Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Usaha Kecantikan

8310102098

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

3

27 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Octaverina Kecvara Pritasari, S.Pd, M.Farm




Dr. Maspiyah, M.Kes




ACHMAD IMAM AGUNG

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu mengembangkan manajemen yang logis, kritis, sistematis, dan kreatif di bidang keahlian dengan standar kompetensi dalam bidang tata Rias

PO - 2

Mampu merancang manjemen usaha yang kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, dalam bidang tata rias

PO - 3

Mampu merancang rencana manajemen usaha dalam bidang Pendidikan Teknologi Kejuruan yang bermuatan tata rias

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3
PO-1 
PO-2 
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemberian pengetahuan dan keterampilan berwirausaha untuk memperkaya dan memperkuat kepribadian mahasiswa menuju kesejahteraan yang mandiri, dengan berbagai tema yang terdapat di dalam buku Manajemen Usaha Kecil. Materi yang dipelajari antara lain: Mengapa mendirikan Usaha Kecil, Kiat Membangun Usaha Kecil, Mengelola Pemasaran Usaha Kecil, Mengelola Permodalan Usaha Kecil, Mencari Sumber Dana, Analisis Posisi Keuangan, Mengelola Sumber Daya Manusia Usaha Kecil, Mengelola Produksi Usaha Kecil, dan Mengelola Pemasaran Usaha Kecil Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan sistem terpadu menggunakan pendekatan komunikatif. Perkuliahan berisi latihan-latihan menulis dan pemberian tugas terstruktur, baik individu maupun kelompok. Evaluasi dilakukan melalui partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan, tes tertulis pada tengah dan akhir semester.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

  1. Cory Vidiati, dkk, 2023. Manajemen usaha Jasa, Widina ISBN 978-623-459-518-5
  2. Takari Muhamad, 2008. Buku Manajemen Seni, dtudi Kultura ISSN1412-8586

Dosen Pengampu

MASPIYAH

OCTAVERINA KECVARA PRITASARI

Dr. Maspiyah, M.Kes.

Dr. Maspiyah, M.Kes.

Octaverina Kecvara Pritasari, S.Pd., M.Farm.

Octaverina Kecvara Pritasari, S.Pd., M.Farm.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami materi manajemen usaha khususnya dalam bidang tata rias

partisipasi dan kehadiran mahasiswa di kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PBL
2 x 50 menit
Ceramah dan diskusi
2x 50 menit
Materi: Pengantar manajemen usaha
Pustaka:
2%

2

Minggu ke 2

Mampu mendeskripsikan unsur -unsur manajemen Usaha tata rias

Kriteria:

partisipasidankehadiranmahasiswadi kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

diskusi kelompok dan
pembelajaran kooperatif
utk menyelesaikan masalah
2x 50 menit
Materi: 1.Mendeskripsikan unsur -unsur manajemen Usaha tata rias
Pustaka:
3%

3

Minggu ke 3

Mampu menjelaskan pengaruh manjemen dalam usaha tata rias

partisipasi

Kriteria:

partisipasi dan kehadiran mahasiswa di kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah dan diskusi
2x 50 menit
Materi: Pengaruh manajemen dalam usaha tata rias
Pustaka:
2%

4

Minggu ke 4

Mampu menjelaskan peran manajemen dalam usaha tata rias

partisipasi

Kriteria:

partisipasi dan kehadiran mahasiswa di kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah dan diskusi
2x 50 menit
Materi: Peran manjemen dalam usaha Tata Rias
Pustaka:
3%

5

Minggu ke 5

Mampu menjelaskan peran sumber daya manusia dalam sebuah usaha tata rias

partisipasi

Kriteria:

partisipasi dan kehadiran mahasiswa di kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah dan diskusi
2x 50 menit
Materi: Manajemen sumber daya manusia dalam sebuah usaha tata rias
Pustaka:
3%

6

Minggu ke 6

mampu menjelaskan peran jasa dalam usaha tata rias

partisipasi

Kriteria:

partisipasi dan kehadiran mahasiswa di kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi dan tanya jawab
2x 50 menit
Materi: Usaha Jasa dalam bidang tata rias
Pustaka:
2%

7

Minggu ke 7

Mampu mengukur kualitas jasa dalam usaha tata rias

partisipasi

Kriteria:

partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi dan presentasi
2x 50 menit
Materi: Mengukur dimensi dan kualitas jasa dalam usaha Tata Rias
Pustaka:
3%

8

Minggu ke 8

Mampu menyelesaiakan permasalahan dalam ujian tengah semester

Materi perkuliahan pertemuan 1-7


Bentuk Penilaian :
Tes

UTS
2x 50 menit
25%

9

Minggu ke 9

Analisis manajemen usaha Tata Rias Salon kecantikan

Partisipatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi hasil
2x 50 menit
5%

10

Minggu ke 10

Analisis manajemen usaha Tata Rias (SPA)

Penilaian hasil project

Kriteria:

Penilaian hasil project


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Penilaian hasil Project
2x 50 menit
Materi: Manajemen Usaha Tata Rias SPA
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menganalisa manajemenusaha Tata Rias( Barber)

Kriteria:

partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


2%

12

Minggu ke 12

Mampu menyajikan perencanaan manajemen dalam usaha nail art


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Diskusi
2x 50 menit
Materi: Analisismanajemen usahaTata Rias (Nail Art)
Pustaka:
2%

13

Minggu ke 13

Mampu menyajikan perencanaan manajemen dalam usaha eye lashes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Presentasi
2x 50 menit
Materi: Analisis manajemen usaha Tata Rias Eye Lashes
Pustaka:
3%

14

Minggu ke 14

Analisis manajemen usaha lembaga pelatihan dalam bidang tata rias


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Presentasi dan tanya jawab
2x 50 menit
Materi: Analisis manajemen usaha Tata Rias ( Lembaga Pelatihan Kecantikan)
Pustaka:
2%

15

Minggu ke 15

Mampu menganalisa manajemen usaha Tata Rias Wedding organizer


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Presentasi hasil project
2x 50 menit
Materi: Analisis manajemen usaha Tata Rias ( wedding Organizer)
Pustaka:
3%

16

Minggu ke 16

Mampu menjawab soal pada Ujian akhir Semester ( UAS)

Tes Pengetahuan

Kriteria:

Tes Pengetahuan


Bentuk Penilaian :
Tes

Ujian akhir Semester
2x 50 menit
Materi: Analisis manajemen usaha Tata Rias
Pustaka:
35%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 28.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 11.5%
3. Tes 60%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.