
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Keselamatan dan Kesehatan Kerja |
8320102275 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
2 |
19 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Ir. Fendi Achmad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menyelaraskan kurikulum mata-diklat teknik ketenagalistrikkan dan elektronika pada pendidikan kejuruan yang relevan dengan tuntutan perkembangan industri global (Pendidikan). |
PLO-10 |
Memiliki karakter bertanggung jawab dan berkomitmen pada etika profesi (Umum/SSC4.6). |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis dan mengevaluasi konsep-konsep, teori, jenis, karakteristik bahan dan aplikasinya di bidang teknik elektro, meliputi bahan penghantar, bahan penyekat, bahan tahanan, bahan kontak listrik, bahan kemagnetan, bahan khusus dan bahan struktur listrik serta serat optik
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Keselamatan Dan Kesehatan Kerja pada program studi Pendidikan Teknik Elektro bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan industri teknik elektro. Mata kuliah ini mencakup pengetahuan tentang risiko-risiko yang mungkin terjadi, langkah-langkah pencegahan, peraturan keselamatan kerja, serta penanganan darurat. Mahasiswa akan mempelajari cara mengidentifikasi bahaya, mengevaluasi risiko, dan merancang program keselamatan kerja yang efektif dalam konteks industri teknik elektro. Ruang lingkup mata kuliah mencakup teori dan praktik terkait keselamatan dan kesehatan kerja, studi kasus, serta peran teknik elektro dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- ISO 45001. Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja. International Organization for Standardization.
- Kementerian Ketenagakerjaan RI. (2015). Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.
- Irzal. (2016). Dasar-Dasar Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Edisi Pertama, Penerbit: Kencana Jakarta
|
Pendukung : |
|
- Joko, 2023. RPS Mata Kuliah Bahan Listrik, S1 Prodi Pendidikan Teknik Elektro. FT, Unesa
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Puput Wanarti Rusimamto, S.T., M.T. Dr. Ir. Nur Kholis, S.T., M.T. Dr. Subuh Isnur Haryudo, S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengenalan K3 |
Memahami K3 |
Kriteria:
- Ketepatan penjelasan, skor maks 50
- Partisipatif, skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Presentasi, diskusi, tanyajawab, dan refleksi 2 X 50 |
|
Materi: RPS Pustaka: Joko, 2023. RPS Mata Kuliah Bahan Listrik, S1 Prodi Pendidikan Teknik Elektro. FT, Unesa |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami konsep dasar bahan listik |
Menelusur sumber informasi yang relevan, diskusi, menganalisis, menyimpulkan dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi |
Kriteria:
- Ketepatan sumber informasi skor maks 5
- Diskusi kelompok skor maks 10
- Ketepatan hasil analisis skor maks 10
- Ketepatan simpulan skor maks 10
- Ketepatan presentasi dengan PPT skor maks 10
- Refleksi skor maks 5
- Partisipatif, skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Memutar video tutorial dan grafis, diskusi dan tanyajawab, penugasan menelusur sumber informasi yang relevan, diskusi kelas, menganalisis, menyimpulkan dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi 2 X 50 |
|
Materi: Konsep dasar bahan listik Pustaka: William D. Callister, JR., David AG. Rethwisch. 2017. Materials Science and Engineering An Introduction, 10th Edition. Hoboken NJ : Wiley |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami konsep ikatan |
Menelusur sumber informasi, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil menggunakan PPT, dan refleksi berkaitan dengan ikatan |
Kriteria:
- Ketepatan sumber informasi skor maks 10
- Ketepatan diskusi skor maks 5
- Katepatan hasil analisis skor maks 10
- Ketepatan simpulkan skor maks 10
- Ketepatan presentasikan kelas menggunakan PPT skor maks 10
- Hasil refleksi skor maks 5
- Partisipatif, skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi singkat dosen, diskusi, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan klasikal hasil menggunakan PPT, dan refleksi 2 X 50 |
|
Materi: Konsep ihthisar ikatan Pustaka: Salahuddin. 2014. Bahan Ajar Bahan Listrik. Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Jurusan Teknik Elektro Materi: Konsep ikatan Pustaka: Salahuddin. 2014. Bahan Ajar Bahan Listrik. Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Jurusan Teknik Elektro |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami konsep Polarisasi Dielektrik |
Menelusur sumber informasi, melakukan diskusi kelompok, melakukan analisis, menyimpulkan, mempresentasikan hasil secara klasikal, dan melakukan refleksi serta partisipatif |
Kriteria:
- Ketepatan menelusur sumber informasi skor maks 5
- Ketepatan diskusi kelompok skor maks 5
- Ketepatan hasil analisis skor maks 15
- Ketepatan simpulan skor maks 15
- Ketepatatan mempresentasikan hasil menggunakan PPT skor maks 5
- Ketepatan melakukan refleksi skor maks 5
- Partisipatif skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Presentasi singkat dosen, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil menggunakan PPT, dan melakukan refleksi tentang polarisasi, permifitasi, dan mekanisme dasar polarisasi dielektrik 2 X 50 |
|
Materi: konsep polarisasi, permifitasi, dan mekanisme dasar polarisasi dielektrik Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami konsep Klasifikasi Material Listrik |
Menelusur sumber informasi konsep klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi |
Kriteria:
- Ketepatan =sumber informasi skor maks 10
- Ketepatan diskusi kelompok skor maks 5
- Ketepatan hasil alisis skor maks 10
- Ketepatan simpulan skor maks 10
- Ketepatan presentasi klasikal skor maks 5
- Ketepatan refleksi skor maks 10
- Partisipatif skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Penjelasan singkat dosen, diskusi dan tanyajawab, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi tentang klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer 2 X 50 |
|
Materi: Klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami konsep Klasifikasi Material Listrik |
Menelusur sumber informasi konsep klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi |
Kriteria:
- Ketepatan =sumber informasi skor maks 10
- Ketepatan diskusi kelompok skor maks 5
- Ketepatan hasil alisis skor maks 10
- Ketepatan simpulan skor maks 10
- Ketepatan presentasi klasikal skor maks 5
- Ketepatan refleksi skor maks 10
- Partisipatif skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Penjelasan singkat dosen, diskusi dan tanyajawab, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi tentang klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer 2 X 50 |
|
Materi: Klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa memahami ciri – ciri, sifat, dan karakteristik bahan-bahan Isolator |
Menelusur sumber informasi konsep klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi |
Kriteria:
- Ketepatan =sumber informasi skor maks 10
- Ketepatan diskusi kelompok skor maks 5
- Ketepatan hasil alisis skor maks 10
- Ketepatan simpulan skor maks 10
- Ketepatan presentasi klasikal skor maks 5
- Ketepatan refleksi skor maks 10
- Partisipatif skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Penjelasan singkat dosen, diskusi dan tanyajawab, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi tentang Mahasiswa memahami ciri – ciri, sifat, dan karakteristik bahan-bahan Isolator 2 X 50 |
|
Materi: Klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana Materi: Mahasiswa memahami ciri – ciri, sifat, dan karakteristik bahan-bahan Isolator Pustaka: William D. Callister, JR., David AG. Rethwisch. 2017. Materials Science and Engineering An Introduction, 10th Edition. Hoboken NJ : Wiley |
4% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
- Membuat PPT lengkap materi pertemuan 2 untuk kelompok 1 dan mempresentasikan pada saat UTS
- Membuat PPT lengkap materi pertemuan 3 untuk kelompok 2 dan mempresentasikan pada saat UTS
- Membuat PPT lengkap materi pertemuan 4 untuk kelompok 3 dan mempresentasikan pada saat UTS
- Membuat PPT lengkap materi pertemuan 5 untuk kelompok 4 dan mempresentasikan pada saat UTS
- Membuat PPT lengkap materi pertemuan 6 untuk kelompok 5 dan mempresentasikan pada saat UTS
- Membuat PPT lengkap materi pertemuan 7 untuk materi a kelompok 6 dan mempresentasikan pada saat UTS
- Membuat PPT lengkap materi pertemuan 8 untuk materi b kelompok 6 dan mempresentasikan pada saat UTS
- Partisipatif
|
Kriteria:
- ketepatan PPT, skor maks 10
- Ketepatan isi PPT skor makas 10
- Keserasian dan keindahan PPT skor maks 10
- Kelengkapan PPT skor maks 10
- Ketepatan penyajian, diskusi, menyampaikan ide, dan beragumentasi skor maks 10
- Partisipatif, skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
2 X 50 |
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami konsep Isolator (Part 2) |
Menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan refleksi ciri – ciri, sifat, dan karakteristik bahan-bahan Isolator |
Kriteria:
- Ketepatan sumber informasi skor maks 10
- Ketepatan diskusi kelompok skor maks 5
- Ketepatan hasil analisis skor maks 10
- Ketepatan menyimpulkan skor maks 10
- Ketepatan mempresentasikan hasil menggunakan PPT skor maks 5
- Lebaharuan sumber pustaka skor maks 5
- Partisipatif skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Presentasi singkat dosen, diskusi, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan refleksi ciri – ciri, sifat, dan karakteristik bahan-bahan Isolator (lanjutan) 2 X 50 |
|
Materi: Ciri – ciri, sifat, dan karakteristik bahan-bahan Isolator Pustaka: Salahuddin. 2014. Bahan Ajar Bahan Listrik. Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Jurusan Teknik Elektro |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami konduktor, bahan konduktor, dan sifat bahan konduktor |
Menelusur sumber informasi, melakukan diskusi kelompok, melakukan analisis, menyimpulkan, mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal, melakukan refleksi, dan partisipatif |
Kriteria:
- Ketepatan sumber informasi skor maks 10
- Ketepatan diskusi kelompok skor maks 5
- Ketepatan hasil analisis skor maks 10
- Ketepatan menyimpulkan skor maks 10
- Ketepatan mempresentasikan menggunakan PPT skor maks 5
- Ketepatan refleksi skor maks 5
- Kebaharuan sumber pustaka skor maks 5
- Partisipatif, skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan singkat dosen, diskusi, penugasan proyek menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan melakukan refleksi 2 X 50 |
|
Materi: Konduktor, bahan konduktor, dan sifat bahan konduktor Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami semikonduktor dan pita energi serta karakteristik dan bahannya |
Menelusur sumber informasi semikonduktor dan pita energi serta karakteristik dan bahannya, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan melakukan refleksi |
Kriteria:
- Ketepatan sumber informasi skor maks 10
- Diskusi kelompok skor maks 5
- Ketepatan analisis skor maks 10
- Ketepatan simpulan skor maks 10
- Presentasi klasikal menggunakan PPT skor maks 5
- Ketepatan refleksi skor maks 5
- Kebaharuan sumber pustaka skor maks 5
- Partisipatif skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi singkat, diskusi, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan refleksi 2 X 50 |
|
Materi: Semikonduktor, pita energi, karakteristik bahan semikonduktor Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami semikonduktor dan pita energi serta karakteristik dan bahannya |
Menelusur sumber informasi semikonduktor dan pita energi serta karakteristik dan bahannya, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan melakukan refleksi |
Kriteria:
- Ketepatan sumber informasi skor maks 10
- Diskusi kelompok skor maks 5
- Ketepatan analisis skor maks 10
- Ketepatan simpulan skor maks 10
- Presentasi klasikal menggunakan PPT skor maks 5
- Ketepatan refleksi skor maks 5
- Kebaharuan sumber pustaka skor maks 5
- Partisipatif skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi singkat, diskusi, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan refleksi 2 X 50 |
|
Materi: Semikonduktor, pita energi, karakteristik bahan semikonduktor Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami konsep semikonduktor, celah energi semikonduktor, mobilitas muatan pada semikonduktor, dan pemanfaatan semikonduktor |
Menelusur sumber informasi jenis semikonduktor, celah energi semikonduktor, mobilitas muatan pada semikonduktor, pemanfaatan semikonduktor, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, presentasi kelompok, dan refleksi |
Kriteria:
- Ketepatan sumber informasi skor maks 10
- Hasil diskusi kelompok, skor maks 5
- Ketepatan analisis skor maks 10
- Ketepatan simpulan skor maks 10
- Hasil presentasi kelompok skor maks 10
- Refleksi skor maks 5
- Partisipatif skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi singkat, diskusi, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, presentasi kelompok, dan refleksi 2 X 50 |
Materi: Jenis semikonduktor, celah energi semikonduktor, mobilitas muatan pada semikonduktor, dan pemanfaatan semikonduktor Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami konsep Semikonduktor |
Melakukan observasi, melakukan diskusi, membuat deskripsi, melakukan analisis, membuat simpulan, melakukan refleksi, membuat laporan tertulis |
Kriteria:
- Ketepatan hasil observasi skor maks 10
- Hasil diskusi kelompok skor maks 5
- Ketepatan deskripsi skor maks 10
- Ketepatan hasil analisis skor maks 5
- Ketepatan simpulan skor maks 5
- Ketepatan refleksi skor maks 5
- Ketepatan laporan tertulis skor maks 5
- Dokumen kegiatan skor maks 5
- Partisipatif skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi singkat dosen, diskusi, dan penugasan proyek secara berkelompok melakukan observasi secara langsung, mendiskusikan dan membuat laporan yang berisi deskripsi jenis-jenis bahan-alat dan fungsinya yang digunakan pada sistem penyaluran tenaga listrik di wilayah kampus Unesa Ketintang Surabaya, melakukan analisis dan menyimpulkan hasilnya dan melakukan refleksi. Hasilnya selanjutnya dipresentasikan pada saat UAS. 2 X 50 |
Materi: Bahan listrik Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana Materi: Material listrik Pustaka: William D. Callister, JR., David AG. Rethwisch. 2017. Materials Science and Engineering An Introduction, 10th Edition. Hoboken NJ : Wiley |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis dan mengevaluasi bahan, karakteristik, dan penggunaan bahan optik di bidang teknik tenaga listrik |
|
Kriteria:
- Ketepatan menelusur sumber informasi bahan, karakteristik, dan penggunaan penghantar optik, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan, dan melakukan refleksi, skor maks 50.
- Partisipatif, skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi singkat dosen, diskusi, penugasan menelusur sumber informasi bahan, karakteristik, dan penggunaan penghantar optik, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan, dan melakukan refleksi. 2 X 50 |
Materi: Bahan, karakteristik, dan penggunaan penghantar optik Pustaka: Salahuddin. 2014. Bahan Ajar Bahan Listrik. Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Jurusan Teknik Elektro |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Melaporkan hasil proyek observasi bahan-bahan dan peralatan listrik yang digunakan pada sistem penyaluran tenaga listrik dari PLN ke Kampus Unesa di lingkungan Ketintang Surabaya secara tertulis dan oral |
Membuat PPT, melakukan presentasi, melakukan didkusi, melakukan tanya jawab, dan melakukan revisi, serta refleksi. |
Kriteria:
- Ketepatan subtansi isi PPT skor maks 10
- Kesesuaian format PPT, keserasian ukuran huruf dan gambar, keserasian warna huruf dan gambar skor maks 5
- Kebenaran penyajian skor maks 10
- Ketepatan tanya jawab skor maks 10
- Ketepatan waktu penyajian skor maks 5
- Ketepatan waktu dan subtansi rhasil revisi skor maks 5
- Softskill slkor maks 5
- Partisipatif skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
UAS melakukan presentasi hasil proyek pada pertemuan 14 melakukan observasi bahan-bahan dan peralatan listrik yang digunakan pada sistem penyaluran tenaga listrik dari PLN ke Kampus Unesa di lingkungan Ketintang Surabaya 2 X 50 |
|
|
20% |