Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Fisika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Rangkaian Elektronika

8420303296

T=2

P=1

ECTS=4.77

3

25 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




MITA ANGGARYANI

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai dan mendemonstrasikan prinsip-prinsip teori fisika klasik dan modern

PLO-6

Merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familiar maupun baru

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan menggunakan konsep yang tepat untuk menganalisis secara kualitatif dan kuantitatif dalam menyelesaikan permasalahan arus listrik searah

PO - 2

Memiliki ketrampilan menggunakan alat ukur listrik dan menganalisa hasil pengukuran

PO - 3

Memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan menggunakan konsep yang tepat untuk menganalisis secara kualitatif dan kuantitatif dalam menyelesaikan permasalahan arus listrik bolak-balik

PO - 4

Memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan menggunakan konsep yang tepat untuk menganalisis secara kualitatif prinsip kerja semikonduktor beserta penerapannya

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Elektronika Dasar 1 mencakup dua materi utama. Materi pertama adalah dasar-dasar elektronika meliputi arus searah, arus bolak-balik, komponen pasif dan prinsip dasar alat ukur dan pengukuran listrik. Materi kedua berkaitan dengan komponen aktif meliputi prinsip kerja dan aplikasi semikonduktor, sambungan p-n, dioda, transistor olar (BJT).

Pustaka

Utama :

  1. Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung.
  2. Tooley, M . 2006. Electronics Circuit: Fundamnetals and Applications. Oxford: Elesevier Ltd.
  3. Boylestad, R ., and Nashelsky, L. Electronics Devices and Circuits: Theory. London: Prentice Hall.
  4. Floyd, T. L . 2012. Electronics Devices. New York: Prentice Hall.
  5. Tim . 2010. Panduan Praktikum Elektronika Dasar 1. Surabaya: Unesa.

Pendukung :

  1. 4. Tooley, M. 2006. Electronics Circuit: Fundamnetals and Applications. Third Edition. Elesevier Ltd.

Dosen Pengampu

IMAM SUCAHYO

DZULKIFLIH

ABD. KHOLIQ

META YANTIDEWI

Meta Yantidewi, S.Si., M.Si.

Meta Yantidewi, S.Si., M.Si.

Dzulkiflih, S.Si., M.T.

Dzulkiflih, S.Si., M.T.

Abd. Kholiq, S.Pd., M.T.

Abd. Kholiq, S.Pd., M.T.

Drs. Imam Sucahyo, M.Si.

Drs. Imam Sucahyo, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Kontrak belajar
  2. Menganalisis dasar-dasar rangkaian listrik arus searah

Mahasiswa dapat Menganalisis dasar-dasar rangkaian listrik arus searah

case study
100 menit

Materi: - Pengertian Arus Listrik - PengertianTegangan - Hukum Ohm - Daya Listrik
Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung.
0%

2

Minggu ke 2

Menganalisis dasar-dasar rangkaian listrik arus searah

Mahasiswa dapat Menganalisis dasar-dasar rangkaian listrik arus searah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
case study
100 menit

Materi: - Pengertian Arus Listrik - PengertianTegangan - Hukum Ohm - Daya Listrik
Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung.
1%

3

Minggu ke 3

Menganalisis rangkaian arus listrik searah dan karakteristik komponen pasif

Mahasiswa dapat Menganalisis rangkaian arus listrik searah dan karakteristik komponen pasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
case study
100 menit

Materi: ● Arus Searah (DC) ● Resistor dalam Rangkaian Seri danParalel ● Pembagi Tegangan ● Pembagi Arus ● Teorema Thevenin ● Teorema Norton ● Arus transien ● Rangkain RC
Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung.
5%

4

Minggu ke 4

Menganalisis rangkaian arus listrik searah dan karakteristik komponen pasif

Mahasiswa dapat Menganalisis rangkaian arus listrik searah dan karakteristik komponen pasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
case study
100 menit

Materi: ● Arus Searah (DC) ● Resistor dalam Rangkaian Seri danParalel ● Pembagi Tegangan ● Pembagi Arus ● Teorema Thevenin ● Teorema Norton ● Arus transien ● Rangkain RC
Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung.
4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat mengaplikasikan penggunaan alat ukur listrik.

Mahasiswa dapat mengaplikasikan penggunaan alat ukur listrik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
case study
100 menit

Materi: - Penggunaan Meter Dasar - Meter Dasar sebagai Ampere Meter - Meter Dasar sebagai Voltmeter - Osiloskop
Pustaka: Tim . 2010. Panduan Praktikum Elektronika Dasar 1. Surabaya: Unesa.
4%

6

Minggu ke 6

Menganalisis karakteristik komponen elektronika pada rangkaian AC (Rangkaian integrator dan differensiator).

Mahasiswa dapat menganalisis karakteristik komponen elektronika pada rangkaian AC (Rangkaian integrator dan differensiator).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
case study
100 menit

Materi: - Arus AC - Arus AC pada rangkaian RC dan RLC - Analisa tapis lolos rendah dan tapis lolos tinggi
Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung.
4%

7

Minggu ke 7

Menganalisis karakteristik komponen elektronika pada rangkaian AC (Rangkaian integrator dan differensiator).

Mahasiswa dapat menganalisis karakteristik komponen elektronika pada rangkaian AC (Rangkaian integrator dan differensiator).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
case study
100 menit

Materi: - Arus AC - Arus AC pada rangkaian RC dan RLC - Analisa tapis lolos rendah dan tapis lolos tinggi
Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung.
4%

8

Minggu ke 8

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
case study
100 menit

20%

9

Minggu ke 9

Menjelaskan sifat dasar bahan semikonduktor.

Mahasiswa dapat menjelaskan sifat dasar bahan semikonduktor.

case study
100 menit

Materi: - Semikonduktor Intrinsik - Semikonduktor Ekstrinsik - Generasi dan Rekombinasi - Difusi - Diode - Semikonduktor - Panjar Maju - Panjar Mundur - Karakteristik Umum Diode
Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung.
4%

10

Minggu ke 10

Menjelaskan sifat dasar bahan semikonduktor.

Mahasiswa dapat menjelaskan sifat dasar bahan semikonduktor.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
case study
100 menit

Materi: - Semikonduktor Intrinsik - Semikonduktor Ekstrinsik - Generasi dan Rekombinasi - Difusi - Diode - Semikonduktor - Panjar Maju - Panjar Mundur - Karakteristik Umum Diode
Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung.
4%

11

Minggu ke 11

Menerapkan komponen dioda untuk pemrosesan bentuk gelombang

Mahasiswa dapat menerapkan komponen dioda untuk pemrosesan bentuk gelombang


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
case study
100 menit

Materi: - dioda sebagai penyearah setengah gelombang - dioda sebagai penyearah gelombang penuh - dioda sebagai clipper - dioda sebagai clamper - dioda sebagai pengali tegangan
Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung.
4%

12

Minggu ke 12

Menerapkan komponen dioda untuk pemrosesan bentuk gelombang

Mahasiswa dapat menerapkan komponen dioda untuk pemrosesan bentuk gelombang


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
case study
100 menit

Materi: - dioda sebagai penyearah setengah gelombang - dioda sebagai penyearah gelombang penuh - dioda sebagai clipper - dioda sebagai clamper - dioda sebagai pengali tegangan
Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung.
4%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan konsep penyearah AC menjadi DC.

Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan konsep penyearah AC menjadi DC.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
case study
100 menit

Materi: - Penyearah Diode Setengah Gelombang - Penyearah Diode Setengah Gelombang dengan Tapis - Penyearah Diode Gelombang Penuh - Penyearah Diode Gelombang Penuh dengan Tapis
Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung.
4%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan konsep penyearah AC menjadi DC.

Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan konsep penyearah AC menjadi DC.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
case study
100 menit

Materi: - Penyearah Diode Setengah Gelombang - Penyearah Diode Setengah Gelombang dengan Tapis - Penyearah Diode Gelombang Penuh - Penyearah Diode Gelombang Penuh dengan Tapis
Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung.
1%

15

Minggu ke 15

Menjelaskan karakteristik Transistor bipolar.

Mahasiswa dapat Menjelaskan karakteristik Transistor bipolar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
case study
100 menit

Materi: - Transistor Dikutub
Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung.
11%

16

Minggu ke 16

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes

100 menit

30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30.5%
2. Penilaian Portofolio 5.5%
3. Penilaian Praktikum 14%
4. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.