
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Fisika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Rangkaian Elektronika |
8420303296 |
|
T=2 |
P=1 |
ECTS=4.77 |
3 |
13 November 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Imam Sucahyo
|
MITA ANGGARYANI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai dan mendemonstrasikan prinsip-prinsip teori fisika klasik dan modern |
PLO-6 |
Merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familiar maupun baru |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan menggunakan konsep yang tepat untuk menganalisis secara kualitatif dan kuantitatif dalam menyelesaikan permasalahan arus listrik searah
|
PO - 2 |
Memiliki ketrampilan menggunakan alat ukur listrik dan menganalisa hasil pengukuran
|
PO - 3 |
Memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan menggunakan konsep yang tepat untuk menganalisis secara kualitatif dan kuantitatif dalam menyelesaikan permasalahan arus listrik bolak-balik
|
PO - 4 |
Memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan menggunakan konsep yang tepat untuk menganalisis secara kualitatif prinsip kerja semikonduktor beserta penerapannya
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | | | PO-4 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Elektronika Dasar 1 mencakup dua materi utama. Materi pertama adalah dasar-dasar elektronika meliputi arus searah, arus bolak-balik, komponen pasif dan prinsip dasar alat ukur dan pengukuran listrik. Materi kedua berkaitan dengan komponen aktif meliputi prinsip kerja dan aplikasi semikonduktor, sambungan p-n, dioda, transistor olar (BJT). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung.
- Tooley, M . 2006. Electronics Circuit: Fundamnetals and Applications. Oxford: Elesevier Ltd.
- Boylestad, R ., and Nashelsky, L. Electronics Devices and Circuits: Theory. London: Prentice Hall.
- Floyd, T. L . 2012. Electronics Devices. New York: Prentice Hall.
- Tim . 2010. Panduan Praktikum Elektronika Dasar 1. Surabaya: Unesa.
|
Pendukung : |
|
- 4. Tooley, M. 2006. Electronics Circuit: Fundamnetals and Applications. Third Edition. Elesevier Ltd.
|
Dosen Pengampu
|
IMAM SUCAHYO DZULKIFLIH ABD. KHOLIQ META YANTIDEWI Meta Yantidewi, S.Si., M.Si. Meta Yantidewi, S.Si., M.Si. Dzulkiflih, S.Si., M.T. Dzulkiflih, S.Si., M.T. Abd. Kholiq, S.Pd., M.T. Abd. Kholiq, S.Pd., M.T. Drs. Imam Sucahyo, M.Si. Drs. Imam Sucahyo, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Kontrak belajar
- Menganalisis dasar-dasar rangkaian listrik arus searah
|
Mahasiswa dapat menganalisis dasar-dasar rangkaian listrik arus searah. |
Kriteria:
Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas mengenai konsep-konsep dasar rangkaian listrik searah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
case study 100 menit |
|
Materi: - Pengertian Arus Listrik - PengertianTegangan - Hukum Ohm - Daya Listrik Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis dasar-dasar rangkaian listrik arus searah |
Mahasiswa dapat Menganalisis dasar-dasar rangkaian listrik arus searah |
Kriteria:
Mampu menganalisis hubungan antara tegangan, arus, dan resistansi pada rangkaian DC sederhana dengan benar (penerapan Hukum Ohm). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
case study 100 menit |
|
Materi: - Pengertian Arus Listrik - PengertianTegangan - Hukum Ohm - Daya Listrik Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis rangkaian arus listrik searah dan karakteristik komponen pasif |
Mahasiswa dapat menganalisis rangkaian arus listrik searah dan karakteristik komponen pasif |
Kriteria:
Mampu menjelaskan konsep teorema Thevenin dan Norton sebagai metode penyederhanaan rangkaian DC sederhana. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
case study 100 menit |
|
Materi: ● Arus Searah (DC) ● Resistor dalam Rangkaian Seri danParalel ● Pembagi Tegangan ● Pembagi Arus ● Teorema Thevenin ● Teorema Norton ● Arus transien ● Rangkain RC Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis rangkaian arus listrik searah dan karakteristik komponen pasif |
Mahasiswa dapat Menganalisis rangkaian arus listrik searah dan karakteristik komponen pasif |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
case study 100 menit |
|
Materi: ● Arus Searah (DC) ● Resistor dalam Rangkaian Seri danParalel ● Pembagi Tegangan ● Pembagi Arus ● Teorema Thevenin ● Teorema Norton ● Arus transien ● Rangkain RC Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat mengaplikasikan penggunaan alat ukur listrik. |
Mahasiswa dapat mengaplikasikan penggunaan alat ukur listrik. |
Kriteria:
- .Mampu menganalisis perilaku transien (pengisian/pengosongan kapasitor) dalam rangkaian RC pada sumber DC secara kualitatif sesuai teori.
- .Melaksanakan praktikum rangkaian listrik searah sederhana sesuai prosedur, serta melakukan pengukuran tegangan dan arus dengan alat ukur listrik dengan teliti dan benar.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
case study 100 menit |
|
Materi: - Penggunaan Meter Dasar - Meter Dasar sebagai Ampere Meter - Meter Dasar sebagai Voltmeter - Osiloskop Pustaka: Tim . 2010. Panduan Praktikum Elektronika Dasar 1. Surabaya: Unesa. |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis karakteristik komponen elektronika pada rangkaian AC (Rangkaian integrator dan differensiator). |
Mahasiswa dapat menganalisis karakteristik komponen elektronika pada rangkaian AC (Rangkaian integrator dan differensiator). |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
case study 100 menit |
|
Materi: - Arus AC - Arus AC pada rangkaian RC dan RLC - Analisa tapis lolos rendah dan tapis lolos tinggi Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis karakteristik komponen elektronika pada rangkaian AC (Rangkaian integrator dan differensiator). |
Mahasiswa dapat menganalisis karakteristik komponen elektronika pada rangkaian AC (Rangkaian integrator dan differensiator). |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
case study 100 menit |
|
Materi: - Arus AC - Arus AC pada rangkaian RC dan RLC - Analisa tapis lolos rendah dan tapis lolos tinggi Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
4% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menganalisis dan menyelesaikan soal-soal terkait Hukum Ohm, Teorema Thevenin/Norton, rangkaian transien RC, dan analisis rangkaian AC (RC, RLC, integrator, dan diferensiator) Bentuk Penilaian : Tes |
case study 100 menit |
|
|
8% |
9
Minggu ke 9 |
Menjelaskan sifat dasar bahan semikonduktor. |
Mahasiswa dapat menjelaskan sifat dasar bahan semikonduktor. |
Kriteria:
Mampu menjelaskan sifat sifat dasar semikonduktor (intrinsik dan ekstrinsik) dengan benar. |
case study 100 menit |
|
Materi: - Semikonduktor Intrinsik - Semikonduktor Ekstrinsik - Generasi dan Rekombinasi - Difusi - Diode - Semikonduktor - Panjar Maju - Panjar Mundur - Karakteristik Umum Diode Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Menjelaskan sifat dasar bahan semikonduktor. |
Mahasiswa dapat menjelaskan sifat dasar bahan semikonduktor. |
Kriteria:
Mampu menjelaskan prinsip kerja dioda, konsep panjar maju, panjar mundur, dan kurva karakteristik umum dioda. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
case study 100 menit |
|
Materi: - Semikonduktor Intrinsik - Semikonduktor Ekstrinsik - Generasi dan Rekombinasi - Difusi - Diode - Semikonduktor - Panjar Maju - Panjar Mundur - Karakteristik Umum Diode Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Menerapkan komponen dioda untuk pemrosesan bentuk gelombang |
Mahasiswa dapat menerapkan komponen dioda untuk pemrosesan bentuk gelombang |
Kriteria:
Mampu menganalisis dan/atau mendemonstrasikan (melalui praktikum) penerapan dioda sebagai penyearah (setengah gelombang dan gelombang penuh). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
case study 100 menit |
|
Materi: - dioda sebagai penyearah setengah gelombang - dioda sebagai penyearah gelombang penuh - dioda sebagai clipper - dioda sebagai clamper - dioda sebagai pengali tegangan Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
6% |
12
Minggu ke 12 |
Menerapkan komponen dioda untuk pemrosesan bentuk gelombang |
Mahasiswa dapat menerapkan komponen dioda untuk pemrosesan bentuk gelombang |
Kriteria:
- Mampu menerapkan dioda sebagai clipper, clamper, dan pengali tegangan.
- Menganalisis perubahan bentuk gelombang yang dihasilkan dengan tepat.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
case study 100 menit |
|
Materi: - dioda sebagai penyearah setengah gelombang - dioda sebagai penyearah gelombang penuh - dioda sebagai clipper - dioda sebagai clamper - dioda sebagai pengali tegangan Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan konsep penyearah AC menjadi DC. |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan konsep penyearah AC menjadi DC. |
Kriteria:
Mampu menganalisis kinerja rangkaian penyearah (setengah maupun penuh gelombang, baik dengan maupun tanpa filter) melalui percobaan dan perhitungan dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
case study 100 menit |
|
Materi: - Penyearah Diode Setengah Gelombang - Penyearah Diode Setengah Gelombang dengan Tapis - Penyearah Diode Gelombang Penuh - Penyearah Diode Gelombang Penuh dengan Tapis Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
6% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan konsep penyearah AC menjadi DC. |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan konsep penyearah AC menjadi DC. |
Kriteria:
Berpartisipasi aktif dalam diskusi penyelesaian masalah penerapan dioda sebagai penyearah AC menjadi DC. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
case study 100 menit |
|
Materi: - Penyearah Diode Setengah Gelombang - Penyearah Diode Setengah Gelombang dengan Tapis - Penyearah Diode Gelombang Penuh - Penyearah Diode Gelombang Penuh dengan Tapis Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menjelaskan karakteristik Transistor bipolar. |
Mahasiswa dapat Menjelaskan karakteristik Transistor bipolar |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
case study 100 menit |
|
Materi: - Transistor Dikutub Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
7% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan terkait konsep dasar semikonduktor, karakteristik dioda, aplikasi dioda (penyearah, clipper, clamper), dan karakteristik transistor bipolar. |
Kriteria:
Ketepatan dalam menjelaskan konsep semikonduktor, dioda, transistor bipolar, serta menganalisis dan menyelesaikan soal-soal perhitungan terkait rangkaian aplikasi dioda (penyearah, tapis, clipper, clamper) Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tertulis 100 menit |
|
|
11% |