnya
Pustaka: Chang, H.-J.(2021). Edible Economics: A Hungry Economist Explains the World. Penguin.
5%

13

Minggu ke 13

Mampu menciptakan luaran profesional berupa presentasi proyek.

Materi presentasi visual (slide) efektif dan informatif.

Kriteria:

Draf Presentasi Visual.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Workshop Komunikasi Visual
2 X 50

Materi: Konsep keadilan sosial dalam ekonomi pasar, Model evaluasi kebijakan berbasis keadilan, Studi kasus kebijakan pasar dan dampak sosialnya, Teknik analisis kriteria keadilan distributif dan prosedural
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Analisis kebijakan pasar di Indonesia
Pustaka: Ford, M., & Sirait, M. T. (Eds.). (2022). Beyond Oligarchy? State, Market and Democracy in Indonesia. ISEAS–Yusof Ishak Institute.
5%

14

Minggu ke 14

Mampu mempresentasikan temuan dan rekomendasi secara efektif kepada audiens akademik dan profesional (Simulasi Presentasi).

Komunikasi lisan efektif, kemampuan menjawab pertanyaan.

Kriteria:

Simulasi presentasi dan umpan balik sejawat.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Simulasi Presentasi dan Peer Review
2 X 50

Materi: Konsep pemberdayaan masyarakat dan indikatornya, Prinsip pembangunan berkelanjutan dalam kebijakan sosial, Teknik evaluasi dampak kebijakan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif, Studi kasus kebijakan sosial nasional dan lokal
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Analisis kebijakan pasar di Indonesia
Pustaka: Ford, M., & Sirait, M. T. (Eds.). (2022). Beyond Oligarchy? State, Market and Democracy in Indonesia. ISEAS–Yusof Ishak Institute.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu mempresentasikan luaran proyek (Final Presentation).

Penyampaian efektif, argumentasi kuat, etika profesional.

Kriteria:

Presentasi Kelompok Final.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Seminar/Presentasi Proyek Akhir
2 X 50

Materi: Konsep pemberdayaan masyarakat dan indikatornya, Prinsip pembangunan berkelanjutan dalam kebijakan sosial, Teknik evaluasi dampak kebijakan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif, Studi kasus kebijakan sosial nasional dan lokal
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Kekuatan Pasar dan Negara
Pustaka: Hadiz, V. R. (2010). Localising Power in Post-Authoritarian Indonesia: A Southeast Asia Perspective. Stanford University Press.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS): Mampu secara kritis merefleksikan pengalaman lapangan, tantangan tata kelola, dan praktik kebijakan.

Kedalaman refleksi kritis, kemampuan menghubungkan teori dan pengalaman lapangan.

Kriteria:

Laporan Refleksi Akhir.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
UAS dan presentasi hasil project

Materi: Konsep keadilan sosial dalam konteks kebijakan pasar, Prinsip-prinsip evaluasi kebijakan (equity, akses, partisipasi), Studi kasus kebijakan pasar dan dampaknya pada kelompok rentan, Teknik analisis kebijakan berbasis keadilan sosial
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Negara dan kebijakan pasar
Pustaka: Jessop, B. (2020). The State: Past, Present, Future. Polity Press.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
2. Praktik / Unjuk Kerja 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.