Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Usaha Kecantikan

8310102098

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

3

27 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Octaverina Kecvara Pritasari, S.Pd, M.Farm




Dr. Maspiyah, M.Kes




Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-9

Mampu menyelaraskan kurikulum S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan yang relevan dengan tuntutan perkembangan industri global.

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-9

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemberian pengetahuan dan keterampilan berwirausaha untuk memperkaya dan memperkuat kepribadian mahasiswa menuju kesejahteraan yang mandiri, dengan berbagai tema yang terdapat di dalam buku Manajemen Usaha Kecil. Materi yang dipelajari antara lain: Mengapa mendirikan Usaha Kecil, Kiat Membangun Usaha Kecil, Mengelola Pemasaran Usaha Kecil, Mengelola Permodalan Usaha Kecil, Mencari Sumber Dana, Analisis Posisi Keuangan, Mengelola Sumber Daya Manusia Usaha Kecil, Mengelola Produksi Usaha Kecil, dan Mengelola Pemasaran Usaha Kecil Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan sistem terpadu menggunakan pendekatan komunikatif. Perkuliahan berisi latihan-latihan menulis dan pemberian tugas terstruktur, baik individu maupun kelompok. Evaluasi dilakukan melalui partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan, tes tertulis pada tengah dan akhir semester. Untuk memperkaya keterampilan mahasiswa, materi ditambah dengan bahan bahan Ajar yang bisa diunduh dari laman laman di Internet.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Maspiyah, M.Kes.

Octaverina Kecvara Pritasari, S.Pd., M.Farm.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi kelompok dan
pembelajaran kooperatif
2 x 50 menit

0%

2

Minggu ke 2


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

diskusi kelompok dan
pembelajaran kooperatif
utk menyelesaikan masalah
2x 50 menit
0%

3

Minggu ke 3


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


0%

4

Minggu ke 4


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

diskusi
2x 50 menit
0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7


Diskusi dan presentasi manajemen usaha UMKM
2x 50 menit
0%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Tes

UTS
2x 50 menit
0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Tes

Ujian akhir Semester
2x 50 menit
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.